38 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Terbaik

Tempat Wisata di Sleman – Mayoritas sobat travelers pasti sudah tidak asing lagi dengan Yogyakarta bukan? Nah, tidak jauh dari Kota Pendidikan ini, ada sebuah wilayah kabupaten yang tidak kalah menarik untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Nama kabupaten tersebut adalah Kabupaten Sleman.

Kabupaten Sleman merupakan 1 dari 4 wilayah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang sangat kaya akan objek wisata. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Yogyakarta ini memiliki daya tarik utama berupa objek wisata sejarah dan objek wisata alam pegunungan.

Karena jumlah objek wisatanya yang luar biasa banyak dan letak geografisnya yang sangat strategis, di hari libur dan akhir pekan, Kabupaten Sleman selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Dari mulai wisatawan lokal sampai dengan wisatawan manca negara, semuanya berbondong – bondong datang ke Kabupaten ini hanya untuk menikmati keindahan alam dan objek wisata sejarahnya.

Bagi para pecinta wisata kuliner, Sleman juga sangat kaya akan objek wisata kuliner khas Yogyakarta lho! Berbagai macam olahan kuliner khas Yogyakarta seperti Gudeg, Nasi Kucing, Magelangan, sampai dengan Sate Klatak, semuanya bisa didapatkan dengan cukup mudah di kabupaten ini.

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Jika saat ini Anda sedang merencanakan aktivitas liburan, Anda kami sarankan untuk turut memasukkan kabupaten ini ke dalam list kabupaten tujuan wisata Anda.

Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta

Berikut merupakan beberapa objek wisata di Sleman Yogyakarta yang menarik untuk disambangi saat liburan:

1. Candi Prambanan

Lokasi: Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Tiket Masuk: Rp. 40.000

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata populer di Sleman Yogyakarta yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung.Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa Candi Hindu kuno yang sarat akan cerita legenda.

Menurut catatan sejarah, candi yang telah diganjari dengan gelar “situs warisan dunia” oleh UNESCO ini sudah ada sejak abad ke – 9 masehi. Hebatnya, walaupun usianya sudah lebih dari 1000 tahun, bangunan candi ini masih berdiri kokohsampai sekarang.

Di dunia pariwisata sendiri, Candi Prambanan telah lama menjadi salah satu ikon dari Kota Yogyakarta. Konon, sangking terkenalnya objek wisata ini di kalangan wisatawan, banyak orang yang menganggap bahwa jalan – jalan ke Yogyakarta masih belum dianggap sah jika belum singgah ke candi ini.

Lokasi Candi Prambanan ada di Kabupaten Sleman, tepatnya di Daerah Krangan, Bokoharjo. Objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pagi hingga sore. Di waktu – waktu tertentu, terutama saat ada event khusus, jam operasionalnya terkadang diperpanjang hingga malam hari.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, pengunjung harus menyediakan kocek sebesar Rp. 40.000. Kocek tersebut hanya berlaku untuk wisatawan lokal lho ya! Khusus untuk wisatawan mancanegara, tiket masuk yang ditetapkan cenderung jauh lebih mahal.

2. Candi Ratu Boko

Lokasi: Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kab. Sleman, DIY

Tiket Masuk: Rp. 40.000

Candi Ratu Boko via @event_tourorganizer

Candi Ratu Boko via @event_tourorganizer

Sempat menonton film Ada Apa Dengan Cinta 2? Nah, objek wisata ini merupakan salah satu tempat pengambilan film yang dibintangi oleh Nicolas Saputra dan Dian Sastro tersebut.

Lokasi Candi Ratu Boko tidak begitu jauh dari Candi Prambanan. Menurut catatan sejarah, Candi ini dulunya merupakan kawasan kerajaan Ratu Boko. Ratu Boko sendiri kabarnya adalah ayah dari Roro Jonggrang.

Jika dibandingkan dengan Candi Prambanan, kemegahan Candi Ratu Boko memang terkesan tidak ada apa – apanya.

Beberapa bagian kompleks candi ini banyak yang sudah mengalami kerusakan. Kabarnya, kerusakan tersebut ditengari oleh aktivitas perang di era kerajaan, mengingat kompleks candi ini dulunya adalah kawasan Benteng Kerajaan.

Lokasi objek wisata Candi Ratu Boko ada di daerah Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kab. Sleman, DIY. Jika Anda berangkat dari kompleks Candi Prambanan, objek wisata ini hanya berjarak sekitar 3 km dan dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Di hari normal, objek wisata ini buka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Jika Anda ingin berkunjung ke candi ini, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di pagi hari atau di sore hari, yaitu ketika matahari tidak terlalu terik.

Bagaimana? Tertarik untuk singgah ke objek wisata ini? Jika ya, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp. 40.000 sebagai biaya tiket masuk.

