42 Objek Wisata di Bondowoso Jawa Timur Paling Hits

Tempat Wisata di Bondowoso – Bondowoso merupakan salah satu wilayah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang sangat kaya akan tempat wisata seru. Tempat wisata di Bondowoso didominasi oleh objek wisata alam pegunungan dan objek wisata air terjun.

Jika dalam waktu dekat ini Anda berencana untuk melangsungkan perjalanan wisata ke Provinsi Jawa Timur, Bondowoso wajib Anda masukkan ke dalam daftar lokasi kunjungan wisata Anda.

Berbeda dengan mayoritas kabupaten di kawasan Tapal Kuda, Jawa Timur lainnya, Bondowoso tidak memiliki garis pantai sama sekali. Oleh sebab itu, saat berkunjung ke kabupaten ini jangan harap Anda bisa menemui objek wisata pantai.

Namun tenang saja, di balik kekurangannya tersebut, Bondowoso memiliki banyak kelebihan berupa objek wisata alam pegunungan yang sangat luar biasa.

Dibalik alam pegunungannya yang luar biasa, Bondowoso juga memiliki sejarah yang cukup menarik lho! Dulu, sebelum bernama Bondowoso, kabupaten ini bernama Blindungan. Di masa kepemimpinan Abhiseka Mas Ngabehi Kertonegoro, kabupaten ini mengalami banyak perubahan dan pembangunan.

Nah, karena perubahan dan pembangunan tersebut, daerah Blindungan akhirnya berubah nama menjadi Bondowoso, yang berasal dari kata Bondo yang berarti modal atau bekal, dan kata Woso yang berarti kekuasaan.

Jika diartikan secara lengkap, Bondowoso memiliki makna bahwa terbentuknya sebuah negeri semata – mata adalah karena modal berupa kerja keras penguasa yang mau membabat hutan dan membangun kota.

Jangan lewatkan juga yuk: Tempat Wisata di Sidoarjo Jawa Timur

Daftar Tempat Wisata di Bondowoso Jawa Timur

Jika dalam waktu dekat ini Anda berencana untuk berkunjung ke Bondowoso, berikut merupakan beberapa tempat di Bondowoso terbaru yang bisa Anda coba untuk kunjungi:

1. Kawah Ijen Bondowoso

Lokasi: Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk: Rp150.000 per orang

Kawah Ijen Bondowoso

Kawah Ijen Bondowoso

Kawah Ijen merupakan salah satu objek wisata paling populer yang ada di Kabupaten Bondowoso. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa kawah gunung Ijen yang masih aktif.

Lokasi objek wisata Kawah Ijen ada di puncak Gunung Ijen. Untuk bisa sampai ke lokasi mulut kawah, Anda harus melalui jalur pendakian sepanjang 3 km yang dapat ditempuh dalam kurun waktu rata – rata sekitar 1,5 jam perjalanan.

Medan perjalanan yang harus dilalui untuk bisa sampai ke kawah ini tergolong cukup terjal. Selain itu, suhu udaranya juga tergolong agak ekstrim, yaitu dapat mencapai 2 derajat selsius.

Agar lebih aman, jika hendak trekking ke puncak Kawah Ijen, mintalah panduan dari tour guide. Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang hangat dan tebal.

Dalam kondisi normal, Kawah Ijen dapat dikunjungi kapan saja, selama 24 jam non stop. Biaya tiket masuknya tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 5000 di hari kerja dan Rp. 7.500 rupiah di akhir pekan.

Jangan lewaatkan juga: 50 Objek Wisata di Tulungagung Jawa Timur Terbaru

2. Kawah Wurung

Lokasi: Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso

Tiket Masuk: Rp. 3000

Kawah Wurung via galihwimba

Kawah Wurung via Galihwimba

Tempat wisata di Bondowoso yang kedua adalah Kawah Wurung. Kawah ini berlokasi tidak jauh dari Kawah Ijen dan hanya berjarak sekitar 9 – 10 km saja.

Lokasi Kawah Wurung ada di Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso. Objek wisata ini dikelola sepenuhnya oleh Perum Perhutani Bondowoso dan menawarkan daya tarik utama berupa kawah dan alam pegunungan yang didominasi oleh rerumputan hijau dan beranekaragam jenis bunga.

Objek wisata Kawah Wurung dapat dikunjungi dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dari pintu masuk Kawah Ijen, objek wisata ini dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, Anda dapat mengunjunginya kapan saja dengan biaya tiket masuk sebesar Rp.3000.

Kawah wurung adalah bukit dengan cerukan seperti kawah gunung yang diselimuti padang rumput bak permadani hijau. Kawah ini juga dikenal dengan nama Bukit Cincin

3. Kawah Ilalang

Lokasi: Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kabupaten Bondowoso

Tiket Masuk: Rp. 5000

Kawah Ilalang via @egi_rangerhijau

Kawah Ilalang via @egi_rangerhijau

Selain dua kawah di atas, masih ada satu lagi objek wisata alam berbentuk kawah yang dapat dikunjungi di Bondowoso. Objek wisata kawah tersebut adalah Kawah Ilalang yang juga berlokasi di Desa Kalianyar, Kec. Sempol, tempatnya di daerah Curah Macam.

Sesuai dengan nama yang disandangnya, objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa kawah yang dipenuhi dengan ilalang. Di musim penghujan, dari kejauhan padang ilalang yang ada di kawah ini akan terlihat seperti hamparan permadani berwarna hijau keputihan.

Saat berada di tempat wisata hits di Bondowoso ini Anda dapat bersantai sembari melakukan beberapa take foto dengan latar belakang hamparan ilalang.

Sama seperti dua objek wisata yang sebelumnya, objek wisata ini juga bisa dikunjungi kapan saja selama 24 jam nonstop. Sampai artikel ini ditulis, untuk masuk ke lokasi objek wisata Kawah Ilalang, pengunjung masih belum dikenai biaya tiket masuk sama sekali. Satu – satunya biaya yang harus dibayar oleh pengunjung tempat ini adalah biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 5000.

