50 Objek Wisata di Tulungagung Jawa Timur Terbaru

Tempat wisata di Tulungagung – Halo sobat Tempatwisataseru dimanapun anda berada. Anda mau jalan-jalan mengunjungi tempat wisata di Tulungagung?

Tulungagung sendiri merupakan salah atu Kabupaten yang ada di Jawa Timur. Dari Ibukota Provinsi, Surabaya, Tulungagung berjarak sekitar 154 KM. Kabupaten/Kota ini sendiri terkenal sebagai kota Marmer.

Ada sejarah tersendiri mengenai penamaan dari Tulungagung. Menurut cerita turun temurun yang kami kutip dari Wikipedia, terdapat 2 versi asal muasal nama Tulungagung. Yakni berasal dari kata “Pitulungan Agung” (pertolongan yang agung).

Dan versi yang kedua, Tulungagung berasal dua kata, tulung dan agung, tulung artinya sumber yang besar, sedangkan agung artinya besar. Dalam pengartian berbahasa Jawa tersebut, Tulungagung adalah daerah yang memiliki sumber air yang besar.

Daftar Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur

Sekarang mari kita jelajahi Tulungagung. Kira-kira apa saja tempat wisata di Tulungagung yang kece dan layak untuk kita jelajahi?

Berikut ini Tempatwisataseru berhasil merangkum banyak sekali tempat wisata di Tulungagung yang bisa anda masukkan sebagai destinasi liburan:

1. Taman Hutan Kota Tulungagung

Tempat wisata di Tulungagung yang pertama adalah taman hutan Kota. Taman Hutan Kota Tulungagung sangat mirip dengan Kebun Raya yang ada di Kota Bogor. Letak taman ini berada tidak jauh dari pusat Kota Tulungagung sehingga sangat mudah untuk diakses oleh para wisatawan.

Taman Hutan Kota Tulungagung via infotrenggalek

Menurut informasi yang beredar, taman ini merupakan taman khusus yang digunakan sebagai taman konservasi. Walaupun begitu, taman ini tetap boleh dikunjungi oleh masyarakat umum.

Fasilitas wisata yang tersedia di taman ini tergolong cukup lengkap. Dari mulai tempat duduk / tempat bersantai, sampai dengan tempat bermain, semuanya sudah tersedia dengan rapi di taman ini.

Lokasi Taman Hutan Kota Tulungagung ada di Desa Keraton.Untuk sampai ke taman ini, dari pusat Kota Tulungagung, Anda dapat mengambil jalur mengarah ke Stasiun Tulungagung. Nah, dari stasiun, Anda tinggal lurus mengarah ke Jl. Pangeran Antasari dan Jl. Sultan Agung hingga melihat plang penunjuk jalan menuju ke Taman Hutan Kota.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke taman ini, taman ini dibuka setiap hari untuk umum dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Karena taman ini adalah taman milik pemerintah, biaya tiket masuk ke taman ini digratiskan.

Kunjungi juga: Liburan Seru Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur

2. Kampung Susu Dinasty

Khusus untuk Anda yang ingin berlibur ke Tulungagung bersama dengan keluarga, objek wisata yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tempat wisata di Tulungagung Anda. Di tempat ini Anda dapat menikmati sajian wisata berupa peternakan susu perah sembari mempelajari berbagai macam aktivitas yang terkait dengan dunia peternakan.

Kampung Susu Dinasty

Tidak hanya itu, jika mau, di tempat ini Anda juga bisa berkeliling lokasi peternakan dengan menggunakan kuda.

Fasilitas wisata yang tersedia di Kampung Susu Dinasti tergolong cukup lengkap. Dari mulai toilet, mushola, tempat parkir, fasilitas outbound, taman bermain khusus untuk anak – anak, sampai dengan akses wifi gratis, semuanya sudah tersedia di sini.

Lokasi Kampung Susu Dinasti ada di Desa Sidem. Bila Anda berangkat dari pusat Kota Tulungagung, objek wisata ini dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 40 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Di hari normal, Kampung Susu Dinasti buka setiap hari dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sama sekali.

Walaupun begitu, jika ingin menggunakan beberapa fasilitas, seperti menunggangi kuda, pengunjung akan dikenai biaya sewa kuda sebesar 10 ribu rupiah untuk anak – anak dan 15 ribu rupiah untuk orang dewasa.

3. Taman Aloon – Aloon Tulungagung

Lokasi Taman Aloon – Aloon Tulungagung ada di Jl. R.A. Kartini, yaitu tepat di pusat Kota Tulungagung. Taman ini merupakan salah satu objek wisata paling populer yang ada di Kota Tulungagung.

Taman Aloon – Aloon Tulungagung via ranggafariyana

Di taman ini, wisatawan dapat menikmati berbagai macam fasilitas wisata, seperti track khusus untuk joging, fasilitas outbond, lapangan, arena skateboard, wahana permainan sederhana, tempat refleksi, fasilitas wifi gratis, dll.

Tidak hanya itu, taman ini juga sangat terkenal dengan ikon patung garuda raksasa dan air mancur yang dimilikinya. Ikon patung garuda raksasa ini sangat pas untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk mengambil foto yang sangat instagramable lho.

Taman Aloon – Aloon Tulungagung dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam nonstop. Untuk masuk ke taman ini, pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Walaupun begitu, pengunjung yang membawa kendaraan bermotor nantinya akan dikenai biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah.

4. Taman Kali Ngrowo

Tempat wisata di Tulungagung selanjutnya adalah taman kali Ngrowo. Sama seperti halnya Taman Aloon – Aloon Tulungagung, Taman Kali Ngrowo juga merupakan taman terbuka hijau yang dimiliki oleh pemerintah. Taman yang memiliki luas sekitar 2,7 hektar ini sengaja didirikan oleh pemerintah Tulungagung untuk menambah ruang terbuka hijau di Kota Tulungagung.

Taman Kali Ngrowo via mulpix

Walaupun dikelola dan dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah, namun taman ini memiliki fasilitas wisata yang sangat lengkap. Dari mulai joging track, tempat bermain anak, arena skateboard, sampai dengan kafe dan warung makan tradisional, semuanya sudah tersedia di tempat ini.

Selain memiliki fasilitas wisata yang lengkap, taman ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk bersantai di pagi dan sore hari. Pasalnya, pemandangan di sektiar taman ini tergolong cukup bagus dan asri.

