22 Tempat Wisata di Pacitan Paling Terkenal Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pacitan  Pacitan merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kabupaten Pacitan Ibukotanya adalah Kota Pacitan. Pacitan sangat terkenal dengan goa dan patainya yang indah dan menarik dikunjungi. Kalau anda sendiri sudah ke pantai mana saja. Salah satu pantai paling terkenal di Pacitan adalah Pantai Klayar, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Pacitan Jawa Timur.

Sebelum kita bahas mengenai tempat wisata di Pacitan Jawa Timur ada baiknya kalau kita kenalan terlebih dahulu dengan kota yang terletak terletak di ujung barat daya provinsi Jawa Timur, berjarak 270 km dari kota Surabaya atau 100 km dari Solo. Pacitan sendiri memiliki julukan kota 1001 Goa, karena memang ada banyak sekali goa di Pacitan yang menarik untuk kita kunjungi.

Goa terindah se-Asia Tenggara ada di Pacitan, yaitu Goa Gong, dan masih ada banyak sekali goa-goa yang keren lainnya dan sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Salah satu daya tarik tempat wisata di Pacitan dengan kontur wilayah yang dikelilingi pegunungan adalah pada wisata alamnya yang menawan.

Selain ada banyak tempat wisata yang menarik di Pacitan, ada juga tempat makan yang patut anda coba, seperti tiwul, kupat tahu, cenil dan lain seabgainya.

22 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda keliling-keliling di Pacitan, kita akan sambangi dan kunjungi tempat wisata di Pacitan, setidak ada 22 objek wisata di Pacitan yang menarik untuk kita kunjungi. Apalagi kalau bersama orang-orang tercinta, liburan akan semakin menyenangkan dan hubungan akan semakin ‘hangat’ lagi. Berikut ini diantaranya:

1. Objek Wisata Pantai Srau di Pacitan

Objek Wisata Pantai Srau di Pacitan

Sumber Gambar: www.kameradroid.com

Tempat wisata di Pacitan yang pertama adalah pantai Srau, pantai ini memang tidak seterkelan pantai Klayar, namun keindahan pantai ini sangat luar biasa, bahkan bisa dibilan salah satu yang terindah di Pulau Jawa.

Pantai Srua berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, sekitar 25 km dari Pacitan. Saat berkunjung kemari, kamu tidak hanya disuguhi satu, melainkan tiga pantai yang punya kekhasannya sendiri.

Di pantai pertama, pasir putih sehalus bedak berpadu dengan buih putih dari ombak besar khas pantai selatan. Pantai kedua, pasirnya lebih kasar dan dikelilingi jejeran batu karang sehingga kamu bisa bermain air dengan lebih aman. Pantai yang ketiga sedikit berbeda dengan dua pantai lainnya. Tanpa hamparan pasir, pantai ini berupa jejeran batu karang yang bisa kamu gunakan untuk duduk sembari menikmati pemandangan. 

Bagaimana, anda tertarik liburan ke Pantai Sau? Tunggu apa lagi? Segera buat planing liburan di Pacitan anda bersama keluarga tercinta.

2. Tempat Wisata Terpopuler Pantai Klayar di Pacitan

Tempat Wisata Terpopuler Pantai Klayar di Pacitan

Nah ini dia objek wisata terpopuler di Pacitan, pantai Klayar. Pantai ini adalah tempat wisata di Pacitan yang Paling terkenal, jika anda liburan ke Pacitan, tidak lengkap rasanya kalau tidak ke Pantai Klayar.

Lokasi pantai Klayar ada di Kecamatan Donorojo, sekitar 45 km dari kota Pacitan. Di sinilah kamu bisa menemukan seruling laut, keunikan Pantai Klayar yang gak bakal kamu temui di pantai-pantai lainnya.

loading...

Seruling laut ini berupa batu karang besar yang memiliki celah. Setiap kali ombak besar datang, celah karang itu memancarkan air ke atas dan menimbulkan bunyi siulan. Selain itu, ada karang raksasa yang berbentuk mirip Sphinx lho! Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.

Alamat Pantai Klayar: Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur
Koordinat GPS: -8.223808,110.947473

3. Obyek Wisata Pantai Watu Karung di Pacitan

Obyek Wisata Pantai Watu Karung di Pacitan

Gambar Oleh anakundip.com

Salah satu tempat wisata di Pacitan yang menjadi surganya para peselancar adalah pantaai Watu Karung. Pantai ini memiliki ombak yang sangat menantang untuk ditaklukan.