3. Candi Kalasan

Lokasi: Desa Kalasan, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DIY

Tiket Masuk: Rp. 2.000 dewasa, Rp. 1.000 anak-anak

Candi Kalasan via @iyanfebriantoo

Candi Kalasan via @iyanfebriantoo

Masih di sekitar daerah Prambanan, ada satu lagi objek wisata berbentuk candi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Nama candi tersebut adalah Candi Kalasan.

Bila dibandingkan dengan objek wisata candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, popularitas Candi Kalasan memang kalah telak. Walaupun begitu, bukan berarti objek wisata ini tidak menarik dan tidak layak untuk dikunjungi lho ya!

Bahkan, di waktu – waktu tertentu, Candi Kalasan terkadang malah cenderung jauh lebih “nikmat” untuk dikunjungi ketimbang Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Kenapa? Karena di waktu – waktu tertentu, terutama saat musim liburan, objek wisata Candi Prambanan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Nah, di waktu tersebut, dari pada berkunjung ke Prambanan, Anda lebih baik berkunjung ke Candi Kalasan yang tidak terlalu ramai.

Menurut catatan sejarah sendiri, Candi Kalasan merupakan bangunan candi tertua di Yogyakarta. Jadi, jika Anda merupakan tipikal travelers yang hobi mempelajari dan mendalami sejarah, objek wisata ini wajib Anda masukkan ke dalam list kunjungan wisata Anda selama berada di Sleman.

Lokasi Candi Kalasan ada di Desa Kalasan, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DIY.

Untuk masuk ke lokasi candi ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Untuk orang dewasa, tiket masuknya ditetapkan sebesar Rp. 2.000, sedangkan untuk anak – anak, tiket masuknya ditetapkan sebesar Rp. 1.000 saja.

Sangat murah bukan?

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

4. Candi Ijo

Lokasi: Desa Sambierjo, Kec. Prambanan, Kab Sleman

Tiket Masuk: Rp. 5000

Candi Ijo via @jack.vacation

Candi Ijo via @jack.vacation

Tempat wisata di Sleman yang selanjutnya adalah Candi Ijo. Candi Ijo berlokasi di Desa Sambierjo, Kec. Prambanan, Kab Sleman.

Candi ini didirikan di kisaran abad ke 7 sampai dengan 8 masehi dan masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Jika dilihat sekilas, Candi Ijo memiliki bentuk yang mirip dengan Candi Prambanan dan Candi Kalasan. Bedanya, ukuran candi ini jauh lebih kecil dari Candi Prambanan. Selain itu, jumlah bangunan candinya pun juga relatif jauh lebih sedikit.

Sama seperti beberapa objek wisata candi yang sebelumnya, objek wisata Candi Ijo juga beroperasi setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore.

Tiket masuk ke objek wisata ini tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 saja per orang.

5. Candi Sari

Lokasi: Dusun Bendan, Desa Tirtamartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Yogyakarta

Tiket Masuk: Rp. 2000

Candi Sari via @hansmaulana88

Candi Sari via @hansmaulana88

Candi sari merupakan candi unik peninggalan kerajaan Buddha yang didirikan di kisaran abad ke 8 Masehi. Jadi ini merupakan candi peninggalan Agama Buddha. Dulunya bangunan candi ini merupakan vihara tempat tinggal para biksu.

Karena fungsinya tersebut, bangunan candi ini memiliki bentuk yang agak berbeda dengan beberapa bangunan candi yang sebelumnya.

Jika beberapa bangunan candi yang sebelumnya cenderung tidak memiliki ruangan, bangunan candi ini memiliki ruangan yang terbagi atas sekat – sekat.

Lokasi Candi Sari ada di Dusun Bendan, Desa Tirtamartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Candi ini dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pagi hingga sore dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 2.000 per orang.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Alam Telaga Biru Jogja Nan Eksotis

6. Desa Wisata Kaliurang

Lokasi: Kaliurang, Sleman

Tiket Masuk: –

Desa Wisata Kaliurang Outbound-Jogja

Desa Wisata Kaliurang Outbound-Jogja

Tempat wisata di Sleman yang selanjutnya adalah Desa Wisata Kaliurang. Desa Wisata Kaliurang merupakan desa wisata yang terletak tepat di bawah kaki gunung Merapi.

Di desa wisata ini Anda dapat menikmati banyak aktivitas wisata menarik. Dari mulai berkendara dengan sepeda motor trail, berkendara dengan mobil off road, sampai dengan melihat indahnya puncak gunung merapi, semuanya bisa Anda lakukan dari desa ini.

Karena terletak di dataran tinggi, Desa Wisata Kaliurang memiliki suhu udara yang sejuk. Untuk itu, jika Anda ingin berkunjung ke desa wisata ini, Anda kami sarankan untuk mengenakan pakaian yang agak tebal.

7. Sendratari Ramayana

LokasiKawasan Candi Prambanan, Jl Jogja-Solo Km 16, Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta

Tiket Masuk: Rp40.000 – Rp375.000/di panggung terbuka, Rp40.000 – Rp275.000/di panggung tertutup 

Sendratari Ramayana via Gemza

Sendratari Ramayana via Gemza

Khusus untuk Anda para pecinta dunia seni, terutama seni tari, saat berlibur ke Kabupaten Sleman jangan lupa untuk singgah ke objek wisata yang satu ini.

