Danau Sentani, Objek Wsiata Terindah Di Papua

Danau Sentani merupakan sebuah danau dengan ketinggian mencapai 75 mdpl yang panjangnya mencapai 30 Km dan juga memiliki sekitar 22 pulau kecil yang tersebar di seluruh danau. Pesona keindahan danau sendiri tercipta ketika mata memandang hamparan luas danau indah yang meneduhkan ini. Dijamin berwisata kesini akan sangat seru.

Anda bisa memancing, berenang atau naik perahu di sekitar danau yang tentunya akan membuat perjalanan wisata Anda jadi tidak membosankan. Air yang ada di danau ini berasal dari air hujan serta 32 sumber mata air yang mengalir dari pegunungan.

Namun kini sekitar 13 mata air yang mengaliri Danau Sentani ada yang telah mengering karena penebangan, pembukaan lahan bagi pemukiman serta kemarau panjang yang terjadi di Papua beberapa waktu lalu.

Danau Sentani Dari ketinggian via Kompasiana

Danau Sentani Dari ketinggian via Kompasiana

Arti Nama Danau Sentani

Menurut pribahasa, “Apalah arti sebuah nama?” Padahal, nama terkadang melambangkan harapan, cita-cita dan doa.

Begitu juga dengan penamaan danau Sentani ini. Ada harapan besar dengan pemberian nama tersebut. Bagi masyarakat Papua khususnya. Sentani sendiri berarti “di sini kami tinggal dengan damai”. Nama ini disematkan pada danau cantik ini pertama kali oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin pada tahun 1898.

Ada cita-cita besar ketika nama danau ini disematkan. Ada harapan untuk danau ini, yakni membawa kedamaian bagi semua.

Liburan Seru Ke Danau Sentani Nan Eksotis

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda liburan seru mengunjungi danau unik dan kece di Jayapura ini. Sebelumnya, silahkan simak dulu ulasan selengkapnya ya, biar liburan kita makin seru lagi:

Akses Wisata Danau Sentani

Danau Sentani secara administratif masuk ke dalam wilayah kota Jayapura dan kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Indonesia. Dari Bandara Sentani yang ada di Jayapura, Anda bisa menumpang angkutan umum jalur Abepura – Sentani dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Kini maskapai nasional yang sudah melayani rute ke Danau Sentani antara lain seperti maskapai Lion Air, Garuda, Merpati, Express Air dan juga Sriwijaya Air. Jarak bandara Sentani ke Danau Sentani sendiri sangat dekat. Anda hanya tempuh perjalanan darat sekitar 10 menit lamanya.  Anda bisa naik angkutan umum atau menyewa mobil untuk liburan ke Danau Sentani.

Akomodasi Wisata Danau Sentani

Kalau sudah sampai di Danau Sentani, di tepian Danau Sentani bisa Anda sewa perahu milik penduduk setempat. Anda bisa berkeliling danau atau berkeliling pulau yang ada di Danau Sentani. Salah satu pulau yang terkenal adalah Pulau Ayapo dimana di pulau ini terdapat banyak pengrajin dari masyarakat setempat yang handal dan mereka bisa melukis baju dan melakukan banyak hal menarik lainnya.

Kalau Anda ingin berlama – lama di sekitar danau, Anda juga sudah bisa memilih penginapan yang terdapat di sekitar danau dan telah dilengkapi fasilitas penunjang walau masih dibilang hotel kelas melati. Sebagai fasilitas penunjang wisata bagi para pengunjung, Anda bisa temukan Bank, serta sarana transportasi yang cukup memadai di sekitar wisata Danau Sentani ini.

Aktivitas Wisata Danau Sentani

Bagi Anda yang punya keinginan untuk melihat keragaman jenis ikan, Anda dapat melakukan snorkeling. Banyak wisatawan yang datang kesini untuk snorkeling karena snorkeling disini terjamin keamanannya dan sangat mengagumkan. Berbagai pengalaman bawah laut yang seru akan Anda dapatkan.

Selain bisa snorkeling, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan lain seperti berenang, bersampan, memancing atau bermain ski air. Kalau sudah puas berkeliling danau, Anda juga bisa istirahat menikmati makanan dengan menu utama ikan dan udang air tawar yang lezat.

Kalau kesini Anda juga bisa temukan menu makanan ikan gabus kuah asam yang sajian ini sulit terlupakan. Nggak ada duanya dan nggak bisa ditemukan di tempat lain. Hanya bisa Anda nikmati di Danau Sentani seraya menikmati panorama keindahan yang mengagumkan.

