Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur

Tempat Wisata di Tuban – Saat mendengar kata Tuban, apa yang muncul di benak Anda pertama kali? Group band Koes Plus, atau malah julukan Bumi Wali? Ya, Tuban memang sangat terkenal dengan dua hal tersebut.Namun tahukah Anda jika dibalik dua hal tersebut, Tuban juga memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi?

Terletak di sebelah utara Provinsi Jawa Timur, Tuban memiliki bentang alam yang sangat lengkap. Dari mulai bentang alam perbukitan sampai dengan pantai, semuanya dimiliki oleh kabupaten yang satu ini.

Karena bentang alamnya tersebut, Tuban menjadi salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang menawarkan daya tarik wisata super lengkap. Dari mulai objek wisata pantai, objek wisata alam perbukitan, sampai dengan objek wisata religi, semuanya bisa ditemui di kabupaten ini.

Tempat Wisata di Tuban yang Menarik untuk Dikunjungi

Khusus untuk Anda yang berstatus sebagai masyarakat Tuban dan Sekitarnya ataupun Anda yang dalam waktu dekat ini berencana untuk berkunjung ke Kab. Tuban, berikut merupakan beberapa tempat wisata di Tuban yang bagus dan rekomended untuk dikunjungi:

1. Pantai Boom

Pantai Boom via @ketut_pancoro

Pantai Boom via @ketut_pancoro

Pantai Boom terletak di Desa Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur. Lokasi pantai ini sangat mudah untuk dijangkau. Dari Alun – Alun Tuban, pantai ini hanya berjarak sekitar 150 meter saja.

Di kalangan wisatawan, pantai ini merupakan salah satu objek wisata pantai paling populer di Tuban. Pasalnya, selain mudah diakses, pantai ini juga memiliki fasilitas wisata yang sangat lengkap.

Dari mulai mushola, toilet, rest area, pusat oleh – oleh, sampai dengan pujasera, semuanya telah tersedia di pantai ini.

Selain menawarkan fasilitas wisata yang lengkap, Pantai Boom juga memiliki panorama alam yang memukau. Pantai ini memiliki daratan yang menjorok ke arah laut sepanjang kurang lebih 800 meter. Selain itu ada juga 2 sumur kuno yang sangat unik karena mengeluarkan air tawar dan memiliki prasasti sejarah yang menceritakan sejarah Pantai Boom.

Secara keseluruhan, aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pantai ini tidak jauh berbeda dengan aktivitas wisata yang bisa dilakukan di kebanyakan objek wisata pantai lainnya, yaitu memancing, bermain air di pinggir pantai, menikmati sunset di sore hari, berburu foto, berkeliling areal pantai menggunakan perahu nelayan, dll.

Walaupun sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang super lengkap, tiket masuk Pantai Boom tidak serta merta menjadi mahal. Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini beserta dengan seluruh fasilitas wisata di dalamnya, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar RP. 2.500 saja. Sangat murah bukan?

2. Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa Tuban via Guneman

Pantai Kelapa Tuban via Guneman

Pantai Kelapa terletak di bagian sebelah timur Kab. Tuban, tepatnya di daerah Payuran, Kab. Tuban.

Pantai ini dinamai dengan Pantai Kelapa karena bagian pinggir pantainya ditumbuhi dengan banyak pohon kelapa.

Kondisi Pantai Kelapa Tuban masih tergolong cukup alami. Areal pantainya tergolong cukup lebar dengan lingkungan sekitar yang bersih dan ombak yang tidak terlalu tinggi.

Saat berkunjung ke pantai ini Anda dapat bermain pasir dan air di pinggir pantai, berjemur, menikmati sunset di sore hari, berburu foto, memancing, dll. Jika mau, Anda juga diperbolehkan untuk menggunakan pantai ini sebagai lokasi untuk menyelenggarakan aktivitas outbond dan kemah.

Untuk urusan fasilitas, bila dibandingkan dengan Pantai Boom, pantai ini tergolong sangat ketinggalan. Jadi, saat berkunjung ke pantai ini, jangan harap Anda bisa mendapatkan fasilitas wisata yang lengkap ya!

Jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, Anda dapat mengunjunginya kapan saja Anda mau tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

3. Pantai Cemara

Pantai Cemara via @guronfanani

Pantai Cemara via @guronfanani

Jika Pantai Kelapa yang kita bahas sebelumnya areal pinggiran pantainya banyak ditumbuhi dengan pohon kelapa, pantai yang akan kita bahas ini areal pinggiran pantainya banyak ditumbuhi dengan pohon cemara.

Keberadaan pohon cemara di areal pinggiran pantai ini telah berhasil menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang.

Selain memiliki areal hutan cemara yang cukup luas, pantai ini juga memiliki mangrove center yang dikelola salah seorang penduduk lokal. Jika mau, Anda dapat berkunjung ke mangrove center tersebut untuk melihat – lihat sembari melakukan beberapa take foto.

