24 Tempat Wisata di Klaten Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Klaten – Kabupaten Klaten merupakan salah satu Kab. di Jawa Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata, terutama wisata air dan wisata sejarah. Di Klaten ada banyak sekali obyek wisata berupa candi peninggalan zaman dahulu. Salah satunya adalah candi Prambanan.

Candi ini Prambanan merupakan salah satu tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi jika kita sedang liburan atau mau berlibur ke Klaten. Klaten sendiri berbatasan dengan beberapa daerah diantaranya Kabupaten Boyolali di utara, Kabupaten Sukoharjo di timur, serta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan dan barat.

Klaten memiliki sejarah panjang kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. Perkembangan agama Hindu dan Buddha sangat mempengaruhi corak dan peninggalan sejarah Kota ini. Anda bisa melihat dari arsitektur candi yang ada di sini. Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda berkeliling ke tempat wisata di Klaten yang menarik untuk dikunjungi.

Jangan lewatkan: 15 Tempat Wisata di Sentul Paling Populer dan Terkenal

Tempat Wisata di Klaten yang Menarik Dikunjungi

Setidaknya ada 16 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi, sebenarnya masih ada lagi. Kami juga mau mendengarkan cerita anda yang sudah pernah atau akan berwisata ke Klaten. Silahkan bagikan cerita anda kepada kami. Berikut ini tempat wisata di Klaten yang sudah kami rangkum untuk anda:

1. Tempat Wisata Sejarah Candi Prambanan Klaten

Siapa yang tidak kenal dengan candi Prambanan. Candi prambanan memiliki arsitektur tingkat tinggi, yang hingga kini tidak diketahui secara pasti teknik pembangunannya. Candi ini sudah terkenal di seluruh dunia. Wisatawan dari berbagai daerah dan negara datang kesini.

Tempat Wisata Sejarah Candi Prambanan Klaten

Tempat Wisata Sejarah Candi Prambanan Klaten

Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi wilayah komplek candi ini sangat unik karena Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. 

Candi ini merupakan salah satu candi termegah se Asia Tenggara, dan sudah masuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO. Tidak lengkap rasanya kalau ke Klaten tidak mengunjungi candi prambanan.

2. Tempat Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Wahana bermain di Klaten yang bisa dijadikan pilihan adalah Umbul Ponggok. Wahana bermain air ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Tempat Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Tempat Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Wisata Air Umbul Ponggok sangat unik dan menarik, bagi anda yang suka diving, maka Umbul ponggok merupakan tempat wisata di Klaten yang harus anda kunjungi. Disini anda bisa menyelam, bermain dengan ikan, bisa “nonton TV” di bawah air, ‘mengendarai motor’, Sholat dan lain sebagainya.

Bagi anda yang mau belajar menyelam disini tempat yang cocok untuk anda. Dengan luas sekitar 6.000 meter persegi dan kedalaman 1 – 3 meter serta bagian dasarnya pasir, membuat kolam ini seru untuk bermain air. Kegiatan snorkeling sambil melihat ikan berwarna-warni disini menjadi kegiatan favorit disini.

Untuk masuknya hanya membayar tiket sebesar 5.000 Rupiah (bisa berubah sewaktu-waktu).

3. Obyek Wisata Mata Air CokroTulung Klaten

Satu lagi obyek wisata air di Klaten yang tidak boleh dilewatkan, Obyek Mata Air Cokro (OMAC) atau disebut juga Umbul Cokro Tulung. Di tempat ini anda bisa bermain air sepuasnya, ada banyak wahana permainan ala waterboom disini.

Obyek Wisata Mata Air CokroTulung Klaten

Obyek Wisata Mata Air CokroTulung Klaten

Lokasi wahana ini ada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Untuk air sangat terjaga ke bersihannya, ada juga kolam kolam renang alami yang berasal dari mata air murni. Sangat sayang sekali untu dilewatkan jika anda liburan ke Klaten.

4. Tempat Wisata River Boarding di Kali Pusur Klaten

Anda pecinta river boarding? Di Kalten, tepatnyadi Kali Pusur tidak jauh dari wisata air Cokro Tulung, anda bisa menikmati wahana River Boarding. Jarak yang akan ditempuh kurang lebih 10 km dengan melintasi 3 desa di Kecamatan Tulung dan Polanharjo.

Tempat Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten

Tempat Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten

Di sungai ini, arusnya berbeda-beda, kadang arusnya deras, jeram dan pelan. Selama bermain disini, anda akan ditemani dengan 2 orang operator. Untuk biayanya, anda harus membayar 150.000 Rupiah per orang. Bagaimana? Anda tertarik mencoba sensasi bermain air disini?

