Daftar Taman Bunga Matahari di Indonesia

Taman Bunga Matahari – Anda sedang mencari kebun bunga matahari yang kece buat dijadikan tempat foto-foto DP akun media sosial anda? Nah, kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda untuk liburan mengunjungi kebun-kebun bunga tersebut.

Teman anda mungkin sudah update foto profil mereka di taman bunga matahari duluan. Tapi jangan khawatir ketinggalan. Karena ada banyak tempat kece seperti taman bunga matahari di Bantul misalnya. Tidak hanya di Bantul saja, di Magelang, Banyumas dan kota-kota lain juga ada kok.

Taman Bunga Matahari di Berbagai Dearah di Indonesia

Berikut ini kami rangkum daftar taman bunga matahari diberbagai daerah di Indonesia yang kece dan instagrammable tentunya, silahkan dicek:

1. Taman Bunga Matahari Bantul di Dekat Pantai Samas

Taman Bunga Matahari di Bantul via @fandiryan

Taman Bunga Matahari di Bantul via @fandiryan

Ingin tahu lokasi tepatnya kasus viral tersebut? Kebun bunga di Bantul inilah yang menjadi pembicaraan. Kebunnya yang sangat populer ini ada di sisi utara Pantai Samas, Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Ada kisah unik dibalik terciptanya kebun bunga ini. Pada awalnya, Bunga Matahari dimanfaatkan oleh pengelolanya sebagai pelindung tanaman cabai agar tidak rusak terkena angin.

Ibu Etik Purwanti, selaku pengelola dan pemilik kebun Bunga ini mengatakan bahwa bunga berwarna kuning cerah ini dipilih karena dinilai kokoh dan mampu menghalau hempasan angin. Siapa sangka, ternyata spot kebun miliknya malah viral dan didatangi banyak orang demi bisa berfoto dengan keindahan kebunnya.

Awalnya juga Ibu Etik tidak memberikan tarif masuk, namun karena banyaknya pengunjung dan mungkin ada beberapa pihak yang kurang bertanggung jawab malah mengakibatkan cabai yang ingin dilindunginya ini rusak.

Oleh sebab itu, cabai yang tidak jadi dijual ini tentu saja menyebabkan kerugian hingga akhirnya Ibu Etik mengenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000/orang daripada menutup taman yang terlanjur menjadi spot wisata ini. Alhasil, karena keindahannya pula, banyak pengunjung yang bertanya ingin membawa pulang bunga dan membuat Bu Etik mengenakan tariff Rp 10.000/orang saja.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Taman Selecta Batu Malang yang Menawan

2. Pernah Dengar Taman Dewari Magelang?

Taman Dewari Magelang via Kompas

Taman Dewari Magelang via Kompas

Nah, selain Bantul, ada juga nih daerah di Magelang yang bisa kamu jadikan tujuan wisata bunga. Tepatnya Taman Dewari yang dibuka baru saja pada 10 Februari 2018 lalu. Lokasinya ada di Desa Baturono, yaitu sebuah desa di daerah Salam, Magelang. Dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 6 petang, Taman Dewari ternyata tidak sepi pengunjung meski tergolong wisata baru.

Tentu saja hamparan bunga matahari di dalam taman ini sangat memanjakan mata pengunjung dan juga menarik dijadikan spot foto yang cantik. Taman ini memiliki hamparan bunga matahari yang khas dengan warna kuning cerahnya serta memiliki keunikan yaitu dikelilingi sawah dan pepohonan.

Taman Dewari berdiri memiliki luas 2.800 meter persegi dengan 8.000 pohon utama dan 2.000 pohon cadangan. Harga tiket masuk taman ini sangat murah yaitu cukup mengeluarkan uang Rp 5.000 saja per orangnya, kamu sudah bisa menikmati hamparan bunga nan luas yang sangat memanjakan mata.