Bila tertarik untuk berwisata ke taman ini, Anda dapat mengunjunginya kapan pun Anda mau. Hal ini dikarenakan taman ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam non stop. Untuk biaya tiket masuknya sendiri masih digratiskan.

5. Agrowisata Belimbing

Ternyata bukan hanya Kota Depok saja yang memiliki Agrowisata Belimbing, namun Kota Tulungagung juga memilikinya.

Agrowisata Belimbing via depokpos

Agrowisata Belimbing di Tulungagung terletak di Dusun Clorok, Desa Bono. Di dusun ini, ada sekitar 500 kepala keluarga yang menggantung hidup mereka dari lahan belimbing yang mereka miliki.

Tidak tanggung – tanggung, menurut informasi yang beredar, setiap harinya dusun ini mampu mengirim sekitar 2 ton belimbing segar ke luar kota.

Dalam prakteknya nanti, saat berkunjung ke agrowisata ini, wisatawan dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata, seperti: belajar cara menanam belimbing, memanen buah belimbing, dll.

Untuk bisa masuk ke agrowisata ini pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali. Satu – satunya biaya yang perlu dikeluarkan oleh pengunjung adalah biaya parkir kendaraan.

Oh ia, khusus untuk Anda yang ingin berkunjung ke agrowisata ini bersama dengan rombongan, Anda disarankan untuk menghubungi pengelola terlebih dahulu. Tujuannya agar pengelola dapat mempersiapkan kebun belimbing yang bisa dijadikan sebagai kebun petik untuk wisatawan.

6. Pantai Kedung Tumpang

Sama seperti halnya Bali, Tulungagung juga sangat kaya akan objek wisata pantai. Tercatat ada lebih dari 10 objek wisata pantai eksotis yang bisa dikunjungi di Tulungagung, termasuk salah satunya adalah Pantai Kedung Tumpang.

Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang berlokasi di Desa Pucanglaban, kec. Pucanglaban, Tulungagung. Bila Anda berangkat dari Kota Tulungagung, Anda dapat menjadikan Terminal Tulungagung sebagai acuan. Dari terminal, Anda dapat mengarah ke Pantai molang yang ada di Desa Jabon, Dusun Njeruk. Sesampainya di pantai tersebut, Anda tinggal mengambil arah lurusmenuju ke Pantai Kedung Tumpang.

Berbeda dengan beberapa objek wisata pantai lainnya yang cenderung menawarkan keindahan pasir putih yang lembut, Pantai Kedung Tumpang menawarkan keindahan tebing karang yang terkikis ombak pantai.Akibat pengikisan ombak pantai tersebut, terbentuklah beberapa kolam alamiyang berisi air berwarna biru kehijauan.

Untuk bisa masuk ke pantai ini, wisatawan tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali. Walaupun begitu, wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor nantinya akan dikenai biaya parkir kendaraan sebesar 5 ribu rupiah.

7. Pantai Molang

Berbanding terbalik dengan Pantai Kedung Tumpang yang cenderung tidak memiliki hamparan pasir yang luas, Pantai Molang justru menawarkan daya tarik utama berupa hamparan pantai pasir putih yang sangat luas.

Pantai Molang

Di pantai ini, wisatawan dapat bersantai di pinggiran pantai sembari menikmati indahnya panorama alam khas pantai yang menyejukkan mata. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain pasir, bermain air, dan hunting foto.

Lokasi PantaiMolang ada di Desa Pucanglaban. Akses jalan menuju ke pantai ini tergolong cukup sulit dan hanya bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor.

Untuk urusan biaya tiket masuk, pengelola pantai ini masih menggratiskannya. Satu – satunya biaya yang perlu dibayar oleh pengunjung adalah biaya parkir kendaraan sebesar 2 ribu rupiah.

8. Pantai Popoh

Bila dibandingkan dengan beberapa objek wisata pantai di Tulungagung yang lainnya, Pantai Popoh tergolong cenderung lebih mudah untuk diakses. Lokasi pantai ini hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Tulungagung.

Pantai Popoh

Karena lokasinya yang sangat strategis ini, sangat tidak mengherankan jika pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara.

Pantai Popoh terkenal dengan aliran ombaknya yang besar. Karenanya, wisatawan yang berkunjung ke pantai ini cenderung tidak dianjurkan untuk berenang ataupun bermain air di pinggir pantai.

Beberapa aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan di pantai ini adalah: berjemur dan bersantai di pinggir pantai, wisata kuliner, berkeliling teluk menggunakan perahu wisata, bermain di area khusus untuk bermain, dll.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini, lokasinya ada di daerah Besuki, Kabupaten Tulungagung. Tiket masuk ke pantai ini tergolong sangat murah, yaitu hanya 5 ribu rupiah saja per orang.

9. Pantai Sanggar

Pantai Sanggar merupakan salah satu objek wisata pantai di Tulungagung yang sangat populer di kalangan wisatawan. Karena keindahan alamnya yang sangat luar biasa, pantai ini sering dijuluki sebagai The Dreamlandof Tulungagung.

Pantai Sanggar

Secara keseluruhan, Pantai Sanggar menawarkan daya tarik utama berupa hamparan pasir putih yang luas, air laut yang jernih, dan gugusan batu karang yang lebar.Konon,sangking jernihnya kondisi air di pantai ini, di sela – sela karang, pengunjung bisa melihat kawanan ikan kecil dengan jelas.

Biaya tiket masuk ke Pantai Sanggar tergolong cukup murah yaitu hanya 5 ribu rupiah saja. Untuk biaya parkirnya sendiri ditetapkan sebesar 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

Untuk bisa sampai ke lokasi pantai ini, Anda dapat mengarah ke daerah Besuki, Kab Tulungagung hingga sampai ke Pasar Campurdarat. Nah, dari daerah Campurdarat, Anda dapat mengambil arah kiri menuju ke Pasar Tanggunggunung. Dari pasar tersebut, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju ke pertigaan SMPN 1 Tanggunggunung. Di pertigaan tersebut ambil arah kananmenuju ke Pantai Sanggar.

10. Pantai Sidem

Tempat wisata di Tulungagung yang selanjutnya adalah Pantai Sidem. Pantai ini berlokasi di Desa Besole dan berjarak sekitar 2 km dari Pantai Popoh.

