28 Daftar Objek Wisata Seru di Magetan Jawa Timur Paling Hits

Tempat Wisata di Magetan – Magetan merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak potensi tempat liburan yang menarik untuk dikunjungi. Kabupaten Magetan terkenal memiliki banyak hasil home industri mulai dari kerajinan kulit (untuk alas kaki dan tas), anyaman bambu, rengginang, dan produksi jeruk pamelo (jeruk bali) serta kerupuk lempengnya yang terbuat dari nasi.

Jadi, tidak hanya Magetan tidak hanya terkenal dengan objek wisatanya saja, tetapi juga memiliki banyak kuliner lezat yang siap mengganjal lapar perut kita. Sebelum kita lebih jaauh membahas tempat wisata di Magetan, ada baiknya kalau kita berkenalan terelebih dahulu dengan Kabupaten yang memiliki 18 kecamatan ini.

Kabupaten Magelang berbatasan dengan Utara: Kabupaten Ngawi. Timur: Kabupaten Madiun, Kota Madiun. Selatan: Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah). Barat: Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah).

Setelah kita berkenalan dengan seluk beluk Kabupaten ini, sekarang mari kita kupas tuntan tempat wisata di Magetan yang sayang untuk dilewatkan saat sedang liburan.

Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur

Berikut ini Tempat Wisata Seru merangkum tempat wisata di Magetan Jawa Timur yang wajib dikunjungi saat liburan:

1. Objek Wisata Air terjun Tirtasari

Tempat wisata di Magetan yang pertama adalah air terjun tirtasari yang merupakan objek wisata paling terkenal di Magetan.

Air terjun ini harus masuk dalam daftar tempat liburan yang akan anda kunjungi di Magetan. Sangat sayang rasanya kalau sampai tidak mengunjungi air terjun ini.

Objek Wisata Air terjun Tirtasari

Objek Wisata Air terjun Tirtasari

Objek wisata air terjun tirtasari ini menawarkan keindahan suasana pegunungan yang khas dan sejuk. Lokasi air terjun tirtasari ini ada di Lereng Gunung Lawu. Air terjun yang langsung bersumber dari mata air pegunungan ini memiliki air yang sejuk dan jernih.

Anda pasti akan betah berlama-lama disini sambil menikmati pemandangan yang masih asri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan bertingkat-tingkat menyerupai tangga.

Untuk mencapai air terjun tirtasari ini sangat mudah dan akses jalan juga sudah cukup baik. Sehingga tidak hran kenapa air terjun ini selalu ramai oleh wisatawan, baik hari biasa apalagi ketika hari libur atau akhir pekan.

Selain air terjun yang seru untuk mandi-mandi, disini juga terdapat tempat penyewaan kuda yang bisa kita bawa berkeliling. Wah, pasti tambah seru bukan?

Untuk bisa masuk dan menikmati sensasi liburan di alam Magetan ini, wisatawan hanya membayar sekitar Rp.9000an saja. Wah murah sekali ya.

Liburan kita pasti jadi lebih menyenangkan kalau bisa membawa keluarga tercinta atau pasangan kesini.

Tunggu apalagi guys, yuk kita ngebolang ke air terjun tirtasari ini. Lokasi air terjun tirtasari ini ada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

2. Wisata Keluarga di Taman Ria Maospati

Selanjutnya, anda bisa menikmati liburan seru di taman ria maospati yang memiliki fasilitas penunjang rekreasi yang cukup lengkap. Taman ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul keluarga sambil menikmati kuliner, baik yang dibawa dari rumah atau yang di sekitar lokasi taman.

Wisata Keluarga di Taman Ria Maospati

Wisata Keluarga di Taman Ria Maospati

Beberapa fasiltias disini mulai dari tempat bermain anak lengkap dengan wahana permainan. Ada juga Kolam renang, Kursi taman yang elok dan yang lainnya.