Jangan lewatkan juga: 15 Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi

5. Obyek Wisata Air Umbul Jolotundo Klaten

Wisata air di Klaten yang selanjutnya adalah Umbul Jolotundo, disini anda bisa bermain air ditemani ikan kecil-kecil. Lokasinya berada di Kecamatan Jatinom, tepatnya di 10 kilometer utara Kota Klaten. Obyek wisata ini kono dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1924 sehingga belum banyak mengalami perubahan.

Obyek Wisata Air Umbul Jolotundo Klaten

Obyek Wisata Air Umbul Jolotundo Klaten

Untuk bermain disini, kita cukup membayar Rp 3000. Bagaimana? Anda tertarik mandi-mandi ditemani ikan kecil?

6. Obyek Wisata Air Lepen Kencana Klaten

Wahana bermain yang cocok untuk anak-anak dan keluarga adalah Lepen Kencono, Wisata air ini menjadi salah satu destinasi bermain untuk keluarga, airnya yang jernih membuat wahana ini banyak dikunjungi oleh keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama.

Obyek Wisata Air Lepen Kencana Klaten

Obyek Wisata Air Lepen Kencana Klaten

7. Obyek Wisata Air Umbul Kapilaler Klaten

Obyek wisata air di Klaten selanjutnya adalah Umbul Kapilaler. Lokasinya di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo. Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar. Berada di bawah rerimbunan pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya. Tempatnya yang rindang membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini. Tidak dipunggut biaya khusus untuk menikmati umbul ini alias gratis. Hanya saja waktu sore dan pagi hari umbul ini digunakan masyarakat setempat untuk mandi.

Obyek Wisata Air Umbul Kapilaler Klaten

Obyek Wisata Air Umbul Kapilaler Klaten

8. Wahana Liburan Galuh Tirto Nirmolo Klaten

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo merupakan salah satu tempat wisata favorit di Klaten yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya di Jl. Manisrenggo, KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah 57454. Wahan kolam permianan disini ada kolam mandi Bola, Kolam renang seluncur, Kolam renang laba laba, Kolam anak-anak, Kolam Arus, Kolam Air mancur, kolam taman air, Kolam renang dewasa, kolam renang Songsong gora, kolam seluncur anak, kolam kuda laut.

Wahana Liburan Galuh Tirto Nirmolo Klaten

Wahana Liburan Galuh Tirto Nirmolo Klaten

Selain kolam-kolam tersebut, ada juga aneka permainan yang disuguhkan untuk memanjakan pengunjung seperti komedi putar, kereta wisata, kereta mini electrik, mobil lektrik, animal elektrik, Motor trex kecil dan besar, motor ATV, boom boom car, boom boom boat, pesawat putar, jinontro ginggong / bianglala, jungle train, sangkar putar, gokart, becak mini, bioskop 3 dimensi, Flying fox, arena jumping, perahu.

Bagaimana? Snagat banyak sekali bukan? Pantas saja Taman bermain Tirtonirmolo menjadi salah satu tempat wisata favorit keluarga di Klaten. Untuk daoat bermain disini, anda bisa datang setiap hari dari pukul  08.00 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB harga tiket masuk Rp. 10.000,- dan anda bebas untuk menikmati beberapa kolam yang ada tanpa harus mengeluarkan biaya lagi, terkecuali jika ingin menikmati permainan tiket dapat diperoleh dimasing masing bagian permainan dengan harga yang bervariasi tergantung jenis permainanan dan juga hari kunjungan, jika pada hari libur atau sabtu minggu akan sedikit lebih mahal dari hari biasa. Kisaran harga tiket permainan mulai dari Rp. 3.500,- hingga Rp. 25.000,- untuk hari biasa sedang hari sabtu – minggu dan hari libur bisa mencapai Rp. 30.000,-

Anda juga dapat menyewa untuk kelengkapan renang ditempat ini seperti pelampung berupa ban besar warna, pelampung karet dengan harga antara Rp. 3.000,- hingga Rp. 6.000,- . Dengan kelengkapan fasilitas tersebut Taman bermaian ini sangat cocok bagi anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu libur atau sekedar refreshing bersama keluarga.

Anda tertarik untuk bermain di Taman bermain Tirtonirmolo? Ayo berlibur ke Klaten.

