39 Tempat Wisata Favorit di Tegal Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di TegalTegal memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Salah satu produk andalan Tegal yang sudah terkenal itu Warteg atau Warung Tegal. Kota Tegal ternyata juga memiliki potensi alam yang indah yang cukup populer bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Memang, Pemerintah Kota Tegal masih perlu lebih gencar lagi untuk mempromosikan tempat wisata di Tegal yang menarik untuk dikunjungi. Rasanya sangat sayang sekali kalau keindahan alam serta berbagai wahana wisata favorit di Tegal tidak bisa dimaksimalkan dengan baik.

Tegal memiliki air panas untuk pemandian atau wahana bermain keluarga. Tegal sendiri berada di Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan dengan beberapa daerah seperti Brebes, Pemalang, Banyumas. Kota Tegal ini lokasinya juga masih berada di jalur pantai utara atau jalur pantura Jawa Tengah, terletak sekitar 165 km di arah sebelah barat dari Kota Semarang atau sekitar 329 km di sebelah timur DKI Jakarta.

Jangan lewatkan juga 28 Tempat Wisata di Bandung yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Tegal Jawa Tengah

Wisata budaya di Tegal juga perlu dikembang, Tegal memiliki kesenian lokal yang cukup terkenal yaitu tari endel dan juga balo-balo. Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda berkeliling kota Tegal mengunjungi 39 Tempat Wisata di Tegal yang populer, dimana saja? Yuk ikuti berikut ini:

1. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Tempat wisata di Tegal yang pertama adalah wahana pemandian air panas Guci. Tempat pemandian ini selalu ramai di akhir pekan atau hari libur. Letaknya di Jl. Objek Wisata Guci, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Tempat ini cukup unik, karena suhu air berbeda-beda, tergantung dari tingkatannya, dimana ada 25 buah tingkatan. Adapun sumber air panasnya berasal dari Gunung Slamet. Jika anda mandi disini, penyakit kulit bisa sembuh karena air mengandung blerang. Oh ya, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit jantung jangan lama-lama mandinyanya.

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Untuk mencapai pemandian ini perjalanan yang ditempuh sekitar 30 km dari Slawi atau 40 km dari Kota Tegal menuju ke selatan. Pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan asri. Untuk mencapai pemandian ini anda harus berjalan melawati perbukitan yang cukup terjal.

Setelah melewati sampai, kita akan disuguhkan pemandangan yang indah serta udara yang segar dan hawa dingin. Dsini ada beberapa wahana yang ditawarkan, yaitu berupa pemandian terbuka, pemandian tertutup serta kolam renang.

Selain pemandian, di lokasi juga ada tempat penyewaan kuda, kita bisa mencoba menunggang kuda. Anda belum penah mencoba? Tenang, ada pemandu atau joki yang siap membantu.

2. Tempat Wisata Pantai Purwahamba Indah Tegal

Tempat wisata di Tegal selanjutnya andalan pantai Purwahamba. Pasir pantainya memang tidak putih seperti pasir di Bali, tapi pemandangan pantai ini sangat indah. Lokasinya berada di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi ini, anda bisa menikmati banyak fasilitas yang yang tersedia, seperti kolam renang, waterboom, sepeda air, kereta mini, gazebo cafe, kebun binatang mini, arena bermain anak dan masih banyak lagi. Dari terminal bus Kota Tegal, anda hanya akan menempuh jarak sekitar 14 KM untuk mencapai pantai ini.

Tempat Wisata Pantai Purwahamba Indah Tegal

Tempat Wisata Pantai Purwahamba Indah Tegal

Jangan lewatkan jugaa 24 Tempat Wisata di Bali Paling Terkenal dan Amazing

3. Objek Wisata Tirta Waduk Cacaban Tegal

Waduk cacaban adalah tempat wisata di Tegal yang tidak boleh anda lewatkan. Suasana yang damai dan asri serta panorama yang indah akan memberikan kedamaian tersendiri bagi wisatawan. waduk ini sendiri dibangun pada 1952 oleh Soekarno.

Objek Wisata Tirta Waduk Cacaban Tegal

Objek Wisata Tirta Waduk Cacaban Tegal

Di waduk ini ada berabgai macam wahana permainan seperti bumi perkemahan, tempat bermain anak, panggung hiburan, warung apung, kapal wisata dll. Sangat disayangkan sekali kalau anda ke Tegal di mengunjungi waduk cacaban ini.