Di objek wisata ini, Anda dapat menikmati pertunjukan seni tari yang menceritakan kisah hidup Ramayana.

Jika kondisi cuaca sedang bagus, pertunjukan Sendratari Ramayana akan digelar di panggung terbuka yang berlokasi tidak jauh dari Kawasan Candi Prambanan.

Namun jika kondisi cuacanya sedang tidak bersahabat, lokasi pertunjukan akan dipindah ke Gedung Trimurti.

8. Objek Wisata Monumen Jogja Kembali (Monjali)

LokasiJl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket Masuk: Rp.10.000

Objek Wisata Monumen Jogja Kembali (Monjali) via @faridtamaa

Objek Wisata Monumen Jogja Kembali (Monjali) via @faridtamaa

Tempat wisata di Sleman yang selanjutnya adalah Monumen Jogja Kembali.

Monumen Jogja Kembali yang sering disingkat dengan Monjali merupakan monumen khusus yang didirikan untuk mengingat jasa para pahlawan yang gugur dalam Serangan umum 1 Maret 1949.

Pada waktu itu, Yogyakarta yang berstatus sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia tengah diserang oleh pasukan Belanda yang tengah berupaya untuk kembalimenjajah Indonesia.

Dengan perjuangan para pahlawan, pasukan Belanda berhasil dipukul mundur, dan Yogyakarta akhirnya kembali menjadi kekuasaan Republik Indonesia.

Saat ini, selain difungsikan sebagai monumen untuk mengingat jasa para pahlawan, Monjali juga turut dijadikan sebagai objek wisata yang terbuka untuk umum

Di hari normal, objek wisata ini buka dari mulai hari Selasa sampai Minggu pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore. Biaya tiket masuknya tergolong cukup terjangkau, yaitu hanya Rp. 10.000 saja per orang.

9. Museum Affandi

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 25,000 IDR untuk dewasa, 10,000 untuk anak-anak, 50,000 IDR untuk wisatawan asing.

Museum Affandi via @berandajogja

Museum Affandi via @berandajogja

Pernah dengar nama Affandi? Bapak Affandi merupakan salah satu seniman hebat asal Cirebon yang terkenal berkat karya – karyanya yang sangat memukau.

Nah, untuk mempermudah wisatawan untuk menikmati karya seni beliau, dibuatlah Museum Affandi yang difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan sekaligus memajang berbagai karya seni buatan Affandi.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 250 lukisan yang bisa dinikmati oleh pengunjung museum ini. Dari mulai lukisan yang bertema oriental, sampai dengan lukisan yang bertema percintaan dan sarat akan romantisme, semuanya bisa ditemui di museum ini.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, lokasi objek wisata ini ada di pinggir Sungai Gajah Wong. Dari Bandara Adi Sucipto, lokasinya dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa menit saja.

10. Objek Wisata Kali Kuning

Lokasi: Kec. Cangkringan, Kab. Sleman

Tiket Masuk: –

Objek Wisata Kali Kuning via Tribunnews

Objek Wisata Kali Kuning via Tribunnews

Kembali ke daerah kaki Gunung Merapi, ada objek wisata Kali Kuning yang menawarkan daya tarik utama berupa panorama alam gersang yang menjadi saksi bisu dahsyatnya letusan Gunung Merapi.

Objek wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk melaksanakan camping santai bersama dengan keluarga dan kerabat.

Selain itu, karena panorama alamnya tergolong unik dan eksotis, objek wisata ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk melakukan hunting foto.

Di kalangan masyarakat Jogja dan sekitarnya sendiri, objek wisata ini sering dijadikan sebagai spot untuk melakukan pengambilan foto pra wedding.

Lokasi Objek Wisata Kali Kuning ada di bagian sebelah timur objek wisata Kaliurang, yaitu di Kec. Cangkringan, Kab. Sleman.

Karena berbentuk alam terbuka, objek wisata ini dapat dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar tiket masuk atau pun retribusi apa pun sama sekali.

11. Museum Gunung Merapi

Lokasi: Desa Harjobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta

Tiket Masuk: –

Museum Gunung Merapi via @khusumanusa

Museum Gunung Merapi via @khusumanusa

Ingin mengetahui seperti apa jejak – jejak cerita saat Gunung Merapi meletus di Tahun 2010 silam? Jika ya, Anda dapat berkunjung ke museum ini.

Di museum ini Anda dapat melihat beranekaragam hal yang terkait dengan tragedi Gunung Merapi.

Dari mulai foto – foto, sampai dengan benda pribadi milik Mbah Marijan (Juru Kunci Gunung Merapi), semuanya bisa Anda temukan di museum ini.

