36 Tempat Wisata di Jombang Jawa Timur

Tempat Wisata di Jombang – Halo sobat Tempatwisataseru.com dimanapun anda berada. Anda ingin menjelajahi Jombang? Jombang yang terletak di Jawa Timur ini memiliki luas sekitar seribu kilometer persegi dengan ketingginan sekitar 44 meter DPL.

Kabupaten ini memiliki letak yang sangat strategis, karena terletak di persimpangan jalur lintas utara, dan selatan Pulau Jawa (SurabayaMadiunSoloYogyakarta), jalur Surabaya-Tulungagung, serta jalur Malang-Tuban.

Jombang memiliki banyak tempat wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa diantaranya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anta, misalnya air terjun tretes, goa Sigolo-golo dan lain sebagainya.

Tempat Wisata di Jombang Jatim

Anda pansaran dengan tempat wisata di Jombang yang lain dan sedang hits? Berikut ini Tempatwisataseru rangkum untuk anda:

1. Air Terjun Tretes

Alamat: Desa Galengdowo, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang

Air Terjun Tretes via @rachmat_l

Air Terjun Tretes merupakan air terjun tertinggi yang ada di Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini terletak di wilayah dataran tinggi, yaitu di sekitar 1250 mdpl dengan tingkat ketinggian aliran air sekitar 158 meter.

Karena lokasinya berada di dataran tinggi, suasana di sekitar air terjun ini cenderung terasa sangat sejuk. Selain itu kondisi alam di sekitarnya pun juga masih terjaga dengan baik, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

Fasilitas wisata di tempat ini sudah tergolong cukup lengkap. Dari mulai tempat parkir, joglo untuk bersantai, sampai dengan warung makan sederhana, semuanya sudah tersedia dan dapat dinikmati oleh setiap pengunjung.

Lokasi Air Terjun Tretes ada di Desa Galengdowo, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang. Tempatnya masih satu lokasi dengan Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura)yang ada di Kompleks Gunung Anjasmoro.

Walaupun lokasinya terletak di wilayah pegunungan, namun akses jalan menuju ke air terjun ini sudah cukup bagus. Sayangnya, sampai saat ini masih belum ada kendaraan umum yang dapat mengantarkan penumpang ke tempat ini.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin berwisata ke tempat ini, mau tidak mau Anda harus menggunakan kendaraan pribadi.

Jangan lewatkan juga: 58 Tempat Wisata di Gresik Jawa Timur Terbaru Paling Hits

2. Candi Ngrimbi

Alamat: Desa Ngrimbi, Kec. Bareng, Kab. Jombang

Candi Rimbi via Swetadwipa

Ukuran Candi Ngrimbi memang tidak sebesar Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang ada di Yogya. Namun, menurut sejarah candi ini adalah bangunan candi yang didirikan sebagai simbol kebesaran Majapahit di masa lalu.

Dulunya candi ini adalah gerbang pintu masuk menuju ke area Kerjaan Majapahit.

Sayangnya, saat ini kondisi bangunan candi ini sudah tidak sempurna. Beberapa bagiannya sudah mengalami kerusakan, sehingga kurang “eksotis” untuk dijadikan sebagai latar  belakang untuk mengambil foto.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi candi ini, lokasinya terletak di Desa Ngrimbi, Kec. Bareng, Kab. Jombang, Jawa Timur.

Bila dibandingkan dengan beberapa objek wisata di Jombang yang lainnya, objek wisata ini tergolong memiliki lokasi yang paling strategis, yaitu di jalan lintas utama Mojoagung-Wonosalam.

3. Goa Sigolo – Golo

Alamat: Dusun Kraten desa Panglungan Kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang

Goa Sigolo-Golo via @rachmatarif93

Bukan cuma Jogja saja yang punya objek wisata Goa, tapi Jombang juga punya. Salah satunya adalah Goa Sigolo – Golo yang terletak di Desa Penglungan, Kec. Wonosalam.

Dulunya sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, goa ini merupakan tempat semedi Ayah Damar Wulan, yaitu salah seorang petinggi di Kerajaan Majapahit. Sampai saat ini pun, goa ini juga masih sering dijadikan sebagai tempat meditasi dan bertapa oleh masyarakat sekitar.