4. Gunung Raung

Lokasi: Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember

Tiket Masuk: –

Gunung Raung via Wisatawaku

Gunung Raung via Wisatawaku

Anda merupakan seorang pecinta aktivitas trekking? Jika ya, objek wisata yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan wisata Anda saat berlibur ke Bondowoso.

Di objek wisata ini Anda dapat menyalurkan hobi trekking Anda sembari menikmati keindahan alam pegunungan yang sangat luar biasa.

Puncak Gunung Raung terletak di ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut. Bagian puncaknya dilengkapi dengan kaldera sedalam 500 meter yang terus mengeluarkan asap.

Letak Gunung Raung ada di perbatasan Tiga Kabupaten yang ada di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Bondowoso, Kab. Banyuwangi, dan Kab. Jember.

Jika Anda tertarik untuk mendaki gunung ini, Anda dapat mendakinya kapan saja selama 24 jam non stop selama statusnya berada dalam kondisi aman dan stabil.

5. Wisata Pegunungan Hyang Bondowoso

Lokasi: Jember, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, serta Lumajang.

Tiket Masuk: –

Wisata Pegunungan Hyang Bondowoso

Wisata Pegunungan Hyang Bondowoso

Tempat wisata di Bondowoso yang selanjutnya adalah Pegunungan Hyang. Pegunungan Hyang menawarkan pemandangan alam pegunungan yang sangat luar biasa. Pegunungan ini memiliki puncak tertinggi bernama Gunung Argopuro yang terletak di ketinggian 3.008 meter di atas permukaan laut.

Walaupun berstatus sebagai objek wisata pegunungan, Wisata Pegunungan Hyang Bondowoso sudah dilengkapi dengan akses jalan yang memadai. Untuk bisa sampai ke arealnya, wisatawan tidak perlu melakukan trekking dengan berjalan kaki selama berjam – jam, melainkan hanya perlu berkendara dengan menggunakan mobil atau sepeda motor.

Sama seperti halnya beberapa objek wisata yang sebelumnya, objek wisata Pegunungan Hyang Bondowoso juga dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam non stop. Walaupun begitu, waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini adalah di pagi hari, yaitu saat menjelang waktu matahari terbit.

6. Bukit Seranding Bondowoso

Lokasi: Desa Pakisan. Kecamatan, Tlogosari. Kabupaten Bondowoso

Tiket Masuk:

Bukit Seranding Bondowoso via @novi_ekasulistia

Bukit Seranding Bondowoso via @novi_ekasulistia

Bukit Seranding Bondowoso merupakan salah satu tempat wisata baru di Bondowoso yang masih belum begitu banyak diketahui oleh wisatawan.

Kondisi alam di sekitar bukit ini masih terjaga dengan baik. Sampai artikel ini ditulis, bukit ini bahkan belum dikelola sebagai tempat wisata baik oleh pemerintah atau pun oleh masyarakat yang tinggal di daerah sekitar.

Walaupun berstatus sebagai bukit, objek wisata hits di Bondowoso yang satu ini sejatinya terletak di dataran rendah. Tingkat ketinggiannya hanya 300 meter di atas permukaan laut, sehingga relatif cukup mudah untuk diakses, bahkan untuk pendaki pemula sekalipun.

Di bukit ini, Anda dapat bersantai sembari menikmati indahnya alam sekitar. Jika mau, Anda juga bisa melakukan beberapa take foto dengan latar belakang alam sekitar yang sangat memukau.

Jika tertarik untuk berkunjung ke bukit ini, bukit ini dibuka untuk umum selama 24 jam non stop dan dapat dikunjungi tanpa perlu merogoh kocek sama sekali.

7. Puncak P28 Bondowoso

Lokasi: Desa Wonosari, Kec. Grujugan, Kab. Bondowoso

Tiket Masuk: –

 

Puncak P28 Bondowoso via @fifidwis

Puncak P28 Bondowoso via @fifidwis

Puncak P28 Bondowoso terletak di Dusun Patirana, Desa Wonosari, Kec. Grujugan, Kab. Bondowoso. Objek wisata ini memiliki ketinggian sekitar 1674 meter di atas permukaan laut dan telah dilengkapi dengan berbagai macam ornamen romantis untuk berfoto.

Saat berada di Puncak P28 Bondowoso, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata menarik. Dari mulai bersantai sembari menikmati sejuknya udara khas dataran tinggi Bondowoso, sampai dengan melakukan take foto di berbagai ornamen yang tersedia, semuanya bisa Anda lakukan di sini.

Puncak P28 Bondowoso dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pagi hingga petang. Karena objek wisata ini terletak di daerah perbukitan dan memiliki cuaca yang relatif “bersahabat”, objek wisata ini nyaman untuk dikunjungi kapan saja.

8. Puncak Scorpio Wringin Bondowoso

Lokasi: Desa Sumber Canting Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso

Tiket Masuk: –

Puncak Scorpio Wringin Bondowoso via Masasihko

Puncak Scorpio Wringin Bondowoso via Masasihko

Kembali ke daerah Wiringin, ada satu lagi objek wisata menarik yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu Puncak Scorpio Wringin Bondowoso.

Tempat wisata di Bondowoso yang satu ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati indahnya alam pegunungan di daerah Bondowoso.

Saat cerah, dari tempat ini pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan berupa gunung – gunung yang menjulang tinggi dan mengelilingi Kab. Bondowoso.

Sampai artikel ini ditulis, Puncak Scorpio Wringin Bondowoso masih dalam tahap pembangunan. Menurut informasi yang beredar, objek wisata ini telah dicanangkan sebagai salah satu objek wisata unggulan di Bondowoso.

