57 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jawa Tengah – Bagi warga Jawa Tengah, menikmati waktu liburan bersama keluarga tidak mesti jauh-jauh ke luar negeri, karena ternyata ada banyak sekali objek wisata di berbagai daerah di Jawa Tengah yang menarik untuk kita kunjungi.

Masing-masing kabupaten dan Kota di Jawa Tengah memiliki objek wisata masing-masing yang tidak kalah dengan tempat wisata di Mancanegara. Sangat rugi rasanya kalau kita berlibur ke luar negeri tapi ternyata justru lebih indah dan menarik objek wisata di dalam negeri, terutama Jawa Tengah. Nah, Tempatwisataseru.com kali ini ingin mengajak anda liburan ke tempat wisata di Jawa Tengah.

Tempat Wisata di Jawa Tengah

Sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata di Jawa Tengah yang rekomended untuk anda kunjungi, namun kali ini saya akan bagikan yang paling rekomended setidaknya ada  yang mesti anda kunjungi saat liburan bersama keluarga tercinta atau pasangan anda.

1. Taman Nasional Karimunjawa di Jepara

Tempat wisata di Jawa Tengah yang rekomended pertama adalah taman nasional Karimunjawa. Siapa yang tidak kenal dengan taman nasional yang satu ini.

Objek wisata Jawa Tengah yang sudah terkenal sampai ke mancanegara ini tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Jepara.

Tempat Wisata Karimunjawa Jepara

Tempat Wisata Karimunjawa Jepara

Taman Nasional ini jaraknya hanya berkisar 83 km di arah barat laut Jepara, Karimunjawa adalah sebuah cagar alam laut yang dilindungi dan kini disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa. Karimunjawa adalah sebuah destinasi wisata yang populer di Indonesia, adalah pula salah satu tempat wisata di Jepara yang sangat terkenal. Pengalaman wisata laut di Jawa Tengah paling menakjubkan dapat Anda temukan di Karimunjawa.

Baca selengkapnya: 15 tempat wisata di Jepara

Berbagai kegiatan khas pantai bisa anda lakukan seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang, atau menjelajahi laut yang jernih adalah pilihan menarik lainnya di Karimunjawa. Keunikan budaya dan tradisi penduduk lokal di sana adalah objek interaksi sosial yang menarik selama kunjungan wisata Anda.

2. Candi Borobudur di Magelang

Objek wisata di Jawa Tengah yang tidak kalah menariknya lagi adalah candi Borobudur masuk dalam 7 kejaiban dunia. Situs warisan Unesco ini wajib anda kunjungi saat berkunjung ke Magelang Jawa Timur.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Para ilmuan masih terheran-heran dengan bangungna yang satu ini, karena lokasinya yang ada di dataran tinggi dan bahan bebatuan untuk membuatnya berjarak sangat jauh sekali. Dan misteri pembangunan candi ini masih belum terpecahkan sampai sekaang.

Tidak hanya megah saja, candi ini juga memiliki keindahan yang sangat menawa, memiliki nilai seni yang tinggi dan dinyatakan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO, dan menjadi destinasi wisata di Indonesia yang terkenal. Destinasi wisata ini begitu mudah dijangkau, baik dengan kendaraan kecil maupun besar.

Terdapat 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleks Candi Borobudur ini. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp 30 ribu per orang (dewasa), anak-anak sebesar Rp 12.500 per orang. Untuk tiket masuk turis mancanegara adalah sebesar USD 20 (dewasa) dan USD 10 (anak-anak).

3. Museum Purbakala Sangiran di Sragen

Kalau anda berada di Sragen Jawa Tengah, jangan sampai tidak mampir ke Museum Purbakala yang memiliki 13.809 koleksi fosil manusia purba yang dapat Anda saksikan di Sangiran ini.

Museum Purbakala Sangiran di Sragen

Museum Purbakala Sangiran di Sragen

Oleh karenanya, Sangiran dinyatakan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage). Museum Purbakala Sangiran di Sragen ini memberi sumbangsih besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia, khususnya ilmu arkeologi, geologi, paleoanthropologi, dan biologi. Ada banyak pengetahuan yang dapat diperoleh dari tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini.