Untuk kondisi pantainya sendiri masih tergolong cukup bersih dan alami. Garis pantainya cukup panjang dan lebar dengan pasir putih yang halus.

Di pantai ini, Anda tidak perlu takut / khawatir saat berenang dan bermain air. Pasalnya tingkat kedalaman areal pantainya relatif cukup dangkal dengan ombak yang tenang.

Dulu, fasilitas wisata yang tersedia di sini masih tergolong sangat minim. Satu – satunya fasilitas wisata yang tersedia hanya gazebo yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk berteduh.

Belakangan, setelah dikelola dengan serius, fasilitas wisata yang tersedia sudah semakin lengkap. Bahkan, pengelola pantai ini juga telah menyediakan banyak spot foto yang sangat instagramable.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, pantai ini berlokasi di Jl. Tuban – Gresik, Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Kunjung juga yuk: 36 Tempat Wisata di Jombang Jawa Timur

4. Pantai Sowan Tuban

Pantai Sowan Tuban

Pantai Sowan Tuban

Saat mendengar nama pantai ini, apa yang muncul di benak Anda pertama kali? Kunjungan ke rumah orang penting? Atau malah politikus?

Ya, nama pantai eksotis di Tuban yang satu ini memang identik dengan dua hal di atas. Anehnya, pantai ini sama sekali tidak terkait dengan dua hal tersebut. Pantai ini dinamai Pantai Sowan, karena letaknya ada di Dusun Sowan.

Di kalangan masyarakat sekitar, pantai ini banyak dikenal dengan nama “Wana Wisata Sowan”. Tidak seperti beberapa pantai yang sebelumnya yang mana garis pantainya cenderung didominasi oleh pasir putih saja, garis pantai ini terdiri atas campuran pasir dan bebatuan karang.

Tidak jauh dari pantai ini ada hutan hijau seluas 32 hektar yang ditumbuhi dengan berbagai jenis tanaman tropis, seperti trembesi, klampis, dan mahoni.

Objek Wisata Pantai Sowan dikelola sepenuhnya oleh KPH Perhutani Kab. Tuban. Pantai ini telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup memadai. Selain itu, tiket masuknya pun juga sangat murah, yaitu hanya Rp. 10.000 per orang.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini, lokasinya ada di Daerah Bogoran, bogorejo, Bancar, Kab. Tuban, Jawa Timur.

5. Pantai Pasir Putih Remen Tuban

Pantai Pasir Putih Remen Tuban via @ardhitamadhani21

Pantai Pasir Putih Remen Tuban via @ardhitamadhani21

Khusus untuk Anda yang hobi berjemur dan bermain pasir di pinggir pantai, di Tuban ada objek wisata Pantai Pasir Putih Remen yang sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk menyalurkan hobi Anda.

Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa garis pantai yang sangat lebar dengan pasir putihnya yang sangat halus.

Selain berjemur dan bermain pasir, di pantai ini, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas wisata menarik, seperti hunting foto, berburu olahan kuliner khas masyarakat setempat, berkunjung ke PLTU tanjung awar – awar, dll.

Pantai ini pertama kali diresmikan sebagai tempat wisata pada Tahun 2015. Walaupun masih tergolong baru, pantai ini sudah memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Dari mulai toilet, tempat berteduh, sampai dengan warung makan, semuanya sudah tersedia.

Bagaimana? Tertarik untuk singgah ke pantai ini? Jika ya, lokasinya ada di Desa Remen, Kc. Jenu, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Untuk masuk ke pantai ini, Anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 2.000. Untuk yang membawa kendaraan nantinya juga akan dimintai biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 10 ribu untuk mobil pribadi dan Rp. 5.000 untuk sepeda motor.

Sangat murah bukan?

6. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip

Surga tersebunyi di Tuban, mungkin itu lah frasa kata yang paling pas untuk menggambarkan keindahan alam objek wisata yang satu ini.

Air terjun ini memiliki warna air yang hijau tosca yang sangat memukau.

Ketinggiannya memang terbilang biasa – biasa saja, yaitu hanya sekitar 30 meter. Namun warna airnya benar – benar sangat indah. Saat pertama kali melihat kolam di bagian bawah aliran air terjun ini, siapa pun dijamin pasti akan terpukau dan ingin segera menceburkan diri.

Sayangnya, dibalik keindahan yang ditawarkannya tersebut, air terjun ini menyimpan mitos yang agak menakutkan.

Menurut kabar yang beredar di kalangan masyarakat sekitar, air terjun ini setiap tahunnya selalu memakan korban. Uniknya, korban yang tenggelam di air terjun ini selalu gadis perawan.

Untuk itu, jika berkunjung ke sini, Anda kami sarankan untuk selalu waspada dan berhati – hati.