Pantai Sidem via Blog Tulungagung

Pantai Sidem sangat terkenal akan area pantainya yang sangat luas. Pantai ini juga memiliki fasilitas wisata yang sangat lengkap. Tempat parkir di pantai ini tergolong cukup luas. Selain itu, warung makannya juga sangat bervariasi, tempat istirahatnya cukup nyaman, dan toiletnya juga relatif cukup bersih.

Khusus untuk Anda yang ingin membeli oleh – oleh untuk kerabat yang ada di rumah, di sekitar daerah pantai ini Anda dapat membeli berbagai macam produk oleh – oleh khas daerah Sidem, seperti terasi dan kerupuk ikan.

11. Pantai Pacar

Pantai Pacar merupakan objek wisata pantai yang terletak di daerah Pucanglaban. Pantai ini menawarkan panorama alam yang sangat unik, yaitu berupa air terjun mini setinggi 3 meter.

Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata yang cukup menarik, seperti: bermain pasir, bermain air, berenang di bawah aliran air terjun, dll.

Pantai Pacar

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini, Anda kami sarankan untuk mengunjunginya di musim kemarau ataupun ketika cuaca sedang carah. Pasalnya, di musim penghujan,kawasan bibir pantai ini akan banjir karena luapan air sungai dan hempasan ombak yang tinggi.

Oh ia, untuk urusan tiket masuk, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya pantai ini dapat dikunjungi secara cuma – cuma alias gratis.

12. Pantai Godeg

Pantai Godeg merupakan objek wisata pantai tersembunyi yang terletak di bagian selatan Kota Tulungagung. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam pantai yang sangat luar biasa.

Pantai Godeg via @bagus_pandu

Garis pantai ini memang tergolong pendek, yaitu hanya 50 meter. Walaupun begitu, pantai ini memiliki daya tarik lain yang tidak kalah mempesona, yaitu berupa pepohonan yang batang dan rantingnya menjulur ke arah lautan.

Tidak hanya itu, tidak jauh dari pantai ini, wisatawan juga bisa mengunjungi bukit karang yang akan berguncang saat terhempas ombak.

Lokasi pantai ini tergolong agak sulit untuk ditemukan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, Anda kami sarankan untuk bertanya ke penduduk sekitar.

Kunjungi juga yuk: 58 Tempat Wisata di Gresik Jawa Timur Terbaru Paling Hits

13. Pantai Coro

Pantai Coro adalah pantai eksotis yang terletak tidak jauh dari lokasi Pantai Popoh. Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa hamparan pasir putih yang bersanding dengan tebing hijau yang sangat eksotis.

Pantai Coro

Walaupun masih tergolong baru, fasilitas wisata yang tersedia di pantai ini sudah tergolong cukup lengkap. Dari mulai tempat parkir, toilet, sampai dengan tempat makan, semuanya sudah tersedia di pantai ini.

Untuk bisa masuk ke pantai ini, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja, yaitu sebesar 5 ribu rupiah untuk sepeda motor dan 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

14. Tebing Banyu Mulok

Khusus untuk Anda yang ingin menikmati indahnya fenomena matahari terbit di Tulungagung, objek wisata yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan wisata Anda.

Tebing Banyu Mulok via Indoneisa tourims

Tebing Banyu Mulok merupakan objek wisata yang sangat unik. Tempat wisata ini dinamai “Banyu Mulok” (berasal dari Bahasa Jawa yang artinya = air meluap) karena aliran ombak yang menghantam tebing ini akan menimbulkan luapan air yang unik. Bahkan, di waktu – waktu tertentu, luapan air ini akan menghasilkan pelangi yang sangat eksotis.

Karena lokasi tebing ini berada tepat di bagian sebelah timur Tulung Agung, tebing ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati indahnya fenomena sunrise di pagi hari.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sama sekali. Sayangnya, sampai saat ini fasilitas wisata yang terdapat di sekitar objek wisata ini cenderung masih sangat terbatas.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, dari pusat Kota Tulungagung, Anda dapat berkendara menuju ke daerah Popoh. Dari daerah Popoh, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju ke Reco Sewu. Nah, dari area Pantai Coro yang ada di Reco Sewu, Anda tinggal mendaki bukit yang terletak di bagian sebelah kiri pantai.

15. Jambooland Waterpark

Jambooland Waterpark merupakan salah satu tempat wisata di Tulungagung yang sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga. Objek wisata ini menawarkan berbagai macam wahana permainan air modern yang sangat menarik.

Jambooland Waterpark via Jambooland

Tidak hanya itu, walaupun bernama waterpark, namun objek wisata ini juga memiliki beberapa wahana permainan non air, termasuk salah satunya adalah wahana permainan rollercoaster.

Selain memiliki wahana permainan yang lengkap, JamboolandWaterpark juga memiliki fasilitas wisata yang memadai. Lahan parkir yang tersedia tergolong cukup luas, toiletnya tergolong cukup bersih, dan foodcourtnya juga menawarkan olahan kuliner yang sangat beragam.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, wisatawan hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar 35 ribu rupiah saja per orang. Di hari normal, tempat ini buka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

Untuk lokasinya sendiri, objek wisata ini ada di Jl. Raya Srabah, No. 1. Jika Anda berangkat dari Pusat Kota Tulungagung, Anda dapat mengambil rute menuju ke Pasar Ngemplak. Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari pasar tersebut.

Artikel terkait: 29 Tempat Wisata di Madiun Jawa Timur Paling Terkenal!

16. Splash Waterpark

Jika belum puas dengan wahana permainan yang ada di Jambooland Waterpark, ada satu lagi waterpark yang bisa Anda masukkan dalam daftar tempat wisata di Tulungagung selanjutnya, yaitu Splash Waterpark.

Splash Waterpark via Youtube

Objek wisata ini menawarkan berbagai macam wahana permainan air yang sangat menarik, seperti ember tumpah, waterslide, dan raceslide. Tidak hanya itu, Splash Waterpark juga menawarkan 3 buah kolam renang dengan tingkat kedalaman yang berbeda – beda, yaitu sekitar 0,5 meter sampai dengan 1,5 meter.

Untuk memberikan kenyamanan yang memadai bagi para pengunjung, pengelola objek wisata ini juga turut menyediakan fasilitas wisata yang lengkap. Dari mulai tempat parkir, mushola, tempat makan, area bermain, sampai dengan akuarium raksasa, semuanya sudah tersedia di objek wisata yang satu ini.

