Tempat Wisata di Situbondo Jawa Timur

Tempat wisata di Situbondo – Situbondo merupakan salah satu wilayah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang sangat kaya akan objek wisata. Kabupaten yang berbatasan dengan Banyuwangi ini menawarkan daya tarik wisata utama berupa objek wisata pantai dan situs budaya.

Secara keseluruhan, Situbondo memiliki luas sekitar 1.670 km persegi. Di luas arealnya tersebut, ada sekitar 665 ribu warga penduduk yang didominasi oleh suku Jawa.

Karena berbatasan langsung dengan laut, Situbondo sangat kaya akan objek wisata pantai. Walaupun belum terkelola secara maksimal, objek wisata pantai di Situbondo sebenarnya tidak kalah eksotis dari objek wisata pantai yang ada di Bali dan Jogja lho!

Karena tidak berstatus sebagai Kota Wisata, Situbondo cenderung tidak terlalu sering dikunjungi oleh wisatawan luar daerah. Walaupun hal ini terkesan seperti sebuah kekurangan, namun bagi wisatawan, hal ini sebenarnya merupakan sebuah kabar gembira.

Dengan jumlah pengunjung yang tidak terlalu ramai, Situbondo sangat pas untuk dijadikan sebagai tujuan wisata saat musim liburan.

Daftar Tempat Wisata di Situbondo yang Wajib Anda Sambangi

Berikut merupakan beberapa objek wisata di Situbondo yang menarik untuk disambangi di waktu luang bersama dengan pasangan, keluarga, atau pun kerabat:

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Tempat wisata di Situbondo yang pertama adalah Taman Nasional Baluran. Taman Nasional Baluran merupakan salah satu objek wisata paling populer yang ada di Kab. Situbondo.

Sangking populernya objek wisata ini, banyak orang yang mengatakan bahwa jalan – jalan ke Situbondo masih belum bisa dianggap “sah” jika belum singgah ke taman nasional ini.

Sama seperti taman nasional di daerah lain, Taman Nasional Baluran juga memiliki banyak spot wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Dari mulai objek wisata berbentuk gunung, objek wisata berbentuk padang savana, sampai dengan objek wisata berbentuk pantai, semuanya telah tersedia di taman nasional ini.

Selain itu, Anda juga dapat melihat beranekaragam satwa liar yang hidup di taman nasional ini, seperti: kerbau liar, rusa, burung merak, dan banteng.

Sangat menarik bukan?

Oh ia, walaupun objek wisata ini berstatus sebagai taman nasional yang mayoritas arealnya didominasi oleh hutan, namun fasilitas wisata di taman nasional ini sudah tergolong cukup lengkap lho!

Dari mulai mushola, tempat parkir, sampai dengan tempat makan, semuanya telah tersedia di taman ini.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, lokasi objek wisata ini ada di Kec. Banyuputih, yaitu di ujung bagian sebelah timur Kab. Situbondo.

Akses lokasi menuju taman ini tergolong sangat mudah. Jika Anda berangkat dari pusat Kab. Situbondo, Anda dapat menempuh perjalanan menuju ke arah Kec. Banyuputih melalui jalan lintas Situbondo – Banyuwangi.Di km 35, Anda nanti akan disambut dengan gerbang masuk Taman Nasional Baluran.

Di hari normal, objek wisata Taman Nasional Baluran dapat dikunjungi setiap hari selama 24 jam non stop.

Untuk masuk ke taman nasional ini, wisatawan lokal hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 di hari kerja dan Rp. 7.500 di hari libur dan akhir pekan. Sedangkan untuk wisatawan dari mancanegara, tiket masuknya ditetapkan sebesar Rp. 150.000 per orang.

Sangat terjangkau bukan?

Lokasi: Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo

Baca selengkapnya di: Taman Nasional Baluran Situbondo Jatim

2. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo via @rizaa.99

Pantai Pasir Putih Situbondo via @rizaa.99

Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan salah satu tempat wisata populer di Situbondo yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung.

Objek wisata ini dinamai Pantai Pasir Putih karena warna pasir pantainya yang berwarna putih.

Berbeda dengan mayoritas destinasi wisata pantai yang lainnya, objek wisata Pantai Pasir Putih ini memiliki kawasan hutan hijau yang terletak tidak jauh dari pinggir garis pantainya.

Karena keberadaan hutan hijau tersebut, meskipun bersuhu panas, pantai ini menjadi terasa sejuk.

Secara keseluruhan, kondisi lingkungan di sekitar Pantai Pasir Putih Situbondo masih tergolong cukup asri.

Aliran airnya masih tergolong cukup jernih dengan dentuman ombak yang tidak terlalu besar.

Saat berkunjung ke pantai ini, Anda dapat menikmati banyak aktivitas wisata menarik, seperti: berjemur di pinggir pantai, bermain pasir dan air di pinggir pantai, berenang, bermain kapal selancar, dll.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Pasir Putih Situbondo sudah tergolong cukup lengkap. Dari mulai fasilitas umum seperti kamar mandi dan mushola sampai dengan fasilitas yang bersifat pribadi seperti tempat makan dan pusat oleh – oleh, semuanya telah tersedia di sekitar lokasi objek wisata ini.

Lokasi Pantai Pasir Putih Situbondo ada di Jl. Raya Pasir Putih No. 87, Selomukti, Mlandingan.

