48 Tempat Wisata di Malang Jawa Timur Paling Populer

Tempat Wisata di Malang – Halo sobat travelers, mau kemana nih? Sudah punya jadwal mau liburan ke kota mana di Indonesia? Atau mau ke luar negeri? Wah, rugi banget deh rasanya kalau di dalam Negeri sendiri yang begitu cantik dan mempesona ini harus dilewatkan, malah liburan di luar negeri.

Indonesia ibarat sepenggal ‘surga’ yang ada di bumi. Alamnya indah, hewan dan tumbuhannya beraneka ragam, pemandangannya mempesona, pegunungannya cantik, pantainya aduhai, bawah lautnya amazing dan wisata sejarahnya tidak kalah menarik. Pokoknya semuanya ada di Indonesia. Nah, salah satu Kota yang wajib dikunjungi adalah Kota Malang. Ada banyak sekali tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi.

Kota ini sangat terkenal dengan apelnya yang mendunia. Selain itu, keindahan alam yang ada di malang juga sangat luaar biasa. Bahkan Tanah Lot di Bali juga ada di Malang, pantai di Lombok juga ada di Malang. Pantainya yang mempesona, wahana bermainnya juga. Ada banyak sekali tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi, dan sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

Tempat Wisata di Malang Jawa Timur Paling Populer

Nah, setidaknya ada 48 tempat wisata di Malang Jawa Timur yang wajib dikunjungi yang bisa Tempatwisataseru.com rangkum untuk anda dan jangan sampai anda lewatkan.  Berikut ini diantaranya:

1. Tempat Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Tempat wisata di Malang yang pertama adalah Pantai Batu Bengkung. Pantai ini sudah sangat populer bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pantai yang satu ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika anda berlibur ke Malang.

Tempat Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Tempat Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Lokasinya ada di 57 KM dari kota Malang ke arah selatan, yaitu ke desa Gajahrejo kecamatan Gedangan. Untuk masuk ke lokasinya anda cukup membayar Rp. 10.000 per orang. Perjalanannya memang agak jauh, tapi semua itu akan terbayar setelah kita sampai di pantai yang berpasir putih bersih, karang-karang yang menawan dan pemandangan yang menakjubkan.

2. Wisata Batu Night Spectacular (BNS) Malang

Nah, jika malam hari tiba, ada acara yang tidak boleh anda lewatkan jika sedang berada di Malang, yaitu Batu Night Spectacular (BNS). Keindahan lampu lampion berwarna-warni menjadikan pertunjukan sangat menarik. BNS akan mulai pada pukul 15.00 sampai tengah malam. BNS selalu ramai dikunjungi keluarga dari berbagai daerah.

Wisata Batu Night Spectacular (BNS) Malang

Wisata Batu Night Spectacular (BNS) Malang

Lokasi BNS ada di Kota Batu dan lebih tepatnya ada di Desa Oro-Oro Ombo. Tempat wisata di Malang yang satu ini sangat populer dan menjadi tempat favorit berkumpulnya keluarga dan anak-anak muda untuk menghabiskan waktu bersama. 

BNS bisa ditempuh selama 15 menit perjalanan dari pusat Kota Batu Malang. BNS buka mulai pukul 15:00 sampai dengan 24:00. Dengan memiliki waktu operasional dimalam hari, Batu Night Spectacular merupakan sebuah alternatif tujuan untuk melepaskan penat dari beban rutinitas kerja atau kegiatan lain yang telah dilakukan pada siang hari.

Disini tersedia banyak permainan yang bisa dinikmati oleh pengunjung dari segala umur dengan tiket masuk yang sangat murah, yaitu sebesar 10 ribu rupiah untuk tiap orang. Mungkin inilah disneyland-nya kota Batu.Beberapa wahana hiburan yang bisa anda smabangi seperti gallery hantu, slalom test, sepeda udara tertinggi, lampion garden dan trampoline.

Selain wahana tersebut, ada juga wahana yang menantang adrenalin seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain. Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk anak-anak seperti kids zone yang terdiri dari 25 macam.

3. Objek Wisata  Jatim Park 1 Malang

Tempat wisata di Kota Malang yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah jatim Park. Ada banyak wahana yang menarik untuk dikunjungi, namun yang paling terkenal adalah Jatim Park 1. Lokasinya sekitar 20 kilometer dari kota Malang di sebelah barat (ke arah Batu). Ada banyak wahana permainan yang dapat anda coba. Salah satu yang populer adalah kolam renang raksasa dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok dan Mpu Gading. 

Objek Wisata Jatim Park 1 Malang

Objek Wisata Jatim Park 1 Malang

Jika anda ke Kota Malang, sangat sayang sekali kalau melewatkan wahana bermain yang satu ini. Bagaimana anda tertarik untuk berlibur ke Jatim Park 1 ini? Ayo ajak keluarga untuk berlibur ke Jatim Park.

Wahana bermain di Jatim Park 1

Tidak tanggung-tanggung, terdapat lebih dari 50 buah wahana permainan yang bisa kita cobain disini. Berikut ini diantaranya:

Outdoor Science Center
Learning Gallery
Agro Park
Prehistorical Scene
Flumride and Mythologies
Baby Zoo
Playground
Convoy Car
Mini Jet
Games Room
Remote Car
Wall Climbing
Sky Swinger
Bioskop 3D
Ethnic Gallery
History Park
Numismatic Gallery
Post Office Diorama
Midi Skater
Battery Car
Trampoline
Samba Ballon
Sand Garden
Gokart
Children Mini Cross Area
Star Chase
Bumper Boat
Ghost Mansion
Columbus
Mini Train
Lazer Bumper Car
Bouncy Castle
Pendulum
Air Borne Shot
Volcano Coaster
Flower Gallery
Galaxy Bumper Car
Spinning Coaster
Dragon Coaster
3D Ghost Haunter
Funtastic Swimming Pool
Water Boom
Pipe House
Fish Park
Amphiteather
Flying Fox
Worm Coaster
Sky Chopter
Tourism Market
Aero Test
Mini Swinger
Flying Tornado
Papua and East Java Ethnic Gallery
Chemical & Biology Science Center

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan? Tidak heran kalau tempat wisata di Malang yang satu ini menjadi salah satu tujuan liburan favorit keluarga masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya.

