Liburan Seru ke Objek Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo Jatim

Taman Nasional Baluran Jawa Timur memang memiliki keindahan wisata alam yang tidak bisa terbantahkan. Jika pantai-pantai yang ada di Jawa Timur sudah terkenal keindahannya, di bagian timur pulau Jawa ini juga terdapat wisata alam yang tidak kalah menarik dimana anda akan serasa sedang berada di Afrika dengan eksotisme padang savananya. Tempat itu adalah Taman Nasional Baluran yang sangat luas serta menampung aneka jenis ekosistem didalamnya.

Nama Baluran diambil dari nama gunung di daerah taman nasional ini yaitu gunung Baluran. Taman Nasional Baluran adalah hutan yang memiliki keadaan kering seperti sebuah savana dan juga terdapat beberapa jenis hutan dalam satu kawasan seperti hutan rawa, hutan musim, hutan pantai dan hutan mangrove.

Taman Nasional Baluran memiliki pos pengamatan yang bisa dikunjungi seperti Batangan yang merupakan goa peninggalan jaman penjajahan Jepang, menyaksikan burung merak yang sedang kawin di musim kawin serta makam putri Malik Maulana Ibrahim. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai tempat wisata Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman wisata Baluran terletak di Banyuwangi sebelah utara yang masuk kedalam wilayah Banyuputih, Situbondo, dan Wongsorejo. Sebelah utara dari Taman Nasional Baluran ini berbatasan langsung dengan Selat Madura, dan sebelah Timurnya berbatasan dengan Selat Bali.

Di bagian tengah dari taman nasional ini terdapat Gunung Baluran yang dahulunya merupakan gunung berapi namun sekarang sudah tidak aktif lagi. Taman Nasional Baluran diapit oleh Gunung Ijen dan Gunung Semeru.

Akses Menuju Taman Nasional Baluran

Jika anda berada di luar Jawa Timur, yang pertama anda lakukan adalah menuju ke Surabaya terlebih dahulu. Setelah sampai di Surabaya ambilah rute jalur pantai utara ke arah kota Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan kemudian berakhir di Banyuputih. Apabila anda sudah ada di Banyuputih pilih jalan menuju desa Bilik, Wongosorejo, nanti ditengah-tengah perjalanan di desa ini anda bisa mabil jalan belok kiri menuju visitor center.

Peta

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Bagi anda yang ingin menikmati liburan seru di taman nasional baluran ini, anda harus membayar tiket masuk. Untuk tiket masuk taman nasional ini sendiri bermacam-macam jenisnya. Berikut ini detail harga tiket masuk taman nasional baluran yang dikenakan untuk wisatawan:

1. Tiket Masuk Hari Biasa

  • Untuk tiket masuk hari biasa senin hingga hari jum’at, dikenakan: Pengunjung domestik / wisatawan lokal : Rp.15.000 sedangkan Wisatawan mancanegara : 10 kali lipat, yakni Rp. 150.000
  • Selain itu, untuk biaya parkir, roda 2 : Rp. 5.000, Pengendara roda 4 : Rp. 10.000.00, dan Pengendara roda 6 (bus) : Rp. 50.000

2. Tiket masuk hari libur

  • Untuk hari libur atau pada saat akhir pekan, wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar: wisatawan lokal : Rp. 17.500 sedangkan Wisatawan manca negara : Rp. 225.000.
  • Tarif parkir untuk hari-hari tersebut naik menjadi: roda 2 : Rp. 7.500, Pengendara roda 4 : Rp. 15.000, dan Pengendara roda 6 : Rp. 75.000

Kondisi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran ini merupakan padang savana yang terluas yang ada di pulau Jawa yang tampak sebagai Afrikanya Indonesia. Pemandangan savananya begitu eksotis yang melindungi aneka macam spesies hewan serta tumbuhan. Anda akan menemukan rusa liar yang berlarian kesana kemari ataupun para merak yang memamerkan bulu-bulu indahnya. Taman Nasional Baluran sudah seperti layaknya kebun binatang raksasa yang ada di pulau Jawa.

Aktivitas Seru Di Taman Nasional Baluran

Jika anda penggemar fotografi sebaiknya menyusuri taman ini pada pukul 4 hingga 5 pagi untuk bisa mendapatkan pemandangan yang indah. Disini anda bisa menyaksikan matahari terbit dengan semburat cahaya kekuningannya yang menembus sela-sela rerumputan. Jika anda ingin menyaksikan sunrise di pantai, disekitar Taman Nasional Baluran ada pantai Bama yang cocok dijadikan tempat menyaksikan matahari terbit.

Destinasi Wisata di Taman Nasional Baluran

Anda penasaran dengan wahana apa saja yang bisa kita nikmati di taman ini? Berikut ini kami rangkumkan untuk anda berbagai wahana objek wisata yang bisa memuaskan liburan anda:

1. Hutan Musim

Wahana liburan di taman nasional Baluran yang pertama adalah hutan musim. Hutan musim ini dinamai demikian karena tempat ini berubah sesuai musim yang ada. Pada musim penghujan, hutan ini akan terlihat rimbun dan menghijau, namun pada musim kemarau, hijaunya dedaunan tidak akan tampak, dan berubah warna menjadi kuning bahkan rontok, sehingga hutan musim akan didominasi warna coklat. Kawasan ini akan Anda lalui sejauh kurang lebih 5 kilometer.