Letak Goa Sigolo – Golo berada tepat di Lereng Gunung Welirang. Untuk bisa sampai ke lokasinya, Anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak yang licin.Walaupun sangat menguras tenaga, namun semua pengorbanan Anda dijamin akan langsung terbayar lunas begitu Anda sampai di mulut gua ini.

4. Goa Sriti

Alamat: Dusun Sidolegi, Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Goa Sriti vai Gapuranews

Masih di Kec. Wonosalam, ada satu lagi objek wisata gua yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Goa Sriti.

Di goa ini Anda dapat menikmati indahnya panorama alam berupa stalaktit dan talakmit yang terbentuk secara alami di bagian dinding dan atap goa.

Sama seperti halnya objek wisata goa yang lainnya, saat berwisata ke goa ini Anda nantinya harus rela berjalan kaki untuk menyusuri area dalam goa. Tapi tenang, aktivitas Anda akan dipandu oleh instruktur dengan piranti keselamatan yang lengkap.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke goa ini?

5. Kedung Cinet

Alamat: Desa Pojok Klitih, Kec. Plandaan, Jombang

Kedung Cinet

Khusus untuk Anda yang hobi melakukan aktivitas wisata di alam bebas, saat berlibur ke Jombang, objek wisata yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan wisata Anda.

Di tempat ini Anda dapat menikmati perjalanan wisata yang sangat memacu adrenalin sekaligus menawarkan pemandangan alam yang luar biasa eksotis.

Menurut penuturan warga setempat, tempat ini dulunya adalah tempat peristirahatan para prajurit Kerajaan Majapahit. Belakangan, karena panorama alamnya sangat eksotis, tempat ini akhirnya mulai dijadikan objek wisata oleh warga sekitar.

Lokasi Kedung Cinet terletak di Desa Pojok Klitih, Kec. Plandaan, Jombang. Untuk bisa sampai ke lokasi objek wisata ini, Anda harus melewati jembatan gantung yang sudah cukup tua dan menyusuri sungai Brantas yang cukup deras.

Karena letaknya berada di tengah – tengah hutan, jangan harap Anda bisa menemukan fasilitas wisata yang lengkap di tempat ini. Oleh sebab itu, jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda harus mempersiapkan seluruh kebutuhan wisata Anda dari rumah.

6. Klenteng Hong San Kiong

Alamat: Desa Gudo, Kecamatan Gudo Kab. Jombang

Klenteng Hong San Kiong via Atobasahona

Jombang memang terkenal sebagai salah satu pusatnya ajaran islam. Walaupun begitu, Jombang tetap terbuka pada agama – agama lainnya. Hal ini terbukti dengan keberadaan objek wisata religi yang satu ini.

Klenteng Hong San Kiong berlokasi di Desa Gudo, Kab. Jombang. Klenteng ini merupakan tempat ibadah yang disediakan untuk tiga agama sekaligus, yaitu Khonghucu, Budha, dan Tios.

Tidak hanya itu, klenteng ini kabarnya juga digunakan sebagai tempat medis “darurat”. Dalam hal ini, siapapun yang sedang membutuhkan obat dan perawatan “darurat” sebelum ke rumah sakit, dapat meminta obat dan perawatan sementara di klenteng ini.

Jika Anda ingin menikmati aktivitas wisata di Klenteng ini secara lengkap, Anda kami sarankan untuk mengunjunginya saat imlek.

Di waktu tersebut pengelola klenteng ini biasanya akan menyelenggarakan berbagai macam pertunjukan seni, seperti Barongsai dan Wayang Potehi.

7. Gereja Mojowarno

Alamat: Desa Mojowarno Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Gereja Mojowarno

Selain Klenteng Hong San Kiong, ada satu lagi objek wisata religi non – Islam yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Gereja Mojowarno.

Gereja ini merupakan bangunan gereja bersejarah yang sudah ada sejak tahun 1930-an. Dulunya, gereja ini didirikan oleh Pemerintah Belanda sebagai sarana penyebaran agama Kristen di Jawa.

Menurut sumber referensi yang kami gunakan, gereja ini saat ini adalah Gereja Protestan tertua yang ada di Indonesia.