Splash Waterpark dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Biaya tiket masuknya tergolong cukup murah, yaitu hanya 10 ribu rupiah saja per orang.Untuk lokasinya sendiri, SplashWaterpark ada di daerah Podorejo.

17. Air Terjun Jurang Senggani

Khusus untuk Anda yang hobi berpetualang di alam bebas, Tulungagung memiliki objek wisata Air Terjun Jurang Senggani.

Air Terjun Jurang Senggani via @ivanfacrul

Air terjun ini terletak di tengah – tengah hutan pinus yang ada di Lereng Gunung Wilis. Dari pintu masuk utama Gunung Wilis, pengunjung harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 9 km.

Kendaraan bermotor biasanya hanya bisa digunakan hingga ke pos pertama jalur pendakian Gunung Wilis saja. Dari pos tersebut, pengunjung mau tidak mau harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 5 km.

Medan perjalanan yang harus ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini tergolong cukup berat. Walaupun begitu, karena kondisi alam di sekitar air terjun ini masih sangat asri, perjalanannya akan terasa sangat menyenangkan.

18. Air Terjun Coban Kromo

Air Terjun Coban Kromo terletak di Desa Pelem Campur darat dan berjarak sekitar 12 km dari pusat Kota Tulungagung. Air terjun ini menawarkan pengalaman wisata unik, berupa kolam – kolam kecil yang terbentuk secara alami.

Air Terjun Coban Kromo via Dhennisputra

Untuk bisa sampai ke air terjun ini, Anda dapat memulai perjalanan Anda dari pusat kota menuju ke arah Jl. Ki Mangun Sarkoro. Dari jalan tersebut, Anda tinggal melanjutkan perjalanan Anda menuju ke Desa Campurdarat.

Sesampainya di Desa Campurdarat, Anda dapat menitipkan kendaraan Anda di sekitar perumahan warga. Selanjutnya Anda harus berjalan kaki melalui ratusan anak yang disediakan oleh pengelola tempat ini.

Beberapa aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan di air terjun ini adalah: berendam di beberapa kolam mini, bermain air, hunting foto, berenang, dll.

Oh ia, sampai artikel ini ditulis, biaya tiket masuk menuju ke air terjun ini masih digratiskan.

19. Air Terjun Kedung Simin

Air Terjun Kedung Simin berlokasi di Desa Pucung Kidul. Ketinggian air terjun ini memang hanya 4 meter. Walaupun begitu, panorama alam yang ditawarkan air terjun ini benar – benar sangat luar biasa.

Air Terjun Kedung Simin

Lokasi Air Terjun Kedung Siminberdekatan dengan objek wisata Gua Selomangleng yang sangat populer di kalangan wisatawan backpacker. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, wisatawan tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

Satu – satunya biaya yang perlu dikeluarkan oleh wisatawan adalah biaya parkir kendaraan sebesar 2 ribu rupiah.

20. Air Terjun Alas Kandung

Berbanding terbalik dengan objek wisata Air Terjun Kedung Simin yang tidak terlalu tinggi, Air Terjun Alas Kandung cenderung tergolong cukup tinggi. Aliran air terjun ini terbagi atas 3 tingkatan dengan ketinggian tiap tingkatan sekitar 15 meter.

Air Terjun Alas Kandung – Tempat wisata di Tulungagung

Di setiap tingkatan air terjun, terdapat kolam air dengan kedalaman yang bervariasi, yaitu sekitar 4 sampai dengan 8 meter.

Air yang mengalir di air terjun ini berwarna biru kehijauan dan sangat kaya akan biota air tawar. Bisa dibilang warna air yang biru kehijauan ini merupakan salah satu daya tarik utama yang dimiliki oleh objek wisata ini.

Lokasi Air Terjun Alas Kandung ada di pinggiran Alas Kandung, Desa Tanen, Kab. Tulungagung. Untuk bisa menikmati keindahan objek wisata ini, wisatawan tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali alias gratis.

21. Air Terjun Pandan Wangi

Air Terjun Pandan Wangi terletak di area Perkebunan Teh Sumber Pandan. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter.

Air Terjun Pandan Wangi via disbudpartulungagung

Kondisi alam di sekitar air terjun ini masih tergolong cukup asri. Udaranya pun masih terasa sejuk khas daerah pegunungan.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke air terjun ini, lokasinya ada di Desa Nglurup, Kec. Sendang. Dari pusat Kota Tulungagung, air terjun ini berjarak sekitar 30 km dan dapat ditempuh dalam kurun waktu 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

22. Air Terjun Lawean

Selain air terjun di atas, masih ada satu lagi objek wisata air terjun di Tulungagung yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Lawean. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Tulungagung.

Air Terjun Lawean

Sama seperti halnya Air Terjun Jurang Senggani, Air Terjun Lawean juga terletak di Lereng Gunung Wilis. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 3 km melalui medan perjalanan yang sangat menantang.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, mandi di bawah aliran air terjun ini dapat menghilangkan berbagai macam penyakit.

Lokasi Air Terjun Lawean ada di Dusun Turi, Desa Geger, Kec. Sendang. Untuk bisa masuk ke lokasi air terjun ini, pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali alias gratis.

23. Candi Penampihan

Tulungagung tidak hanya kaya akan objek wisata pantai dan air terjun saja lho. Lebih dari itu, kota ini juga memiliki banyak objek wisata sejarah yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, termasuk salah satunya adalah objek wisata Candi Penampihan.

Candi Penampihan via devikaazzahra

Candi Penampihan merupakan bangunan candi peninggalan Kerajaan Mataram. Candi yang didirikan sekitar Tahun 898 Masehi ini terletak tidak jauh dari lokasi Objek Wisata Air Terjun Lawean.

Di area sekitar kompleks Candi Penampihan, ada beberapa buah arca yang sarat akan budaya Hindu Budha. Sayangnya, saat ini beberapa arca yang ada di kompleks candi ini sudah diangkut dan disimpan di Museum Trowulan yang ada di Daerah Mojokerto.

Biaya tiket masuk menuju ke objek wisata ini masih digratiskan. Untuk bisa sampai ke lokasi candi ini, pengunjung dapat menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor dari area Perkebunan Teh Sumber Pandan.

24. Candi Dadi

Tempat wisata di Tulungagung selanjutnya adalah candi Dadi. Candi Dadi berlokasi di Desa Wajak Kidul. Candi ini merupakan salah satu objek wisata candi yang sangat populer di kalangan wisatawan. Pasalnya, selain menawarkan wisata sejarah, Candi Dadi juga menawarkan pemandangan alam yang tidak kalah menarik.

