29 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Paling Populer

Tempat Wisata di GarutHalo sobat travelers dimanapun anda berada. Indonesia memiliki alam yang indah tiada tandingannya di dunia. Dengan keindahan alam yang sangat menawan, hewan dan tumbuhannya yang cantik dan menarik membuat alam Indonesia menjadi salah satu primadona destinasi wisata wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Bahkan tidak sedikit juga mereka yang berkunjung ke Indonesia dan enggan untuk kembali ke negaranya. Selain alamnya yang indah, masyarakat Indonesia dikenal dengan kesantunan dan budi pekertinya yang baik, serta peduli dengan sesama. Inilah salah satu daya tarik selain dari tempat wisata di Indonesia yang sangat luar biasa.

Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang cukup terkenal adalah Garut. Selama ini mungkin Kab. Garut terkenal dengan cemilan dodolnya. Ternyata, Garut juga menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona, dan masyarakat Garut juga sangat ramah terhadap tamu yang datang, wisatawan. Ada banyak sekali tempat wisata di Garut yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau orang tercinta.

Kunjungi juga 22 Tempat Wisata di Puncak Bogor dan Sekitarnya

Kali ini kita akan kupas seputar tempat wisata di garut yang harus anda kunjungi. Selain itu, anda juga bisa memperoleh buah tangan khas garut untuk keluarga atau tetangga berupa dodol Garut, opak Bungbulang, Chocodot, burayot, kerupuk kulit atau dorokdok, comring Banjarwangi, jaket kulit dan aneka kerajinan kulit dari Sukaregang Garut.

29 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat

Baiklah, berikut ini uraian lengkap 29 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat paling populer yang harus anda kunjungi:

1. Tempat Wisata Gunung Papandayan di Garut

 

Tempat wisata alam di garut yang pertama adalah kawasan Gunung papandayan. Objek wisata ini sangat terkenal karena keindahan alam yang ada disana. Adapun lokasi tepatnya adalah di Garut bagian selatan, yaitu di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. gunung Papandayan merupakan salah satu tempat wisata alam terbaik di Garut. Gunung Papandayan berada di ketinggian 2665 mdpl. Letak gunung Papandayan tidak terlalu jauh dari pusat kota Garut. Dari terminal Guntur Garut dapat ditempuh menggunakan angkutan kota sampai alun-alun Cisurupan dengan waktu tempuh tidak lebih dari 1 jam.

Bagi anda yang hobi mendaki gunung, maka gunung papandayan tidak boleh anda lewatkan. Dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan akan membuat perjalanan mendaki anda menjadi tidak begitu terasa. Dari alun-alun Cisurupan dapat menggunakan ojek atau colt buntung agar cepat sampai di areal publik Taman Wisata Alam Papandayan. Jalur pendakian gunung Papandayan sangat landai, cocok didaki oleh pendaki pemula maupun anak-anak. Di Taman Wisata Alam Papandayan terdapat beberapa tempat menarik seperti Kawah Papandayan, Hutan Mati, areal camping Pondok Saladah dan padang edelweis Tegal Alun.

2. Tempat Wisata Gunung Cikuray di Garut

Loading...

 

Anda ingin menikmati indahnya matahari terbit di atas awan? Memang, keindahnnya tidak akan bisa digambarkan dengan kata-kata. Kita akan merasakan betapa indahnya ciptaan Tuhan. Puncak gunung Cikuray ada pada ketinggian 2821 mdpl.

Selama ini mungkin anda hanya bisa melihatnya di TV atau di gambar-gambar saja pemandangan keindahan negeri atas awan, nah di Gunung Cikuray anda bisa melihatnya sendiri betapa indahnya negeri atas awan seperti yang ada didongeng. Gunung Cikuray dikenal dengan julukan “negeri di atas awan” karena ketika pagi menjelang, hamparan awan tebal mengelilingi puncak gunung yang sangat indah itu.

Untuk mencapai lokasi Gunung ini, anda harus menuju ke Kecamatan Cilawu, Kecamatan Cigedung, Kecamatan Cikajang atau Kecamatan Banjarwangi. Untuk terknya sendiri, anda bisa menempuh 3 terk utama yaitu jalur pendakian gunung Cikuray via Pemancar Cilawu, jalur pendakian gunung Cikuray via Bayongbong dan jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang.

Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Garut, trek pendakiannya lebih terjal apabila dibandingkan dengan trek pendakian gunung Papandayan. Puncak gunung Cikuray dapat ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu yang relatif singkat yaitu 4 – 6 jam.

Di akhir pekan atau hari libur, puncak gunung Cikuray selalu dipadati oleh pendaki dan pecinta alam dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka tertarik untuk mendaki gunung Cikuray karena alamnya bersahabat, treknya tidak terlalu panjang namun memiliki pesona keindahan yang luar biasa.

3. Tempat Wisata Gunung Guntur di Garut

 

Tempat wisata di Garut selanjutnya adalah Gunung Guntur. Wah kok serba gunung terus ya? Karena memang kabupaten Garut memiliki banyak Gunung yang tinggi menjulang ke langit. Gunung ini ada di sekitar Kecamatan Leles. Kalau dari arah Bandung berada sebelah kanan sebelum alun-alun Tarogong Garut. Guntur tidak terlalu jauh tetapi treknya sulit karena melewati jalur pasir. Berjalan dua langkah, bisa kembali satu langkah. Begitulah seterusnya sampai di puncak.

Gunung Guntur merupakan tempat wisata di Garut paling gersang, nyaris tidak ada tumbuhan di wilayah gunung yang satu ini. Oleh karena itu, jarang ada pendaki yang melakukan pendakian pada siang hari. Biasanya mereka melakukan pendakian pada sore hari atau malam hari.

Di kaki gunung Guntur terdapat air terjun atau sebutan masyarakat setempat yaitu Curug Citiis. Di tempat ini pengunjung bisa beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Guntur yang sangat indah. Puncak Gunung Guntur juaga menjadi salah satu tujuan utama orang berkunjung ke Garut, dengan keindahan dunia atas awannya membuat orang betah berlama-lama di puncak Gunung Guntur.

Dari puncak terlihat jelas Situ Bagendit, gunung Cikuray, objek wisata Cipanas Garut serta rumah-rumah penduduk dan pertokoan di kota Garut.

4. Tempat Wisata Situ Bagendit di Garut

 

Tempat wisata di Garut yang selanjutnya adalah situ Begendit. Pemandangan alam yang mempesona menjadikan situ ini banyak dikunjungi leh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Untuk mengunjunginya anda harus berjalan sekitar 30 menit dari pusat Kota Garut denga estimasi jarak sekitar 13 KM. Situ Begendit berada di Kecamatan Banyuresmi

Baagi wisatawan yang berkunjung ke Situ ini, anda bisa menikmati berbagai wahana seperti rakit bambu, sepeda air, canoe, memancing dan jet ski. Fasilitas tempat wisata di Garut ini lumayan lengkap serta memiliki daya tarik tersendiri sehingga tidak heran kalau situ Bagendit menjadi tujuan wisata keluarga paling menarik dan terkenal di Garut.

5. Tempat Wisata Situ dan Candi Cangkuang di Garut

Tempat wisata di Garut selanjutnya adalah danau kecil dengan nama Situ Cangkuang. Danau kecil nan indah ini juga merupakan salah satu destinasi wisata di Garut yang tidak boleh anda lewatkan.

Selain danau, anda juga bisa ke Candi yang konon katanya peninggalan umat Hindu. Adapun lokasi situ dan candi ini ada di Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut.

Situ Cangkuang dan Candi Cangkuang merupakan tempat wisata di Garut paling menarik yang tetap terpelihara hingga kini.

Sanga disayangkan jika anda lewatkan. Nama Cangkuang berasal dari nama desa di kecamatan Leles, Garut, yaitu desa Cangkuang. Sedangkan nama desa Cangkuang sendiri berasal dari nama sebuah pohon bernama pohon Cangkuang yang tumbuh di sekitar makam Embah Dalem Arif Muhammad.

6. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cipanas di Garut

 

Selanjutnya, untuk menenangkan fikiran dan menyegarkan tubuh setelah menjalani rutinitas pekerjaan, tentu tubuh kita membutuhkan relaksasi. Pemandian air panas Cipanas di Garut bisa menjadi satu pilihan yang tepat. Pemandian Cipanas ini menjadi salah satu tempat wisata di Garut yang populer dan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan di Garut.

