42 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Populer dan Menarik

Tempat Wisata di Jogja Yogyakarta atau Kota Jogja merupakan salah satu Kota terbesar di Indonesia. Yogyakarta merupakan salah satu Kota Istimewa yang memiliki otonomi khusus, dimana bentuk pemerintahan Provinsi berupa Keraton, dimana Sultan Yogya merupakan Gubernur secara otomatis.

Sedikit berbicara mengenai sejarah, Jogja menjadi salah satu Kota yang bersejarah di Indonesia. Bahkan ketika Belanda kembali menginvansi Indonesia sekitar tahun 49an, Indonesia sudah jatuh kembali ke tangan Belanda, dan ketika itu Yogyakarta ternyata belum jatuh ke tangan Belanda. Dan melalui siaran Radio para pahlawan mengumumkan perlawanan dan diikuti oleh daerah-daerah lainnya di Indonesia. Itu sedikit mengenai sejarah panjang Kota pendidikan ini.

Kali ini Tempatwisataseru.com ingin mengajak anda jalan-jalan keliling jogja. Ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Bagi anda mahasiswa yang kuliah di Jogja tentu sudah mengenal dengan beberapa tempat wisata di jogja berikut ini. Tapi, ternyata masih ada banyak sekali tempat keren yang harus kita kunjungi.

Wisatawan baik lokal maupun mancanegara pasti mengenal Candi prambanan, pantai parangtritis, atau Malioboro. Tapi, ternyata Jogja bukan tentang itu-itu saja. Masih ada banyak sekali surga tempat wisata di Jogja yang tersimpan dan menunggu untuk kita datangi.

42 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Ayo kita mulai perjalanan kita, siapkan diri anda untuk merasakan petualangan seru dan menarik di jogja, berikut ini uraian selengkapnya seputar tempat wisata di Jogja yang wajib anda kunjungi:

1. Wisata Candi Prambanan

Tempat wisata di Jogja yang pertama yang wajib dikunjungi adalah candi Prambanan. Candi yang konon didirikan dalam waktu satu malam ini menjadi destinasi wisata yang tidak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke Jogja.

Wisatawan dari berbagi wilayah dan negara datang ke Candi ini, melihat keajaiban alam yang pernah ada. Candi Prambanan berlokasi sekitar 17 KM dari pusat kota Yogyakarta. Apabila anda tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan anda cukup menggunakan bus dan turun di halte Prambanan, sangat mudah mencapai Candi Prambanan.

Ketika pertama kali datang ke tempat ini maka mata kita akan terbelalak dan sangat takjub dengan kemegahan dan pesona candi Prambanan. Candi Prambanan ini terletak di perbatasan antara 2 provinsi, yakni Jogjakarta dan Jawa Tengah.

2. Wisata Air Terjun Sri Gethuk di Jogja

Air terjun Sir Gethuk menjadi tempat wisata alam di Jogja yang yang harus anda kunjungi. Tempat wisata alam yang satu ini ada di Gunung Kidul, Desa Wisata Blebean, di ngarai Sungai Oya. 

Rute Perjalanan ke Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Jogja yang akan anda kunjungi. Sangat sayang sekali kalau air terjun yang sangat indah ini kita lewatkan. Nah, untuk anda yang tertarik mengunjunginya, silahkan ikuti rute perjalanan menuju air terjun ini, berikut ini:

loading...
  • Bagi wisatawan yang datang dari pusat kota Jogja, silahkan ambil jalan menuju ke arah Wonosari. Ikuti terus jalan Jogja-Wonosari hingga sampai di pertigaan Gading. Di pertigaan tersebut, terdapat papan penunjuk arah dan ikutilah jalan sesuai petunjuk arah tersebut hingga Anda tiba di daerah Playen.
  • Begitu tiba di daerah Playen, terdapat banyak petunjuk arah menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk serta sejumlah objek wisata lainnya. Sebaiknya Anda mengambil arah melalui jalan beraspal meskipun berjarak sedikit lebih jauh dibandingkan jika melalui jalan off-road. Jalan off-road ini patut dihindari mengingat kondisinya yang lumayan buruk atau lebih tepatnya jalan yang berbatu.

Info menarik lainnya 19 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Paling Populer

3. Wisata Curug Indah di Tegalrejo Yogyakarta

Bagi anda pecinta alam, curug tegal rejo harus menjadi salah satu destinasi wisata anda selama di Jogja. Curug ini menjadi favorit mereka yang mau basah-basahan, anda dapat terjun dari ketinggian lebih dari 3 meter.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk mandi-mandi di curug ini, anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit, dan untuk mencapai curug yang paling atas harus berjalan kaki lagi sekitar 5 menit melewati jalan setapak, atau juga bisa menyusuri sungai. Curug Indah Tegalrejo memiliki banyak Curug dengan ketinggian dan bentuk  yang bervariasi dengan kolam dibawahnya yang biasa digunakan untuk mandi atau sekedar bermain air oleh para pengunjung.