Candi Dadi

Di waktu – waktu tertentu, Candi Dadi masih sering dijadikan sebagai tempat pelaksanaan ritual pemujaan oleh masyarakat sekitar. Jika beruntung, selain melihat keindahan bangunan candi, Anda dapat melihat proses pelaksanaan ritual keagamaan ini.

Untuk masuk ke kompleks Candi Dadi, Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali. Akses lokasinya sendiri tergolong cukup mudah dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor.

25. Situs Sejarah Candi Sanggrahan

Tempat wisata di Tulungagung yang selanjutnya adalah Candi Sanggrahan. Candi yang terletak di Desa Sanggrahan, Kec. Boyolangu ini juga banyak dikenal dengan nama Candi Cungkup.

Situs Sejarah Candi Sanggrahan

Menurut informasi yang beredar, Candi Sanggrahan dulunya adalah tempat sembahyang agama Budha. Belakangan, setelah tidak digunakan lagi, candi ini beralih fungsi menjadi objek wisata yang terbuka untuk umum.

Untuk menikmati keindahan Candi Sanggarahan, wisatawan tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali. Hebatnya, walaupun tiket masuknya digratiskan, namun kondisi lingkungan sekitar candi ini tergolong cukup nyaman dan terawat dengan baik.

26. Nyawangan Park

Nyawangan Park merupakan salah satu tempat wisata hits di Tulungagung yang sedang digandrungi oleh kalangan anak muda. Objek wisata ini sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk mengambil foto yang instagramable.

Nyawangan Park via Reezumi

Selain menyuguhkan spot foto yang keren, pengelola Nyawangan Park juga turut menyediakan sebuah gardu pandang yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menikmati keindahan alam Nyawangan dari atas ketinggian.

Secara keseluruhan, lokasi Nyawangan Park tergolong cukup mudah untuk diakses. Bila Anda berangkat dari pusat Kota Tulungagung, Anda dapat berkendara menuju ke arah Jembatan Ngujang. Dari jembatan tersebut, Anda dapat mengambil arah kiri sampai bertemu perempatan. Lokasi taman ini sekitar 300 meter dari perempatan tersebut.

Oh ia, biaya tiket masuk menuju ke taman ini tergolong cukup murah lho, yaitu hanya 3 ribu rupiah saja per orang.

27. Telaga Ngambal

Khusus untuk Anda yang ingin bersantai sembari melepaskan penat di akhir pekan ataupun di sore hari, objek wisata yang satu ini benar – benar sangat pas untuk Anda.Objek wisata yang terletak di Desa Kalidawir ini menawarkan pemandangan eksotis berupa fenomena sunset yang luar biasa indah.

Telaga Ngambal

Tidak hanya itu, objek wisata ini juga menawarkan banyak spot foto yang sangat instagramable. Spot foto ini memang sengaja disediakan oleh pihak pengelola Telaga Ngambal untuk menarik minat wisatawan.

Untuk bisa menikmati seluruh fasilitas wisata yang ada di Telaga Ngambal, pengunjung tidak dikenai biaya tiket masuk sama sekali. Pengelola hanya menyediakan sebuah kotak donasi yang bisa diisi seiklasnya.

28. Nyebur ke Kedung Tritis

Kedung Tritis merupakan objek wisata pemandian alam yang terletak di Desa Sukorejowetan, Kec. Serjotangan. Objek wisata ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Padahal panorama alam yang ditawarkan tempat ini benar – benar sangat luar biasa.

Nyebur ke Kedung Tritis via @rajibfahruddinahmad6506

Kedung Tritis memiliki daya tarik utama berupa air berwarna biru kehijauan yang jernih dan segar. Tingkat kedalaman kedung ini mencapai 10 meter. Bila Anda tidak bisa berenang, Anda sebaiknya tidak ikut – ikutan berendam di kedung ini.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, pengunjung tidak akan dikenai biaya tiket masuk sama sekali dan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar 2 ribu rupiah.

29. Batu Gedong

Sama seperti halnya Kedung Tritis, Batu Gedong juga merupakan salah satu objek wisata pemandian alam yang sangat menarik untuk dikunjungi di waktu luang. Pemandian alam ini memiliki aliran yang dangkal, sehingga cukup aman untuk dikunjungi bersama dengan anak – anak.

Batu Gedong

Kondisi air yang ada di pemandian alam Batu Gedong masih tergolong cukup jernih. Selain itu, kondisi lingkungan di sekitarnya pun masih tergolong cukup asri dan nyaman untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Untuk bisa menikmati fasilitas wisata yang ada di tempat ini, pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Satu – satunya biaya yang harus dikeluarkan oleh pengunjung adalah biaya parkir kendaraan sebesar 2 ribu rupiah.

30. Bukit Jomblo

Bukit Jombo terletak di Kawasan Gunung Pakis. Objek wisata ini merupakan objek wisata baru yang sedang ngetren di kalangan anak muda.

Bukit Jomblo via @likkah2703

Di tempat ini, pengunjung dapat bersantai sembari menikmati sejuknya udara khas wilayah pegunungan. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam Gunung Pakis menggunakan gardu pandang ataumelakukan beberapa take foto yanginstagramable.

Rute menuju ke Bukit Jomblo tergolong cukup mudah. Bila Anda berangkat dari pusat kota, Anda hanya perlu berkendara menuju ke arah Pasar Campurdarat. Dari pasar tersebut, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke arah bukit hutan jati.

Nantinya, untuk bisa masuk ke Bukit Jomblo, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar 2 ribu rupiah saja.

31. Ranu Gumbolo

Nama objek wisata yang satu ini memang sangat mirip dengan objek wisata danau yang ada di kawasan Gunung Semeru. Walaupun begitu, objek wisata yang ditawarkan benar – benar sangat berbeda.

Ranu Gumbolo via ayotraveling

Berbeda dengan objek wisata Ranu Kombolo yang sangat minim fasilitas wisata, objek wisata ini cenderung memiliki fasilitas wisata yang sangat lengkap. Dari mulai arena bermain, fasilitas speedboat, sampai dengan kolam pemancingan, semuanya sudah tersedia di tempat ini.

