Objek Wisata Taman Gardu Pandang Kaliurang Sleman

Taman Gardu Pandang Kaliurang – Siapa yang tidak mengenal kawasan kaliurang, jika Bogor memiliki daerah puncak sebagai tujuan wisata, maka kaliurang adalah puncaknya Jogja.

Suasana yang ada di dua kawasan yang berbeda ini hampir sama. Mulai dari udaranya yang dingin, sejuk dan damai, serta kawasannya yang indah, dipenuhi dengan nuansa alam yang memukau dan khas pedesaan yang belum tercemar polusi.

Kawasan kaliurang juga selalu menjadi tujuan wisata dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan sudah cukup dikenal di mancanegara.

Sejak abad ke 19 kawasan kaliurang juga selalu ramai dan menjadi tempat peristirahatan peneliti geologi dari Belanda dan keluarganya.

Selain itu kawasan ini juga merupakan lokasi dimana gunung merapi berada, gunung paling aktif di Indonesia ini memang selalu menarik perhatian dunia, baik dari bencana yang kerap kali terjadi hingga keindahannya yang memukau mata dunia.

Untuk menyaksikan panorama gunung merapi anda tidak perlu kesulitan untuk melakukan pendakian ke puncak namun ada sebuah gardu pandang yang difungsikan untuk mengamati betapa indah dan gagahnya gunung merapi.

Kawasan ini bernama taman gardu pandang kaliurang dan juga dikenal sebagai taman lampion atau disebut juga Turgo hill. Berwisata ke taman gardu pandang kaliurang pasti anda akan merasakan keseruan yang sempurna dimana pemandangan lereng dan puncak gunung merapi sangat jelas terlihat.

Gardu Pandang Merapi Kaliurang via IG @amarta_multimedia

Gardu Pandang Merapi Kaliurang via IG @amarta_multimedia

Lokasi Wisata Alam Taman Gardu Pandang Kaliurang

Untuk bisa menyaksikan betapa indahnya lereng  hingga puncak gunung merapi anda tidak perlu kesulitan melakukan pendakian hingga ke puncaknya, namun kini sudah tersedia sebuah gardu pandang dengan ketinggian yang cukup dan diberi nama taman gardu pandang kaliurang yang lokasinya berada di ketinggian sekitar 900 mdpl.

loading...

Kawasan ini tentunya cukup mudah ditemukan, karena kawasan kaliurang memang sangat populer, bukan hanya bagi warga Jogja dan sekitarnya namun juga bagi warga lain di luar daerah dan luar pulau.

Penasaran dengan lokasi gardu pandang ini sebenarnya, anda bisa langsung datang ke kawasan dusun Kaliurang, desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55582.

Wilayah ini juga tidak begitu jauh dari jantung kota jogja, dan selalu ramai dikunjungi para pelancong, jadi anda akan lebih mudah menemukan kawasan ini.

Rute Menuju Lokasi Taman

Setelah melihat lokasi taman gardu pandang kaliurang kini kita akan melanjutkan ke pembahasan mengenai medan atau rute yang harus kita lalui. Untuk rutenya sendiri cukup mudah dijangkau dan pastinya sangat nyaman di lalui, dengan pemandangan alam nan indah di kanan dan kiri jalan membuat perjalanan tidak akan membosankan.

Akan ada banyak petunjuk arah yang terpasang di pinggir jalan yang bisa anda ikuti untuk bisa sampai ke lokasi, selain itu bantuan dari google maps juga bisa membantu anda mencapai lokasi dengan mudah.

Perjalanan dari pusat kota ke kaliurang juga tidak begitu jauh, hanya berjarak sekitar 26,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit hingga 1 jam

Perjalanan akan kita mulai dari pusat kota jogja kemudian melanjutkan kearah barat kemudian kearah kanan menuju ke jalan magelang kemudian lanjukan menuju ke bundaran.

Kemudian melanjutkan perjalanan hingga menemukan perempatan lalu belok ke kanan menuju ke jalan gito gati sekitar 900 meter, setelah itu jalan lurus terus hingga menemukan pertigaan lalu belok ke kiri menuju ke jalan griya taman asri, setelah itu menuju ke jalan jogja menuju ke jalan turi.

Palagan tentara pelajar, kemudian sesampainya di persimpangan silahkan belok ke kanan menuju ke jalan boyong, setelah itu jalan lurus terus sampai di perempatan  lalu belok ke kiri menuju ke jalan Astorenggo, kemudian belok ke kiri.

Setelah sampai di pertigaan silahkan belok ke kanan, kemudian ikuti jalan utama sejauh beberapa kilometer hingga anda menemukan lokasi wisata yang dituju yaitu taman gardu pandang kaliurang.

Turgo Hill via IG @lutvianidasusanti

Turgo Hill via IG @lutvianidasusanti

Harga Tiket Masuk Taman Gardu Pandang Kaliurang

Meski tergolong sebagai wisata yang memberikan beragam keindahan dengan panorama gunung yang tidak biasa namun wisata gardu pandang ini bisa dinikmati dengan harga tiket yang relatif murah.

