Objek Wisata Waduk Sermo Kulon Progo – Fasilitas & Harga Tiket

Waduk Sermo – Artikel kita kali ini akan mengajak para pembaca mengunjungi Yogyakarta, tepatnya kabupaten Kulon Progo yang terdapat pada bagian paling barat kota jogja. Di kawasan Kulon Progo terdapat puluhan destinasi wisata yang sayang sekali jika kita lewatkan.

Salah satu destinasi wisata alam yang ada adalah waduk sermo. Waduk sermo sendiri sudah ada sejak zaman dulu yang merupakan salah satu program dari IIPS atau integrated irrigation sector project pada pemerintahan presiden Soeharto.

Waduk yang digunakan untuk menampung air tersebut dijadikan tempat wisata yang memiliki kondisi alam nan menawan. Pada dasarnya waduk digunakan untuk menampung air dan dijadikan sumber mata air oleh warga sekitar, salah satunya untuk mengairi sawah dan lahan pertanian.

Meski waduk bukan selalu dibuat oleh manusia, atau terbentuk secara alami, seperti danau. Untuk waduk yang dibuat oleh manusia atau waduk buatan biasanya memanfaatkan tepian lembah, memperluas danau, memecah sungai serta melakukan penggalian tanah kemudian membangun tembok dari beton untuk menampung air.

Salah satu waduk buatan di Kabupaten Kulon Progo adalah waduk sermo. Waduk ini bukan hanya digunakan untuk menampung air namun dikunjungi banyak wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan waduk dari dekat.

Banyaknya muda mudi yang datang untuk menghabiskan waktu libur mereka di tepian waduk, serta banyak pula rombongan keluarga yang mengunjungi tempat ini membuat waduk sermo semakin popular dan menjadi salah satu tujuan wisata di kabupaten Kulon Progo.

Lokasi Wisata Alam Waduk Sermo

Waduk sermo memiliki sejarah yang cukup panjang sejak pembangunannya pada masa pemerintah presiden soekarno. Waduk sermo menjadi satu kawasan wisata yang ramai sekali dikunjungi oleh warga Kulon Progo dan wilayah lain.

Waduk ini berada di kabupaten Kulon Progo, jika dilihat dari jaraknya dengan pusat kota jogja berjarak sekitar beberapa kilometer dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam.

Untuk lokasinya tepatnya berada di kawasan dusun Sermo Lor, desa Hargowilis, kecamatan Kokap, kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

loading...

Untuk mencapai lokasi jalan yang ada dilalui sangat mudah dengan pemandangan alam di kanan dan kiri jalan sungguh indah.

Selain itu terlihat pula hamparan sawah hijau milik warga dengan udaranya yang sejuk khas pedesaan yang damai. Jika penasaran dengan waduk sermo silahkan datang saat musim liburan nanti bersama keluarga agar liburan semakin seru dan menyenangkan.

Rute Menuju Lokasi Waduk Sermo

Setelah menjawab rasa penasaran pembaca tentang lokasi waduk sermo, kini perubahan akan kita lanjutkan mengenai rute atau medan yang bisa kita tempuh. Rute yang akan kita lalui juga sangat mudah dijangkau, menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Untuk yang memilih kendaraan umum tersedia bus trans jogja, sesampainya di terminal anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau kendaraan local lainnya sampai ke lokasi waduk sermo.

Untuk rutenya sendiri bisa dimulai dari pusat kota jogja, setelah itu arahkan kendaraan anda menuju ke jalan wates, setelah itu jalan lurus sejauh beberapa kilometer hingga anda menemukan patung kuda barat alun – alun.

Sesampainya di wilayah tersebut ambil arah menuju ke lokasi yang dituju yaitu waduk sermo.  Jika sahabat traveler ingin mengunjungi wisata kalibiru, puncak dipowono dan gunung gajah akan melewati waduk sermo, jadi ada baiknya sesampainya di waduk sermo dan puas menikmati keindahan yang ada anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo

Wisata alam waduk sermo yang ada di kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu tujuan wisata bagi banyak orang, hal ini disebabkan oleh kawasan ini memiliki pemandangan waduk yang indah, selain itu alam yang ada di sekitarnya juga oke dengan beberapa spot foto pilihan.

