Objek Wisata Alam Goa Gong di Pacitan Jawa Timur

Goa Gong Pacitan – Pacitan memang menjadi salah satu kota yang cukup terkenal sekali memiliki goa – goa indah, bahkan sangking indahnya wisata goa di Pacitan tersebut populer se Asia Tenggara, salah satunya adalah goa gong ini. Keindahan goa gong di Pacitan tersebut awalnya berumber dari panorama indah stalaktit dan stalagmite yang bisa Anda temukan ketika menyusuri goa tersebut kurang lebih selama 2 jam.

Goa gong Pacitan

Goa gong Pacitan

Jika dilihat secara administrative goa gong ini ada di kecamatan Punung, yang hanya berjarak sekitar 37 km dari pusat kota. Menariknya lagi, objek wisata goa gong Pacitan ini dikelilingi oleh pegunungan, sehingga hal ini semakin menjadikan pemandangan alam di sekitar goa gong tampak begitu alami, dengan hawa sejuk yang pastinya sangat menyegarkan.

Goa gong Pacitan ini mempunyai kedalaman goa hingga 256 meter dan mempunyai keindahan stalakmit dan stalaktit yang sudah berusia hingga ratusan tahun. Gua tersebut muncul sebagai akibat aktifitas vulkanik dan juga gerakan termik yang berlangsung ribuan tahun silam. Namun, tak hanya menyugukan keindahan saja, di tempat wisata Pacitan satu ini ternyata juga menyimpan misteri.

Suasana dalam Goa Gong Pacitan

Suasana dalam Goa Gong Pacitan

Misteri Dibalik Keindahan Goa Gong Pacitan

Apabila Anda memang ingin menyaksikan keindahan goa gong yang ada di Pacitan ini, Anda bisa masuk ke dalamnya dengan membayar tiket masuk goa gong terlebih dulu sebesar Rp 5 ribu per orang. Stalaktit dan juga stalagmite yang ada di goa gong ini sangat unik sekali, sebab akan alami pertumbuhan memanjang lewat proses alamiah akibat dari reaksi oksidasi atau pun reaksi kimia antara udara dan air.

Pada saat Anda mengunjungi wisata goa gong di Pacitan, nanti Anda akan diajak untuk menyusuri sebuah tangga dan menyaksikan berbagai pemandangan gong cave shawl grapery, rekahan endapan kalsium, dan juga tetesan air yang berada di ujung – ujung goa yang membentuk danau kecil.

Tak hanya itu saja, pilar – pilar stalagmite yang menjulang tinggi dan tampak bertumpuk tersebut, mampu suguhkan panorama ukiran bebatuan yang hidup bersamaan dengan tetesan air yang tidak akan pernah kering. Di sini Anda juga tak perlu khawatir akan gelap pada saat menyusuri kedalam goa tersebut, sebab di bagian – bagian goa nya sudah dilengkapi dengan lampu yang berwarna – warni yang semakin menambah indah goa gong di Pacitan.

Akan tetapi perlu diingat, bahwa pada saat menyusuri goa terssebut lebih baik untuk tetap hati – hati sebab genangan air yang mentes dari stalakmit jadikan lantainya cukup licin, sehingga Anda akan mudah terpeleset bila tidak hati – hati saat melangkah.

Berdasarkan kisah warga setempat, goa gong ini tak hanya menyimpan keindahan yang sangat luar biasa, akan tetapi juga menyimpan misteri. Yang mana dinamakan goa gong sebab warga setempat sering sekali mendengar suara gema tabuhan seperti halnya suara gong yang asalnya dari dalam goa.

Gong ini sendiri merupakan satu alat music dalam kesenian gamelan Jawa. Suara gong di dalam goa gong tersebut adalah hasil dari pantulan suara tetesan air alam goa yang menimpa batu stalaktit dan stalagmite yang ada di goa tersebut.

Lokasi Gua Gong Pacitan

Untuk anda yang tertarik liburan ke Goa Gong Pacintan ini, silahkan datang saja ke Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasinya berjarak sekitar 37 km saja dari pusat kota Pacitan ke ke arah barat (arah Wonogiri).

Rute Menuju Ke Lokasi

Untuk bisa sampai ke Goa Gong Pacitan ini, ada beberapa rute yang bisa anda tempat. Nah, anda bisa menempuh 3 rute yakni dari Ponorogo, Wonogiri dan Trenggalek, silahkan ikuti rute jalannya berikut ini:

  • Dari Yogyakarta – Nah untuk wisatawan yang datang dari Jogja anda bisa menempuh rute Yogyakarta menuju Gunung Kidul. Dari Gunung Kidul perjalanan dilanjutkan ke arah Wonogiri (Pracimantoro) terus hingga Pacitan. Petunjuk arah menuju Gua Gong dapat anda temui sebelum memasuki Kota Pacitan.
  • Dari Solo – Sementara untuk anda yang datang dari Solo, silahkan anda ambil jalan menuju Wonogiri (Baturetno), dilanjutkan sampai Pacitan. Sama dengan perjalanan dari Yogyakarta, petunjuk menuju Gua Gong anda temui di sebelah kanan sebelum masuk Pacitan.
  • Dari Surabaya dan sekitarnya – Untuk anda yang datang dari Surabaya dan sekitaranya, silahkan anda pilih rute menuju ke arah Nganjuk sampai Madiun. Dari sini lanjutkan ke Ponorogo terus hingga Pacitan. Untuk mencapai Gua Gong, lanjutkan perjalanan keluar Pacitan menuju Wonogiri. Plang jalan menuju Gua Gong dapat anda temukan di sebelah kiri jalan. Selain melalui Madiun, anda yang berasal dari Surabaya dapat juga menggunakan rute melalui Kediri dan Trenggalek. Rute ini memang memakan waktu yang lebih panjang, namun sebelum memasuki Pacitan anda akan melalui jalan dengan keindahan pantai di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Goa Gong

Setelah sampai di loket tempat pembelian tiket goa Gong Pacitan ini, anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang, anda dapat dengan bebas menjelajahi pesona Gua Gong.

Untuk anda yang ingin menyewa senter, anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5000, senter ini sembagai penerangan tambahan di dalam gua, ataupun menyewa guide jika perlu (Rp 30.000). Selain itu anda hanya harus mengeluarkan ongkos untuk biaya parkir kendaraan.

Fasilitas Goa Gong Pacitan

Objek wisata alam di Pacitan ini terbilang sudah sangat lengkap dan memadai. Disini sudah tersedia lahan parkir yang luas, mushola, toilet dapat dengan mudah anda temukan di kawasan ini. Warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman serta souvenir khas pun banyak tersebar di area wisata Gua Gong.

Saat perut sudah mulai lapar, anda bisa membeli makanan, minuman di sekitar Goa. SElain itu, anda juga bisa membawa pulang souvenir foto goa atau lukisan wajah yang dapat Anda bawa pulang sebagai cinderamata. Umumnya harga yang ditawarkan untuk souvenir ini berkisar dari Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu per item.

Jika Anda ingin membeli kaos atau cinderamata lainnya, Anda dapat menemukannya pada stand-stand di arah keluar Goa Gong Pacitan. Harga yang ditawarkan cukup variatif, secara umum masih dapat terjangkau.

Keindahan Objek Wisata Goa Gong Pacitan

Goa yang disebut-sebut sebagai goa yang terindah se-Asia Tenggara ini mengalami pertambahan panjang stalaktit dan stalakit di goa ini berkisar antara 0.1 hingga 0.13 mm per tahun.

Keindahan Goa Gong Pacitan

Keindahan Goa Gong Pacitan

Di dalam goa nanti anda akan diajak untuk menyusuri anak tangga, naik dan turun. Selama perjalanan di dalam goa anda akan disuguhkan oleh indahnya pemandangan gong cave, shawl drappery (stalaktit yang meneteskan air), rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk laksana danau kecil.

Kemegahana stalagmit yang tinggi menjulang ini terlihat saling bertumpuk satu sama lain. Anda akan merasa sedang menyaksikan ukiran alam yang hidup ditambah lagi tetesan air yang tak pernah kering.

Selain keindahan alam, pengelola juga melengkapi setiap sudut goa dengan lampu-lampu yang indah, karena perpaduan lampu warna-warni di goa gong ini sangat indah menambah eksotisme selama di dalam goa gong.

Bagi siapa saja yang datang berkunjung ke goa ini, diharapkan agar selalu waspada dan memperhatian langkah kaki mereka karena anda akan melewati anak tangga atau jalanan yang basah. Lantai yang basah akibat tetesan air dari stalagmit ini bisa membuat anda terpeleset jika tidak berhati-hati.

Tangga di dalam Goa Gong

Tangga di dalam Goa Gong

Hotel Dan Penginapan

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas bahwa goa gong sudah terkelola dengan baik, dan lengkap dengna berbagai fasiltias pendukungnya. Salah satu fasiltias pendukung yang tidak kalah pentingnya adalah tempat menginap.

Untuk wisatawan yang daang dari lokasi yang jauh anda bisa mencari tempat menginap di sekitar lokasi Goa ini. Ada banyak hotel maupaun tempat pengeinapan yang bisa anda jadikan tempat bermalam. Beberapa hotel atau tempat penginapan yang bisa anda singgahi seperti:

  • Rifqi Guest House, Jl. Raya Solo Pacitan, Dusun Krajan Tengah, Kec. Punung, Pacitan, Jawa Timur. Telp.: 0821-4787-8480
  • Srikandi Hotel, Jl. A Yani 67A, Pacitan, Jawa Timur. Telp. : +62 357 881252
  • Alloro Guest House, Jl. Kumar Umar No. 12, Baleharjo, Pacitan, Jawa Timur. Telp.: (0357) 886690

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang keindahan goa gong Pacitan. Semoga saja bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jangan lewatkan juga: 28 Tempat Wisata Seru di Magetan Jawa Timur Paling Hits

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!