Lokasinya ada di Tegalrejo, Gunung Kidul, berbatasan langsung dengan daerah Bayat, Klaten, jawa Tengah. Surga tersembunyi ini juga tanpa biaya masuk alias gratis, hanya perlu membayar biaya parkir saja. Namun hati-hati jika ingin terjun ke curug, sebab curug tersebut cukup dangkal.

4. Wisata Belanja di Pasar Beringharjo Yogyakarta

Bagi yang hendak berwisata belanja, Jogja juga meurpakan surganya wisata belanja. Di pasar Pasar Beringharjo Yogyakarta anda bisa belanja sepuasnya. Ada banyak sekali aksesoris, kenang-kenangan, pakaian, jajanan dan lain sebagainya. Hasrat belanja anda akan terpuaskan disini.

5. Wisata Kampung Wijilan Yogyakarta

Kampung Wijlan menjadi salah satu destinasi wisata Kuliner di Jogja yang cukup terkenal. Lokasi Kampung Wijilan tidak terlalu jauh dari kawasan Prawirotaman yang dikenal dengan Legian nya Jogja karena banyaknya turis yang ada di kawasan tersebut.

6. Tugu Jogja

Tugu ini menjadi salah satu tempat yang harus anda kunjungi, memang tidak ada yang spesial dari tugu ini. Namun biasanya akan ramai pada malam hari.

7. Wisata Benteng Vredeburg di Jogja

Benteng Vredeburg merupakan salah satu saksi bisu sejarah peninggalan kolonial Belanda di Indonesia. Benteng ini kini dijadikan sebagai museum untuk umum.

8. Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, Jogja memiliki gelar sebagai kota pelajar, salah satu tempat yang cocok untuk berwisata edukasi di Jogja adalah Taman Pintar Yogyakarta. Disini anda bisa secara bebas dan leluasa mendalami pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung. Sangat cocok sekali untuk menambah pengetahuan anak serta memancing minat mereka untuk menyukai ilmu pengetahuan.

Sebagai wahana rekreasi dan belajar, Taman Pintar terbuka untuk umum tidak terkecuali bagi rombongan pelajar. Tersedia berbagai fasilitas penunjang, diantaranya adalah food court, ruang audiovisual, area bermain (playground), dan ruang pertemuan multifungsi (exhibition hall).

Agar dapat menikmati fasilitasdi Taman pinta ini, kita harus mengeluarkan uang untuk tiket sebesar Rp 15 ribu per orang (dewasa), Rp 8 ribu per orang (anak-anak), dan Rp 15 ribu per orang (bagi yang ingin ke planetarium).

Alamat Taman Pintar Yogyakarta: Jalan Senopati No.1-3, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta | (0274) 583631
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.80073,110.367735

9. Snowboarding Gumuk Pasir Di Pantai Parangkusumo

Surga yang terpendam lainnya di Jogjakarta adalah Snowboarding Gumuk Pasir Di Pantai Parangkusumo. Anda harus mencoba sensasi bermain pasir ‘salju’ disini. Bagi anda pecinta olahraga adrenalin, tempat ini harus masuk dalam daftar kunjungan anda selama di Jogja.

Gumuk pasir hanya ada dua tempat di dunia. Yang pertama di Meksiko, dan yang kedua di Pantai Parangkusumo Jogja ini. Disini Anda bisa merasakan sensai menuruni bukit pasir dengan papan seluncur dengan aman bahkan untuk pemula. Well, tentu saja. Jika jatuh pun Anda jatuh di pasir, bukan di aspal.

10. Wisata Resort Kaliurang di Yogyakarta

Satu lagi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi adalah resor Kaliurang. Disini anda bisa menikmati indahnya alam sekitar. Anda juga bisa mandi sepuasnya di air terjun Telogo Muncar dan kolam renangnya.

Menyusuri setiap sisi resor Kaliurang ini adalah pengalaman wisata menarik yang dapat Anda temukan. Bagi para pecinta gunung, resor ini adalah juga tempat menginap bagi mereka yang ingin medaki ke Gunung Merapi.

Alamat Resor Kaliurang: Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.596794,110.426213

11. Wisata Istana Ratu Boko di Yogyakarta

Satu lagi wisata sejarah di Jogja yang wajib anda kunjungi adalah Istana Ratu Boko. Istana Ratu Boko sendiri ada disekita Candi Prambanan, anda hanya butuh berjalan sekitar 2 km ke arah timur Candi Prambanan.

Beberapa dari kamu mungkin mengira akan menemukan banyak candi di tempat ini. Kompleks Istana Ratu Boko ini terdiri atas gapura, lapangan, paseban, kolam serta pembakaran.

Sulit sekali menemukan bangunan berbentuk candi disini. Sekedar informasi, pengelola Istana Ratu Boko menerapkan tiket masuk dalam dua paket yang berbeda yakni reguler dan sunset. Harga tiket masuk paket sunset mulai berlaku pukul tiga sore dan harganya tiga kali lipat dari harga paket reguler.

12. Pantai Berpasir Putih Pok Tunggal

Tempat wisata pantai di jogja yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Berpasir Putih Pok Tunggal. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan unik.