9. Bukit Putus Wringin Bondowoso

Lokasi: Desa Sumber Canting, Kecamatan Wringin, Kab. Bondowoso

Tiket Masuk: –

Bukit Putus Wringin Bondowoso via @enciss6456

Bukit Putus Wringin Bondowoso via @enciss6456

Jika kebanyakan objek wisata berbentuk bukit cenderung identik dengan wisata sun rise, tidak begitu dengan objek wisata bukit yang satu ini.

Alih – alih menjadi spot untuk menikmati sun rise di pagi hari, objek wisata ini malah lebih pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati indahnya sunset di sore hari.

Sama seperti halnya beberapa objek wisata bukit yang sebelumnya, objek wisata menarik di Bondowoso yang satu ini juga menawarkan pemandangan alam pegunungan yang sangat memukau.

Bedanya, jika beberapa objek wisata yang sebelumnya telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, objek wisata ini masih sangat minim fasilitas.

Walaupun begitu, secara keseluruhan, objek wisata ini benar – benar sangat layak untuk dikunjungi kok!

Lokasi objek Bukit Putus Wringin Bondowoso ada di Sumber Canting, Wringin, Kab. Bondowoso.  Objek wisata ini dapat Anda kunjungi kapan saja tanpa perlu membayar tiket masuk sama sekali.

10. Bukit Mahadewa Bondowoso

Lokasi: Desa Kupang, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk: Rp3.000 per orang

Bukit Mahadewa Bondowoso via @lingga_ananta

Bukit Mahadewa Bondowoso via @lingga_ananta

Tempat wisata di Bondowoso yang satu ini masih tergolong cukup baru. Walaupun begitu, popularitasnya di kalangan wisatawan lokal, terutama para pecinta sepeda MTB tergolong cukup tinggi.

Di bukit ini, pengunjung dapat menikmati indahnya alam pegunungan Kabupaten Bondowoso dari atas ketinggian bukit. Khusus untuk para pecinta sepeda MTB, bukit ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk menyalurkan hobi bersepeda.

Menurut sumber referensi yang kami gunakan, objek wisata ini ke depannya akan terus dikembangkan menjadi salah satu objek wisata unggulan di Bondowoso.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pengelola tempat ini sedang berupaya untuk mendirikan wahana permainan flying fox sepanjang 2 km.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke bukit ini? Jika ya, lokasi Bukit Mahadewa ada di Desa Kupang, Kec. Curahdami.

11. Air Terjun Tancak Kembar

Lokasi: Desa Andongsari, Kec. Pakem, Kab. Bondowoso

Tiket:

Air Terjun Tancak Kembar via Ekoardiyanto

Air Terjun Tancak Kembar via Ekoardiyanto

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, Bondowoso sangat kaya akan objek wisata alam pegunungan dan air terjun.

Nah, ketika berkunjung ke Bondowoso, Anda kudu harus menyempatkan diri Anda untuk singgah ke beberapa objek wisata air terjun yang ada di sini, seperti salah satunya adalah Air Terjun Tancak Kembar.

Tempat wisata Keluarga di Bondowoso ini diberi nama Air Terjun Tancak Kembar karena aliran airnya yang terbagi dua dengan ukuran yang nyaris sama.

Bila dibandingkan dengan beberapa objek wisata air terjun lain yang ada di Bondowoso, Air Terjun Tancak Kembar tergolong memiliki aliran yang cukup tinggi, yaitu 77 meter dan 50 meter.

Aliran airnya sendiri tergolong cukup deras dengan kondisi air yang relatif cukup jernih. Jika Anda tertarik untuk berwisata ke air terjun ini, lokasinya ada di Desa Andongsari, Kec. Pakem, Kab. Bondowoso.

12. Air Terjun Pulo Agung Bondowoso

Lokasi: Desa Sukorejo, Kec. Sumber Wringin, Bondowoso

Tiket Masuk: –

Air Terjun Pulo Agung Bondowoso via @yunikecil11

Air Terjun Pulo Agung Bondowoso via @yunikecil11

Sekitar 40 km dari Pusat Kota Bondowoso, ada satu objek wisata air terjun yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Objek wisata air terjun tersebut adalah Air Terjun Pulo Agung yang belrokasi di Desa Sukorejo, Kec. Sumber Wringin, Bondowoso.

Sama seperti air terjun yang sebelumnya, air terjun ini juga memiliki aliran air yang jernih dan segar. Kondisi alam di sekitar air terjun ini masih terjaga dengan baik, sehingga terasa sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai sembari menikmati sejuknya alam sekitar.

Sayangnya, sampai artikel ini ditulis, akses jalan menuju air terjun ini masih cukup sulit. Untuk bisa sampai ke air terjun ini dibutuhkan perjuangan yang cukup melelahkan. Hasilnya, air terjun ini tidak begitu diminati wisatawan.

Jika Anda merupakan tipikal orang yang menyukai aktivitas petualangan, objek wisata air terjun ini benar – benar sangat pas untuk Anda.

13. Air Terjun Blawan Bondowoso

Lokasi: Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kabupaten Bondowoso

Tiket: –

Air Terjun Blawan Bondowoso via @rudyharijanto67

Air Terjun Blawan Bondowoso via @rudyharijanto67

Tempat wisata di Bondowoso yang berikutnya adalah Air Terjun Blawan. Bila dibandingkan dengan beberapa objek wisata air terjun yang sebelumnya, air terjun yang berjarak sekitar 52 km dari pusat Kota Bondowoso ini tergolong sebagai air terjun dengan fasilitas yang paling lengkap.

Akses lokasi menuju objek wisata air terjun ini sudah tergolong cukup bagus. Fasilitas yang tersedia pun juga relatif cukup lengkap, sehingga tidak heran jika air terjun ini berhasil menjadi salah satu objek wisata keluarga di Bondowoso yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal.

Walaupun di hari libur dan akhir pekan air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, namun kondisi air terjun ini masih terjaga dengan sangat baik. Kondisi airnya masih tergolong sangat jernih dan terbebas dari polusi.