Lokasi Air terjun Nglirip ada di Dusun Jojogan, Desa Mulyo Agung, kec. Singgahan, Kab. Tuban. Air terjun ini bisa dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk (hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 3.000 untuk roda dua, dan Rp. 5.000 untuk roda empat).

7. Air Terjun Lembah Bongok Tuban

Air Terjun Lembah Bongok Tuban via Vivarich

Air Terjun Lembah Bongok Tuban via Vivarich

Air Terjun Lembah Bogok Berlokasi di daerah Jetak, Montong, Kebonagung, Jetak, Tuban, Jawa Timur.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 4 meter dengan aliran air yang bertingkat – tingkat. Jika dilihat sekilas air terjun ini mirip seperti air terjun Grojogan Sewu yang ada di daerah Kulon Progo.

Walaupun tidak tinggi, air terjun Lembah Bogok memiliki suasana yang tenang dan sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat bersantai dan melepas penat.

Di bagian bawah / pangkal alirannya ada areal kolam yang bisa digunakan untuk sekedar mandi, berenang, dan bermain air.

Di hari normal, air terjun ini buka setiap hari dari mulai pagi hingga sore.

Jika Anda ingin berkunjung ke air terjun ini, Anda kami sarankan untuk mengunjunginya saat musim kemarau. Pasalnya, saat musim penghujan, aliran air terjun ini biasanya akan berwarna keruh, sehingga kurang menarik untuk dipandang.

8. Goa Ngerong Tuban

Goa Ngerong Tuban

Goa Ngerong Tuban

Saat berkunjung ke Gua, apa yang biasa Anda lakukan? Berfoto dengan latar belakang pemandangan stalaktit dan stalagmit yang indah? Atau malah hanya berkeliling lokasi sekitar gua untuk menikmati keindahannya?

Nah, saat berkunjung ke gua yang satu ini, Anda dapat melakukan aktivitas wisata yang “tidak normal” dan amat sangat lain dari aktivitas wisata di kebanyakan goa lainnya.

Di goa ini, selain dapat menikmati stalaktit dan stalagmit, Anda juga bisa berenang dan bermain air di kolam yang ditinggali oleh kura – kura putih dan ikan tawes.

Kolam kecil tersebut memiliki air yang luar biasa jernih. Konon, sangking jernihnya kondisi air di kolam tersebut, saat difoto, bagian dasar dan ikan – ikan yang tinggal di dalamnya bisa terlihat dengan jelas di foto.

Keren banget kan?

Bukan cuma itu. Selain mandi di kolam, Anda juga bisa menyusuri sungai yang ada di gua ini dengan menggunakan perahu karet. Kalau mau, Anda juga diperbolehkan untuk memberi makan kawanan ikan yang ada di sekitar kolam dan aliran sungai yang Anda lewati.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berwisata ke goa ini? Jika ya, lokasi goa ini ada di Jl. Raya Barat No. 155, Dusun Gembong, Kec. Rengel, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Goa ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Untuk urusan tiket masuk, Anda tidak perlu khawatir. Cukup sediakan uang sebesar Rp. 3.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam di goa ini dengan leluasa.

9. Goa Akbar

Goa Akbar via Youtube

Goa Akbar via Youtube

Terletak di belakang Pasar Baru Kab. Tuban, Goa Akbar berhasil menjadi salah satu objek wisata terpopuler di Tuban.

Goa yang diyakini pernah menjadi tempat tinggal Sunan Kalijaga ini menawarkan daya tarik utama berupa panorama stalaktit dan stalagmit yang luar biasa indah.

Uniknya, di areal dalam goa ini ada sebuah musola dan Paseban Wali yang telah dilengkapi dengan tempat wudhu.

Biasanya, pengunjung yang beragama muslim selalu menyempatkan diri untuk sholat di mushola tersebut.

Untuk memudahkan wisatawan, pengelola objek wisata ini telah membuatkan jalur masuk yang rapi dan mudah untuk dilalui. Tidak hanya itu, fasilitas untuk penerangannya pun juga sudah sangat bagus.

Di hari normal, tiket masuk ke goa ini ditetapkan sebesar Rp. 4.000 per orang, sedangkan di hari libur dan akhir pekan, harga tiket masuknya dinaikkan menjadi Rp. 5.000 per orang.

Sangat murah bukan?

10. Goa Putri Asih

Goa Putri Asih

Goa Putri Asih

Goa Putri Asih merupakan goa terlengkap di daerah Tuban. Tidak seperti kebanyakan goa lainnya yang hanya sekedar menawarkan keindahan stalagmit dan stalaktit saja, selain menawarkan keindahan stalagmit dan stalaktit, goa ini juga menawarkan keindahan, helektit, heksentrik, strav, soda, dan lelehan flow stone.

Seluruh ornamen – ornamen unik tersebut melebur menjadi satu di tanah membentuk Calcite Flore yang luar biasa indah.