Pantai ini merupakan surga yang tersimpan dan masih belum banyak masyarakat mengetahui tempat wisata pantai yang satu ini, namun sekarang sudah mulai dikenal oleh wisatawan karena keindahan pantainya dan pasirnya yang putih.

Cara untuk mencapai pantai ini yaitu: Dengan kendaraan pribadi rutenya bisa melalui: Yogyakarta – Piyungan – Patuk, Sambipitu –Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng –Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi– Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jl. Girisubo – Wonosari – Jl. Saptosari – Tepus – Pok Tunggal.

Atau: Yogyakarta – Imogiri, Panggang – Jl. Saptosari – Tepus Arah ke Pantai Baron. Di pertigaan sebelum Pantai Baron ambil kiri, menuju ke arah Pantai Indrayanti. Dari pertigaan kawasan Pantai Indrayanti ambil kiri dan ikuti jalan aspal hingga tiba di Pos Retribusi. Beberapa meter dari pos tersebut akan nampak papan petunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal. Kemudian tinggal ikuti saja petunjuknya hingga tiba di jalan cor kecil atau jalan batu. Maka Pantai Pok Tunggal sudah terlihat. Sejauh ini belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke Pantai Pok Tunggal.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Ada hanya akan sampai di Terminal Wonosari. Dengan bus, keberangkatannya bisa dari Terminal Giwangan Yogyakarta (biayanya sekitar Rp 6.000) dan perjalanan dengan menggunakan ojek biayanya sekitar Rp 20.000 atau tergantung kesepakatan dengan pengemudi.

13. Wisata Pantai Parangtritis di Yogyakarta

Pantai ini tentu sudah tidak asing lagi bukan? Pantai Parangteritis bisa dibilang sebagai ikon wisata pantai di Jogja. Keindahan alamnya membuat wisatawan berdatang dari berbagai daerah dan negara untuk liburan kesini.

Berlokasi sekitar 25 KM di selatan pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah pantai yang berada di tepi Samudra Hindia sehingga mempunyai karakteristik ombak dan arus yang cukup besar dan kuat.

Keunikan dari Pantai Parangtritis adalah adanya bukit pasir yang disebut gumuk di sekitar pantai.

14. Wisata Pantai Baron di Yogyakarta

Selain Pantai Parangtritis, di Jogja juga masih ada pantai yang wajib untuk anda kunjungi yaitu pantai Baron. Pantai ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Di pantai ini anda bisa menikmati aneka sajian Seafood yang menggoda.

Pantai yang berjarak sekitar 65 km dari pusat kota Jogja ini memiliki pesona panorama yang indah dan adalah tempat bagi Anda yang ingin menyantap aneka hidangan laut. Pantai Baron ini sesungguhnya adalah sebuah teluk dengan keberadaan dua buah bukit yang mengapitnya di sisi kiri dan kanannya.

Alamat Pantai Baron: Kanigoro, Daerah Istimewa Yogyakarta
Koordinat GPS: -8.128825,110.548776

Jangan lewatkan 24 Tempat Wisata di Bali Paling Terkenal dan Amazing

15. Wisata Panjat Tebing di Pantai Siung Jogja

Panjat tebing merupakan salah satu olahraga yang bisa anda lakukan di Jogja. Ada tempat untuk melakukan olahraga panjat tebing yang sangat menantang untuk anda taklukkan.

Wisata Panjat Tebing di Pantai Siung Jogja

Wisata Panjat Tebing di Pantai Siung Jogja

Adrenalin yang meningkat saat memanjati celah-celah tebing berpadu dengan nikmatnya pemandangan laut selatan yang biru bercampur dengan ombak besar yang saling berkejaran hingga berdebur pecah di bagian bawah tebing.

Ada kurang lebih 250 jalur panjat yang bisa Anda pilih. Tunggu apa lagi? Segera bergegas ke Pantai Siung Jogja.

Jika anda pecinta olahraga panjat tebing, maka spot yang satu ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Untuk mencapinya, anda harus menempuh melalui peisir selatan pantai Jogja, sampai Anda menemukan sebuah pantai dengan nama Pantai Siung. Rasakan adrenalin yang menantang disini.

16. Berwisata ke Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta

Satu lagi tempat wisata di jogja yang harus anda kunjungi, Pabrik Gula Madukismo. Pabrik tua ini kini menjadi slaah satu objek wisata di jogja yang cukup digemari. Letaknya ada di Kasihan, Bantul. Anda direkomendasikan berkunjung di bulan Mei sampai September alias musim giling tiba.

Berwisata ke Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta

Berwisata ke Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta

17. Harta Benda Korban Erupsi Merapi Di Museum Sisa Hartaku

Jika anda ingin melihat sisa-sisa erupsi dari gunung merapi maka museum yang unik satu ini bisa anda kunjungi. Anda bisa melihat berbagai macam sisa-sisa harta benda, ternak, rumah dan lain sebagainya bekas erupsi gunung berapi 2010 silam.