Untuk bentuk air terjunnya sendiri tergolong tidak terlalu tinggi, namun alirannya melebar ke arah samping, sehingga menghasilkan panorama unik tersendiri yang luar biasa eksotis.

Di hari normal, objek wisata air terjun ini dibuka untuk umum dari pagi hingga petang. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, lokasinya ada di Desa Kalianyar, Kec. Sempol.

14. Air Terjun Solor Bondowoso

Lokasi: Desa Solor, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso

Tiket Masuk: –

Air Terjun Solor Bondowoso via Sevenagnur

Air Terjun Solor Bondowoso via Sevenagnur

Khusus untuk Anda yang berjiwa petualang, ada satu lagi objek wisata menantang di Bondowoso yang tidak boleh Anda lewatkan. Objek wisata tersebut adalah Air terjun Solor, Bondowoso.

Berbeda dengan beberapa air terjun yang sebelumnya, air terjun ini cenderung masih belum dikelola dengan baik. Akses lokasinya tergolong cukup sulit dan dikelilingi dengan semak belukar.

Kondisi air terjunnya sendiri sebenarnya tergolong biasa – biasa saja. Alirannya tidak terlalu deras. Tingkat ketinggiannya pun juga tergolong relatif rendah, yaitu sekitar belasan meter saja.

Di musim penghujan, aliran air terjun ini biasanya akan mengalami peningkatan dan berubah menjadi agak keruh. Untuk itu, jika Anda tertarik untuk berkunjung ke air terjun ini, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di musim kemarau.

15. Air Terjun Gentongan

Alamat: Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso

Tiket Masuk: –

Air Terjun Gentongan via @ecol_revival

Air Terjun Gentongan via @ecol_revival

Kembali ke Kecamatan Sempol, ada satu lagi objek wisata berbentuk air terjun yang tidak kalah menarik untuk disambangi, yaitu Air Terjun Gentongan.

Air Terjun Gentongan merupakan air terjun unik yang sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk hunting foto.

Air terjun ini menawarkan daya tarik utama berupa aliran air yang “tidak biasa” dan tebing karst yang sangat eksotis.

Aliran air di air terjun ini merupakan aliran air yang berasal dari sekitar Kawah Ijen. Oleh karenanya, jangan heran jika aliran airnya agak sedikit bau belerang.

Konon, karena kandungan belerang yang dimilikinya tersebut, air yang mengalir di air terjun ini diyakini dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit kulit.

Bagaimana? tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, lokasi air terjun ini ada di Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

16. Air Terjun Belerang

Lokasi: Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso

Tiket masuk: –

Air Terjun Belerang via @yafiemiftahul

Air Terjun Belerang via @yafiemiftahul

Air Terjun Belerang berlokasi tidak jauh dari Air Terjun Gentongan, yaitu di Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena aliran airnya yang mengandung belerang dan bentuk air terjunnya yang bertingkat – tingkat.

Biasanya, mayoritas orang yang berkunjung ke air terjun ini akan menyempatkan diri untuk mandi di aliran airnya yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Sampai artikel ini ditulis, pengelolaan air terjun ini masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Untuk itu, jangan heran jika fasilitas wisata yang tersedia di sini masih seadanya dan belum lengkap.

17. Air Terjun Polo Agung

Lokasi: Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Wringin, ± 40 km sebelah timur Kota Bondowoso

Tiket Masuk: –

Air Terjun Polo Agung via @jayasudadio

Air Terjun Polo Agung via @jayasudadio

Di Desa Sekorejo, Kec. Wrinin, ada sebuah objek wisata air terjun yang menawarkan pemandangan tebing bebatuan dan aliran air yang jernih. Nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Polo Agung.

Aliran air terjun Polo Agung tidak terlalu deras. Ketinggiannya pun hanya beberapa belas meter saja.

Walaupun begitu, kondisi airnya benar – benar sangat jernih. Selain itu, karena posisi air terjun ini tepat berada di lintasan matahari, di waktu – waktu tertentu, saat tersorot matahari, aliran airnya akan terlihat bercahaya dan berwarna – warni layaknya pelangi.

Bila Anda tertarik untuk menyambangi air terjuni ini, waktu terbaik untuk menyambanginya adalah di musim kemarau, yaitu ketika aliran air terjunnya jernih.

18. Bosamba Rafting Bondowoso

Alamat: Desa Taman Krocok, Koanyar, Taman, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso

Bosamba Rafting Bondowoso

Bosamba Rafting Bondowoso

Tempat wisata di Bondowoso yang satu ini sangat cocok untuk Anda para pecinta aktivitas wisata yang memacu adrenalin.

Di objek wisata ini, Anda akan diajak untuk merasakan sensasi bermain rafting di sepanjang aliran Sungai Sampean Baru.

Di Bondowoso, Sungai Sampean Baru dikenal sebagai lokasi rafting yang sangat menantang. Karakter sungainya cenderung berbatu dengan kondisi tebing yang cukup terjal.

Biasanya, dalam kondisi normal, aktivitas rafting di sungai ini membutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih dua jam.

Oh ia, sekedar informasi, penamaan objek wisata ini sebenarnya diambil dari nama sungai ini sendiri lho, yaitu Bondowoso Sampean Baru yang kemudian disingkat menjadi BoSamBa.

19. Situs Megalitikum Bondowoso

Alamat: Desa Gliseran, Kec. Wringin, Kab. Bondowoso

Tiket Masuk: –

Situs Megalitikum Bondowoso via Nationalgeographic

Situs Megalitikum Bondowoso via Nationalgeographic

Khusus untuk Anda para pecinta objek wisata sejarah, saat berlibur ke Bondowoso, Anda kudu harus menyempatkan diri untuk singgah ke objek wisata yang satu ini.

Di tempat ini, Anda dapat melihat secara langsung beranekaragam dolmen dan sarkofagus peninggalan era batu besar.