Meski terbilang wisata yang keren namun tiket masuk menuju ke waduk sangat murah dan cocok sekali bagi pecinta jalan – jalan yang minim dana.

Untuk tiket masuknya anda hanya perlu membayar tiket retribusi sebesar 2 ribu per orang, sedangkan untuk sepeda motor yang masuk dikenakan biaya RP. 1000 saja.

Untuk tiket parkir kendaraan pribadi  dikenakan biaya tambahan, 2 ribu rupiah untuk sepeda motor dan 3 ribu rupiah untuk mobil. Sungguh wisata alam yang sangat murah bukan? Dengan uang yang tidak seberapa anda bisa merasakan liburan yang seru dan pastinya menenangkan.

Fasilitas yang Ada di Waduk Sermo

Di kawasan wisata waduk sermo kita bisa melihat beberapa fasilitas pengunjung yang cukup memadai. Beberapa fasilitas tersebut dibuat untuk memberikan rasa nyaman bagi setiap pengunjung yang datang. Berikut beberapa diantaranya:

  • Area parkir disediakan khusus untuk kendaraan milik pengunjung agar mereka tidak bingung meletakkan kendaraan yang dibawa
  • Tempat sampah terlihat di beberapa lokasi agar setiap pengunjung yang datang tidak meninggalkan sampah mereka di lokasi wisata
  • Toilet umum yang ada di waduk sermo cukup bersih sehingga cukup nyaman saat digunakan
  • Tempat duduk yang terbuat dari bamboo terlihat di beberapa lokasi untuk pengunjung yang merasa lelah dan ingin istirahat.
  • Warung makan terlihat pula di beberapa sudut dimana pengelolaannya dilakukan oleh warga sekitar yang menggantungkan hidup dari tempat wisata ini. Terlihat beberapa menu local yang dijajakan terasa sangat lezat dan menggugah selera
Suasana Sore di Waduk Sermo via IG

Suasana Sore di Waduk Sermo via IG

Cerita Tentang Waduk Sermo

Mengunjungi wisata alam waduk sermo pastilah anda akan takjub dengan pesona yang ada disana. Sepanjang perjalanan menuju ke waduk akan disuguhkan pemandangan alam yang mempesona, terlihat dengan jelas hamparan sawah hijau milik warga serta pepohonan yang tumbuh subur.

Jaraknya yang cukup dekat dengan pusat kota jogja membuat perjalanan anda tidak akan dilanda kebosanan. Disepanjang perjalanan akan terasa sekali nuansa khas pedesaan yang damai dengan penduduknya yang ramah dan sopan.

Saat menuju lokasi jika anda masih ragu dengan jalan yang akan dilalui, coba saja membuka google maps untuk membantu mengarahkan kita untuk mencapai lokasi dengan mudah.

Sesampainya di pintu retribusi anda harus membayar tiket retribusi sebesar 2 ribu per orang dan kendaraan bermotor seribu per motor. Waduk sermo memiliki sejarah yang cukup panjang sejak pembangunannya pada masa pemerintahan presiden soekarno.

Pembangunan waduk termasuk ke dalam salah satu program IIPS atau integration irrigation sector project. Pada tahun 1980 seorang bernama Macdonald melakukan uji kelayakan pada waduk yang ada dibangun.

Kemudian uji kelayakan juga dilakukan oleh PT Indah karya pada tahun 1985 sebelum pembangunan waduk, uji kelayakan lanjutan juga dilakukan pada tahun 1991.

Pada tahun 1992, pengujian terakhir dilakukan oleh ELC Electroconsult dari segi teknis dan ekonomis. Setelah pengujian terakhir dilakukan, baru 2 tahun setelahnya mulai dilakukan pembangunan waduk sermo.

Pembangunan dilakukan mulai 1 Maret 1994 dan dilakukan selama 2 tahun hingga pada tahun 1998 waduk selesai dibangun. Pembangunan waduk buatan ini dilakukan dengan membendung kali ngrancah.