Fasilitas Umum di Sekitar Jatim Park 1

Selain wahana permainan di atas, wisatawan juga dimudahkan dengan berbagai fasilitas umum pendukung, berikut ini diantaranya:

  1. Hotel di Sekitar Jatim Park 1
    Ada banyak fasilitas hotel di sekitar Jatim Park 1. Selain hotel juga terdapat banyak penginapan dengan rentang harga yang bervariasi dari mulai 200rb hingga 2 juta permalamnya. Jadi Anda bisa memilih hotel atau pengingapan menyesuaikan dengan bugdet yang Anda miliki. Jika Anda berniat untuk bermalam di sekitar Jatim Park 1, sebaiknya melakukan booking hotel secara online terlebih dahulu.
    Selain untuk mengantisipasi kehabisan kamar saat high season, Anda juga dapat memilih hotel secara leluasa menyesuaikan fasilitas dan kocek Anda tanpa harus mendatangi hotel satu persatu untuk menanyakannya. Bahkan Anda bisa menemukan hotel berbintang yang memberikan diskon hingga 60% jika melakukan pemesanan secara online. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “Jatim Park Malang“.
  2. Rumah Makan
    Soal urusan perut anda tidak perlu khawatir kelaparan, karena ada banyak Outlet makanan & minuman baik di dalam kawasan wisata Jatim Park 1 maupun di luar yang masih dekat dengan objek wisata Jatim Park 1. Ada juga beberapa cafe dan restauran yang bisa kita jumpai di lokasi wisata, antara lain Cafe Gokart, Cafe Colombus, Cafe Pool Side, Food Center Ken Arok, Restaurant Ken Dedes, Kawasan Masakan Tradisional, American Fast Food dan masih banyak yang lainnya sehingga Anda bebas memilih rumah makan dengan masakan yang sesuai dengan selera.
  3. Toilet Umum
    Terdapat banyak toilet umum yang bisa anda gunakan, setidaknya ada 14 titik lokasi dengan total 60 kamar.
  4. Tempat Parkir
    Untuk tempat parkir, Jatim Park 1 menyediakan lahan parkir yang sangat luar mencapai 1 hektar. Namun begitu, pada hari-hari padat pengunjung, biasanya tempat parkir yang disediakan tidak bisa menampung seluruh kendaraan pengunjung. Sehingga banyak pengunjung yang parkir di sebelah pintu masuk Jatim Park 1 yang hanya berupa lahan kosong dan tidak menggunakan paving block.
  5. Toko Souvenir atau Oleh-oleh
    Di sekitar Jatim Park 1 juga tersedia outlet souvenir atau oleh-oleh, setidaknya ada 100 stand di Pasar Wisata yang menjual berbagai aneka oleh-oleh dan kerajinan khas Jawa Timur seperti buah apel atau keripik apel dan nangka.

4. Wahana Wisata Jatim Park 2 Malang

Setelah sukses dengan Jatim Park 1, maka dilounchinglah Jatim Park 2. Jatim Park 2 lebih menonjolkan dari segi edukasinya. Konsepnya bermain sambil belajar. wahana yang tersedia seperti Zona Secreet Zoo (kebun binatang), Zona Museum Satwa serta Pohon inn hotel (rumah pohon). Berbagai diorama dan sangkar burung raksasa adalah hal menarik yang wajib anda kunjungi.

Wahana Wisata Jatim Park 2 Malang

Wahana Wisata Jatim Park 2 Malang

Jam Buka dan Harga Tiket Jatim Park 2

Untuk anda yang tertarik datang liburan ke Jatim Park 2, silahkan datang mulai pukul 10.00 WIB. Berikut ini lebih jelasnya juga dilengkapi denga harga tiket masuk Jatim Park 2:

  1. Jam Buka
    Jatim Park 2 dibuka setiap hari pada jam 10.00 sampai dengan pukul 18.00. Khusus untuk Eco Green Park sudah ditutup pada pukul 16.00 wib. Jadi jika Anda juga berencana berkunjung ke Jatim Park 2 (Museum Satwa dan Secret Zoo) dan Eco Green Park, sebaiknya Anda berkunjung ke Eco Green Park terlebih dahulu.
  2. Harga Tiket
    Weekday
    – Rp.75.000,- (untuk 2 objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo)
    – Rp.95.000,- (untuk 3 objek wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park atau Museum Bagong)
    Weekend
    – Rp.105.000,- (2 objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo)
    – Rp.125.000,- (3 objek wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park atau Museum Bagong)
    Harga tiket di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Anak-anak dengan tinggi badan lebih dari 85 cm harus membayar tiket penuh. Anda juga bisa memesan atau sekedar bertanya harga tiket promo di hotline (0341) 597777.

Aktivitas Wisata atau Wahana Jatim Park 2

Berikut ini beberapa wahana hiburan yang bisa anda nikmati di Jatim Park 2:

  1. Museum Satwa
    Wahana pertama adalah museum satwa. Disini anda bisa melihat berbagai macam hewan yang telah di awetkan, termasuk replika rangka tulang dinosaurus yang besar seperti yang kita lihat di film Jurassic Park.
  2. Secret Zoo
    Selain itu, anda juga bisa menyambangi screet zoo. Anda bisa melihat koleksi satwa liar disini, baik dari dalam maupun luar negeri seperti dari Australia bahkan sampai Madagaskar. Ketika berkunjung ke sana, saya banyak melihat hewan-hewan yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Di samping itu, di area ini juga tersedia berbagai macam permainan yang atraktif dan edukatif. Beberapa di antara wahana permainan yang terdapat di area Secret Zoo adalah:

    Naik gajah Mayapada Show Singa Laut Show
    Animal Coaster Horror House Spongebob Water Shoot
    Animal Bumper Car New Safari Farm Octopus
    Batu Advanture (ATV) Tiger Land Gorilla
    Animal Show Kolam Renang Anak Rodeo
    Safari Car Brigade Mobil Pemadam Istana Semut
    Mancing Harimau Kereta Kuda Fun House
    Naik Unta Beach Boath Pasar Africa
    Savanah Reptile Garden Soccer Land
    Cheetah Jelajah 5 Benua Junior Farm
    Shark Coaster Tsunami
  3. Fantasy Land.
    Di tempat ini, Anda bisa mengajak buah hati anda bermain permainan yang Ada sepuasnya, dan satu hal lagi yang pasti akan membuat Anda senang adalah semua wahana permainan di tempat ini disediakan secara GRATIS. Namun untuk beberapa permainan yang ekstrim seperti Tsunami, hanya dibatasi untuk pengunjung dengan tinggi badan minimal 85 cm.
  4. Reptil Garden
    Di samping pintu masuk terdapat Reptil Garden yang memiliki koleksi sekitar 5000 jenis serangga yang berasal dari berbagai negara seperti, Peru, Papua Nugini, Kolumbia, Malaysia, Madagaskar dan tentu saja serangga yang berasal dari hutan di Indonesia.
  5. Eco Green Park
    Selain beberapa tempat di atas, Anda juga bisa mengunjungi area Eco Green Park yang mengusung konsep Green Earth. Di tempat ini kita bisa belajar berbagai macam ilmu pengetahuan alam, seperti biologi dan fisika yang dikemas dengan cara yang apik dan mudah dipahami. Ada berbagai macam koleksi serangga dan hewan untuk dilihat. Tiket masukknya bisa Anda beli langsung di pintu masuk Eco Green Park atau beli di loket Jatim Park 2 yang berupa tiket paket wisata Jatim Park 1 + Eco Green Park.

5. Lokasi Alun-alun kota Malang

Nah, tempat nongkrong atau kumpul-kumpul yang gratis di Malang yang harus anda kunjungi adalah alun-alun kota Malang, alun-alun Kota Malang selalu ramai oleh warga sekitar dan wisatawan yang datang ke Malang. Taman ini didesain menyerupai taman yang ada di Belanda ini memiliki puluhan burung merpati yang beterbangan bebas.