Biaya tiket masuk ke Ranu Gumbolo tergolong cukup murah, yaitu hanya 3 ribu rupiah saja. Nantinya, selain harus membayar biaya tiket masuk ini, pengunjung juga akan dikenai biaya tambahan saat hendak menggunakan beberapa fasilitas wisata yang tersedia.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Jika ya, lokasinya ada di Jl. Raya Waduk Wonorejo, Wilis, Tulungagung.

32. Objek Wisata Pantai Gerangan

Masih berupa pantai, tempat wisata pantai di tulungagung selanjutnya adalah pantai Gerangan yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama anak-anak, pasalnya ombak disini cukup tenang, plus tepian pantainya ditumbuhi oleh pephonan yang rikbun.

Objek Wisata Pantai Gerangan

Dengan suasana yang teduh dan sejuk, pasti anda akan betah berlama-lama di pantai Gerangan ini. Pantai ini sendiri memiliki panjang bibir pantai sekitar 100 m dan dilengkapi dengan muara di setiap ujungnya.

Bagian baratnya berdiri tebing tebing karang yang sudah diberi anak tangga dari beton, sedangkan di sebelah timur Anda akan melihat muara yang membelah pasir di bawah pepohonan rindang yang teduh.

Kabar baiknya, untuk liburan kesini anda tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis. Meskipun gratis, namun fasiltias pendukung di pantai ini terbilang sudah cukup lengkap, dimana terdapat musala, toilet, dan area berteduh untuk para pengunjung.

Bagaimana? Anda pasti tertarik menjadikan pantai ini sebagai destinasi liburan di Tulungagung anda selanjutnya bukan?

Kalau mau kesini, dari pusat kota silahkan ambil jalur menuju Popoh. Begitu sampai di Desa Campurdarat, ambil jalur kiri sampai bertemu SMAN 1 Campurdarat lalu belok kiri dan lurus hingga bertemu dengan Pantai Brumbun. Tidak jauh dari Brumbun Anda akan bertemu dengan Pantai Gerangan.

33. Liburan Seru ke Pantai Brumbun

Ternyata Tulungagung masih punya banyak pantai lo. Selanjutnya anda bisa mengunjungi pantai Brumbun yang letaknya tidak jauh dari Pantai Gerangan.

Liburan Seru ke Pantai Brumbun via winiwisata

Pantai Brumbun ini juga memiliki ombak yang tenang. Dengan garis pantai sepanjang sekitar 500 m lengkap dengan delta kecil yang indah.

Disarankan untuk anda yang mau datang kesini sebaiknya mengendarai sepeda motor, karena jalan meuju kep antai brumbun ini cukup terjal dan berliku. Meskipun begitu, rute ke pantai ini cukup mudah. Dari pusat kota Anda hanya perlu melewati jalur menuju Popoh dilanjutkan ke arah Campurdarat hingga sampai ke kawasan Pantai Brumbun.

34. Rekreasi ke Pantai Sawah Ombo

Pantai sawah Ombo juga bisa anda jadikan sebagai destinasi liburan. Pantai ini memang belum terlalu terkenal oleh wisatawan.

Rekreasi ke Pantai Sawah Ombo via @asingsetyo

Untuk mencapai pantai ini, butuh sedikit perjuangan Anda harus melewati jalur menuju Pantai Popoh dilanjutkan ke arah Campurdarat lalu ke arah Pantai Brumbun. Parkirkan kendaraan anda di kawasan pantai atau di rumah warga. Dari sana perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati sungai dan perkebunan pisang. Setelah melakukan perjalanan sepanjang kurang lebih 2 km, Anda akan menemukan Pantai Sawah Ombo.

Pantas saja kurang terekspos ya, karena untuk sampai ke pantai ini butuh tenaga ekstra. Namun, begitu anda sampai di pantai yang terpencil ini, anda akan disuguhkan keindahan pantai khas pesisir selatan Jawa yang terkenal indah dan mengagumkan.

Disini anda bisa menyaksikan deburan ombat yang menghantam pantai melalui celah batuan karang.

35. Menyaksikan Pemandangan Indah di Pantai Sioro

Tempat wisata di Tulungagung selanjutnya adalah pantai Sioro yang terletak di Desa Ngrejo. Pantai yang memiliki view indah dengan dihiasi dengan tebing karang yang menjorok ke lautan ini layak untuk anda masukkan sebagai destinasi wisata ketika liburan nanti.

Menyaksikan Pemandangan Indah di Pantai Sioro via @sadewocitro

Disini anda akan enyaksikan keindahan pantai panorama khas pesisir yang memesona. Selain itu, di tengah laut tidak jauh dari pantai, terdapat bukit karang yang menjulang dengan gagahnya.

Ombak di pantai ini cukup ‘ganas’’ jadi bagi anak-anak tidak disarankan untuk mandi-mandi disini.

Untuk masuk ke pantai ini anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Bagi anda yang tertarik liburan ke pantai Sioro ini, dari pusat kota silahkan arahkan kendaraan anda menuju ke Pantai Popoh. Saat sampai di SMAN 1 Campurdarat, ambil jalur kanan ke arah Tanggunggunung hingga menemukan pertigaan ke arah Pantai Brumbun. Sekitar 1 km kemudian terdapat pemukiman lalu ambil jalur kiri menuju Balai Desa Ngrejo.

Dari Balai Desa, Anda bisa menanyakan arah ke Pantai Sioro. Karena akses menuju pantai berada di balik ladang-ladang jagung dan pisang yang lebat dan sering membuat pengunjung tersesat jika tidak bertanya pada warga setempat.

36. Yuk Liburan ke Pantai Dlodo

Tempat wisata di Tulungagung berikutnya adalah pantai Dlodo yang berlokasi di Pucang Laban sekitar 30 km dari pusat kota Tulungagung. Disini anda akan menyaksikan panorama unik pantai berupa “gumuk” atau gundukan pasir yang eksotis. Pantai Dlodo ini terletak di Rejosari, Kalidawir, Panggungkalak, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung

Yuk Liburan ke Pantai Dlodo

Pasir pantai Dlodo ini sangat putih sehingga kita akan merasa sangat nyaman untuk bermain pasir sepuasnya. Kabar baiknya, bagi wisatawan yang berkunjung pantai Dlodo ini tidak akan dikenakan biaya masuk lho, alias free.

Pantai Dlodo ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, yakni sekitar 2 km yang membentang dari sisi timur dan barat serta dibelah oleh sebuah sungai kecil. Garis pantai ini merupakan garis pantai terpanjang di Tulungagung.

