Liburan Seru ke Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Baron – Kalau Magelang lebih identik dengan wisata berupa candi, maka hal berbeda akan Anda temukan kalau tengah menjelajah di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Di Gunung Kidul Yogyakarta merupakan sebuah tempat wisata yang memiliki banyak sebaran wisata pantai.

Mulai dari titik utara sampai dengan selatan dapat kita temukan sebaran wisata pantai dengan sangat mudah di Gunung Kidul Yogyakarta. Salah satu wisata pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang recommended banget untuk Anda kunjungi adalah wisata Pantai Baron.

Semilir angin, pepohonan dan nyiur serta sapuan angin yang menyeruak akan menjadi teman setia ketika datang berkunjung ke wisata Pantai Baron. Informasi lengkap soal wisata Pantai Baron, bisa Anda simak di bawah ini!

Liburan Seru ke Pantai Baron

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda liburan mengunjungi pantai yang konon namanya berasal dari seorang Belanda, yaitu Baron Skeber. Kemudian pantai ini pun dinamai dengan nama orang Belanda tersebut, Baron.

Lokasi Pantai Baron Gunungkidul

Bagi wisatawan yang tertarik liburan ke pantai ini, silahkan langsung saja meluncur ke Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Adapun jarak pantai ini yaitu sekitar:

  • 60 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (1 jam 39 menit)
  • 60 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (1 jam 39 menit)
  • 56 Km dari Bandara Int. Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 28 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Akses Wisata Menuju Baron Beach

Kalau Anda membawa kendaraan pribadi ke pantai ini, Anda bisa mulai perjalanan dari stasiun tugu. Untuk transportasi ke Pantai Baron bisa dilalui dengan Anda naik Trans Jogja jurusan 1A dan sesampainya di bandara Adi Sucipto, nantinya Anda bisa langsung lanjutkan perjalanan ke jurusan selanjutnya menuju terminal Giwangan.

Kalau sudah sampai di terminal Giwangan, lanjutkan perjalanan lagi dengan naik minibus jurusan Yogyakarta – Wonosari yang bisa ditempuh dengan lama perjalanan kurang lebih 1 atau 2 jam. Kalau sudah sampai di Wonosari, perjalanan kemudian juga akan dilanjutkan dengan minibus jurusan Pantai Baron. Dan Anda akan sampai di Pantai Baron yang istimewa.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

Mengenai tarif masuk menuju kawasan wisata Pantai Baron, sebenarnya murah meriah. Para Pengunjung hanya dikenai biaya 10 ribu rupiah saja per orang. Kabar baiknya lagi, dengan harga 10 ribu rupiah ini Anda tidak hanya bisa ke Pantai Baron saja. Dengan harga 10 ribu rupiah yang Anda bayarkan, sekaligus Anda bisa ke Pantai Kukup, Pantai Sundak dan Pantai Krakal. Jangan lupa bayar biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk mobil dan 2 ribu rupiah untuk sepeda motor.

Selain untuk tiket masuk, pengunjung yang ingin bisa melihat pemandangan di sekitar pantai dari ketinggian bisa melihatnya dari atas mercusuar. Untuk naik ke mercusuar anda dikenakan biaya 5.000 saja perorangnya.

Mercusuar di pantai baron

Mercusuar di pantai baron foto :[email protected]_afit

Akomodasi di Pantai Baron

Jika Anda ingin bermalam di Pantai Baron, Pantai ini sudah punya akomodasi yang memadai. Tersedia banyak penginapan dan hotel dengan fasilitas dan pelayanan yang sangat baik. Harganya juga murah meriah sehingga recommended banget. Kalau ingin seru – seruan di Pantai Baron, Anda juga bisa berkeliling di Pantai Baron dengan menggunakan perahu bermotor yang bisa disewa.

Keindahan wisata Pantai Baron

Pantai ini nggak akan pernah terkenal kalau nggak indah. Salah satu keindahan pantai Baron adalah suasana sejuk dan asri berpadu panorama alam yang menentramkan. Disini Anda akan temukan dua bukit indah yang mengapit Pantai Baron. Kalau Anda kebetulan banyak waktu, bisa lho mencoba trekking ke bukit itu dan merasakan sensasi indah Pantai Baron dari atas bukit. Dijamin deh seru. Oh iya, jangan lupa untuk abadikan setiap moment disini.

Baron beach nan cantik

Baron beach nan cantik

Selain keindahan tersebut, Pantai Baron juga punya ciri khas yaitu sungai di bawah tanah yang juga mengalir deras ke laut membentuk sungai. Disini Anda bisa mandi dan menyegarkan diri tanpa air asin selayaknya di pantainya.

Aktivitas Seru Lain di Pantai Baron

Selain bermain di pantai, anda juga bisa mencoba berbagai alternatif lain untuk liburan, seperti misalnya mencoba trekking dan melakukan camping di bukit sebelah timur pantai ini.

Selain di sebelah timur, wisatawan juga bisa mendaki bukit yang sebelah barat juga sangat wajib untuk kita daki. Di tebing ini anda bisa melihat pembangkit listrik dengan tenaga alam bernama Baron Techno Park.

Untuk menuju ke Baron Techno Park ini kita bisa melalui jalur tepat sebelum Pos Retribusi Pantai Baron, disitu terdapat pertigaan jalur menanjak, nah ikuti saja jalur tersebut hingga kamu sampai di lokasi.

Atau agar tidak tersesat kamu bisa bertanya ke petugas Pos Retribusi mengenai lokasi Baron Techno Park tersebut. Di tempat ini anda bisa melihat berbagai jenis peralatan yang digunakan untuk mengubah tenaga surya menjadi listrik, seperti panel surya (solar cell) hingga jam matahari yang berfungsi sebagai penunjuk waktu dengan cahaya matahari.

jam matahari di baron techno park. foto : @wahyuardian

Jam matahari di baron techno park. foto : @wahyuardian

Tips Saat Mengunjungi Baron Beach

Untuk anda yang tertarik liburan ke pantai ini, ada baiknya anda menyimak beberapa tips dari Tempatwisataseru agar liburan anda lebih menyenangkan dan berkesan. Kira-kira apa saja tipsnya? Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum liburan ke pantai di Gunungkidul ini:

  • Pertama, ada waktu tertentu yang konon katanya 5 tahun sekali sebagai waktu terbaik untuk berkunjung k pantai ini, dimana terdapat aliran sungai air tawar di pantai ini akan berubah arah dengan membelah horizontal pasir pantai.
  • Jangan sembarangan juga berenang disini, karena ombaknya lumayan besar. Terutama perhatikan saat angin sedang kencang.
  • Anda bisa menyewa ban atau pelampung untuk mendukung kegiatan selama di pantai ini, jadi walaupun anda tidak bisa berenang tetap bisa bermain di pantai ini.
  • Sebaiknya anda tidak membuang sampah sembarangan.
  • Kalau bisa gunakan kendaraan pribadi terutama motor karena lebih jalur ke pantai ini cuku sempit serta berkelok-kelok.

Bagaimana? Pasti anda sudah tidak sabar lagi bukan ingin segera mengunjungi pantai nan cantik ini? Tunggu apalagi segera susun planning anda untuk liburan seru bersama teman atau orang tercinta.

Demikianlah ulasan dari Tempat wisata seru mengenai pantai Baron ini untuk anda. Semoga liburan anda lebih menyenangkan dan tidak terlupakan.

Agar tempat wisata di Gunung kidul ini semakin terkenal, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya melalui media sosial anda ya. Simak juga Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Leave a Reply

error: Content is protected !!