Cipanas berlokasi tidak jauh dari alun-alun Tarogong, pemandian air panas Cipanas dapat ditempuh menggunakan angkot berwarna cokelat dari alun-alun Tarogong dalam beberapa menit saja dengan tarif Rp. 3.000,00.

Di Cipanas terdapat banyak penginapan dan hotel berbintang yang biasa dijadikan tempat pertemuan, diklat atau pelatihan.

Fasilitas pemandian air panas Cipanas sudah dilengkapi dengan permainan air modern seperti water boom dan sebagainya. Cipanas adalah tempat wisata di Garut yang sangat cocok dikunjungi oleh rombongan keluarga, perusahaan maupun anak sekolah.

Kalau akhir pekan atau hari libur, objek wisata Cipanas Garut selalu dipadati oleh pengunjung yang sengaja datang dari luar kota. Cipanas berada tidak jauh dari gunung Guntur, yaitu tepatnya berada di kaki gunung Guntur.

7. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Darajat di Garut

 

Selain Cipanas, di Garut juga ada Pemandian Darajat. Anda bisa menemukan penginapan dengan mudah dan murah disini.

Pemandian air panas Darajat berada di dataran tinggi, yaitu di wilayah kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Seperti diketahui bersama bahwa wilayah Samarang ini sering dijadikan tempat shuting FTV.

Dulu ketika saya berkunjung ke Darajat, di sana terdapat wahana outbond flying fox dengan tarif Rp. 10.000,00. Pemandangan alam di kawasan Darajat yang sangat indah telah menjadikannya sebagai tujuan wisata keluarga yang tidak kalah menarik dari tempat wisata di Garut lainnya.

8. Tempat Wisata Kawah Putih Talaga Bodas di Garut

 

Kawah putih ternyata tidak hanya ada di Bandung saja, ternyata juga ada di Garut. Talaga Bodas artinya danau putih. Kawah Putih Talaga Bodas merupakan tempat wisata di Garut yang memiliki keindahan alam sangat menarik dan memikat.

Baca juga 28 Tempat Wisata di Bandung yang Menarik Dikunjungi

Talaga Bodas adalah salah satu tempat wisata di Garut yang menawarkan pesona alam pegunungan, udara segar dan perbukitan hijau yang mempesona.

Di tempat wisata Garut ini, Anda dapat berendam air panas, sebab di Talaga Bodas tersedia sejumlah bak rendam air panas yang dapat Anda nikmati.

Air panas di Kawah Putih Talaga Bodas memiliki kadar belerang yang tinggi dan berkhasiat mengobati sejumlah penyakit seperti rematik dan memperlancar peredaran darah. Kawah Putih Talaga Bodas juga menjadi tujuan wisata keluarga paling menarik di Garut.

9. Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk di Garut

 

Anda suka yang menantang dan ekstrem, nah arung jeram di sungai Cimanuk harus anda coba. Adrenalin anda akan tertantang dengan olahraga ekstrem yang satu ini. Sungai Cimanuk adalah tempat wisata di Garut yang sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta olahraga alam bebas, penyuka arung jeram atau rafting.

Jeram-jeram sungai Cimanuk dan aliran air sungainya yang deras dapat mamacu adrenalin dan menghilangkan kejenuhan beraktifitas sehari-hari.

Panorama alam di sepanjang sungai Cimanuk sangat indah sehingga di samping melakukan kegiatan rafting yang mengasyikan, sobat dapat menikmati pemandangan alamnya yang tidak membosankan.

10. Tempat Wisata Tebing Alam Batu Tumpang di Garut

 

Anda pecinta panjat tebing. Ada satu spot yang harus anda taklukan di Garut. Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah Kecamatan Cikajang. Dapat ditempuh dari kota Garut sekitar 1 jam. Batu Tumbang akan ditemui saat menuju tempat wisata pantai Santolo di Pameungpeuk Garut Selatan.

Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah perkebunan, udaranya sejuk dan bebas polusi. Rumah-rumah warga berada tidak jauh di sekitar objek wisata Batu Tumpang. Pemandangan alam di sekitar Batu Tumpang hampir mirip dengan kawasan  wisata Puncak Bogor.

Di sekitar tempat wisata Batu Tumpang terdapat warung-warung warga sekitar yang menjual aneka makanan dengan harga standar. Di akhir pekan, para pecinta alam sengaja datang ke tempat ini untuk latihan olah raga panjat tebing.