Objek wisata pantai ini dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam non stop dengan tiket masuk yang sangat terjangkau.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Putih No.87, Selomukti, Mlandingan, Kabupaten Situbondo

3. Pantai Bilik Situbondo

Pantai Bilik Situbondo via Lelungan

Pantai Bilik Situbondo via Lelungan

Tempat wisata di Situbondo yang selanjutnya adalah Pantai Bilik Situbondo

Berbanding terbalik dengan Pantai Pasir Putih yang telah kita bahas sebelumnya, Pantai Bilik Situbondo memiliki garis pantai yang berwarna coklat keemasan.

Jika dilihat sekilas, pasir di pantai ini memiliki empat gradasi warna, yaitu warna coklat tua, warna coklat muda, warna emas, dan warna abu – abu.

Selain memiliki warna pasir yang unik dan anti mainstream, Pantai Bilik Situbondo juga menawarkan panorama alam yang super lengkap.

Dari kawasan pantai ini, selain dapat menikmati indahnya panorama alam pantai dan dentuman ombak di lautan, Anda juga bisa menikmati indahnya panorama alam pegunungan.

Sangat keren bukan?

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Pantai Bilik tergolong cukup banyak. Dari mulai berjemur sampai dengan bermain air dan berenang, semuanya bisa dilakukan di pantai ini.

Selain itu, karena pantai ini memiliki panorama alam yang sangat lengkap, pantai ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk hunting foto.

Lokasi Pantai Bilik Situbondo ada di Labuan Merak, Kec. Banyu Putih, Kab. Situbondo. Area pantai ini masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Baluran sehingga untuk mengunjunginya Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk ke Taman Nasional Baluran saja.

Lokasi: Labuan Merak, Kec. Banyu Putih, Kab. Situbondo

4. Pantai Lempuyang, Situbondo

Pantai Lempuyang, Situbondo

Pantai Lempuyang, Situbondo

Mendengar nama pantai ini, apa yang ada di benak Anda pertama kali?

Stasiun di Kota Yogyakarta?

Ya, nama pantai ini memang sangat mirip dengan nama salah satu stasiun kereta api yang ada di Yogyakarta.

Walaupun begitu, jangan harap Anda bisa menemukan moda transportasi kereta api di pantai ini lho ya!

Alih – alih menemukan moda transportasi kereta api, di pantai ini Anda akan disambut dengan pantai berpasir lembut yang sangat eksotis.

Di sekitar lokasinya, Anda juga bisa menemui kawasan hutan mangrove yang sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk berburu foto.

Jika dibandingkan dengan dua objek wisata pantai yang telah kita bahas sebelumnya, objek wisata pantai ini masih tergolong baru dan belum begitu populer di kalangan wisatawan.

Oleh sebab itu, saat berkunjung ke objek wisata ini, jangan harap Anda bisa menemukan fasilitas wisata yang lengkap!

Walaupun begitu, dibalik kekurangannya tersebut, pantai ini menawarkan pengalaman wisata pantai yang sangat luar biasa.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata Pantai Lempuyang, lokasinya ada di wilayah Konservasi TNI, di daerah Baluran.

Lokasi: Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo

5. Pantai Tangsi Situbondo

Pantai Tangsi Situbondo via @affan

Pantai Tangsi Situbondo via @affan

Tempat wisata di Situbondo yang selanjutnya adalah Pantai Tangsi. Pantai Tangsi merupakan pantai eksotis yang berlokasi di Desa Semiring, Situbondo.

Pantai ini dulunya adalah kilang minyak. Belakangan, setelah operasi penambangan minyaknya dihentikan, pantai ini beralih fungsi menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Walaupun pernah difungsikan sebagai lokasi kilang minyak, namun kondisi lingkungan di sekitar pantai ini masih terjaga dengan baik.

Airnya masih jernih, pasirnya masih lembut, dan lingkungan sekitarnya pun masih bersih dan terbebas dari sampah.

Tidak jauh dari lokasi pantai ini ada hutan bakau yang tidak kalah menarik untuk disambangi.Selain itu, ada juga kawasan tambak ikan yang bisa diakses secara cuma – cuma.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Tangsi sudah tergolong cukup lengkap. Dari mulai tempat parkir, sampai dengan tempat makan, semuanya telah tersedia di pantai ini.

Oh ia, pantai ini juga telah dilengkapi dengan mercusuar lho! Jika mau, Anda dapat naik ke atas mercusuar tersebut untuk menikmati indahnya laut Jawa dari atas ketinggian.

Lokasi: Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo

6. Pantai Keperan

Pantai Keperan via Panduanwisata

Pantai Keperan via Panduanwisata

Pantai Keperan berlokasi di bagian sebelah timur Pantai Tangsi, yaitu di Daerah Tanjung Pecinan, Kec. Mangaan, Kab. Situbondo.

Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Kabupaten Situbondo. Oleh sebab itu, jika Anda tengah berlibur ke Situbondo, Anda kudu harus menyempatkan diri untuk singgah ke pantai ini.

Pantai Keperan memiliki garis pantai yang lebar. Aliran ombaknya tergolong cukup tenang, dan kondisi airnya pun tergolong cukup bersih dan jernih.

Tidak jauh dari garis pantainya, ada banyak pepohonan rindang yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh.

Saat berada di Pantai Keperan, ada banyak aktivitas wisata menarik yang bisa Anda lakukan. Dari mulai bermain air dan pasir, sampai dengan berkeliling areal hutan pinggir pantai menggunakan sepeda ontel sewaan, semuanya bisa dilakukan di pantai ini.