Secara total, Goa Putri Asih terdiri atas 9 ruangan dengan isi yang berbeda – beda. Di salah satu ruangannya, ada areal yang berhasil ditembus cahaya. Areal tersebut selalu menjadi langganan wisatawan sebagai tempat untuk berfoto.

Untuk urusan akses masuk, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya jalan masuk ke goa ini sudah cukup bagus dan bisa dilalui dengan mudah.

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke goa ini? Jika ya, lokasinya ada di Kawasan Hutan Desa Nguluhan, Kec. Montong, Kab. Tuban Jawa Timur.

Di hari normal, goa ini beroperasi setiap hari dari mulai pagi hingga pukul 4 sore. Tiket masuknya tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 3.000 per orang.

11. Goa Suci Tuban

Goa Suci Tuban

Goa Suci Tuban

Jika kebanyakan goa terbentuk dengan sendirinya karena pengaruh alam, tidak begitu dengan goa yang satu ini. Goa ini diyakini merupakan goa buatan yang sudah ada sejak Tahun 1026.

Bagian dinding Goa Suci Tuban terlihat seperti bekas pahatan. Di salah satu bagiannya, ada tulisan jawa berupa angka 1026. Diperkirakan angka tersebut adalah angka pendirian goa suci ini.

Menurut penuturan masyarakat sekitar, goa ini diberi nama Goa Suci karena dulunya sering dijadikan sebagai tempat untuk menyucikan diri dengan cara bertapa, semedi, dan menyendiri untuk sekedar merenung dan menenangkan pikiran.

Belakangan, dibandingkan sebagai tempat untuk menyucikan diri, goa ini lebih sering dijadikan sebagai tujuan wisata.

Lokasi Goa Suci Tuban ada di Desa Leran Wetan, Kec. Palang, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Untuk masuk ke goa ini, Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

12. Goa Kancing Tuban

Goa Kancing Tuban via @moch_hisyam9

Goa Kancing Tuban via @moch_hisyam9

Selain beberapa goa di atas, masih ada satu lagi objek wisata berbentuk Goa di Tuban yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Goa Kancing.

Berbeda dengan beberapa objek wisata goa yang sebelumnya yang mana mayoritasnya selalu menawarkan keindahan panorama stalaktit dan stalagmit, goa yang satu ini sama sekali tidak menawarkannya.

Bahkan, jika mau jujur, goa ini sebenarnya lebih cocok disebut sebagai sumur. Kenapa? Karena ukurannya tidak terlalu besar dan kedalamannya pun hanya sekitar 5 meter saja.

Lantas, apa yang membuat goa ini menarik untuk dikunjungi?

Yang membuat goa ini menarik untuk dikunjungi adalah keindahan alam di sekitarnya.

Di sekitar lokasi goa ini ada banyak tebing yang sangat indah. Konon karena keindahan alam di sekitar goa ini, banyak orang yang sengaja berkunjung ke goa ini untuk sekedar berfoto dengan latar belakang tebing – tebing indah tersebut.

Letak Goa Kancing ada di Desa Tlogo, Prunggahan Kulon, Kec. Semanding, Kab. Tuban.Goa ini dapat dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

13. Pemandian Bektiharjo Tuban

Pemandian Bektiharjo Tuban

Pemandian Bektiharjo Tuban

Ingin berfoto di bawah air / melakukan foto under water? Jika ya, Anda dapat berkunjung ke objek wisata yang satu ini.

Objek wisata berbentuk pemandian alam ini memiliki air yang luar biasa jernih. Sangking jernihnya air di pemandian ini, banyak orang yang menggunakannya sebagai tempat untuk melakukan foto underwater.

Selain itu, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, pemandian ini diyakini merupakan asal usul Kab. Tuban.

Jadi, kata “Tuban” diambli dari frasa kata Jawa, yaitu “meTU BANyune” yang artinya “keluar airnya”.

Oh ia, selain bisa mandi – mandi dan foto di bawah air, di pemandian ini Anda juga bisa melihat dan berinteraksi secara langsung dengan kawanan monyet yang tinggal di sini.

Tidak perlu takut, pasalnya monyet – monyet di pemandian ini sangat bersahabat dan tidak jahat.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke pemandian ini lokasinya ada di Desa Bektiharjo, Kec. Semanding, Kab. Tuban Jawa Timur. Untuk bisa mandi – mandi di sini, Anda hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp. 5.000 saja untuk biaya tiket masuk.

Sangat murah bukan?

Kunjungi juga yuk: 50 Objek Wisata di Tulungagung Jawa Timur Terbaru

14. Pemandian Air Panas Prataan Tuban

Pemandian Air Panas Prataan Tuban via Agamirandi

Pemandian Air Panas Prataan Tuban via Agamirandi

Pemandian Air Panas Prataan Tuban merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Tuban yang sangat populer.