Waduk sermo didesain mampu menampung air hingga 25 juta meter kubik. Setelah rampung pengerjaan waduk, maka peresmiannya dilakukan pada 20 November oleh presiden Soeharto, baru setahun setelahnya waduk ini resmi dioperasikan.

Pembangunan waduk membuat transmigrasi besar – besaran atau disebut bedol desa ke 2 wilayah. Penduduk yang tinggal di lokasi waduk sermo oleh presiden di pindahkan ke kawasan pulau sumatera.

Transmigrasi yang dilakukan ke 2 wilayah di Sumatera ini meliputi 100 KK menuju alamat Tak Toi di Bengkulu dan 7 sisanya menuju alamat PIR atau perkebunan inti rakyat yang terletak di Riau.

Pembangunan waduk menelan dana hingga 22 miliar yang bertipe urugan batu dengan zona inti yang kedap air sebagai bendungan utamanya. Hasil dari pembangunan waduk yang mengorbankan banyak penduduk serta menghabiskan dana yang cukup banyaknya ini memberikan hasil yang sangat baik.

Waduk mampu membantu meningkatkan produktivitas pertanian karena suplai air sangat mencukupi dan bisa menjadi irigasi bagi 7.152 hektar lahan pertanian di Kalibawang sehingga kesejahteraan warga sekitar semakin baik. selain itu suplai air untuk kebutuhan sehari – hari juga tercukupi dengan baik, maka pembangunan waduk ini mendapatkan hasil yang patut diapresiasi.

Pada bagian dasar waduk berbentuk fondasi nanggulan yang dipenuhi dengan batu lempung dengan banyak moluska serta batu pasir kuarsa. Bagian dinding sebagian besarnya didesain berbentuk formasi andesit tua.

Di sekitar waduk terlihat banyak sekali batuan andesit. Cerita waduk sermo bukan sampai disini saja, namun terdapat jejak kegiatan tambang biji mangan yang terjadi sekitar tahun 1970 hingga 1980 yang memang tengah naik daun dan dapat kita lihat pada bagian hilir waduk

Menurut cerita warga sekitar banyak cerita misteri yang melingkari waduk madu sermo dan hingga kini belum mendapatkan jawaban yang pasti. Salah satu yang dianggap misteri adalah keberadaan ikan berjenis red devil yang merupakan ikan asli dari sungai amazon.

Namun di waduk sermo ceritanya terdapat habitat ikan tersebut yang muncul secara tiba – tiba dan memangsa jenis ikan lain yang hidup di dalam waduk, seperti ikan nila, ikan gurame dan ikan mujair.

Misteri lain yang cukup menarik perhatian adalah bentuk waduk jika diambil gambar dari atas ketinggian memiliki bentuk menyerupai manusia raksasa.

Meninggalkan sejarah dan misteri di bali waduk sermo terdapat sebuah cerita yang lebih menyenangkan yaitu kawasan ini sekarang dijadikan salah satu tujuan wisata oleh banyak orang, hal ini dikarenakan indahnya pemandangan waduk yang ada.

Santuy Sejenak via IG

Santuy Sejenak via IG

 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan

Kira-kira begitu sampai waduk ini, apa saja sih aktivitas yang bisa dilakukan? Nah, agar liburanmu semakin seru berikut ini beberapa rekomendasi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di waduk yang sedang hits ini:

1. Berburu Spot Foto yang Kece

Spot Foto Kece via IG @anisadheaa

Spot Foto Kece via IG @anisadheaa

Liburan tentu sangat identik dengan foto-foto. Kurang afdhol rasanya kalau liburan tanpa mengabadikan momen berharga di tempat-tempat kece.

Nah, waduk ini memiliki banyak sekali spot foto kece yang tidak boleh anda lewatkan. Jangan lupa untuk mengeluarkan pose terbaikmu.

2. Naik Perahu Gethek

Selanjutnya, kurang seru rasanya kalau ke waduk ini tanpa mengelilingi waduk dengan petahu gethek. Anda akan merasakan sensasi yang asyik sekaligus menantang. Karena anda harus menggunakan kayuh untuk menggerakkan perahu gethek ini.