Lokasi Alun-alun kota Malang

Lokasi Alun-alun kota Malang

Anda bisa memberi makan seperti di negara Eropa tersebut. Selain itu, di minggu pagi, alun-alun kota Malang merupakan tempat olah raga bagi masyarakat sekitar dan wisatawan serta berbelanja pernak-pernik murah.

6. Wisata Petik Apel Malang

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi, kota Malang terkenal dengan buah apel yang sudah mendunia. Sangat sayang sekali rasanya kalau sudah ke Malang tapi tidak mencoba sensasi memetik buah apel sendiri langsung dari pohonnya.

Wisata Petik Apel Malang

Wisata Petik Apel Malang

7. Masjid Tiban Malang

Saat liburan di Malang jangan lupa untuk mampir ke Masjid Tiban yang memiliki desain bangunan yang spektakuler. Desain bangunan Masjid yang merupakan arsitektur Timur Tengah ini memiliki cerita unik, yakni konon dibangun oleh tentara jin dalam satu malam. Anda dapat masuk ke masjid ini tanpa dikenakan biaya apapun. Mengenai kebenarannya wallhu ‘Alam.

Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban Malang


Masjid megah ini terdiri dari 9 lantai, lengkap dengan toko suvenir, toko makanan ringan, dan area satwa. Arsitektur dan ornamen yang nyentrik pada bangunan masjid ini adalah daya tarik yang sesungguhnya. Selain untuk fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi salah satu tujuan wisatawan dari berbagai daerah yang datang ke Malang Jawa Tirmu.

8. Tempat Wisata Alam Air Terjun Coban Rondo Malang

Salah satu tempat wisata di Malang berupa objek wisata alam yang paling populer adalah Coban Rondo. Coban dalam bahasa Jawa memiliki arti air terjun dan Rondo berarti Janda. Kalau menurut sejarahnya sih goa ini ada karena kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma.

Tempat Wisata Alam Air Terjun Coban Rondo Malang

Tempat Wisata Alam Air Terjun Coban Rondo Malang

Cerita air terjun ini konon dahulunya ada seorang suami yang tewas dalam pertempuran dengan Joko Lelono yang naksir berat sama Dewi Anjarwati dan berniat merebut Dewi Anjarwati dari tangan Raden Baron Kusuma. Namun sang suami menyembunyikan si istri dari Joko Lelono dan sejak saat itu pula diduga air terjun tersebut mulai ada. Bagi kamu yang tertarik untuk datang ke air terjun cantik ini silahkan datang ke Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, sekitar 12 KM dari Kota Batu.

9. Wahana Wisata Eco Green Park Malang

Eco Green Park ada di Jatim Park 2, wahana wisata sekaligus edukasi ini sangat cocok untuk dikunjungi pelajar, ada banyak pertunjukan menakjubkan seperti Bird Show, Rangkong and Eagle show dan fire dance yang menjadi pertunjukan favorite di Eco Green Park, dan masih banyak lagi.

Wahana Wisata Eco Green Park Malang

Wahana Wisata Eco Green Park Malang

Sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

10. Tempat Wisata Museum Angkut Malang

Museum angkut menjadi tempat  wisata di Malang yang paling populer selanjutnya. Museum ini merupakan tempat mobil antik bermarkas. Ada banyak sekali mobil tua disini. Penataan museum paling menarik di Malang ini terbagi atas 10 zona wilayah.

Tempat Wisata Museum Angkut Malang

Tempat Wisata Museum Angkut Malang

 

Museum ini sangat unik sekali, anda tidak akan menemukan yang lainnya di Indonesia. Tidak cuma mobil-mobil tua dari berbagai benua seperti Eropa, Amerika, atau Asia saja di museum ini bahkan mengoleksi kendaraan-kendaraan zaman baheula seperti kereta yang ditarik oleh kuda dan sapi.

Untuk masuk ke dalamnya anda harus merogoh kocek Rp.50.000 untuk weekdays dan Rp.75.000 untuk weekend. Memang agak mahal, tapi kalau sudah masuk ke dalamnya anda akan takjub dengan koleksi-koleksi yang ada. Lokasinya ada di kota Batu Malang dan sangat mudah sekali untuk menemukannya.

11. Tempat Wisata Pulau Sempu Malang

Pulau sempu merupakan surga yang tersembunyi di kota Malang. Jaraknya sekitar 75 kilometer dari kota Malang. Anda dapat menyeberang dengan menggunakan kapal motor dari pantai Sendang Biru. Setelah tiba di pulau Sempu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati hutan menuju danau Segara Anakan. Memang, nama dan keindahannya mirip dengan yang di gunung Rinjani di Lombok.

Tempat Wisata Pulau Sempu Malang

Tempat Wisata Pulau Sempu Malang

Pulau sempu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Malang yang tidak boleh dilewatkan. Ada banyak traveler yang datang ke sana untuk bisa melihat pesona Pulau Sempu yang banyak dibicarakan tersebut. Memang sih keindahan Pulau Sempu luar biasa, namun bagi kamu yang tidak terbiasa trekking ada baiknya memikirkan ulang untuk datang ke sana. Kecuali kamu memang sudah mempersiapkan fisik alias makan yang banyak dan berlatih jalan jauh sebelum memutuskan ke Pulau Sempu.

Terus memang biasanya ngapain kalau ke sana? Banyak traveler yang datang ke sana untuk camping di pantai yang bernama Segara Anakan. Segara Anakan adalah pantai tersembunyi yang terletak di tengah pulau yang dikelilingi dengan tebing gitu. Kalau dilihat sekilas sih mirip dengan Pantai Phuket.

12. Tempat Wisata Pantai Balekambang Malang

Nah, ini nih yang saya sebutkan di atas sebagai Tanah Lotnya Jawa Timur. Keindahannya juga tidak kalah dengan Tanah Lot yang ada di Bali, bukan? Pantai Balekambang adalah salah satu tempat wisata pantai di Malang yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada sekitar 57 KM dari Kota Malang ek Arah Selatan, tepatnya di Desa Srigonco kecamatan Bantur.

Tempat Wisata Pantai Balekambang Malang

Tempat Wisata Pantai Balekambang Malang

Pantainya yang sangat indah, pasirnya yang putih dan deburan ombaknya yang sempurna untuk bermain selancar membuat pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi.

Jangan lewatkan juga:

24 Tempat Wisata di Bali Paling Terkenal dan Amazing

13. Objek Wisata Bendungan Karangkates Malang

Bendungan Karangketas menjadi salah satu tempat berkumpul yang seru. Bendungan ini ada di Waduk Ir. Sutami. Lokasinya berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Malang. Lokasi tepatnya ada di kecamatan Sumberpucung.

