Liburan Seru di Dusun Bambu Lembang Bandung

Dusun Bambu Lembang BandungHalo sobat travelers dimanapun anda berada. Apa kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat sehingga dapat menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa halangan apapun. Setelah letih melaksanakan aktivitas seminggu ini, kini saatnya untuk menyegarkan tubuh kembali.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan merefresh otak kita karena beban kerja yang kita jalani selama satu pekan ini, salah satunya adalah rekreasi. Ada banyak objek wisata yang bisa kita kunjungi saat akhir pekan bersama keluarga atau orang tercinta, salah satunya adalah dusun bambu lembang bandung.

Dusun bambu lembang bandung adalah salah satu objek wisata alam terpadu yang menawarkan sensasi wisata yang berbeda. Berbagai fasilitas liburan ada disini, baik untuk anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Memang, makanan dan penginapan di dusun bambu bisa dibilang eksklusif dan memiliki harga di atas rata-rata, namun tentu saja itu sangat relatif sekali.

Dusun Bambu Lembang Bandung

Dusun Bambu Lembang Bandung

Dusun Bambu Lembang Bandung

Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda berkeliling dan menikmati berbagai fasilitas yang ada di dusun bambu lembang bandung. Sebelum kita bahas fasilitas di dusun bambu Lembang Bandung, ada beberapa hal yang harus kita ketahui, seperti:

Jam Operasional Dusun Bambu Lembang Bandung

Dusun Bambu buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang Bandung

Harga tiket untuk masuk ke Dusun Bambu 15 ribu rupiah/orang, sudah termasuk satu botol air mineral sebagai welcome  drink.

Lokasi Dusun Bambu Lembang Bandung

Wahana liburan ini terletak di kaki Gunung Burangrang, lokasi tepatnya ada di  Kampung Cijanggel, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Letaknya sekitar 10 kilometer dari Terminal Ledeng di Jalan Setiabudi dan tak jauh dari tempat wisata alam Curug Cimahi. (detik.travel)

Cara Menuju Dusun Bambu Lembang Bandung

Bagi wisatawan yang hernadak liburan ke dusun bambu, bisa menggunakan akses lewat Jl. Kolonel Masturi. Untuk menuju ke Dusun Bambu bisa melalui rute berikut ini:

  • Tol Pasteur -> Ledeng -> Jl. Sersan Sodik -> Jl. Kolonel Masturi
  • Tol Padalarang -> Cimahi -> Jl. Kolonel Masturi
  • Tol Pasteur -> Ledeng -> Lembang -> Jl. Kolonel Masturi

Setelah Sampai di Lokasi

Setelah kita sampai di lokasi, kita bisa memilih lokasi parkir, jika lokasi parkir utama sudah penuh, maka kita biasanya di arahkan untuk masuk melalui gerbang parkir ke dua.  Lokasi gerbang parkir dua terletak di sebelah atas. dari lokasi parkiran kedua ini kita akan diantarkan ke tempat pembelian tiket menggunakan kendaraan khusus yang disebut dengan ontang-anting. Dari lokasi pembelian tiket pengunjung akan diantarkan ke lokasi-lokasi yang di inginkan dengan menggunakan kendaraan ontang-anting. Berikut ini foto kendaraannya:

Ontang-anting dusun bambu Lembang Bandung

Ontang-anting dusun bambu Lembang Bandung

Fasilitas Dusun Bambu Lembang Bandung

Karena dusun bambu cukup luas dan membutuhkan seharian penuh untuk berkeliling, kita bisa menggunakan mobil pick up yang sudah disediakan, seperti mobil wisata yang ada di TMII, atau Taman Safari. Namun jika ingin berjalan kaki juga akan lebih menyenangkan karena kalian bisa berfoto dengan latar belakang keindahan alam Dusun Bambu Cisarua, Bandung.