Taman yang sangat asri, hijau alami serta sejuk ini pasti akan membuat siapa saja yang datang betah berlama-lama sembari menyegarkan kembali tubuhnya yang lelah karena aktivitas selama sepekan ini.

Taman ini sangat cocok untuk anda yang ingin liburan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta sembali mencari ketenangan dan refreshing.

Taman ini juga dijadikan tempat nongkrong di Magetan oleh anak-anak mudahnya. Selain itu, taman ini juga sering mangadakan acara konser musik, lelang kendaraan bekas, dan jajanan makanan Khas. Rugi rasanya kalau kita tidak mampir kesini.

Taman Maospati ini berada di Desa Pandean, Kecamatan Maospati, Magetan Jawa Timur. Lokasinya yang ada di pinggir jalan Raya membuat objek wisata yang satu ini selalu ramai oleh wisatawan.

3. Liburan Seru di Alun-alun Magetan

Tempat liburan di Magetan selanjutnya adalah alun-alun Magelang. Alun-alun Magelang ini bisa anda jadikan tempat liburan bersama keluarga atau pasangan tercinta.

Liburan Seru di Alun-alun Magetan

Liburan Seru di Alun-alun Magetan

Alun-Alun Magelang ini terletak tepat di tengah Kota Magelang, sehingga menjadi salah satu tempat berkumpul warga dan anak-anak mudah menghabiskan waktu bersama.

Alun-alun ini memiliki suasana yang sejuk dan udara yang segar karena pepohonan rimbun yang tumbuh di dalam taman ini.

Di lokasi taman juga tersedia Pujasera yang menjajakan berbagai jenis menu makanan. Anda bisa wisata kuliner lamongan di tempat ini. Bisa anda nikmati sembari menikmati suasana di alun-alun Kota yang satu ini. jadi tunggu apalagi guys. Ayo berwisata malam di Lamongan yang indah ini.

4. Wisata Pemandian Banyu Biru 

Tempat wisata di Magetan selanjutnya adalah pemandian banyu biru. Banyu biru sendiri kalau dalam bahasa Indonesia artinya air biru. Dinamakan demikian karena memang, pemandian ini memiliki air yang sangat jernih plus keramik berwarna biru sehingga airnya tampak jernih dan biru.

Wisata Pemandian Banyu Biru

Wisata Pemandian Banyu Biru

Pemandian ini sangat cocok untuk anda yang ingin “jeguran” dengan suasana alam yang asri. Letak pemandian ini ada di tengah-tengah perbukitan hijau yang asri.

Karena terletak di kawasan pegunungan membuat udara di sekitarnya sangat adem dan nyaman. Lokasi pemandian banyu biru ini ada di Jl. Raya Magetan – Maospati, No. 5 Tinap, Sukomoro, Magetan

Selain tempat mandi, disini juga ada fasilitas berupa tempat olahraga, pemancingan, taman bermain anak-anak, pemutaran film, bahkan ada beberapa koleksi hewan.

Untuk bisa menikmati keseruan liburan di pemandian banyu biru ini wisatawan hanya membayar tiket masuk Rpp. 5.000, (dapat berubah ketiak hari libur). Silahkan datang saja kesini mulai dari jam 06.00 – 17.00 WIB.

5. Pesona Telaga Sarangan yang memikau

Nah, ini dia tempat wisata di Magetan yang paling terkenal dan wajib anda kunjungi, yaitu telaga sarangan.

Telaga sarangan ini memiliki keindahan yang memukau siapa saja yang datang ke Magetan atau untuk warga asli Magetan sendiri.

Pesona Telaga Sarangan yang memikau

Pesona Telaga Sarangan yang memikau

Telaga sarangan yang cantik ini terletak di kaki gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Dari pusat kota Magetan hanya berjarak sekitar 16 Km saja.