Pemandian air panas ini merupakan pemandian air panas alami.

Menurut penuturan masyarakat sekitar, air di pemandian air panas ini diyakini dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit, terutama yang berkaitan dengan penyakit kulit.

Lokasi Pemandian Air Panas Prataan Tuban ada di Desa Prantaan, Wukirharjo, Parengan, Kab. Tuban. Jawa Timur.

Pemandian air panas ini beroperasi setiap hari dari mulai pagi hingga pukul 5 sore dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang.

15. Watu Ondo Tuban

Watu Ondo Tuban

Watu Ondo Tuban

Tempat wisata di Tuban yang selanjutnya adalah Watu Ondo Tuban.

Watu Ondo merupakan objek wisata berbentuk batu tebing di atas ketinggian bukit. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa panorama alam dari atas ketinggian bukit yang luar biasa indah.

Dari atas batu ini, Anda dapat melihat indahnya alam Kab Tuban dari atas ketinggian sembari menikmati sejuknya udara khas daerah perbukitan.

Menurut penurutan masyarakat sekitar, objek wisata ini diberi nama Watu Ondo (dalam Bahasa Indonesia berarti Batu Tangga) karena bentuk batunya yang mirip seperti tangga. Uniknya bentuk tersebut bukan buatan manusia, melainkan terbentuk dengan sendirinya karena fenomena alam.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Watu Ondo, lokasinya ada di Desa Bektiharjo, Kec. Semanding, Tuban, Jawa Timur. Objek wisata ini bisa dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

Hanya saja perlu diingat, jalan menuju ke objek wisata ini tergolong “agak ekstrim”. Untuk itu, jika ingin berkunjung ke sini, Anda harus mempersiapkan fisik sebaik mungkin.

16. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang

Anda tentu pernah mendengar sejarah Wali Songo bukan?

Nah, salah satu Wali Songo yang telah berjasa dalam proses penyebaran Agama Islam di daerah Tuban dan Sekitarnya, yaitu Sunan Bonang, dimakamkan di Tuban.

Lokasi makam Beliau sering dijadikan sebagai tujuan wisata oleh masyarakat lokal dan dari luar daerah.

Biasanya wisatawan datang ke Makam Sunan Bonang untuk berziarah sembari bernapak tilas di sekitar lokasi makam Beliau.

Jika Anda ingin berkunjung ke Makam Sunan Bonang, Lokasi Makam Sunan Bonang ada di Jl. Kh. Mustain, Desa Kutorejo, Kec Tuban, Kab. Tuban Jawa Timur. Makam ini dibuka untuk umum selama 24 jam non stop, sehingga Anda dapat mengunjunginya kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

17. Museum Kambang Putih

Museum Kambang Putih via Panoamio

Museum Kambang Putih via Panoamio

Tidak jauh dari lokasi Makam Sunan Bonang, ada sebuah objek wisata berbentuk museum yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Museum Kambang Putih.

Museum ini memiliki koleksi benda bersejarah yang cukup lengkap. Dari mulai wayang kulit, guci kuno, naskah kuno, peralatan untuk atraksi barongsai, sampai dengan senjata tradisional, semuanya bisa dilihat di museum ini.

Lokasi Museum Kambang Putih ada di Jl. Kartini No. 3, Kota Tuban. Museum ini buka dari mulai hari selasa sampai dengan minggu dari mulai pukul 7 pagi sampai dengan pukul 2 siang. Khusus untuk hari jumat, jam tutupnya akan dipercepat ke jam 11, sedangkan di hari sabtu, jam tutupnya akan dipercepat ke jam 12.

Untuk masuk ke Museum ini, Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 25.000 di hari kerja dan Rp. 40.000 di akhir pekan.

Kunjungi juga yuk: 42 Objek Wisata di Bondowoso Jawa Timur Paling Hits

18. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban via Youtube

Masjid Agung Tuban via Youtube

Masjid Agung Tuban merupakan masjid tertua sekaligus masjid paling bersejarah di Tuban. Masjid ini pertama kali didirikan pada abad ke 15 oleh Adipati Raden Aryotejo saat menjabat sebagai Bupati Tuban ke 7.

Masjid Agung Tuban memiliki arsitektur bangunan yang sangat megah. Masjid ini didirikan di atas tanah seluas 5.246 meter persegi dan telah dilengkapi dengan 6 menara. Bangunannya sendiri terdiri atas 3 lantai yang keseluruhannya difungsikan sebagai tempat ibadah.

Lokasi Masjid Agung Tuban terletak tepat di pusat Kota Tuban. Anda dapat berkunjung ke masjid ini kapan pun Anda mau tanpa perlu membayar biaya apa pun sama sekali.

