Liburan Ke Kawah Putih Ciwidey yang Sangat Indah

Kawah Putih Ciwidey – Siapa sih yang tidak kenal dengan keindahan kawah putih Ciwidey yang ada di Bandung? Objek wisata yang satu ini menawarkan pesona wisata alam yang sangat mempesona. Tidak hanya warga Bandung saja yang terpesona dengan keindahan kawah putih ini. Warga dari berabgai daerah datang kesini untuk menikmati liburan bersama.

Bahkan, wisatawan dari seluruh penjuru nusantara yang datang ke Bandung, tidak absah rasanya kalau belum mampir dan berselfie ria di pinggir kawah yang berbentuk danau ini. Kawah Putih Ciwidey terbentuk akibat proses letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha. (Wikipedia).

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Ada baiknya kalau kita bahas sedikit mengenai nama Ciwidey ini. Sebenarnya Ciwidey merupakan sebuah kecamatan di kabupaten bandung ( jawa Barat ). Nama Ciwidey berasal dari bahasa portugis kuno, dari kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Daerah ini berbatasan dengan kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah cianjur selatan.

Jangan lewatkan: 15 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Anda Kunjungi

Sebenarnya, selain kawah putih, wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa tempat wisata di Ciwidey lainnya, seperti Situ patenggang, perkebunan teh Rancabli, Ranca upas, dan kebun strawberry Ciwidey. Setiap hari banyak wisatawan dari dan luar kota bandung yang datang mengunjungi tempat wisata ini karena pesona alam dan keindahan yang memancarkan aura magic di tempat ini.

Lokasi dan Rute Menuju Kawah Putih Ciwidey

Adapun lokasi tepatnya, kawah putih ini berada di Jln Raya Soreang ciwidey 25 km dari kabupaten bandung ( Jawa Barat ). Lebih lengkapnya di Jln kawah putih Ciwidey, Bandung – Jawa Barat. Akses untuk menuju ke tempat wisata kawah putih sangatlah mudah. Dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan umum maupun dengan kendaraan pribadi roda dua dan empat. Jarak tempuh dari kota bandung ke kawah putih sekitar 46 Km atau 2,5 jam perjalanan. Bagi anda yang berada di luar kota bandung, pintu tol kopo adalah tempat transit terdekat menuju area wisata ini.

Berikut ini beberapa rute menuju kawah putih Ciwidey yang bisa anda tempuh, rute menuju ke lokasi kawah putih Ciwidey apabila anda dari arah Jakarta pasti keluar melalui tol Padalarang barat.

Rute 1 : lewat Cimahi (recommended)

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > arah Pasteur > Keluar Baros Cimahi > Belok Kanan > Jl. Akses Tol Baros > Belok Kanan Jl. Leuwigajah > Nanjung > Marga Asih > Patrol > Stadion Si Jalak Harupat > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih.

Direkomendasikan untuk menggunakan mobil dengan “ Ground Clearance “ yang tinggi. Kalau mobil sedan di khawatirkan akan mentok dengan lubang – lubang yang cukup dalam.

Rute 2 : lewat Mohamad Toha

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Keluar Tol Mohamad Toha > Gerbang Tol Mohamad Toha > Belok Kanan > Jalan Mohamad Toha > Dayeuhkolot > Bale Endah > Pameungpeuk > Banjaran > Cimaung > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih.

Rute 3 : lewat Buah Batu

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Keluar Tol Buah Batu > Gerbang Tol Buah Batu > Belok Kanan > Jalan Terusan Buah Batu > Bojongsoang > Bale Endah > Pameungpeuk > Banjaran > Cimaung > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih.

Rute 4: lewat Kopo ( macet )

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Keluar Tol Kopo > Gerbang Tol Kopo > Belok Kanan > Jalan Kopo > Bihbul > Sayati > Katapang > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih.

loading...

Rute Transportasi Umum ke Kawah Putih

Nah, bagi anda yang menggunakan kendaran umum, berikut ini beberapa alternatif yang bisa anda pilih, dan dari manapun Anda berasal, rute perjalanan yang pertama kali harus Anda tempuh adalah menuju terminal Leuwi Panjang Bandung. Kemudian setelah Anda sampai di terminal leuwi panjang bisa dilanjutkan untuk menuju lokasi Kawah Putih dengan menggunakan kendaraan umum dengan rute sebagai berikut :

  1. Dari Terminal lewi Panjang naik Mini Bus (L300) dengan jurusan Bandung – Ciwidey, dan Anda akan berhenti di terminal Ciwidey.
  2. Dari Terminal Ciwidey Naik Angkutan Umum (angkot) dengan jurusan Ciwidey – Situ Patenggang, Ciri-ciri yang mencolok dari angkot tersebut adalah berwarna kuning, dan Anda dapat meminta untuk turun di pintu Gerbang Kawah Putih
  3. Dari Pintu Gerbang Kawah Putih Anda dapat menggunakan angkutan yang telah disediakan oleh pihak pengelola Obyek Wisata Kawah Putih yaitu mobil shuttle.