Jika Anda ingin berkunjung ke museum ini, lokasinya ada di Desa Harjobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Dari daerah Kaliurang, objek wisata ini hanya berjarak sekitar 5 km dan dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

12. Museum Ullen Sentalu

Lokasi: Jl. Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 30,000 IDR untuk dewasa dan 15,000 IDR untuk anak-anak

Museum Ullen Sentalu via Liburananak

Museum Ullen Sentalu via Liburananak

Tempat wisata di Sleman yang selanjutnya adalah Museum Ullen Sentalu. Museeum Ullen Sentalu merupakan museum yang didirikan untuk menyimpan berbagai macam benda bersejarah peninggalan kerajaan Mataram.

Di museum ini, Anda dapat melihat beranekaragam benda berharga peninggalan Dinasti Kerajaan Mataram yang terdiri atas kain batik, arca, perlengkapan perang, dll.

Berbeda dengan objek wisata Museum Merapi yang mudah dijangkau, Museum Ullen Sentalu ini relatif agak tersembunyi.

Bangunan museumnya sendiri tergolong sangat luas dan berliku – liku. Agar tidak tersesat, saat berkunjung ke Museum ini, Anda kami sarankan untuk menggunakan jasa guide yang banyak tersedia di sana.

Lokasi Museum Ullen Sentalu ada di daerah Kaliurang.

Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, Anda harus mengetahui aturan penting yang diberlakukan oleh pihak pengelola, yaitu terkait larangan untuk mengambil foto dan video oleh pengunjung.

Kalaupun Anda ingin mengambil foto, Anda hanya diperbolehkan untuk mengambil foto di bagian luarnya saja. Di bagian ini, ada sebuah spot unik yang sangat pas untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto, yaitu sebuah tembok arca miring yang berisi pahatan patung.

13. Kinahrejo

Lokasi: Desa Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DIY

Tiket Masuk: –

Kinahrejo via Jogjasuper

Kinahrejo via Jogjasuper

Kinahrejo merupakan nama sebuah dusun yang terletak di kaki Gunung Merapi. Dusun ini dianggap spesial karena merupakan dusun tempat Mbah Marijan yang merupakan juru kunci Gunung Merapi tinggal.

Saat Gunung Merapi meletus pada Tahun 2010 silam, dusun ini sempat hancur dan rata dengan tanah. Saat ini, sekitar 8 tahun setelahnya, dusun ini telah pulih dan dinttinggali soleh masyarakat seperti biasa.

Salah satu bagian paling menarik yang bisa Anda sambangi saat berkunjung ke dusun ini adalah bangunan rumah milik Mbah Marijan.

Di bangunan rumah tersebut, Anda dapat melihat sisa lava yang telah menumpuk dan mengeras beserta dengan tumpukan barang – barang yang telah rusak karena terpapar lava dan debu panas.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, lokasinya ada di Desa Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DIY.

Di hari normal dusun ini dapat dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

14. Goa Jepang

Lokasi: Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Sleman, Yogyakarta

Tiket Masuk: –

Goa Jepang

Goa Jepang via 17sekians

Tempat wisata di Sleman yang selanjutnya adalah Goa Jepang. Goa jepang berlokasi di Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Sleman, Yogyakarta.

Goa ini dulunya merupakan bunker pertahanan pasukan Jepang yang dimanfaatkan sebagai tempat sembunyi dari pasukan Sekutu.

Secara total, ada sekitar 25 Goa Jepang yang berlokasi Di Sleman.

Seluruh Goa tersebut saat ini sudah tidak lagi difungsikan sebagai tempat untuk bersembunyi dan dapat dikunjungi kapan saja oleh wisatawan umum.

15. Blue Lagoon Jogja

Lokasi: Area Sawah, Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 3,000 IDR per orang

Blue Lagoon Jogja via Info-jogja

Blue Lagoon Jogja via Info-jogja

Berbeda dengan Kecamatan Bantul dan Kulon Progo, Kecamatan Sleman tidak memiliki area pantai sama sekali. Untuk itu, saat berkunjung ke Sleman, jangan harap Anda bisa berenang atau berjemur di pantai layaknya ketika sedang berkunjung ke Bantul dan Kulon Progo.

Namun tenang saja, jika untuk sekedar berenang, Sleman memiliki objek wisata Blue Lagoon yang terkenal akan aliran airnya yang jernih dan segar.

Di objek wisata ini Anda dapat berenang sembari bersantai untuk menikmati sejuknya alam sekitar.

Selain itu, karena aliran air di objek wisata ini benar – benar sangat jernih, jika mau Anda juga bisa mengambil foto underwater untuk dipamerkan di sosial media.

Sangat keren bukan?

Tempat wisata baru di Sleman Yogyakarta ini berlokasi di Area Sawah, Desa Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DIY. Di hari normal, objek wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Untuk masuk, pengunjung harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Biaya tiket masuk tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan lho ya!

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di musim kemarau.

Di musim kemarau, aliran airnya biasanya cenderung lebih jernih ketimbang saat musim penghujan, sehingga bisa lebih “dinikmati”.

