Wisata Sejarah ke Bengawan Solo Purba Gunung Kdiul

Bengawan Solo Purba – Siapa sangka ternyata bukan hanya kota solo yang memiliki sungai Bengawan solo yang sudah sangat mendunia dan banyak sekali dikunjungi wisatawan. Mereka ingin menyaksikan secara langsung sungai yang menjadi kebanggaan kota solo tersebut.

Namun ternyata Yogyakarta juga memiliki sungai Bengawan solo yang sudah ada bahkan sejak jutaan tahun yang lalu dan biasa disebut sebagai sungai Bengawan solo purba dan uniknya bisa dinikmati hingga kini.

Hal ini memang membanggakan Indonesia karena kita memiliki warisan wisata bersejarah yang masih terawat hingga kini dan bisa kita nikmati. Sungai Bengawan solo purba ini merupakan sungai terpanjang di pulau jawa yang kini bermuara di Gresik dan berhulu di Wonogiri, Yogyakarta.

Namun sebenarnya pada zaman dahulu Bengawan solo purba ini bermuara ke pantai Sadeng yang berada di kecamatan Girisubo, kabupaten Gunung Kidul.

Namun kini sungai Bengawan solo purba mengalami perubahan aliran yang disebabkan karena adanya pengangkatan tektonik. Nama bengawan sendiri diambil dari bahasa jawa yang berarti sungai yang besar.

Sungai ini memang sangat istimewa, selain kita lihat dari umurnya yang sudah jutaan tahun juga merupakan wilayah yang dikelilingi pegunungan karst yang pada tahun 2015 masuk sebagai Geopark gunung sewu network oleh UNESCO di konferensi Asia Pasifik Global Network di sanin, Kaigan, Jepang.

Mengunjungi sungai bengawan solo purba bukan hanya bisa menjadi ajang liburan atau rekreasi bersama keluarga yang memberikan kesan tersendiri, serta akan mendapatkan banyak pelajaran sejarah di dalamnya.

Asal Mula Sungai Bengawan Solo via Kompasiana

Ilustrasi Asal Mula Sungai Bengawan Solo via Kompasiana

Lokasi Bengawan Solo Purba

Untuk mengetahui letak wisata sungai bengawan solo purba sebenarnya tidak begitu sulit sebab berada di sekitar wisata lain yang juga memiliki banyak pengunjung. Belum lagi sungai yang bisa ditemukan di sepanjang pulau jawa.

Loading...

Namun jika anda ingin berkunjung dan menghabiskan waktu libur di sungai yang sudah berumur jutaan tahun ini bisa langsung datang ke jalan Traju, desa pucung, kecamatan girisubo, kabupaten Gunung Kidul, daerah istimewa Yogyakarta.

Jika anda masih kesulitan menemukan lokasi yang tepat bisa mencoba search lokasi melalui google karena memang saat ini kecanggihan aplikasi smartphone ini semakin baik dan memudahkan segala urusan manusia.

Rute Menuju Lokasi Bengawan Solo Purba

Lokasi sungai bengawan solo purba memang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan yang akan ditempuh bisa berjarak beberapa puluh kilometer dan memakan waktu beberapa jam untuk bisa sampai ke lokasi wisata yang dituju. Untuk rute yang akan dilalui cukup memacu adrenalin karena anda akan melewati perbukitan karst yang memang menanjak dan berliku.

Bagi yang penasaran dengan rute yang bisa kita lalui silahkan simak penjelasan berikut ini. Perjalanan akan kita mulai dari kecamatan pracimantoro setelah itu lanjutkan perjalanan hingga masuk ke desa sambiroto, lalu perjalanan bisa kita lanjutkan kembali menuju desa jimbaran.

Setelah itu jalan lurus terus menuju desa suci baru setelah sampai disini anda akan memasuki beberapa dusun diantaranya dusun bakalan, dusun tileng, dusun mbakagung, dusun mendak hingga dusun sumberagung.  Maka anda akan menemukan lokasi yang dituju yaitu sungai bengawan solo purba.

Untuk menikmati sungai ini anda bisa mencoba rute bersepeda sambil jalan santai dan berolahraga dan menikmati keindahan yang ada disekitar.

Yang lebih istimewa lagi akan terlihat di bagian lembah beberapa kearifan lokal seperti petani yang menggembalakan hewan ternak, petani menanam padi serta hamparan padi yang hijau, selain itu gubuk – gubuk petani tersebut juga bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin beristirahat.

Sungai Bengawan Solo via Puasmanagement

Sungai Bengawan Solo via Puasmanagement

Wilayah Administratif

Sungai bengawan solo purba memiliki umur yang sangat panjang serta memiliki panjang sungai ini mencapai 548,53 km yang mengalir di dua provinsi yaitu jawa timur dan jawa barat. Dengan wilayah administratif yang juga sangat luas yaitu:

Administrative hulu

Administrative tengah

Administrative hilir

Harga Tiket Masuk

Bengawan solo purba memang memiliki pesona alam yang luar biasa. Mulai dari bagian lembah sungai bengawan solo yang berada di pinggir jalan yang tampak masih sangat alami dan terlihat tanaman perkebunan yang seolah tiada habisnya, namun anda tidak perlu takut harus mengeluarkan banyak biaya untuk bisa menikmati seluruh keindahan tersebut, sebab harga tiket masuknya sangat terjangkau dan pastinya bersahabat dengan kantong.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi disediakan lahan parkir yang cukup luas dan aman. Harga tiket parkirnya juga tidak kalah murah, untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor hanya dibandrol 2 ribu rupiah sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah saja.