Lokasinya ada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, pantai ini memang agak tersembunyi dan sulit dijangkau. Namun jangan khawatir, segala jerih payahmu untuk mencapainya akan terbayar dengan pemandangan pulau karang, air laut yang kehijauan, serta pantai yang bersih dengan pasir putih yang lembut.

Di pantai ini anda juga bisa menikmati aneka sajian kuliner yang enak, sangat lengkap sekali rasanya, menyantap kuliner yang lezat ditambah dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Pantai ini punya ombak kelas dunia yang sangat menantang bagi penggemar selancar. Para surfer bisa dengan leluasa membelai ombak bertipe barrel dan reef break yang memicu adrenalin. Di tahun 2009 silam, peselancar top Indonesia Rizal Tanjung mengajak Bruce Irons, juara Rip Curl Pro Search 2008, untuk menjajal ombak Pantai Watu Karung. 

4. Tempat Wisata Seru Pantai Banyu Tibo di Pacitan

Pantai Banyu tiboBanyu tibo? Kalau dalam bahasa indonesianya air jatuh atau air terjun, kalau dalam bahasa Inggrisnya waterfall.

Kalau anda berkunjung ke Patai Klayar, jangan lewatkan juga pantai Banyu Tibo yang masih segaris dengan pantai tersebut.

Di Pantai Banyo Tibo terdapat air terjun mungil yang terletak tepat di bibir pantai, inilah kenapa dibilang banyu tibo. Unik sekali, di pantai kita bisa melihat air tawar berupa ari terjun kecil. Ya, puas-puaskan bermain di pantai dan sebelum pulang ke rumah, basuh rasa lengket di tubuhmu dengan air terjun itu. Tak ingin berenang atau basah-basahan? Kamu cukup duduk di atas batu-batu karang di sekitar pantai sembari menikmati pemandangan.

Jika mau menikmati pantai ini, datanglah saat surut pada pagi atau sore hari. Jika pasang tiba, tempatini tak akanbisa dinikmati karena pantainya tergolong sempit. 

5. Destinasi Wisata Menarik Sungai Maron di Pacitan

Destinasi Wisata Menarik Sungai Maron di Pacitan

Gambar Oleh www.kaskus.co.id

Nah, kalau Amerika punya Green canyon, Indonesia juga punya, anda bisa menikmati pemandangan ala Green Canyon di Pacitan, letaknya di Desa Dersono, Pringkuku, 45 menit dari pusat kota Pacitan.

Disini anda bisa menyusuri sungai dengan menikmati pemandangan sekitarnya yang sangat menawan. Sungai Maron adalah sungai yang vital bagi Desa Dersono dan Desa Sendang. Makanya, sungai ini terlihat bersih dan asri karena menjadi sumber air dan habitat alami ikan air tawar yang bisa dimanfaatkan warga desa.

Yang menarik, di sungai ini sering diadakan lomba dayung setiap tahunnya. 

6. Objek Wisata Sejarah Monumen Jendral Sudirman di Pacitan

Objek Wisata Sejarah Monumen Jendral Sudirman di Pacitan

Gambar Oleh goneabu.blogspot.com

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” — Soekarno

Jika anda berada di Pacitan, jangan lupa untuk berkunjung ke Monumen Jendral Sudirman, sanga Jendral Besar yang bertubuh kerempeng ini begitu ditakuti oleh penjajah.

Monumen ini berdiri megah di Pakis Baru, Kecamatan Nawangan. Di tempatinilah dulu Jenderal Sudirman mendirikan markas dan menentukan strategi gerilya. Jangan dibayangkan monumen yang kuno dengan arsitektur ala Orde Baru! Kamu bisa menikmati dioramayang diukir dengan apresiasi tinggi terhadap seni; menaiki tangga-tangganya yang berjumlah 70 buah (17 + 8 + ’45 = 70);atau sekadar santai-santai bersama temandi halamannya yang lapang. Di tempa ini anda juga bisa melihat bagaimana tempat sang jendral menyusun strategi, bedek (rumah bambu).

7. Obyek Wisata keluarga Pemandian Banyu Anget di Pacitan

Obyek Wisata keluarga Pemandian Banyu Anget di Pacitan

Gambar Oleh www.banyuanget.com

Selanjutnya, anda bisa mandi-mandi sepuasnya di pemandian air panas di Pacitan yang sangat terkenal, Pemandian Tirto Husodo yang mempunyai sumber air panas dari perbukitan kapur.

Lokasi pemandian ini berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, tempat ini bisa ditempuh sejauh 15 km ke utara kota Pacitan.

Agar bisa dinikmati pengunjung, air mendidih yang terkumpul di kolam utama akan dicampur dengan air dingin di tiga kolam lainnya. 