Artikel terkait: Liburan Seru ke Objek Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo Jatim

3. Kediri juga Punya Taman Bunga Matahari lho!

Taman Bunga Matahari Kediri

Siapa yang menyangka Kediri juga bisa menjadi kota wisata? Setelah membangun replika Arc de Triomphe ala Prancis, kini Taman Bunga Matahari juga ada disana. Taman ini merupakan wujud betapa kreatif dan kompaknya pemerintah setempat dalam memanfaatkan lahan kosong dan memberi ruang hijau untuk menambah keindahan Kota.

Lahan kosong tersebut ditanami ribuan Bunga Matahari dan langsung menjadi wisata populer di Kediri. Kebun bunga ini berada di Jalan Selomangleng No 143, tepatnya di sisi gedung BNN, Kediri, Jawa Timur.

Tentunya dengan hadirnya taman ini, anak-anak muda hingga keluarga di Kediri dan sekitarnya yang ingin berswafoto dengan bunga matahari tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar kota. Taman yang lokasinya tidak jauh juga dari Universitas Kediri ini tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

Pengunjung hanya mungkin mengeluarkan uang untuk retribusi di parking area saja sebesar Rp 2.000. Buka mulai dari jam 9 pagi hingga 4 sore, menjadikan area ini merupakan kawasan padat pengunjung yang mana juga memberikan keuntungan sendiri pada ekonomi kota seribu santri ini.

4. Beejay Bakau Juga Dikenal dengan Bunga Mataharinya

Taman Bunga Matahari Probolinggo

Taman Bunga Matahari Probolinggo

Beejay Bakau Resort adalah area ekowisata yang menjadikan hutan bakau sebagai konservasi utama. Namun jangan salah… ternyata di kawasan ini juga memiliki Taman Bunga Matahari yang tidak kalah cantiknya dari yang lain. Bahkan, selain menikmati pemandangan alam, kalian juga dapat merasakan permainan air, flying fox, water boom, hingga menikmati indahnya pantai.

Taman bunga matahari di Probolinggo ini menjadi salah satu spot instagramable yang sering menjadi latar untuk poto profil generasi milenial. Tidak hanya itu, taman bunga Matahari di Probolinggo ini juga kerap dijadikan sebagai tempat poto prawedding.

5. Jangan Lupakan Taman Bunga Matahari Megastar Malang

Taman Bunga Matahari Megastar Malang via zharnd

Kebun bunga ini ada di daerah Malang, tepatnya ada dalam kawasan wisata Peternakan Megastar Batu, Malang, Jawa Timur. Area kawasan Megastar sendiri ada di Jalan Jalibar, Oro-oro Ombo.

Selain berkuda, menikmati indahnya alam, hunting foto, pengunjung juga bisa menikmati indahnya kebun bunga matahari. Tiket masuknya pun cukup murah, yaitu 25.000 rupiah untuk per orangnya

6. Taman Bunga Matahari di Pesisir Pantai Glagah

Taman Bunga Matahari di Pesisir Pantai Glagah via @nafi.avi

Jogja dan area sekitarnya memang tidak salah jika disebut sebagai tempat utama destinasi pariwisata tanah air. Bayangkan saja, dari sekian banyaknya kebun bunga matahari, Jogja memiliki beberapa kebun yang kesemuanya sangat cantik dan populer.

Di Kulonprogo, tepatnya di Pesisir Pantai Glagah, terdapat Taman Bunga Matahari. Nilai plusnya dari berwisata ke taman di Kulonprogo ini, selain menikmati taman bunga, kalian dapat langsung bermain di Pantai Glagah yang sangat dekat dari lokasi tersebut. jalanannya pun bagus dan tidak sulit dijangkau.