Bagaimana? Anda tertarik?

4. Agro Wisata Loco Antik di Tegal

Jika anda dan keluarga ingin merasakan sensasi berkeliling kebun tebu dengan lokomotif tempo dulu, coba di Agro Wisata Loko antik yang dikelola oleh PG. Pangka di Kabupaten Tegal. Disini anda disuguhkan dengan pemandangan kebun tebu miliki penjajah Belanda dan sudah kini otomatis menjadi perusahaan Indonesia.

Agro Wisata Loco Antik di Tegal

Agro Wisata Loco Antik di Tegal

 

5. Tempat Wisata Alam Curug Cantel Bumijawa Tegal

Satu lagi tempat wisata di Tegal yang wajib dikunjungi yaitu Curug Cantel Bumijawa. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Bagi anda yang mau merasakan sejuknya air curug ini silahkan bawa pakaian ganti.

Tempat Wisata Alam Curug Cantel Bumijawa Tegal

Tempat Wisata Alam Curug Cantel Bumijawa Tegal

Adapun lokasinya ada di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Akses untuk menuju lokasi wisata ini juga masih susah yaitu dengan tracking sejauh 400 meter dari jalan raya.

6. Tempat Wisata Alam Curug Putri Tegal

Curug putri merupakan salah satu tempat wisata di Tegal yang tidak boleh dilewatkan. Keindahan alamnya dan kesejukan air di curug ini membuat wisatawan ingin kembali lagi. Untuk menuju lokasi juga sangat mudah.

Tempat Wisata Alam Curug Putri Tegal

Tempat Wisata Alam Curug Putri Tegal

Curug putri hanya memiliki ketinggian 25 meter. Namun karena keindahan dan akses menuju lokasi yang mudah maka tempat wisata alam di Tegal yang satu ini selalu ramai oleh wisatawan dari berbagai daerah. Adapun lokasi curug putri ada di perbatasan dua Kabupaten yaitu Kabupaten Tegal dan Brebes.

7. Tempat Wisata Pantai Alam Indah Tegal

Salah satu tempat wisata pantai yang populer di Tegal adalah pantai Alam Indah. Komplek pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya sangat strategis sekali, pantai ini juga cukup panjang yaitu sekitar 2100 meter serta memiliki pemandangan yang bagus karena bersih dari sampah.

Tempat Wisata Pantai Alam Indah Tegal

Tempat Wisata Pantai Alam Indah Tegal

 

Di lokasi Kompleks Pantai Alam Indah ini sudah dibangun beberapa fasilitas yang menarik diantaranya adalah waterboom, Monumen Bahari serat wisata perahu yang sangat diminati wisatawan. Jika anda berminat berkunjung ke Kompleks Pantai Alam Indah ini anda dapat datang ke alamat jalan Sangir Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.

8. Objek Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal

Objek Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark menjadi salah satu pilihan berwisata keluarga, lokasinya dekat terminal Kota Tegal. Untuk masuk anda harus membayar tiket seharga 15.000 pada hari biasa atau 25.000 pada hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional maka anda dapat menikmati berbagai macam permainan air seperti kolam renang, kolam ombak, wet futsal, kiddy pool dll.

Objek Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal

Objek Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal

9. Objek Wisata Telaga Air Cempaka Tegal

Lokasi objek wisata telaga air cempaka ada di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Telaga ini memiliki keindahan yang menawan, pemandangan asri, pepohonan yang rindang serta udara yang sejuk. Luas telaga air Cempaka adalah 15 meter persegi dan digunakan oleh warga sekitar untuk keperluan sehari-hari serta sebagai sarana irigasi persawahan di sekitarnya.

Objek Wisata Telaga Air Cempaka Tegal

Objek Wisata Telaga Air Cempaka Tegal

10. Wahana Wisata Rita Park Tegal

Rita Park merupakan salah satu wahana bermain yang terkenal di Tegal. Rita Park memberikan pengalaman bermain yang mengesankan. Wahana ini tidak hanya terkenal di Tegal saja, tetapi juga ti Jawa Tengah. Ada banyak sekali wahana disini seperti Bom – bom Car, Cinema 5D, Circus Travel, Flying Tiger, Frog Jump, Kiddie Ride dll. Masyarakat Jawa Tengah menjulukinya sebagai Dufan nya Jawa Tengah.