Jika mau, Anda juga bisa berburu ikan segar hasil tangkapan para nelayan yang berlabuh di Tambak Bakau.

Untuk urusan fasilitas, Pantai Keperan tergolong sudah memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Dari mulai gazebo untuk berteduh, sampai dengan tempat makan, semuanya telah tersedia dan bisa dinikmati di pantai ini.

Lokasi: Tanjung Pecinan, Kec. Mangaan, Kab. Situbondo

7. Pantai Pathek Situbondo

Pantai Pathek Situbondo via @vuzmeong

Pantai Pathek Situbondo via @vuzmeong

Khusus untuk Anda yang tidak suka keramaian, saat berlibur ke Situbondo, Anda dapat singgah ke objek wisata Pantai Pathek.

Bila dibandingkan dengan beberapa objek wisata pantai yang sebelumnya pantai ini relatif lebih sepi pengunjung. Karena kondisinya tersebut, pantai ini sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan melepas penat di akhir pekan.

Walaupun tidak terlalu populer di kalangan wisatawan, pantai ini telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup lengkap lho. Dari mulai tempat parkir, toilet, sampai dengan tempat makan, semuanya telah tersedia di pantai ini.

Oh ia, karena lokasi pantai ini menghadap ke arah barat, pantai ini sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati sunset di sore hari.

Biasanya, sambil menunggu sunset, pengunjung pantai ini akan berleha – leha di area warung sembari menikmati lezatnya rujak cingur khas Situbondo.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke pantai ini?

Jika ya, lokasi pantai ini ada di Jl. Pantai Pathek, Gelung, Situbondo. Di hari normal, pantai ini dapat dikunjungi setiap hari selama 24 jam non stop.

Lokasi: Jalan Pantai Pathek, Gelung, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo

8. Pantai Tampora Situbondo

Pantai Tampora Situbondo via @asty_kenzie

Pantai Tampora Situbondo via @asty_kenzie

Tempat wisata di Situbondo yang satu ini terletak di Kec. Bayuglugur, tepatnya di Daerah Tampora, Desa Kalianget, Kab. Situbondo.

Pantai ini tergolong sebagai pantai perawan, alias belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Jika dibandingkan dengan beberapa objek wisata pantai yang sebelumnya, panjang garis Pantai Tampora memang lebih pendek dan sempit.

Walaupun begitu, pantai ini menawarkan panorama yang tidak dimiliki oleh pantai – pantai yang sebelumnya, yaitu berupa batu karang yang sangat pas untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Untuk urusan fasilitas, pantai ini sudah tergolong cukup lengkap. Dari mulai toilet, mushola, sampai dengan warung makan, semuanya sudah tersedia.

Sayangnya, sampai artikel ini ditulis, akses lokasi menuju ke pantai ini masih belum begitu bagus dan tergolong cukup terjal.

Lokasi: Tampora, Desa Kalianget, Kec. Bayuglugur, Kab. Situbondo.

9. Pantai Balanan Situbondo

Pantai Balanan Situbondo via Kmstour

Pantai Balanan Situbondo via Kmstour

Pantai Balanan Situbondo berlokasi di Area Hutan Sumberawu, Banyuputih, Kab. Situbondo.

Pantai ini merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran.

Sama seperti Pantai Tampora, pantai ini juga masih belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Karena sedikitnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, kondisi pantai ini benar – benar masih sangat asri.

Kondisi air lautnya masih sangat jernih.

Sangking jernihnya, bagian dasar pantai ini sampai bisa terlihat dengan jelas.

Di pantai ini, Anda dapat melakukan banyak aktivitas wisata menarik. Dari mulai berenang, bermain air dan pasir, sampai dengan snorkeling, semuanya bisa dilakukan di pantai ini.

Untuk Anda yang hobi memancing, pantai ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk menyalurkan hobi Anda lho!

Sayangnya, sampai artikel ini ditulis, fasilitas yang tersedia di pantai ini masih tergolong sangat minim.

Untuk itu, jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan dari rumah ya!

Lokasi: Hutan Sumberawu, Banyuputih, Kab. Situbondo

10. Pantai Banongan

Pantai Banongan via Pantanesia

Pantai Banongan via Pantanesia

Tempat wisata di Situbondo yang selanjutnya adalah Pantai Banongan.

Pantai Banongan merupakan pantai eksotis yang berlokasi di Daerah Waringin Anim Utara, Wringinanom, Asembagus, Kab. Situbondo.

Berbeda dengan objek wisata pantai yang sebelumnya yang mana areal pinggirannya banyak ditumbuhi oleh pepohonan hutan dan mangrove, areal pinggiran pantai ini didominasi oleh pepohonan kelapa.Pepohonan kelapa tersebut merupakan kebun milik Pemerintah Kab. Situbondo.

Untuk urusan kondisi lingkungan sekitar pantai, pantai ini masih tergolong cukup asri.

Garis pantainya tergolong cukup panjang dengan kondisi pasir yang lembut berwarna coklat.

Untuk urusan fasilitas, pantai ini juga sudah tergolong cukup lengkap. dari mulai tempat parkir, tempat berteduh, sampai dengan mushola, semuanya telah tersedia.

Oh ia, karena lokasi objek wisata ini ada di bagian sebelah barat Situbondo, pantai ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati indahnya sunset di sore hari lho!

