61 Tempat Wisata di Solo Paling Menarik untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Solo – Siapa yang tidak kenal dengan Kota Solo? Kota kecil di Jawa Tengah ini menjadi sorotan karena melahirkan seorang Presiden Republik ini. Kota Solo ternyata menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

Nama Solo tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Solo sangat diidentikan dengan bakso atau mie ayam solo. Kota Solo atau sering juga disebut Surakarta menjadi salah satu tujuan wisata wisatawan dari berbagai wilayah di Indonesia dan Mancanegara. Ada banyak tempat wisata di Solo paling populer dan terkenal yang harus anda kunjungi bersama keluarga atau orang tercinta.

Kota Solo sangat terkenal dengan wisata budaya dan wisata kuliner. Jika anda ingin ke Solo, anda bisa menempuh beberapa rute, seperti via bandara Adi Sumarmo (untuk ke tengah kota tinggal naik bus trans solo) atau terminal Tirtonadi. Lewat kereta lebih mudah lagi, karena 3 stasiun yang ada di Solo, yaitu Jebres, Purwosari, dan Solobalapan, kesemuanya terletak di tengah kota dan mudah dijangkau. Kali ini Tempatwisataseru.com akan membahas Tempat Wisata di Solo Paling Populer dan Terkenal yang wajib dikunjungi.

Kunjungi juga 19 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Paling Populer

Tempat Wisata di Solo Paling Populer dan Terkenal

Yuk simak ulasan seputar tempat Wisata di Solo paling populer dan terkenal berikut ini:

1. Grojogan Sewu Tawangmangu

 

Tempat wisata di Solo yang pertama adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan tempat wisata alam yang sangat terkenal di Solo. Solo memang tidak mempunyai pantai untuk bermain seperti daerah lainnya, karena Solo berada di tengah pulau.

Untuk mencapai Tempat Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu di Solo hanya membutuhkan perjalan sejauh 37 km di sebelah timur kota Solo, tepatnya di Kabupaten Karanganyar. Harga tiket masuk Grojogan Sewu Tawangmangu adalah 18,000 Rupiah per orang.

Untuk lebih lengkapnya spot-spot wisata di Tawangmangu, sudah kami ulas pada tulisan 14 Tempat Wisata Tawangmangu dan Sekitar yang Wajib Anda Kunjugi silahkan anda eksplorasi juga.

2. Pandawa Water World Solo Baru

 

Tempat wisata di Kota Solo selanjutnya adalah Pandawa Water World Solo Baru. Pandawa Water World Solo Baru merupakan wahan bermain air yang sangat terkenal di Kota Solo. Ada banyak sekali wahana bermain disini, anda pasti akan betah berlama-lama disini. Wahana wisata Pandawa Water memang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berabgai wilayah di Indonesia.

Untuk menikmati fasilitas yang ada kita harus merogoh kocek sebesar 50,000 Rupiah pada hari Senin sampai dengan Jumat, dan 100,000 Rupiah pada hari Sabtu, dan Minggu.

3. Taman Balekambang

 

Satu lagi tempat wisata keluarga di Solo yang menarik untuk dikunjungi adalah taman Balekambang. Taman ini memiliki luas sekitar 10 Ha. Taman ini bisa menjadi tempat untuk bermain keluarga, lokasinya bersih, hijau, asri dan akan membuat tenang suasana hati kita.

Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Taman Balekambang mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008.

4. Keraton Surakarta

 

Tempat wisata sejarah di Solo yang menarik dan harus anda kunjungi adalah Keraton Surakarta. Keraton ini menjadi saksi sejarah bangsa kita dari zaman dahulu hingga kini.

Keraton ini kini bisa dikunjungi oleh semua orang. Untuk masuknya kita harus membayar Rp. 10,000. Anda dapat menikmati berbagai benda-benda peninggalan di dalamnya.

5. Wisata Tugu Lilin di Solo

Tugu lilin merupakan simbol dari perjuangan pemuda Indonesia dalam rangka meraih kemerdekaan melawan penajajahn. tugu ini merupakan monumen peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Dengan bentuk uniknya yang menyerupai sebuah lilin menyala, Tugu Lilin melambangkan pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang berapi-api memperjuangkan kemerdekaan.