Festival Danau

Jangan lewatkan juga: Danau Kelimutu Ende, Destinasi Wisata Favorit Flores yang Harus Dilihat dari Dekat

Menyusuri Danau dengan Perahu

Menyusuri danau dengan perahu menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukaan di danau sentani ini. Anda bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu yang disediakan oleh penduduk lokal untuk wisatawan yang datang.

Jangan lupa untuk singgah di salah satu pulau yang ada di danau ini. Biasanya anda akan diajak oleh pemandu wisata lokal untuk singgah di Pulau Asei yang terdekat atau Ayapo. Naik perahunya dari Dermaga Kalkothe di Sentani Timur.

Menyusuri Danau

Menyusuri Danau

Sembari berkeliling danau, anda akan disuguhkan udara yang segar plus pemandangan masyarakat sekitar yang hidup di rumah-rumah yang ada di atas air.

Begitu sampai di pulau Asei atau Ayapo anda akan langsung disambut oleh penduduknya dengan dengan gelaran dagangannya berupa lukisan dan kerajinan dari kulit kayu.

Harga lukisan yang ditawarkan sekitar Rp 75.000 dan masih bisa ditawar. Lukisannya rata-rata berggambar burung cenderawasih, tifa, honai, maupun ornamen-ornamen khas Papua lainnya.

Uniknya, lukisan ini dibuat dengan cara kerjasama, yaitu dilukis oleh pria kemudian diwarnai oleh mama-mama. Dimana pewarnaannya alami: merah dari tanah, hitam dari belanga, putih dari kapur, kuning dari kunyit.

Selfie-selfie di Bukit Teletubbies Danau Sentani

Teranyata bukan hanya objek wisata gunung Bromo yang punya bukit teletubbies, danau Sentani juga punya. BTW, anak-anak sekarang mungkin tidak terlalu mengenal serial film anak-anak teletubbies. Kalau anak tahun 90an pasti tahu lah. Kalau tidak tahu, bisa jadi masa kecilnya kurang bahagia, hahaha. #peace

Bukit Teletubbies di sekitar Danau Sentani via @drnchrs

Nah, saat kamu berkunjung ke danau yang kece ini jangan lupa untuk singgah dan mengabadikan momen berharga kamu di bukit teletubbies yang kece abis ini.

Selain dengan mengunjunginya secara langsung, anda juga bisa menikmati bukit kece ini dari kejauhan, yakni ketika di atas pesawat atau dengan naik ke ke Tugu MacArthur. Tempat ini berada di Pegunungan Cyclop, Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora, markas TNI.

Wow, Ada 22 Pulau yang Tersebar di Sekitar Danau

Sebagaimana yang sudah disebutkan di awal bahwa ada sekitar 22 pulau yang tersebar di danau sentani ini. Pulau-pulau ini beberapa sudah terkelola sebagai penunjang liburan wisatawan yang datan, sepertiPulau Asei, pulau yang dipercaya sebagai bagian tubuh naga. Bahkan penduduk lokalnya percaya bahwa mereka merupakan keturunan leluhur yang menunggangi naga tersebut.

Pulau Asei via Phinemo

Oleh-oleh yang Bisa Dibawa Pulang

Kurang lengkap rasanya kalau liburan tapi tidak membawa pulang oleh-oleh. Anda bisa membawa pulang oleh-oleh dari pulau Asei yakni berupa kain kulit kayu dengan lukisan indah yang dibuat oleh seniman lokal. Motif yang sangat unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Jika Anda cukup tertarik, menelusuri setiap tempat yang terkait diwakili dalam motif pada souvenir yang Anda beli.

Misalnya, motif buaya menunjukkan sungai berliku-liku dari Papua, dan tempat terdekat untuk menemukan buaya adalah tempat antara Danau Sentani dan Jayapura, di sini makhluk pemakan manusia adalah jinak dan berbudaya.

Selain itu, anda juga bisa mencari oleh-oleh khas Jayapura di Pasar Hamadi yang merupakan tempat untuk membeli souvenir Papua khususnya dengan motif Danau Sentani. Hal ini dekat dengan Pantai Hamadi, di mana Anda juga dapat melihat sisa Perang Dunia II di pantai.

Penutup

Demikian informasi yang dapat kami berikan untuk Anda tentang Danau Sentani. Semoga informasi ini bisa menjadi panduan untuk anda yang ingin mengunjungi danau keren yang ada di Papua ini. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya. Supaya danau ini semakin terkenal lagi dan semakin banyak orang yang liburan kesini.

Kunjungi juga yuk: Danau Poso, Danau Pasir Putih Indah di Sulawesi Tengah

Leave a Reply

error: Content is protected !!