Untuk memudahkan para wisatawan, pengelola objek wisata ini telah mengelola lokasi objek wisata ini sedemikian rupa sehingga “ramah” terhadap wisatawan.

Lokasi objek wisata Situs Megalitikum Bondowoso ada di Desa Gliseran, Kec. Wringin, Kab. Bondowoso. Di hari normal, objek wisata ini buka setiap hari dari mulai pagi hingga petang.

20. Tasnan Forest

Alamat: Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk: Rp.5000

Tasnan Forest via @widyawati_widwin & @to_nyin

Tasnan Forest via @widyawati_widwin & @to_nyin

Tempat wisata di Bondowoso selanjutnya adalah hutan tasnan yang bisa dibilang sedang hits saat ini. Hutan pinus tasnan ini sangat diminati menjadi spot untuk berfoto ria.

Hutan Tasnan ini dikelola dengan baik, dan sudah dilengkapi dengna anjungan di atas pohon, lampion gantung, ayunan kayu, hammock aneka warna, sampai amfiteater dengan kursi-kursi kayu bisa menjadi latar yang menarik untuk Anda berswafoto ria.

Liburan kesini pasti akan sangat menarik, karenan memang udaranya yang sejuk plus kicauan burung yang merdu membuat kita betah berlama-lama disini.

Lokasi hutan tasnan ini ada di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Untuk bisa masuk ke dalamnya kamu harus membayar tiket Rp5.000 per orang (Hutan Pinus).

21. Pemandian Tasnan Bondowoso

Alamat: Desa Taman, Kec. Grujugan, Kab. Bondowoso

Tiket Masuk: Rp.10.000

Pemandian Tasnan Bondowoso via EastJava

Pemandian Tasnan Bondowoso via EastJava

Pemandian Tasnan Bondowoso merupakan salah satu objek wisata keluarga di Bondowoso yang sangat populer. Masih berada di Tasnan Forest lo.

Objek wisata ini menawarkan berbagai macam aktivitas wisata yang sangat menarik seperti berenang, bermain air, bersantai di bawah rindangnya pohon pinus, hunting foto, dan lain sebagainya.

Menurut sumber referensi yang kami gunakan, objek wisata ini kabarnya sudah ada sejak era kolonial Belanda lho!

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini? Jika ya, lokasinya ada di Desa Taman, Kec. Grujugan, Kab. Bondowoso.

Untuk bisa menikmati segarnya air di pemandian ini, kamu harus membayar uang masuk sebesar Rp10.000 per orang (Pemandian)

22. Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit

Lokasi: PTP Nusantara VII Kalista Jampit. 74 Km kearah timur Kabupaten Bondowoso.

Tiket Masuk: –

Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit via Wedhangcoffee

Bukan cuma Gayo saja yang punya perkebunan kopi. Kabupaten Bondowoso pun juga memilikinya, namanya Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit.

Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit merupaka perkebunan kopi milik PTPN VIII Kalisat Jampit.

Perkebunan yang memiliki luas sekitar 4.000 hektar ini terletak di ketinggian 900 mdpl.

Di perkebunan ini, Anda dapat melihat secara langsung bagaimana kopi ditanam, dipetik, dan diolah hingga menjadi bubuk kopi yang siap untuk dikonsumsi.

Jika mau, Anda juga bisa menikmati kopi Arabika langsung di beberapa warung yang ada di kompleks perkebunan ini.

Jika Anda merupakan seorang pecinta kopi sejati, objek wisata yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan wisata Anda!

23. Bendungan Sampean Baru

Lokasi: Dusun Tapen, Desa Pandak, Kec. Klabang, Kab. Bondowoso

Tiket masuk: –

Bendungan Sampean Baru via @fsolfradz1505

Bendungan Sampean Baru via @fsolfradz1505

Masih ingat dengan objek wisata rafting Bosamba? Nah, objek wisata ini merupakan bagian dari sungai yang disusuri di objek wisata rafting tersebut, yaitu Sungai Sampean Baru.

Walaupun hanya berupa bendungan, namun objek wisata ini memiliki tampilan yang cukup unik. Area belakang / bawah bendungan ini telah dilengkapi dengan ratusan batu yang mirip dengan tumpukan nisan.

Berkat keberadaan tumpukan batu yang mirip nisan tersebut, objek wisata yang berlokasi di Dusun Tapen, Desa Pandak, Kec. Klabang, Kab. Bondowoso ini benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto.

Karena berstatus fasilitas umum, objek wisata ini dapat dikunjungi kapan saja tanpa harus membayar biaya tiket masuk sama sekali.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini sendiri adalah di pagi hari atau sore hari, yaitu ketika sinar matahari tidak terlalu terik.

24. Alun – Alun Bondowoso

Lokasi: Jl. Jaksa Agung, Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso

Tiket Masuk: –

Alun – Alun Bondowoso via Youtube

Alun – Alun Bondowoso via Youtube

Tempat wisata di Bondowoso yang selanjutnya adalah Alun – Alun Bondowoso.

Alun – alun Bondowoso merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Bondowoso. Tempat wisata ini nyaris tidak pernah sepi pengunjung baik itu saat hari libur dan akhir pekan, maupun di hari biasa.

Di tempat ini, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata menarik, seperti joging, bersepeda, bersantai sambil nongkrong di malam hari, dll.

Selain berstatus sebagai tempat nongkrong di Bondowoso, Alun – Alun Bondowoso sebenarnya juga berstatus sebagai salah satu tempat wisata kuliner di Bondowoso lho!

Di sini Anda dapat menikmati beraneka jenis olahan kuliner khas Bondowoso dengan harga yang relatif cukup murah dan terjangkau.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Alun – Alun Bondowoso? Jika ya, lokasinya ada di Jl. Jaksa Agung, Kotakulon, Kec. Bondowoso. Anda dapat berkunjung ke sini kapan pun Anda mau tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

25. Museum Kereta Api Bondowoso

Lokasi: Kademangan, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso

Tiket Masuk: –

Museum Kereta Api Bondowoso via @elokrowindi_

Museum Kereta Api Bondowoso via @elokrowindi_

“Lho, bukannya pusat industri kereta api Indonesia terletak di Madiun ya? Kok museumnya ada di Bondowoso sih?”

