Objek Wisata Taman Selecta Batu Malang yang Menawan

Selecta MalangKota Malang menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Jawa Timur dan sekitarnya. Tidak hanya warga Jawa Tengah saja, bahkan warga dari Jabodetabek saat musim liburan tiba juga tidak sedikit yang mengunjungi kota Malang untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, terutama saat akhir pekan atau liburan panjang.

Salah satu tempat wisata di Malang yang tidak boleh kita lewatkan adalah kawasan Kota Batu. Ada banyak wahana liburan di Kota Batu, salah satunya yang paling terkenal adalah kawasan wisata Selecta Malang. Kawasan ini menjadi primadona keluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama.

Kawasan Selecta Malang

Kawasan Wisata Selecta Batu Malang

Kawasan Wisata Selecta Batu Malang

Suasana yang sejuk serta pemandangan yang indah membuat pengunjung akan betah berlama-lama di Kota Batu, terutama di Kawasan wisata Selecta. Adapun lokasi taman Selecta ada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Dari pusat Kota Malang hanya sekitar 25 KM sedangkan dari pusat pemerintahan Kota Batu hanya sekitar 4 KM saja.

Taman Selecta memiliki luas kurang lebih 18 Ha, dan wahana rekreasinya hanya sekitar 8 Ha saja. Namun demikian, taman ini juga menjadi incaran wisatawan dari mancanegara, diantaranya datang dari Belanda, Singapura, Taiwan, Malaysia, Korea, dan Jepang. Jadi, wisata asing saja datang ke Indonesia, berarti memang Indonesia memiliki daya tarik yang sangat luar biasa, terutama keindahan alamnya yang sangat mempesona.

Sejarah Selecta Malang

Oh ya, ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Nah, jadi ada baiknya kalau kita berkenalan dengan sejarah singkata taman ini, sebenarnya taman rekreasi ini dibangun oleh warga Belanda bernama Ruyter de Wildt sepanjang 1920-1928. Dari dahulu selalu dijadikan tempat peristirahatan dan wisata pilihan bagi warga Belanda yang berkunjung ke Indonesia.

Hingga sekarang Selecta yang berasal dari kata ‘selectie’ yang berarti pilihan, tetap dijadikan tempat wisata pilihan bagi semua lapisan masyarakat. Pada jaman Jepang tahun 1942, Bung Karno pernah menginap di Villa de Brandarice, –sekarang bernama Bima Shakti selama 15 hari. Begitupun Bung Hatta pernah bermalam di Villa Bima Shakti pada 1947 menjelang konferensi KNIP.

Pada kurun 1952-1955, Presiden Sukarno dan Wakilnya Muhammad Hatta sering beristirahat di Selecta. Beberapa keputusan penting kenegaraan pun diputuskan di sana. Pada 1949 Selecta dibumihanguskan oleh pejuang Indonesia. Namun pada 19 Januari 1950 Selecta dibangun kembali oleh 47 orang yang terakomodir dalam kepemilikan saham.

Bagaimana? Ternyata taman ini suhda sangat tua sekali ya. Pantas saja terkelola dengan baik, karena sudah memiliki pengalaman yang panjang.

Tiket Masuk Selecta Malang

Untuk dapat liburan dan menikmati fasilitas yang ada di taman ini, kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar tiket yang tidak mahal, hanya Rp 25.000 per orang. Dengan harga tersebut  pengunjung bisa langsung menikmati fasilitas kolam renang, taman air Kamandanu, dan water boom. Namun, fasilitas permainan lain berbayar. Untuk menikmati flying fox, misalnya, pengunjung dikenai Rp 20 ribu per orang. Menunggang kuda untuk anak-anak berusia lima tahun ke atas Rp 10 ribu dan perahu bebek air Rp 15.000 per orang. (*harga dapat berubah).

Tiket Masuk Selecta Malang

Tiket Masuk Selecta Malang

Jam Buka Taman Wisata Selecta Batu

Taman ini mulai beroperasi pada pukul 06.00 dan akan tutup pada pukul 18.00 WIB.

Alamat Taman Wisata Selecta

Untuk alamat tadi sudah disebutan di atas, untuk lebih jelasnya Taman Wisata Selecta Batu berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Batuaji, Kota Batu, Malang, sekitar 2 jam perjalan darat dari Surabaya atau satu jam dari kota Malang.
Alamat Kantor : Jl. Raya Selecta 1 Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur
Nomor Telepon : (0341) 592379, (0341) 591025
Lintang Bujur : -7.82322, 112.52793

Kunjungi juga: 18 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur Paling Populer Wajib Dikunjungi

Aktivitas Wisata atau Wahana Taman Selecta

Aktivitas Wisata atau Wahana Taman Selecta

Aktivitas Wisata atau Wahana Taman Selecta

Berikut ini beberapa aktivitas seru yang bisa anda lakukan di taman selecta Malang:

  1. Sky Bike
  2. Taman Bunga
  3. Water Boom Anak
  4. Play Ground Anak
  5. Sepeda Air
  6. Perahu Ayun
  7. Flying Fox
  8. Goa Singa

Kuliner di Kawasan Wisata Selecta

Di kawasan wisata selecta, anda tidak perlu repot-repot untuk membawa bekal untuk makan siang, karena disini sudah ada restoran dengan kapatsitas 200 – 300 orang. Restoran ini menyajikan aneka makanan khas Jawa Timur dengan pelayanan yang cukup bagus. Jadi Anda para pengunjung yang akan berwisata ke Selecta, tidak perlu repot-repot membawa bekal makanan.

Tempat Menginap di Kawasan Wisata Selecta

Untuk menikmati waktu lebih panjang bersama keluarga, anda bisa mencari penginapan di sekitar kawasan ini. Pengunjung yang menginap di Hotel Selecta mendapat fasilitas tiket masuk ke taman wisata tadi. Harga per kamar bervariasi dengan rincian:

Cottage Rp.2.300.000,-
Family Rp.750.000,-
Deluxe Rp.650.000,-
Superior Rp: 500.000,-
Standart Rp.450.000,-

Fasilitas aula di Hotel Selecta sering disewa sebagai tempat pertemuan organisasi masyarakat dan instansi pemerintah. Pada saat long weekend seringkali Selecta menyuguhkan hiburan live musik bagi para pengunjung.

Kunjungi juga: 41 Tempat Makan Enak di Malang, Referensi Wisata Kuliner

Leave a Reply

error: Content is protected !!