2. Hutan Evergreen

Selain hutan musim, wisatawan juga akan dimanjakan dengan hutan evergreen yang ada di kilometer 6 sampai dengan 9. Hutan yang juga dikenal dengan nama abadi ini selalu terlihat hijau di sepanjang tahun dan sepanjang musim. Mungkin itulah mengapa hutan ini disebut hutan evergreen karena selalu hijau.

Hutan Evergreen

Hutan Evergreen

Hutan ini lokasinya ada di atas tanah yang sangat subur karena lapisan tanahnya yang selalu dibasahi air. Di tempat ini, terdapat aliran air atau sungai yang terus mengalir sehingga membuat kawasan evergreen ini terus tumbuh subur. Anda datang kapanpun ke tempat ini, Anda akan selalu disambut oleh warna hijaunya hutan evergreen.

3. Padang Rumput ( Savana Bekol )

Selanjutnya, wisatawan akan disuguhi pemandangan luar biasa dari padang rumput savana bekol ala Afrika di pulau Jawa. Bagi anda yang baru pertama kali kesini, anda pasti akan berdecak kagum melihat padang rumput yang terbentang luas di sejauh mata memandang.

Di padang rumput ini terdapat aneka hewan yang berkeliaran kesana kemari menjadi pemandangan indah tersendiri bagi pengunjung. Anda bisa menyaksikan padang rumput lebih jauh lagi melalui menara pandang.

Agar lebih jelas melihatnya, anda bisa menaiki menara pandang setinggi 30 meter. Dari atas menara pandang ini wisatawan bisa melihat view dengan jarak yang lebih jauh. Keadaan rumput di padang savana ini menyesuaikan keadaan seperti pada hutan musim. Anda akan menjumpai rumput-rumput berwarna coklat dan gersang di musim kering, sedangkan pada musim hujan, rumput-rumput akan tumbuh subur.

4. Pantai Bama Taman Nasional Baluran

Taman nasional baluran ini juga memiliki pantai ini yang seru untuk basah-basahan. Pantai ini letaknya hanya 3 kilometer saja dari lokasi padang savana bekol. Anda dapat meneruskan perjalanan dari padang rumput, mengikuti arah jalan yang ada.

Pantai Bama Taman Nasional Baluran

Pantai Bama Taman Nasional Baluran

Pantai Bama memiliki pemandangan yang tak kalah seru dibanding pantai lain di Jawa Timur. Pantai ini sudah menyediakan fasilitas lengkap termasuk penginapan. Anda bisa melakukan aktivitas pantai seperti berenang, snorkeling, menyelam, dan menaiki perahu.

5 Masuk ke Goa Jepang

Kurang lengkap rasanya kalau ke taman nasional ini tanpa singgah sebentar melihat peninggalan sejarah, goa Jepang. Goa yang luasnya sekitar 12 meter persegi ini merupakan tempat bertahan dan penyimpanan amunisi. Lokasi Goa Jepang berada tepat di pintu masuk Taman Nasional Baluran.

6. Jangan lupa berkunjung ke dermaga mangrove Bama

Kalau tadi ke pantai bama, nah tidak ada salahnya juga kalau mampir sejenak ke dermaga mangrove bama yang lokasinya hanya sekitar 100 meter ke arah selatan dari pantai bama. Dermaga mangrove ini terkenal menjadi salah satu spot yang tenang dan romantis di taman nasional ini.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga di dermaga ini saat anda liburan ke taman nasional baluran ini. Jika anda ingin mengunjungi dermaga ini, silahkan ikuti jalur setapak dan melewati rerimbunan pepohonan magrove dan kayu hutan yang kokoh menjulang ke atas langit.

Disana selain kita menikmati keindahan alamnya kita juga dapat menemukan berbagai hewan liar seperti biawak, monyet, dan burung bangau.

7. Memancing di Pantai Kajang

Anda hobi memangcing? Tidak ada salahnya juga untuk menyalurkan hobi anda disini, karena ada spot terbaik memancing disini, yitu di Pantai Kajang.

Untuk bisa mencoba spot memang di pantai kajang ini, kita harus meminta izin di Resort Bama kemudian dilanjut dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Usahakan minta tolong kepada petugas untuk menjadi guide selama perjalanan ke Pantai Kajang. Dalam perjalanan menuju pantai kamu akan merasakan sensai bertualang di alam bebas karena kita akan menembus belantara Hutan Baluran.

Di Pantai Kajang kita akan dimanjakan dengan hamparan pasir yang luas dan air laut yang jernih.untuk menuju ke pantai kajang

Bagaimana? Anda sudah tidak sabar lagi ingin segera menikmati liburan seru ke taman nasional Baluran? Tunggu apalagi, langsung aja planning. Kapan kira-kira waktu yang pas bersama keluarga atau orang tercinta kesini.

Demikianlah ulasan singkat dari kami tentang Taman Nasional Baluran. Semoga bermanfaat dan menjadikan liburan anda semakin seru lagi. Jangan lewatkan juga: 34 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Leave a Reply

error: Content is protected !!