9. Tempat Wisata Kuliner Warung Apung Rowo Jombor Klaten

Sudah capek jalan-jalan dan perut mulai lapar, disini tempat makan yang asyik. Warung apung rowo Jombor merupakan tempat wisata kuliner di Klaten yang wajib dikunjungi. Disini menyajikan aneka makanan dengan bahan dasar ikan tawar.

Tempat Wisata Kuliner Warung Apung Rowo Jombor Klatenq

Tempat Wisata Kuliner Warung Apung Rowo Jombor Klaten

Lokasinya ada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten, atau berjarak sekitar 6 – 8 km dari kota Klaten. Untuk mencapai lokasinya, ada dua rute yang dapat dilalui yaitu lewat jalur barat dan juga lewat jalur timur.  Rute lewat jalur barat: Kota Klaten – pertigaan Bendogantungan Desa Sumberejo, belok kiri / ke arah selatan – Desa Danguran – Desa Glodogan – Desa Jimbung – Rowo Jombor. Rute Lewat jalur timur: Kota Klaten – Stasiun Klaten – By Pass – belok kanan / ke arah selatan – Terminal Klaten yang bari dibangun — Kelurahan Buntalan – Desa Jimbung – Rowo Jombor.

Menikmati santapan makan siang disini menjadi pengalaman sendiri yang tidak terlupakan.

10. Tempat Wisata Sejarah Candi Merak Klaten

Candi merak memang tidak sepopuler dan sekeren candi prambanan. Lokasinya ada di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko. Candi ini berukuran kecil dan ditemukan pada tahun 1925. Karena dulu di sekitar tempat ini terdapat sarang burung Merak, jadinya candi ini dinamai Candi Merak.

Tempat Wisata Sejarah Candi Merak Klaten

Tempat Wisata Sejarah Candi Merak Klaten

11. Tempat Wisata Museum Gula Gondang Winangoen Klaten

Wisata ke museum gula menjadi daya tarik dan tersendiri di Klaten, anda bisa melihat aneka peralatan pabrik gula tempo dulu disini. Lokasinya ada di di Gondang, Klaten ini. Katanya museum ini adalah museum gula terbesar se-Asia Tenggara.

Tempat Wisata Museum Gula Gondang Winangoen Klaten

Tempat Wisata Museum Gula Gondang Winangoen Klaten

Terletak di dalam kompleks pabrik gula yang luasnya mencapai 100 hektar, kamu bisa menemukan replika alat-alat pembuatan gula, diorama pabrik gula dan perkebunan tebu, foto-foto bersejarah, alat-alat komunikasi lama, serta lokomotif kereta tebu. Di sekitar museum juga terdapat perpustakaan gula, arena bermain, serta kafe.

12. Wisata Budaya Perajin tanduk kerbau Keprabon Klaten

Di Klaten ada desa pengrajin tanduk kerbau. Lokasinya di Desa Wisata Keprabon yang terletak di Kecamatan Polanharjo. Desa ini adalah sentra kerajinan tanduk kerbau dan penyu. Kamu gak cuma bisa melihat-lihat dan berbelanja cenderamata, tapi juga bisa mengamati langsung proses pembuatannya.

Wisata Budaya Perajin tanduk kerbau Keprabon Klaten

Wisata Budaya Perajin tanduk kerbau Keprabon Klaten

13. Tempat Wisata Alam Puncak Clongop Klaten

Anda mau menikmati panomara dari ketinggian? Di Puncak Clongop bisa jadi alternatifnya. Puncak Clongop sejatinya masuk ke dalam wilayah Watugajah, Gedangsari, Gunung Kidul. Tapi, jika kamu dari Jogja atau Solo, akses kemari lebih mudah ditempuh dari Klaten melewati jalan penghubung Klaten–Gunung Kidul. Melewati Bayat, sepanjang jalan kamu akan menemukan beberapa tempat menarik, seperti, Curug Luweng Sampang dan Curug Indah.

Tempat Wisata Alam Puncak Clongop Klaten

Tempat Wisata Alam Puncak Clongop Klaten

Untuk mencapai Puncak Clongop, kamu mesti melalui jalan menanjak yang cukup curam. Hati-hati, pakai kendaraan yang sip kalau mau ke sini. Di Puncaknya, kamu akan menemukan panorama pegunungan dan kota Klaten di kejauhan.

14. Tempat Wisata Sejarah Candi Lumbung Klaten

Stu lagi candi yang menarik untuk dikunjungi di Klaten, yaitu Candi Lumbung. Candi ini berada di satu kompleks dengan Taman Wisata Candi Prambanan, yaitu di sebelah candi Bubrah. Candi ini telah masuk ke wilayah Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Klaten.