16. Jogja Bay Waterpark

Lokasi: Jl. Utara Stadion Waguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman Yogyakarta

Tiket Masuk: Rp.80.000

Jogja Bay Waterpark via @galaxykyung

Jogja Bay Waterpark via @galaxykyung

Jogja Bay Waterpark merupakan tempat wisata keluarga di Sleman Yogyakarta yang menawarkan daya tarik utama berupa wahana permainan air.

Di waterpark ini Anda dapat menikmati sekitar 19 wahana permainan air yang cukup menantang.

Dari mulai perosotan, ember tumpah, sampai dengan air berombak, semuanya bisa ditemui di objek wisata ini.

Untuk wahana ombaknya sendiri, objek wisata ini menawarkan 8 jenis ombak besar yang ditujukan untuk kalangan usia yang berbeda – beda.

Bagaimana? Sangat menarik bukan?

Lokasi objek wisata Jogja Bay Waterpark ada di daerah Maguwoharjo, tepatnya di Jl. Utara Stadion Waguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman Yogyakarta.

Objek wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Untuk bisa masuk ke objek wisata berbentuk waterpark ini, Anda harus merogoh kocek agak dalam, yaitu sebesar Rp. 80.000.

17. Kampung Teletubbies

Lokasi: Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kec. Prambanan, Sleman, DIY

Tiket Masuk: –

Kampung Teletubbies via Hipwee

Kampung Teletubbies via Hipwee

Anda yang lahir di kisaran Tahun 90 – an pasti tidak asing dengan Serial Teletubbies bukan?

Nah, saat liburan di Sleman, Anda bisa berkunjung ke objek wisata Kampung Teletubbies yang dekorasinya terinspirasi dari serial televisi Teletubbies.

Di kampung ini, Anda bisa menemui berbagai macam spot menarik yang bagus untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto, seperti salah satunya adalah Bukit Teletubbies (rumah dome / kubah yang mirip dengan bukit).

Lokasi objek wisata Kampung Teletubbies ada di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kec. Prambanan, Sleman, DIY.

Karena objek wisata ini berbentuk kampung, objek wisata ini dapat dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

18. Batu Alien Cangkringan

Lokasi: Dusun Jambu, Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DIY

Tiket Masuk: –

Batu Alien Cangkringan via jeeplavatour

Batu Alien Cangkringan via jeeplavatour

Kembali ke Daerah Cangkringan, ada objek wisata Batu Alien Cangkringan yang juga tidak kalah menarik untuk disambangi.

Objek wisata ini dinamai objek wisata Batu Alien karena keberadaan sebongkah batu yang berbentuk aneh dan diyakini sebagai peninggalan alien.

Secara keseluruhan, tidak banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini.

Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini biasanya hanya singgah sejenak untuk berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi yang dapat terlihat dengan jelas dari sini.

Lokasi objek wisata Batu Alien Cangkringan ada di Dusun Jambu, Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DIY.

Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat kemarau, yaitu ketika Gunung Merapi dapat terlihat dengan jelas tanpa tertutup awan dan kabut sama sekali.

19. Stonehenge Cangkringan

Lokasi: Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DIY

Tiket Masuk: –

Stonehenge Cangkringan via @triheruwiyono_

Stonehenge Cangkringan via @triheruwiyono_

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Stonehenge yang ada di Inggris bukan?

Nah, saat berlibur ke Sleman, Anda dapat berkunjung ke objek wisata sejenis yang oleh pengelolanya diberi nama serupa, yaitu Stonehenge Cangkringan.

Di objek wisata ini, Anda dapat berfoto dengan latar belakang bebatuan raksasa yang telah disusun sedemikian rupa sehingga terlihat seperti panorama Stonehenge di Inggris.

Di hari normal, objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pagi hingga petang.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke sini, lokasinya ada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DIY.

20. Bukit Klangon Merapi

Lokasi: Desa Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DIY

Tiket Masuk: –

Bukit Klangon Merapi via @adik_prastyo_w

Bukit Klangon Merapi via @adik_prastyo_w

Ingin berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi yang terlihat dengan jelas? Jika ya, Anda dapat singgah ke objek wisata Bukit Klangon Merapi yang berlokasi di Desa Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DIY.

Dari bukit ini, Anda dapat melihat secara langsung mulut gunung Merapi yang pernah memuntahkan material lava pada Tahun 2010 silam.

Jika dibandingkan dengan beberapa objek wisata yang sebelumnya, objek wisata ini sebenarnya masih tergolong baru. Walaupun begitu, fasilitasnya sudah tergolong cukup lengkap.

Dari mulai tempat berteduh, sampai dengan gardu pandang, semuanya telah tersedia dan dapat digunakan oleh pengunjung.

Di hari libur dan akhir pekan, wilayah bukit ini sering dijadikan sebagai spot untuk berkemah.

Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, di hari normal, objek wisata ini beroperasi setiap hari selama 24 jam non stop.