Wahana Wisata Rita Park Tegal

Wahana Wisata Rita Park Tegal

Bagaimana anda tertarik untuk bermain disini? Adapun lokasi Rita Park ada di kompleks Rita Supermall Jl. Kol. Sugiono No.155, Tegal.

11. Tempat Wisata Alam Gunung Tanjung Tegal

Tempat Wisata alam di Tegal wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Gunung Tanjung atau Bukit Sitanjung. GUnung Tanjung adalah kawasan perbukitan yang berada di Kecamatan Lebaksiu, Tegal.

Tempat Wisata Alam Gunung Tanjung Tegal

Tempat Wisata Alam Gunung Tanjung Tegal

Anda dapat menikmati pemandangan yang luar biasa disini. Selain itu hamparan bebatuan yang terlihat indah, Jembatan Sunglon, Bukit Sitanjung dll. Di daerah ini juga terdapat sebuah warung makan yang dilengkapi dengan pemancingan yang menyediakan berbagai macam menu andalan berbagai masakan ikan serta martabak telor khas Lebaksiu.

12. Wahana Taman Rakyat Slawi Ayu Tegal

Taman wisata rakyat Slawi merupakan Tempat wisata Kuliner di Tegal yang wajib anda kunjungi. Disini tempat berkumpulnya orang-orang untuk menikmati sajian kuliner khas Tegal. Tempat ini baru dibuka pada 2013 lalu.

Wahana Taman Rakyat Slawi Ayu Tegal

Wahana Taman Rakyat Slawi Ayu Tegal

Lokasinya ada di depan terminal bus Slawi sehingga untuk menjangkaunya sangat mudah sekali. Tujuan pendirian Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa)  di RTH Slawi adalah sebagai tempat interaksi masyarakat Kabupaten Tegal dalam berbagai aktivitas, seperti aktivitas sosial, pentas seni, olah raga dan sebagainya.

13. Objek Agro Wisata Kebun Teh Tegal

Kalau tadi anda bisa menikmati pemandangan di Ladang tebu, kini saatnya mengunjungi kebun Teh. Tegal sendiri menjadi salah satu penghasil teh terbesar di Indonesia. Untuk menuju ke lokasi nada bisa menggunakan kendaraan roda 4, tempatnya ada di Dukuh Aren, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Atau kurang lebih dari Bulakan masih terus naik sekitar 1 KM-an. Selain di Dukuh Aren, masih banyak lagi kebun teh yang tersebar di Bumijawa.

Objek Agro Wisata Kebun Teh Tegal

Objek Agro Wisata Kebun Teh Tegal

14. Wahana Wisata Sulaku Bumijawa Park Tegal

Satu lagi wahana bermain berupa Waterboom di Tegal yang tidak kalah terkenalnya adalah Selaku Bumiwijaya Park. Lokasinya ada di Jl. Raya Wredameta Bumijawa, Desa Bandarsari Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal atau tidak jauh dari kaki Gunung Slamet.

Wahana Wisata Sulaku Bumijawa Park Tegal

Wahana Wisata Sulaku Bumijawa Park Tegal

Disini ada banyak wahana menarik yang bisa kita mainkan seperti outbound, playground, pemancingan, penginapan, agrowisata, futsal center, waterboom, kedai jamu, bahkan kita bisa berkeliling kebun dengan menaiki ATV lho. Selain itu bagi anda yang suka dengan tantangan bisa mencoba flying fox dengan panjang 60 meter, 150 meter, hingga 200 meter dengan kecepatan rata-rata 80 KM / jam melintasi kebun yang ada di Sulaku. Untuk masalah keamanan, jangan khawatir, karena sudah menggunakan keamanan standard dan tentu saja instruktur yang sudah berpengalaman. Bagaimana? Berani coba?

Lelah menjajal semua yang ada di Sulaku, waktunya mencoba mandi uap dengan jamu rebus. Dijamin akan membuat kita lebih rileks dan tentu saja sehat. Terlebih jika dilakukan secara rutin. Setelah mandi uap, jangan lupa mencoba menjajal kuliner yang di sediakan di sini ya, makan dengan suasana pegunungan merupakan sensai yang berbeda.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya semuanya?