Ombak di pantai Dlogo ini termasuk cukup ‘ganas’ sehingga anda tidak disarankan untuk berenang disni. Bahkan mencapai ketinggian 7 meter. Tentu sangat menantang untuk anda yang doyan bermain selancar.

Buat anda yang mau mengunjungi pantai ini, langsung saja arahkan kendaraan anda menuju ke Pantai Kedung Tumpang. Dari pusat kota Anda bisa melewati rute menuju perempatan Gragalan lalu dilanjutkan ke arah Desa Kalidawir.

37. Mengunjungi Pantai Klatak Tulungagung

Kalau bicara mengenai pantai, seperti Tulungagung tidak bakal kehabisan stok. Pantai di Tulungagung berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah pantai klatak.

Pantai klatak ini Jalan Pantai Waru Doyong, Klatak, Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung. Dari pusat kota Tulungagung berjarak sekitar 35 km.

Mengunjungi Pantai Klatak Tulungagung

Pantai ini terletak ada bebatuan kali yang tertata rapi di bibir pantai. Sehingga ketika ombak memecah pantai bebatuan tersebut akan berbunyi “klatak.” Dari situlah pantai ini dinamai, dari bunyi deburan ombaknya. Tebing karang di pantai ini juga ‘tersusun’ dengan gagahnya di tepi pantai ini.

Ombak di pantai klatak ini terbilanag cukup tenang sehingga sangat asyik untuk mandi-mandi atau bermain pasir pantai. Anda juga bia berfoto sepuasnya di pantai ini. Buat anda yang doyan mancing, anda bisa membawa alat kail anda kesini.

Wisatawan yang datang juga bisa menyewa perahu motor untuk menyusuri pantai ini. Begitu hari sudah siang, anda bisa mencicipi aneka kuliner lezat yang terletak tidak jauh dari pantai. Buat anda yang mau liburan kesini, anda tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis-tis.

38. Berburu Sunrise di Pantai Sine

Pantai Sine merupakan tempat untuk menikmati matahari terbit terbaik di Tulungagung. Pantai ini juga digadang-dagang merupakan pantai ‘Sanur-nya’ Tulungagung.

Berburu Sunrise di Pantai Sine

Disini anda dapat menyaksikan keindahan matahari terbit yang menghangatkan bumi. Anda bisa datang ke pantai ini dengan kendaraan roda dua atau mobil.

Silahkan arahkan kendaraan anda ke Terminal Tulungagung, ambil jalur menuju Desa Sumber Gempol hingga bertemu perempatan Gragalan. Dari perempatan belok kanan menuju Desa Kalidawir lalu ikuti jalan hingga sampai di kawasan Pantai Sine.

39. Objek Wisata Pantai Lumbung

Tempat wisata di Tulungagung selanjutnya adalah pantai Lumbung. Dinamai pantai Lumbung karena terdapat sebuah batu karang di pinggirnya. Nah, dalam bahasa Jawa, batu besar semacam itu disebut “watu lumbung.”

Batu ‘Jomblo’ ini tidak bisa dinpanjat, tapi menjadi objek foto yang tidak boleh  anda lewatkan.

Objek Wisata Pantai Lumbung via beatifulbeachindonesia

Pantai ini memiliki bibir pantai yang luas dan datar sehingga sangat asyik untuk main. Plus buat anda yang doyan camping dan bakar-bakar ikan atau jagung, pantai ini sangat pas untuk anda jadikan tempaat liburan.

Pantai ini memang letaknya luamayn jauh dari pemukiman, namun warga sekitar sudah menyediakan toilet yang berlokasi tidak jauh dari pantai.

Buat anda yang mau liburan ke pantai ini, silahkan langsung saja arahkan kendaraan anda dari pusat Kota Tulungagung ke arah Blitar sampai bertemu dengan Pasar Ngunut. Setelah itu belok kanan sampai bertemu pertigaan lampu merah. Dari pertigaan belok kiri dan cari jalur yang menuju ke arah Luk Songo. Setelah Luk Songo ambil jalur menuju Pantai Molang dan tidak jauh dari Molang Anda akan menemukan jalan besar yang mengarah ke Lumbung.

40. Pantai Pathok Gebang

Tempat wisata pantai di Tulungagung selanjutnya adalah pantai pathok gebang yang terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung.Pantai ini berjarak sekitar 24,6 km dari pusat Tulungagung.

Pantai ini memiliki fenomena unik beurpa deburan ombak saat menabrak karang dan menciptakan cipratan air spektakuler.

Pantai Pathok Gebang via Pantai Sanggar

Pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya yang agak sulit untuk dicapai.

Anda tidak akan dikenakan biaya masuk ke dalam area pantai Pathok Gebang ini. Pesona lain dari pantai ini yaitu terletak pada tebing karang besar dengan permukaan yang cukup datar. Dari atas permukaan tebing, pengunjung dapat duduk-duduk santai menikmati pemandangan laut lepas sambil merasakan embusan angin pantai yang menyejukkan.

Untuk bisa sampai di pantai ini, anda harus melewati perbukitan di Pantai Sanggar terlebih dahulu. Setelah mendaki dan berjalan sekitar 50 menit barulah kita dapat menikmati pemandangan alam Pantai Pathok Gebang yang memesona.

41. Objek Wisata Alam Air Terjun Parang Kikis

Objek Wisata Alam Air Terjun Parang Kikis via @kang_uun_

Tempat wisata alami di Tulungagung berikutnya adalah air terjun patang kikis yang bisa anda jadikan tempat untuk mandi-mandi.

Air terjun ini masih perawan dan jarang dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang agak tersembunyi.

Letak air terjun parang Kikis ini ada di Desa Gambiran, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung

42. Nyebur ke Jurug Tejo

Nyebur ke Jurug Tejo

Masih berupa tempat mandi-mandi di Tulungagung, anda juga bisa mengunjungi jurug tejo yang terletak di Desa Manding, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Airnya ayang jernih, pemandangan sekitar yang asri plus udaranya yang sejuk sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai tempat liburan bagi anda yang suka berpetualang di alam.

43. Mendaki Puncak Gunung Budeg

Anda suka aktivitas hiking? Nah, buah anda yang mencari tempat mendaki di Tulung, anda bisa mencoba menaklukan Gunung Budeg.

Gunung budeg ini terletak di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut ini, menjadi salah satu tempat favorit untuk kegiatan pendakian di Tulungagung.

