Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai  Batu BengkungMalang memang sangat pantas disebut sebagai kota wisata. Ada banyak tempat wisata di Malang yang menarik untuk dikunjungi. Kalau memang Anda sudah mulai bosan dengan berbagai wisata modern di Malang, Anda bisa langsung arahkan setir dan kunjungi wisata alam berupa pantai yang juga terdapat di Malang.

Mulai dari kawasan dampit sampai pelosok Malang yang lain memang akan mudah Anda temukan wisata pantai. Salah satunya wisata pantai yang recommended dikunjungi di Malang adalah Pantai Batu Bengkung. Pantai ini merupakan sebuah pantai dengan ombak besar yang akan terpecah dengan barikade barisan karang di sepanjang pantai.

Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai Batu Bengkung Malang

Air laut yang melewati barisan karang kemudian terjebak di cekungan akan membentuk kolam air asin alami dengan ikan – ikan cantik didalamnya. Disini pesona alam yang tak ada duanya akan Anda temukan. Khususnya Anda pecinta alam memang recommended untuk datang kesini. Nikmati potensi alam menakjubkannya hanya di Malang.

Berendam di Pantai Batu Bengkung

Berendam di Pantai Batu Bengkung

Kenapa Dinama Pantai Batu Bengkung?

Ada cerita unik dibalik penamaan pantai ini. Dinamain batu bangkung dikarenakan bebatuan yang mengelilingi pantai ini membentuk sebuah area perlindungan berupa kolam air yang telah kami sebutkan diatas. Nah, dari gugusan bebatuan di pantai ini membentuk seperti wanita yang sedang dibengkung dan melengkung.

Selain itu, dalam bahasa jawa, Bengkung juga memiliki nama lain stagen yaitu merupakan kain yang digunakan pasca melahirkan untuk kembali merampingkan perut mereka.

Kunjungi juga yuk: 28 Objek Wisata Batu Malang yang Wajib Dikunjungi

Liburan Seru ke Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda liburan seru mengunjungi pantai kece yang asyik buat berendam atau nyebur ini. Jadi kalau anda berniat mengunjungi pantai ini jangan lupa untuk membawa pakaian ganti ya. Kurang lengkap rasanya kalau datang kesini tanpa berbasah-basahan ria.

Lokasi Pantai Batu Bangkung

Buat anda yang mau liburan ke pantai ini langsung saja datang ke:

Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Rute Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai ini cukup mudah untuk dijangkau, apalagi rutenya sama seperti jalan menuju ke Pantai Sendang Biru. Lalu dilanjutkan menuju Pantai Goa Cina dan melewati Pantai Bajulmati. Nantinya setelah melewati wisata Pantai Bajulmati, Pantai Bengkung terdapat sekitar 2 km dari Pantai Bajulmati ini.

Masih bingung? Silahkan ikuti pilihan rute yang bisa anda ikuti berikut ini:

  • Rute Pertama : Buat anda yang berasal dari kota Malang, silahkan anda arahkan kendaraan menuju ke Turen, belok ke arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan kemudian dilanjutkan ke arah Pantai Sendangbiru. Begitu menjumoai pertigaan selanjutnya ambil ke kanan menuju Pantai Goa Cina dan Bajulmati. Jarak antara Pantai Bajulmati ke Pantai Batu Bengkung hanya sekitar 3 kilo ke arah barat. Karena rute ini melewati jalur pegunungan, maka anda akan menjumpai jalan berbelok-belok, namun tenang sudah diaspal, jadi sangat mudah untuk ditempuh.
  • Rute Kedua : Dari Malang kota anda arahkan kendaraan menuju ke Kepanjen – Pagak – Bantur atau melalui Malang Kota – Gondanglegi – Bantur. Dari Bantur, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Balekambang hingga sampai ke perempatan. Pilih jalan berbelok ke kiri hingga ke Pantai Batu Bengkung. Dari arah barat, pantai ini terletak sebelum pantai Bajulmati.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Bengkung