4. Museum Kereta Api Ambarawa

Jika anda ingin melihat bagaimana kehidupan masyarakat Jawa yang sesungguhnya, anda bisa mengunjungi Ambarawa yang bisa anda tempuh dengan kendaraan sekitar 30 menit saja.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Terdapat Museum Kereta Api Indonesia di Ambarawa, kereta api yang ada ditempat ini adalah peninggalan Belanda, dan secara keseluruhan museum ini memiliki koleksi 21 lokomotif tua.

Untuk dapat masuk ke museum, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Museum Kereta Api Ambarawa sebesar Rp 5 ribu per orang. Di area museum ini, cara paling favorit yang dilakukan wisatawan selain melihat-lihat lokomotif tua adalah berkeliling menggunakan kereta wisata yang tersedia, cukup dengan biaya Rp 10 ribu per orang.

Alamat: Jl. Stasiun, No. 1, Ambarawa, Jawa Tengah

5. Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo

Nah, satu lagi tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi, yaitu dataran tinggi Dieng.

Ada banyak sekali objek wisata di dataran Tinggi Dieng yang menarik untuk kita kunjungi. Dataran tinggi Dieng terletak di Wonosobo Jawa Tengah, berjarak sekitar 30 km saja dari pusat Kota Wonosobo, berada di antara perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, objek wisata di Jawa Tengah ini terkenal pula dengan julukan “tempat persemayaman para dewa dewi”.

Baca selengkapnya: 21 Tempat Wisata Dieng

Di kawasan wisata Dieng ini, Anda dapat menemukan sejumlah landmark paling memikat. Mulai dari candi-candi Hindu, Bukit Sikunir Dieng, Telaga Warna Dieng, hingga Sumur Jalatunda.

6. Kawasan Wisata Baturaden di Banyumas

Kalau anda berada di Jawa ‘Ngapak’ Banyumas Jawa Tengah, jangan sampai tidak mengunjungi kawan wisata Baturaden yang ada di Kecamatan Baturaden ini.

Objek Wisata Terkenal Baturaden di Purwokerto

Lokasi kawasan wisata Baturaden ini ada di lereng arah selatan Gunung Slamet, salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan hawa udara yang sejuk. Di kawasan wisata ini pula, Anda dapat menyaksikan kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, serta sejumlah pantai berpanorama indah di Cilacap. Salah satu yang terkenal dari Baturaden adalah pemandian air panasnya yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pancuran Pitu.

Tempat wisata di Banyumas ini adalah pula destinasi wisata keluarga yang patut Anda kunjungi. Di sana Anda dapat berekreasi di Wana Wisata Baturaden, sebuah hutan alam hijau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau teman-teman Anda. Lokasi Wana Wisata ini berjarak sekitar 2 km dari Baturaden. Masih ada juga Taman Kaloka Widya Mandala, sebuah kebun binatang di Baturaden serta memiliki museum untuk menyimpan kerangka satwa khas Indonesia.

Alamat: Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

7. Rafting di Sungai Progo Atas Magelang

Anda suka olahraga yang menantang? Tidak ada salahnya mencoba adrenalin di sungai Progo Atas di Magelang. Lokasinya ada di sepanjang 12 kilometer Sungai Progo Atas dan akan memakan durasi waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam.

Rafting di Sungai Progo Atas

Rafting di Sungai Progo Atas

Terdapat sejumlah rute arung jeram di Sungai Progo Atas diantaranya adalah arung jeram sungai Progo Hulu, arung jeram sungai Progo Atas, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Sungai Progo Hulu dan sungai Progo Atas berada di wilayah Magelang, sementara Sungai Progo Bawah berada di kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta.

Alamat: Perumahan Griya Tok Songo , Magelang, Jawa Tengah

8. Ketep Pass di Magelang

Masih di Magelang, untuk menikmati pemandangan alam yang menawan anda bisa mengunjungi Ketep Pass, Anda dapat secara langsung menyaksikan luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass memiliki sejumlah fasilitas wisata yang menarik, di antaranya Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang, dan Pelataran Panca Arga.