15. Objek Wisata Alam Bukit Cepu Tegal

Bukit cepu menjadi terkenal setelah presiden SBY mengunjungi tempat ini. Letaknya ada di Dusun Krajan, Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, atau sekitar 24 KM ke selatan dari pusat Kabupaten Tegal (koordinat -7° 12′ 21.69″, +109° 8′ 10.20″ atau -7.206026,109.136167).

Objek Wisata Alam Bukit Cepu Tegal

Objek Wisata Alam Bukit Cepu Tegal

Untuk menuju lokasi wisata ini anda harus menaiki anak tangga berjumlah sekitar 950 buah. Setelah kita sampai di puncak, rasa lelah akan sirna seketika setelah kita melihat pemandangan yang luar biasa dan udara yang sejuk.

Bagi Anda yang butuh ketenangan, tempat ini sangat cocok. Terlebih bagi yang hobi fotografi, sangat recommended! Namun perlu diingat ya, karena tempat ini masih asri jadi belum ada fasilitas publik seperti kamar mandi. Karena kamar mandi yang ada, pintunya selalu terkunci.

16. Wahana Bermain Guciku Hot Waterboom Tegal

Guciku waterboom berbeda dengan Pemandian Air Panas Guci. Guciku Hot Waterboom ini terletak di dekat loket tiket masuk ke Guci, jadi lokasinya sebelum Pasar Guci. Sama-sama berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Wahana Bermain Guciku Hot Waterboom Tegal

Wahana Bermain Guciku Hot Waterboom Tegal

Wahana yang ditawarkan yaitu:

  • Kolam Opal , untuk bermain anak-anak dengan kedalaman 50 cm, lebar 12 m x 25m di lengkapi sarana prosotan dan ember/guci tumpah
  • Kolam Badan Guci, untuk remaja dengan kedalaman 60 cm sampai dengan 90 cm dan lebar 15 m x 30 m dilengkapi dengan prosotan
  • Kolam Rendam, di lengkapi 8 (delapan ) pancuran air panas yang dipercaya untuk kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit
  • Kolam Utama, yang mempunyai lebar 30 m x 40 m dilengkapi permainan spiral dan seluncuran

Masih ada banyak wahana di tempat ini, seperti arus jeram dengan panjang lebih dari 200 m dan lebar 3 meter, untuk kedalamannya sekitar 60 cm. Lebih asyik menyusuri arus jeram ini manggunakan pelampung yang bisa disewa terpisah. Untuk info lebih jelas, bias kunjungi guciku.com. Sebagai informasi, apabila akan berkunjung ke Guciku, sebaiknya dating lebih pagi, karena jika hari libur, Guciku ramai didatangi wisatawan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

17. Wisata Alam Goa Lawet Tegal

Satu lagi objek wisata alam di Tegal yang tidak boleh anda lewatkan adalah Gou Lawet. Lokasinya ada di Desa Harjowinangun, Balapulang, atau jaraknya sekitar 20 kilometer dari Kota Slawi.

Wisata Alam Goa Lawet Tegal

Wisata Alam Goa Lawet Tegal

18. Objek Wisata Waterboom Yogya Tegal

Wahan bermain di Tegal yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Waterboom Yogya. Kok yogya ya namanya? Apalah arti sebuah nama? Tentu saja sangat penting. Sebelumnya, Waterboom ini bernama Waterboom Dedy Jaya, setelah beralih kepemilikan pada 2013 berubahlah namanya.

Objek Wisata Waterboom Yogya Tegal

Objek Wisata Waterboom Yogya Tegal

Waterboom Yogya buka hari Senin – Jum’at (jam 09:00-17:30, tiket Rp. 12.500) dan Sabtu, Minggu, Hari Besar (jam 08:00-17:30, tiket Rp. 15.000) ini memiliki empat kolam yang dibagi sesuai dengan usia dan tingkat kedalaman kolam. Bagi anak-anak atau balita, ada kolam khusus yang tidak terlalu lebar dengan kedalaman air 30 cm. Ada juga kolam dengan kedalaman 1,3 meter, 1,4 meter, dan 1,8 meter.

fasilitas yang bisa anda nikmati berupa sewa ban, sewa loker, café, musholla, dan gazebo gratis. Tempat yang banyak ditumbuhi pepohonan di sisi samping kolam ini juga selalu dijaga oleh petugas khusus. Sehingga keamanan selalu diutamakan.