Dengan bentuknya yang unik, Tugu Lilin yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto di tempat unik yang ada di Solo.

6. Air Terjun Jumog

Solo ternyata masih memiliki air terjun yang indah dan menawan. Keindahan air terjun Junog menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Solo.

Air terjun Junog merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Solo. Anda dapat menikmati sejuknya air terjun dan segarnya udara sekitar serna panorama alam yang menakjubkan disini. Berjarak sekitar 40 KM dari kota Solo, Air Terjun Jumog menawarkan wisata alam dengan panorama indah dan harga yang murah. Cukup dengan 5,000 Rupiah anda sudah dapat menikmati keindahan Air Terjun Jumog dan bermain air di bawah air terjun tersebut.

7. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari juga harus anda dalam daftar rencana kunjungan anda di Solo. Taman ini menyimpan cerita sejarah yang begitu melekat bagi masyarakat Solo. Taman ini merupakan taman yang dibuat untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan.

Adapun lokasi taman ini ada di Kecamatan Lawiyan. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana. Taman Sriwedari ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Harga tiket masuknya pun cukup murah, yaitu Rp3.000,00 (tiga ribu rupiah) saja.

8. Kampoeng Batik Kauman

Solo juga punya kampung batik yang terkenal, Kampoeng Batik Kauman. Kampung ini merupakan salah satu destinasi wisata budaya di Solo yang sangat terkenal. Bagi anda yang suka memakai batik, maka anda harus berkunjung ke Kampung ini.

Anda juga bisa melihat-lihat saja koleksi batik atau cara membuat batik disini. Lokasi Kampoeng batik berdekatan dengan Keraton Kasunan Surakarta di pusat kota Solo. Produk batik di Kampoeng Batik Kauman rata-rata mempunyai warna gelap dengan motif modern.

Produk batik Kampoeng Batik Kauman sudah terkenal di dunia, banyak orang luar negeri yang berlangganan membeli batik di Kampoeng Batik Kauman. Harga batik di Kampoeng Batik Kauman dapat mencapai jutaan Rupiah.

9. Pasar Klewer

Anda tentu tidak asing lagi dengan pasar yang satu ini bukan. Pasar Klewer menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Solo. Anda dapat membeli kebutuhan sandang dan papan disini, mulai dari yang murah hingga branded luar negeri.

Di pasar ini ada lebih dari 2,000 pedagang yang berjualan setiap harinya. Berlokasi di sebelah alun-alun Solo, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis batik di Pasar Klewer, mulai dari batik buatan dalam negeri, hingga batik buatan luar negeri.

Seiring dengan berjalannya waktu, sebagian pedagang di Pasar Klewer juga mulai menjual pakaian selain batik, misalnya seragam sekolah, dasi, jaket, kaos, dan juga jasa jahit sesuai permintaan pelanggan.

10. Museum Manusia Purba Sangiran

Satu lagi tempat wisata sejarah yang bisa menjadi wisata edukasi anak-anak. Museum ini menarik untuk dikunjungi karena di dalamnya terdapat fosil-fosil manusia purba. Fosil manusia purba ini ada yang berumur lebih dari 2 juta tahun, hingga yang berumur 200,000 tahun.

Dengan lebih dari 13,000 koleksi fosil manusia purba, Museum Manusia Purba Sangiran adalah museum manusia purba yang paling lengkap di Asia. Selain itu, Museum Manusia Purba Sangiran juga mempunyai koleksi lain berupa fosil hewan, tumbuhan, batu, dan alat-alat yang digunakan manusia purba.

Tapi perlu kita dudukan bahwa memang, sebenarnya tidak ada manusia purba itu. Karena teori Darwin sudah diruntuhkan.

11. Pura Mangkunegaran

Tempat wisata sejarah berikut ini juga harus anda kunjungi. Pura Mangkunegarawa merupakan kediaman kediaman Sri Paduka  Mangkunagara yang didirikan tahun 1757.

Bentuk pura Mangkunegaran ini layaknya keraton, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Bangunan ini terbuat dari kayu jati utuh. Di tempat ini kita bisa melihat berbagai koleksi sejarah seperi peralatan tari, wayang, gamelan dan barang barang bersejarah lainnya.