Sunrise di Ketep Pass Magelang

Sunrise di Ketep Pass Magelang

Spot paling populer di tempat wisata Jawa Tengah yang satu ini adalah Gardu Pandang. Ada 2 buah teropong di Ketep Pass, yakni di Gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga. Tahukah Anda, dari Pelataran Panca Arga Anda bahkan dapat menyaksikan lima gunung sekaligus, yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Slamet, dan Sumbing.

Di Magelang, Ketep Pass dikenal banyak wisatawan sebagai salah satu destinasi yang favorit untuk dikunjungi. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Ketep Pass di Magelang ini sebesar Rp 7.500 per orang.

Alamat: Jl. Blabak Boyolali Km. 16, Kec. Sawangan, Magelang, Jawa Tengah

9. Kampung Batik Laweyan di Solo

Sekarang kita ke Solo, sebenarnya ada banyak tempat wisata di Solo yang menarik untuk kita kunjungi, salah satunya adalah kampung Batik Laweyan.

Menurut ceritanya, Kiai Ageng Henis (kakek Panembahan Senopati) adalah orang yang mengajari penduduk setempat bagaimana cara membatik. Konon menurut kisah, usia Kampung Laweyan jauh lebih tua daripada Keraton Kasunanan di mana daerah Laweyan di Solo ini sudah eksis dengan batiknya sejak Kerajaan Pajang berkuasa di Jawa Tengah pada pertengahan abad ke-16.

Di Kampung Batik Laweyan, Anda akan mendapati kesan arsitektural Eropa di kampung Laweyan ini. Banyak rumah-rumah di Laweyan dibangun dengan sentuhan arsitektur Eropa yang megah dan kokoh. Dulu, rumah-rumah itu adalah kediaman para saudagar batik. Tetapi kini, kampung yang berdiri di atas lahan seluas 24 hektar tersebut terbagi ke dalam tiga blok besar.

Anda dapat puas berkeliling dari satu toko ke toko lainnya untuk mencari batik yang paling Anda sukai di tempat ini. Sungguh, Indonesia terkenal akan kerajinan batiknya, seperti yang dapat ditemukan di Jogja, Solo, Cirebon, Papua, dan masih banyak lagi dari berbagai daerah di Nusantara.

Alamat: Jl. Doktor Radjiman No. 521, Solo, Jawa Tengah

10. Ngarsopura Night Market di Solo

Masih di Solo, kita akan jalan ke Ngarsopura Night Market. Disini anda bisa membeli aneka kerajinan, batik, souvenir, hingga makanan kuliner khas Solo.

Ngarsopura Night Market merupakan pasar malam di Solo yang secara rutin dibuka pada hari Sabtu – Minggu mulai pukul 19.00 – 21.00 WIB. Ngarsopura ini adalah tempat berdagang yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki KTP Solo.

Di tempat ini juga Anda akan menjumpai live performance, seperti jazz, tarian, atau musik etnik dari para penggiat seni di Solo. Hal ini ditujukan untuk menambah semarak suasana di Ngarsopuro Night market.

Sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang populer, Solo memang ramai akan kunjungan wisatawan. Jika Anda tiba di Solo pada hari Sabtu, luangkanlah waktu untuk bermalam minggu di Ngarsopura.

Alamat: Jl. Diponegoro, Solo, Jawa Tengah

11. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo

Satu lagi objek wisata di Jawa Tengah tepatnya di Solo yaitu Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Keraton ini didirikan pada 1744 oleh Sunan Paku Buwono II, dan kini menjadi sebuah tempat yang menyimpan banyak nilai sejarah. Dalam bagian keraton yang disebut Panggung Sanggabuwana, konon di situlah Susuhunan bersemedi dan bertemu Nyai Rara Kidul, penguasa Pantai Selatan.