Jangan lewatkan: 19 Tempat Wisata di Lembang Bandung yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini foto fasilitas yang ada di dusun bambu Lembang Bandung yang bisa anda nikmati dan anda jelajahi:

1. Cafe Burangrang

Resto ini memiliki konsep menikmati kuliner sambil menikmati pemandangan, disini kita bisa memesan berbagai sajian makanan dan minuman dari khas sunda sampai mancanegara.Cafe ini memiliki berbagai layanan untuk wisatawan seperti family gathering, luncheon dan corporate training.

Kafe ini bisa menampung wisatawan hingga 600 orang, jadi tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat. Desain kafe ini sangat unik dan menarik, ditambah dengan hiasan yang terbuat dari bambu yang disusun dan dibuat secantik mungkin.

Burangrang Restaurant & Cafe di Dusun Bambu Lembang

Burangrang Restaurant & Cafe di Dusun Bambu Lembang

Untuk tempat duduknya juga bisa kita pilih sesuai keinginan bisa indoor atau outdoor. Untuk lokasi duduk favorit adalah yang ada di luar ruangan, karena kita bisa sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Kita dapat memilih apakah ingin duduk di kursi atau di bale dengan pemandangan menghadap ke danau dan pegunungan.

Kalau kita mampir di kafe ini, jangan lupa untuk memesan Nasi Ayam Bakar Betutu dan Nasi Timbel Burangrang sebagai menu andalannya. Karena berada di lokasi wisata, harga yang ada di sini cukup wah, apalagi untuk mahasiswa atau pelajar, sebagai contoh saja nasi goreng seharga Rp 45rb dan Rp 65rb untuk nasi ayam bakar betutu.

2. Lutung Kasarung

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan nama lutung kasarung. Sebuah dongen atau legenda yang sudah diceritakan turun temurun hingga kini. Namun lutung kasarung yang ada di dusun bambu Lembang Bandung bukanlah nama hewan, melainkan nama sebuah kafe yang unik, mungkin mirip dengan rumah lutung kali ya?

Rumah Makan Lutung Kasarung Dusun Bambu Lembang

Rumah Makan Lutung Kasarung Dusun Bambu Lembang

Lutung kasarung merupakan cafe dengan konsep yang sangat unik. Kafe ini berbentuk seperti kapsul-kapsul yang terbuat dari akar atau ranting yang disusun rapi. Kapsul ini menjadi ruangan minimalis yang bisa membuat kita merasakan sensasi yang berbeda saat menyantap aneka kuliner yang disediakan.

Antara kapsul satu dengan yang lainnya dihubungkan oleh jembatan, sehingga kita tidak perlu memanjatnya. bagaimana? Anda tertarik untuk mencicipi kuliner disini?

Namun jangan salah ya, karena tidak semua kapsul adalah tempat untuk makan,  ada kapsul yang isinya wastafel untuk cuci tangan, ada kapsul yang isinya tempat duduk-duduk, ada beberapa yang belum dibuka untuk umum (belum ketauan isinya apa).

Jangan lewatkan: 32 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Harus Anda Coba

3. Pasar Khatulistiwa

Anda ingin berbelanja aneka buah dan sayur segar yang langsung di ambil dari gunung Burangrang? Di pasar khatulistiwa tempatnya. Pasar ini berada di lantai 2, satu gedung dengan Restaurant Burangrang. Disini pengunjung bisa membeli aneka hasil pertanian yang masih segar  dan higenis.

Pasar Khatulistiwa di Dusun Bambu Lembang

Pasar Khatulistiwa di Dusun Bambu Lembang

Selain itu, di pasar khatulistiwa kita juga bisa menikmati aneka sajian kuliner lezat  mulai dari Kue Ape, Mie Kocok, Soto Bandung, Lotek, Rujak, Surabi, dan banyak lagi. Di bagian atas gedung ini di lantai 3, juga ada tempat untuk duduk menikmati aneka santapan kuliner lezat.

Untuk dapat menikmati berbelanja dan makan-makan di pasar khatulistiwa, kita harus menggunakan voucer yang sudah diisi saldo di counter disana, kalau tidak habis saldonya bisa kita tarik lagi menjadi uang.