19. Pondok Pesantren Perut Bumi Al – Maghribi

Pondok Pesantren Bumi Al – Maghribi

Pondok Pesantren Bumi Al – Maghribi

Tempat wisata di Tuban yang selanjutnya adalah Pondok Pesantren Bumi Al – Maghribi.

Pondok Pesantren Bumi Al – Maghribi merupakan pondok pesantren yang sangat unik.

Berbeda dengan kebanyakan pondok pesantren lainnya yang mayoritasnya didirikan di atas permukaan tanah, pondok pesantren yang satu ini didirikan di bawah permukaan tanah, tepatnya di dalam goa.

Salah satu bagian paling menarik di ponpes ini yang sayang untuk dilewatkan adalah bangunan masjidnya.

Masjid tersebut terletak di dalam goa dengan areal atap berupa stalaktit dan stalagmit yang luar biasa indah.

Lokasi Pondok Pesantren Bumi Al – Maghribi ada di Desa Gedongombo, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Ponpes ini bisa dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

20. Pegunungan Kuwasen Tuban

Pegunungan Kuwasen Tuban via @nurulfitriyaa

Pegunungan Kuwasen Tuban via @nurulfitriyaa

Pegunungan Kuwasen Tuban merupakan salah satu tempat wisata baru di Tuban yang sedang hits di kalangan anak muda Tuban.

Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa pemandangan alam pegunungan yang luar biasa indah.

Di pagi hari, lokasi pegunungan ini sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk menikmati indahnya sunrise di waktu fajar. Sedangkan di sore hari, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati indahnya sunset di kala petang.

Pegunungan ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berkemah bersama dengan teman dan kerabat lho!

Sayangnya, walaupun menawarkan pemandangan alam yang luar biasa memukau, sampai artikel ini ditulis, objek wisata ini masih sangat minim fasilitas.

Selain itu, akses jalan menuju ke objek wisata ini juga cukup terjal sehingga agak susah untuk dilalui.

Bagaimana? Masih tertarik untuk berkunjung ke pegunungan ini? Jika ya lokasinya ada di Daerah Singahan, Tuban, Jawa Timur.

21. Perum Perhutani KPH Jatirogo

Perum Perhutani KPH Jatirogo via @alfinnailun_najah

Perum Perhutani KPH Jatirogo via @alfinnailun_najah

Tempat wisata di Tuban yang selanjutnya adalah Perum Perhutani KPH Jatirogo. Perum Perhutani KPH Jatirogo berlokasi di Jl. Raya Bar. No. 17, Wotsogo, Jatirogo, Kab. Tuban, Jawa Timr.

Perum Perhutani ini menawarkan daya tarik utama berupa alam terbuka bebas yang sangat asri.

Untuk menarik minat sekaligus memudahkan wisatawan, Perum Perhutani telah menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung.

Salah satu fasilitas pendukung yang sangat menarik di tempat ini adalah Bangunan Rumah Pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai atau pun sekedar berfoto.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, Anda hanya perlu menyediakan uang tiket masuk sebesar Rp. 2.000 saja.

Untuk waktu kunjungannya sendiri tidak dibatasi, sehingga Anda dapat berkunjung ke tempat ini kapan pun Anda mau.

Oh ya sob, ternyata disini juga ada banyak fasilitas lainnya lho. Kamu juga bisa mengelilingi hutan dengan menggunakan mobil ATV ditemani hawa sejuk khas hutan.

22. Bukit Kapur Tuban

Bukit Kapur Tuban via @nandamerdeka

Bukit Kapur Tuban via @nandamerdeka

Khusus untuk Anda yang hobi berfoto atau pun mencintai dunia fotografi, di Tuban ada objek wisata berbentuk bukit kapur yang sangat pas untuk dijadikan sebagai spot berburu foto. Objek wisata tersebut bernama Bukit Kapur Tuban.

Bukit Kapur Tuban belrokasi di Dusun Banjarjo, Desa Banjaragung, Kec. Rengel, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Bukit kapur ini merupakan bukit kapur alami yang mayoritas arealnya belum tersentuh aktivitas penambangan.

Karena belum tersentuh aktivitas pertambangan, pemandangan di bukit kapur ini benar – benar sangat luar biasa.

Sangking indahnya bukit kapur ini, masyarakat lokal sering menjadikannya sebagai lokasi untuk mengambil foto prewed lho!

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, Anda dapat mengunjunginya kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

Satu hal yang harus Anda ingat, bukit kapur ini memiliki cuaca yang panas. Untuk itu, saat berkunjung ke sini, Anda kami sarankan untuk menggunakan pakaian yang tipis dan menyerap keringat dan bila perlu juga turut mengenakan sun block.

23. Mata Air Krawak

Mata Air Krawak via Wikipedia

Mata Air Krawak via Wikipedia

Tempat wisata di Tuban yang berikutnya adalah mata Air Krawak. Mata Air Krawak merupakan objek wisata alam baru di Tuban yang belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa tempat pemandian yang luar biasa jernih karena berupa sumber mata air alami.

