Pantai Indrayanti Jogja, Tempat Liburan Seru yang Wajib Dikunjungi

Pantai Indrayanti Jogja – Halo sobat travelers, gimana kabarnya hari ini? Mau ngetrip kemana rencana? Yuk kita plesir ke Jogja khususnya kawasan Gunungkidul. Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta memang memiliki banyak sekali potensi wisata yang menarik untuk kita kunjungi.

Jogja, selain terkenal sebagai Kota pelajar, kota Gudeg, juga terkenal memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Pantai di Jogja terkenal sangat indah, alamnya Jogja juga terkenal sangat indah, begitu banyak destinasi wisata yang bisa kita jadikan tempat liburan bersama orang-orang tercinta.

Kunjungi juga 35 Tempat wisata di Jogja yang Paling Populer

Kali ini Tempatwisataseru ingin mengajak anda jalan-jalan ke sebuah pantai yang ada di Jogja tepatnya ada di Gunungkidul namun rasa pantai Bali, namanya Pantai Indrayanti. Kenapa? Siapa sih yang tidak kenal dengan pantai-pantai di Bali? Pantai di Bali terkenal dengan pasir pantainya yang putih bersih, halus, serta aitnya yang bening sebening kristal.

Pantai Indrayanti Gunungkidul

Pantai Indrayanti Gunungkidul

Nama Pantai Indrayanti ini dahulunya adalah Pantai Pulang Syawal atau biasa disebut dengan “Pantai Pulsa”. jadi, tidak usah heran kalau ada yang menyebut Pantai Indrayanti pantai pulsa atau pantai pulang syawal. Apalah arti sebuah nama? Ternyata nama memiliki makna yang sangat dalam lho.

Maka dari itu, sebelum kita bahas lebih jauh mengenai objek Pantai Indrayanti Jogja ini, ada baiknya kita kenal terlebih dahulu kisah unik di balik nama pantai Pantai Indrayanti. Berikut ini kisahnya:

Kisah Dibalik Nama Pantai “Indrayanti”

Ternyata nama Pantai Indrayanti sendiri merupakan nama dari seorang wanita pemilik sebuah restoran yang ada di kawasan tersebut. Hal ini berawal dari papan nama “Indrayanti” yang terpampang di depan restoran sehingga kemudian orang lebih mengenal pantai tersebut sebagai Pantai Indrayanti.

Nama “Indrayanti” sendiri diambil dari salah satu pasangan suami istri pemilik cafe dan restoran yang berada di Pantai Pulang Syawal tersebut, yaitu Bapak “Indra” dan Ibu “Yanti”

Loading...

Memang, pemberian nama pantai ini agak sedikit kontroversi, pasalnya pemerintah Gunungkidul sendiri sudah menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal. Namun apa daya, nama Indrayanti sudah terlanjur terkenal dan familiar di telinga masyarakat lokal dan wisatawan yang datang. Hingga pada akhirnya pantai ini dinamailah Pantai Indrayanti.

Jangan lewatkan juga 84 Tempat Nongkrong di Jogja Paling Asyik

Lokasi Pantai Indrayanti Gunungkidul

Bagi wisatawan yang tertarik untuk liburan ke Pantai Indrayanti ini, silahkan catata alamat lengkap pantai ini.

Alamat Pantai Indrayanti: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Koordinat GPS: -8.15022,110.612004

Rute Menuju Lokasi Objek Wisata Pantai Indrayanti Gunungkidul

Sobat travelers, meskipun kita sudah mengetahui lokasi pasti pantai ini, namun kalau baru pertama kali mengunjunginya mungkin agak kebingungan juga. nah, untuk memudahkan wisatawan semua, agar jangan nyasar juga, silahkan anda ikuti rutenya berikut ini dari kota Jogja:

YOGYAKARTA >> Piyungan >> Patuk >> Sambipitu >> Arah Hutan Bunder >> Gading >> Logandeng >> Siyono >> Bundaran Tugu BPD >> Jln. Kyai Legi >> Jln. Lingkar Selatan >> Jln. KRT Djojodinigrat >> Jln. Girisubo >> WONOSARI >> Jln. Saptosari >> Tepus >> (sebelum masuk Pantai Baron ambil ke timur arah Pantai Sundak >> Somandeng >> PANTAI INDRAYANTI

Tenang sob, perjalanan yang akan anda lalui bisa dibilang cukup mudah dan halus, anda tidak perlu mendaki gunung, lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra kayak lagunya ninja hatori. Jalanan yang kita lalui sudah diaspal halus.

Sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi, karena memang, belum ada kendaraan umu dari pusat kota Jogja ke pantai ini.

Nuansa Romantis di Pantai Indrayanti

Kenapa banyak orang memilih Pantai Indarayanti Gunungkidul sebagai tujuan wisata? Karena memang pantai ini sangat terkenal dengan keindahannya yang mampu menghipnotis siapa saja yang datang kesini. Selain bersih dari sampah, Pantai Indrayanti juga mempunyai keindahan-keindahan lainnya yang tidak ditemukan di pantai lainnya. Yaitu pasir pantai yang begitu bersih dan putih dengan balutan air pantai yang jernih.