Keunikan Batu Tumpang yaitu terdapat pada batu yang menumpang, karena itu pula tempat wisata di Garut yang satu ini dinamakan Batu Tumpang.

Kalau Anda hendak berwisata ke Pantai Santolo atau Pantai Sayang Heulang Pameungpeuk, cobalah singgah di tempat wisata menarik di Garut tempat menguji nyali para petualang sejati, tebing alam Batu Tumpang Cikajang.

11. Tempat Wisata Pantai Santolo di Garut

 

Tempat wisata pantai di Garut yang tidak boleh anda lewatkan adalah Pantai Santolo. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan bersih. Tidak heran kalau pantai ini dipadati oleh pengunjung dari berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara. Pantai Santolo atau pantai Cilauteureun berada di Kecamatan Cikelet Pameungpeuk Kabupaten Garut wilayah Selatan. Pantai Santolo merupakan tempat wisata pantai paling menarik dan populer di Garut.

Berada tidak jauh dari pantai Cilauteureun terdapat pulah kecil yang disebut pulau Santolo. Pulau Santolo dapat dijangkau menggunakan perahu tongkang dengan menyeberangi muara sungai sekitar 10 meter.

Di kawasan pantai Santolo juga terdapat banyak rumah makan yang menawarkan ikan bakar dan makanan laut (seafood) siap saji. Berlokasi tidak jauh dari pantai terdapat penginapan dengan tarif lumayan murah, yaitu sekitar Rp. 200.000,00 serta terdapat tempat peluncuran roket milik LAPAN.

12. Tempat Wisata Pantai Sayang Heulang di Garut

 

Pantai selanjutnya yang juga harus anda kunjungi adalah Pantai Sayang, pantai ini berada di wilayah Pameungpeuk, lokasinya tidak jauh dari pantai Santolo. Yaitu berjarak sekitar 87 km dari pusat kota Garut dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam perjalanan.

Pantai Sayang Heulang tidak kalah menarik dari Pantai Santolo maupun pantai Rancabuaya Bungbulang Garut.

Pasirnya yang bersih dan hamparan karang yang luas membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata Garut yang satu ini.

Di bibi pantai terdapat banyak pohon yang rindang, sehingga bisa dijadikan tempat berteduh sambil menyaksikan deburan ombak laut serta burung-burung terbang di atasnya.

13. Tempat Wisata Pantai Rancabuaya di Garut

 

Ternyata Garut masih punya pantai yang indah dan menarik untuk kita kunjungi. Pantai Rancabuaya adalah salah satu tempat wisata di Garut, tepatnya terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, kabupaten Garut, Jawa barat, Indonesia.

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu objek wisata pantai yang memiliki batu-batu karang besar. Objek wisata Garut ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang cukup besar.

Yang menarik dari pantai ini adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar, juga terdapat tebing batuan yang cukup tinggi dan yang istimewa dari pantai ini adalah adanya air terjun atau sering disebut Curug yang langsung menghadap ke pantai.

Hal lain yang menarik yaitu banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap di karang-karang yang terbawa oleh ombak. Pantai Rancabuaya merupakan tipe pantai berbatu karang sehingga kurang cocok untuk berenang.

14. Tempat Wisata Taman Satwa Cikembulan di Garut

 

Tempat wisata di Garut yang satu ini biasanya menjadi salah satu pilihan keluarga untuk bermain bersama fauna, apalagi anak-anak, pasti mereka suka. Taman satwa Cikembulan terletak di Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Letaknya berdekatan dengan objek wisata Situ Cangkuang Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut.

Taman Satwa Cikembulan merupakan taman satwa pertama dan satu-satunya di Garut. Taman Satwa Cikembulan adalah tempat wisata fauna di Garut yang dikelola oleh PT. Andis.

Tempat wisata fauna di Garut ini memiliki berbagai jenis species binatang seperti mamalia reptil, burung, serta kera.

Taman Satwa Cikembulan sangat cocok menjadi tujuan wisata edukatif bagi pelajar dan keluarga yang menyukai berkunjung ke kebun binatang.

Bagi wisatawan dari luar kota yang ingin beristirahat dan menikmati liburan di desa wisata Cikembulan, pengelola pun menyediakan fasilitas penginapan di sekitar taman satwa Cikembulan.