21. Tebing Breksi

Lokasi: Desa Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, DIY.
Tiket: Gratis, kamu hanya dibebani retribusi parkir kendaraan
Tebing Breksi via @avoy_octaviani

Tebing Breksi via @avoy_octaviani

Jika Kec. Bangkalan memiliki objek wisata Bukit Jaddih, Kec. Sleman memiliki objek wisata Tebing Breksi yang juga berasal dari sisa tambang kapur.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa panorama alam dari atas ketinggian dan keindahan seni pahat di bukit kapuryang sangat memukau.

Saat berada di objek wisata ini, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas wisata menarik, seperti bersantai sembari menikmati indahnya panorama sunset di sore hari, berfoto dengan latar belakang bukit kapur dan seni pahatan yang ada di sekitarnya, dll.

Lokasi objek wisata Tebing Breksi ada di Desa Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, Anda dapat mengunjunginya kapan saja selama 24 jam non stop.

22. Trans Studio Mini Jogja

Lokasi: Jl. Raya Solo Km 8, No. 234, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI

Tiket Masuk: –

Trans Studio Mini Jogja via @transmartjogja

Trans Studio Mini Jogja via @transmartjogja

Tempat wisata keluarga di Sleman Yogyakarta yang satu ini sebenarnya masih tergolong baru.

Walaupun begitu, karena animo masyarakat terhadap objek wisata ini yang sangat luar biasa, objek wisata ini langsung berhasil menjadi salah satu objek wisata populer di kalangan wisatawan lokal.

Di sini, Anda dapat menikmati beranekaragam wahana permainan yang sangat menarik.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang patung dinosaurus dan lukisan berbentuk kompleks gedung.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, lokasi Trans Studio Mini Jogja ada di Jl. Raya Solo Km 8, No. 234, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY.

23. Tlogo Putri Kaliurang

Lokasi: Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DIY

Tiket Masuk: –

Tlogo Putri Kaliurang via @horo_photography

Tlogo Putri Kaliurang via @horo_photography

Tempat wisata di Sleman Yogyakarta yang selanjutnya adalah Tlogo Putri Kaliurang.

Tlogo Putri Kaliurang berlokasi di Daerah Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DIY.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa telaga yang dilengkapi pemandangan alam terbuka hijau yang sangat eksotis.

Kondisi alam di sekitar telaga ini masih terjaga dengan baik. Udaranya masih terasa sangat segar dengan kondisi lingkungan yang sangat bersih.

Biasanya, objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal di waktu libur dan akhir pekan untuk sekedar melepas penat setelah bekerja sepanjang pekan sebelumnya.

24. Lava Tour Merapi

Lokasi: Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Sleman, DIY

Tiket: 350,000 IDR per jeep untuk rute pendek, 450,000 IDR per jeep untuk rute menengah dan 650,000 IDR untuk rute panjang.

Lava Tour Merapi via @krisnaharja

Lava Tour Merapi via @krisnaharja

Kembali ke daerah Cangkringan, ada objek wisata Lava Tour Merapi yang menawarkan pengalaman wisata penuh tantangan.

Di tour ini, Anda akan diajak untuk berkeliling kaki gunung merapi selama beberapa jam dengan menggunakan kendaraan berupa mobil off road.

Untuk memacu adrenalin para pengunjung, penglola tour ini menyediakan paket khusus tour dini hari. Paket tour ini dimulai dari dini hari dan dimaksudkan untuk mengajak wisatawan untuk menikmati indahnya sunrise dari kaki Gunung Merapi.

Walaupun pengalaman wisata yang ditawarkan tour ini sangat mengasyikkan, namun untuk menikmatinya Anda harus rela mengeluarkan kocek yang agak dalam, yaitu mencapai ratusan ribu rupiah.

Bagaimana? Tertarik untuk menikmati tour ini? Jika ya, Anda dapat mengikuti tour di Daerah Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Sleman, DIY.

25. Lava Bantal

Lokasi: Dusun Watuadeg, Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, DIY

Tiket Masuk: –

Lava Bantal via @haryy_kris28

Lava Bantal via @haryy_kris28

Tempat wisata di Sleman yang selanjutnya adalah Lava Bantal. Lava Bantal merupakan objek wisata eksotis yang berlokasi di Dusun Watuadeg, Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, DIY.

Objek wisata ini diberi nama Lava Bantal karena saat Gunung Merapi meletus, tempat ini menjadi salah satu daerah yang terkena dan menampung muntahan lava pijar merapi.

Salah satu bagian paling menarik yang bisa dilihat di objek wisata ini adalah aliran sungai Watuadeng.

Aliran sungai yang pernah menjadi aliran lava Gunung Merapi ini memiliki aliran air yang luar biasa jernih, segar, dan bersuhu dingin.

Aliran air di sungai tersebut tergolong cukup deras. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mandi atau sekedar bermain air, Anda harus berhati – hati.

26. Omah Salak Sleman

Lokasi: Dusun Kenteng, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman

Tiket Masuk: Rp.10.000

Omah Salak Sleman via @fxgregoriuseric

Omah Salak Sleman via @fxgregoriuseric

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Salak Pondoh bukan? Nah, tahukah Anda bahwa Sleman adalah daerah asal sekaligus salah satu daerah produsen salak Pondoh terbesar di Indonesia?