Di sini, Anda dapat bersantai, bermain air, berendam, dan mandi sepuasnya di lokasi mata air.

Menurut penuturan masyarakat sekitar, mata air ini merupakan sumber mata air yang muaranya mengaliri Air Terjun Nglirip yang telah kita bahas sebelumnya lho!

Nah, jika Anda tertarik untuk berkunjung ke mata air ini, lokasinya ada di Daerah Krawak, Singgahan, Guwoterus, Montong, kab. Tuban.

Tiket masuk ke objek wisata ini tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 2.000 saja per orang.

Untuk jam operasionalnya sendiri dibatasi dari mulai pagi hingga pukul setengah 6 sore.

24. Galian Tambang Tuban

Galian Tambang Tuban via @iamhalien

Galian Tambang Tuban via @iamhalien

Galian Tambang Tuban berlokasi di Desa Banjarjo, Ke. Rengel, Kab. Tuban. Jawa Timur.

Tempat ini sebenarnya bukan tempat wisata, melainkan bekas galian tambang yang sudah tidak digunakan lagi. Namun karena panorama di sekitar tempat ini bagus, masyarakat sekitar akhirnya mulai mengunjunginya sebagai tempat wisata.

Biasanya mayoritas wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya mendatangi tempat ini untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berfoto saja.

Di beberapa bagian galian tambang ini sebenarnya ada genangan air. Hanya saja karena merupakan sisa tambang, galian air tersebut dikhawatirkan mengandung zat – zat kimia yang berbahaya untuk tubuh. Oleh karenanya, pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang atau pun sekedar bermain air di genangan air tersebut.

Di hari normal, objek wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai pagi hingga sore. Untuk masuk ke objek wisata ini pengunjung akan dimintai biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

25. Wisata Tebing Pelangi

Wisata Tebing Pelangi via Kanallamongan

Wisata Tebing Pelangi via Kanallamongan

Wisata Tebing Pelangi merupakan salah satu tempat wisata baru di Tuban yang sedang hits di kalangan wisatawan lokal.

Objek wisata ini berlokasi di Desa Tuwiri Kulon, Kec. Merakurak, Kab. Tuban.

Dulunya objek wisata yang mulai dibuka untuk umum di pertengahan tahun 2018 ini adalah bekas tambang pasir.

Nah, karena lokasi tambang pasir tersebut sudah tidak dioperasikan lagi, masyarakat sekitar akhirnya mulai mengelola bekas tambang pasir tersebut untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Saat ini, objek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan, seperti Sky Bike, Flying Fox, kolam bermain pasir, kolam renang khusus untuk anak – anak, dll.

Khusus untuk yang hobi berfoto, pengelola tempat ini telah menyediakan banyak spot menarik yang bisa difungsikan untuk berfoto.

Untuk fasilitas umumnya sendiri juga sudah tergolong sangat lengkap. dari mulai tempat parkir, kantin, mushola, sampai dengan cafe, semuanya telah tersedia dan bisa dinikmati oleh pengunjung.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Wisata Tebing Pelangi, Anda harus menyediakan uang tiket masuk sebesar Rp. 12.500 di hari biasa dan Rp. 15.000 di akhir pekan dan hari libur.

Tiket masuk tersebut belum termasuk biaya untuk menikmati wahana permainan yang tersedia di sini lho ya! Untuk bisa menikmati wahana permainan yang tersedia pengunjung harus membayar biaya tambahan yang besarannya berbeda – beda untuk tiap wahana permainan.

26. Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng Kwan Sing Bio via kansingbiotuban

Klenteng Kwan Sing Bio via kansingbiotuban

Tempat wisata di Tuban berikutnya adalah sebuah klenteng yang menjadi simbol toleransi masyarakat Tuban kepada masyarakat Tionghoa. Meskipun Tuban terkenal sebagai bumi Wali, tetapi masyarakat Tionghoa tetap bisa beribadah dengan tenang.

Lokasi klenteng ini ada di Jl. RE. Martadinata No.1, Karangsari, Tuban. Klenteng yang berdiri kokoh menghadap laut lepas ini konon dipercaya oleh masyarakat Tionghoa bila berdoa disini maka doanya pasti terkabul.

Bukan hanya wisatawan lokal saja yang datang, bahkan wisatawan mancanegara dari Cina, Singapura, dan Malaysia juga mau datang jauh-jauh ke klenteng ini.

27. Obyek Wisata Alun-Alun Kota Tuban

Obyek Wisata Alun-Alun Kota Tuban via Catatanzuhri

Obyek Wisata Alun-Alun Kota Tuban via Catatanzuhri

Saat malam hari tib,a alun-alun kota Tuban bisa menjadi alternatif buat kamu menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga tercinta.