Lokasi:Waringin Anim Utara, Wringinanom, Asembagus, Kab. Situbondo

11. Pantai Bama

Pantai Bama via @rafenskabianca

Pantai Bama via @rafenskabianca

Kembali ke kawasan Taman Nasional Baluran, ada satu lagi objek wisata pantai yang sayang untuk dilewatkan. Nama pantai tersebut adalah Pantai Bama.

Pantai Bama merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Situbondo.

Berbeda dengan beberapa objek wisata pantai di kawasan Taman Nasional Baluran yang sebelumnya, pantai ini telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang lengkap.

Bahkan bisa dibilang pantai ini adalah objek wisata pantai dengan fasilitas wisata terlengkapi di Situbondo.

Di pantai ini, ada banyak aktivitas wisata menarik yang bisa Anda lakukan.

Di pagi hari Anda dapat berjalan – jalan santai untuk menikmati udara sejuk sembari melihat – melihat kawanan hewan liar (didominasi oleh kera dan burung) yang banyak hidup di sekitar pantai ini.

Jika bosan, Anda dapat melalui jalan setapak ke arah barat, untuk melihat hutan mangrove yang telah tertata rapi.

Menjelang siang, Anda dapat berjemur di bawah teriknya sinar matahari sembari bermain air dan pasir di pinggir pantai.

Dan di sore hari, Anda dapat menikmati indahnya panorama sunset di ufuk barat yang luar biasa eksotis.

Oh ia, pantai ini juga telah dilengkapi dengan jembatan pandang lho!

Anda dapat memanfaatkan jembatan pandang ini untuk melihat ikan – ikan kecil di area pinggir pantai sembari mengambil beberapa take foto.

Jika Anda hobi memancing, jembatan tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai spot untuk menyalurkan hobi Anda.

Bagaimana? Sangat menarik bukan?

Lokasi Pantai Bama ada di Taman Nasional Baluran, tepatnya di Jl. Banyuwangi – Situbondo km 35, Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih.

Untuk sampai ke Pantai Bama, Anda bisa masuk dari pintu gerbang Taman Nasional Baluran, untuk kemudian melanjutkan perjalanan sekitar 8 km langsung mengarah ke Pantai Bama.

Lokasi: Jl. Banyuwangi – Situbondo km 35, Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, Situbondo

12. Puncak Rengganis Argopuro Situbondo

Puncak Rengganis Argopuro Situbondo

Puncak Rengganis Argopuro Situbondo

Khusus untuk Anda para pecinta aktivitas hiking dan trekking, objek wisata yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan wisata Anda selama berlibur ke Situbondo.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.088 meter. Dulunya gunung ini merupakan gunung aktif. Namun, saat ini statusnya sudah tidak aktif, sehingga benar – benar sangat aman untuk dijadikan sebagai tujuan pendakian.

Sama seperti halnya gunung – gunung yang lainnya, gunung yang dijuluki sebagai gunung dengan trek terpanjang Se-Jawa ini juga memiliki beberapa pos pendakian. Nah, pos paling puncaknya bernama Puncak Rengganis.

Di areal puncak gunung ini, ada kawasan situs Rengganis yang terdiri atas 5 bangunan kuno dan 3 kompleks kepurbakalaan.

Menurut informasi yang beredar, dulunya bangunan tersebut merupakan areal kerajaan Dewi Rengganis.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba jalur pendakian di gunung ini?

Lokasi: Kabupaten Situbondo

13. Padang Rumput Sikasur

Padang Rumput Sikasur via Photobucket

Padang Rumput Sikasur via Photobucket

Di jalur pendakian Gunung Argopuro, ada objek wisata berbentuk padang rumput yang dinamai dengan Padang Rumput Sikasur.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa hamparan padang rumput yang sangat luas dan sangat eksotis.

Tidak jauh dari padang rumput ini, Anda akan disambut dengan danau eksotis bernama Danau Sitanjung yang memiliki air jernih dan sejuk.

Secara keseluruhan, objek wisata ini benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan melepas penat di akhir pekan.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, lokasinya ada di Desa Baderan, Kec. Sumbermalang, Kab. Situbondo.

Lokasi: Desa Baderan, kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo

14. Padang Savana Situbondo

Padang Savana Situbondo via Tripadvisor

Padang Savana Situbondo via Tripadvisor

Setelah banyak membahas objek wisata pantai di areal Taman Nasional Baluran, kini saatnya kita membahas objek wisata darat di taman nasional tersebut.

Salah satu spot wisata terbaik yang selalu menarik untuk dikunjungi di Taman Nasional Baluran adalah Padang Savana.

Padang rumput ini menawarkan panorama alam yang mirip dengan panorama alam di daerah Afrika dan Amerika Latin.

Di padang savana ini, Anda dapat melihat berbagai spesies hewan langka seperti rusa, banteng, merak, dan kera.

Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai macam panorama alam yang sangat eksotis, termasuk salah satunya adalah Gunung Baluran.

Bagaimana? Sangat excited bukan?

Lokasi: Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo

15. Kawasan Bekol dan Samiang

Kawasan Bekol dan Semiang

Kawasan Bekol dan Semiang via Indtimes

Tempat wisata di Situbondo yang selanjutnya adalah Kawasan Bekol dan Samiang.