Objek Wisata Bendungan Karangkates Malang

Objek Wisata Bendungan Karangkates Malang

14. Wahana Wisata Wendit Water Park Malang

Satu lagi wahana bermain di Malang yang sayang untuk dilewatkan, Wendit Water Park. water park ini jaraknya hanya sekitar 11 kilometer dari kota Malang. Kolam renang keren yang ada di sini terbagi menjadi dua tema yaitu yang buatan (lengkap dengan permainan water park) dan telaga alami. Masih belum puas dengan berenang? Di lokasi ini juga terdapat danau buatan untuk bermain “sepeda air” serta flying fox dan kolam pancing.

Wahana Wisata Wendit Water Park Malang

Wahana Wisata Wendit Water Park Malang

15. Tempat wisata Alam Selecta Malang

Salah satu Objek wisata paling populer di Malang adalah Selecta. Lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Lokasinya ada di Batu yang berhawa sejuk. Taman yang indah yang dilengkapi kolam renang dengan airnya yang dingin sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi di hari libur. Bahkan lokasi di sekitar Selecta bermunculan hotel dan resort mewah yang super nyaman.

Tempat wisata Alam Selecta Malang

Tempat wisata Alam Selecta Malang

16. Objek Wisata Agrowisata Wonosari Malang

Anda ingin menikmati pemandangan kebun teh yang menghampar luas? Agrowisata Wonosari adalah tempatnya. Perkebunan teh ini bisa kita jangkau dengan berjalan sekitar 15 KM saja dari Kota Malang. Jika anda telah memasuki pasar lawang, maka perjalanan tinggal 6 km lagi. Jika ingin berlibur dan menginap di kebun teh ini, pihak pengelola menyediakan penginapan dengan taman bermain dan ATV.

Objek Wisata Agrowisata Wonosari Malang

Objek Wisata Agrowisata Wonosari Malang

17. Wahana Wisata Taman Rekreasi Sengkaling Malang

Satu lagi wahana bermain yang menarik untuk dikunjungi adalah taman rekreasi sengkaling. Wahana ini dikelola oleh PT Taman Bentoel, anak perusahaan Bentoel Group yang bergerak di bidang jasa pariwisata dalam bentuk taman rekreasi. Lokasinya di Desa Sengkaling, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Wahana Wisata Taman Rekreasi Sengkaling Malang

Wahana Wisata Taman Rekreasi Sengkaling Malang

Taman rekreasi ini berupa telaga buatan yang terletak di tepi Sungai Brantas. Di lokasi tempat wisata ini anda dapat bersepeda air di telaga buatan seluas 2 hektare. Di tempat ini juga terdapat berbagai wahana permainan bagi anak-anak termasuk koleksi binatang dan kolam renang. Harga tiket masuk juga lumayan murah sehingga banyak pengunjung yang datang.

18. Wisata Kuliner dan Edukasi di Inggil Museum Resto Malang

Nah, satu lagi tempat menarik di malang yang harus anda kunjungi, anda bisa makan, kemudian belajar dan melihat-lihat koleksi yang ada di museum unik ini. Inggil Museum Resto ini memang museum yang di dalamnya juga menyediakan restauran.

Wisata Kuliner dan Edukasi di Inggil Museum Resto Malang

Wisata Kuliner dan Edukasi di Inggil Museum Resto Malang

Kalau untuk menu makanan, di restauran ini sudah pasti menjagokan menu-menu khas Jawa Timur yang super maknyus seperti: nasi jagung, rawon buntut, pecel terong, dan lain sebagainya. Oh ya resto ini terletak di Malang kota loh, jadi gampang kan untuk kamu mendatangi museum resto ini?

19. Wisata Alam Menikmati Kecantikan Alam Ala Omah kayu Malang

Terkadang kita butuh ketengan dan kesejukan. Salah satu tempat yang wajib kita kunjungi adalah Omah Kayu atau dalam bahasa Indonesia adalah Rumah Kayu. Omah kayu adalah penginapan yang ada di perbukitan, untuk menginap disini kita hanya mengeluarkan uang permalamnya sekitar Rp.250.000-Rp.300.000, tapi bagi kamu yang cuma ingin merasakan sensasi duduk-duduk santai bisa kok dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000. Terus apa yang menarik dari Omah Kayu ini?

Wisata Alam Menikmati Kecantikan Alam Ala Omah kayu Malang

Wisata Alam Menikmati Kecantikan Alam Ala Omah kayu Malang

Di sini pengunjung bisa melihat pemandangan area persawahan dari ketinggian. Semilir angin khas Kota Malang menambah nilai kenikmatan nongkrong di rumah kayu tersebut. Rumah kayu ini berada di Kota Batu Malang. So bagi kamu yang sedang atau berencana berlibur di Malang jangan lupa masukkin tempat ini ke dalam objek wisata yang harus kamu datangi ya.

20. Objek Wisata Uji Adrenalin Wisata Paralayang Malang

Anda mau mencoba bagaimana rasanya melayang di Atas Kita Malang? Olahraga paralayang adalah pilihannya. Anda bisa menikmati olahraga yang memacu adrenalin ini di Kota Batu, Malang.

Objek Wisata Uji Adrenalin Wisata Paralayang Malang

Objek Wisata Uji Adrenalin Wisata Paralayang Malang

21. Wisata Alam 7 Air Terjun Sumber Pitu Malang

Ini nih satu spot wisata di Malang yang masih jarang orang tahu, padahal indah banget. Ya, namanya adalah sumber pitu, atau dalam bahasa Indonesianya, sumber tujuh. Lokasinya ada di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Jadi menurut cerita masyarakat setempat ada 7 sumber mata air berdekatan yang terletak di tebing sehingga memuncratkan air dan jadilah air terjun sumber pitu tersebut.

Wisata Alam 7 Air Terjun Sumber Pitu Malang

Wisata Alam 7 Air Terjun Sumber Pitu Malang

Wisata air terjun ini dinilai memiliki nilai magis, maka tidak heran jika beberapa warga dari luar desa sering melakukan ritual dengan membawa air dari tempat tersebut karena dipercaya sebagai air suci. Tapi di luar kemagisan yang dipercaya oleh masyarakat setempat, air terjun sumber pitu adalah objek wisata yang memiliki kecantikan luar biasa.

Anda penasaran? Yuk langsung ke TKP aja, indah banget.

22. Berwisata Menikmati Keperawanan Pantai Sipelot Malang

satu lagi pantai yang sangat indah di Malang yang masih ‘perawan’, karena belum banyak yang tahu. Pantai Sipelot ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Lokasinya ada di Desa Pujiharjo, Kabupaten Malang. Pantai dengan pasir berwarna coklat dan laut yang berwarna biru jernih menjadi magnet kuat yang dimiliki Pantai Sipelot.

Berwisata Menikmati Keperawanan Pantai Sipelot Malang

Berwisata Menikmati Keperawanan Pantai Sipelot Malang

Sayangnya kamu tidak bisa berenang di pantai tersebut karena ombaknya tinggi sehingga cukup berbahaya. Tapi meskipun tidak bisa berenang nilai plus lainnya yang dimiliki pantai ini adalah adanya Coban Sipelot, yakni air terjun yang tingginya sekitar 10 meter.