Perahu tradisional ini bisa dijadikan pilihan untuk anda yang mau mengitari waduk ini. 

3. Naik Perahu Motor

Fasilitas Perahu untuk Keliling Waduk via Dekatour

Fasilitas Perahu untuk Keliling Waduk via Dekatour

Selain dengan perahu tradisional, anda juga bisa mengelilingi danau dengan perahu motor. Cukup duduk santai di perahu, kita akan dibawa berkeliling waduk. 

4. Santai Sejenak di Gazebo Rumah Jamur dan Rumah Panggung

Santai Sejenak di Gazebo via ciety77.wordpresscom

Santai Sejenak di Gazebo via ciety77.wordpress.com

Santi di gazzebo ini tentu bukan sembarang santai, karena kita akan disuguhkan pemandangan yang amazing. Sejenak kita bisa melupakan persoalan yang sedang kita hadapi. Jangan lupa juga untuk membawa camilan atau minuman ringan kesini. Biar ga garing.

5. Camping Seru

Camping Seru di Waduk Sermo via IG @Ganjar_winarno

Camping Seru di Waduk Sermo via IG @Ganjar_winarno

Suasana sore hari disini sangat eksotis sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Apalagi kalau bisa dilanjutkan bermalam disini menggunakan tenda, pasti lebih seru. 

Spot Foto di Waduk Sermo

Indahnya kawasan waduk sermo dimanfaatkan oleh pecinta fotografi untuk mengambil gambar. Bahkan banyak pula pasangan calon pengantin yang melakukan pemotretan sesi prewedding. Beberapa lokasi sering dijadikan spot foto oleh banyak orang, diantaranya:

1. Akar Liar

Akar Liar via Okezone

Akar Liar via Okezone

 Spot foto pertama yang tidak boleh dilewatkan saat berada di waduk sermo adalah akar liar.  Anda akan berfoto ditengah kano yang dilengkapi dengan dayung dan dilengkapi juga dengan sebuah panggung kecil dengan akar pohon kelapa yang bisa dipindahkan ke tempatnya.

Spot foto ini semakin unik dengan sebuah tulisan akar liar di pinggir waduk. Namun jika ada ingin menikmati spot foto ini anda perlu membayar 5 ribu rupiah kepada penduduk yang bertugas menjaga waduk

Pengambilan gambar dari atas panggung yang berbentuk kano dengan akar liar ini akan terlihat lebih indah saat matahari terbenam atau sunset dan sunrise sehingga gambar yang dihasilkan semakin baik.

2. Bukit Pethu

Bukit Pethu via Tribunnews

Bukit Pethu via Tribunnews

Di waduk sermo disediakan pula sebuah gardu pandang dan lebih dikenal dengan sebutan bukit petru. Gardu pandang di atas bukit pethu ini akan memberikan pengalaman yang tidak biasa serta anda dapat menyaksikan pemandangan yang ada di bawahnya dengan jelas dan jangan lupa mengambil beberapa jepret gambar sebagai kenang – kenangan.

Saat naik ke atas bukit disediakan tali pengaman untuk keselamatan pengunjung. Dengan view alam yang indah dijamin saat naik ke bukit pethu anda tidak akan menyesal dan enggan beranjak dari tempat tersebut.

3. Taman Bambu Air

Taman Bambu Air via Backpackerjakarta

Taman Bambu Air via Backpackerjakarta

Di bagian tengah waduk disediakan sebuah spot foto yang tidak kalah cantiknya yang sering disebut sebagai taman bambu air, dimana taman ini terbuat dari bambu dengan tong plastik dan dirangkai dari besi yang berfungsi untuk menahan taman bambu dan bobot pengujung agar tidak tenggelam.

Taman bambu di tengah waduk ini didesain sangat lengkap mulai dari saung bambu yang dilengkapi dengan lampu minyak khas tempo dulu, hingga hiasan penunjang lain seperti sepeda ontel, meja, kursi bambu, caping pak tani dan hiasan pot berisi bambu hias.

