Wisata Alam Goa Seropan Gunung Kidul Jogja

Goa Seropan – Beberapa kawasan di Indonesia terkenal akan pesona alam nan elok, mulai dari sabang hingga merauke terbentang destinasi alam yang luar biasa. Itulah yang membuat Indonesia berbeda dari Negara lain. Tidak heran jika Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata dunia. Mulai dari pantai, air terjun, goa, taman bunga, kawasan hutan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan bukan sebuah rahasia lagi jika Indonesia memiliki kawasan Karst yang tersebar luas. Bukan hanya di pulau – pulau besar saja, namun tersebar hingga ke pulau – pulau kecil di sekitarnya, dengan tipe yang berbeda – beda. Keberadaan kawasan kars ini pun menyita perhatian para traveler. Banyak dari mereka yang ingin berpetualang di sana.

Salah satu daerah yang menyumbang kawasan karst terluas adalah Yogyakarta. terda

pat sebuah goa di Yogyakarta yang memiliki kawasan karst nan cantik. Kawasan kars yang termasuk karst Gunung Sewu ini terbentang luas mulai dari Wonosari ke Timur, Wonogiri, hingga Pacitan, dan meliputi tiga provinsi mulai dari Daerah istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, hingga ke Jawa Timur.

Karst gunung Sewu ini memiliki banyak sekali tipe mulai dari Gombong, tipe Maros, serta tipe Papua. Karst gunung sewu ini memiliki bentuk yang khas yaitu bentuk kerucut atau banyak yang menyebutnya sebagai bukit kerucut, sehingga sangat banyak dicari orang.

Karst yang tersusun dari batu gamping berlalu miosen pada bentangan 50 sampai 10 km kearah tenggara Yogyakarta. Karst gunung sewu ini terbentang sangat luas, ada sekitar 13000 km persegi dengan jumlah kubah karst sekitar 40.000

Menyusuri Goa Seropan Gunungkidul

Menyusuri Goa Seropan Gunungkidul

Lokasi Goa Seropan Gunung Kidul

Buat kamu yang memiliki rencana berlibur sebaiknya masukkan goa seropan sebagai salah satu tujuan wisatamu. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah lokasinya yang sangat mudah ditemukan serta akses jalannya yang sangat mudah dilalui.

Lalu dimana sebenarnya lokasi goa seropan ini? letaknya cukup jauh dari pusat kota Jogja dengan menempuh perjalan sekitar 1 jam 10 menit dengan jarak tempuh sekitar 37 km.

Loading...

Lokasi tepatnya berada di Desa Gobang, kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. namun perjalanan kali ini didominasi oleh tanjakan dan kelokan karena memang gunungkidul lokasinya berada di dataran tinggi atau perbukitan sehingga anda perlu ekstra hati – hati ketika melaju menggunakan motor atau mobil.

Selain itu pastikan pula mesin kendaraan anda dalam kondisi yang baik agar mampu menempuh perjalanan kali ini. selain itu buat kamu yang memutuskan menggunakan transportasi umum juga tersedia, silahkan naik bus umum dari terminal giwangan Jogja mengambil jurusan Wonosari kemudian lanjutkan naik bus hingga ke Bedoyo kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau transportasi lokal lainnya.

Peta Lokasi Wisata Goa Asri -Seropan

Tiket Masuk Wisata Alam Goa Seropan

Hingga saat ini belum ada biaya retribusi ataupun tiket masuk menuju ke goa seropang ini. semua masih dikelola secara swadaya oleh warga sekitar. kamu hanya perlu membayar jasa pemandu wisata seikhlasnya saja.

Kamu bisa mengira – ngira seberapa tenaga yang telah mereka keluarkan demi membantumu menyusuri lorong demi lorong dan membantu menjaga keselamatan dan keamanan pengunjung. Serta memberikan sumbangan seikhlasnya untuk membayar penitipan kendaraan pribadi ada.

