Taman Bunga Nusantara Kecenya Kebangetan!

Taman Bunga Nusantara merupakan sebuah kawasan rekreasi dimana berupa taman-taman yang berisikan bunga dari berbagai belahan Negara di dunia. Contohnya saja, Taman ini memiliki koleksi Anggrek sekitar 2000 jenis. Taman Bunga merupakan kebanggaan dan ikon wisata Cianjur, Jawa Barat.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Keluarga Taman Buah Mekarsari Bogor

Keindahan dan keunikan berbagai bunga disini, ditambah tidak semua daerah di Indonesia mempunyainya, membuat taman yang tidak jauh dari Gunung Gede ini menjadi satu dari sekian objek wisata favorit keluarga.

Taman Bunga Nusantara via anandastoon

Taman Bunga Nusantara via anandastoon

Asal Mula Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara atau sering disebut Taman Bunga Nusantara Bogor, Taman Bunga Puncak, dan Taman Bunga Cipanas ini didirikan melalui ide ibu Dani Bustanil Arifin di tahun 1992 dan diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1995.

Beliau merupakan Ketua Yayasan Bunga Nusantara dan bertujuan membangun kawasan ini untuk area agrowisata. Keunggulan taman ini yaitu merupakan kawasan display bunga pertama di Indonesia. Bahkan, taman ini juga dilengkapi berbagai koleksi bunga terkenal dan unik dari seluruh dunia. Yayasan Bunga Nusantara selaku pengelola Taman ini juga merupakan finalis parade kendaraan hias Tournament of Roses di Pasadena, California.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Istana Air Taman Sari Jogja

Merupakan Ladang Percobaan di Bidang Bunga

Selain sebagai wisata, Taman Bunga Nusantara juga merupakan wahana percobaan berbagai macam varietas bunga dan tanaman tertentu yang berasal dari daerah subtropis dan negara – negara beriklim dingin seperti Eropa.

Keindahan Taman Bunga Nusantara

Keindahan Taman Bunga Nusantara

Karena keterkaitannya dengan Negara luar sedemikian besar, maka demi menunjang elektabilitas taman itu sendiri, pihak pengelola sampai menyediakan brosur Taman Bunga Nusantara dalam 5 bahasa yaitu, bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Arab dan Jepang.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Taman Selecta Batu Malang yang Menawan

Luasnya Mencapai Puluhan Hektar

Jl Mariwati KM 7, berlokasi di Desa Kawungluwuk, Tepatnya di Kecamatan Sukaresmi, Cipanas, salah satu daerah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat merupakan alamat dimana Taman Bunga ini berada. Taman ini juga memiliki luas sebesar 35 ha. 23 ha diantaranya digunakan untuk berbagai macam konsep.

7 ha sisanya untuk Alam Imajinasi. Sedangkan 2 ha lagi digunakan untuk lahan pembibitan dan tanah sisa dari semuanya dipakai untuk membangun penginapan, restoran, dan ruang pertemuan. Hal ini dilakukan demi mendukung pariwisata dan juga sebagai wujud sumber inspirasi bagi para pecinta taman amatir maupun profesional. Taman Bunga juga merupakan kawasan favorit para sinematografer dalam membuat berbagai macam karyanya.

Rute untuk Menuju Taman Bunga Nusantara

Yang perlu dilakukan jika menuju Taman Bunga Nusantara menggunakan kendaraan umum yaitu memastikan tujuan Bus. Pilih Bus yang menuju Bogor – Cianjur atau Bis Bandung – Jakarta yang trayeknya melewati puncak.

Setelahnya, jika sampai di pertigaan Hanjawar, kamu turun disana. Cukup katakan saja pada sopir atau kondektur karena mereka sudah mengerti arah ini. Lanjutkan dengan angkot jurusan Cipanas – Loji. Setelahnya turun di pasar GSP. Dari pasar GSP tersebut, naik angkot jurusan Cipanas – Mariwati dan kamu dapat turun langsung di Taman Bunga Nusantara.

Peta Taman Bunga Nusantara

Tiketnya Ramah Kantong

Untuk ukuran wisata yang berkelas internasional, Taman Bunga Nusantara relatif murah lho. Tiket masuknya hanya Rp 40.000 saja. Namun kamu akan dikenakan biaya lagi jika ingin memasuki fasilitas lain seperti:

  • Dotto Trains Rp 50.000
  • Garden Tram Rp 50.000
  • Wira Wiri Rp 5000
  • Rumah Kaca Rp 5000
  • Maze Garden Rp 1000
  • Parkir motor Rp 10.000
  • Parkir mobil Rp 15.000
  • Parkir minibus Rp 20.000
  • Parkir bus Rp 25.000

Dotto Trains merupakan miniatur kereta yang rutenya mengitari area sekitar taman. Sayangnya kereta ini hanya beroperasi di weekend dan hari libur nasional saja. Sementara itu, Garden Tram hampir sama dengan Dotto Trains hanya saja operasinya setiap hari.