Harta Benda Korban Erupsi Merapi Di Museum Sisa Hartaku

Harta Benda Korban Erupsi Merapi Di Museum Sisa Hartaku

18. Museum Affandi Sang Maestro Lukis Indonesia Asal Jogja

Bagi pecinta seni lukis, museum yang satu ini harus ada dalam daftar kunjungan selama di Jogja. Museum Affandi Sang Maestro Lukis Indonesia Asal Jogja ini menjadi salah satu destinasi wisata seni yang wajib dikunjungi. Ada banyak sekali koleksi hasil lukisan meastro Indonesia asal Jogja disini.

Museum Affandi Sang Maestro Lukis Indonesia Asal Jogja

Museum Affandi Sang Maestro Lukis Indonesia Asal Jogja

Tempat wisata di Yogyakarta ini beralamat di pinggir Kali Gajah Wong, tepatnya Jalan Laksda Adisucipto 167. Cukup dengan tiket masuk Rp 20 ribu saja, Anda bisa menikmati mahakarya Affandi yang berjumlah ratusan di dalamnya.

19. Wisata Museum Sonobudoyo Siung Jogja

Satu lagi museum di Jogja yang harus anda kunjungi adalah Museum Sonobudoyo. Museum ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana VIII pada tahun 1935, Museum Sonobudoyo adalah rumah koleksi budaya dan sejarah Jawa yang paling lengkap di Indonesia setelah Museum Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta.

Wisata Museum Sonobudoyo Siung Jogja

Wisata Museum Sonobudoyo Siung Jogja

Untuk masuk ke dalamnya, anda hanya butuh membayar tiket seharga Rp 3 ribu per orang (dewasa) dan Rp 2.500 per orang (anak-anak). Untuk turis asing, harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang. Disini juga ada pertunjukan wayang kulit (dengan menggunakan bahasa Jawa diiringi dengan musik gamelan Jawa) mulai dari pukul 20.00 hingga 22.00 di malam hari. Untuk menonton, Anda harus membayar tiket pertunjukan wayang sebesar Rp 20 ribu per orang.

Alamat Museum Sonobudoyo: Jl. Trikora No. 6, Pendowoharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Koordinat GPS: -7.802306,110.363902

20. Wisata Kotagede di Jogja

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nama tempat yang satu ini, Kotagede merupakan tempat Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram baru mendirikan istananya pada tahun 1575. Dari garis keturunannya, Panembahan Senopati adalah keturunan langsung dari penguasa Mataram kuno yang membangun Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Wisata Kotagede di Jogja

Wisata Kotagede di Jogja

Kotagede merupakan kota pengrajin perak, anda bisa melihat-lihat hasil karya ukiran perak atau tempahan perak menjadi aneka kerajinan. Jika anda berminat langsung saja anda bawa pulang, untuk koleksi di rumah.

Di Kotagede, anda bisa jalan-jalan ke situs kuno yang merupakan tempat pemakaman anggota kerajaan di Kotagede ini. Hanya saja, Anda harus memakai pakaian Jawa yang dapat disewa di pos pendaftaran sebab makam raja-raja Mataram yang ada di tempat ini dianggap suci.

Alamat Kotagede: Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta
Koordinat GPS: -7.828262,110.39986

21. Wisata Keraton Yogyakarta

Tempat wisata selanjutnya yang tidak boleh di lewatkan adalah keraton Yogyakarta. Keraton ini merupakan kerajaan yang sudah ada sejak dahulu, dan merupakan salah satu pilar bangsa untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Wisata Keraton Yogyakarta

Wisata Keraton Yogyakarta

Bagi anda yang mau mengunjungi keraton ini, disarankan datang pagi-pagi, karena Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang saja.

22. Kebun Binatang Gembira Loka di Jogja

Kebun binatang Gembira menjadi destinasi menarik selanjutnya yang tidak boleh kelewatan. Wahana permainan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahukayuh, menunggang gajah, menunggang onta, dan lain-lain.

Kebun Binatang Gembira Loka di Jogja

Kebun Binatang Gembira Loka di Jogja

Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka adalah 25,000 Rupiah per orang.

Wisata ke kebun Binatang Gembira akan membuat anda dan keluarga menjadi ikutan Gembira :D.

23. Berwisata ke Jalan Malioboro di Jogja

Satu lagi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi adalah Malioboro. Malioboro sebenarnya merupakan nama jalan. Jalan ini menjadi sangat fenomenal dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jogja yang tidak boleh dilewatkan.

Berwisata ke Jalan Malioboro di Jogja

Berwisata ke Jalan Malioboro di Jogja

Anda bisa menikmati banyak sekali kuliner disini, selain itu, anda bisa berbelanja sepuasnya disini. Aneka makanan, aksesoris, baju, pernak-pernik, oleh-oleh semua ada disini.

Hal yang paling saya sukai di Jalan Malioboro adalah adanya beberapa orang yang berpakaian unik, misalnya berpakaian seperti prajurit, pocong, zombie, dan lain-lain. Kita dapat berfoto dengan mereka dengan biaya sukarela. Malioboro akan sangat ramai pada malam hari, saat-saat untuk menyantap makanan yang enak disini.