Suasana pegunungan yang asri membuat telaga ini begitu eksotis dan sangat indah. Telaga sarangan ini memiliki luas sekitar 30 Hektar dengan kedalaman sekitar 28 meter.

Untuk informasi kepada yang ingin mengunjungi telaga ini, disini anda bisa menikmati berbagai fasilitas seperti pasar wisata, taman, area bermain, area parkir, rumah makan, camping area, dan speed boat.

Selain dari fasilitas tersebut, disini anda juga bisa mencoba sensasi berkuda mengitari telaga ini. Wah, ada banyak sekali faslitasnya ya. Telaga sarangan ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Magetan yang akan anda kunjungi.

Bagi wisatawan yang ingin liburan di telaga ini hanya membayar tiket masuk 10,000 rupiah saja. Sedangkan biaya masuk kendaraan sebesar 5,000 rupiah untuk mobil dan 2,500 untuk sepeda motor.

Biaya parkir di dalam obyek wisata sebesar 1,500 untuk mobil dan 1,000 rupiah untuk sepeda motor.

Bagaimana? Anda pasti sudah tidak sabar lagi untuk liburan ke telaga ini bukan?

6. Kampoeng Pinus Sarangan

Selain telaga sarangan, anda juga bisa menjadikan kampoeng pinus sarangan sebagai tempat liburan bersama orang tercinta.

Kampoeng Pinus Sarangan

Kampoeng Pinus Sarangan

Disini wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai fasilitas dan sarana pendukung mulai dari bermain ATV, outbound, paintball, flying fox, downhill, dan masih banyak wahana menarik lainnya. Salah satu wahana favorit yakni area outbound.

Kampoeng pinus sarangan ini menjadi salah satu destinasi liburan di Magetan yang layak untuk anda kunjungi, apalagi suasana alami disini masih terjaga dengan baik. Anda akan melihat pohon pinus yang menjulang tinggi dan semua bangunan yang terbuat dari bahan bambu membuat tempat wisata ini sangat natural.

Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat sejuk dan asri, maka udara sejuk Kampoeng Pinus Sarangan mungkin akan membuat liburan anda lebih bermakna.

Lokasi kampoeng pinus sarangan ini ada di Jl. Ngroto Sarangan, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63361

7. Keeksotisan Air Terjun Pundak Kiwo

Tempat wisata di Magetan selanjutnya adalah air terjun pundak Kiwo yang terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Keeksotisan Air Terjun Pundak Kiwo

Keeksotisan Air Terjun Pundak Kiwoc

Air terjun yang memiliki ketinggia 45 meter ini terkelola dengan baik sehingga bisa anda andalkan untuk tempat liburan bersama keluarga atau pasangan tercinta.

Sarana dan fasilitas di air terjun ini juga sudah sangat terkelola dengan baik, dimana terdapat tempat parkir, Gubug gazebo yang bisa anda gunakan untuk santai dan Toilet.

Untuk bisa menikmati sensasi liburan di air terjun puncak kiwo ini, wisatawan harus membayar tiket masuk Rp. 3000an saja.

8. Objek Wisata Air Terjun Jarakan

Tempat wisata di Magetan selanjutny adalah air terjun Jarakan yang ada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Objek Wisata Air Terjun Jarakan

Objek Wisata Air Terjun Jarakan

Air terjun ini dikelola dengan baik oleh pemkab Magetan. Sehingga objek wisata air terjun jarakan ini terkelola cukup baik. Selain terkelola, air terjun ini juga memiliki keindahan yang luar biasa, udara yang sejuk, serta rimbunnya pepohonan yang akan membuat pikiran kita menjadi rileks kembali.

Air terjun Jarakan ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Dan di bawahnya terdapat kolam kecil yang seru buat basah-basahan.

Kolam kecil ini memiliki pasir mas (pasir berarti pasir dan mas berarti emas). Pasir mas adalah kolam kecil, kolam ini akan memantulkan cahaya kuning keemasan saat diterangi oleh sinar matahari.