Kunjungi juga yuk: Berwisata Romantis di Taman Pelangi Monjali

Berbagai Wisata yang ada di dalam Taman Bunga Nusantara

Selain spot foto yang bertebaran dimana-mana dan pastinya instagrammable, Taman Bunga ini juga benar-benar memiliki taman yang begitu indah dan mungkin tidak akan kamu jumpai di lain tempat. Ada beberapa jenis taman yang ada, yaitu :

  1. Taman Air

Taman Air via tamanbunganusantara

Taman Air via tamanbunganusantara

Taman air merupakan sebuah taman dimana berisi berbagai tumbuhan air dari seluruh negara di dunia. Misalnya Cybera papyrus yang pernah digunakan sebagai bahan pembuat kertas pada masa Mesir kuno sejak 2750 SM. Contoh lain adalah tanaman dari Amerika bernama Talia Delbata atau Kana Air. Terdapat juga tanaman air berupa bunga teratai raksasa atau yang mempunyai nama latin Victoria Amazonica dari Amerika Selatan. Yang unik, terdapat patung dinosaurus di dalam taman ini sehingga mengesankan wahana seperti dalam film Jurassic Park.

  1. Taman Mawar

Taman Mawar via Tamanbunganusantara

Taman Mawar via Tamanbunganusantara

Pada mulanya, mawar merupakan tanaman yang berasal dari Bumi bagian utara. Bunga yang dijuluki sebagai ratunya bunga ini juga merupakan simbol keindahan dan cinta. Di dalam Taman Bunga Nusantara, terdapat sebuah taman khusus untuk mawar yang bernama Taman Mawar. Taman ini berisikan mawar dari segala jenisnya.

  1. Taman Perancis

Taman Perancis

Taman Perancis

Terlihat dari namanya, tentu saja Taman ini berupa taman yang terlihat seolah berasal dari Perancis. Negara Napoleon Bonaparte itu memang terkenal dengan gaya Renaissance yang sangat kental. Gaya Renaissance tidak mengedepankan bunga sebagai sajian utama, melainkan pada gaya penataan taman itu sendiri, biasanya dalam bentuk geometris.

  1. Taman Labirin

Taman Labirin via Tamanbunganusantara

Taman Labirin via Tamanbunganusantara

Taman Labirin tentu saja berupa taman yang dibentuk menyerupai labirin. Konsep ini dikenal dengan desain The Wall of Troy. Nah… yang berbeda, labirin di dalam Taman Bunga ini tidak hanya dibuat asal-asalan, melainkan dibuat unik dan cukup besar.

Biaya masuknya pun sangat murah, yaitu hanya Rp 1.000 saja. Dan meski bertajuk Taman Labirin, namun jangan khawatir tidak tahu jalan keluar karena pihak pengelola sudah menyediakan peta untuk petunjuk arah.

  1. Taman Bali

Taman Bali via Cendananews

Taman Bali via Cendananews

Hampir sama dengan nama Taman Perancis, Taman Bali juga dibuat menyerupai suasana daerah Bali itu sendiri. Bahkan, Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai bangunan khas Pulau Dewata tersebut, seperti gapura, bale kulkul, dan juga bale bengong. Tanaman yang ada disana pun juga sangat bernuansa Bali, seperti kamboja, bunga sepatu, dan Helikonia.

  1. Taman Palem

Taman Palem via tamanbunganusantara

Taman Palem via tamanbunganusantara

Di dalam Taman ini, terdapat kurang lebih 100 jenis tanaman Palem. Jenisnya juga bermacam-macam, antara lain Palem Kipas Meksiko yang berupa tanaman asli Meksiko, Palem Alexandra dari Australia yang sangat indah, Palem raksasa bernama Cuban Royal Palm dari Kuba, dan ada juga Screw Pine yang berupa Palem khas dari Madagascar.

  1. Taman Jepang

Taman Jepang via thetripcorner

Taman Jepang via thetripcorner

Tentu saja, Taman Jepang juga merupakan taman yang menyuguhkan suasana khas Jepang. Penataannya pun sederhana, rapi, dan minimalis layaknya desain khas Jepang. Terdapat berbagai unsur utama disana, yaitu kayu, batu-batuan, dan kolam.