Di bagian ujung jembatan bambu yang mengapung di air terdapat spot bulan dengan icon bulan sabit yang berwarna kemerahan.

4. Taman Munggur

Taman Munggur via Solopos

Taman Munggur via Solopos

Satu lagi spot foto yang ada di ketinggian yang masih di lokasi waduk sermo yaitu taman munggur. Dari atas taman munggur anda bisa menyaksikan dengan jelas waduk sermo dan perbukitan menorah dimana kalibiru berada.

jangan sampai melewatkan dataran tinggi ini sebab ada banyak panorama alam indah yang wajib anda nikmati. Suasana romantis di atas bukit cocok sekali jika disaksikan bersama pasangan

5. Taman Pring Kuning

Taman Pring Kuning

Taman Pring Kuning via Siswapedia

Bagi pecinta fotografi yang datang ke waduk sermo belum lengkap rasanya jika belum mengambil gambar dari taman pring kuning ini.

Di taman tersedia beberapa spot cantik dan instagenik mulai dari tampir, rumah bambu hingga spot love, namun jika ada ingin masuk ke dalamnya anda harus membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Anda bisa bebas bergaya di taman ini masih dengan background alam tentunya.

6. Gumuk Sri Tinon

Gumuk Sri Tinon

Gumuk Sri Tinon di waduk sermo via Bakpiamutiarajogja

Spot foto selanjutnya yang menjadi favorit para pelancong adalah gumuk sri tinon yang merupakan gardu pandang yang dilengkapi dengan rerumputan dan pepohonan hijau. Selain itu di taman ini juga tersedia spot jembatan bambu yang eksotis yang dilengkapi dengan saung, bumi perkemahan dan aula.

7. Pulau Terapung

Pulau Terapung via IG @mbahnyong

Pulau Terapung di waduk sermo via IG @mbahnyong

Saat mengunjungi waduk sermo ternyata pengunjung yang datang bukan hanya disuguhkan pemandangan waduk yang keren namun warga sekitar juga membangun tempat – tempat yang menari yang bisa dijadikan tempat foto, salah satunya pulau terapung.

Pulau yang terbuat dari bamboo, besi sudut, dan styrofoam yang mengapung di tengah laut ini akan memberikan sensasi yang berbeda.

Namun untuk kemampuan pulau hanya sebanyak 8 orang saja, jadi ada harus bergantian dengan pengunjung yang lain. Untuk mencapai pulau anda harus menaiki sebuah perahu yang ditarik menggunakan tambang secara manual.

8. Jangkang Hill

Menikmati Pemandangan dari Jangkang Hill

Menikmati Pemandangan dari Jangkang Hill via Siswapedia

Di bukit sermo terdapat sebuah gardu pandang yang bisa digunakan untuk berfoto. Gardu pandang ini berada di ketinggian yang lumayan sehingga setiap pengunjung yang berada di atas akan melihat betapa indahnya alam yang ada di sekitar waduk sermo.

Tips Berlibur

Waduk sermo cocok sekali dikunjungi bersama keluarga. Menyaksikan pemandangan alam yang indah kurang lengkap jika tidak membawa kamera. Untuk membuat liburan semakin lengkap dan menyenangkan ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan, berikut diantaranya:

  • Mengunjungi waduk sermo anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan banyak spot – spot foto yang instagramable maka dari itu jangan sampai meninggalkan kamera anda
  • Sebelum melakukan perjalanan perhatikan terlebih dahulu kondisi di sekitar anda, jika cuaca kurang bersahabat sebaiknya tunda perjalanan anda

Demikianlah artikel jalan – jalan kita ke waduk sermo yang dibangun pada masa pemerintahan presiden soeharto. Bukan sekedar waduk biasa namun berbagai spot indah bisa anda nikmati.

Sebenarnya masih ada beberapa gardu pandang yang tidak masuk ke dalam pembahasan, pokoknya saat berkunjung dijamin seru dan anda akan rindu untuk kembali. Selamat berkunjung dan selamat menikmati hari libur anda di waduk sermo. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Taman Gardu Pandang Kaliurang Sleman

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!