Bagi wisatawan yang tertarik liburan ke air terjun ini, anda bisa mengendarai mobil atau sepeda motor, namun nan setelah anda berjalan dan sampai di jalan makadam, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki melewati. Jarak antara  lokasi air terjun dengan hutan pinus adalah sekitar kurang lebih 2 km dengan kondisi jalan yang terjal dan curam. Di sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Jarakan pengunjung akan menjumpai air terjun lain yaitu Air Terjun Watu Ondo dan Air Terjun Pundak Kiwo. Selain itu juga terdapat satu sendang yang bernama Banyumas dan sebuah petilasan yang dinamakan Watu Ongko.

Wisatawan tidak akan dikenakan biaya masuk, hanya membayar biaya parkir saja. Dan sebagai catatan juga sebaiknya anda membawa perbekalan dari rumah, baik makanan juga minuman.

Meskipun agak terpencil, air terjun jarakan sudah memiliki beberapa fasiltias penunjang seperti:

– Gazebo

Menempuh perjalanan dengan jarak yang lumayan jauh tentunya akan terasa melelahkan, nah sesampainya di sana anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa gazebo yang sudah dibangun untuk para pengunjung bersantai, duduk-duduk melihat pemandangan sekitar sembari menikmati bekal makanan dan minuman yang anda bawa dari rumah.

– Toilet umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah tersedia di kawasan Air Terjun Jarakan, jadi bagi anda yang ingin menggunakan kamar mandi tidak perlu lagi harus mencari karena di tempat ini telah ada dua buah toilet yang bisa anda gunakan.

– Tempat Parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil maupun motor bisa langsung menitipkan kendaraan anda di lahan parkir yang telah disediakan. Tempat parkir di sana lumayan memadai dan bisa menampung banyak kendaraan. Biaya parkirnya pun sangat murah.

Bagaimana? Anda tertarik liburan seru kesini? Tunggu apalgi, yuk segera ngebolang di air terjun jarakan.

9. Menikmati Keindahan Telaga Wahyu di Magetan

Satu lagi telaga indah di Magetan yang layak untuk kita jadikan tempat liburan yaitu telaga wahyu yang terletak di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, jawa timur.

Menikmati Keindahan Telaga Wahyu di Magetan

Menikmati Keindahan Telaga Wahyu di Magetan

Telaga ini terletak 2 km ke arah timur dari sarangan. Selain telaga wahyu, telaga ini juga sering disebut sebagai telaga wurung.

Telaga wurung atau wahyu ini merupakan salah satu spot berfoto paling kekinian yang sayang untuk anda lewatkan.

Bagi anda yang doyan memancing, disini juga terdapat banyak spot memancing yang bisa anda jadikan pelampiasan hobi anda.

Telaga ini juga sering dijadikan tempat untuk berkemah, karena memang alamnya yang sangat indah dan udaranya sangat sejuk.

Telaga wahyu ini memiliki luas sekitar 10 hektar dan kedalaman 16 meter sangat cocok untuk rekreasi bareng keluarga. Karena udara yang masih segar.

Untuk menunjang rekrasi wisatawan yang datang, dibuatlah beberapa sarana dan fasilitas seperti becak air,warung makan,gazebo, kamar mandi, dan tempat parkir yang cukup luas. Jangan ragu datang ke tempat ini untuk berkemah bersama keluarga anda.

10. Objek Wisata keluarga Cemoro sewu

Objek wisata di Magetan selanjutnya adalah cemoro sewu yang terletak di antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Cemoro dalam bahasa Indonesia artinya cemara. Hutan cemara yang lebat di Cmeoro sewo menjadikan tempat rekreasi ini begitu digemari karena udaranya sangat sejuk dan melenakan.