Tempat ini cocok sekali untuk wisatawan yang minim dana karena memang harga tiketnya sangat bersahabat di kantong. Untuk bisa masuk ke taman gardu pandang kaliurang ini anda hanya perlu membayar 5 ribu rupiah untuk orang dewasa sedangkan untuk anak – anak hanya perlu membayar 3 ribu rupiah saja.

Untuk pengunjung yang datang mengendarai sepeda motor atau mobil harus membayar biaya tambahan yaitu biaya tiket parkir yang dibandrol dengan harga yang juga sangat murah.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah sedangkan untuk kendaraan roda empat cukup membayar 5 ribu rupiah. Dengan harga segitu pastinya tidak akan membuat kantong anda kering

Fasilitas Penunjang yang Tersedia

Untuk fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam taman gardu pandang kaliurang juga sudah cukup memadai dan bisa membuat pengunjung merasa nyaman berikut beberapa fasilitas yang ada di kawasan ini, diantaranya:

  • Lahan parkir yang cukup luas dan dijaga oleh beberapa petugas yang akan mengamankan kendaraan pribadi yang anda bawa
  • Tempat sampah terlihat di lokasi ini untuk pengunjung yang ingin membuang sampah
  • Toilet umum juga tersedia untuk pengunjung datang agar pengunjung yang datang merasa lebih nyaman
  • Mushola khusus dibuat untuk pengunjung muslim yang ingin menunaikan ibadah sholat
  • Warung makan yang dikelola oleh warga sekitar juga menyediakan menu local yang cukup lengkap. Untuk rasa yang ditawarkan pastinya sangat menggugah selera selain itu harga untuk tiap porsinya juga tidak begitu mahal. Selain itu tersedia pula minuman hangat untuk membantu menghangatkan tubuh anda
  • Gardu pandang yang tersedia di sini berjumlah 3 buah. Setiap gardu pandangnya dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin melihat lebih jelas panorama gunung merapi dan keindahan alam di sekitarnya. Dari atas gardu pandang hasil foto yang diambil juga akan lebih bagus dan cantik.
  • Wahana permainan ternyata juga turut meramaikan taman hiburan ini. Wahana permainan yang ada bisa untuk mengusir kebosanan anak – anak. Beberapa wahana permainan yang tersedia, mulai dari perosotan, bianglala, jungkat – jungkit, dan masih banyak lagi. jadi anda bisa bermain di wahana permainan sambil menikmati betapa indahnya alam sekitar kita.
Pemandangan Sore Hari Taman Gardu Pandang via Tripadvisor

Pemandangan Sore Hari Taman Gardu Pandang via Tripadvisor

Menyaksikan Gunung Merapi Nan Eksotis

Wisata alam taman gardu pandang kaliurang selalu menarik minat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara karena penasaran dengan keindahan alam yang ada di sekitarnya.

Sungguh sebuah anugerah yang tidak terhingga dari Tuhan, dimana lagi kita bisa meragukan keagungan tuhan dalam menciptakan alam semesta yang sempurna ini.

Salah satu tempat yang paling cocok untuk menyaksikan keindahan alam tersebut adalah dari atas gardu pandang Kaliurang

Kita akan menyusuri jalanan kota jogja menuju kabupaten Sleman. berawal dari jejeran gedung bertingkat hingga sampai di wilayah dengan hamparan sawah nan hijau menandakan perjalanan anda akan segera berakhir di taman gardu pandang Kaliurang.

Selain melihat hamparan sawah nan menyejukkan mata, pengunjung juga akan melihat betapa indahnya pemandangan yang ada di kanan dan kiri jalan.

Terlihat pepohonan yang tumbuh rimbun menjadikan udara yang ada sangat sejuk karena dedaunan hijau menghasilkan oksigen.

Menuju kawasan kaliurang yang ada di sekitar lereng merapi bukanlah lokasi yang sulit ditemukan, sebab kawasan ini sangatlah populer di kalangan traveler. Selain itu di kawasan ini juga banyak sekali terdapat destinasi alam yang keren dengan pemandangan alam yang mempesona.

Namun rute yang akan dilalui didominasi oleh tanjakan, maka dari itu anda harus benar – benar mempersiapkan kendaraan anda jika ingin melakukan perjalanan ke kaliurang dan pastinya harus ekstra hati – hati.

Sesampainya di lokasi wisata Taman gardu pandang kaliurang memiliki keindahan yang sangat beragam. Destinasi wisata alam yang sejuk dan asri dengan view gunung merapi, perbukitan, pepohonan yang rindang, dan lembah – lembah yang menarik sehingga tempat wisata ini membuat kita merasa betah saat berada di lokasi wisata. Liburan juga akan semakin seru saat anda mengajak keluarga dan orang terdekat.

