Pantai Goa China, Pantai Terindah Di Malang yang Harus Dikunjungi 

Pantai Goa ChinaMemang wajar kalau Malang mendapat julukan sebagai kota wisata. Ada begitu banyak wisata yang dapat kita temukan di Malang. Beberapa waktu lalu kami sudah membahas berbagai objek wisata di Malang yang menarik untuk diunjungi ketika liburan.

Artikel terkait: 28 Objek Wisata Batu Malang yang Wajib Dikunjungi

Selain terkenal dengan apelnya yang sudah mendunia, Malang Raya juga terkenal memiliki pantai unik dan indah, sangat sayang untuk dilewatkan. Nah, untuk wisata pantai yang dapat  kita temukan di Malang, ada sebuah pantai bernama Pantai Goa China.

Meskipun dari namanya ada China-nya, tapi pantai ini asli punya Indonesia kok. Kalau kata pepatah apalah arti sebuah nama? Padahal arti nama itu sangat penting ya.

Wisata Pantai Goa China Malang

Keindahan Pantai Goa China

Keindahan Pantai Goa China

Nah, Kali ini Tempat Wisata Seru akan mengajak anda liburan untuk melihat lebih dekat pantai yang memiliki keindahan dan pesona yang akan memikat siapa saja. Seperti apa keindahan pantai ini? Yuk simak penjabarannya berikut ini:

Lokasi Pantai Goa China Malang

Kita mulai dari lokasi terlebih dahulu. Pantai yang memiliki View alam yang sangat bagus ini terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari pusat kota jaraknya kurang lebih sekitar 75 km dan akan memakan waktu sekitar lebih dari 2,5 jam perjalanan ke pantai ini.

Sejarah wisata Goa China

Pantai ini dulunya dikenal dengan nama Pantai Rowo Indah. Akan tetapi konon karena terjadi sebuah peristiwa kematian seorang warga China yang sedang bertapa didalam goa yang ada di sekitar pantai kemudian Pantai Rowo Indah berubah nama menjadi Goa China. Dan pada akhirnya nama wisata Goa China ini dikenal oleh wisatawan sampai saat ini.

Fasilitas wisata di Goa China

Beberapa aktivitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan diantaranya seperti camping, renang dan juga terdapat beberapa goa yang ada di area pantai. Untuk berenang sangat disarankan jangan berenang disini karena di Pantai Goa China ombaknya langsung berhadapan dengan Samudra Hindia sehingga ombak disini besar dan menggulung dengan menakutkan.

Tempat wisata Pantai Goa China sejak pertama kali dikenal di tengah masyarakat, pantai ini juga dijadikan sebagai sebuah tempat perkemahan berskala nasional yang juga memiliki tempat luas dan memiliki pesona pemandangan yang sangat eksotis.

Pada wisata Pantai Goa China sendiri tersedia beberapa warung yang menjual banyak minuman dan makanan ringan yang mengganjal perut. Mengenai makanan berat terdapat disini akan tetapi hanya menjual beberapa menu saja. Tetapi jika Anda adalah orang yang kurang cocok dengan satu atau dua menu yang mungkin bukan menu menarik untuk Anda, membawa bekal sendiri akan lebih aman. Disini juga sudah tersedia toilet yang cukup memadai. Tersedia juga lahan parkir yang cukup luas disini.

Keindahan Pantai Goa China

Keindahan Pantai Goa China

Rute menuju wisata Pantai Goa China

Dari Malang Kota Anda bisa langsung menuju Gadang. Nantinya sampai di perempatan Gadang Anda bisa ambil arah menuju ke Bululawang – Turen – Sumbermanjing Wetan – Sitiarjo kemudian ikuti arah Pantai Sendang Biru. Kalau Anda sudah sampai di pertigaan Sendang Biru kemudian Anda bisa ambil arah ke kanan menuju Pantai Goa China.