Karena didirikan pada jaman pemerintahan kolonial Belanda, bangunan gereja ini dibangun dengan menggunakan arsitektur khas Benua Eropa. Jika dilihat sekilas arsitektur bangunannya agak sedikit mirip dengan arsitektur bangunan Gedung Putih yang ada di Amerika Serikat.

Karena merupakan tempat ibadah, gereja ini dapat dikunjungi kapan saja secara cuma – cuma. Hanya saja, agar tidak mengganggu umat Kristen yang sedang beribadah, Anda kami sarankan untuk mengunjungi Gereja ini di luar hari minggu.

8. Makam Gunung Kuncung

Alamat: Desa Wonorejo, Kec. Wonosalam, Kab Jombang

Makam Gunung Kuncung

Makam Gunung Kuncung merupakan objek wisata religi yang terletak di dataran tinggi Pegunungan Anjasmoro. Makam ini kabarnya adalah makam para ksatria dan pendekar saktiyang dikenal memiliki ilmu tinggi.

Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke tempat ini biasanya bertujuan untuk berziarah. Walaupun begitu, tidak jarang pula beberapa wisatawan yang berkunjung dalam rangka mencari pesugihan dan ilmu gaib.

Lokasi Makam Gunung Kunjung ada di Desa Wonorejo, Kec. Wonosalam. Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke sini, tempat ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pagi sampai sore.

9. Sendang Made

Alamat: Desa Made, Kec. Kudu, Kab Jombang

Sendang Made via Gapurajombang

Sendang Made merupakan objek wisata berupa sendang jernih yang berlokasi di Desa Made, Kec. Kudu. Menurut kabar yang beredar sendang ini tidak pernah surut walaupun sedang kemarau panjang.

Di sekitar lokasi sendang ini terdapat banyak pepohonan rimbun, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan melepas penat.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, lokasinya hanya sekitar 20 km dari pusat kota jombang.

10. Sumber Penganten

Alamat: Desa Sumber Penganten, Kec. Jogoroto, Kab. Jombang

Sumber Penganten via Anggakriss

Sumber Penganten merupakan objek wisata alam yang sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat bersantai dan bermain air. Di tempat ini Anda dapat berenang sekaligus menikmati segarnya suasana alam pedesaan yang masih terjaga dengan baik.

Selain menawarkan air yang segar dan suasana alam pedesaan yang masih asri, objek wisata ini kabarnya juga memiliki mitos yang terkait dengan keberuntungan.

Menurut kabar yang beredar, siapapun yang mandi di tempat ini pada malam hari akan mendapatkan rejeki yang berkah dan melimpah ruah.

11. Tirta Wisata Keplaksari

Alamat: Desa Keplaksari, kec. Peterongan, Kabupaten Jombang

Tirta Wisata Keplaksari via @chrislie3

Masih seputar objek wisata “air”, ada satu lagi objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Objek wisata tersebut adalah Tirta Wisata Keplaksari.

Lokasi objek wisata ini berada di Desa Keplaksari, kec. Peterongan. Di sini Anda dapat menikmati berbagai macam fasilitas wisata yang berhubungan dengan air, seperti: kolam khusus untuk pemancingan, danau yang jernih, taman yang asri, lapangan tenis, dll.

Secara keseluruhan, lokasi objek wisata ini tergolong cukup strategis dan mudah untuk dijangkau. Oleh sebab itu, sangat tidak mengherankan jika objek wisata ini berhasil menjadi salah satu objek wisata favorit warga Jombang.

12. Dam Karet Sungai Brantas

Alamat: Desa Sudimoro, kec. Megaluh, Kab. Jombang

Dam Karet Sungai Brantas via Youtube

Masih ingat dengan objek wisata Kedung Cinet? Nah, tidak jauh dari objek wisata tersebut, ada satu lagi objek wisata menarik di Jombang yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu Dam Karet.

Dam Karet merupakan bangunan dam yang didirikan secara khusus untuk mengatur debit air yang mengalir di Sungai Brantas.

Di tempat ini Anda dapat menikmati suara gemericik air yang sangat menenangkan sembari bersantai di pinggiran dam.

Tidak hanya itu, jika mau tempat ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati indahnya sunset di sore hari.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, lokasi tempat ini ada di Desa Sudimoro, kec. Megaluh, Kab. Jombang.