Di sekitar pemandian ini pemandangannya juga sangat menawan, dikelilingi perbukitan yang hijau dan asri.

8. Tempat Wisata Kuliner Terkenal Nasi Tiwul di Pacitan

Tempat Wisata Kuliner Terkenal Nasi Tiwul di Pacitan

Gambar Oleh www.tripadvisor.co.id

Nah, ini dia salah satu kuliner yang mesti kamu coba di Pacitan, Nasi Tiwul. Salah satu yang terkenal ada nasi tiwulnya bu Gandos yangJalan Solo–Pacitan KM 5. Di sini, menyantap tiwul akan lebih lengkap dengan urap kenikir dan jangan (sayur) dari daging hiu muda. Ada juga sambal mentah hangat yang dijamin membuat membakar lidah dan dadamu.

Hmm, dengan rasa yang menggoyang lidah, membuat tempat makan ini selalu ramai oleh pengunjung, baik dari lokal maupun wisatawan yang datang dari berbagai  daerah di Indonesia.

Anda juga akan disuguhkan minuman es kelapa muda yang segar, hmmm, terasa sekali nikmatnya makan.

9. Tempat Wisata Keren Pantai Teleng Ria di Pacitan

Tempat Wisata Keren Pantai Teleng Ria di Pacitan

Objek wisata di Pacinta yang selanjutnya adalah Pantai Teleng Sari, pantai ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Dengan hamparan pasir yang indah serta ombak laut yang relatif tenang membuat pantai ini menjadi destinasi favorit bagi banyak keluarga untuk menghabiskan waktu liburannya. Anda dapat bermain di tepi pantai, berenang, dan melakukan banyak kegiatan menarik lainnya.

Alamat Pantai Teleng Ria: Jl. WR Supratman, Kel. Sidoharjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Koordinat GPS: -8.220346,111.080865

10. Tempat Wisata Pantai Pidakan Pacitan

Tempat Wisata Pantai Pidakan Pacitan

Pantai di Pacitan yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah pantai Pidakan, pantai ini agak berbeda dengan pantai lainnya, dimana pantai ini lebih dominan kerikilnya daripada pasirnya.  Kerikil di pantai ini semuanya berwarna putih, sehingga menambah pesona keindahan pantai selatan ini. Cantik dan membuat siapapun yang mengunjungi Pantai Pidakan akan betah dan enggan untuk pulang.

Lokasinya ada di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan. Dari Kota Pacitan kurang lebih 50 KM menuju Desa Jetak. Untuk menjangkaunya, bisa melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan. Pantai Pidakan ini berada di pinggir JLS, kurang lebih 2 kilometer dari JLS.

11. Destinasi Wisata Pantai Soge di Pacitan

Destinasi Wisata Pantai Soge di Pacitan

Gambar Oleh unrevealerror.wordpress.com

Destinasi wisata di Pacitan yang selanjutnya adalah pantai Soge, pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Pacitan yang wajib kamu kunjungi, lokasinya ada di Ds. Sidomuyo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan.

Disini, Sunsetnya sangat mengagumkan, sehingga tidak heran kalau menjelang sore selalu ramai oleh pengunjung. Kita bisa menemukan pantai ini dengan mudah, karena berada di pinggir jalan.

12. Tempat Wisata Pantai Buyutan di Pacitan

Tempat Wisata Pantai Buyutan di Pacitan

Satu lagi tempat wisata di Pacintan berupa pantai indah yang menawan dan sayang untuk dilewatkan, pantai Buyutan. Pantai ini berada di Kecamatan Donorojo. 

Tidak jauh beda dengan Pantai Klayar yang merupakan tetangga dekatnya, Pantai Buyutan memiliki pasir putih super lembut yang sayang sekali kalau dilewatkan. Berada di pantai ini kita bisa puas mainan pasir dan air. Pasir yang sangat lembut membuatnya terasa nyaman di telapak kaki

Sangat sayang sekali kalau sampai anda lewatkan, pantai ini sangat luar biasa sekali keindahnnya.

13. Tempat Wisata Pantai Karang Bolong di Pacitan

Tempat Wisata Pantai Karang Bolong di Pacitan

Pantai ini masih berada di sekitar pantai Klayar, lokasinya sama dengan pantai Klayar, bahkan jalur masuk retribusinya masih satu dengan pantai klayar. Nama pantai ini memang tidak setenar Klayar. Namun soal suasana, pantai yang satu ini tak mau kalah.

Kalau kebetulan kamu sedang main ke Pantai Klayar dan ingin mengkeksplor pantai lain yang ada di sekitar sana, mampir ke pantai ini bisa jadi pilihan tepat

Rugi rasanya kalau tidak mampir ke pantai karang bolong.