Ya, Kabupaten Sleman merupakan kabupaten asal Salak Pondoh sekaligus salah satu daerah produsen salak Pondok terbesar di Indonesia.

Sebagai bukti, di Kec. Turi, Kab. Sleman, ada sebuah objek wisata Omah Salak yang menawarkan daya tarik utama berupa agrowisata salak.

Di sini, Anda dapat berkunjung ke kebun salak dan melihat proses budidaya sakal secara langsung. Jika beruntung (Anda datang saat musim panen), Anda juga bisa ikut melakukan panen salak secara langsung dari pohonnya.

Sangat menarik bukan?

27. Upside Down World

Lokasi: Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo. Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY

Tiket Masuk: –

Upside Down World via @eratnak

Upside Down World via @eratnak

Tempat wisata di Sleman yang berikutnya adalah Upside Down World. Upside Down World merupakan objek wisata unik yang menawarkan spot foto dimana segala sesuatunya terlihat seperti terbalik.

Ya, untuk menghadirkan kesan unik pada tempat ini, pengelolanya telah mendekorasi ruangan ini sehingga segala sesuatu yang ada di dalamnya terlihat seperti terbalik.

Secara keseluruhan, tidak banyak aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan di objek wisata ini.

Mayoritas pengunjung objek wisata ini biasanya hanya berkunjung ke objek wisata ini satu kali untuk berfoto.

Lokasi objek wisata Upside Down World Jogja ada di Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo. Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY.

Tempat ini dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pagi hingga malam.

28. Taman Pelangi

Lokasi: Jl. Ring Road Utara, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Sleman, DIY

Tiket Masuk: –

Taman Pelangi via @nnrillia

Taman Pelangi via @nnrillia

Taman Pelangi merupakan salah tempat wisata malam sekaligus tempat nongkrong di Jogja yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung.

Di tempat ini, Anda dapat nongkrong sembari bersantai untuk menghabiskan waktu malam dengan ngobrol bersama dengan teman dan kerabat.

Jika mau, Anda juga bisa memesan beraneka jenis olahan kuliner khas Jogja sembari mengambil beberapa foto dengan latar belakang lampion warna – warni yang sangat eksotis.

Lokasi objek wisata Taman Pelangi ada di Jl. Ring Road Utara, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Sleman, DIY.

Objek wisata ini dapat dikunjungi dari mulai pagi hingga malam. Walaupun begitu, waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini adalah di malam hari.

29. Green Kayen

Lokasi: Dusun Kayen, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: Gratis, hanya dikenai retribusi parkir oleh warga lokal

Green Kayen via @Greenkayen_Yogyakarta

Green Kayen via @Greenkayen_Yogyakarta

Di daerah Condoncatur, Kec. Depok, Kab. Sleman ada sebuah objek wisata berbentuk pemandian alam yang cukup menarik untuk disambangi. Nama objek wisata tersebut adalah Green Kayen.

Objek wisata ini sebenarnya adalah sebuah bendungan. Nah, di bagian bawah bendungan tersebut ada areal kolam yang cukup dalam dan dialiri dengan air yang jernih, sehingga asyik untuk dijadikan sebagai tempat berenang dan bermain air.

30. Sindu Kusuma Edupark

Lokasi: Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 15,000 IDR per orang

Sindu Kusuma Edupark via @ummi_es

Sindu Kusuma Edupark via @ummi_es

Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak seperti apa daya tarik utama yang ditawarkan oleh objek wisata ini bukan?

Ya, objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa wisata edukasi untuk anak – anak.

Di sini, anak – anak bisa mempelajari banyak hal sembari menikmati berbagai macam wahana permainan yang sangat menarik.

Lokasi objek wisata Sindu Kusuma Edupark ada di Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Di hari normal objek wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 11 malam.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, pengunjung harus membayar biaya tiket masuk sebesar 15.000 rupiah (belum termasuk tiket untuk menikmati wahana / tiket terusan seharga Rp. 50.000 untuk anak – anak dan Rp. 70.000 untuk orang dewasa).

31. Tlogo Muncar Kaliurang

Lokasi: Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY.
Tlogo Muncar Kaliurang via @fitrirahmi

Tlogo Muncar Kaliurang via @fitrirahmi

32. Candi Banyunibo

Lokasi: Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY.
Candi Banyunibo via @gadis_ikhw

Candi Banyunibo via @gadis_ikhw

33. Candi Sambisari

Lokasi: Jl. Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 3,000 IDR per orang
Candi Sambisari via @lisauwi

Candi Sambisari via @lisauwi

Tempat wisata di Sleman selanjutnya adalah Candi Sambisari yang masih berada di Kalasan. Candi yang satu ini berbeda dengan candi yang lain. Kalau candi biasanya dibangun di posisi yang tinggi, tapi candi ini justru berada di lokasi yang lebih renda daripada tanah di sekitarnya.
Komplek candi Sambisari ini terdiri dari satu candi induk dan tiga candi pendamping. Selain lokasinya yang cukup tenang, panorama yang bisa kamu lihat di sini juga luar biasa.
Anda juga akan diajakn menuju ke museum mini, yang memberikan gambaran dan sejarah mengenai Candi Sambisari.