Objek Wisata keluarga Cemoro sewu

Objek Wisata keluarga Cemoro sewu

Lokasi cemoro sewu ini ada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan,Magetan, Jawa Timur. Disini anda juga bisa memetik buah strawberry yang masih segar langsung dari kebun strawberry. Wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 5000- Rp 25.000 untuk bisa memetik strawberry tergantung jumlah akan kita ambil.

Selain memetik strawberry, di cemoro sewu wisatawan juga akan disuguhkan dengan berbagai kuliner lezat di stand makanan di dalamnya.

Berbagai kuliner lezat bisa anda nikmati disini. Kuliner andalan disini seperti sate kelinci dan jagung bakar. Jadi sayang sekali jika anda datang di tempat ini tanpa menyantap makanan ini.

Cemoro sewo selalu ramai oleh pengunjung, baik hari biasa apalagi ketika hari libur tiba. Bagaimana? Apa anda akan melwatkan pengalaman liburan seri cemoro sewu ini?

11. JT Sarangan dengan Panorama Kece Badai

Jalan tembus yang berada di perbatasan Magetan dan Karanganyar menjadi tempat wisata selanjutnya. Jalan tembus ini belakangan menjadi viral karena pemandangan alam di sekitarnya yang menakjubkan.

JT Sarangan dengan Panorama Kece Badai

JT Sarangan dengan Panorama Kece Badai

Selain pemandangannya yang memukau, di Jalan Tembus ini juga menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Magetan yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa mencoba berbagai kuliner lezat di warung-warung di pinggir jalan tembus ini.

Wisatawan yang datang biasanya akan mengabadikan momen disini kemudian di upload ke akun medsosnya. Jadi, jangan lupa foto-foto ya.

12. Wisata Sejarah Pemandian Dewi Sri

Tempat wisata di Magetan selanjutnya adalah pemandian dewi sri. Pemandian dwi sri ini juga sering disebut dengan candi Simbatan. Disini terdapat beberapa penemuan arkeologi seperti miniatur rumah ( sandung ) 7 buah, Palung batu 1 buah, fragmen arca 7 buah, sumur kuno 1 buah, fragmen yoni 1 buah, lumbung baru 4 buah dan fragmen kemuncak 1 buah.

Wisata Sejarah Pemandian Dewi Sri

Wisata Sejarah Pemandian Dewi Sri

Jadi, buat anda yang memiliki minat mengenal sejarah lebih dalam maka wisata sejarah di tuban ini kami rekomendasikan untuk anda kenali lebih lanjut.

Lokasi pemandian dewi sri ini ada di Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan Jawa Timur.

13. Bumi Perkemahan Mojosemi

Selanjutnya, bagi anda pecinta alam bisa mengunjungi bumi sebagai tempat ngebolang. Buper Mojosemi ini bisa anda jadikan tempat berpetualang sambil menikmati keindahan alam Magetan. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati wahana flying fox dan spiderman.

Bumi Perkemahan Mojosemi

Bumi Perkemahan Mojosemi

Untuk anda yang tertarik kesini, silahkan datang saja ke wilayah Perhutani Lawu Selatan. Dimana lokasi buper ini berjarak 2 km saja dari Telaga Sarangan.

14. Sungai Gandong Magetan

Anda suka basah-basahan? Nah, sungai gondong ini bisa masuk dalam tempat kunjungi di Magetan anda selanjutnya.

Sungai Gandong Magetan

Sungai Gandong Magetan

Kali gondong ini terletak di lereng Gunung Lawu ini lokasinya tidak begitu sulit, namun anda perlu berhati hati karena untuk sampai ke tujuan anda akan melewati jalan setapak. Yang menarik dari Sungai Gandong ini adalah airnya yang begitu jernih dan tenang untuk diselami.

Sungai ini sangat cocok untuk mandi-mandi. Bebatuan di sepanjang sungai juga sangat instagrameble untuk foto-foto.