23. Tempat Wisata Edukasi Museum Kesehatan Jiwa Malang

Wisata edukasi ini sangat unik sekali, karena di dalamnya ada berbagai koleksi alat-alat kedokteran yang berhubungan dengan kesehatan jiwa. Museum ini sendiri sudah berusia sekitar 110 tahun. Ada sekitar 700 koleksi yang dipajang disini.

Tempat Wisata Edukasi Museum Kesehatan Jiwa Malang

Tempat Wisata Edukasi Museum Kesehatan Jiwa Malang

24. Tempat Wisata Alam Sumber Air Krabyakan Malang

Anda ingin mandi di alam? Hmm pasti sangat seru sekali. Anda bisa menikmati sensasi segarnya mandi di alam di Sumber air Krabyakan di di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Malang. Tidak perlu membayar mahal untuk merasakan sensasi mandi di alam ini karena pengunjung hanya dipungut biaya sebesar Rp.1.000.

Tempat Wisata Alam Sumber Air Krabyakan Malang

Tempat Wisata Alam Sumber Air Krabyakan Malang

25. Tempat Wisata Pantai Ngeliyep nan Indah di Malang

Pantai Ngeliyep menjadi satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Keindahan pantainya menjadi andalan untamanya. Bahkan, kalau anda tidak memiliki budget yang cukup untuk berlibur ke Lombok, pantai ini ternyata sama indahnya dengan-pantai yang ada di Lombok.

Tempat Wisata Pantai Ngliyep nan Indah di Malang

Tempat Wisata Pantai Ngliyep nan Indah di Malang

Pantai cantik berpasir halus ini terletak 62 KM dari Selatan Kota Malang. Selain pasir putihnya, keunikan pantai ini adalah karena pantai tersebut terhitung masih sepi jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Jawa Timur.

Kunjungi juga yuk:

25 Tempat Wisata di Bangkok Thailand Favorit dan Populer Dikunjungi

26. Tempat Wisata Sejarah di Museum D’Topeng Malang

Saatu lagi tempat wisata museum yang harus anda kunjungi, Museum D’Topeng. Lokasinya berdekatan dengan Museum Angkut.  Di museum ini anda dapat melihat berbagai koleksi topeng khas Jawa Timur, NTB, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua. Tidak hanya berisi topeng-topeng saja, museum ini pun mengoleksi berbagai benda pra sejarah hingga zaman Majapahit.

Tempat Wisata Sejarah di Museum D’Topeng Malang

Tempat Wisata Sejarah di Museum D’Topeng Malang

Untuk bisa masuk ke museum unik ini pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp.25.000. Namun jika ingin membeli tiket terusan (Museum Angkut+Museum D’topeng) pengunjung hanya perlu membayar Rp.60.000 pada weekdays dan Rp.85.000 saat weekend. Jadi mendingan langsung dong ya?

27. Objek Wisata Panen Madu di Agro Tawon Rimba Raya Malang

Wisata unik di Malang yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Agro Tawin Rimba raya, disini anda bisa melihat dan merasakan bagaimana rasanya memanen madu. Lokasinya ada di Kecamatan Lawang, Malang. Di sini kalian akan diajak memanen madu langsung di sarangnya. Setiap sarang yang siap panen berukuran 4 cm x 4 cm dihargai Rp.10.000.

Objek Wisata Panen Madu di Agro Tawon Rimba Raya Malang

Objek Wisata Panen Madu di Agro Tawon Rimba Raya Malang

Nah kalau kamu gak mau ribet dengan urusan panen memanen bisa juga sekadar mencoba minuman seperti es madu, jus jambu madu, serta berbagai produk lainnya yang berhubungan dengan lebah. Di sini juga menyediakan jasa terapi sengat lebah yang katanya berguna mengobati penyakit seperti kanker atau stroke.

Bagaimana? Kamu tertarik kena sengat lebah? Hehehe.

28. Wisata Sejarah Gerbong Maut di Museum Brawijaya Malang

Satu lagi wisata sejarah di Malang yang tidak boleh kamu lewatkan, Museum Brawijaya. Lokasinya di Jalan Ijen Malang. Ada banyak benda bersejarah disini, seperti koleksi peninggalan perjuangan masyarakat Malang saat melawan penjajah, tank yang digunakan saat perjuangan pada 10 November 1945 di Surabaya, mobil dinas, senjata perang, topi baja, dan juga sepatu tempur yang semuanya memiliki nilai sejarah yang besar.

Wisata Sejarah Gerbong Maut di Museum Brawijaya Malang

Wisata Sejarah Gerbong Maut di Museum Brawijaya Malang

Tapi yang paling legendaris dari koleksi benda berserah di museum tersebut adalah keberadaan gerbong maut yang dulunya mengangkut 100 pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya. Menurut sejarah, 100 orang pejuang ini dimasukkan ke dalam gerbong kecil yang tertutup rapat dalam perjalanan menuju Surabaya. Ketika sampai di tujuan banyak tentara yang sudah tewas akibat kehabisan energi. Ada pun 12 orang yang tersisa langsung dimasukkan ke dalam penjara Kalisosok di Surabaya.

29. Wisata Edukasi Museum Malang Tempo Doeloe Malang

Anda mau tahu sejarah kota Apel Malang? Silahkan datang ke Museum Malang Tempo Doeloe. Di museum ini kamu bisa melihat secara utuh sejarah kota yang sudah ada sejak tahun 1914 tersebut. Mulai dari sejarah pembentukan Kota Malang sejak 1,5 juta tahun yang lalu sampai zaman perjuangan kemerdekaan, semua ada di sini. Untuk bisa masuk pengunjung harus membayar Rp.15.000 umum dan Rp.5.000 pelajar.

Wisata Edukasi Museum Malang Tempo Doeloe Malang

Wisata Edukasi Museum Malang Tempo Doeloe Malang

30. Objek Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu Malang

Nah, setelah kita lelah mengunjungi semua tempat wisata di Malang di atas, kini saatnya kita untuk melepas lelah dengan mandi-mandi di pemandian air panas Cangar batu. Dengan mandi disini, tubuh kamu akan rileks kembali selain itu juga dapat menghilangkan berbagai penyakit kulit seperti eksim. Tiket masuk ke pemandian ini juga cukup murah hanya Rp.5.500 saja.

Objek Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu Malang

Objek Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu Malang

31. Objek Wisata Secret zoo Kebun Binatang Batu Malang

Screet zoo merupakan kebun binatang dengan koleksi yang cukup lengkap, dan didatangkan dari benua Amerika dan Afrika. Konsep yang terorganisir membuat pengunjung bisa dengan mudah melihat semua koleksi binatang secara keseluruhan.

Objek Wisata Secret zoo Kebun Binatang Batu Malang

Objek Wisata Secret zoo Kebun Binatang Batu Malang

Secret Zoo yang diresmikan pada tahun 2010 ini berada pada luas area 14 hektar memang sangat cocok dikunjungi jika kamu sedang liburan ke Malang baik bersama keluarga atau pun teman-teman. Untuk harga tiket masuk ke kebun binatang ini seharga Rp.70.000 (Senin-Kamis) dan Rp.100.000 (Sabtu-Minggu).