Mendaki Puncak Gunung Budeg via fb/ilham.kotax

Gunug budeg ini sendiri terletak di Dusun Kendit, Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Untuk jalur pendakiannya, anda bisa bertanya ke warga sekitar saat tiba di lokasi.

Untuk mencapai puncaknyaa hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja. Jalur yang kita lewati cuku terjal dan menantang. Semua rasa lelah anda akan terbayar begitu sampai di puncaknya yang memiliki keindahan alam serta hamparan luas daerah Kabupaten Tulungagung.

44 Wisata Sejarah Candi Boyolangu

Selain pantai, Tulungagung juga memiliki banyak situs sejarah. Berikutnya anda juga bisa mengunjungi Candi Boyolangu yang merupakan salah satu situs sejarah yang merupakan peninggalan Majapahit.

Wisata Sejarah Candi Boyolangu via siwisangnusantara

Situs ini baru ditemukan pada 1914 dalam timbunan tanah. Kompleks candi Boyolangu ini terdiri dari tiga bangunan perwara.

Letak candi Boyolangu ini ada di Dusun Boyolangu, Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.

Candi yang dibangun oleh Raja Hayam Wuruk ini didirikan khusus untuk menghormati sekaligus sebagai makam pada Putri Gayatri.

Meskipun beberapa arca sudah rusak, namun pengunjung masih bisa menikmati obyek arca yang masih ada. Ada candi induk dan dua buah candi pewara bersebelahan dengan candi induk. Nama lain dari candi Boyolangu ini adalah Candi Gayatri.

45. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng

Tempat wisata alam di Tulungagung selanjutnya adalah Goa Selomangleng. Goa ini terletak di area kehutanan yakni di lingkungan BKPH Kalidawir.

Lokasinya ada di Dusun Sanggrahan Kidul, Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Kompleks Goa ini dibedakan menjadi dua bagian, yakni bagian bawah yang agak datar terdapat dua buah goa, serta bagian atas yang terjal terdapat candi.

46. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur

Lokasi pantai ngalur ini ada di Desa Jengglungharjo, Tanggunggunung. Ombaknya juga cukup tenang sehingga bisa untuk bermain. Letaknya tidak jauh dari pantai Sanggar.

47. Mengunjungi Sungai Niyama

Buat anda yang suka mandi-mandi, anda bisa mengunjungi sungai Niyama yang lebih tepatnya ada di Dusun Sidem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Mengunjungi Sungai Niyama

Di sekitar sungai ini terdapat sebuah terowongan yang cukup melegenda bagi warga sekitar, karena memang terowongan ini sudah dibangun sejak jaman penjajahan Jepang.

Buat anda yang tertarik liburan kesini, silahkan saja arahkan kendaraan anda dari pusat kota Tulungagung menuju ke Pantai Popoh. Setelah memasuki kawasan Pantai Popoh, lanjutkanlah perjalananmu menuju Pantai Sidem. Setelah melewati pintu masuk Pantai Sidem, ada jalan menurun, dan beloklah ke kanan. Terus saja sampai menemukan rumah yang ada gubuknya.

Parkirkan kendaraan anda disana, kemudian lanjutkan perjalananan dengan melewati jalur setapak yang tidak terlalu jauh.

48. “Pusat Oleh-oleh” Sentral Kerajinan Industri Marmer

Oh ya guys, Tulungagung ini dikenal sebagai kota Kramik lo. Disini anda bisa mengunjungi sentra kerajinan keramik atau marmer.

Nah, anda bisa menjadikan sentra kerajinan marmer ini sebagai tempat wisata di Tulungagung yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya ada di Gamping KM.5 GG.10 No.50 Campur dadrat. Silahkan hubungi mereka via HP di 0812-3497-5533.

“Pusat Oleh-oleh” Sentral Kerajinan Industri Marmer via eghapradiptya

Selain untuk cuci mata, anda juga bisa menjadikan aneka kerajinan marmer ini sebagai buah tangan untuk tetangga atau kerabat.

Ada banyak bentuk hasil olahan marmer disini. Mulai dari yang mungil sampai yang jumbo. Mengenai kualitas, anda tidak perlu meragukannya lagi, karena sudah berstandar internasional lo.

49. Klenteng Tjoe Tik Kiong

Tempat wisata di Tulungagung selanjutnya adalah Klenteng Tjoe Tik Kiong yang terletak di Jalan Wage Rudolf Supratman No. 10 Kelurahan Kampungdalem. Telpon: (0355) 321248

Klenteng Tjoe Tik Kiong via tradisitridharma

Masyarakat Tulungagung cukup beragam, disini juga ada minoritas masyarakat Tionghoa yang hidup berdampingan.

Klenteng Tjoe Tik Kiong yang letaknya berdekatan dengan Hotel Panorama Tulungagung dan berhadapan dengan sungai Ngrowo. Bangunan yang sekarang sudah sangat mengah ini dulu hanya berupa pendopo, lalu pada tahun 1865 klenteng tersebut dipindahkan ke sebelah utara menempati tempat yang lebih luas.

50. Pantai Pucang Sawit

Tempat wisata di Tulungagung yang terakhir dari kami adalah pantai pucang sawit yang ada di Desa Pucanglaban Kecamatan Pucanglaba, Tulungagung.

Pantai Pucang Sawit via nulspounya456789

Pantai ini mendapat predikat “Belitungnya Tulungagung”. Pasalnya memang pantai ini memiliki batu besar yang mirip dengan pantai di Belitung. Jenis batu-batu di sini menjadi bebatuan halus, panoramanya juga masih terjaga karena belum banyak orang mengunjungi.

Pantai ini berjarak sekitar 45 km sebelah tenggara kota Tulungagung arah Blitar. Pertigaan pasar Ngunut ke selatan menuju Pucanglaban.

****

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali tempat wisata di Tulungagung itu bukan? jadi kalau liburan tidak perlu bingung lagi harus pergi kemana. Apalagi buat anda warga Tulungagung, anda tidak perlu jauh-jauh ke Bandung atau Bogor untuk bisa menikmati liburan seru bersama keluarga.

Demikianlah ulasan mengenai daftar tempat wisata di Tulunagung yang bisa kami rangkum untuk anda semua ya. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar tempat wisata di Tulungagung semakin terkenal lagi.

Jangan lewatkan juga: 36 Tempat Wisata di Jombang Jawa Timur

Leave a Reply

error: Content is protected !!