19. Objek Wisata Budaya Konsorsium Rumah Wayang Tegal

Konsorsium Rumah Wayang ini menjadi tempat wisata budaya di Tegal yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya ada di dekat jembatan Lemah Duwur – Talang, Kabupaten Tegal yang menuju ke arah Brug Abang. Dari Jalan Raya Talang atau biasa disebut dengan Jalan Satu, setelah menemui Jembatan di Talang, ambil jalan ke timur hingga menemui sebuah jembatan panjang yang membelah Sungai Gung ikuti jalan utama hingga sampai ke Desa Bengle, posisi tempatnya ada di kiri jalan.

Objek Wisata Budaya Konsorsium Rumah Wayang Tegal

Objek Wisata Budaya Konsorsium Rumah Wayang Tegal

Rumah Wayang yang memiliki luas sekitar 4 x 4 meter ini menyimpan ribuan wayang baik gaya tradisi maupun kontemporer, mulai wayang kulit, wayang golek, wayang santri, wayang bambu, wayang kreasi, ada juga aksesoris seperti jenis-jenis keris, topeng, batik tegalan, lukisan dunia pewayangan, senjata-senjata khas dunia pewayangan, foto-foto Ki Enthus, gamelan, dan masih banyak koleksi lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Silahkan berkunjung ke tempat ini pukul 08:00-10:00 dan jam 15:00-17:00. Jika beruntung, kita bisa bertemu langsung dengan si-empunya tempat ini, Ki Enthus Susmono yang saat ini bertempat tinggal di Rumah Dinas Bupati. Apabila kita berkunjung pada saat weekend, biasanya beberapa koleksi wayang sudah di-packing untuk ditampilkan sesuai dengan undangan ndalang.

20. Bukit Goa Lawa atau Bukit Batu Agung

Bukit batu agung atau bukit goa lawa menjadi tempat wisata di Tegal berikutnya yang sayang untuk dilewatkan jika anda doyan foto-foto di tempat yang anti mainstrea. Bukit ini lokasinya ada di di 3 desa yaitu Desa Batu Agung, Desa Harjawinangun, dan Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

Di atas bukit ini, wisatawan yang datang pasti akan menyempatkan diri untuk berfose di atas tumpukan batuan besar yang menjulang tinggi ke atas. Dari atas puncak batuan ini, Anda bisa melihat pemandangan indah nan eksotis sejauh mata memandang.

Denga pose terbaiknya, biasanya wisatawan yang datang tidak lupa untuk mengupload foto mereka ke akun media sosial pribadinya.

Bukit Goa Lawa atau Bukit Batu Agung

Bukit Goa Lawa atau Bukit Batu Agung

Namun, yang perlu diingat adalah medan yang harus Anda lalu menuju ke tumpukan batu ini sangatlah sulit dan tergolong ekstrim. Jadi, saya sarankan Anda membawa guide yang sudah berpengalaman. Dan jangan mengunjungi bukit ini saat musim hujan karena jalannya licin.

Bukit Goa Lawa ini sekarang lebih dkenal dengan nama Batu Agung, mungkin karena adanya tumpukan batu besar yang instagramable dan terletak di desa Batu Agung. Untuk memasuki kawasan ini, Anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp.5.000,- per orang.

21. Danau Beko Margasari

Tempat wisata di Tegal berikutnya merupakan sebuah bekas lokasi penambangan batu yang sudah ditinggalkan dan membentuk cekungan yang diisi oleh air. Lokasi danau ini ada di Dusun Karangdawa Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

Danau Beko Margasari

Danau Beko Margasari

Cekungan tersebut kemudian terisi oleh air hujan, lama-kelamaan penuh, dan terbentuklah sebuah danau yang indah. Tidak hanya satu, akan tetapi ada sekitar 5 cekungan. Danau ini menjadi salah satu spot terbaik foto di Tegal.

22. Jembatan Gantung Danawarih

Kalau anda mencari tempat wisata di Tegal yang instagrameble,  maka jembatan gantung Danawarih bisa menjadi pilihan yang tepat. Jembatan gantung ini ada Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih terpasang di atas bendungan Kali Gung yang berfungsi sebagai sarana irigasi. Jembatan ini merupakan jalan penghubung antara desa Danawarih dengan desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang.

Jembatan yang dibangun pada tahun 1992 ini memiliki panjang sekitar 273 meter dan lebar 1 meter. Dari atas jembatan ini Anda bisa menikmati pemandangan di sekitar bendungan dan tentu saja berfoto adalah aktifitas wajib disini.