34. The World Landmarks Merapi Park

Lokasi: Jl. Kaliurang KM. 22, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 15,000 IDR per orang
The World Landmarks Merapi Park via @toobangadoo

The World Landmarks Merapi Park via @toobangadoo

Sob, kamu mau liburan keliling dunia? Tapi masih belum kesampaian, tenang, kamu minimal bisa mengunjungi replikanya kok.
Kamu bisa mengunjungi The World Landmarks Merapi Park yang menyediakan ikon wisata dari seluruh dunia. Disini sobat bisa berfoto ria dengan background menara Eiffel di Paris, menara Pisa, hingga kincir angin khas Belanda ataupun Big Ben yang ada di London.

35. Spot Riayadi

Lokasi:  Jl. Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Spot Riayadi via @annasoktavian12

Spot Riayadi via @annasoktavian12

Spot Riyadi merupakan salah satu tempat kekinian di Sleman yang sedang hits. Dari sini anda bisa menyaksikan kemegahan candi prambanan dari ketinggian, dengan view yang menakjubkan.

Selain itu, anda juga bisa menyaksikan keindahan panorama sekitar dengan berlatar sawah yang hijau, bahkan matahari terbenam yang indah dari ketinggian.

Kalau mau lebih kece lagi kamu sebaiknya datang pada malam hari. Lebih indah lagi dengan kelap-kelip lampu kota.

36. Kids Fun Park

Lokasi: Jl. Wonosari, Madugondo, Tegaltirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 55,000 IDR untuk anak usia 1 hingga 13 tahun dan 45,000 IDR untuk dewasa. Untuk tiket terusan, 69,000 IDR untuk anak-anak dan 59,000 IDR untuk dewasa.

Kids Fun Park via @kids_fun_yogyakarta

Kids Fun Park via @kids_fun_yogyakarta

Kalau anda mencari tempat wisata anak di Sleman, maka Kids Fun Park adalah salah satunya. Kids Fun Park ini memiliki 21 wahana bermain ramah anak yang bisa kamu coba, mulai dari permainan air, darat hingga udara.

Selain memiliki 21 wahana bermain anak, disini juga menyediakan pertunjukan opera dengan cerita bajak laut, wisata edukasi seperti membuat pizza, dan masih banyak lagi.

37. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Lokasi: Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 3,000 IDR per orang

Taman Gardu Pandang Kaliurang via @linadwipuspitasari

Taman Gardu Pandang Kaliurang via @linadwipuspitasari

Tempat wisata di Sleman selanjutnya adalah taman gardu pandang Kaliurang yang belakangan ini cukup banyak diminati.

Disini anda bisa menyaksikan pemandangan yang indah dari ketinggian, kamu juga akan dimanjakan oleh sejumlah spot selfie kekinian lengkap dengan lampu-lampu yang cantik.

Oh ya sob, disini kamu juga bisa menyaksikan pergelaran Festival of Light yang sangat indah!

38. Agrowisata Bhumi Merapi

Lokasi: Jl. Kaliurang KM.20, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 10,000 IDR per orang

Agrowisata Bhumi Merapi via @dyaharumrevita

Agrowisata Bhumi Merapi via @dyaharumrevita

Tempat wisata di Sleman berikutnya adalah agrowisata Bhumi Merapi yang menawarkan sensasi liburan menyenangkan bersama anak. Disini anda bisa mengajak keluarga mengenal alam sambil menjelajahi kekayaan Gunung Merapi.

Salah satu daya tarik objek wisata ini yaitu berupa rumah Hobbit. Wisatawan bisa berfoto ria rumah Hobbit si manusia mungil di film ‘lord of the rings’.

Disini, nantinya anak anda akan diajak untuk bercocok tanam, beternak bahkan berkuda. Lokasinya yang menyatu dengan alam menambah keunikan destinasi wisata di Sleman yang satu ini.

*****

Nah, bagaimana? Tempat wisata di Sleman Yogyakarta sangat banyak bukan?

Penting untuk diingat, tidak seperti kawasan Yogya dan Bantul yang cenderung bersuhu panas, mayoritas daerah di Kabupaten Sleman cenderung memiliki suhu yang dingin (terutama di daerah Kaliurang dan sekitarnya).

Untuk itu, agar perjalanan wisata Anda bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan, Anda kami sarankan untuk membawa pakaian yang lengkap (bawa pakaian tipis dan pakaian tebal sekaligus).

Akhir kata, selamat liburan dan semoga perjalanan liburan Anda di Sleman terasa menyenangkan ya!

Jangan lewatkan juga: 42 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Populer dan Menarik

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!