Ya, pusat industri kereta api Indonesia saat ini memang berlokasi di Madiun. Namun itu hanya saat ini. Dulu, saat masa kolonial Belanda, pusat industri kereta api adanya di Bondowoso. Itulah kenapa Bondowoso memiliki museum kereta api.

Di museum ini, Anda dapat mempelajari sejarah perkembangan kereta api di Pulau Jawa sejak era kolonial Belanda.

Di hari normal, objek wisata yang berlokasi di Kademangan, Kec. Bondowoso ini beroperasi dari mulai pagi hingga sore.

Jika Anda merupakan seorang pecinta sejarah, objek wisata yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan wisata Anda selama berlibur di Bondowoso.

26. Taman Krocok Bondowoso

Lokasi: Desa Taman, Kec. Taman Krocok, Kab. Bondowoso

Tiket Masuk: –

Taman Krocok Bondowoso

Taman Krocok Bondowoso

Taman Krocok merupakan pintu masuk objek wisata rafting Bosamba. Taman ini sebenarnya tidak begitu luas, namun karena kondisi alamnya tergolong cukup asri dan sejuk, taman ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai dan melepas penat.

Biasanya, sebelum melakukan aktivitas rafting, wisatawan rafting Bosamba akan singgah sejenak di taman ini untuk melakukan persiapan.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke taman ini, lokasinya ada di Desa Taman, Kec. Taman Krocok, Kab. Bondowoso.

27. Taman Bunga Villa Afdeling Jampit

Lokasi: Jampit, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk: –

Taman Bunga Villa Afdeling Jampit via Ketahui

Taman Bunga Villa Afdeling Jampit via Ketahui

Taman Bunga Villa Afdeling Jampit berlokasi di Kawasat Jampit, Kab. Bondowoso.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa taman bunga yang dilengkapi dengan bangunan villa yang didirikan dengan gaya arsitektur indies.

Karena terletak di dataran tinggi, suhu udara di objek wisata ini cenderung terasa sejuk.

Di taman ini, wisatawan dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata menarik seperti bersantai di bawah pohon rindang, berfoto dengan latar belakang villa, berkunjung ke taman bunga, berfoto dengan latar belakang taman bunga, dll.

28. Kebun Stroberi Afdeling Jampit

Lokasi: Jampit, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk: –

Kebun Stroberi Afdeling Jampit

Kebun Stroberi Afdeling Jampit

Kebun Stroberi Afdeling Jampit berlokasi tidak jauh dari Taman Bunga Villa Afdeling Jampit.

Kebun ini merupakan kebun milik PTPN XII yang difungsikan tidak hanya sebagai kebun produksi melainkan juga sebagai sarana agrowisata.

Di hari normal, kebun ini sering dijadikan sebagai tempat kunjungan study tour oleh beberapa instansi pendidikan. Di hari libur dan akhir pekan, kebun ini juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat secara langsung bagaimana stroberi ditanam.

Oh ia, selain dapat melihat proses penanaman dan pemanenan stroberi, di objek wisata ini Anda juga bisa menikmati beranekaragam produk hasil olahan stroberi lho! Sangat keren bukan?

29. Rawa Indah Almour

Lokasi: Desa Alas Sumur, Kec. Pujer, Kab. Bondowoso

Tiket Masuk: Rp.5000

Rawa Indah Almour via @vino_ramadhani

Rawa Indah Almour via @vino_ramadhani

Tempat wisata baru di Bondowoso ini berlokasi di Desa Alas Sumur, Kec. Pujer, Kab. Bondowoso.

Di rawa ini, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata menarik seperti berkeliling area rawa dengan menggunakan perahu tradisional, memancing, hunting foto, sampai dengan memacu adrenalin di wahana permainan flying fox yang tersedia.

Untuk Anda yang hobi memancing, pengelola objek wisata ini telah menyediakan spot pemancingan yang dijalankan dengan sistem timbang kilo. Artinya, jika Anda ingin memancing di tempat ini dan Anda berhasil mendapatkan ikan, Anda harus membayar ikan yang Anda dapatkan tersebut. Untuk harganya sendiri tergolong cukup terjangkau, yaitu hanya 15 ribu rupiah per kg.

Di lain sisi, jika Anda ingin bermain flying fox, Anda wajib menyediakan uang sebesar 5 ribu rupiah per orang. Sangat murah bukan?

30. Jembatan Gubrih, Bondowoso

Lokasi: Desa Gubrih, di Kec. Wringin, Kabupaten Bondowoso

Tiket Masuk: –

Jembatan Gubrih, Bondowoso

Jembatan Gubrih, Bondowoso

Ingin melihat secara langsung kehidupan masyarakat pedesaan di Bondowoso? Jika ya, Anda dapat berkunjung ke Desa Gubrih, yang terletak di Kec. Wringin.

Di desa ini Anda dapat melihat kehidupan masyarakat pedesaan di Bondowoso secara langsung.

Selain itu, Anda juga bisa singgah ke Jembatan Gantung Gubrih yang cukup unik.

Jembatan ini memiliki lantai bergelombang dengan material yang terkesan “seadanya”, sehingga sarat akan ingatan “tempo doeloe”.

Biasanya, saat berkunjung ke Desa Gubrih, wisatawan akan menyempatkan diri untuk singgah ke jembatan tersebut untuk berfoto.

