Berlibur Romantis di Taman Vanda Kota Bandung

Taman Vanda – Ada banyak tempat wisata di Bandung yang terkenal. Bandung sendiri merupakan sebuah kota bersejarah dimana banyak kejadian yang berskala nasional hingga internasional ada disini. Misalnya saja Bandung Lautan Api hingga Konferensi Asia Afrika. Pada tahun 2015 lalu, Bandung kembali menjadi Tuan Rumah perhelatan Akbar Negara-Negara Asia-AFrika dalam peringatan ke-60 tahunnya.

Oleh karena itu, banyak ruang publik di Kota Bandung mendapat revitalisasi. Salah satunya adalah Taman Vanda. Taman kota ini terletak di tengah-tengah Jalan Merdeka, tepatnya diantara Balai Kota, Mapolretabes Bandung, dan Gedung Bank Indonesia.

Salah satu alasan revitalisasi Taman ini adalah karena image negatif yang dulu dimilikinya. Dulu Taman Vanda dikenal minim perawatan dan menjadi “basecamp” gelandangan, kupu-kupu malam, dan mereka yang biasa “beroperasi” di Jalan Tera.

Taman Vanda

Taman Vanda

Orang Bandung pasti memahami hal ini. Namun ternyata revitalisasi merupakan pilihan yang tepat karena setelah itu, Taman Vanda menjadi tenar. Banyak warga yang mulai menikmati sore dan malam disana bersama keluarga.

Jangan sampai anda lewatkan: 37 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Harus Anda Coba

Sejarah Berdirinya Taman Vanda

Nama Vanda bukan dari plesetan kata Panda, melainkan dari salah satu nama jenis bunga Anggrek. Sejarah berdirinya Taman ini dahulu kala berupa sebuah gereja berukuran 8×21 meter. Namanya Gereja Santa Franciscus Regis. Gereja ini merupakan Gereja Katolik pertama di Kota Bandung dan didirikan oleh Pastor Christianus Schets SJ serta diberkati oleh Mgr. Staal. Sayangnya, Gereja yang berdiri pada 16 Juni 1895 ini dirobohkan di awal tahun 1920-an.

Tempat Rekreasi Keluarga Taman Vanda via Catatanria

Tempat Rekreasi Keluarga Taman Vanda via Catatanria

Setelah Gereja tidak ada, lahan kemudian dibangun bioksop bernama Rex. Rex bertahan hingga awal tahun 1950-an dan berganti menjadi Panti Budaya. Fungsi gedung berganti menjadi ruang kuliah Universitas Katolik Parahyangan.

Pada tahun 1960 hingga 1970-an, Unpar sudah tidak lagi menggunakan Panti Budaya sebagai ruang kuliah sehingga gedung tersebut diubah lagi menjadi bioskop. Selain itu, disana juga digunakan untuk latihan badminton dan latihan tari Viatikara. Barulah pada tahun 1990-an, bioskop Vanda dirobohkan dan diganti menjadi Taman Vanda.

Seru juga nih: Liburan Seru ke Floating Market Lembang Bandung Jawa Barat

Harga Tiket Masuk Taman Vanda Bandung

Beruntungnya Anda, karena untuk masuk ke Taman Kota Vanda tidak dikenai biaya sepeserpun. Kecuali kalau kamu membawa kendaraan pribadi, maka kamu akan dikenai tarif parkir. Motor dan mobil dikenai biaya dari Rp.2.000 hingga Rp.5.000 saja.

Taman Kota Vanda beroperasional selama 24 jam penuh. Kamu bebas kesana kapan saja. Namun jika ingin merasakan sensasi ramainya kunjungan wisatawan, kamu bisa datang pada pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Taman Vanda

Taman Vanda Bandung

Mengulik Keindahan Taman Kota Vanda

Taman Vanda Kota Bandung

Taman Vanda Kota Bandung

Salah satu taman tematik di Kota Bandung ini ada di dekat Jalan Jawa, Jalan Braga, dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Maka dari itu, Taman yang berbentuk segitiga ini dikelilingi tembok dan ditanami sejumlah tanaman hias. Suasana semakin sejuk nan asri dengan adanya air mancur plus tempat-tempat duduk yang nyaman.

Taman Vanda juga dekat dengan area publik lainnya. Jika kamu menuju utara, kamu akan menemukan Plaza Balai Kota Bandung. Taman yang cocok untuk nongkrong di siang maupun malam hari ini sering padat pengunjung. Pasalnya saat malam hari, disana terdapat air mancur yang airnya memancar dari 20 titik lubang air dengan sorotan lampu warna-warni. Indah sekali, bukan?