Tempat Wisata Sejarah Candi Lumbung Klaten

Tempat Wisata Sejarah Candi Lumbung Klaten

15. Tempat Wisata Sejarah Candi Sewu Klaten

Dari namanya kita bisa ketahui, bahwa candi ini memiliki jumlah seribu, tapi ternyata tidak demikian. Tepatnya, gugusan Candi Sewu terdiri atas 249 buah candi, terdiri atas 1 candi utama, 8 candi pengapit atau candi antara, dan 240 candi perwara.

Tempat Wisata Sejarah Candi Sewu Klaten

Tempat Wisata Sejarah Candi Sewu Klaten

Lokasinya ada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. candi ini berdekatan dengan Candi Prambanan, yaitu kurang lebih 800 meter di sebelah selatan arca Rara Jongrang. Candi utama terletak di tengah, di ke empat sisinya dikelilingi oleh candi pengapit dan candi perwara dalam susunan yang simetris.

16. Ziarah ke Makam Sunan Pandanaran Klaten

Tempat wisata di Klaten yang terakhir dari kami adalah Makan sunan Pandanaran Bayat atau dikenal juga dengan beberapa nama yakni Sunan Bayat, Pangeran Mangkubumi, Susuhunan Tembayat, Sunan Pandanaran (II), atau Wahyu Widayat, adalah tokoh yang disebut sebut dalam sejarah lisan sebagai salah satu penyebar agama Islam di tanah Jawa meski tidak masuk dalam jajaran Wali Songo.

Ziarah ke Makam Sunan Pandanaran Klaten

Ziarah ke Makam Sunan Pandanaran Klaten

Makamnya terletak di puncak gunung Jabalkat yang sebenarnya hanyalah sebuah bukit, di dalam wilayah Desa Paseban Bayat, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Dan layaknya makam seorang wali makam Sunan Pandanaran Bayat tak penah sepi dari para peziarah yang datang dari berbagai pelosok Nusantara.

Tambahan Tempat Wisata di Klaten Lainnya

Berikut ini tambahan tempat wisata di Klaten yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber dan juga tambahan dari pembaca setia Tempatwisatasere.com melalui form komentar. Jadi kalau anda punya rekomendasi tempat wisata di Klaten yang lain, tidak ada salahnya juga kalau anda berbagai kepada kami, agar bisa dimuat juga pada update selanjutnya

17. Candi Plaosan

Tambahan tempat wisata di Klaten yang pertama adalah candi Ploasan yang bisa dibilang cukup unik karena kembar. Candi plaosan sendiri terletak di Jalan Candi Plaosan, Bugisan, Prambanan, Kabupaten Klaten.

Candi ini sendiri terletak tidak jauh dari candi prambanan, hanya berjarak beberapa KM saja. Namun memang , candi ini kalah pamornya ketimbang candi prambanan yang sudah mendunia. Namun soal keindahan, candi ini juga tidak kalah dengan candi-candi lainnya di Indonesia.

18. Taman Lampion Klaten

Tempat wisata di Klaten berikutnya adalah sebuah taman yang menjadi tempat nongkrong anak-anak muda juga keluarga, baik siang hari juga malam hari. Taman ini sendiri menjadi salah satu icon wisata baru yang terdapat di Kota Klaten tepatnya di Bareng Lor, Klaten Utara belakang kantor PMI.

Pernah dengar ada Taman Lampion di Klaten ? Jika belum, anda harus update informasi obyek wisata di Kabupaten Klaten. Taman Lampion adalah sebuah icon wisata baru yang terdapat di Kota Klaten tepatnya di Bareng Lor, Klaten Utara belakang kantor PMI. Taman Lampion merupakan sebuah taman kota di KLaten yang diberi sentuhan khas berupa lampion yang menarik sekali apabila dilihat pada malam hari. Tujuan awal dari pembangunan taman ini adalah untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Klaten. Waktu terbaik untuk datang ke Taman Lampion adalah pada waktu sore sampai malam hari karena pada malam hari akan ada banyak lampu berwarna warni yang akan menambah semarak Taman LAmpion Bareng Lor ini. Pada siang hari suasana masih panas karena pepohonan yang ditanam di taman ini masih kecil jadi belum bisa diandalkan sebagai peneduh taman ini.

Taman yang dibangun dengan tujuan untuk menambah ruang terbuka hijau ini, kini semakin diminati oleh masyarakat Klaten untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.