Sama seperti halnya Padang Savana yang baru kita bahas di atas, Bekol dan Samiang juga merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran.

Kawasan ini merupakan kawasan khusus yang sering dijadikan sebagai spot untuk mengamati satwa liar di Taman Nasional Baluran.

Beberapa satwa liar yang bisa dilihat di kawasan ini adalah ayam hutan, rusa, kerbau liar, burung merak, banteng, dll.

Untuk mempermudah aktivitas pengawasan, kawasan ini telah dilengkapi dengan menara pandang.

Jika mau, Anda dapat naik ke menara pandang tersebut untuk melihat kawanan hewan liar dan indahnya panorama alam Taman Nasional Baluran dengan lebih jelas dari atas ketinggian (harus dengan ijin dari pengelola).

Lokasi: Banyuputih, Kabupaten Situbondo

16. Air Terjun Setancak

Air Terjun Setancak via Maknews

Air Terjun Setancak via Maknews

Air Terjun Setancak merupakan air terjun eksotis yang sarat akan kisah misteri.

Menurut penuturan masyarakat setempat, air terjun ini dulunya tidak ada. Suatu waktu, secara tiba – tiba memancarlah air dari tanah di atas tebing yang alirannya kemudian membentuk air terjun ini.

Karena kisah tersebut, air terjun ini akhirnya diberi nama Air Terjun Setancak, yaitu berasal dari kata “Tancak”, yang artinya memancar (bahasa Madura).

Sejak dulu, Air Terjun Setancak telah dijadikan sebagai rumah dan tempat mandi kawanan burung walet.

Oleh karenanya, saat berkunjung ke air terjun ini, Anda pasti akan melihat kawanan burung walet.

Lokasi Air Terjun Setancak ada di Desa Mojosari, Kec. Asembagus. Dari Pusat Kota Situbondo, lokasi air terjun ini dapat ditempuh dalam kurun waktu 3 – 4 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Lokasi: Desa Mojosari, Kec. Asembagus, Kabupaten Situbondo

17. Air Terjun Talempong

Air Terjun Talempong via @odhiet.harya

Air Terjun Talempong via @odhiet.harya

Tempat wisata di Situbondo yang berikutnya adalah Air Terjun Talempong.

Saat mendengar nama air terjun ini pertama kali, apa yang muncul di benak Anda? Alat musik? Ya, penulis sendiri langsung memikirkan hal tersebut.

Anehnya, walaupun diberi nama Air Terjun Talempong, air terjun ini sama sekali tidak terkait dengan alat musik tersebut.

Penamaan air terjun ini dilakukan dengan mengikuti nama desa tempat air terjun ini berada, yaitu Desa Talempong.

Secara keseluruhan, air terjun talempong tergolong tidak terlalu tinggi. Aliran airnya pun juga tidak terlalu deras.

Walaupun begitu, karena airnya sangat bersih dan segar, air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri untuk kalangan wisatawan, terutama wisatawan lokal.

Lokasi Air Terjun Talempong ada di Desa Talempong, Kec. Banyuglugur, Kab. Situbondo. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini, Anda harus rela berjalan kaki sekitar 2 km.

Lokasi: Desa Talempong, Kec. Banyuglugur, Kab. Situbondo

18. Alun – Alun Situbondo

Alun – Alun Situbondo via Ub

Alun – Alun Situbondo via Ub

Alun – Alun Situbondo berlokasi di Jl. Hasanudin, Palraman, Dawuhan, Kec. Situbondo.

Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata populer sekaligus tempat nongkrong terbaik yang ada di Kota Situbondo.

Setiap harinya, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Di alun – alun ini Anda dapat berfoto di Tugu Garuda, bersantai di bawah pohon rindang, bersepeda, joging, dll.

Untuk menghadirkan kenyamanan bagi para pengunjung, Pemerintah Kabupaten Situbondo telah melengkapi objek wisata ini dengan fasilitas wisata yang cukup lengkap.

Dari mulai areal parkir, mushola, sampai dengan toilet, semuanya telah tersedia di sini.

Lokasi: Jl. Hasanudin, Palraman, Dawuhan, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo

19. Rumah Residen Besuki

Rumah Residen Besuki via Wisatasitubodno

Khusus untuk Anda yang hobi berkunjung ke objek wisata sejarah, saat liburan di Situbondo jangan lupa untuk singgah sejenak ke objek wisata Rumah Residen Besuki.

Lokasi Rumah Residen Besuki ada di sebelah selatan Alun – Alun Kota Besuki.

Rumah ini didirikan pertama kali pada Tahun 1803, yaitu saat jaman kolonial Belanda.

Dulunya rumah ini digunakan sebagai tempat tinggal pemimpin Keresidenan Besuki.

Gaya artisektur yang digunakan pada bangunan ini merupakan gaya arisitektur campuran antara China dan Eropa.

Sayangnya, karena tidak diurus, saat ini bangunan rumah yang sarat akan nilai historis ini kondisinya sangat memprihatikankan.

Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, objek wisata ini dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam nonstop tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

Lokasi: Jl. Hasanudin, Palraman, Dawuhan, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo

20. Rumah Dalem Tengah

Rumah Dalem Tengah via Situbondokab

Rumah Dalem Tengah via Situbondokab

Masih di daerah kawasan Alun – Alun Besuki, ada satu lagi objek wisata bersejarah yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Rumah Dalem Tengah.