Kunjungi juga yuk: 28 Tempat Wisata di Bandung yang Menarik Dikunjungi

Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Putih Ciwidey

Bagi wisatawan yang hendak menikmati liburan disini, anda akan dikenakan tarif Rp. 15.000,- / orang untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan dari mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000,- / orang.

Perjalanan dari pintu gerbang kawah putih menuju lokasi puncak berjarak sekitar 5 Km, dengan jalan yang menanjak naik ke atas. Untuk menuju puncak di sediakan alat transportasi yang dinamakan ontang anting dengan tarif Rp. 10.000,- / orang pulang pergi sebagai sarana pendukung wisata kawah putih Ciwidey. Nama ontang anting di ambil dari bahasa Sunda yang berarti mondar mandir.

Kawah putih adalah tempat wisata terbuka untuk umum setiap hari, yaitu dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Di kawasan ini juga berbagai fasilitas penunjang seperti mushola, tempat parkir, dan kendaraan menuju kawah. Selain itu di sekitarnya banyak warung – warung yang menyajikan berbagai makanan dan minuman tradisional. Salah satu minuman favorit adalah seduhan kopi hitam dan bandrek. Minuman ini dapat menghangatkan badan karena rasa jahenya.

Wisatawan Kawah Putih Ciwidey

Wisatawan Kawah Putih Ciwidey

Jangan lewatkan juga: 32 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Harus Anda Coba

Biaya Parkir Kendaraan di Kawah Putih

Untuk lebih nyaman dan tenang saat liburan, pihak pengembang menyediakan tempat parkir yang dijaga oleh petugasnya, untuk masing-masing kendaran dikenakan tarif yang berbeda.

Tarif Parkir Bawah

– Kendaraan roda dua / motor  tarifnya sebesar Rp. 5000,-
– Kendaraan roda empat / mobil tarifnya sebesar Rp. 6000,-

Jika kendaraan wisatawan parkir di bawah untuk sampai ke lokasi puncak kawah bisa dilanjutkan dengan menggunakan jasa transportasi ontang-anting dengan tarif seperti yang sudah yoshiwafa.com jelaskan di atas.

Tarif Parkir Atas

Biaya parkir kendaraan Roda empat / mobil di areal parkir atas adalah Rp. 150.000,-

Biaya di areal parkir atas memang dikenakan tarif yang cukup mahal, namun tentunya wisatawan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk naik ontang-anting, misalnya jika kendaraan travel yang anda gunakan memiliki penumpang 15 orang maka 150.000 dibagi 15 orang hasilnya akan sama dengan 10.000, harga ini akan sama saja dengan biaya yang harus dikeluarkan wisatawan jika menggunakan jasa ontang anting. Bedanya hanya sedikit saja yaitu terletak pada pemakaian bahan bakar minyak.

Tips Liburan di Kawah Putih Ciwidey

Berikut ini beberapa tips saat anda liburan di Kawah Putih:

  • Karena terdapat gas blerang, bagi anda yang tidak kuat dengan baunya bawalah masker, anda juga bisa beli di lokasi
  • Jangan terlalu lama terpapar gas blerang, anda bisa naik sebentar dari sekitar kawah kemudian turun lagi agar pernafasan anda tidak terganggu.
  • Nah, kalau anda tidak datang rombongan, sebaiknya anda parkir kendaraan di di gerbang dan kemudian lanjut menggunakan ontang-anting karena lebih murah, selain itu dengan ontang-anting Anda dapat menikmati pemandangan hutang pegunungan dengan jelas
  • Pakai sunblock supaya lebih nyaman.
Sisi Lain Kawah Putih Ciwidey

Sisi Lain Kawah Putih Ciwidey

Bagaimana? Anda sudah tidak sabar lagi ingin segera menikmati liburan seru ke kawah putih Ciwidey? Tunggu apa lagi segera persiapkan semua keperluan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Persiapkan juga fisik anda ya.

Baca juga 19 Tempat Wisata di Lembang Bandung yang Wajib Dikunjungi

loading...

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!