32. Tempat Wisata Kuliner Es Krim Legendaris di Toko Oen Malang

Kini saatnya makan-makan, ini salah satu tempat wisata kuliner di Malang yang harus kamu kunjungi. Toko Oen sudah beroperasi sejak tahun 1930. Kalau kamu ke sini, keuzuran toko tersebut akan sangat terasa dari arsitekturnya yang bergaya Belanda gitu. Harga es krim di sini juga gak mahal-mahal banget kok, ya sekitar Rp.20.000. Untuk cobain.

Tempat Wisata Kuliner Es Krim Legendaris di Toko Oen Malang

Tempat Wisata Kuliner Es Krim Legendaris di Toko Oen Malang

Tempat Wisata di Malang Lainnya (Kab. Malang)

Berikut ini tambahan tempat wisata di Malang tepatnya Kabupaten Malang yang bisa anda eksplore bersama rekan-rekana atau keluarga tercinta:

33. Mata Air Sumber Sirah

Mata air sumber sirah termasuk salah satu tempat wisata di Malang yang terbaru. Objek wisata ini menjadi salah satu tempat anak-anak muda untuk menghabiskan waktu liburan, terutama mereka yang suka dengan kegiatan snorkeling.

Mata Air Sumber Sirah

Mata Air Sumber Sirah

Di mata air sumber sirah ini kita bisa menikmati aktivitas snorkeling dengan air yang sangat jernih. lokasi mata air sumber sirah ini ada di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Sumber Sirah sendiri merupakan wisata sumber air tawar yang sangat jernih, dimana Anda bisa berenang sambil snorkeling. Wisata akan dimanjakan dengan pemandangan bawah air yang sangat menakjubkan.

Saat hendak menyelam disini, jangan lupa persiapkan segala keperluannya seperti pakaian renang, snorkel, serta kamera tahan air.

Tempat wisata ini gratis untuk siapa saja, hanya kalau mau menyewa ban akan dikenakanan biaya: dewasa seharga Rp. 3000 dan untuk ukuran anak anak Rp. 2000. Perlu diperhatikan, karena airnya cukup dalam, mencapai 1,5 m, maka jika anda berlibur dengan anak-anak harus diperhatikan.

34. Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah

Tempat wisata di Malang selanjutnya adalah sebuah air terjun yang wonderful dan menakjubkan. Air terjun Nirwana atau juga dikenal dengan nama coban mbok karimah menjadi salah satu destinasi wisata alam yang tidak boleh anda lewatkan saat liburan ke Malang Raya.

Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah

Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah

Memang, air terjun inn belum banyak dikunjungi oleh wisata, masih sangat perawan, bahkan nama resmi air terjun ini belum ada, hanya orang-orang menyebutnya dengan nama tersebut.

Memang, dari segi fasilitas, air terjun ini masih minim, air terjun yang ada di kawasan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk akses menuju air terjun ini terbilang cukup mudah, karena lokasinya berada di perbatasan antara kawasan Gedangan dengan Sumber Manjing Wetan, Malang.

Untuk sampai di lokasi, ada dua jalur yang bisa Anda tempuh. Pertama, Anda bisa melalui jalur dari kawasan Gedangan. Kedua, Anda bisa melalui jalur melalui kawasan Sumber Manjing Wetan, Malang. Kedua jalur tersebut sama-sama mudah untuk dilalui, hanya saja beberapa kilometer sebelum sampai lokasi, jalanannya sedikit kurang baik.

35. Pemandian Kalireco Lawang

Tempat wisata di Malang selanjutnya adalah sebuah pemandian yang pas untuk menurunkan temperatur tubuh kita. Pemandian Kalireco ini sangat pas untuk para pecinta wisata alam.

Pemandian Kalireco Lawang

Pemandian Kalireco Lawang

Air yang segar, plus udara yang masih sejuk ditambah lagi dengan jernihnya air pemandian ini pasti membuat kita betah berlama-lama disini.

Lokasi pemandian kalireco lawang ini ada di Desa Sumber Waras, Kecamatan Lawang, Malang. Kalireco sendiri memang belum diresmikan menjadi tempat wisata di Malang, namun karena potentinya yang bagus membuat banyak traveler datang dari berbagai daerah.

Pemandian kalireco tidak dipungut biaya, sehingga kita bisa menikmati tempat ini gratis, sepuasnya lagi. Tempat wisata di Malang yang lagi hits ini sangat asri dan eksotis.

36. Teluk Bidadari

Satu lagi tempat wisata di Malang yang cocok untuk ngadem, yaitu teluk bidadari. Teluk bidadari terletak di Pantai Mbehi, Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kab. Malang.

Teluk Bidadari

Teluk Bidadari

Teluk bidadari memang masih terbilang baru dan belakangan mulai terkenal karena banyak foto-foto selfie wisatawan yang datang membuat orang-orang menjadi penasaran.

Sesuai dengan namanya, objek wisata terbaru di Malang ini memang kece abis dan membuat kita betah ngadem lama-lama disini.

Teluk Bidadari adalah sebuah spot (genangan) berbentuk lingkaran dengan warna air biru kehijauan. Letaknya berada satu area dengan Pantai Mbehi. Jika dilihat sepintas, teluk ini mirip seperti tempat wisata di Bali terbaru yang bernama Angel’s Bilabong.

Jika anda berminat liburan ke Teluk Bidadari, langsung saja menuju ke Pantai Mbehi.  Pantai Mbehi persis di sebelah barat Pantai Sugu. Kamu akan membutuhkan waktu 30 menit dari Pantai Sugu untuk ke Pantai Mbehi dengan melalui track hutan dengan jalan setapak. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan suasana hutan yang masih sangat asri. Oh ya, area ini masih dalam kawasan hutan lindung daerah Bantur.

Dari Pantai Mbehi Anda akan membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit untuk trekking dan diwajibkan menggunakan guide yang telah disiapkan dengan biaya Rp. 10.000/orang.

37. Banyu Anjlok

Banyu anjlok menjadi tempat wisata di Malang selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Banyu anjlok kurang lebih kalau diartikan air jatuh ini terletak di tepi pantai Lenggoksono dan airnya langsung mengalir ke laut. Di atasnya, Anda bisa menikmati kolam alamnya yang menyegarkan. Banyu Anjlok terletak di daerah Dampit, Desa Tirtoyudo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Banyu Anjlok

Banyu Anjlok

Untuk menuju ke sini, Anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari desa Tirtoyudo melewati jalan setapak dan jurang. Harga tiket masuknya tergolong murah meriah, hanya sekitar Rp. 5.000,-.

38. Wisata Tubing Wringinanom

Anda ingin liburan yang menantang? Nah, wisata tubing mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Lokasi tubing ini ada di  lereng Gunung Semeru, tepatnya ada di Dusun Besuki, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo.