Rumah Dalem Tengah merupakan rumah bersejarah milik Ke PateAlos. Ke PateAlos sendiri merupakan salah seorang toko penting yang memiliki nama asli Bagus Kasim.

Dulunya, di era Keresidenan Besuki, rumah ini merupakan tempat pertemuan antara Ke PateAlos yang berstatus sebagai Demang untuk daerah Demung (Besuki) dengan para bawahannya.

Saat ini kondisi rumah ini sama dengan Rumah Residen Besuki, yaitu sangat memprihatinkan.

Walaupun begitu, karena sarat akan nilai historis, rumah ini tetap menarik untuk disambangi.

Lokasi: Kabupaten Situbondo

21. Pabrik Gula Olean

Pabrik Gula Olean via Tripadvisor

Pabrik Gula Olean via Tripadvisor

Jika Kota Bantul memiliki Pabrik Gula Madukismo, Situbondo memiliki Pabrik Gula Oleanyang dapat dikunjungi untuk aktivitas tour wisata.

Pabrik Gula Olean merupakan pabrik gula tertua di Situbondo. Pabrik gula ini didirikan pertama kali pada Tahun 1846 oleh pemerintah kolonial Belanda.

Hebatnya, walaupun telah berusia lebih dari 150 tahun, pabrik gula ini masih terus beroperasi sampai sekarang.

Lokasi Pabrik Gula Olean ada di Kec. Situbondo, yaitu sekitar 3 km dari pusat Kota Situbondo.

Pabrik gula ini pernah diusulkan untuk menjadi salah satu situs warisan dunia. Sayangnya, sampai sekarang, masih belum ada kejelasan mengenai status situs warisan dunia tersebut.

Lokasi: Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo

22. Kawasan Industri Genteng Kalibagor

Kawasan Industri Genteng Kalibagor

Kawasan Industri Genteng Kalibagor

Jalan – jalan tidak hanya sekedar bisa menyejukkan pikiran saja lho! Lebih dari itu, jalan – jalan juga bisa dijadikan sebagai salah satu aktivitas untuk menumbuhkan kreativitas bisnis.

Di Kawasan Industri Genteng Kalibagor ini misalnya. Dengan jalan – jalan di kawan industri ini Anda bisa menumbuhkan kreativitas bisnis Anda, terutama di dunia industri genteng.

Di sini, Anda dapat melihat proses pembuatan genteng dari mulai masih bahan baku sampai dengan proses pemasaran.

Jika mau, Anda juga bisa bertanya – tanya sembari “nyolong ilmu” ke para pekerja yang ada di sini.

Sangat menarik bukan?

Lokasi Kawasan Industri Genteng Kalibagor, ada di daerah Kalibagor, tepatnya di Jl. Lintas Situbondo – Bondowoso.

Di hari normal, kawasan industri ini dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Lokasi: l. Lintas Situbondo – Bondowoso

23. Arung Jeram Samir Situbondo

Arung Jeram Samir Situbondo via @and_fence

Arung Jeram Samir Situbondo via @and_fence

Tempat wisata di Situbondo yang selanjutnya adalah Arung Jeram Samir Situbondo.

Wisata Arung Jeram Samir Situbondo terletak di Dusun Samir, Desa bantal, Kec. Asembagus, Kab. Situbondo.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa aktivitas arung jeram yang sangat menantang.

Aliran sungai yang dilalui tergolong cukup deras. Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir, sebab, pengelola objek wisata ini telah menyediakan peralatan safety yang lengkap.

Oh ia, karena berlokasi di daerah pedesaan, aliran air sungai yang dilalui benar – benar masih sangat jernih lho! Selain itu pemandangan alam sekitarnya pun juga masih sangat asri.

Lokasi: Lokasi: Desa Bantal, Kec. Asembagus, Bantal, Asembagus, Kabupaten Situbondo

24. Perkebunan Kopi Kayu Mas

`Perkebunan Kopi Kayu Mas via Imexplorer

Perkebunan Kopi Kayu Mas via Imexplorer

Perkebunan Kopi Kayu Mas berlokasi di Kec. Arjasa, yaitu sekitar 47 km dari Kota Situbondo.

Perkebunan ini merupakan salah satu perkebunan tertua di Indonesia.Dulunya, sebelum ditanami kopi, kebun ini pernah ditanami tanaman kina.Belakangan, setelah dikuasai oleh Pemerintah Indonesia, jenis tanamannya diganti menjadi kopi.

Saat ini, Perkebunan Kopi Kayu Mas dikuasai sepenuhnya oleh PTPN XII.

Komoditi utama yang dibudidayakan di sini adalah Kopi Arabika yang dipasarkan dengan merk Jawa Coffe Kayu Mas.

Di objek wisata ini Anda dapat berkeliling areal kebun kopi dan melihat proses pengolahan kopi di pabriknya langsung.

Jika mau, Anda juga dapat membeli berbagai macam produk kopi hasil produksi pabrik ini.

Lokasi: Kec. Arjasa, sekitar 47 km dari Kota Situbondo

25. Monumen 1000 Km Anyer Panarukan

Monumen 1000 Km Anyer Panarukan via @ksatriamerah

Monumen 1000 Km Anyer Panarukan via @ksatriamerah

Saat mendengar nama monumen ini, apa yang muncul di pikiran Anda pertama kali? Kerja rodi? Ya, monumen ini memang didirikan secara khusus untuk memperingati hal tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, di era pendudukan Kolonial Belanda, masyarakat Indonesia pernah dipaksa untuk mendirikan jalan raya sepanjang 1000 km dari daerah Anyer di Jawa Barat menuju daerah Panarukan di Jawa Timur.