Pada zaman dahulu sekitar abad ke 19 kawasan Kaliurang ini difungsikan sebagai tempat peristirahatan para ahli geologi Belanda dan keluarganya.

Maka kawasan ini memang sudah ramai dikunjungi sejak dulu. Dengan bermunculnya kawasan wisata anyar membuat kawasan ini semakin ramai dan populer, salah satunya adalah taman gardu pandang Kaliurang.

Kawasan ini berada di dataran tinggi sekitar 900 mdpl membuat udara sejuk selalu menyelimuti kawasan ini, sehingga setiap pengunjung yang datang sebaiknya menggunakan baju hangat seperti jaket atau sweater.

Taman gardu pandang Kaliurang bukan hanya memberikan kesejukan bagi siapa saja yang datang dan bisa menjadi terapi relaksasi yang baik namun juga sudah sejak dulu menjadi tempat untuk mengamati panorama gunung merapi dari kejauhan.

Anda bisa melihat betapa indahnya kawasan gunung merapi tanpa harus melakukan pendakian ke puncak merapi. Kawasan ini juga sering kali dijadikan tempat untuk menyaksikan sunrise di pagi hari.

Akan terlihat indahnya pemandangan pagi hari saat mentari beranjak pergi dan terlihat pula kabut putih tipis menyelimuti lembah seakan kita sedang berada di negeri atas awan.

Panorama indah ini akan semakin sempurna saat anda mengambil beberapa jepret foto dan bisa juga dijadikan background foto selfie, dengan hasil gambar yang pastinya memukau.

Kawasan ini juga sering dijadikan tempat camping para mahasiswa dan para pecinta alam yang ingin merasakan berkemah di lereng gunung merapi. Pemandangan senja di kawasan ini juga tidak boleh dilewatkan.

Terlihat langit senja yang memukau dengan warna jingga keemasan di antara gunung membuat suasana terasa romantis. Menyaksikan momen sunset dari atas gardu pandang cocok sekali jika bersama pasangan. Dari atas gardu pandang ini pemandangan alam yang akan terlihat lebih memukau.

Pesona Taman Lampion Kaliurang

Taman gardu pandang kaliurang sejak tahun 2014 ditambah namanya menjadi taman lampion dan pastinya semakin menarik minat wisatawan.

Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang via IG @chandraant

Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang via IG @chandraantv

Pada malam tahun baru atau malam pergantian tahun kawasan ini semakin ramai dikunjungi karena mereka ingin menyaksikan festival of light (FOL).  Festival diadakan pada malam hari dengan ribuan lampion dan lampu – lampu cantik dengan berbagai tema menghiasi gardu pandang.

Festival lampion juga semakin dimeriahkan dengan adanya atraksi dancing fame fountain show atau air mancur menari yang sangat memukau. Para pengunjung yang datang tidak ingin melewatkan momen special yang diadakan setahun sekali tersebut.

Dancing Fame Fountain Show via IG @rahmaluphe

Dancing Fame Fountain Show via IG @rahmaluphe

Lampion yang dipasang memiliki aneka bentuk dan warna yang memukau. Dijamin saat anda berkunjung akan betah berlama – lama di kawasan ini dan selalu rindu ingin berkunjung.

Tips Berlibur

Berwisata ke taman gardu pandang Kaliurang memang dijamin seru dan membuat kita betah berlama – lama di tempat tersebut. namun untuk menyempurnakan liburan kali ini ada beberapa tips berlibur yang perlu anda perhatikan, diantaranya:

  • Pastikan saat berlibur ke kawasan ini anda membawa serta kamera dengan kualitas gambar yang baik karena kawasan ini dipenuhi dengan spot – spot foto yang memukau, seperti indahnya lembah – lembah yang ada, serta hanya gunung merapi yang pastinya sayang sekali dilewatkan.
  • Kawasan ini berada di dataran tinggi dan sering sekali dijuluki sebagai puncaknya kota jogja maka sudah sangat jelas jika udara yang ada sangat dingin, dan angin yang bertiup kencang, maka dari itu pastikan anda memakai baju hangat seperti jaket atau sweater.
  • Pastikan anda membawa perbekalan liburan seperti bekal makanan dan minuman, obat – obatan, tissue, dan masih banyak lagi selain itu pakai juga alas kaki yang nyaman saat melakukan perjalanan ke taman gardu kaliurang

****

Itu tadi sedikit informasi mengenai keseruan dan keistimewaan taman gardu pandang kaliurang yang ada di lereng gunung merapi. Tidak heran jika gardu pandang ini dijadikan tempat untuk mengamati betapa indahnya gunung merapi. Selain itu keseruan festival lampion dan air mancur juga tidak boleh anda lewatkan.

Tunggu apa lagi, segera kunjungi dan saksikan keseruan di taman gardu pandang kaliurang bersama keluarga. Selamat menikmati liburan anda. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Alam Spot Riyadi Sleman

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!