14. Menikmati Keindahan Pantai Seruni Pacitan

Pantai Seruni Pacintan

Pantai Seruni Pacintan via Detik Travel

Satu lagi pantai yang indah dan layak menjadi salah satu destinasi wisata selama di Pacitan, yaitu pantai Seruni.

Lokasinya sama dengan pantai Srau, masih dalam satu kecamatan. Akses ke pantai ini juga jauh lebih sulit dibandingkan Srau

Maka tak heran kalau pantai ini masih sangat sepi. Kesepian pantai ini membuatnya seakan pantai pribadi ketika sedang berada disana. Jika kamu termasuk penggemar pantai yang sepi, berkunjung ke pantai ini akan menjadi hal yang sangat menarik, rugi rasanya kalau sampai melewatkan pantai yang cukup eksotis ini.

15. Objek Wisata Pantai Tawang di Pacitan

Objek Wisata Pantai Tawang di Pacitan

Sumber http://travel.detik.com

Pantai tawang mungkin tidak terlalu terkenal, lokasinya berada di Desa Katipugal, Kecamatan Kebonagung, Pacitan. Dengan jarak tempuh sekitar 20 km dari Pusat Kota Pacitan ke arah timur. Rutenya adalah ke arah timur Pacitan, lewat Sirnoboyo, hingga Jalur Lintas Selatan.

Pantai ini memiliki pasir pantai kecoklatan sampai hitam.

Info menarik lainnya: 18 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

16. Destinasi Wisata Pantai Kali Uluh di Pacitan

Destinasi Wisata Pantai Kali Uluh di Pacitan

Pantai Kali Uluh memiliki keindahan yang luar biasa, sangat sayang sekali kalau kamu lewatkan. Lokasinya ada di desa Klesem, Kecamatan Kebonagung.

Jika ditempuh dari kota Pacitan kira-kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit-an untuk sampai ke pantai ini. Sama seperti pantai-pantai lain di Pacitan, pantai ini juga memiliki pasir berwarna putih. 

Pantai ini kurang cocok main kejar-kejaran ombak karna di bibir pantainya terdapat bebatuan yang cukup besar, sehingga agak menyulitkan kalau harus berlarian di pantai ini.

17. Tempat Wisata Pantai Taman di Pacitan

Tempat Wisata Pantai Taman di Pacitan

Sumber: kompasiana.com/donypurnomo

Di Pantai Taman, anda bisa menikmati wahana yang menantang, Flying fox. Flying fox disini merupakan yang terpanjang di Indonesia sepanjang 450 meter ketinggian 74 meter, jadi sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Wisata Flying fox ini meluncur dari puncak bukit melewati bagian atas pantai hingga mendarat di pantai taman.

Jika anda punya penyakit jantung sebaiknya jangan mencoba permainan yang satu ini. Disini pengunjung juga bisa menikmati permainan outbond, atau melihat penangkaran penyu.

Oh ya, jika anda mencoba flying fox, tidak perlu khawatir, karena aspek keselamatan sangat diperhatikan, dimana talinya menggunakan bahan yang terstandar hingga mampu membawa beban 2000 kg.

Jangan lewatkan juga: 13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

18. Objek Wisata Pantai Kunir di Pacitan

Objek Wisata Pantai Kunir di Pacitan

Lokasi pantai kunir ada di desa Pager Kidul, kecamatan Sudimoro. Akses menuju pantai ini memang tidak gampang. Namun, di tengah sulitnya perjalanan menuju pantai Kunir, kamu akan mendapatkan sebuah sajian yang sangat sebanding

Pantai Kunir memiliki pasir putih dengan ombak yang sedang. Seperti pantai lain pada umumnya di Pacitan. Pantai ini cukup asik untuk mainan air. Panjang pantai Kunir ini sekitar setengah kilometer dan masih sangat sepi. Tipikal pantai yang sangat pas untuk mencari inspirasi

19. Objek Wisata Terkenal Goa Gong di Pacitan

Objek Wisata Terkenal Goa Gong di Pacitan

Sumber: tempattempatindah.wordpress.com

Nah ini dia yang saya sebutkan diawal tadi sebagai goa terindah se-Asia Tenggara, Goa Gong. Goa ini berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, ada sebuah goa dengan pemandangan stalagtit yang menakjubkan. Dengan kedalaman sekitar 700-800 meter, goa ini memiliki 7 ruangan besar yang memiliki keunikannya masing-masing. Di salah satu ruangan, kamu bisa menemukan Sendang Bidadari yang airnya jernih. Di ruang lain, ada batu unik yang jika ditabuh akan mengeluarkan bunyi seperti Gong. Keberadaan batu inilah yang konon menjadi dasar penamaan goa ini.