Seru juga Buat Main Anak-anak

Seru juga Buat Main Anak-anak

Itu sebabnya pula pada akhir pekan, banyak komunitas yang akan melakukan kegiatan disini. Taman seluas 2.000 meter persegi ini akan sangat dipadati pengunjung. Bahkan tak jarang banyak pasangan yang memadu romansa cinta disini. Pasalnya mereka menganggap suasana malam di Taman Vanda sangat eksotis dan romantis.

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Kunjungi Juga Tempat Wisata di sekitar Taman Vanda

Jika kamu belum puas jalan-jalan di Taman Vanda, jangan khawatir dilanda bosan karena kamu dapat menuju tempat wisata lain di sekitarnya. Taman ini ada di pusat kota sehingga sangat banyak wisata yang mengelilinginya. Mulai dari wisata sejarah, kuliner, hingga perbelanjaan:

  1. Jalan Braga

Atau kamu ingin berbelanja layaknya di Orchard Road Singapura? Datanglah ke Jalan Braga. Jalan itu merupakan tempat wisata belanja paling terkenal di Bandung. Disana juga ada pusat hiburan Braga City Walk hingga Wiki Kaffie.

Jalan Braga

  1. Taman Balai Kota

Pada jaman Belanda, Taman ini merupakan gudang Kopi milik Andreas De Wilde. De Wilde merupakan tuan tanah penguasa sebagian besar Bandung sekaligus pengusaha perkebunan kopi. Gudang tersebut dibangun pada tahun 1819.

Setelah Andreas De Wilde terusir pulang ke Belanda oleh Pemerintahannya sendiri, dibangunlah Gemeente Huis (Balai Kota). Disana, sejak 1885 dibangun taman untuk mengenang jasa Pieter Sitjhoff, Asisten Residen Priangan Kota Bandung kala itu. Taman tersebut dinamai Pieter Sitjhoffpark. Di tahun 1950-an, nama Taman ini berganti menjadi Taman Merdeka dan berubah lagi menjadi Taman Dewi Sartika pada tahun 1996.

  1. Taman Gembok Cinta

Ingin merasakan memasang gembok cinta layaknya di Namsan Tower Korea yang sering muncul di dalam drama? Di Bandung kamu juga bisa melakukannya lho. Datanglah ke Taman Gembok Cinta Bandung. Area ini mudah ditemukan karena berada dalam kawasan Taman Balai Kota. Kerangka besi disana berukuran 2,5 meter x 2 meter, cukup luas untuk menggantung ribuan gembok pasangan yang tengah dimabuk asmara disana.

  1. Taman Sejarah Bandung

Taman ini ada di Jalan Aceh, tak jauh dari Balai Kota bandung. Luas lahannya sekitar 2,6 km persegi dengan area taman bermain bagi anak yang luas. Disana juga terdapat tempat duduk kayu, amphitheatre, dan kolam kecil.

Jangan heran mengapa taman bermain di prioritaskan disini karena target pengunjung dari Pemerintah Kota Bandung memang anak-anak usia sekolah dini. Mereka berharap, selain bermain nantinya anak-anak juga dapat belajar sejarah Bandung dan tidak terasa membosankan.

  1. Taman Jomblo

Jangan salah sangka dengan nama Taman ini. Meski namanya memilih ungkapan Jomblo, tapi Taman ini tidak dikhususkan untuk para Jomblowan dan Jomblowati saja lho. Orang yang memiliki pasangan serta keluarga pun berkunjung kesana.

Nama Jomblo diambil Pak Walikota karena kursi Taman hanya untuk satu dudukan saja dan berjumlah banyak. Alhasil penafsiran kursi Jomblo pun terucap hingga lahirlah nama Taman ini. Keunikan yang ada disini yaitu bangkunya yang berwarna-warni.

Wajib anda singgahi: 28 Tempat Wisata Kuliner Romantis di Bandung

Tips Wisata ke Taman Vanda Bandung

Ada tips jika kamu berkunjung ke Taman Kota Vanda Bandung, yaitu :

  • Jangan pernah parkir di bahu jalan karena pasti kamu akan didenda
  • Lokasinya sangat ramai sehingga kamu bisa parkir di pelataran parkir Balai Kota maupun di Polrestabes agar lebih nyaman

Demikianlah ulasan tentang Tempat Wisata Taman Kota Vanda di Bandung. Kamu harus memasukkan Taman ini ke salah satu list destinasi wisata Bandung karena Taman Vanda bisa menjadi salah satu a place to remember di dalam hidupmu.

Selain itu, Taman Vanda merupakan desain kreatif layaknya Taman-Taman di Bandung lainnya, yaitu Taman Jomblo, Taman Lansia, Taman Labirin, Taman Film, Taman Fotography, dan Teras Cikapundung. Selamat berlibur!

Jangan lewatkan juga: Wahana Objek Wisata di Trans Studio Bandung

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!