24. Wisata Istana Air Taman Sari di Jogja

Istana taman sari merupakan surga yang terpendam di Jogja. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang. Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang terkenal karena keunikannya.

Wisata Istana Air Taman Sari di Jogja

Wisata Istana Air Taman Sari di Jogja

Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari adalah 5,000 Rupiah.

Anda tentu tidak ingin melewatkan spot yang satu ini. Bangunannya yang unik dengan gaya tempo dulu menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

25. Kesejukan Dan Kesegaran Hutan Pinus Mangunan Jogja

Jika anda ingin merasakan sejuknya alam dan tenangnya pikiran, maka hutan pinus Mangunan bisa anda dijadikan sebagai alternatif.

Kesejukan Dan Kesegaran Hutan Pinus Mangunan Jogja

Kesejukan Dan Kesegaran Hutan Pinus Mangunan Jogja

Dengan pepohonan yang rimbun serta hijaunya dedaunan membuat hutan yang satu ini memberikan kesejukan tersendiri bagi mereka yang datang berkunjung.

Objek wiata ini memang masih tersembunyi dan belum banyak yang tahu.

26. Wisata Gunung Merapi di Jogja

Tempat wisata di jogja yang tidak boleh anda lewatkan yang selanjutnya adalah gunung merapi. Objek wisata gunung merapi menjadi salah satu tempat wisata Alam di Jogja yang populer dan tidak boleh dilewatkan. Jangan mengaku sebagai climber kalau anda belum menaklukkan gunung merapi ini.

Wisata Gunung Merapi di Jogja

Wisata Gunung Merapi di Jogja

Harga tiket masuk kawasan wisata Gunung Merapi adalah 3,000 Rupiah per orang. Bagaimana, anda tertantang untuk menaklukan gunung merapi di Jogja?

Kunjungi juga 26 Tempat Wisata di Surabaya yang Keren dan Menarik untuk Dikujungi

27. Wisata Gondola Tradisional Di Pantai Timang Jogja

Satu lagi surga yang tersembunyi di Jogja yang tidak boleh anda lewatkan adalah Pantai Timang. Anda bisa melihat airnya yang sangat jernih serta pemandangannya yang sangat cantik. Disini anda juga disuguhi dengan permainan yang unik.

Wisata Gondola Tradisional Di Pantai Timang Jogja

Wisata Gondola Tradisional Di Pantai Timang Jogja

Terdapat gondola tradisional yang terbuat dari tali dan pancang kayu biasa yang terpasang untuk dipakai Anda yang tertantang untuk menaikinya sampai pulau karang di seberang pantai.

Gondola ini biasa dipakai oleh para nelayan untuk mencari lobster di pulau karang dengan ombak setingnggi minimal 5 meter itu. tenang, gondola ini aman untuk Anda. Selalu dicek keamanannya setiap hari.

Kalau tidak berani sebaiknya jangan coba-coba, kalau anak muda rasanya tidak mungkin tidak mencobanya kalau sudah ke pantai ini.

28. Wisata Goa Selarong di Jogja

Goa ini biasanya dijadikan sebagai tempat untuk ritual. Bagi anda yang suka dengan misteri, maka Goa ini harus anda coba. Bagi sebagian kalangan, goa ini dianggap memiliki nilai mistik dan mengandung misteri.

Wisata Goa Selarong di Jogja

Wisata Goa Selarong di Jogja

Untuk dapat menikmati wisata di Goa Selarong, Anda dapat membayar tiket masuk sebesar Rp 2 ribu per orang. Jika membawa kendaraan, maka Anda juga harus membayar biaya parkir.

Fasilitas publik yang tersedia di tempat wisata Goa Selarong di antaranya adalah toilet umum, tempat ibadah, sarana bermain, gardu pandang, pendopo untuk beristirahat, dan bahkan dapat dijadikan sebagai bumi perkemahan jika Anda suka.

Alamat Goa Selarong: Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Koordinat GPS: -7.865632,110.313009

29. Berwisata di Desa Dan Hutan Wisata Kalibiru

Anda ingin menikmati suasana yang tenang, sejuk, bebas beban, dan rileks, maka anda harus berkunjung ke Desa Dan Hutan Wisata Kalibiru. Tempat ini memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi wisatawan.

Berwisata di Desa Dan Hutan Wisata Kalibiru

Berwisata di Desa Dan Hutan Wisata Kalibiru

Letaknya ada di pegunungan Manoreh, kabupaten Kulonprogo. Disini ada Kalibiru, desa dan hutan wisata yang menjadi ekowisata yang belum banyak diketahui orang.

Hutan wisata kaibiru ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati trekking dengan latar pepohonan hijau nan cantik.

30. Wisata Cave Tubing di Goa Pindul Jogja

Tempat wisata di jogja yang harus anda kunjungi selanjutnya adalah Cave Tubing. Cave ini sangat terkenal dengan keindahannya. Bagi anda pecinta alam, Cave Tubing atau susur Goa ini harus anda coba.

Wisata Cave Tubing di Goa Pindul Jogja

Wisata Cave Tubing di Goa Pindul Jogja

Pindul adalah salah satu goa yang terbentuk dari proses batuan karst dalam waktu jutaan tahun hingga membentuk gua dan sungai bawah tanah yang sangat eksotik.