15. Pendakian Gunung Lawu

Bagi anda yang suka mendaki gunung. Tidak ada salahnya untuk menaklukkan gunung lawu. Gunung lawu yang terletak di tengah-tengah antara Porvinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini memiliki puncak tertinggi yang menarik wisatawan untuk ditaklukkan.

Pendakian Gunung Lawu

Pendakian Gunung Lawu

Wisatawan yang tertarik untuk mendaki bisa melalui 2 jalur. Pertama yaitu jalur Cemorokandang di Tawangmangu atau Cemorosewu di Sarangan. Selain cerita mistis yang menyebar mengenai Gunung Lawu.

Di puncak gunung lawu ini terdapat warung makan yang siap mengganjal lapar dan dahaga anda. Wah, bagaimana cara mereka membawa barang dagangannya ke atas ya?

16. Gunung Bungkuk

Selain gunung lawu, anda juga bisa menaklukkan gunung Gunung Bungkuk. Gunung ini terletak di desa Mategal kecamatan Parang kabupaten Magetan. Gunung ini tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk pendaki pemula.

17. Gunung Kukusan

Selanjutnya, anda juga bisa mencoba sensasi mendaki gunung kukusan yang ada di Poncol desa geni langit.

Lokas gunung ini cukup jauh dari pusat Kota Magetan. Untuk menuju ke lokasi wisatawan bisa menggunakan sepeda motor atau mobil bak. Akses jalannya bisa dari Kota magetan -Parang-Ngaglik-Poncol-geni langit atau Magetan-Plaosan-Poncol-Geni Langit.

18. Taman Ria Manunggal Magetan

Tempat wisata di Magetan selanjutnya adalah taman ria manunggal yang terletak persis di depan gedung DPRD Magetan. Lokasinya hanya berjarak 1 km dari kota Magetan.

Taman Ria Manunggal Magetan

Taman Ria Manunggal Magetan

Disini terdapat tempat bermain anak-anak, kolam renang dan rumah makan yang menjual makanan khas magetan.

Berbagai fasilitas penunjang juga ada di tempat ini mulai dari tempat parkir yang luas, warung makan dan tempat ibadah. Bagi warga Magetan yang tak ingin jauh jauh mencari tempat wisata, Taman Ria Manunggal lah salah satu alternatifnya, karena lokasinya yang berada di dalam kota Magetan.

19. Ujung Kulon

Ujung kulon merupakan tempat foto di Magetan yang sedang hits saat ini. Ujung kulon sendiri sebenarnya bukan objek wisata terpadu melainkan hasil dari kreativitas masyarakat Desa Janggan yang membuat tempat untuk berfoto dengan background pemandangan yang indah. Walaupun bukan tempat wisata tapi Ujung Kulon tidak kalah hits dengan tempat Wisata lainnya.

Ujung Kulon

Ujung Kulon

Lokasi ujung kulon ini ada di Ds. Janggan, Kec. Poncol, Kab. Magetan. Arah menuju bendungan gonggang. Buat anda anak muda zaman now yang ingin selfie bisa datang kesini.

20. Objek wisata Taman Bedengan

Taman bedengan merupakan tempat wisata di Magetan yang paling hits saat ini. Objek wisata ini baru saja diresmikan pada awal tahun 2017 dan langsung menyedot perhatian masyarakat Magetan dan sekitarnya.

Objek wisata taman Bedengan ini booming karena berbagai foto kece yang viral di media sosial. Bahkan menyaingi kalibiru atau batu. Dimana di taman Bedengan ini wisatawan juga bisa menikmati keindahan kota dari ketinggian.

Objek wisata Taman Bedengan - tempat wisata di Magetan

Objek wisata Taman Bedengan

Disini juga terdapat area selfie yang menjadi tempat favori pelancong untuk melepaskan hasratnya untuk selfie ria.

Kalau di Batu terdapat ayunan asik yang berlokasi di Coban Putri, disini juga terdapat wahana serupa yang tidak kalah kerennya.