 Pesona Sungai Bengawan Solo Purba

Aliran Sungai Bengawan Solo Purba via Kompas

Aliran Sungai Bengawan Solo Purba via Kompas

Setelah melihat beberapa definisi tentang sungai bengawan solo purba mulai dari alamat, rute hingga harga tiket masuk dan parkirnya kini kita akan membahas mengenai pesona serta daya tariknya. Kini kita akan menelusuri sejarah peninggalan purbakala yang kini dijadikan wisata bersejarah oleh banyak orang yaitu bengawan solo purba.

Sungai ini sudah berumur jutaan tahun dan merupakan sungai terpanjang di pulau jawa yang membentang di dua provinsi. Sungai terpanjang dan tertua ini memiliki pesona yang sulit untuk dihindari. Berkunjung sambil bersepeda di sepanjang aliran sungai akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Dari pinggir jalan kita bisa melihat lembah sungai yang tampak sangat asri dan terletak di tempat yang terlihat tanaman perkebunan warga.

Beberapa ahli melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa pada zaman tersier sekitar kala meiosen, terjadi proses alam yang merubah struktur permukaan tanah dimana lempengan Australia menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

Namun karena lempengannya lebih berat dari pada Eurasia maka membentuk zona subduksi atau zona penunjaman. Peristiwa ini mengakibatkan lempengan Eurasia yang massa jenisnya lebih ringan menjadi terangkat ke permukaan.

Perairan dasar laut dangkal seperti terumbu karang dan mengandung koral menjadi timbul, kemudian bentuk dari lahan tersebut meninggalkan bekas aktivitas tektonime yang membentuk seperti perbukitan karst

Keunikan lain juga dimiliki tempat ini dimana pemerintah merencanakan membuat lokasi objek wisata minat khusus di bidang pendidikan.

Tempat ini memang dianggap cocok sebagai wisata edukasi karena di sekitar wilayah kecamatan rongkop dan girisubo banyak lokasi yang dijadikan tempat penelitian atau pelajaran sejarah purbakala.

Sehingga bukan hanya mendapat pengalaman liburan yang menyenangkan dan sulit terlupakan juga akan mendapatkan wisata edukasi yang sangat bermanfaat.

Melalui literatur yang ada dan berkaitan dengan pengembangan pulau jawa, maka kita bisa melihat wilayah yang akan dijadikan wisata edukasi serta bisa dilihat dari papan yang sudah terpasang.

Salah satu wisata edukasi yang sudah terlihat jelas adalah di kawasan gunung sewu. Wisata ini membentang cukup luas mulai dari kabupaten Gunung Kidul hingga ke kabupaten pacitan, jawa timur.

Ada lokasi yang sering dijadikan penelitian yaitu di kawasan yang mengalami pengangkatan sehingga mengubah air bengawan solo purba lalu menyisakan bekas aliran sepanjang 30 km dan pada beberapa titik membentuk seperti cekungan.

Selain itu wisata edukasi lainnya juga terdapat tidak begitu jauh dari lokasi sungai yaitu goa braholo yang juga dihuni oleh para manusia purba. Memang buat anda yang tertarik belajar mengenai kehidupan purba atau pra sejarah sangat cocok berkunjung ke sungai bengawan solo purba.

Bagi pengunjung yang ingin melihat sekilas mengenai kehidupan pra sejarah dan seluruh hewan yang ada di sana bisa membaca papan informasi tentang sejarah yang terpasang di lokasi.

Selain itu sungai ini bukan hanya dijadikan sebagai objek wisata dan objek penelitian namun juga banyak petani yang menggantungkan pengairan lahan pertanian mereka pada sungai tersebut.

Kini kita kembali lagi ke jejak petualang di sungai bengawan solo. Jelajah alam nan menantang di antara bukit karst yang sangat cantik dengan panorama alam yang menarik.

Terlihat disekitar aliran sungai menjadi ladang palawija yang produktif dan sangat jauh berbeda dengan pemandangan berjuta tahun lalu. Ini merupakan proses evolusi alam atau perbaikan alam.

Tips Berlibur

Untuk menjamin kenyamanan dan keseruan liburan anda ke sungai terpanjang di pulau jawa ini sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut, diantaranya:

  • Sungai bengawan solo purba sangat panjang, sehingga saat anda berkunjung sebaiknya hindari menggunakan alas kaki yang menyulitkan seperti sepatu hak tinggi dan sebaiknya menggunakan sandal atau sepatu santai dan sepatu olahraga seperti sepatu sneaker
  • Untuk bisa menikmati keseruan berlibur di sepanjang sungai bengawan solo purba sebaiknya pastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan anda, jangan sampai menghambat liburan kali ini.
  • Untuk melengkapi liburan anda pastikan mengabadikan beberapa lokasi nan cantik dengan beberapa jepret foto. Maka dari itu jangan lupa untuk membawa serta kamera yang mumpuni.
  • Perjalanan menuju sungai bengawan solo purba akan didominasi oleh tanjakan dan tikungan tajam maka dari itu pastikan mesin kendaraan anda dalam kondisi yang fit dan prima agar mampu menempuh perjalanan jauh

***

Demikianlah artikel yang menceritakan mengenai keindahan alam sungai bengawan solo purba yang sayang untuk dilewatkan. Sungai ini bukan hanya dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga saja namun juga dijadikan tempat untuk menimba ilmu mengenai kehidupan pra sejarah yang pernah terjadi jutaan tahun silam.

Semoga artikel ini bermanfaat. Tunggu apa lagi segera kunjungi dan nikmati sendiri pesona alam sungai bengawan solo purba. Selamat berlibur. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Telaga Jonge Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!