Selain itu, terdapat pula museum yang menyimpan barang-barang peninggalan keraton dan fragmen candi-candi di Jawa Tengah. Harga tiket masuk keraton Surakarta adalah sebesar Rp 4 ribu per orang. Jika Anda membawa kamera, akan dikenakan tiket tambahan Rp 2 ribu. Setelah puas berkeliling keraton, jangan lupa untuk singgah ke Pasar Klewer yang berjarak tidak jauh. Pasar ini adalah salah satu pusat perdagangan batik di Solo yang terkenal selain juga Kampung Batik Laweyan.

Alamat: Kelurahan Baluwarti, Kec. Pasar Kliwon , Solo, Jawa Tengah

12. Jalan Pahlawan Semarang

Semarang sebagai Ibukota Provinsi juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Aneka jajan dan tempatnya yang lapang dan dihiasi lampu-lampu terang, membuat banyak masyarakat kota menjadikan tempat ini sebagai tempat rekreasi asik pada malam hari.

Trotoar jalan yang luas dan tertata rapi adalah keistimewaan jalan ini. Tatkala sore, banyak warga Semarang menghabiskan waktunya dengan bermain-main dan bersantai di sepanjang Jalan Pahlawan ini. Terlebih di saat akhir pekan, kemeriahan dan lalu lalang orang terlihat begitu ramai hingga malam hari.

13. Kota Lama Semarang (Little Netherland)

Satu lagi tempat wisata di Semarang yang bisa anda kunjungi yaitu Kota Lama Semarang. Disini anda bisa menemukan rekaman tata bangun wilayah berarsitektur Eropa yang ada di tempat ini. Objek wisata di Semarang yang satu ini dijuluki pula sebagai “Little Netherland”.

Landmark paling menarik di kawasan Kota Lama adalah Gereja Blenduk, sebuah bangunan berusia lebih dari 2.5 abad. Kata blenduq berasal dari bahasa Jawa, yang berarti kubah, merujuk pada kubah gereja ini. Atapnya yang melengkung dan berwarna merah terasa kontras dengan dindingnya yang bercat putih. Empat pilar kokoh dan menara kembarnya yang khas di bagian depan membentuk ciri khas gereja yang satu ini.

Kota Lama Semarang merupakan destinasi favorit bagi para penikmat sejarah dan pecinta fotografi yang ada di Indonesia. Selain Gereja Blenduk, Kawasan Stasiun Tawang dan Polder Air Tawang adalah landmark lain yang patut Anda kunjungi saat berada di Kota Lama Semarang. Di area Polder, terdapat pabrik rokok Praoe Lajar (Prau Layar) yang masih beroperasi sejak dulu sampai sekarang. Menikmati suasana di Kota Lama Semarang pada malam hari adalah salah satu cara terbaik di tempat ini.

Alamat: Jl. Kartini, Semarang, Jawa Tengah

14. Lawang Sewu di Semarang

Bangunan bersejarah di Semarang ini masih terawat hingga kini. Bangunan ini dibangun pada 1904 pada masa penjajahan kolonial Belanda. Pada awalnya, Lawang Sewu adalah kantor pusat perusahaan kereta api (trem) Belanda.

Sebenarnya pintu disini tidak benar-benar seribu, melainkan sekitar 429 buah dengan daun pintu lebih dari 1.200, masyarakat Semarang menamakannya Lawang (pintu) dan Sewu (seribu), artinya seribu pintu.

Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Lawang Sewu sebesar Rp 10 ribu per orang. Jika ingin memasuki ruangan bawah tananhya, maka Anda harus membayar Rp 30 ribu per orang.

Alamat: Jl. Pemuda (Komplek Tugu Muda), Semarang, Jawa Tengah | Telp. (024)

15. Masjid Agung Jawa Tengah

Jangan lupa ya untuk mampir dan Shalat di Masjid agung Jawa Tengah. Masjid ini merupakan kebanggaan warga Jawa Tengah, lokasinya ada di kota Semarang dan pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2006.

Uniknya, bangunan masjid ini merupakan gabungan dari arsitektur Islam, Romawi, dan Jawa.

Fasilitas yang dimiliki Masjid Agung Jawa Tengah di antaranya museum, studio radio, Al Quran raksasa, payung elektrik, dan lain-lain.