Lokasi taman Bedengan ini ada di Lereng Gunung, yaitu Desa Genilangit, Kecamatan Poncol. Selama perjalanan, kamu akan menikmati hutan pinus yang tak jauh dari Bumi Perkemahan.

Objek wisata ini begitu sempurna, dikelilingi oleh sawah dan anda juga bisa membawa oleh-oleh jeruk manis yang segar sepulangnya dari taman bedengan. Berbagai fasilitas juga sudah ada, mulai dari kamar mandi dan juga tempat makan.

Untuk bisa sampai ke taman ini agak butuh perjuangan, karena jalanan yang kita lalui agak berbatu, semoga kedepannya jalan menuju taman bedengan ini bisa diaspal dan mulus.

Untuk wisatawan yang ingin liburan ke taman bedengan ini silahkan dari Kota Magetan langsung menuju arah Parang melewati Ngaglik dan menuju Poncol, kemudian sampai di Genilangit sudah ada papan penunjuk jalan menuju Taman Wsiata Bedengan.

21. Desa Wisata Wonomulyo

Masih berada di sekitar taman bedengan, ada satu desa yang juga sayang untuk dilewatkan yaitu desa wisata wonomulyo yang jaraknya hanya 6 menit saaja dari Taman Bedengan.

Disini wisatawan bisa melihat rumah hobbit yang belakangan kerap menjadi daya tarik objek wisata di berabgai daerah bahkan luar negeri.

Desa Wisata Wonomulyo via @eksanugra

Desa Wisata Wonomulyo via @eksanugra

Masyarakat desa poncol menyulap satu kawasan menjadi objek wisata berupa rumah pohon dan rumah hobbit. Kamu bisa berfoto di atas rumah pohon dengan backround pemandangan gunung. Udaranya pun masih sejuk dan alami. Terdapat juga air terjun. Untuk mencapai tempat tersebut memang butuh perjuangan karena jalannya naik ke gunung dengan banyak tikungan yang sedikit extreme. Tetepi setelah sampai kamu tidak akan kecewa dengan pemandangan yang di suguhkan.

Lokasinya ada di Dusun wonomulyo, Ds. Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan. Sekitar 2,5 km dari Taman Bedengan.

22. Gunung Blego

Masih bagi yang hobi mendaki, silahkan anda coba taklukkan gunung blego yang ada di Kec. Parang yang berada di sisi utara Kota Magetan dan berbatasan dengan Ponorogo dan Wonogiri.

Untuk bisa sampai di gunung ini wisatawan bisa menggunakan angkot dari terminal Magetan ke terminal Parang, dari Parang kalian bisa melanjutkan dengan ojek ke Gunung Blego karena saat ini Gunung Blego telah dibuka Tracking menggunakan Motor ke Kawah atas dan bisa menikmati sisi alam Kota Magetan dari atas Gunung Blego.

23. Candi Sadon Magetan

Jika anda mencari tempat wisata sejarah di Magetan maka candi sadon ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Candi sadon atau juga disebut Candi Reog ini di dalam bangunnya terdapat sebuah arca besar menyerupai Reog.

Candi Sadon Magetan via @notobudiyanto

Candi Sadon Magetan via @notobudiyanto

Bukan hanya itu, disekitar Sadon juga terdapat beberapa peninggalan seperti di Dusun Mulyo yaitu Gelangan, batu berbentuk lembu dan rumah di -+ 100 m Candi Sadon dan masih banyak lagi. Lokasi canti sadon ini ada di Dusun Sadon Cepoko, Kecamatan Panekan, Magetan.