Berapa harga tiket masuk pantai ini? Berikut ini rinciannya:

Harga Tiket Masuk Pantai Rp 7.500
Biaya Parkir Rp 5.000
Parkir Menginap Rp 10.000

* Harga tiket masuk di atas bisa berubah

Fasilitas Penunjang di Pantai Batu Bengkung

Untuk menunjang liburan wisatawan yang berkunjung, maka pantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, berikut ini beberapa fasilitas di antaranya:

  • Mushola – Fasilitas pertama berupa tempat ibadah. Jadi buat anda yang hendak berkunjung kesini tidak usah cemas, karena anda tetap dapat beribadah di sekitar pantai. Terdapat fasilitas moshola untuk anda sholat.
  • Tempat Parkir – Anda tidak perlu cemas dengan kendaraan anda. Karena fasilitas parkir terkelola dengan baik, sehingga kendaraan anda akan tetao aman disini, termasuk jika anda akan menginap, karena area parkir akan dijaga 24 jam.
  • Toilet – Toilet menjadi saran yang wajib ketika liburan, karena fasilitas toilet yang memadai akan membuat liburan kita menjadi nyaman.
  • Tempat Makan – Saat perut anda mulai keroncongan, anda tidak perlu cemas, karena di sekitar pantai sudah banyak terdapat penjual makanan yang siap mengganjal perut anda. Atau anda bisa membawa bekal dari rumah, tapi kalau tidak mau repot tinggal pesan saja disini. Artikel terkait: (76 Tempat Makan Enak di Malang, Referensi Wisata Kuliner)

Daya Tarik Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Selain wisata pantai yang menawan, daya tarik lain dari wisata Pantai Batu Bengkung Malang adalah momen ketika matahari terbenam. Tidak jarang, lebih dari 100 orang memang menghabiskan waktu dengan berkemah disini. Tak hanya datang ketika siang sampai sore hari saja, ada juga pengunjung yang baru datang ketika malam hari.

Sunset Pantai Batu Bengkung via Anomharya

Sunset Pantai Batu Bengkung via Anomharya

Terdapat fasilitas parkir 24 jam, toilet bahkan warung yang membuat wisata Pantai Batu Bengkung Malang memang sangat nyaman apalagi untuk menunjang camping wisatawan.

Pesona pagi hari yang menawan akan menyambut Anda yang camping di wisata Pantai Batu Bengkung Malang. Di pagi hari, bukit yang berada di sebelah barat daya akan Anda saksikan. Bukit ini dapat diakses dengan mudah kalau laut sedang surut. Anda bisa berfoto diatas bukit bersama latar birunya air laut yang tampak mesra dan indah dari atas ketinggian.

Untuk bisa sampai di bukit Batu Bengkung yang indah, Anda harus tempuh perjalanan dengan memanjat. Sama halnya dengan kebanyakan perjalanan menuju Puncak Bukit. Anda harus melewati tanjakan selangkah demi selangkah.

Mendaki Bukit Batu Bengkung

Mendaki Bukit Batu Bengkung

Pada awal perjalanan, Anda juga disarankan mengambil jalur sebelah barat Bukit Batu Bengkung. Nantinya panorama yang begitu indah tersaji dengan mesranya. Di jalur ini tidak memiliki batas vegetasi dengan air laut karena itu Anda harus berhati – hati saat melewatinya, kalau tidak Anda bisa jatuh ke laut kawan.

Sangat disarankan ketika Anda berkunjung ke Pantai Bengkung, Anda mengenakan sandal atau sepatu yang pastinya anti selip karena di sepanjang jalan setapak Anda akan menemui batuan yang cukup menyulitkan Anda lewat jika yang Anda gunakan hanya alas kaki biasa. Tetap berhati – hati ketika berjalan menuju pantai agar tidak ada hal tidak diinginkan menimpa Anda.

***

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Pantai Batu Bengkung. Selamat liburan dan dapatkan banyak pengalaman hanya di Pantai Batu Bengkung Malang.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Keluarga Pantai Ngliyep Malang Jatim

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!