Jangan mengira kamu bakal menemukan goa yang gelap gulita. Untuk masuk ke dalamnya kamu bahkan gak membutuhkan senter karena di dalam goa sudah terpasang lampu temaram yang menciptakan warna-warni cantik di dinding goa. Jalan setapak juga sudah dibangun, lengkap dengan pagar pembatas, biar kamu gak sembarangan menginjak bagian goa.

Alamat Goa Gong: Desa Bomo, Kec. Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Koordinat GPS: -8.16484,110.97984

20. Objek Wisata Unik Goa Tabuhan di Pacitan

Objek Wisata Unik Goa Tabuhan di Pacitan

Sumber Gambar pacitanberbagicinta.blogspot.com

Selain Goa Gong yang sangat terkenal, ada juga Goa Tabuna yang menarik untuk dikunjungi, di Goa ini kita bisa menikmati alunan musik gamelan. Kok bisa ya? Di salah satu sudut goa ada kumpulan stalagtit yang bisa menghasilkan bunyi serupa gamelan. Oleh kelompok gamelan yang dibentuk dari warga setempat, bunyi-bunyian ini diubah menjadi orkestrasi nada yang ajaib. Makanya, goa ini berubah nama menjadi Goa Tabuhan. Keunikan ini pasti gak bakal kamu temukan di tempat lain deh!

Lokasi Goa Tabuhan berada di Kecamatan Punung,tidak terlalu jauh dari Goa Gong. Kedalaman goa ini sekitar 100 meter dan memiliki dua ruangan. Awalnya goa ini bernama Goa Tapan, karena dulu sering dimanfaatkan orang untuk bertapa. Hmm, pantas hawanya sedikit mistis.

21. Tempat Wisata Goa Luweng Jaran di Pacitan

Tempat Wisata Goa Luweng Jaran di Pacitan

Sumber Gambar mapagama.ukm.ugm.ac.id

Satu lagi tempat wisata goa di Pacitan yang tidak boleh kamu lewatkan, goa Luweng Jaran, Goa ini menyuguhkan adrenalin petualangan menuju ke perut bumi.

Goa Luweng Jaran ini punya lorong yang sangat panjang dan terhubung dengan goa lainnya. Konon, panjang lorong goa ini mencapai 48 kilometer. Sepanjang goa, kamu bisa menikmati pemandangan ornamen-ornamen unik yang terbentuk secara alami. 

Bagaimana? Sangat menarik sekali bukan? Sangat sayang untuk dilewatkan tentunya.

22. Objek Wisata Goa Song Terus di Pacitan

Objek Wisata Goa Song Terus di Pacitan

Sumber Gambar cavinglizsea.blogspot.com

Goa ini bisa dibilang menjadi tempat wisata mistis di Pacitan, disini anda bisa menemukan kerangka manusia purba berusia 10 ribu tahun pada 1999.

Lokasi goa ini berada di Kecamatan Punung, tepatnya di Desa Mendolo Lor, goa ini menjadi destinasi utama para arkeolog untuk meneliti sejarah manusia purba.

Tentu tidak ada yang tahu nama sebenarnya dari manusia purba ini. Namun, warga sekitar sepakat menamainya Mbah Sayem. Mbah Sayem sendiri adalah seorang laki-laki berusia sekitar 40-50 tahun. Ketika ditemukan, ia sedang menggenggam alat batu dan alat kerja dari tulang.

Tak begitu jauh dari Goa Song Terus, ada satu goa lain yang juga menjadi tempat bersemayam para manusia purba: Goa Song Keplek. Di Goa Song Keplek inilah ditemukan berbagai testamen bahwa manusia sejak dulu bertahan karena kerja keras. Ada artefak seperti gurdi, lancipan, limas, serta alat-alat serpih lainnya yang terkubur dalam goa.

Bagaimana? Anda sudah tidak sabar ingin segera berlibur ke Pacitan? Silahkan anda pilih dan tentukan kira-kira mana saja tempat-tempat yang akan anda kunjungi selama di Pacitan Jawa Timur. Itulah 22 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi dari kami, mungkin anda punya cerita sendiri selama liburan di Pacitan, jangan sungkan untuk membagikan kepada kami, silahkan tuliskan di kolom komentar, nanti akan kami tambahkan juga di artikel ini agar bisa menjadi rujuan panduan wisata di Pacitan untuk yang lainnya juga. Semoga bermanfaat. Baca juga 20 Tempat Wisata di Jember Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

loading...

32 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!