Wisata Tubing Wringinanom

Wisata Tubing Wringinanom

Wisatawan akan diajak untuk berpetualang merasakan sensasi derasnya aliran sungai amprong yang berbatu. Selain itu, di hulu sungai juga terdapat Coban Pelangi yang mengalir dari lereng Gunung Semeru.

Untuk dapat menikmati sensasi wisata olahraga semi ekstrim ini anda hanya dikenakan tarif Rp 15 ribu saja. Di tempat ini juga tersedia tracking motor trail dan camping ground. Dengan menggunakan peralatan keamanan dan tub. Pemandu membawa wisatawan menyusuri perbukitan menuju titik awal meluncur. Adrenalin Anda bakal terpacu disaat mulai meluncur di aliran sungai yang deras.

39. Coban Tundo

Tempat wisata di Malang selanjutnya adalah Coban Tundo yang masih terbilang baru dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi air terjun ini ada di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Anda tidak akan dikenakan tiket masuk di Coban Tundo.

Coban Tundo

Coban Tundo

Karena lokasinaya yang agak tersembunyi membuat air terjun ini masih jarang dieksplorasi. Padahal air terjun ini sangat eksotis, airnya berwaran biru muda dan memiliki kedalaman 2 meter. Untuk mencapainya, akan dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Kota Malang.

Terdapat 3 buah Coban Tundo yaitu Coban Tundo 1 yang letaknya paling atas, lalu dibawahnya ada Coban Tundo 2, dan yang paling bawah Coban Tundo 3. Lokasi yang paling bagus sepertinya Coban Tondo 2.

Berikut ini beberapa rute menuju coban tundo yang berhasil kami rangkum untuk anda:

Rute pertama menuju Coban Tundo adalah rute yang melewati Kecamatan Bululawang – Turen, lalu melewati Sumbermanjing Wetan dan mengikuti arah ke Sendang Biru. Sementara dua jalur alternatif lainnya adalah melewati Desa Kendung Banteng, dan Desa Klepu Juga Desa Sukodono, Kecamatan Dampit.

Jalan menuju Coban Tundo sebenarnya nggak terlalu susah dicari. Petunjuk pertama adalah Kantor Kelurahan Sukodono. Karena di dekat kelurahan ini terdapat petunjuk arah jalur menuju Coban Tundo yang dibuat oleh warga sekitar. Dan kalau kalian masih bingung, nanya ke penduduk pasti dikasih tahu deh.

Lanjut~ Setelah kalian menemukan Kantor Kelurahan Sukodono, kalian pasti akan melewati jalan berupa beton yang berakhir pada jalan setapak. Terus saja hingga kalian menemukan tulisan “Tundo 3”. Kalau kalian berhasil menemukan tulisan itu, berarti lokasi air terjun tidak jauh lagi.

Kendaraan roda 4 dan sepeda motor bisa digunakan untuk berlibur ke Coban Tundo. Namun perlu dicatat kendaran roda 4 hanya bisa sampai ke bagian jalan setapak saja. Dari jalan setapak, kalian bisa jalan kaki atau naik ojek hingga sampai ke air terjun (IDR 30.000-50.000). Sementara sepeda motor bisa parkir hingga dekat air terjun.

40. Pantai Kedung Celeng

Satu lagi tempat wisata di Malang yang masih jarang dikunjungi karena lokasinya yang tersembunyi, yaitu pantai kedung celeng yang ada di Desa Banjarejo, Kec. Donomulyo, Kab Malang.

Pantai Kedung Celeng

Pantai Kedung Celeng

Pantai ini bisa anda jadikan sebagai tujuan liburan saat akhir pekan tiba.  Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang jarang Anda lihat di Kota Malang.

Suasana alamnya, biru lautnya, sampai nyanyian angin yang sepoi-sepoi membuat Anda tak mau lekas pulang! Harga tiket masuknya murah kok, cuma Rp. 4.000,- dan parkir motor sekitar Rp. 5.000,- .

41. Air Terjun Coban Pelangi

Masih seputar air terjun, ada coban pelangi yang layak juga anda masukkan ke dalam daftar tempat wisata di Malang yang menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi

Coban pelangi sendiri terletak di Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Dinamakan Coban Pelangi karena air terjun ini sering membiaskan warna pelangi..

Air terjun ini berada di ketinggian 1299,5 m di kaki Gunung Semeru. Suhu udara di kawasan ini berkisar antara 19 – 23 derajat Celcius. Untuk dapat menikmati sensasi kesegaran coban pelang, wisatawan dikenakan tarif masuk Rp. 5.000,-. Parkir sepeda motor Rp. 2.000,- dan parkir mobil Rp. 5.000,-.

42. Gua Lo Bangi

Malang rupanya juga punya goa yang menarik untuk kita eksplorasi, Gua Lo Bangi harus masuk dalam daftar tempat wisata di Malang yang akan anda kunjungi.

Gua Lo Bangi

Gua Lo Bangi

Guna ini sebenarnya ada 2, yaitu Gua Lo dan Gua Bangi. Keberadaan kedua gua ini berdekatan di satu wilayah, oleh sebab itu sering disebut Gua Lo Bangi oleh masyarakat sekitar. Letak gua lo bangi ada di  Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang

Gua yang eksotis dan menakjubkan ini memiliki aliran sungai bawah tanah, danau, dan air terjun. Siapun yang datang berkunjung pasti akan penasaran untuk menusuri gua yang memiliki lebar mulut gua sekitar 5 meter ini.

Ornamen gua yang dapat Anda ditemui adalah stalakmit, stalaktit, batu-batu reruntuhan, gourdam, kolam dan lain-lain. Di dalam gua kita juga bisa melihat beraneka bentuk ornamen yang terbuat dari batu alam. Corak ornamen itu semakin indah jika dipadu dengan stalaktit yang menggantung pada dinding atas gua. Uniknya, jika diperhatikan secara seksama ornamen tersebut membentuk sebuah corak dan motif buah-buahan.

43. Ndayung Rafting

Ndayung rafting merupakan salah satu objek wisata wisata terbaru di Malang. N’dayung merupakan salah satu perusahaan di bidang wisata, yang mengkhususkan diri untuk kegiatan outdoor activity. Salah satu wahana wisata outdoor yang banyak diminati di sini adalah rafting.

Ndayung Rafting

Ndayung Rafting

N’dayung Rafting sendiri mengunakan aliran sungai dari Air Terjun Coban Pelangi. Oleh karena itulah, N’dayung Rafting memiliki pangsa pasar tersendiri karena daerah ini merupakan tempat yang menjadi salah satu jalan menuju kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBT) dari arah Malang.

Lokasi tepat ndayung rifting ada di Jl. Raya Gubugkalkan, Ds.Gubuk Klakah, Kec.Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur.Kalau anda berminat cukup dengan membayar kurang lebih Rp.200.000,- per paketnya.

44. Waduk Selorejo Malang

Tempat wisata di Malang selanjutnya adalah sebuah waduk yang terletak di  Desa Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Waduk Selorejo Malang

Waduk Selorejo Malang

Waduk selorejo sendiri lokasinya berjarak sekitar 43 km ke arah barat Kota Malang.  Fungsi utama waduk ini sebenarnya adalah sebagai pembangkit listrik sekaligus untuk irigasi pengairan bagi daerah yang berada di baratnya.