Fasilitas Pendukung Wisata

Dari segi fasilitas penunjang seperti juga belum terlalu memperhatikan pembangunan fasilitas tambahan ditempat ini. hanya terlihat sebuah lahan yang dijadikan tempat penitipan kendaraan pribadi yang dibawa pengunjung.

Atau biasa disebut area parkir, selebihnya belum ada fasilitas lainnya. bagi anda yang ingin melakukan caving atau menyusuri lorong goa juga belum disediakan tempat penyewaan peralatan yang dibutuhkan, jadi silahkan anda membawa sendiri peralatan caving dari rumah.

Jam Operasional Wisata Goa

Untuk bisa menikmati dan berpetualang di dalam goa dan melakukan kegiatan panjat tebing pada beberapa jalan masuknya kamu bisa datang kapan saja, sebab goa ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

Tidak ada hari libur di goa ini. namun meski begitu sebaiknya kamu menghindari berkunjung hingga larut malam sebab goa kondisi di dalam goa cukup berbahaya jika kamu terlalu malam berada di sana. Jika hari sudah menjelang malam sebaiknya kamu hentikan petualanganmu.

Pesona Wisata Alam Goa Seropan Gunung Kidul

Menaklukkan Tebing-tebing Karst Goa Seropan

Menaklukkan Tebing-tebing Karst Goa Seropan

Kota Jogja turut bangga karena wilayahnya dilalui oleh kawasan karst gunung sewu, sebut saja goa seropan goa yang memiliki keindahan karst yang luar biasa. Kawasan karst yang tersusun oleh batu gamping ini menjadi magnet tersendiri bagi goa seropan, banyak wisatawan yang penasaran ingin melihat sendiri bagaimana keindahan goa seropan.

Goa seropan adalah salah satu goa terpanjang di kabupaten Gunung Kidul, ia memiliki panjang goa sekitar 888 meter dengan kedalaman mencapai 62 meter dari permukaan bumi. Buat para pecinta alam rugi rasanya jika belum menaklukkan lorong – lorong goa yang pintunya sendiri berada di dasar dari sebuah cekungan tertutup.

Melihat dari panjang dan kedalaman goa seropan ini pastinya membutuhkan stamina yang prima untuk bisa menyusuri lorong demi lorong.

Oleh sebab itu sebelum anda memutuskan mengunjungi goa ini anda harus mempersiapkan kondisi tubuh anda sebaik mungkin. Selain itu jangan lupa membawa air mineral untuk mencegah dehidrasi ketika berada di dalam goa yang lembab dan pengap ini.

Meski goa karst ini memiliki kedalaman yang cukup ekstrim namun anda tidak perlu khawatir sebab untuk masuk ke dalam goa telah tersedia jalan tangga dari beton serta keamanannya juga sangat dijaga, hal ini bisa kita lihat dari instalasi yang sudah terpasang di dalam goa.

Pemerintah bersama petugas goa memang sangat mengutamakan keamanan pengunjung, jadi anda bisa berwisata alam di kawasan karst goa seropang ini dengan tenang.

Setelah menyusuri anak tangga kita tiba di lorong awal yang memiliki atap cukup rendah dan terus melakukan perjalanan hingga sampai pada ruang yang cukup besar. Lalu pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan.

Setelah melakukan perjalan sejauh 211 meter dari mulut goa kita akan melihat aliran sungai bawah tanah yang mempesona. Banyak sekali warga sekitar yang memanfaatkan aliran sungai ini sebagai sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan harian mereka. Selain itu kawasan sungai ini juga memiliki potensi untuk dikembangkan.

Aliran Sungai Bawah Tanah via rubikomugglo.blogspotcom

Aliran Sungai Bawah Tanah via rubikomugglo.blogspotcom

Aliran air sungai terlihat sangat jernih dan segar, pengunjung bisa melepaskan penat setelah menempuh perjalanan jauh di tepian sungai dengan bercuci muka atau merendam kaki sejenak.