23. Kawasan Konservasi Karang Jeruk

Sebagaimana yang kita ketahui, negara kita merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah laut yang sangat luas. Negara kita kaya dengan biota laut yang sangat bervariasi dan cantik-cantik bila kita lihat dari dekat.

Untuk anda yang hobi memancing, Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KPPD) Karang Jeruk atau sering disebut Karang Jeruk menjadi destinasi wisata di Tegal yang wajib anda kunjungi.

Lokasi konservasi ini ada di lautan lepas yang masuk ke dalam wilayah perairan Kabupaten Tegal, tepatnya di Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat jika kita tarik garis lurus.

Kawasan Konservasi Karang Jeruk tegal

Kawasan Konservasi Karang Jeruk tegal

Bagi anda macing mania, anda bisa mencoba sensasi strike berbagai jenis ikan seperti ikan kakap putih, barakuda, tengiri, talang-talang, kakap merah, kerapu, dan ikan jenis lainnya. Selain kaya dengan jenis ikan yang bisa dipancing,  kawasan konservasi ini juga menjadi tempat snorkeling, diving dan untuk belajar mengenai ekosistem yang ada di laut. Untuk menuju lokasi Karang Jeruk memang belum ada angkutan umum, namun bisa menggunakan/menyewa perahu nelayan mulai Rp. 300.000 dengan berangkat dari Dermaga Muarareja.

Dari dermaga, lokasinya 3 mil di utara kota atau 3 mil dari Pantai Larangan. Kira-kira lama perjalanan sekitar 45 menit. Kawasan Karang Jeruk sendiri ditandai dengan adanya menara suar yang diberi lampu.

24. Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung

Tempat wisata di Tegal selanjutnya adalah wisata kesehatan jamu di Kalibakung yang merupakan tempat untuk mengenal berbagai jenis jamu, sekaligus disuguhi pemandangan cantik lengkap dengan sawah dan sungai kecil yang menenangkan.

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung

Anda bisa menemukan berbagai jenis jamu, klinik jamu, serta dokter dan apoteker khusus. Selain bisa mengetahui banyak hal tentang jamu, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Aliran sungai di sisi bukit dengan sawah melengkapi liburan pulang kampung kali ini.

25. Rita Mall

Rita mall yang lokasinya satu kawasan dengan rita Park yang berada di Jl Kolonel Sugiono No 153. Selain berbelanja anda bisa bermain aneka wahana di Rita park seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Rita Mall

Rita Mall

26. Curug Pitu Margasari

Tempat wisata di Tegal selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah air terjun pitu argasari. Air terjun atau curug ini merupakan objek wisata alam di Tegal ini cocok untuk para penjelajah alam (pecinta alam).

Curug Pitu Margasari

Curug Pitu Margasari

 

Lokasi curug ini berjarak sekitar 4,5 KM-an ke tenggara dari Pasar Margasari atau sekitar 2 jam perjalanan jika berjalan kaki. Perjalanan diawali dari Perempatan Pasar Margasari. Untuk menuju pasar Margasari, Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti bis elf Tegal – Bumiayu atau bis AKDP Tegal – Purwokerto dengan tarif yang relatif terjangkau.

Turun di Perempatan Pasar Margasari lalu berjalan ke arah selatan hingga ketemu SMP 1 Margasari ke timur hingga ketemu dengan Polsek Margasari. Karena belum adanya jembatan penyeberangan, pastikan tidak memaksakan menyeberang sungai ketika arus sedang deras. Setelah melalui sungai pertama, Anda akan disuguhi pemandangan yang tidak kalah indah, yaitu deretan hutan jati yang ada disekeliling jalan.

Setelah hutan jati, Anda akan meyeberang dan menyusuri sungai kembali dan bertemu dengan hutan jati kembali. Terus berjalan hingga bertemu dengan tempat periistirahatan yang berupa dam atau bendungan. Dari sini perjalanan akan mulai menanjak namun tidak terlalu curam. Namun yang perlu diperhatikan adalah daerah tersebut rawan longsor, jadi tetap waspada ya sobat traveler!

Jarak antara air terjun satu dengan terjun lainnya lumayan jauh. Jadi musti tetap bersabar dan hati-hati ya. Jika ingin menuju ke Curug atau air Terjun ini, pastikan untuk mengajak serta pemandu atau teman yang sudah pernah menuju ke Curug Pitu ini.