4. Saung/Gazebo Purbasari Dusun Bambu

Satu lagi fasilitas seru yang tidak boleh dilewatkan. Setidaknya ada 7 saung berkapasitas 6 – 12 orang, sambil berlesehan dan menikmati desain nuansa bambu di seberang danau. Akan ada petugas yang siap mengantar tamu untuk menyeberang dengan perahu, tapi ada jalan alternatif untuk berjalan kaki juga bagi yang tidak mau naik perahu.

5. Playground Dusun Bambu

Ada banyak tempat bermain di dusun bambu, kini mungkin kita sudah sulit menemukan aneka permainan tradisional seperti zaman dulu, egrang contoh, nah disini kita bisa bernostalgia ke masa kecil dulu.

Berbagai macam olahraga bisa kalian nikmati di Dusun Bambu dintaranya seperti latihan memanah dan bersepeda. Bagi kalian yang berminat untuk melakukan team building di Dusun Bambu pun akan menjadi pengalaman yang berbeda dari tempat lainnya. Selain itu, kita bisa mengajak anak-anak ke Bamboo Play Ground, belajar tali tamali, dekat dengan alam dengan kegiatan panen padi atau produk pertanian, dan aneka mainan tradisional khas Indonesia lainnya.

6. Villa Kampung Layung di Dusun Bambu

Rasanya tidak cukup untuk menikmati liburan di dusun bambung Lembang Bandung ini sehari saja, tenang kita bisa menginap di villa yang ada di dalam kawasan objek wisata ini. Salah satu villa yang populer adalah Kampung Layung, yakni sebuah penginapan dengan konsep cottage bernuansa kayu.

Villa Kampung Layung di Dusun Bambu

Villa Kampung Layung di Dusun Bambu

Kalau kita membawa keluarga besar, bisa menyewa villa dengan 2 kamar, kalau kita berdua saja mungkin bisa memilih villa yang satu kamar saja, supaya lebih romantis tentunya. Untuk harga, tarif villa ini berkisar antara Rp 2,25 juta hingga Rp 3,25 juta per malam di saat weekdays. Tarifnya menjadi naik tatkala weekend, yaitu sebesar Rp 2,85 juta hingga Rp 3,85 juta per malam.

Harga villa yang bisa dibilang di atas rata-rata ini sebenarnya sangat layak, karena kita bisa menimati berbagai fasilitas diantaranya room service 24 jam, bathroom amenities, TV satelit, Free WiFi, kopi dan teh gratis, peralatan BBQ, serta peralatan dapur yang lengkap.

Kalau mungkin harga villa ini terlalu mahal kita juga bisa mencari penginapan di sekitar dusun bambu, seperti ada Villa Istana Bunga, Villa Air Natural Resort Lembang, dan Fortuno Bed & Breakfast Lembang yang harganya berkisar ratusan ribu hingga jutaan permalamnya.

7. Camping Ground

Untuk anda pecinta alam, anda juga bisa menikmati sensasi camping disini. Anda bisa menikmati sensasi bermalam di alam di Eagle Camp. Meskipun konsep camping namun anda tidak perlu repot-repot membawa tenda atau mendirikannya, karena tenda disini sudah ada dan dilengkapi dengan ranjang yang nyaman, tempat untuk barbeque, bahkan air panas untuk mandi pun tersedia.

Camping di Dusun Bambu Lembang

Camping di Dusun Bambu Lembang

Disini lebih ke menikmati malam bersama alam, untuk bisa menikmati camping disini, kita harus meroogoh kocek Rp 1,45 juta. 

Meskipun berupa tempat untuk berkemah dengan tenda, namun wisatawan akan disediakan di dalamnya sleeping bad yang memiliki kapasitas 6 orang dengan fasilitas kamar mandi masing-masingnya. Wah ternyata fasilitasnya lumayan ya.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang sudah bosan dengan suasana hotel yang menoton, anda bisa mencoba sensasi menginap di tenda yang ada di alam. Adapun lokasi camping ground ini ada di areal kaki pegunungan ini di desain sangat sensasional sekali, mengandalkan background alam pegunungan yang sangat luar biasa indahnya, serta menawarkan daya tarik berupa suasana hening, tenang dan sejuknya kawasan wisata Dusun Bambu Lembang.