24. Punden Clelek dan Sumber Clelek

Tempat wisata di Magetan selanjutnya adalah punden clelek dan sumber clelek yang ada di Desa Driyorejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Sumber Clelek - tempat wisata di Magetan

Sumber Clelek

Objek wisata berupa cagar budaya ini sudah terkenal di Magetan. Punden Clelek merupakan Cagar Budaya berjumlah tiga buah meliputi arca dan miniatur rumah. Sedangkan Sumber Clelek sendiri merupakan telaga kecil yang sudah terkenal sebagai tempat wisata di Magetan Jawa Timur dan menjadi objek wisata yang romantis untuk sepasang kekasih.

25. Pesona Keindahan Wisata Bendungan Gonggang Magetan

Tempat wisata di Magetan selanjutnya adalah bendungan gongang yang terletak di Desa Janggan Kecamatan Poncol, Poncol, Kabupaten Magetan.

Pesona Keindahan Wisata Bendungan Gonggang Magetan

Pesona Keindahan Wisata Bendungan Gonggang Magetan

Waduk ini memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Bendungan ini memiliki tinggi 60 meter dengan panjang sekitar 234 meter. Adapun, kapasitas volume tampungan air mencapai 22 juta meter kubik. Bendungan ini diharapkan mampu menyuplai kepentingan irigasi, termasuk air minum, industri, dan kebutuhan lainnya.

Tempat Wisata Kuliner di Magetan Jara Timur

Berikut ini kami rekomendasikan tempat wisata kuliner di Magetan yang bisa anda jajal:

26. Lezatnya Ayam Panggang Gandu Bu Setu

Kurang lengkap rasanya kalau jalan-jalan tapi tidak sama makan-makan. Nah untuk tempat makan di Magetan yang pertama adalah ayam panggang gandu bu setu yang terkenal. Ayam panggang ini menjadi salah satu kuliner favorit di Magetan.

Silahkan langsung saja menuju ke TKP di Kec. Karangrejo tepatnya di Jl. Swadaya Desa Gandu Karangrejo. Untuk menikmati ayam panggang gandu bu setu, anda hanya membayar sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000.

27. Sate Kelinci Khas Magetan yang sangat lezat

Selain ayam panggang, anda juga bisa mencoba sate kelinci yang sangat terekan di Magetan. Sate kelinci khas Magetan ini menjadi salah satu daya tarik wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Ada banyak warung sate kelinci yang bisa kita sambangi, namun yang terwow menurut netizen adalah sate kelinci pak joni yang ada di Telaga Sarangan.

Untuk bisa menikmati sate kelinci ini, anda hanya merogoh kocek sebesar Rp 12,000an saja

28. Ayam Panggang Bu Suryani

Kuliner berikutnya masih berupa ayam panggang, anda juga bisa mencoba ayam panggang di warungnya buk Suryani yang sudah sangat terkenal kelezatannya.

Lokasi warung ayam bakar bu suryani ini ada di desa Karangrejo.. Karena lokasinya yang sangat strategis, warung ini selalu ramai oleh pembeli.

Terdapat dua jenis menu ayam panggang, di antaranya yaitu ayam panggang rasa pedas dan ayam panggang rasa gurih. Salah satu menu favorit pengunjung di tempat ini yaitu ayam panggang dengan varian rasa yang pedas. Sambal bawang, sambal terasi, lalapan dan aneka macam sayur sangatlah cocok jika disantap bersamaan dengan Ayam Panggang Bu Suryani.

Silahkan langsung saja menuju ke warung ayam bakar bu suryani yang ada di Patihan, Karangrejo, Kec. Magetan, Jawa Timur.

Bagaimana? Sudah cukup lengkap bukan? Magetan memang memiliki banyak sekali potensi tempat wisata yang seru untuk kita jadikan tempat liburan. Jadi liburan itu tidak mesti ke Eropa atau Amerika, karena Indonesia punya segalanya.

Demikianlah ulasan dari kami tentang tempat wisata di Magetan yang menarik untuk dikunjungi dari kami. Semoga bermanfaat, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar potensi wisata di Magetan semakin terekenal lagi. Jangan lewatkan juga: Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur yang Seru untuk Liburan!

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!