16. Grojogan Sewu Tawangmangu

Sekarang kita beranjak ke Karanganyar, kalau anda liburan e Karanganyar jangan lupa untuk mampir ke Tawangmangu. Sebelumnya sudah dibagikan 14 tempat wisata di Tawangmangu.

Wisata Tawangmangu Grojogan Sewu

Wisata Tawangmangu Grojogan Sewu

Ada banyak sekali objek wisata di Tawangmangu yang menarik untuk kita kunjung, salah satunya adalah Grojogan Sewu. Pada musim liburan, tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari segala penjuru tanah air.

Di lokasi ini anda dapat menikmati pemandangan alam yang masih hijau dan asri dan dilengkapi oleh kera-kera yang masih liar dan banyak terdapat di lokasi wisata. Oleh karena itu apabila berkunjung kesini anda harus berhati-hati. lengah sedikit, barang bawaan anda dapat dicuri oleh gerombolan kera ini.

17. Taman Wisata Air Panas Guci

Kalau anda liburan ke Tegal, jangan lupa untuk mampir ke taman pemandian air panas Guci. Untuk mencapai tempat pemandian ini, kita harus menempuh perjalanan sekitar 40 Km dari Kota Tegal.

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Lokasi Pemandian air panas ini terdapat di Lereng Gunung Selamet, yaitu Gunung Tertinggi di Jawa. Pemandian Air panas Guci ini banyak diminati oleh para wisatawan karena selain pemandangannya yang indah, air panas yang keluar di pemandian ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Baca selengkapnya: 19 Tempat Wisata Favorit di Tegal Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

18. Candi Prambanan

Selain candi Borobudur yang megah, juga ada candi Prambanan yang tidak kalah eksotis dan ajaibnya. Candi ini menjadi ikon wisata Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi.

Uniknya, karena sangat luas, candi ini berada di beberapa daerah administrasi Kabupaten Klaten dan Provinsi Yogyakarta. Jadi banyak orang yang mengatakan bahwa candi yang sangat mendunia ini juga sebagai tempat wisata di Klaten.

Candi Prambanan terkenal dengan cerita  legendanya yaitu antara Roro Jonggrang dengan Bandung Bondowoso. Konon menurut legenda yang tersebar luas di masyarakat adalah bahwa candi yang keseribu di Candi Prambanan tersebut merupakan sosok Roro Jonggrang yang dikutuk oleh Bandung Bondowoso.

19. Obyek Mata Air Cokro (OMAC)

Masih di Klaten, masih ada banyak tempat wisata di Klaten yang menarik untuk kita kunjungi, salah satunya adalah Obyek Mata Air Cokro (OMAC).

Obyek Wisata Mata Air CokroTulung Klaten

Obyek Wisata Mata Air CokroTulung Klaten

Objek wisata yang satu ini ada di Desa Cokro Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Umbul Cokro Tulung ini luasnya mencapai 15.000 meter persegi. Air yang diperoleh dari Umbul Cokro Tulung itu sendiri berasal dari mata air yang jernih dan bersih. Selain itu juga aliran sungai yang tenang dan bersih serta berbagai macam pepohonan yang rindang yang ditanam dan dirawat oleh pengelola tempat wisata tersebut membuat tempat ini semakin nyaman untuk dikunjungi.

Disini, ada banyak wahana permaian yang bisa kita nikmati, diantaranya seperti waterboom, flying fox, water sliding, serta tempat bermain untuk anak-anak.

20. Menyelam di Umbul Ponggok

Masih di Klaten Jawa Tengah, ada satu objek wisata yang unik dan sangat menarik untuk kita kunjungi, yaitu Umbul Pongok. Disini anda bisa menyelam di laut dan melihat ikan-ikan di dasar lautnya mungkin sudah biasa.

Tempat Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Tempat Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Anda bisa menyelam sambil bergaya menonton televisi ataupun bermain video game. Jadi menyelam di Umbul Ponggok ini bukan menyelam dilaut lepas melainkan menyelam disebuah kolam renang yang berbentuk raksasa. Jadi kolam renang ini didekorasi serekayasa mungkin seperti diletakkan bebatuan yang mirip dengan batu karang dan ikan-ikan yang berbagai macam bentuk dan warna sehingga terlihat mirip sekali dengan dasar lautan.