13. Masjid Agung Jombang

Alamat: Jombatan, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Masjid Agung Jombang via @arsyah96_

14. Kelenteng Boo Hway Bio

Alamat: Jl.Belakang Pasar, Mojoagung, Kademangan, Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Kelenteng Boo Hway Bio via @alby_agasy

15. Segolo – Golo Eco Park

Alamat: Dusun Kraten desa Panglungan Kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang

Segolo – Golo Eco Park via @wimoadins

Segolo – Golo Eco Park via @wimoadins

Masih ingat dengan objek wisata Goa Segolo – Golo? Nah, tidak jauh dari objek wisata tersebut, ada satu lagi objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi, yaitu Segolo – Golo Eco Park.

Objek wisata ini menawarkan keindahan pemandangan alam dari atas ketinggian. Bisa dibilang tempat ini adalah salah satu spot terbaik yang dapat dikunjungi untuk melepaskan penat di akhir pekan.

Lokasi tempat ini ada di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kec. Wonosalam. Jadi buat anda yang sedang mencari spot instagrameble di Jombang, mata bulu vie atau segolo-golo eco park bisa anda jadikan pilihan.

16. Downhill Wana Wisata Panglungan

Masih di sekitar Desa Panglungan, ada satu lagi objek wisata menarik yang dapat Anda nikmati, yaitu Wana Wisata Panglungan.

Di tempat ini Anda dapat menikmati serunya aktivitas downhill dengan menggunakan sepeda gunung. Tidak hanya itu, karena lokasinya berada di daerah pedesaan yang masih sangat asri, di tempat ini Anda juga dapat menikmati keindahan alam dan kesejukan udara khas wilayah pedesaan.

Jika Anda ingin menikmati aktivitas downhill di tempat ini, Anda harus membawa sepeda sendiri. Atau jika mau Anda juga dapat menyewanya dari beberapa penyedia layanan sewa sepeda yang ada di Kec. Wonosalam.

17. Taman Kebon Ratu

Alamat: Desa Keplaksari, Kec. Jombang, Kab. Jombang, Jawa Timur

Taman Kebon Ratu via panoramio

Khusus untuk Anda yang hendak berlibur bersama keluarga dan anak – anak, Jombang memiliki objek wisata keluarga yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata keluarga tersebut adalah Taman Kebon Ratu.

Di taman ini Anda dapat bersantai bersama dengan keluarga sembari menikmati sejuknya udara di bawah pohon rindang. Tidak hanya itu, taman ini juga turut menawarkan berbagai macam wahana permainan yang dikhususkan untuk anak – anak.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, lokasinya ada di Desa Keplaksari, Kec. Jombang, Kab. Jombang, Jawa Timur.

18. Kampoeng Djawi

Alamat: Desa Godang, Kec. Wonosalam, Jombang, Jawa Timur

Kampoeng Djawi via Gpswisataindonesia

Kampung Djawi pada dasarnya bukan merupakan objek wisata. Tempat ini merupakan sebuah vila yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan.

Di tempat ini Anda dapat bersantai di pinggiran kolam sembari menikmati sejuknya udara khas pedesaan.

Tidak hanya itu, karena tempat ini memiliki banyak wahana permainan, di tempat ini Anda juga dapat mengerjakan berbagai macam aktivitas wisata, seperti berkeliling lokasi Kampung Djawi menggunakan kapal sampan, bersepeda, dll.

Dari sekian banyak objek wisata keluarga yang ada di Jombang, bisa dibilang tempat ini merupakan objek wisata keluarga yang terbaik.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, lokasinya ada di Desa Godang, Kec. Wonosalam, Jombang, Jawa Timur.

19. Kampung Durian

Alamat: Desa Sumber, Kec. Wonosalam, Jombang

Kampung Durian via Tribunnews

Ternyata bukan cuma Kota Medan saja yang kaya akan durian, tapi Kab. Jombang juga.

Di Jombang ada sebuah objek wisata menarik yang sangat pas untuk dikunjungi oleh para pecinta durian. Objek wisata tersebut bernama Kampung Durian.

Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai macam aktivitas wisata yang berkaitan dengan buah durian. Dari mulai melihat kebun durian, memetik buah durian dari pohonnya langsung, sampai dengan menikmati berbagai macam olahan kuliner yang dibuat dari buah durian, semuanya bisa Anda lakukan di tempat ini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke kampung ini? Jika ya, lokasi Kampung Durian Jombang ada di Desa Sumber, Kec. Wonosalam, Jombang, Jawa Timur.