Selain itu, wisatawan juga bisa sampai ke pantai goa China ini, wisaawan bisa menempuh perjalanan dari Pantai Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan menuju Pantai Goa Cina dengan hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja karena kedua pantai hanya berjarak tidak lebih dari 7 km. Aksesnya sangat mudah jika melewati jalur lingkar selatan dengan aspal mulus. Dan tempat wisata di Malang selatan ini tidak terlalu sulit untuk ditemukan karena terdapat petunjuk arah serta rambu yang akan memandu pengunjung untuk menuju lokasi wisata malang ini, tetapi Anda harus tetap berhati-hati karena jalannya berkelok-kelok dan berada disisi jurang.

Sebelum memasuki pantai Goa Cina kita akan melewati jembatan Bajulmati yang berada diatas muara laut tersebut. Jarak sekitar satu kilometer ke arah timur dari jembatan, terdapat pintu masuk menuju Pantai Goa China. Sayang, akses dari jalan utama menuju wisata pantai Malang selatan ini agak susah, sekitar 500 meter jalan rusak parah. Jalannya sebenarnya cukup lebar, namun karena jalan dari tanah tidak rata dan banyaknya bebatuan kapur. Apalagi ketika tergenang hujan, jalan cukup lembek dan licin.

Harga tiket masuk ke Pantai Goa China

Oh ya, untuk pengembangan objek wisata pantai ini agar lebih baik lagi, setiap wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini akan dikenakan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang dengan biaya parkir untuk roda dua sebesar 5 ribu rupiah dan roda empat sebesar 7 ribu rupiah. Anda juga dapat menikmati pantai ini sepuasnya dengan harga tiket tersebut. Disinilah pesona alam khas pantai yang benar – benar indah akan Anda saksikan.

Keunikan Pantai

Pantai goa China ini memiliki keunikan tersendiri, pantai ini memiliki ombak liar khas pantai-pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Namun ada hal yang istimewa disalah satu pantai malang selatan ini, meski berada dibagian selatan pulau Jawa, dari pantai ini kita bisa menikmati sunrise. Pokoknya kece badai deh, apalagi kalau sambil pesta barbeque di pantai ini sampai pagi.

Sunrise Pantai Goa China via Bisnis Kini

Sunrise Pantai Goa China via Bisnis Kini

Satu lagi daya tarik pantai ini yaitu adanya gelombang air laut bersimpangan tidak keruan dari tiga arah, yakni arah selatan, timur dan arah barat. Arus gelombang itu bertabrakan diantara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Dikarenakan arus gelombang demikian kuat, hal tersebut memunculkan suara bergemuruh yang sangat kencang.

Sebenarnya area Pantai Goa China tidak begitu luas, namun dengan adanya tiga pulau yang berada ditengah-tengah pantai membuat pandangan lebih indah. Tiga pulau tersebut adalah Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Dan dipinggir pantai terlihat cukup asri, pohon-pohon berbagai jenis tampak berjajar rapi di area pinggir pantai. Pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung, apalagi dibibir pantai yang cukup jernih hingga kelihatan batu karangnya.

Kunjungi juga yuk: 76 Tempat Makan Enak di Malang, Referensi Wisata Kuliner

Goa China

seperti yang sudah disebutkan di atas, asal muasal nama pantai goa China ini tidak terlepas dari petapa China yang meninggal di goa yang ada di sekitar pantai.

Nah, di sisi kanan pantai ini terdapat sebuah goa, untuk bisa menuju ke goa  harus naik ke karang yang tidak terlalu tinggi. Di sebelah jalur menuju ke Goa dipasang banner yang menjelaskan legenda Goa China, dimana menyebutkan seorang petapa dari Cina yang bertapa di dalam gua bertahun-tahun dan akhirnya meninggal.

Goa hanya berupa rongga yang menjorok sekitar 7-8 meter dengan tinggi 2 meter. Mesti dinamakan Goa, di dalam tidak ada batu stalaktit maupun stalakmit, yaitu batu yang menjorok tajam dari atas gua maupun sisi-sisinya. Goa ini lebih  tepat disebut rongga dalam karang. Dari bibir goa ke arah pantai pengunjung bisa melihat garis pantai dan juga karang yang terlihat dari dalam air laut yang jernih.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Pantai Goa China. Selamat berlibur di kota wisata Malang dan semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Jangna lewatkan juga: Objek Wisata Taman Selecta Batu Malang yang Menawan

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!