21. River Boarding Kali Pusur

Anda pernah mencoba olahraga river boarding? Olahraga ekstrim yang satu ini mungkin masih belum terlalu dikenal. Olahraga ini sangat menantang untuk kita coba.

Tempat Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten

Tempat Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten

Jika anda di Klaten, jangan sampai tidak mencoba wahana river boarding yang ada di Kali Pusur. Tempat wisata di Klaten yang selanjutnya ini letaknya tidak jauh dari tempat wisata Umbul Cokro Tulung.

Diobjek wisata ini kalian akan menikmati rasanya mengarungi sungai dengan aliran yang tidak menentu kadang  cepat, kadang lambat dan landai, namun bisa juga menjadi deras dan jeram.

Untuk river boarding ini sendiri sudah dipastikan aman karena disana anda akan ditemani oleh dan didampingi oleh pemandu dan operatornya.

22. Mendaki Gunung Merbabu

Kalau anda hobi mendaki coba taklukan Gunung yang ada di empat wilayah ini, yaitu Gunung Merababu. Gunung ini masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga, dan Kabupaten Semarang.

Trekking Gunung Merbabu

Trekking Gunung Merbabu

Merbabu mempunyai dua puncak tertinggi yaitu Puncak Kenteng Songo (3.142 mdpl) dan Puncak Syarif (3.119 mdpl). Selain itu terdapat pula lima buah kawah masing-masing Kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo. Gunung Merbabu banyak diminati pendaki karena memiliki tingkat kesulitan yang relatif sedang serta pemandangan yang sangat indah sepanjang jalur pendakian.

23. Goa Petruk

Kalau anda sedang liburan di Kebumen, jangan sampai tidak mampir di Goa Petruk yang ada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Goa Petruk Kebumen

Goa Petruk Kebumen

Goa ini terletak di atas bukit kapur setinggi 75 meter, jadi untuk mencapainya pengunjung harus berjalan menyusuri anak tangga terlebih dahulu. Goa ini sangat indah mempesona karena kondisi alaminya yang belum tersentuh campur tangan pengelola. Dari informasi, goa ini memiliki panjang hingga 2000 meter dan dapat ditelusiri hingga 350 meter. Dalam goa ini terdapat tiga tingkatan lantai goa yaitu lantai satu, dua, dan tiga.

Tetesan air kapur berjatuhan dari stalaktit goa. Bentuk stalaktit dan stalagmit goa petruk membentuk ornamen-ornamen yang unik. Dalam goa ini juga terdapat sendang dan air terjun. Wisatawan yang akan berkeliling gua ini akan ditemani seorang pemandu. Seorang ahli goa, Dr Koo, menyatakan bahwa Goa Petruk merupakan goa terindah diseantero Indonesia.

24. Pantai Nampu

Ternyata Jawa Tengah juga punya objek wisata pantai ya, salah satunya adalah Pantai Nampu yang terletak di Desa Dringo Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Wisata ke Pantai Nampu

Wisata ke Pantai Nampu

Wonogiri dikenal sebagai wilayah yang masih relatif sepi penduduknya. Tak heran pantai ini masih sunyi dan sepi karena jauh dari kota. Oleh karena itulah pantai ini masih alami. Namun demikian, sarana menuju pantai ini sudah cukup baik mulai dari akses jalan beraspal, area parkir, toilet, tenda penunjuk, tempat makan, dan sebagainya

Memiliki pasir putih bersih dan air laut yang jernih belum tercemari, namun berhati-hatilah jika berenang karena pantai ini memiliki ombak besar khas pantai selatan dan juga bebatuan karang. Saat air laut surut, akan terlihat  bebatuan karang yang sangat indah memukau wisatawan.