Nah, untuk memperingati hal tersebut, dibuatlah monumen ini di daerah Panarukan, tepatnya di daerah Wringinanom, Kab. Situbondo.

Jika mau, Anda dapat berkunjung ke monumen ini untuk sekedar berfoto dengan latar belakang monumen.

Lokasi:  Wringinanom, Panarukan, Kabupaten Situbondo

26. Pelabuhan Rakyat Panarukan

Pelabuhan Rakyat Panarukan via Antaranews

Pelabuhan Rakyat Panarukan via Antaranews

Pelabuhan Rakyat Panarukan merupakan pelabuhan yang sarat akan sejarah.

Di era Kolonial Belanda, pelabuhan ini dulunya merupakan pelabuhan besar yang difungsikan sebagai tempat untuk menyandarkan kapal – kapal besar.

Belakangan, sejak Tahun 1980, pelabuhan ini dibangun ulang oleh Pemerintah Indonesia dan fungsinya dibatasi hanya untuk kapal – kapal berukuran kecil saja.

Tidak jauh dari pelabuhan ini, ada sebuah desa nelayan yang kawasan pantainya dipenuhi dengan kapal nelayan tradisional.

Kawasan tersebut sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk berburu foto.

Jika Anda tertarik untuk menyambangi pelabuhan ini, Lokasinya ada di Desa Kilensari, Kec. Panarukan, Kab. Situbondo.

Lokasi: Desa Kilensari, Kec. Panarukan, Kab. Situbondo

27. Alun – Alun Asembagus

Alun – Alun Asembagus via @andriecalum

Alun – Alun Asembagus via @andriecalum

Selain Alun – Alun Kota Situbondo, Kab. Situbondo juga memiliki beberapa alun – alun lain yang terletak di daerah kecamatannya. Salah satu alun – alun tersebut adalah Alun – Alun Asembagus.

Alun – alun ini berlokasi di Daerah Trigonco, Asembagus, Trigonco, Situbondo.

Di sini, Anda dapat bersantai sembari duduk – duduk santai. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang Tulisan “Asembagus The Second City” yang ada di bagian depan alun – alun ini.

Lokasi: Trigonco, Asembagus, Trigonco, Situbondo, Kabupaten Situbondo

28. Kolam Renang Tirta Pandawa Situbondo

Kolam Renang Tirta Pandawa Situbondo

Kolam Renang Tirta Pandawa Situbondo

Selanjutnya buat anda yang suka berenang, bisa memilih kolam renang tirta Pandawa sebagai destinasi liburan di Situbondo selanjutnya.

Kolam renang tirta pandawa ini menjadi alternatif pilihan warga Situbodno yang berolahraga sambil bermain bersama keluarga tercinta. Tidak heran kalau kolam senang ini selalu ramai saat akhir pekan atau musim liburan.

Lokasi: JL. Sudirman, RT. 003, Karangasem, Patokan, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo

29. Pelabuhan Jangkar Situbondo

Pelabuhan Jangkar Situbondo via Harnas

Pelabuhan Jangkar Situbondo via Harnas

Berikutnya ada juga pelabuhan Jangkar yang bisa anda jadikan tempat untuk nongkrong-nongkrong atau kumpul bareng teman-teman sambil menyaksikan lautan luas. Lokasi pelabuhan ini ada di desa Asembagus yang berjarak sekitar 30km dari pusat kota Situbondo.

Lokasi: Kecamatan Asembagus, kabupaten Situbondo

30. Obyek Wisata Waduk Curah Cottok Situbondo

Obyek Wisata Waduk Curah Cottok Situbondo via Tagar

Obyek Wisata Waduk Curah Cottok Situbondo

Tempat wisata di Situbondo berikutnya adalah Waduk Cottok yang ada di Desa Curah Cottok, Kapongan, Situbondo. Waduk ini merupakan urat nadi warga untuk mengairi sawah ladang mereka.

Lokasi: Desa Curah Cottok, Kapongan, Kabupaten Situbondo

31. Gunung Argopura

Gunung Argopura via Kompas

Gunung Argopura via Kompas

Buat anda yang hobi mendaki gunung, maka gunung Argopura ini bisa anda jadikan pilihan untuk aktivitas tracking. Jalur yang menantang dan panjang membutuhkan setidaknya 3-6 hari untuk bisa sampai ke puncaknya.

Adapun puncak gunung Agropura yang terkenal yakni puncak Rengganis sekaligus puncak tertinggi Gunung argopura. Di puncak gunung ini anda akan menyaksikan situs peninggalan purbakala yaitu masa kerajaan Dewi Rengganis.

Jalur pendakian ada 2, namun yang paling favorit adalah yang melalui Desa Baderan yang terletak di Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo

Lokasi: perbatasan kabupaten Probolinggo, Situbondo dan Bondowoso

32. Kelenteng Poo Tong Biaw Situbondo

Kelenteng Poo Tong Biaw Situbondo via Eastjava

Kelenteng Poo Tong Biaw Situbondo via Eastjava

Selanjutnya anda bisa mengunjungi Keleteng Poo Tong Biaw. Klenteng ini merupakan tempat sembahyang umat Buddha khususnya yang ada di sekitar daerah Besuki, berjarak sekitar 35 Km dari kota Situbondo.