Fasilitas di Pantai Indrayanti

Untuk memanjakan wisatawan yang datang berlibur, pengelola terus menambah fasilitas pendukung di pantai ini. Semakin hari pantai ini semakin diminati oleh wisatawan tidak hanya dari wilayah Yogyakarta saja, sampai wisatawan mancanegara juga menjadikan pantai ini sebagai destinasi liburan mereka.

Fasilitas di Pantai ini bisa dibilang cukup lengkap mulai dari dari toilet, rest area, cafe, restoran hingga penginapan begitu lengkap dan meriah. Untuk bisa menggunakan fasilitas tersebut tentunya setiap pengunjung harus mengeluarkan kocek yang tidak dalam. Harga yang ditawarkan untuk bisa menikmati penginapan atau kuliner di pantai Indrayanti cukup terjangkau dan bervariatif.

Selain fasilitas di atas, di pantai ini wisatawan juga bisa mencoba olahraga air , jet sky. Untuk lebih jelasnya mengenai tarif yang dipatok, silahkan lihat pada tabel berikut ini:

 

No
Fasilitas
Harga
1 Penginapan dengan berbagai konsep Rp 100.000,00 – Rp 350.000,00
2 Jet Ski Rp 250.000,00 /15 menit
3 Payung Pantai dan Alasnya Rp 20.000,00
4 Gazebo Rp 30.000,00
5 Toilet Rp 2.000,00 – Rp 5.000,00
6 Mushola Gratis
6 Wahana Permainan Anak Gratis
6 Restoran dan Cafe Rp 10.000,00 – Rp 100.000,00

Selain untuk wisatawan dewasa, juga tersedia aneka permainan untuk anak-anak, seperti prosotan, bangku putar dan panjat tali. Semua wahana permainan anak yang terdapat di Pantai Indrayanti ini gratis digunakan oleh siapa saja.

Kuliner di Pantai Indrayanti Gunungkidul

Setelah lapar seharian bermain air atau mencoba jet sky, kini saatnya untuk mengisi perut yang mulai keroncongan. Anda tidak perlu repot-repot membawa bekal ke pantai ini. Karena di pantai ini terdapat banyak penjual makanan yang siap mengganjal perut keroncongan anda. Berbagai hidangan yang menggugah selera bisa anda nikmati dengan harga yang terjangkau.

Cobain 41 Tempat Makan Enak di Jogya yang Bisa Kamu Cobain

Anda bisa menemukan sajian nasi goreng, bakso, soto, Gudeg, dan lain-lainnya. Tetapi tentu saja menu yang disajikan lebih didominasi oleh hidangan laut mengingat lokasinya yang berada di kawasan pantai. Jadi sob, jangan khawatir kelaparan ya, rasa lapar anda akan terpuaskan dengan menikmati sajian kuliner di sekitar pantai ini.

Gazebo di Pantai Indrayanti

Agar wisatawan betah berlama-lama di pantai ini, dibuatlah Gazebo-gazebo di pinggir pantai yang menghadap ke laut. Saat malam hari tiba, Pantai Indarayanti Gunungkidul mampu menghadirkan suasana yang berbeda. Gazebo-gazebo yang berjajar di pinggir pantai terlihat sungguh indah dengan diterangi kerlip redup sinar lampu.

Gazebo-gazebo yang ada di Pantai Indrayanti Jogja

Gazebo-gazebo yang ada di Pantai Indrayanti Jogja

Selepas menikmati sajian kuliner di cafe atau restoran yang ada di Pantai Indrayanti, Anda dapat mencoba pengalaman lain dengan berjalan menuju bukit di arah timur. Di sini tidak ada jalan khusus, artinya Anda harus sedikit ekstrim dengan menerobos semak dan perdu serta sesekali memanjat karang. Mungkin akan sedikit melelahkan, tetapi ketahuilah bahwa semua akan terbayar tuntas tatkala Anda tiba di puncak bukit tersebut.

Dari puncaknya, Anda dapat menyaksikan bentang Samudera Hindia yang begitu luas terhampar sepanjang horizon yang terlihat. Burung camar sesekali terbang melintas dengan paruh membawa ilalang untuk membuat sarang diselingi desau angin laut dan deru ombak, sungguh laksana orchestra alam yang sungguh menawan hati. Indah dan menenangkan. Saat senja tiba, di sinilah spot terbaik untuk mendapatkan sunset di Pantai Indrayanti yang paling menawan.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Bagi wisatawan yang hendak berlibur ke pantai ini dikenakan tarif  Rp 10.000,00 perorang. Harga tiket ini tentu tidak mahal bukan? Dengan haraga mengeluarkan biaya 10ribu saja kita sudah bisa menikmati liburan menyenangkan bersama, teman, keluarga atau orang tercinta.

Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan ke pantai nan cantik ini? Liburan akan semakin menyenangkan kalau berdua bersama pasangan tercinta. Kan ga enak rasanya kalau yang lain gandengan tangan bisa berfoto berdua, kita malah sendirian aja. 😀

Demikianlah ulasan seputar pantai indrayanti Jogja yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat bagi sobat semuanya, jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman liburan anda bersama yang lainnya di web ini ya. Kunjungi juga Pantai Pandawa Bali, Tempat Liburan Seru Keluarga yang Wajib Dikunjungi

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!