15. Tempat Wisata Curug Citiis di Garut

 

Tempat wisata alam di Garut yang menarik untuk dikunjungi adalah Curug Citiis. Curug Citiis merupakan air terjun yang terletak di kaki gunung Guntur. Curug Citiis dapat dijangkau dengan berjalan kaki maupun ikut menampang pada kendaraan pengangkut pasir.

Citiis artinya air dingin. Tidak heran kalau di Curug Citiis airnya sangat dingin karena sesuai namanya yaitu Citiis yang berada di wilayah pegunungan.

Curug Citiis memiliki pesona alam yang mempesona, di curug ini pengunjung bisa berendam atau mandi di bawah derasnya air curug.

Kalau di akhir pekan, tempat wisata di Garut ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun pendaki gunung Guntur yang sengaja istirahat atau singgah untuk membawa persediaan air minum di Curug Citiis.

16. Tempat Wisata Curug Orok di Garut

 

Selain curug Citiis, Garut juga memiliki air terjun lain yang lebih indah lagi, yaitu Curug Orok. Curug ini memiliki 2 curug, curug besar melambangkan sang ibu sedangkan curug kecil melambangkan bayi naas tersebut.

Objek wisata Curug Orok beroperasi mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.30 WIB. Anda bisa menghabiskan waktu dengan bermain air atau mandi di Curug orok.

Hmm, mandi-mandi di Curug Orog ini pasti bisa menjadi salah satu pilihan liburan yang menyenangkan dan tidak terlupakan, bagaimana kira-kira? Anda tertarik untuk mengunjungi air terjun nan eksotis dan asri ini?

17. Tempat Wisata Pantai Puncak Guha di Garut

 

Anda ingin menikmati keindahan panorama pantai yang menawan. Anda bisa menikmati keindahan sisi lain pantai dari tebing. Apabila anda ingin berkunjung ke Pantai Puncak Guha, bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup karena jarang ada pedagang di Pantai Puncak Guha.

Pantai yang eksotis dan menawan ini terletak di Sinarjaya, Bungbulang, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Rugi rasanya kalau anda dan keluarga melewatkan pemandangan indah disini.

18. Tempat Wisata Pantai Cijeruk Indah di Garut

 

Satu lagi pantai yang harus anda kunjungi di Garut adalah pantai Cijeruk Indah. Anda dapat mengunjungi bersama keluarga untuk mandi, bermain pasir dan lain sebagainya.

Pasrinya yang putih, bersih, alami dan airnya juga sangat jernih sangat cocok sekali untuk bermain di pantai ini.

Pantai yang indah ini berlokasi 108 km dari pusat kota Garut tepatnya di Desa Sagara, Kec Cibalong, Garut, Jawa Barat.

19. Tempat Wisata Pantai Karang Paranje di Garut

Tempat wisata di Garut yang terakhir yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Karang Paranjie. Pantai ini sangat cocok sekali untuk menikmati sunset yang indah. Adapun lokasi pantai ini ada di Kecamatan Cibalong, Garut.

Pantai Karang Paranje memiliki keunikan berupa adanya gugusan karang di sepanjang pantainya. Di pantai seluas kurang lebih 9 hektar ini anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

Karena belum tersentuh berbagai jenis pembangunan, Pantai Karang Paranje mempunyai tingkat kebisingan rendah, pandangan yang luas, tidak ada pencemaran, lingkungan yang asri, dan suasana yang damai dan tenang.

Tempat Wisata di Garut Lainnya

Berikut ini beberapa tambahan tempat wisata di Garut yang kami rangkum dari sumber lainnya:

20. Kampung Sampireun

Tempat wisata di Garut berikutnya adalah kampung sampireum yang merupakan tempat yang sangat cocok untuk anda pasangan pengantin baru.

Buat anda pasangan pengantin baru yang ingin bulan madu, maka kampung sampireun bisa anda jadikan pilian yang tepat. Kampung Sampireun Resort & Spa merupakan tempat bulan madu yang romantis, bahkan salah satu yang paling romantis di Indonesia. Resort ini berada di atas danau dengan nuansa Sunda yang kental. Suasana romantis akan menemani sepanjang hari selama Anda menghabiskan waktu di tempat ini.