Kini waduk ini juga dijadikan sebagai objek wisata, dimana sudah dilengkapi dengan  lapangan golf, lapangan tennis, tempat perkemahan, wahana ski air, dan masih banyak lagi fasilitas menarik lainnya.

Selain memancing ikan, di sini juga disediakan penyewaan perahu bagi para pengunjung. Jika Anda ingin menyebrang ke arah utara waduk, Anda bisa memakai jasa penyewaan perahu tersebut. Harga penyewaan perahu Rp 40.000.-/jam dan untuk penyewaan perahu bermotor dipatok harga Rp 60.000.-/jam.

45. Pantai 3 Warna Malang

Nah, pantai 3 warna Malang menjadi destinasi wisata Malang yang sedang hot diperbincangkan. Pantai yang unik, dimana terdapat 3 warna karena adanya perbedaan kedalaman air lautnya ini baru dibuka pada 2014 lalu.

Meskpiun objek wisata ini terbilang baru, namun wisatawan yang datang langsung ramai, karena ingin menikmati sensasi keindahan pantai ini.

Pantai 3 Warna Malang

Pantai 3 Warna Malang

Lokasi pantai ini tepatnya ada di wilayah rehabilitasi dan konservasi mangrove, yaitu terumbu karang serta hutan lindung Desa Tambakrejo, atau di Daerah Konservasi Sendangbiru, Kabupaten Malang – Jawa Timur.

Untuk dapat menikmati indahnya pantai ini wisatawan dikenakan tarif Rp. 5.000 per orang, dan disana nanti harus menyewa jasa guide untuk trekking menuju Pantai Tiga Warna, biaya guide sebesar Rp. 100.000 per kelompok, dan per kelompok dibatasi maskimal 10 orang. Namun Jika anda datang kurang dari 10 orang, Anda bisa bergabung dengan pengunjung yang lain yang jumlahnya tidak sampai 10 orang. Untuk berkunjung ke Pantai Tiga Warna ini dibatasi kuota, misal kuota sudah penuh, Anda harus menunggu kelompok yang sedang trekking kembali untuk digantikan dengan rombongan atau kelompok berikutnya.

Disini Terdapat fasilitas snorkeling, kita bisa menyewa sebesar Rp. 15.000 per set meliputi baju pelampung, kacamata dan alat bantu napas.

46. Teluk Kletekan Malang

Tempat wisata di Malang selanjutnya yang menawarkan sensasi snorkeling yang keren adalah teluk Kletekan yang ada di Dampit, Malang.

Teluk Kletekan Malang

Teluk Kletekan Malang

Keindahan biota bawah lautnya konon mengalahkan keindahan bawah laut Indonesia Timur.  Teluk Kletekan ini memiliki air yang tenang. Airnya lebih jernih dan pemandangan bawah air terlihat jelas saat snorkeling dilakukan. Apalagi, teluk ini bisa dibilang belum banyak dijamah wisatawan. Lingkungannya masih asri.

Untuk menuju kesana bisa memanfaatkan dua alternaif perjalanan. Jalur pertama mudah ditempuh namun mungkin harus mengeluarkan biaya lebih tinggi. Anda dapat menyewa perahu yang berangkat dari Pantai Lenggoksono. Pantai tersebut ada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Biaya sewa perahu sebesar Rp 50 ribu per orang.

Cara kedua, Anda bisa melewati tebing yang berada di wilayah Lenggoksono. Bagi yang berjiwa petualang, inilah rute yang paling cocok. Pasalnya jalanan yang dilalui hanya jalan setapak melewati tebing yang ada. Dikutip dari Detik Travel, jalan ini masih memungkinkan untuk dilewati oleh motor.

47. Pantai Lenggoksono Malang

Tempat wisata di Malang selanjutnya adalah Pantai Lenggoksono yanga ada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Pantai Lenggoksono Malang

Tempat wisata di Malang – Pantai Lenggoksono Malang

Terdapat ribuan satwa laut yang bisa anda temui disini seperti lobster, cumi-cumi, kerang, dan lain-lain, dan tidak jarang pula terlihat di sekeliling pantai banyak orang memancing, jadi jika anda hobby memancing jangan lupa bawa peralatan lengkap ya.

Konon nama pantai ini berasal dari banyaknya pohon sono yang ada dilokasi, jalanan yang berkelok-kelok juga menyebabkan nama pantai ini menjadi “Lenggok sono”

48. Pantai Bajul Mati Malang

Tempat wisata di Malang yang terakhir dari kami adalah pantai baju mati yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini, Anda bisa melewati rute: dari Kota Malang – Malang Selatan (daerah Turen) – ikuti petunjuk ke kawasan Pantai Sendang Biru – sampai di pertigaan menuju Sendang Biru belok kanan ikuti petunjuk arah Pantai Goa Cina – lurus melawati Pantai Goa Cina – melewati jembatan Bajul Mati – sampai di Bajul Mati. Cukup banyak petunjuk arah untuk menuju arah pantai tersebut. Letak kedua pantai ini tidak terlalu jauh. Jarak antara Pantai Bajulmati dan Goa China hanya sekitar 2 kilometer atau sekitar 10 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Pantai Bajul Mati Malang - Tempat wisata di Malang

Tempat wisata di Malang – Pantai Bajul Mati Malang

Selain panorama indah yang ditawarkan Pantai Bajulmati, rupanya ada sebuah gua bernama Goa Wil. Lokasi goa ini ada di sisi timur pantai, Anda hanya butuh berjalan kaki sekitar 300 meter dari pintu masuk pantai, tepatnya di bawah sebuah bukit karang yang dikelilingi ladang kelapa dan ketela pohon yang ditanami warga sekitar. Meskipun disebut goa, sebenarnya lubang masuknya tidak menjorok terlalu dalam, karena sebenarnya ini adalah sebuah batu karang yang terkena abrasi. Tidak terlalu dalam memang, namun goa ini telah dikenal karena keangkerannya.

Begitu lah keindahan dan cerita salah satu pantai di Malang Selatan yang cukup terkenal ini di Pantai Bajulmati, namun meskipun cukup terkenal pengunjungnya tidak sebanyak Pantai Goa Cina atau Pantai Balekambang. Segera luangkan waktu Anda untuk menikmati suasana indahnya Pantai Bajulmati

Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan di Kota Malang? Atau anda warga Kota Malang yang belum pernah mengunjungi tempat-tempat menarik di atas? Wah, rugi sekali rasanya ya. Itulah 48 tempat wisata di Malang yang wajib Dikunjungi bersama keluarga, teman atau orang-orang tercinta. Kalau anda rasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan juga dengan yang lainnya agar mereka juga tahu dimana saja tempat wisata di Malang yang menarik dikunjungi. Semoga bermanfaat. Kunjungi juga 19 Tempat Wisata di Tegal Jawa Tengah

Leave a Reply

error: Content is protected !!