Aliran sungai ini tidak pernah mengering meski pada saat musim kemarau, hanya saja debit airnya akan sedikit berkurang, diperkirakan memiliki debit sekitar 600 – 800 liter per detik pada musim kemarau.  Selain kawasan karsnya yang cantik, aliran sungainya yang jernih dan segar juga menjadi salah satu daya tarik goa seropang ini.

Dalam sekali jelajah atau rombongan biasanya terdiri dari 10 orang, dan tidak boleh lebih sebab oksigen di dalam goa sangat terbatas. Dalam satu rombongan akan dipandu oleh seorang pemandu yang akan memberi pengarahan dan memandu pengunjung menyusuri lorong yang ada di dalam goa ini.

Setelah berjalan cukup jauh mulailah nuansa alam terbuka mulai hilang dan berganti dengan nuansa kegelapan, lembab, serta senyap.

Pada bagian lantai goa yang masih berair mungkin suasananya masih tenang, dan disepanjang goa banyak sekali ornament – ornament indah stalaktit dan stalakmit dengan berbagai ukuran. Anda bisa memanfaatkan ornament – ornament tersebut untuk mengambil foto dalam goa yang sangat eksotis. Kemudian kita menu lorong kearah hulu dengan kedalaman 1 – 1,5 meter yang seluruhnya terendam udara.

Pada bagian belokan biasanya airnya lebih dalam. Kemudian lorong ini berakhir pada sump atau lorong goa yang seluruhnya terendam udara mulai dari atap hingga ke bagian dasar.

Kemudian kita beranjak ke bagian hilir dimana daerah ini memiliki kedalaman udara yang relatif lebih dangkal. Hanya sekitar 0,6 meter, hingga ketinggian 1,5 meter. Setelah menyusuri lorong ini anda akan sampai pada ujung lorong yang menakjubkan yaitu terdapat sebuah air terjun nan cantik dengan ketinggian 8 meter.

Air Terjun di Goa Seropan via rubikomugglo.blogspot.com

Air Terjun di Goa Seropan via rubikomugglo.blogspot.com

Setelah puas menikmati nuansa di air terjun pertama kini kita akan melanjutkan perjalanan yang tersisa sekitar 200 meter lagi sebelum akhirnya berada pada ketinggian 9 meter. perjalanan selanjutnya akan berakhir pada aliran sungai bawah tanah nan cantik. Terlihat beberapa stalaktit dan stalakmit yang menyatu dan membuat tiang penyangga gua sehingga membuat goa ini semakin kokoh dan tidak runtuh.

Tips dan Saran 

  • Untuk bisa menyusuri goa yang memiliki kedalaman dan panjang yang cukup ekstrim ini pastikan kamu mempersiapkan kondisi tubuh dengan sangat baik
  • Ketika akan memulai penyusuran goa akan ada pengarahan dari pemandu wisata, maka dari itu perhatikan dengan baik segala instruksi yang diberikan agar tidak menyebabkan hal – hal yang tidak diinginkan
  • Pastikan kamu memakai standar keamanan seperti helm dan sepatu untuk menghindari benturan benda – benda keras dan cukup berbahaya.
  • Ketika menyusuri lorong goa pastikan kamu membawa air mineral untuk mencegah dehidrasi di dalam goa
  • Untuk mengabadikan beberapa momen di dalam goa sebaiknya bawa kamera dengan kemampuan lensa yang mumpuni agar menghasilkan foto dalam goa yang cantik dan seperti jepretan para profesional.

****

Demikianlah penjelajahan kita di goa seropan yang merupakan kawasan karst yang mempesona serta memiliki aliran sungai bawah tanah yang tidak dimiliki goa lain. Ayo segera jadwalkan liburanmu kai ini berkunjung ke goa seropan Gunungkidul, selamat berkunjung dan terima kasih.

Kunjungi juga yuk: Wisata Pantai Jogan Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!