27. Situs Manusia Purba Semedo

Situs manusia purba semedo bisa anda masukan dalam daftar tempat wisata di Tegal yang anda kunjungi. lokasi situs ini berada di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal. Di sini tersimpan aneka fosil dan peninggalan manusia purba yang dulu mendiami wilayah Tegal.

Situs Manusia Purba Semedo

Situs Manusia Purba Semedo

Berbagai benda bersejarah bisa anda temui disisi, mulai dari fosil Homo erectus, gajah purba, badak, kuda nil, rusa, babi, sapi, kerbau, dan banteng yang pernah hidup sekitar satu jutaan tahun lalu. Tengkorak Homo Erectus dan peninggalannya, seperti kapak penetal, serpih, serut juga semakin melengkapi kekayaan Situs Semedo yang berada di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal atau 23,8 km dari pusat Kota Slawi, Kabupaten Tegal.

28. Pantai Muarareja

Pantai Muarareja bisa anda jadikan tempat liburan alternatif bersama keluarga tercinta. Pantai ini juga menjadi tempat memancing plus bermain seru.

Pantai Muarareja Tegal

MW V3.50Pantai Muarareja Tegal

Setelah lelah bermain di pantai ini, anda bisa menikmati kelapa muda dan ikan bakar.

29. Taman Poci

Taman poci bisa anda jadikan tempat liburan di Tegal selanjutnya.

Taman Poci

Taman Poci

Taman poci ini biasanya dijadikan tempat nongkrong  di Tegal untuk anak-anak muda. Lokasi Taman Poci tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Tegal.

30. Curug Jejeg

Curug jejeg bisa menjadi tempat wisata di Tegal selanjutnya untuk anda orang-orang tercinta. Curug jejeg terkenal sangat indah, terletak di Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Untuk menuju curug ini, ada dua rute yang bisa Anda tempuh yaitu rute Batuagung (via Banjaranyar) dan rute Bumijawa (via Yomani – Kalibakung).

Curug Jejeg

Curug Jejeg

 

Curug Jejeg memiliki daya tarik yang luar biasa, dengan tinggi sekitar 22 meter, 3 tingkatan dan kolam air yang tidak terlalu dalam. Sehingga bisa untuk sekedar bermain air atau berfoto-foto. Kondisi airnya tidak terlalu jernih, namun suhu airnya cukup dingin, khas air dari pegunungan.

Jika ingin datang ke lokasi ini, gunakan kendaraan seperti sepeda motor karena cukup sulit mencari lokasi parkir sebab jalan utama Desa Jejeg tersebut tidaklah terlalu lebar, sehingga ditakutkan akan mengganggu aktivitas warga sekitar.

31. Curug Luhur

Selain curug Jugjug, ada juga curug Luhur yang sayang untuk dilewatkan. Lokasi curug ini ada di Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa dan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong (Dukuh Kopigandu) ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

Curug Luhur

Curug Luhur

32. Curug Kembar

Curug kembar bisa menjadi alternatif tempat wisata di Tegal untuk dan rekan-rekan atau keluarga. Curug ini ada dua buah curug yang posisinya berdekatan.

Curug kembar

Curug kembar

Jika anda tertarik untuk bermain di curug kembar ini, silahkan saja menuju ke TPK yang lokasinya berdekatan dengan Guciku Hot Waterboom, tepatnya sebelah Villa Syariah, masuk dalam Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Curug yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini memiliki suhu yang hangat.

34. Bukit Rangkok Pagerwangi

Satu lagi tempat wisata di Tegal yang sangat instagrameble, bukit rangkok Pagerwangi yang berada di Desa Pagerwangi, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Tepatnya sekitar 2,5 km ke barat dari Desa Kalibakung atau 4 KM ke timur dari Desa Banjaranyar.

Bukit Rangkok Pagerwangi

Bukit Rangkok Pagerwangi

Bukit ini mendadak tenar karena viral di media sosial nitizen dengan berbagai pose yang keren. Plus bukit ini memiliki pemandangan menakjubkan seperti view persawahan, Gunung Slamet, atau untuk menikmati momen sunrise dan sunset juga bisa dilakukan di tempat ini.