Di tempat ini Anda bisa memilih, ingin menyusuri gua, atau bisa juga menikmati sungi bawah tanah berombongan dengan memakai ban dalam sebagai body rafting. Goa Pindul selalu dipadati wisatawan dan surga tersembunyi ini memang sedang naik daun. Jika tertarik, silahkan datang ke Gunung Kidul, DIY.

Cave Tubing di Goa Pindul ini merupakan salah satu surga yang tersembunyi dan tidak terlalu banyak orang yang tahu. Ayo nikmati sensasi menyusuri goa di atas ban-ban kecil

31. Berwisata ke Peninggalan Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari

Wisata sejarah yang tidak kalau menarik selanjutnya adalah mengunjungi candi peninggalan peradaban Hindu Kuno. Wisatawan yang datang akan nyaman berlama-lama disini, karena disediakan taman yang luas dan tempat duduk untuk memandang dari kejauhan peninggalan sejarah yang dibuat sekitar abad ke- 9 Masehi.

Berwisata ke Peninggalan Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari

Berwisata ke Peninggalan Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari

Lokasi candi ini ada di Desa Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman Jogjakarta. Nama Sambisari sendiri disematkan pada komplek candi tersebut karena berada di Desa Sambisari. Secara astronomis, Candi Sambirsari terletak di 7° 45’48.13” LS dan 110° 26’46.43” BT. Candi Sambisari ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani yang sedang mencangkul sawah, dan menemukan bongkahan batu yang mempunyai ukiran. Setelah dilakukan penelitian oleh Dinas Purbalaka, ternyata batu tersebut adalah secuil batu kecil dari komplek candi yang sangat besar seperti yang terlihat saat ini.

Candi yang masih hampir utuh terletak di ke dalaman sekitar 6.5 meter di bawah tanah. Ekskavasi candi Sambisari pertama dilakukan pada tahun 1966 oleh Kantor cabang I Lembaga Peninggalan Purbakala Nasional di Prambanan. Pada tahun 1975 hingga 1977 sudah mulai nampak satu bagunan candi induk dan tiga buah candi perwara (pengawal). Ketika ditemukan candi-candi tersebut sudah dalam keadaan runtuh kecuali pada bagian kaki candi.  Sebagian pagar dan tubuh candi masih utuh dan bagus. Pada tahun 1986 pemugaran secara keselurhan candi sudah usai, namun belum dilakukan penataan taman dan lain sebagainya.

32. Wisata Candi Plaosan di  Jogja

Candi Plosan merupakan salah satu situs peninggalan Rakai Panangkaran, salah seorang raja dari Dinasti Syailendra, yang juga mendirikan Candi Borobudur dan Candi Sewu. Setidaknya kompleks ini berada di lahan seluas 2.000 meter persegi tanah dan terletak 148 meter di atas permukaan laut .

eksotisme candi akan semakin terasa saat kita berada di dekat candi ini, dimana wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang menghijau di sekitar candi. Plaosan terdiri dari dua candi utama dikelilingi oleh dinding batu . Setiap dinding batu dikelilingi oleh total 174 candi perwara . Hampir semua candi perwara berupa reruntuhan . Di bagian barat dari dinding sekitarnya adalah gerbang batu dengan hiasan mahkota di atasnya .

Wisata Candi Plaosan di  Jogja

Wisata Candi Plaosan di Jogja

Rute ke Candi Plaosan

Untuk anda yang tertarik liburan seru ke candi ini, silahkan ikuti rute berikut ini:

  • Dengan transportasi umum : Naik bus dari Janti bahwa rute ke Yogya – Solo. Berhenti di lampu lalu lintas pertama setelah Candi Prambanan atau sekitar Km 18/19 . Lanjutkan dengan mengambil ojek ( taksi motor ) untuk sampai ke kuil .
  • Dengan kendaraan pribadi : Mengemudi dari Yogyakarta , kepala timur untuk rute Candi Prambanan . Ambil belok kiri di lampu persimpangan lalu lintas pertama setelah Candi Prambanan (lihat kantor pos di sisi kiri ) . Sesampainya di persimpangan lain dengan lampu lalu lintas , berbelok ke kiri ( utara ) dan kepala ke Manisrenggo . Terus lurus sampai Anda menemukan candi di sisi kanan jalan .

Candi ini disebut juga candi kembar, terbagi atas dua bagian, yakni Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor.

Letak keduanya saling berdekatan, hanya berjarak sekitar 100 meter.

Alamat Candi Plaosan: Kokosan, Prambanan, Jawa Tengah
Koordinat GPS: -7.740434,110.504547

33. Berwisata ke Cahaya Surga di Gua Jomblang

Ada satu lagi tempat wisata di Jogja yang menarik untuk dikunjungi, Gua Jomblang. Gua ini menarik dikunjungi karena pada waktu tertentu akan memancarkan cahaya yang begitu indah, dan orang-orang menyebutnya sebagai cahaya Surga.