Lokasi: Terletak di Besuki, sekitar 35 Km dari kota Situbondo

33. Pantai Pasir Hitam Banongan

Pantai Pasir Hitam Banongan via @rifdulbas

Pantai Pasir Hitam Banongan via @rifdulbas

Tempat wisata di Situbondo berikutnya adalah pantai pasir hitam Benongan. Pantai menawarkan keindahan dengan suasana asli pantai dengan udara laut yang segar. Jajaran pohon kelapa di bibir pantai membuat suasana semakin menenangkan dan menyejukkan.

Lokasi:  Wringinanom, Asembagus, Kabupaten Situbondo

Kunjungi juga yuk: Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur

34. Pantai Blitok

Pantai Blitok via @dwiernaisfianti26

Pantai Blitok via @dwiernaisfianti26

Selanjutnya anda juga bisa mengunjungi pantai Blitok yang bisa anda jadikan tempat untuk rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari yang melelahkan.

Pantai blitok ini mudah diakses karena dekat dengan jalan utama. Pantai yang indah ini bisa menjadi pilihan liburan anda bersama keluarga, selain bermain sepuasnya anda juga akan disuguhkan aneka kuliner lezat di sepanjang pantai.

Untuk bisa sampai ke pantai Blitok ini dari Alun-alun Situbondo hanya memakan waktu sekitar 45 menit saja.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Putih, Mlandingan, Kabupaten Situbondo

35. Pantai Pandean

Pantai Pandean via Melebarkansayap

Pantai Pandean via Melebarkansayap

Tempat wisata di Situbondo berikutnya adalah pantai Pandean yang memiliki bibir pantai yang landai dan panjang. Selain itu, pantai ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Lokasi: Pandean, Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo

36. Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati via @juniardanarizky

Waduk Bajulmati via @juniardanarizky

Waduk Bajulmati juga bisa anda jadikan sebagai tempat reakreasi lho. Waduk ini sebenarnya terletak di perbatasan Situbondo dan Banyuwangi.

Oh ya sob, waduk ini disebut-sebut mirip sekali dengan Raja Ampat lo. Lokasinya ada di kecamatan Banyuputih, Situbondo, dan desa Bajulmati, Banyuwangi.

Meskipun hanya berupa waduk, anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan menarik bak kepulauan. Jangan lupa untuk membawa kamera atau HP dengan resolusi tinggi untuk mengabadikan momen foto di sekitar waduk atau dari atas bukit.

Lokasi: Kecamatan Banyuputih, Situbondo, dan desa Bajulmati, Banyuwangi

37. Bukit Cappore

Bukit Cappore via @muhammadmuhsina

Bukit Cappore via @muhammadmuhsina

Kalau kamu sedang mencari tempat wisata sekaligus spot kece yang instagrammable, maka bukit Cappore ini adalah salah satunya. Dinamai bukit Cappore karena terletak di desa Cappore.

Bukit yang cantik ini juga disebut bukit seribu. Karena memiliki jumlah perbukitan kecil yang banyak. Tidak heran kalau anak-anak hits sering jeprat-jepret di bukit ini.

Lokasi: Desa Cappore, Kabupaten Situbondo

38. Waduk Pitaloka

Waduk Pitaloka via @bayu_aey

Waduk Pitaloka via @bayu_aey

Lokasi: Curah cottok, Kapongan, Kabupaten Situbondo

39. Puncak Ringgit

Puncak Ringgit via Phinemo

Puncak Ringgit via Phinemo

Terakhir, anda bisa mencoba untuk menaklukkan puncak ringgit yang memiliki ketinggian sekitar 1.250 mpdl. Puncak ringgit yang lebih populer dikenal dengan nama “Puncak So’on”. Dan untuk bisa sampai ke puncaknya, kamu bisa memulai pendakian dari Desa Pecaron, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo.

Rute perjalanan dilanjutkan dengan berjalan menyusuri jalan setapak sejauh 3 km menuju pos pertama untuk beristirahat sejenak.

Untuk bisa sampai ke puncak hanya memakan waktu sekitar 4 jam saja. Dari puncak ini kamu bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Apalagi kalau kamu datang pada malam hari, kamu bisa melihat pemandangan lampu-lampu kota yang indah dan berkalap-kelip.

Kalau kamu datangnya siang hari, kamu bisa menyaksikan hamparan perbukitan bondowoso, plus lautan awan saat pagi hari. Untuk kamu yang berminat menaklukan gunung ini, kamu mesti memayar retribusi sebesar Rp. 3000,00/ orang.

Lokasi: Desa Pecaron, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo

******

Itulah sedikit informasi mengenai tempat wisata di Situbondo yang dapat kami bagikan kepada Anda.

Penting untuk diingat, jika Anda berencana untuk liburan ke Situbondo, Situbondo memiliki suhu udara yang cukup panas. Untuk itu, Anda kami sarankan untuk mengenakan pakaian yang tipis namun menyerap keringat. Selain itu, agar kulit Anda tidak tersengat sinar matahari, jangan lupa untuk selalu mengenakan sun screen ya!

Akhir kata, selamat berwisata dan semoga perjalanan wisata Anda di Situbondo terasa menyenangkan ya! Jangan lewatkan juga ya: 42 Objek Wisata di Bondowoso Jawa Timur Paling Hits

 

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!