12. Monumen Pers

Monumen ini mungkin tidak terlalu terkenal di kalangan masyarakat umum. Hanya kalangan yang berkaitan dengan dunia publikasi saja yang akrab dengan monumen yang satu ini.

13. Galabo Solo

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, Solo sangat terkenal sekai dengan wisata kulinernya. Salah satu tempat makan di Solo yang terkenal dan populer adalah Galabo. Anda bisa menemukan kuliner khas solo asli dengan sangat banyak. Tempat ini tentunya akan banyak perkumpulan pedagang menjual berbagai macam dagangan khas solo.
Setidaknya ada sekitar 50an lebih warung yang menjajakan aneka kuliner yang bisa anda santap. Galabo buka pukul 17.00 – 24.00 WIB. Lokasinya ada di daerah Gladak, atau tepatnya di JL. Mayor Sunaryo depan Pusat Grosir Solo. Pada malam hari, sepanjang jalan ini akses untuk kendaraan bermotor ditutup, kemudian para pedagang makanan dipersilakan membuka lapak dagangannyanya disana.
Berbagai jenis makanan bisa amda nikmati disini, berbagai warung makan buka disini seperti Nasi Liwet Keprabon, Gudeg Ceker Margoyudan, Sate Kere Yu Rebi, Tengkleng Pasar Klewer Bu Edi, Bebek Pak Slamet, mie thoprak, wedang ronde, wedang dongo, Nasi Tumpang Bu Mun, Harjo Bestik, Susu Segar Shi Jack, Bakso Alex, Tahu Kupat Bu Sri, dan Gempol Plered Bu Yami.
Bagaimana, anda pasti sudah tidak sabar lagi untuk incip-incip kulier disini? Langsung datang aja.

14. Kebun Binatang Taru Jurug

Anda ingin bermain di kebun binatang, disini tempatnya. Resminya tempat ini adalah taman satwa taru jurug, dan tempat ini juga sangat populer di kota solo, sehingga sangat bagus bila kamu ingin berkunjung ke kota solo. Dan ditempat ini juga akan sangat ramai, seperti pada hari-hari libur dan akan membludak wisatawan datang ke tempat ini.
Adapun lokasi kebun binatang taru jurug ini ada di Jalan Ir. Sutami No 40, Kentingan, Jebres, Surakarta atau tepatnya di sebelah Kampus Universitas Sebelas Maret.

Bagi anda yang ingin mengunjungi kebun binatang ini, anda tidak pelru merogoh kantang dalam-dalam cukup dnegan  membayar Rp 6.000,- hari biasa dan Rp 7.000,- hari libur. Dan untuk menikmati fasilitas kereta mini cukup membayar Rp 3.000,- satu kali putaran, untuk baik gajah: Rp 7.000,- sekali putaran, menunggag Kuda: Rp 7.000,- sekali putaran.

Jangan lupa untuk datang antara pukul 07.00-17.00 WIB

15. Ngarsopuro Night Market Solo

Satu lagi tempat wisata kuliner di Solo yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Ngarsopuro Night Market. Kawasan yang dijadikan tempat nongkrong warga Solo dan Wisatawan ini berada di Selatan Pura Mangkunegaran atau lebih tepatnya berlokasi di Jalan Diponegoro. Bukan sekedar tempat nongkrong, tempat ini juga dijadikan sebagai Pasar Malam disetiap hari Sabtu dan Minggunya.

16. Pasar Antik Triwindu

Untuk anda yang doyan makan-makan atau incip-incip kulier lezat, anda bisa mengunjungi berbagai tempat makan enak di Solo yang menggungah selera.

Untuk lebih lengkapnya sudah kami ulas pada artikel 31 Tempat wisata kuliner Solo

Bagaimana? Anda sudah menyusun rencana untuk berlibur ke Solo? Demikianlah ulasan seputar Tempat Wisata di Solo paling populer dan terkenal yang harus anda kunjungi. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu tempat wisata yang keren di Solo. Selamat berlibur ya.

Kalau anda juga punya cerita sendiri, silahkan bagikan kepada kami juga. Nikmati juga 24 Tempat Wisata di Bali Paling Terkenal dan Amazing

loading...

One Response

Leave a Reply

error: Content is protected !!