20. Wana Wisata Air Sumberboto

Alamat: Desa Japangan, Kec. Mojowarno, Kab. Jombang

Wana Wisata Air Sumberboto via wanawisataperhutani

Tempat wisata di Jombang yang selanjutnya adalah Wana Wisata Air Sumberboto. Tempat wisata ini menawarkan berbagai macam fasilitas wisata alam yang sangat menarik. Dari mulai kolam renang alami, sampai dengan bumi perkemahan, semuanya bisa Anda temui di tempat ini.

Tidak hanya itu, di tempat ini Anda juga dapat melakukan napak tilas ke lokasi makam salah satu Pejuang Kemerdekaan RI, yaitu Wanara.

Lokasi objek wisata Wana Air Sumberboto berada di Desa Japangan, Kec. Mojowarno, Kab. Jombang. Objek wisata ini cenderung sangat pas untuk dikunjungi bersama dengan keluarga dan komunitas yang hobi melakukan aktivitas kemah.

21. Kedung Sewu

Alamat: Kawasan Perhutani, Desa Kabuh, kec. Plandaan, Kab Jombang

Kedung Sewu

Kedung Sewu merupakan salah satu objek wisata baru yang belum banyak diketahui wisatawan.

Objek wisata ini menawarkan keindahan alam berupa aliran air yang membentuk banyak kubangan pada bebatuan karts. Karena jumlah kubangan yang terbentuk sangat banyak, tempat ini akhirnya diberi nama Kedung Sewu (Kedung Seribu).

Lokasi Kedung Sewu ada di Kawasan Perhutani, Desa Kabuh, kec. Plandaan. Untuk bisa sampai ke lokasi Kedung Sewu Anda nantinya harus melalui jalan tanah setapak yang cukup jauh.

Walaupun perjalanannya cukup melelahkan, namun keindahan alam yang ditawarkan oleh tempat ini benar – benar sangat sebanding.

22. Air Terjun Sekar Pundak Sari

Alamat: Dusun Wonorekso, Desa Wonokerto, Kec. Wonosalam, Jombang, Jawa Timur

Air Terjun Sekar Pundak Sari via @sinyoureh

Air Terjun Sekar Pundak Sari merupakan objek wisata air terjun yang belum banyak diketahui wisatawan.

Karena belum banyak diketahui wisatawan, kondisi alam di sekitar wilayah air terjun ini benar – benar masih terjaga dengan baik.

Sayangnya, fasilitas wisata yang tersedia di tempat ini cenderung masih sangat terbatas. Selain itu medan perjalanan yang harus dilalui untuk bisa sampai ke lokasi objek wisata ini juga masih sangat terjal.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, lokasinya ada di Dusun Wonorekso, Desa Wonokerto, Kec. Wonosalam. Untuk masuk ke objek wisata ini Anda tidak akan dikenai biaya tiket masuk sama sekali.

23. Air Terjun Selo Lapis

Selo Ringgit, Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang

Air Terjun Selo lapis via @miftachul_jr

Berbeda dengan air terjun yang sebelumnya yang mana masih cenderung sulit untuk diakses, air terjun yang satu ini cenderung sudah bisa diakses dengan cukup mudah. Karena akses lokasinya yang mudah, air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan di hari libur dan akhir pekan.

Hebatnya, walaupun ramai dikunjungi wisatawan, kondisi alam di sekitar objek wisata ini masih terjaga dengan sangat baik. Aliran airnya pun juga masih sangat jernih dan terasa segar.Bahkan, jika mau kita dapat meminum aliran airnya tanpa perlu dimasak sama sekali.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke air terjun ini, lokasinya ada di Dusun Mendir, Desa Pangklungan, Kec. Wonosalam.

Nantinya, untuk bisa masuk ke air terjun ini, Anda akan dikenai biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang. Cukup murah bukan?

24. Air Terjun Grenjeng

Alamat: Jenis Gelaran, Kec. Bareng, Kab. Jombang

Air Terjun Grenjeng via @b.syafaah

Masih seputar air terjun, ada satu lagi objek wisata air terjun di Jombang yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Objek wisata air terjun tersebut adalah Air Terjun Grenjeng.