Berwisata ke Cahaya Surga di Gua Jomblang

Berwisata ke Cahaya Surga di Gua Jomblang

Berada diantara daerah karst Gunung Kidul, goa vertikal ini paling baik dikunjungi saat matahari sedang di puncak kepala, atau sekitar pukul 10-12 siang.

Cahaya indah yang menyelinap masuk dari rongga bagian atas goa membuat goa ini terlihat sangat eksotis dan menawan. Berpose di bawah cahaya ‘surga’ menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan, apalagi bisa dijadikan sebagai foto DP akun medsos kita, pasti tambah kece.

34. Wisata Romantis Di Bukit Parangndog Jogja

Tempat wisata di Jogja yang satu ini direkomendasikan untuk anda yang sudah punya pasangan, bagi anda yang jomblo tidak disarankan kesini, kasihan nanti :D.

Wisata Romantis Di Bukit Parangndog Jogja

Wisata Romantis Di Bukit Parangndog Jogja

Tempat wisata yang satu ini memang terkenal sebagai salah satu tempat yang sangat romantis sehingga bagi pasangan suami-istri sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini, apalagi pengantin baru.

Dari puncak bukit ini anda bisa melihat pemandangan yang menawan, hiajunya hutan, luasnya lautan yang membentang, plus dengan semilir angin yang membuat sepasang kekasih yang sedang memadu cinta akan semakin ‘hangat’.

Bagaimana? Anda tertarik mengajak pasangan kesini?

35. Wisata Romantisme di Atas Bukit Bintang Jogja

Satu lagi tempat wisata romantis di Jogja yang harus anda kunjungi bersama pasangan adalah bukit bintang. Bukit ini dinamai bukit bintang karena dari atasnya kita bisa melihat kota Jogja dari sisi lain yang sangat menakjubkan. Keindahan kota Jogja pada malam hari.

Wisata Romantisme di Atas Bukit Bintang Jogja - tempat wisata di Jogja

Wisata Romantisme di Atas Bukit Bintang Jogja

Bukit bintang terletak di Jalan Jogja-Wonosari. Seketika Anda memasuki wilayah yang menanjak dan berbelak-belok, Anda disuguhi banyak opsi warung yang siap memanjakan Anda dengan makanan enak dan tentu saja pemandangan malam kota Jogja yang menakjubkan.

Tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan anda berlibur bersama pasangan, apalagi kalau anda pengantin baru, namun tidak juga menutup kemungkinan untuk yang sudah berumur agar hubungannya semakin romantis.

36. Pantai Indrayanti

Satu lagi pantai indah yang ada di Gunungkidul Yogyakarta yang wajib anda kunjungi adalah pantai Indrayanti. Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai pulang syawal ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Gunungkidul.

Pantai Indrayanti Gunungkidul - tempat wisata di Jogja

Pantai Indrayanti Gunungkidul – tempat wisata di Jogja

Wisatawan pasti betah berlama-lama di pantai Pulang syawal atau Indrayanti ini, karena hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.

Soal cerita perut anda tidak perlu khawatir, karena di sepanjang bibir pantai terdapat restoran yang menyajikan aneka masakan laut hingga es kelapa muda segar. Tidak kalah menarik, ketersediaan unit-unit jet sky dapat Anda sewa jika ingin bermain-main di air laut yang bersih.

Beberapa cottage bahkan tersedia di sekitaran pantai bagi Anda yang ingin menghabiskan malam dan menikmati keindahan wisata pantai Indrayanti ini. Untuk dapat masuk kawasan wisata Gunungkidul yang satu ini, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Indrayanti sebesar Rp 5 ribu per orang.

Alamat Pantai Indrayanti: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Koordinat GPS: -8.15022,110.612004

37. Pantai Jogan

Selanjutnya, anda bisa mengunjungi pantai Jagon saat berada di Jogja tepatnya di Gunungkidul. Pantai ini memiliki keunikan dibandingkan dengan pantai lainnya.

Pantai Jogan - tempat wisata di Jogja

Pantai Jogan – tempat wisata di Jogja

Pantai ini dibilang unik karena ada ari terjun di pinggir pantainya yang langsung jatuh ke bibir pantai laut Jagon. Air terjun setinggi 10 meter ini memiliki sumber air yang berawal dari perbukitan karst yang ada di kawasan pantai Jogan.

Tempat wisata Jogja yang satu ini memang memiliki bentang alam yang unik, dikelilingi tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur.

Selain menimati panorama pantai Jogan yang indah, di tempat ini Anda dapat mencoba untuk merasakan guyuran air terjun tersebut. Namun, diperlukan kehatian-hatian ekstra untuk dapat menyusuri turunan licin dan curam agar sampai ke bagian bawah air terjun tersebut.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk pantai Jogan sebesar Rp 3 ribu per orang untuk dapat mengeksplorasi keunikan wisata Gunungkidul yang satu ini.