Meski kebun di Pesisir Pantai Glagah ini tidak seluas dan seramai di Pantai Samas, Bantul, namun kecantikannya tidak kalah dari yang lain. Untuk masuk ke kebun ini, pengunjung dikenakan tarif Rp 5,000/orang sebagai tiket masuk Pantai Glagah dan juga donasi sebesar Rp 5,000/orang untuk kebun bunganya sendiri. Jadi total untuk satu orang yaitu Rp 10,000 saja.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Istana Air Taman Sari Jogja

7. Taman Bunga Matahari di Boyolali

Taman Bunga Matahari di Boyolali via Youtube

Taman Bunga Matahari di Boyolali via Youtube

Taman bunga matahari selanjutnya adalah yang terletak di Boyolali atau yang lebih tepatnya terletak di Desa Cluntang, Musuk, Boyolali. Taman bunga ini berada di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut.

Lokasi taman bunga ini dekat dengan Gunung Merapi. Jaraknya dari pusat kota Boyolali hanya sekitar 15 km saja atau bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 30 menit.

Tidak kalah dengan taman yang lainnya, taman bunga matahari di Boyolali juga sangat kece untuk dijadikan tempat foto-foto. Buat anda yang tinggal di sekitar Boyolali wajib mampi kesini lho.

Untuk masuknya, kita hanya dikenakan tarif sekitar Rp 2.500 saja per orang. Bagaimana, anda pasti juga berminat bukan untuk jeprat-jepret disini!

8. Taman Bunga Matahari di Banyumas

Nah, buat anda yang ada di Banyumas atau akan mengunjungi Banyumas, anda mesti berkunjung ke spot kece di Desa Rempoah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas.

Disini, ada kebun bunga matahari yang tumbuh di lahan seluas 5000 meter. Lokasinya memang di tengah sawah, tapi letaknya dekat dengan jalan Tentara Pelajar Imam, tepatnya di depan SD Negeri Kebumen, atau selatan SMP Negeri 1 Baturraden, sehingga mudah diakses.

Pada mulanya, taman bunga matahari ini dibuat tujuan utamanya untuk pembibitan. Di lahan yang sama ini juga pada mulanya ditanam bengkowang, dengan tumpang sari jagung manis, bunga matahari dan kacang. Setelah jagung manis dipanen ternyata terlihat bunga matahari sedang bermekaran, sehingga banyak orang yang lewat mampir foto.

Kini, taman ini justru menjadi salah satu spot kece untuk berfoto yang ramai bersliweran di akun instagram dan madia sosial lainnya.

Untuk bisa berfoto disini, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 namun sebagian juga ada yang tidak dipungut bayaran.

Jangan lewatkan juga: Daya Tarik Objek Wisata Taman Hutan Raya Banten

****

Bagaimana? banyak bukan kebun bunga matahari di Indonesia ini? Kamu dapat memilih lokasi manapun yang paling kamu sukai. Semuanya tentu bagus dan indah. Namun jangan kecewa apabila nanti kebun yang dijumpai ada yang tidak sebanyak di foto karena kebanyakan memang bunga matahari akan tumbuh berkumpul di satu titik.

Apalagi bunga ini termasuk tumbuhan yang perkembangannya tergantung musim. Waktu yang paling bagus tentu saja saat musim panas, kira-kira mulai April hingga Juni, atau bisa dikatakan saat puncak musim kemarau yaitu pada bulan Juni hingga September. Oleh karena itu, tidak ada jaminan bunga matahari akan mekar di setiap waktu dan di seluruh perkebunan.

Dan juga alangkah baiknya sebagai pengunjung memperhatikan tindak tanduk saat berwisata. Jangan sampai pihak pengelola dirugikan dan juga merugikan orang lain. Lebih baik beraktivitas sesuai aturan namun tetap fun. Berkaca dari pernah rusaknya salah satu kebun matahari, mari sebagai pengunjung tetap menjaga kelestarian tumbuhan yang kita nikmati.

Demikianlah ulasan mengenai daftar taman bunga matahari di Inedonsia yang bisa anda kunjungi. Semoga bermanfaat, jangan lewatkan juga: Objek Wisata Keluarga Taman Buah Mekarsari Bogor

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!