  1. Rumah Kaca

Rumah Kaca via tamanbunganusantara

Rumah Kaca via tamanbunganusantara

Rumah kaca merupakan salah satu cara berbagai negara dalam mengembangkan tanaman dimana beriklim ekstrem menjadi pengganggunya. Rumah kaca digunakan untuk melindungi tanaman dari perubahan suhu yang terlalu tinggi tersebut.

Di dalam Taman Bunga Nusantara, pengunjung juga dapat menemukan berbagai macam jenis bunga di dalam rumah kaca yang ada. Kategori bunga yang ada di rumah kaca ini tak lain adalah bunga yang berasal dari negara lain dan memang tidak bisa dikembangkan atau bertahan lama dalam iklim negara Indonesia. Oleh karena itu, suhu di dalam rumah kaca di sesuaikan.

  1. Wahana Alam Imajinasi

Wahana Alam Imajinasi

Wahana Alam Imajinasi

Di dalam wahana ini, terdapat berbagai permainan dan sarana bermain anak seperti ATV dan lain-lain. Biasanya anak-anak akan melepas penat di dalam Alam Imajinasi setelah berkeliling Taman Bunga. Biaya permainan dalam Wahana ini bermacam-macam, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 75.000.

Jangan lewatkan juga: Daftar Taman Bunga Matahari di Indonesia

Terdapat Beberapa Landmark Andalan

Salah satu landmark Taman Bunga adalah Menara Pandang. Menara setinggi 4 tingkat ini dapat memanjakan mata pengunjung dengan berbagai macam sudut Taman Bunga yang sangat indah dilihat dari atas. Spot lain seperti Jam Taman dan Patung Dewi Kunti juga sering menjadi objek untuk berfoto ria.

Menara Pandang Taman Bunga Nusantara

Menara Pandang Taman Bunga Nusantara

Ada Penginapannya Juga kok!

Jika kamu memang ingin bermalam atau benar-benar kemalaman, jangan khawatir… karena di sekitar area Taman Bunga ada penginapan atau wisma yang dapat kamu jadikan tempat untuk tidur. Tarif kamarnya mulai dari Rp 325.000 hingga Rp 400.000 per malam. Selain itu, juga ada camping ground lengkap dengan fasilitas memadai. Bahkan, hotel dan villa pun juga tersebar di area sekitarnya.

Fasilitas di Taman Bunga Nusantara

Untuk menunjang agar liburan semakin nyaman dan mengasyikkan, taman bunga nusantara sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, diantaranya yaitu:

  • Reflesia Mini Theater – Fasilitas yang satu ini adalah audiovisual dengan durasi 15 menit yang khusus disediakan pengelola taman ini untuk mengenalkan ke wisatawan sedikit gambaran tentang taman ini.
  • Kereta Dotto (Dotto Train) – Untuk anda yang mau berkeliling di taman, anda bisa naik kereta terbuka tanpa harus lelah berjalan kaki.
  • Garden Tram – Selanjutnya, juga adalah garden tram yang sedikit tertutup. Tram ini juga bisa anda jadikan sebuah opsi untuk mengelilingi taman tanpa harus mengeluarkan tenaga berjalan kaki.
  • Mobil Wira Wiri – Ada juga mobil wira wiri untuk mengelilingi berbagai macam taman di Taman Bunga Nusantara. Mobil ini juga dilengkapi dengan audiovisual sebagai pemandu bagi wisatawan.
  • Menara Pandang – Menara pandang ini bisa anda naiki untuk melihat viewyang lebih luas lagi.
  • Poliklinik – Jangan khawatir kalau anda atau anak anda tiba-tiba demam, karena ada poliklinik yang siap melayani anda
  • Nany’s Galleria – Terdapat juga galeri untuk anda ingin membawa pulang buah tangan
  • Cafe Marigold – Jangan khawatir kelaparan ya, karena anda bisa mencoba aneka sjaian lezat di cafe Marigold
  • Bursa Bunga dan Tanaman – Buat anda yang mau membawa pulang koleksi bungan, silahkan mampir saja kesini.
  • Gedung Serbaguna Saung Aki – Terdapat juga fasilitas untuk meeting ataupun menggelar resepsi pernikahan di taman bunga ini.
  • Wisma Saung Nini – Anda tidak mau pulang, tenang anda masih bisa menambah hari disini, silahkan saja menginap disini.

Demikianlah sedikit hal tentang Taman Bunga Nusantara yang bisa bagikan untuk anda. Selamat bersenang-senang! Jangan lewatkan juga: Menikmati Wisata Taman Bunga Cibubur Destinasi Favorit Keluarga

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!