Dibandingkan dengan Air Terjun Tretes, ketinggian Air Terjun Grenjeng memang tidak ada apa – apanya. Walaupun begitu bukan berarti air terjun ini tidak menarik untuk dikunjungi ya!

Debit air yang mengalir pada air terjun ini cenderung sangat stabil dengan kondisi air yang masih sangat jernih. Di bagian bawah aliran airnya, ada kubangan yang cukup dalam dan dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk berenang.

Lokasi Air Terjun Grenjeng terletak di Jenis Gelaran, Kec. Bareng, Kab. Jombang. Secara keseluruhan akses jalan menuju ke lokasi ini sudah cukup bagus. Walaupun begitu, untuk bisa sampai ke lokasi air terjunya, Anda tetap harus berjalan kaki melalui jalan setapak yang cukup jauh dan agak sedikit licin.

25. Air Terjun Sanggar

Alamat: Dusun Jarak, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang

Air Terjun Sanggar

Berbicara air terjun di Jombang memang tidak akan pernah ada habisnya. Pasalnya jumlah objek wisata air terjun di kabupaten ini memang sangat banyak.

Nah, selain beberapa objek wisata air terjun yang sebelumnya, ada satu lagi objek wisata air terjun di Jombang yang tidak kalah menantang untuk dikunjungi. Objek wisata air terjun tersebut adalah Air Terjun Sangar.

Mirip seperti Air Terjun Sekar Pundak Sari, Air Terjun Sangar juga masih tergolong “perawan” dan belum diketahui oleh banyak orang. Karena jumlah pengunjungnya masih sangat sedikit, kondisi alam di sekitar air terjun ini tetap terjaga dengan baik.

Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi dan debit airnya pun juga tidak terlalu deras. Walaupun begitu, karena kondisi airnya masih sangat jernih dan lingkungan alam di sekitarnya masih terjaga dengan baik, air terjun ini cenderung sangat “worth it” untuk dikunjungi di waktu luang.

Bila Anda ingin berkunjung ke air terjun ini, lokasinya ada di Dusun Jarak, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

26. Air Terjun Sikelip

Alamat: Wonokerto, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Air Terjun Sekelip via Sinyoureh

Bila dibandingkan dengan beberapa objek wisata air terjun yang sebelumnya, objek wisata air terjun yang satu ini cenderung memiliki debit aliran air yang paling deras. Tidak hanya itu, aliran airnya pun cenderung agak sedikit keruh.

Walaupun begitu, bukan berarti air terjun ini tidak layak untuk dikunjungi ya!

Beberapa aktivitas wisata yang dapat dilakukan di air terjun ini adalah: bermain air, bermain ayunan menggunakan akar pohon, berenang, memancing, berfoto dengan latar belakang air terjun, dll.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi objek wisata alam yang satu ini? Jika ya, lokasinya ada di Desa Wonokerto, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

27. Alun – Alun Kota Jombang

Alamat: Pusat Kota Jombang

Alun – Alun Kota Jombang via Detik

Setelah capek berkeliling objek wisata alam dan objek wisata sejarah di Kab Jombang, Anda dapat bersantai sejenak di sekitar alun – alun yang ada di pusat Kota Jombang.

Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai macam sajian kuliner tradisional khas Jawa Timur dengan banderol harga yang sangat terjangkau.

Atau, jika mau tempat ini juga bisa dijadikan sebagai spot untuk joging dan bersepeda di pagi dan sore hari.

28. Ringin Contong

Alamat: Jl. KH. Wahid Hasyim No.1, Jombang, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang

Ringin Contong via Istimewa

Khusus untuk Anda yang hobi mengambil foto untuk diupload di instagram, ada satu spot foto di Jombang yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu Ringin Contong.

Ringin Contong saat ini merupakan spot foto yang sedang hits di instagram. Bangunan ini adalah bangunan khusus yang didirikan sebagai tanda keberadaan lokasi titik nol km di Jombang.

Letak bangunan Ringin Contong ini berada tepat di pinggir jalan raya. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah di malam hari.

29. Wisata Pujasera Kebon Rojo

Alamat: Jl. KH. Wahid Hasyim, Pusat Kota Jombang

Wisata Pujasera Kebon Rojo

Khusus untuk Anda yang hobi makan, objek wisata kuliner yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam list daftar tujuan wisata Anda selama berada di Jombang.

Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai macam sajian olahan kuliner dengan harga yang sangat terjangkau. Dari mulai makanan modern sampai dengan makanan tradisional khas Jawa Timur, semuanya bisa Anda nikmati di tempat ini.

Berbeda dengan beberapa objek wisata kuliner Jombang yang lainnya, objek wisata kuliner yang satu ini buka setiap hari selama nyaris 24 jam non stop.

Tidak hanya itu, lokasinya juga bersih, sejuk dan rapi, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai sembariberburu kuliner.

Lokasi objek wisata Pujasera Kebon Rojo ada di Jl. KH. Wahid Hasyim, Kota Jombang. Tempat ini buka setiap hari nyaris selama 24 jam nonstop, sehingga Anda dapat berkunjung ke tempat ini kapan pun Anda menginginkannya.

30. Air Terjun Sanggar

Alamat: Jarak, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Air Terjun Sanggar

Tempat wisata di Jombang selanjutnya adalah air terjun Sanggar yang terletak di Dusun Jarak, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Air terjun ini memang belum terlalu terjamah, karena memang lokasinya yang agak sulit dijangkau. Untuk bisa nyebur disini anda tidak dikenakan tiket masuk lo. Jadi bisa anda jadikan destinasi untuk liburan sepuasnya bersama geng anda.

31. Bukit Seloringgit

Alamat: Dusun Mendiro Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam Kab. Jombang

Bukit Seloringgit via Bonangalfatikh

Tempat wisata di Jombang selantnya adalah sebuah bukit kece yang di atasnya terdapat batu wayan yg berbentuk unik, berada di satu lokasi dgn coban selolapis di desa Panglungan – Wonosalam.

32. Sendang Tlimo

Alamat: Tengah hutan jati di Tanjung Ploso Timur Kabupaten Jombang

Sendang Tlimo via Muhajirsangnomaden

Selanjutnya anda bisa mengunjungi sendang tlimo yang ada di Tanjung Ploso Timur Kabupaten Jombang ini menawarkan keindahan sumber mata air yang berasal saru tengah Hutan Jati.

Objek wisata berbentuk sendang yang dapat Anda kunjungi sebagai tempat untuk melepas penat. Sendang ini merupakan aliran dari mata air yang ada di Saru Tengah Hutan Jati. Sama seperti halnya Sendang Made, sendang ini juga memiliki aliran air yang tidak pernah surut walaupun sedang kemarau.

Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, lokasi objek wisata ini terletak di daerah Jombang Ploso.

33. Alas Gedangan Mojoagung

Alamat: Area PERHUTANI alas Gedangan, Kecamatan Mojoagung, Jombang

Alas Gedangan Mojoagung via Anggakriss

Tempat wisata di Jombang selanjutnya adalah Alas Gedangan Mojoagung. Disini anda bisa menjumpai beberapa spot yang menark untuk dikunjungi, seperti Bukit Sunrise yang bisa anda jadikan tempat untuk menikmati sunrise yang enawan, juga ada objek wisata Jombang Gua Jepang.

Untuk anda yang ingin berfoto kece seperti yang tampak di gambar, sebaiknya anda datang kesini antara pukul 6 sampai 8 pagi. Tempet wisata yang satu ini cukup hits belakangan, karena dikelola dengan cukup baik, dan sangat instagrameble lo.

34. Waduk Jambe

Alamat: Bangsri, Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Waduk Jambe via @arin_ef_em

35. Embung Kudu

Alamat: Desa Kepuh Rejo Kecamatan Kudu, Jombang

Embung Kudu via @zulviekasaputra

36. Air Terjun Ngebleng

Alamat: Pule, Jatikalen, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Air Terjun Ngebleng via islahagus

****

Bagaimana? Ternyata Jombang itu keren kan? Anda pasti sudah tidak sabar lagi ingin segera mengeksplore Kabupaten Jombang bukan? Ayo langsung siapkan ransel anda, kita jelajahi keindahan Jombang sampai ke pelosok-pelosoknya.

Demikianlah ulasan seputar tempat wisata di Jombang Jawa Timur yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi panduan liburan anda semua.

Artikel terkait: 36 Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!