31. Batu So’on (The Stonehenge van Java)

Lokasi: Tenggina, Solor, Cermee, Kab. Bondowoso

Tiket Masuk:

Batu So’on via ditjenphpl

Batu So’on via ditjenphpl

Anda pasti pernah mendengar objek wisata Stone Henge di Inggris bukan? Nah, Bondowoso juga memiliki objek wisata yang mirip dengan objek wisata tersebut lho! Nama objek wisatanya adalah objek wisata Batu So’on.

Di objek wisata ini Anda dapat melihat mukjizat alam berupa bebatuan besar yang terkesan seperti disusun.

Bagaimana? Sangat keren bukan?

Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, lokasi objek wisata Batu So’on ada di  Tenggina, Solor, Cermee, Kab. Bondowoso. Di hari normal, objek wisata ini buka setiap hari dari mulai pagi hingga sore.

32. Pemandangan Arak – Arak Bondowoso

Lokasi: Desa Sumber Cating, Kec. Wringin, Kabupaten Bondowoso

Tiket Masuk:

Pemandangan Arak – Arak Bondowoso via @yurin.a.azifa

Pemandangan Arak – Arak Bondowoso via @yurin.a.azifa

Pemandangan Arak – Arak merupakan salah satu tempat wisata baru di Bondowoso yang sedang hits di kalangan anak muda.

Tempat wisata ini menawarkan keindahan panorama alam perbukitan yang sarat akan pepohonan hijau dan udara sejuk.

Di tempat ini, Anda dapat bersantai untuk melepas penat sembari menikmati sejuknya udara khas dataran tinggi Bondowoso.

Jika mau Anda juga bisa melakukan beberapa take foto dengan latar belakang pemandangan khas pegunungan.

Bila Anda tertarik untuk menyambangi objek wisata ini, di hari normal, objek wisata yang berlokasi di Desa Sumber Cating, Kec. Wringin, Bondowoso ini dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pagi hingga sore.

33. Taman Galuh Bondowoso

Lokasi: Sumber Rejo, Sempol/Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk: –

Taman Galuh via @heri_milanisti

Taman Galuh via @heri_milanisti

Tempat wisata di Bodowoso selanjutnya adalah taman Galuh yang fenomenal. Taman ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dan memikat. Siapa saja yang datang kesini pasti akan terkagum-kagum dengan keindahan panoraman yang tiada duanya.Taman Galuh ini belakangan viral karena banyak beredar di media sosial anak-anak muda yang selfie-selfie cantik disini.
Lokasi taman galuh ini ada di Sumber Rejo, Sempol/Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

34. Masjid Agung At – Taqwa Bondowoso

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kab. Bondowoso

Tiket Masuk:

Masjid Agung At – Taqwa Bondowoso via SInggahkemasjid

Masjid Agung At – Taqwa Bondowoso via SInggahkemasjid

Berbeda dengan mayoritas daerah kabupaten lain yang ada di Jawa Timur, Kab. Bondowoso tergolong sangat minim objek wisata religi.

Satu – satunya objek wisata religi di Bondowoso yang menarik untuk dikunjungi adalah Masjid Agung At – Taqwa Bondowoso. Masjid ini memiliki bentuk arsitektur yang sangat kental akan budaya Jawa.

Lokasi Masjid Agung At – Taqwa Bondowoso ada di pusat Kota Bondowoso, tepatnya di Jl. Ahmad Yani, Kotakulon, Kec. Bondowoso.

35. Air Terjun Niagara Mini

Lokasi: Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk: –

Air Terjun Niagara Mini via @envi.alifa

Air Terjun Niagara Mini via @envi.alifa

Ternyata Indonesia memang punya semuanya, kalau di Kanada ada air terjun Niagara yang mendunia itu, nah, kalau di Bondowoso juga air terjun Niaga mini yang tidak kalah menakjubkannya.

Air terjun niagara ini bisa kamu jadikan sebagai spot selfie yang kece. Ada juga jembatan keren yang bisa kamu jadikan spot berfoto ria. Lokasi air terjun ini ada di Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

36. Air Terjun Busa

Lokasi: Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk:

Air Terjun Busa via @syawalnesia_traveler

Air Terjun Busa via @syawalnesia_traveler

Tempat wisata di Bondowoso selanjutnya yaitu air terjun busa yang sangat unik. Dinamai air terjun busa karena memang airnya selalu mengeluarkan busa meskipun tanpa diterjen.

Air terjun yang airnya bersumber dari Gunung Ijen ini bercampur dengan belerang membuat muaranya penuh dengan gumpalan putih seperti busa.

Tebing bebatuan nan kokoh di belakang air terjun ini juga sangat gagah untuk dijadikan background untuk berfoto. Oh ya sob, karena kandungan blerangnya yang santa tinggi anda tidak dianjurkan untuk mandi disini lho.

Air terjun bisa ini terdapat di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

37. Bukit Jabal Kirmit ala Selandia Baru

Lokasi: Desa Jampit, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk: –

Bukit Jabal Kirmit via @egi_rangerhijau

Bukit Jabal Kirmit via @egi_rangerhijau

Selain air terjun Niagara yang ada di Kanada sana, ternyata Bondowoso juga punya tempat wisata yang mirip dengan tempat wisata di Selandia Baru sana.

Daripada jauh-jauh ke New Zaeland sana, mending kita ke Bondowoso aja , 😀

Ada sebuah bukit namanya bukit Jabal Kirmit. Bukit Jabal Kirmit ini memiliki pemandangan indah yang mempesona dengan nesona permadani rumput hijau yang luas.

Lokasi bukit Jabal Kirmit ini berada di kawasan base camp pendakian ke Kawah Ijen. Bukit ini senantiasa berselimut permadani hijau diselilingi hamparan ilalang yang menarik.