25. Pantai Pulau Panjang Jepara

Selain pantai nampu, di Jawa Tengah khususnya di Jepara juga ada pantai Pantai Pulau Panjang yang menarik untuk kita kunjungi. Untuk mencapai pantai ini kita harus naik kapal  dari Pantai Kartini selama 10 menit menuju Pulau Panjang. Pulau Panjang memiliki pantai berpasir putih dan laut dangkal dengan dasar terumbu karang.

Pantai Pulau Panjang Jepara

Pantai Pulau Panjang Jepara

Bagian tengah pulau merupakan struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang diselingi perdu dan semak dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak. Wisatawan bisa menikmati hutan bakau, pasir putih, dan trekking keliling pulau.

26. Pantai Karang Bolong Kebumen

Tempat wisata di Jawa Tengah berikutnya masih di Kebumen. Siapa sih yang tidak kenal dengan pantai karang bolong? Pantai yang kekinian ini. Pantai karang Bolong menjadi tempat wisata di Kebumen yang wajib kita kunjungi.

Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai karang bolong sendiri terletak di Kecamatan Buayan. Pantai karang bolong berpasir abu-abu plus sejumlah batu karang yang menambah keindahan pantai ini.

Ada bukit-bukit tinggi yang juga bisa disaksikan oleh para pengunjung pantai dalam mengelilingi Pantai Karang Bolong. Suasana pantai yang lebih nyaman didukung juga oleh adanya deretan pohon kelapa. Pengunjung yang kelaparan setelah jalan-jalan pun bisa singgah di beberapa warung yang ada di sekitar pantai demi mengisi tenaga.

  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk pantai sebesar Rp 3 ribu.
  • Pengunjung anak-anak yang usianya 5 tahun ke bawah dikenakan Rp 2 ribu saja.

Keunikan Obyek Wisata ini terletak pada hunian burung walet  di dalam  gua. Terdapat 3 (  tiga ) gua dimana burung walet tinggal yaitu Gua Pasir, Karangduwur dan Karang Bolong. Sarang burung walet ini dapat digunakan untuk obat campuran makanan. Pengunduhan sarang walet dilakukan 4 kali yaitu pada musim 2, 4, 7, 9 ( kalender Jawa ). Sebelum pengunduhan sarang burung walet didahului dengan upacara selamatan.

Di kawasan pantai ini juga terdapat Gua Karangbolong, yang terletak di sisi timur. Sebuah lorong yang cukup panjang terbentuk pada lapisan breksi lahar yang terkekarkan. Gua Karangbolong berukuran panjang 30 m, lebar 10 m dan tinggi sekitar 5 m. Breksi yang dikenal sebagai Formasi Gabon ini berumur Oligo-Miosen atau antara 30-15 juta tahun lalu, tersingkap bersama-sama dengan sisipan batu pasir dan batu lempung.

27. Kawasan Wisata Colo Kudus Jawa Tengah

Tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah kawasan wisata Colo. Kawasan wisata ini menawarkan panorama wisata alam yang sayang sekali untuk di lewatkan.

Kawasan Wisata Colo Kudus - tempat wisata di Kudus

Kawasan Wisata Colo Kudus

Kawan Colo sendiri berada sekitar 18 kilometer dari pusat kota kudus ke arah utara. Lokasi tepatnya ada di kawasan pegunungan muria, Ds Colo, Kec. Dawe Kudus.

Kawasan Colo sangat mirip dengan tempat wisata di Magelang, yaitu kawasan wisata Bopeng yang sangat terkenal itu. Kawasan wisata colo menyuguhkan pemandangan khas pegunungan yang sejuk dan asri, sangat menenangkan tentunya. Di kawasan ini terdapat makam sunan muria. makam sunan muria berada di puncak pegunungan. Kunjungi juga destinasi lainnya: 30 Objek Wisata di Kudus Jawa Tengah

Bagaimana? Pasti setelah melihat begitu indahnya Jawa Tengah membuat anda berfikir seribu kali untuk liburan ke luar negeri. Karena ada banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang tidak kalah menarik untuk kita datangi.

Itu saja 57 tempat wisata di Jawa Tengah yang manarik untuk kita kunjungi, jangan lewatkan juga 13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

loading...

13 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!