35. Kebun Melati Maribaya

Tempat wisata terbaru di Tegal berikutnya adalah sebuah taman, tepatnya taman melati di Maribaya. Taman ini lokasi tepatnya ada di esa maribaya, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal yang merupakan sentra penghasil bunga melati berkualitas tinggi. Tapi tidak hanya Desa Maribaya saja yang memiliki kebun bunga melati, ada juga Desa Kramat, Sidoharjo, Purwahamba dan desa lain.

Kebun Melati Maribaya

Kebun Melati Maribaya

Melati tidak mengenal musim panen, hampir setiap hari bisa melakukan panen. Namun kualitas bunganya juga ditentukan oleh cuaca. Jika banyak sinar matahari, maka kualitas melati akan semakin bagus. Untuk memanennya, biasanya dilakukan antara jam 06:00-10:00 pagi.

36. Wisata Curug Penganten Tegal

Curug penganten? Ya, ternyata di Tegal ada sebuah curug yang bernama curug Tegal. Lokasi curug Penganten ada di Dukuh Bandarsari, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Wisata Curug Penganten Tegal

Wisata Curug Penganten Tegal

Kalau dari curug luhur, curug penganten sendiri hanya berjarak sekitar 500 meter saja.  Curug ini memiliki ketinggian sekitar 10-14 meter, air terjun ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan bagus.

37. Pacific Mall Tegal

Jika anda mencar tempat wisata belanja di Tegal, maka pacific mall bisa menjadi pilihan yang tepat. Disini tersedia aneka pakaian seperti baju, kaos, celana, dan aksesories yang bagus. Selain itu, tersedia juga food court dengan menu makanan yang bervariasi.

Pacific Mall Tegal

Pacific Mall Tegal

Lokasi pusat perbelanjaan ini ada di Jalan Mayor Jenderal Sutoyo No.35, Tegal, Jawa Tengah. Pacific Mall menawarkan beragam pilihan berbelanja yang berkualitas bagi para pengunjung. Selain itu, tenant-tenant lain yang bergabung tidak sedikit yang merupakan tenant nasional.

Di ground floor, untuk tenant F&B, saya bisa menemukan Dunkin Donuts, KFC, Pizza Hut, Roti’O, Tongtji Tea Bar, dan CFC. Tenant F&B di ground floor yang baru saja bergabung adalah Gokana Ramen & Teppanyaki yang dikelola oleh jaringan resto besar ternama Champ Group.

38. Camping Sambil Melihat Indahnya Kerlipan Cahaya Di Bukit Bintang Guci

Bukit bintang guci menjadi tempat wisata di Tegal yang sayang untuk dilewatkan. Bukit ini terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Disini wisatawan akan merasakan sensasi liburan yang eksotis, apalagi pada malam hari sambil berkemah disini.

Camping Sambil Melihat Indahnya Kerlipan Cahaya Di Bukit Bintang Guci

Camping Sambil Melihat Indahnya Kerlipan Cahaya Di Bukit Bintang Guci

 

Bagi anda yang tertarik kesini, anda bisa menggunakan rute ke arah Mentik atau dari SD N 2 Guci. Dilanjutkan berjalan kaki sekitar 10 menit melewati perkebunan warga dari lokasi parkir kendaraan. Cukup sulit karena tanahnya cukup labil. Sehingga disarankan melakukan perjalanan ketika hari masih terang.

39. Pesona Curug Sentul Cawitali

Curug sentul cawitali menjadi tempat wisata di Tegal yang terakhir dari kami. Curug ini sendiri berada di Dusun Lemah Abang, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Curug ini masih perawan dan belum banyak diketahui orang.

Pesona Curug Sentul Cawitali - tempat wisata di Tegal

Pesona Curug Sentul Cawitali

Dinding tebing disini kerap dijadikan sebagai tempat untuk latihan repelling karena cukup terjal dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Bagaimana? Anda sudah menyusun planning untuk berkeliling Tegal? Itulah 39 Tempat Wisata di Tegal yang Wajib Dikunjungi dari kami, jika anda punya cerita sendiri silahkan bagikan juga dengan kami mengenai cerita anda berwisata di Tegal. Jangan lupa juga ya untuk membagikan panduan wisata di Tegal ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu dimana saja tempat menarik di Tegal untuk dikunjungi. Jangan lewatkan juga 19 tempat wisata di Garut Jawa Barat

14 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!