Kampung Sampireun berada di Jl Raya Samarang Kamojang, Kampung Ciparay, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat. Tempat ini sangat cocok untuk pasangan pengantin baru yang akan menghabiskan waktu bersama. Berada di ketinggian 1.000 mdpl, sejuknya udara akan menyelimuti Anda berdua.

Di tempat ini tersedia sekitar 22 bungalow yang berlokasi di pinggir-pinggir danau. Dengan budget sekitar lebih dari satu jutaan rupiah, Anda bisa menghabiskan waktu bersama pasangan dan menikmati romantisme ala Sunda yang eksotis. Oya, tempat ini juga bagus buat acara family gathering atau outing perusahaan.

21. Sabda Alam Cipanas

Tempat wisata di Garut berikutnya adalah sebuah waterboom yang cocok untuk liburan keluarga terutama bersama anak-anak. Sabda Alam Cipanas merupakan waterboom dan taman permainan air panas di Garut yang cocok untuk anak-anak dan keluarga, yaitu waterboom Sabda Alam Cipanas.

luxury place resort

Waterboom ini berada di Jalan Cipanas Nomor 3, Garut, provinsi Jawa Barat. Harga tiket masuknya sekitar Rp.30.000,- per orang saat hari biasa, dan Rp. 40.000,- saat hari minggu dan libur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.

Berbagai fasilitas permainan bisa kita nikmati disini, seperti papan seluncur air, water ball sampai flying fox. Disini tersedia banyak permainan yang disesuaikan dengan usia pengunjung. Jadi, ada permainan yang memang untuk anak-anak dan ada pula permainan untuk orang dewasa. Hal ini membuat Water Boom Sabda Alam layak dijadikan tempat wisata keluarga dan anak di Garut.

22. Kawah Darajat Garut

Kawah Darajat mungkin tidak terlalu terkenal sebagai destinasi wisata. Kawah yang terletak di Desa Padawaas, Kec. Pasirwangi, Garut, Jawa Barat ini sebenarnya layak untuk kita jadikan sebagai tujuan untuk seru-seruan.

Dengan luas 40 Ha, kawah ini dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang dikelola oleh PT. Amoseas yang bekerjasama dengan PT. Pertamina, dan juga kepemilikan lahan oleh PT. Perhutani. Dikawasan ini sering digunakan tracking oleh para pengunjung yang ingin menikmati sekaligus meneliti kawah yang masih aktif ini. Selain pemandangannya yang alami, alasan lain pengunjung datang ke kawah darajat ini ialah pemandian air panas yang terletak di kawasan Darajat.

23. Curug Cimandi Racun

Tempat wisata di Garut berikutnya adalah sebuah air terjun yang bernama curug Cimandi racun atau juga dikenal dengan nama  Curug Cibuni Racun.

Air terjun Cimandi racun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan sumber air terjunnya berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi. Kawasan Curug Cibuni Racun memiliki sumber daya tarik lainnya berupa aktivitas menyaksikan alam melalui sebuah shelter yang terbangun dengan baik.

Lingkungannya cukup baik dengan bentang alam yang menyenangkan mata. Udaranya sejuk, suhu sekitar berkisar antara 23-25 derajat celcius. Dengan kondisi alam yang masih asri dan hijau, Anda bisa memperoleh kesegaran yang cukup untuk relaksasi tubuh yang lelah dari aktivitas di kota.

Curug Cibuni Racun masuk ke dalam salah satu tanah adat masyarakat Kampung Pasir Kunci dan Kampung Singkur. Luas kawasan desa mencapai 988.602 hektar. Dengan desa seluas itu, Anda bisa jalan-jalan untuk mengenal lingkungan lebih dekat.

24. Curug Sang Hyang Taraje

Kalau anda mencari tempat wisata di Garut yang eksotis maka air terjun Sang Hyang Taraje adalah salah satu pilihannya. Air terjun yang eksotis ini memiliki dua air terjun kembar dengan volume air yang cukup besar dan tinggi.tempat wisata di Garut

Bagi anda yang hendak mencapai air terjun ini, anda butuh perjuangan ekstra, lokasinya yang agak tersembunyi di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan.

Keindahan curug ini sudah tidak diragukan lagi, jadi jangan ragu untuk mengajak keluarga anda untuk liburan kesini.