Untuk anda yang tertarik menghabiskan waktu liburan di taman lampion ini, silahkan datang kapan saja, namun waktu terbaiknya adalah sore sampai malam hari karena pada malam hari akan ada banyak lampu berwarna warni yang akan menambah semarak Taman LAmpion Bareng Lor ini. Pada siang hari suasana masih panas karena pepohonan yang ditanam di taman ini masih kecil jadi belum bisa diandalkan sebagai peneduh taman ini.

19. Deles Indah

Tempat wisata di Klaten berikutnya adalah sebuah Dales Indah.

Deles Indah

Deles Indah

Disini wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan asri yang masih sangat terjaga serta udara sejuk yang akan membawa kedamaian siapa saja yang kesini. Wisatawan akan disuguhkan suasana Gunung Merapi dan pemandangan Gunung Merapi dari bawahnya.

Lokasi dales indah sendiri ada di Desa Sidorejo, Kemalang, Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Di Kawasan Wisata Deles Indah Klaten ini terdapat beberapa spot wisata yag dapat anda kunjungi, yaitu Bekas Pesanggrahan Pakubuwana X, Makam Kyai Mlayopati, Sendang Kali Reno, Taman Ngajaran, Taman Pring Cendani dan juga Goa Sapuangin. Namun sayangnya Wisata Deles Indah ini sering dimanfaatkan sebagai tempat pacaran anak muda mudi di Klaten. Hal itu menjadi sedikit merusak image Deles Indah sebagai Wisata Alam Klaten yang Indah.

20. Pemandian Lumban Tirto

Tempat wisata di Klaten selanjutnya adalah pemandian lumban tirto yang ada di Desa Daleman, Kecamatan Tulung Jarak dari kota Klaten ± 17km Luas 25m x 8m = 200m2 Luas kawasan 700m2 Kedalaman rata rata 1,5m Fungsi sebagai kolam renang Disebelah barat laut lokasi pemandian Lumban Tirto tersebut terdapat Umbul Ingas dengan pemandangan panorama yang bagus, disini sumber air ini digunakan untuk air minum Kraton Surakarta Hadiningrat atas prakarsa Paku Buwono X hingga sekarang

21. Umbul Manten

Untuk anda yang liburan ke Klaten, jangan lupa mampir ke umbul manten, yang ada di Kawasan Janti.

Kolam yang ada di umbul ini memang tidak terlalu besar dan dalam seperti halnya Umbul Ponggok. Tujuan pengunjung datang ke sini, selain untuk berenang tentunya, adalah untuk foto underwater karna air di kolam ini memang sangat jernih dan segar.

22. Candi Sojiwan

Tempat wisata di Klaten selanjutnya adalah candi Sojiwan yang menawarkan suasana sejarah yang bernuansa Buddha. Lokasi candi Sojiwan berada sekitar 2 km dari Candi Prambanan ke arah selatan. Lokasi detailnya berada di Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

tempat wisata di Klaten

Tedapat banyak relief di kaki candi ini yang menceritakan cerita-cerita Pancatantra dari India.

23. Umbul Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani

Tempat wisata di Klaten yang menarik untuk kita kunjungi selanjutnya adalah umbul mulyono dan mulyani. Dimana umbul mulyono diperuntukan untuk laki-laki dan umbul mulyani untuk perempuan. Lokasi pemandian umbul tirto mulani dan mulyono ada di Desa Pluneng Kec. Kebonarum, Kabupaten Klaten.

Pemandian (Kolam Renang) Tirtomulyono yang merupakan pemandian dengan sumber air alam yang besar yang dahulu digunakan untuk mandi para putera (laki-laki).

tempat wisata di Klaten

Lokasi kedua umbul ini berdekatan.

24. Hutan Kota Gergunung

Tempat wisata di Klaten yang terakhir dari kami adalah hutan kota Gergunung yang merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hits di Klaten. Hutan Kota Gergunung sendiri merupakan rumah-rumah burung warna-warni yang berdiri memesona. Lokasinya di Jalan Ki Ageng Gribig, Klaten Utara. Waktu terbaik mengujungi tempat ini adalah saat sore hari.

Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan ke Klaten? Atau anda warga Klaten yang belum pernah mengjungi tempat-tempat wisata di atas? Wah rugi sekali rasanya. Itulah 24 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi dari kami, semoga bermanfaat bagi anda. Janga lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang kainnya. Supaya bisa menjadi panduan wisata di Klaten untuk mereka yang ingin menikmati indahnya Klaten lebih dekat. Simak juga yuk 29 Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur yang Menarik Dikunjungi

9 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!