Wisatawan yang datang juga bisa melihat kuda dan kijang sebagai gantinya seperti yang di Selandia Baru. Pemandangan Gunung Ijen yang menjulang tinggi dan udaranya yang sejuk dijamin akan semakin membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Lokasi bukit Jabal Kirmit ini ada di Desa Jampit, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

38. Spot Foto Kece “Pohon Pelangi” di Hutan Bogor

Lokasi: Desa Sumberwringin, Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk: –

Pohon Pelangi Hutan Bogor via @rakhmat_fachry & @killjoy_93

Pohon Pelangi Hutan Bogor via @rakhmat_fachry & @killjoy_93

Tempat wisata di Bondowoso selanjutnya adalah pohon pelangi di Hutan Bogor. Meskipun namanya hutan Bogor, tapi bukan di daerah Bogor ya.

Pohon pelangi ini yang memiliki bentuk sangat unik ini memiliki nama ilmiah Eucalyptus deglupta ini sejatinya memang memiliki batang aneka warna seperti pelangi.

Warna unik dari pohon ini bersumber dari getah yang keluar dari pohon dan mengenai kulit pohon dan membentuk sebuah lapisan warna.

Warna yang muncul dari getah ini adalah biru, kemudian berubah menjadi jingga, ungu, dan merah marun. Wah pasti ketjeh nih kalau dijadikan foto profil instagram.

Lokasi pohon pelangi ini ada di Desa Sumberwringin, Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

39. Desa Wisata Glingseran

Lokasi: Desa Glingseran, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk: –

Desa Wisata Glingseran via @mii.shiti98

Desa Wisata Glingseran via @mii.shiti98

Tempat wisata di Bondowoso selanjutnya ada di Desa Glingseran. Desa ini sangat cantik karena berada di lereng Gunung Argopuro yang menawan, dan tambah eksotis lagi setelah didandani berbagai pernak-pernik kekinian.

Untuk melengkapi berbagai fasilitas penunjang, dibuatlah gazebo, jembatan gantung yang berhias berbagai warna, juga aneka batuan unik yang bisa kamu jadikan sebagai spot selfie yang instagrammable.

Disini kamu juga bisa mencoba flying fox yang menantang adrenalin. Selain itu, ada juga air terjun dengan ketinggian sekitar 12 meter bernama Tancak Sulaiman.

Wisatawan juga bisa melihat area sawah yang mirip dengan di Ubud sana. Dimana para petani menggarap sawahnya di lereng gunung, lengkap dengan teraseringnya.

Silahkan anda kunjungi Desa Glingseran, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

40. Mendaki Air Terjun di Kalipait

Lokasi: Desa Kalipait, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk:

Mendaki Air Terjun di Kalipait via Kompas

Mendaki Air Terjun di Kalipait via Kompas

Masih berupa air terjun, meskipun tidak tinggi, tapi kamu bisa mencoba sensasi mendaki air terjun Kalipait yang menantang.

Air terjun yang landai ini terletak di Kaki Gunung Ijen Anda dapat dengan mudah meniti bebatuan di pinggirnya untuk mencapai puncak air terjun!

Pesona alam dari atas air terjun ini sungguh luar biasa. Berselimut hutan hijau dengan panorama Gunung Ijen dan tentu saja udaranya yang menyegarkan. Pendakian Anda tidak akan terbuang sia-sia.

Dinamakan air terjun Kalipait karena memang airnya tidak bisa diminum. La wong kandungan belerangnya tinggi, berasal dari kawah Ijen. Warna air disini hijau kekuningan, mungkin karena kandungan blerangnya tinggi ya?

Lokasi Kalipait ini ada di Desa Kalipait, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Untuk bisa masuk kamu mesti bayar tiket sebesar Rp5.000 per orang.

41. Bukit Ko’ong

Lokasi: Desa Tanahwulan, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowose, Jawa Timur, 68262

Tiket Masuk:

Bukit Ko’ong via @nand_setiawan

Bukit Ko’ong via @nand_setiawan

Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi bukit Ko’ong yang unik. Dikatakan unik karena anda bisa melihat kemegahan dua gunung yang keindahannya sudah tersohor: Argopuro dan Ijen, serta hutan, persawahan, dan pemukiman warga di antara kedua gunung ini.

Buat anda yang doyan foto-foto, anda mesti mengabadikan momen di Bukit Ko’ong ini. Disini ada “Pride Rock” ala film animasi Lion King untuk berpose yang wajib anda singgahi dan jeprat-jepret.

Lokasi bukit Ko’ong ini ada di Desa Tanahwulan, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowose, Jawa Timur, 68262

Kunjungi juga yuk: Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur

42. Bukit Apetleppet si Bukit Berlapis

Lokasi: Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Tiket Masuk:

Bukit Apetleppet di Bukit Berlapis

Bukit Apetleppet di Bukit Berlapis

Tempat wisata di Bondowoso yang terakhir dari kami adalah bukit Apetleppet atau bukit yang berlapis-lapis. Dinamain demikian karena memang bukit ini berlapis-lapis.

Ketika berada disini anda akan semakin menyadari kekuasaan Tuhan, bagaimana tidak, siapa yang mengatur semua ini.

Dimana anda akan menyaksikan bukit yang diselimuti oleh permadani hijau berhias cerukan-cerukan vertikal sehingga tampak seperti berlapis. Tambahan lagi, di belakangnya terdapat bukit yang lebih tinggi sehingga bentuknya juga tampak seperti lapisan bukit.

Keindahannya tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Sangat indah dan mengagumkan sekali. Apalagi udaranya sangat sejuk dan segar. Kamu pasti susah move on dari tempat ini.
Lokasi Bukit Apetleppet ini ada di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

*****

Itulah beberapa tempat wisata di Bondowoso yang bisa Anda coba kunjungi di waktu luang.

Penting untuk diingat, karena mayoritas objek wisata di Bondowoso terletak di dataran tinggi, jika Anda ingin berlibur ke Bondowoso, jangan lupa untuk membawa pakaian hangat. Selain itu, karena fasilitas ATM dan pembayaran non tunai di beberapa objek wisata yang ada di Bondowoso masih agak terbatas, jangan lupa untuk selalu membawa uang cash ya!

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Hutan Bambu Sukolilo Jawa Timur

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!