25.  Kebun mawar situhapa Garut

 

Tempat wisata di Garut berikutnya merupakan sebuah taman yang indah yang terletak di  Jalan kamojang KM 5 kecamatan Samarang, Garut. Terletak dekat dengan kampung sampireun, sehingga akan mudah untuk ditemukan.

Untuk mencapai taman ini anda bisa menggunakan kendaraan umum dari kota Garut, anda bisa menggunakan angkot Garut-samarang sampai dengan pertigaan Kamojang (kampung sampireun) dan dari sana menggunakan ojek menuju ke lokasi.

Meskipun berada di kawasan penginapan, anda tidak harus menginap untuk menikmati keindahan kebun mawar ini, anda cukup membayar tiket sebesar 15 ribu saja, maka anda bisa menikmati indahnya taman di kebun mawar ini.

26. Kawah Kamojang

 

Selanjutnya, anda bisa mengunjungi sebuah kawah yang berada di  Samarang. Samarang merupakan sebuah kecamatan yang ada di Garut. Di kawasan ini banyak sekali sumber uap panas alami sehingga dimanfaatkan sebagai PLTU.

Uap panas yang berada di kawasan ini tidak cuma bisa digunakan untuk sumber energi serta area wisata. Namun juga bisa untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit. Ada beberapa titik panas yang bisa kita lihat di Kamojang ini

Kawah Kamojang bisa anda jadikan sebagai alternatif tempat wisata di Garut bersama teman-teman.

27. Pantai Cicalobak

 

Pantai Cicalobak merupakan salah satu Pantai di Garut  yang menarik untuk kita kunjungi, Pantai ini jauh berbeda dengan Pantai Santolo yang memiliki pasir putih. Pantai Cicalobak ini termasuk pantai yang unik.tempat wisata di Garut

Saat pantai-pantai lain berlomba menawarkan keindahan melalui pasir putihnnya, pantai ini hadir dengan batu-batu karang halus Batu-batu karang tersebut menjadi tempat yang sangat asik untuk duduk-duduk dan menikmati suasana.

Asalkan, kita datang kesana saat matahari sudah tidak terlalu terik. Lokasi pantai ini berada di jalur Trans Jabar selatan diantara jalur Pameungpeuk dan Rancabuaya

28. Pantai Taman Manalusu

 

Berikutnya, anda juga bisa menjadikan pantai taman manalusu sebagai destinasi wisata di Garut bersama keluarga tercinta. Pantai ini termasuk pantai yang anti mainstream di Garut sehingga tidak banyak orang yang datang ke pantai ini.

Pantai ini memang tidak memiliki pasir putih seperti Pantai Santolo. Namun, suasana hening dan natural yang ada di pantai ini akan membuat kita kerasan.

Lokasi pantai ini terletak di daerah Cikelet, tepatnya di Desa Cigadog Kec.Cikelet.

29. Perkebunan Teh Dayeuh Manggung

 

Tempat wisata di Garut yang terakhir dari kami adalah sebuah kebun teh yang indah dan asri, kebun teh Dayeuh Manggung yang terletak di Desa Subatan Kecamatan Cilawu berjarak sekitar 6 km dari Ibukota kecamatan dan 15 km dan dari Ibukota Garut.tempat wisata di Garut

Sepanjang mata memandang, anda akan melihat hamparan menghijau kebun teh dan sangat menyejukkan. Bagi anda yang ingin menikmati suasana yang menenangkan, maka perkebunan teh ini bisa anda jadikan sebagai destinasi liburan, apalagi kalau anda menyukai fotografi atau menjadi objek foto, kebun teh ini merupakan spot yang tepat untuk ber selfie atau wefie ria.

Bagaimana? Indah-indah sekali bukan? Sangat pantas kalau Garut dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata keluarga anda selanjutnya. Selama ini mungkin anda menghabiskan banyak waktu di Mall atau pusat perbelanjaan, nah kini saatnya kita jalan ke alam, karena ternyata di alam lebih seru dan kita bisa menemukan sesuatu yang baru dan mungkin belum pernah kita temui sebelumnya.

Itulah 29 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Paling Populer yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan wisata ke Garut untuk anda dan keluarga. Jangan lupa juga untuk membagikan panduan wisata ke Garut ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tertarik dan tahu spot-spot menarik di Garut yang layak untuk dikunjungi. Jangan lewatkan juga 31 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi

loading...

8 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!