8. Permainan Memanah Dusun Bambu

Untuk anda yang ingin mencoba olahraga memanah, jangan sampai melewatkan sensasi memanah di dusun bambu, jangan sampai salah panah ya. Khawatirnya malah terpanah hati si doi nantinya 😀

Selain bermain, memanah juga merupakan olahraga yang kaya akan makna. Sebaiknya anda mengajarkan anak anda untuk memanah sejak dini, selain untuk melatih ketangkasan, memanah juga melatih fokus dan konsentrasi. Selain itu olahraga yang satu ini juga sangat jarang di temui.

Permainan Memanah Dusun Bambu

Permainan Memanah Dusun Bambu

Untuk bisa memanah disini ternyata dibatasi usianya, dimana usia minimal adalah 10 tahun. Dan anda akan dikenakan tarif Rp 20.000 perorangnya. Dan anda sudah mendapatkan 10 anak panah yang siap dilontarkan dari busurnya.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menembak sasaran dengan menggunakan anak panah?

9. Airsoft gun Dusun Bambu Lembang

Mau coba main tembak menembak? Disini anda juga bisa mencoba olahraga yang seru satu ini. Selain seru olahraga tembak menembak ini juga membutuhkan strategi agar bisa memenangkan ‘pertempuran’ sesungguhnya. Selain untuk senang-senang, olahraga ini juga akan memacu adrenalin anda dan keluarga.

Airsoft gun Dusun Bambu Lembang

Airsoft gun Dusun Bambu Lembang

Nah, di dusun bambu anda bisa melatih ketepatan menembak dengan menggunaka air soft gun. Silahkan bidik sasaran yang sudah di berikan. Olahraga ini membutuhkan konsentrasi penuh dan ketepatan serta ketengan tentunya.

10. Melempar pisau Dusun Bambu Lembang

Ayo latihan melempar pisau ala ninja. Permainan yang satu ini tidak kalah serunya dengan permainan lainnya. Dengan memegang pisau di tangan kemudian mengarahkan ke sasaran tentu membutuhkan ketangkasan dalam membidik sasaran agar tetap.

Melempar pisau di Dusun Bambu Lembang

Melempar pisau di Dusun Bambu Lembang

Jadi, anda juga bisa menjadi ninja seperti yang film-film. Sensasi melempar pisau ala ninja akan sangat terasa disini.

11. Rabbit Wonderland

Tempat bermain anak-anak yang tidak boleh dilewatkan. Anak-anak pasti akan kegirangan sambil loncat-loncat saat mengunjungi wahana ini, sambil nunjuk-nunjuk dan loncat-loncat mereka akan menarik-narik anda untuk segera menyambangi Bamboo Playground & Rabbit Wonderland.

Bamboo Playground & Rabbit Wonderland

Bamboo Playground & Rabbit Wonderland

12. Paket Track Sepeda Dusun Bambu Lembang

Kita juga bisa bersepeda ria disini dengan melewati trek yang sudah di sediakan.

13. Gokart Dusun Bambu Lembang

Mau coba olahraga gokart?

Baca juga: 32 Tempat wisata anak di Bandung paling Populer dan Mengasyikan

14. Hiking di dusun bambu

Hiking juga menjadi salah satu aktivitas seru di Dusun Bambu Lembang Bandung.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai objek wisata dusun bambu Lembang Bandung yang wajib kita kunjungi saat liburan di Cisarua. Semoga bisa menjadi referensi wisata keluarga untuk pembaca sekalian. Baca juga: 28 Tempat Wisata di Bandung yang Menarik Dikunjungi

Leave a Reply

error: Content is protected !!