Alun-alun yang selalu ramai sebagai tempat nongkrong ini juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang bisa anda jadikan pelepas lapar dan dahaga. Anda akan ditemani oleh semilir angin pusat kota tuban. Alun -Alun kota tuban menjadi alternatif tempat liburan masyarakat Tuban.

28. Kampung Warna Tuban

Kampung Warna Tuban via @beritatuban

Kampung Warna Tuban via @beritatuban

Ternyata Tuban juga punya kampung warna lho! Kalau kamu tertarik mengunjungi kampung warna ini, silahkan datang saja ke Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pada mulanya, kampung warna ini merupakan kampung yang kumuh dan tidak rapi, dikenal dengan sebagai Kingking.

Namun kini semuanya berubah 180 derajat. Kampung ini kini berubah menjadi cantik dan Instagramable. Cocok buat kamu yang mencari tempat foto di Tuban yang Instagramable. Meskipun disini terdiri dari gang sempit, tapi tidak mengurangi keindahan paduan warna dari tembok rumah-rumah warga.

29. Bukit Trantang

Bukit Trantang via @thoriqiy

Bukit Trantang via @thoriqiy

Tempat wisata di Tuban selanjutnya adalah bukit trantang yang terletak di Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Bukit ini sendiri merupakan kapur cadas yang kini dimanfaatkan sebagai tempat untuk berlatih atlet paralayang dari Tuban dan sekitarnya.

Disini kamu bisa menyaksikan para atlet berlatih atau sekedar menikmati pemandangan keindahan Tuban dari ketinggian.

Aktivitas paralayang di area perbukitan milik Perhutani, KPH Tuban, tersebut memang masih dikhususkan bagi para atlet.

Untuk bisa sampai ke puncaknya, kamu harus melewati jalanan yang masih belum baik dan sangat terjal, sehingga kamu harus ekstra berhati-hati.

30. Kawasan Industri Batik Gedog

Kawasan Industri Batik Gedog via Sureplus

Kawasan Industri Batik Gedog via Sureplus

Tempat wisata di Tuban selanjutnya adalah kawasan industri batik Gedog yang merupakan batik khas asli Tuban. Nama batik yang unik ini diberikan karena timbulnya suara “dagdog” saat proses pemintalan kain dan mencap batik.

Lokasi kawasan industri batik ini terpusat di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, yang merupakan sentra batik Gedog. Disini kamu bisa menyaksikan para pengrajin batik menciptakan kain cantik dari home industry mereka.

31. Air Terjun Sanggrahan

Air Terjun Sanggrahan via @ekopras16

Air Terjun Sanggrahan via @ekopras16

Lokasi: Kedungjambe, Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

32. Air Terjun Wukirharjo

Air Terjun Wukirharjo via @abdghoffur

Air Terjun Wukirharjo via @abdghoffur

Lokasi: Wukirharjo, Parengan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

33. Pantai Socorejo

Pantai Socorejo via @aditya_dmahendra

Pantai Socorejo via @aditya_dmahendra

Lokasi: Socorejo, Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

34. Kambang Putih Tuban Park

Kambang Putih Tuban Park via @karmilarosita

Kambang Putih Tuban Park via @karmilarosita

Lokasi: Jl. Raya Jenu, Sugihwaras, Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

35. Mangrove Center

Mangrove Center via travpacker

Mangrove Center via travpacker

Lokasi: Sugihwaras, Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

36. Taman Air Ngerong

Taman Air Ngerong via @cahyononisa

Taman Air Ngerong via @cahyononisa

Lokasi: Jl. Raya Rengel No.155, Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tempat Wisata Kuliner Tuban

Sekarang saatnya kita makan-makan, yuk kunjungi tempat wisata kuliner di Tuban berikut ini:

37. Garang Asem

Garang Asem via @kulinerbandoeng

Garang Asem via @kulinerbandoeng

Kuliner Tuban yang pertama yang mesti anda cobain adalah garang asem yang terkenal nikmat. Kuliner yang terbuat dari ayam dengan campuran santan dan proses pembuatanya di bungkus menggunakan daun pisang. Selain di Tuban, anda juga bisa menikmati kuliner ini di kabupaten lain lho.

38. Belut Goreng Ala Tuban

Belut Goreng Ala Tuban via @arifbdyarta

Belut Goreng Ala Tuban via @arifbdyarta

Belut goreng menjadi kuliner Tuban yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya. Anda bisa menjumpai dengan mudah belut goreng di berbagai tempat di Tuban lho!

****

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Tuban yang menarik untuk dikunjungi di waktu luang. Jadi, apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke beberapa objek wisata yang kami sebutkan di atas? Atau Anda memiliki referensi objek wisata lain di Tuban yang lebih menarik untuk dikunjungi? Jika ada, jangan lupa untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Jangan lewatkan juga: Tempat Wisata di Situbondo Jawa Timur

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!