Alamat Pantai Jogan: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Koordinat GPS: -8.1800747,110.6763631

38. Pantai Sundak

Pantai indah selanjutnya yang bisa anda jadikan sebagai destinasi wisata di Jogja adalah pantai Sundak yang lokasinya ada di Desa Sidoharjo.

pantai sundak wonosari gunung kidul yogyakarta - tempat wisata di Jogja

pantai sundak wonosari gunung kidul yogyakarta

Pantai yang memiliki pasir putih serta bentangan bibir yang landai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga, ditambah lagi dengan ombak laut yang cukup besar dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul, membuat pantai ini wajib masuk dalam daftar tempat wisata di Jogja bagi para pecinta olahraga selancar.

Pada sisi kanan dan kiri pantai ini terdapat bebatuan karang besar yang menjadi pemisah antara pantai Sundak dengan pantai lainnya. Cara terbaik menikmati pesona pantai Sundak adalah dengan berkemah, menikmati malam sembari memanggang ikan bersama dengan para sahabat.

Alamat Pantai Sundak: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Koordinat GPS: -8.147034,110.607889

39. Pantai Krakal

Pantai krakal juga termasuk pantai yang memiliki keindahan yang memukau, dengan pasir putih bersih serta air jenis, tidak heran kalau pantai ini menjadi salah satu daya tarik Gunung Kidul oleh wisatawan lokal dan dari luar Gunung Kidul.

Pantai Krakal Gunungkidul

Pantai Krakal Gunungkidul – tempat wisata di Jogja

Di sekitar pantai ini terdapat hotel dan tepat meginap, soal makan juga tidak perlu khawatir, karena Anda dapat menjumpai berbagai tempat makan di kawasan pantai Krakal dengan cita rasa yang enak.

Alamat Pantai Krakal: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Koordinat GPS: -8.145316,110.599048

40. Goa Gelatik

Masih seputar tempat wisata di Jogja tepatnya di Gunungkidul, ada sebuah gua yang bisa anda jadikan destinasi saat liburan yaitu gua Gelatik.

Goa Gelatik

Goa Gelatik – tempat wisata di Jogja

Gua yang terletak di Desa Bejiharjo Gunungkidul ini memiliki  panjang sekitar 400 meter. Jika Anda bermaksud menelusuri goa ini, disarankan untuk membawa peralatan keamanan yang diperlukan.

Pula, gua ini sedikit lebih rendah sehingga saat memasukinya, Anda harus menundukkan kepala. Juga agar berhati-hati karena goa ini adalah pula tempat tinggal kelelawar yang hidup di dalamnya.

Alamat Goa Gelatik: Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Koordinat GPS: -7.926167,110.646465

41. Cave Tubing Kalisuci

Satu lagi kegiatan seru yang bisa anda lakukan di Gunung Kidul, yaitu menyusuri aliran sungai yang mengalir di dalam gua menggunakan ban dalam. Cave Tubing Kalisuci menyuguhkan Anda pengalaman wisata alam yang berkesan, melewati aliran air dalam perut bumi selama sekitar 1 jam, melewati hingga tiga buah goa dengan langit-langit yang tinggi.

Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing Kalisuci – tempat wisata di Jogja

Inilah kegiatan susur sungai tertutup yang pertama di Indonesia. Selain itu, di Jogja masih ada tempat cave tubing lainnya, yakni di Goa Pindul.

Alamat Cave Tubing Kalisuci: Kec. Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Koordinat GPS: -8.010044,110.638724

42. Pantai Sadranan

Di Jogja tepatnya di Gunungkidul juga terdapat banyak pantai indah, tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Salah satunya adalah pantai Sadranan. Pantai ini memiliki keindahan yang menawan ditambah lagi. Kembali lagi ke pantai yang ada di Gunung Kidul, yaitu pantai Sadranan yang juga memiliki keindahan yang menawan siapapun yang datang untuk liburan kesini.

Pantai Sadranan - tempat wisata di Jogja

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan lokasinya tidak jauh dari Pantai Sundak. Pantai Sadranan sangat cocok untuk dijadikan lokasi untuk melakukan kegiatan snorkeling karena ombaknya yang tenang.

Saat air sedang surut, pantai ini akan menghadirkan pemandangan alami berupa kumpulan karang yang seolah-seolah membentuk lantai alami. Jika ingin snorkeling di pantai ini dan lupa membawa peralatan, tidak perlu khawatir karna sudah banyak jasa penyewaan snorkeling di Pantai Sadranan

Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus
Pantai berpasir putih, alami, dan indah. Biasa untuk pemotretan Pre Wedding karena keindahannya.

Bagaimana, anda sudah tidak sabar lagi ingin segera berlibur ke Yogyakarta? Kalau bagi anda masyarakat lokal, tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa tempat di atas. Bagi mahasiswa yang kuliah di Jogja, ayo keluar, Indonesia ini indah, sangat sayang sekali kalau anda tidak menikmati indahnya alam jogja khususnya.

Itulah 42 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi dari kami, jika anda memiliki pengalaman lain, silahkan bagikan juga kepada kami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar yang lain juga tahu tempat wisata di Jogja yang harus dikunjungi.

Untuk lebih lengkap mengenai wisata Gunungkidul bisa anda lihat pada artikel:

69 Tempat wisata di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi

loading...

10 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!