Pantai Pandawa Bali, Tempat Liburan Seru Keluarga yang Wajib Dikunjungi

Pantai Pandawa – Bali, siapa yang tidak kenal dengan provinsi yang sangat kental dengan budayanya yang masih melekat hingga kini. Bali tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia saja, bahkan oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia kenal Bali.

Parahnya, banyak diantara wisatawan justru tidak kenal dengan Indonesia, mereka bahkan lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia. Hal ini menunjukan bahwa Bali memang memiliki keindahan seperti sepotong syurga di muka bumi yang terhampar luas.

Keindahan alamnya yang sangat mempesona, pantai di Bali terkenal memiliki pasir putih dan halus, keindahan bawah lautnya yang menawan, warna lautnya yang sebening kaca, sampai budaya dan tradisi yang masih dijaga hingga kini membuat wisatawan yang datang ke Bali pasti ingin kembali lagi.

Bali sangat terkenal dengan pantainya yang indah dan menawan, beberapa yang sudah terkenal seperti pantai Kuta, pantai Dreamland, Nusa Dua dan masih banyak lagi. Nah, kalau saat ini Tempatwisataaseru ingin mengajak anda liburan ke pantai pandawa Bali.

Pasir Putih di Pantai Pandawa Bali

Pasir Putih di Pantai Pandawa Bali

Pantai pandawa Bali menjadi salah satu destinasi wisata di Bali yang tidak boleh anda lewatkan. Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa, selain itu wisatawan yang liburan ke pantai ini akan disuguhkan dengan berbagai wahana permainan yang siap memanjakan siapapun.

Dahulunya, pantai pandawa Bali dinamai dengan Secret Beach. Dikatakan pantai rahasia karena memang lokasinya yang berada di balik tebing kapur tinggi, sehingga tak banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Sekarang, pemerintah daerah telah membuka akses masuk dengan membuat jalan sepanjang 1,5 km membelah tebing kapur.

Pantai pandawa Bali juga disebut dengan nama Pantai Kutuh, karena lokasinya ada di Desa Kutuh. Pantai yang memilii hamparan pasir putih dan airnya yang biru kehijauan membuat siapa saja betah berlama-lama menikmatinya dengan duduk di deretan kursi malas di pantai ini.

Dinamai pantai pandawa karena di tempat wisata ini terdapat lima buah patung Pandawa, legenda dalam ajaran Hindu, yang menghadap pantai. Di tebing kapur tersebut dibuat lubang-lubang untuk menempatkan kelima patung Pandawa, yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna dan si kembar Nakula – Sadewa.

Jika Pantai Kuta dikenal dengan pemandangan matahari terbenamnya, maka pantai yang menghadap timur ini memiliki pemandangan matahari terbit yang bisa diandalkan. Tak jarang, dari sini Anda bisa melihat wisatawan yang melakukan paragliding dari Bukit Timbis, terbang melewati atas pantai.

Selain terkenal dengan keindahan pantainya, disini selalu diadakan upacara Malesti setiap tahunnya, momen ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Wisatawan bisa mengikuti upacara rangkaian peringatan hari raya Nyepi. Upacara Malesti bertujuan untuk menyucikan diri dari segala kesalahan dan perbuatan buruk yang dilakukan di masa lalu. Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat kegiatan budidaya rumput laut yang dilakukan nelayan setempat.

Filosofi Patung Pandawa Lima Di Tebing Pantai Pandawa Bali

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai fasilitas di pantai Pandawa Kutuh, ada baiknya kalau travelers mengetahui sedikit mengenai filosofi patung pandawa lima yang ada di Tebing pantai ini.

Seperti yang sudah disebutkan diawal tadi bahwa alasan pantai ini dinamai pantai Pandawa adalah karena terdapat 5 buah patung pandawa di tebing pantai ini, Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa secara berurutan. Keberadaan patung-patung ini diabil dari salah satu penggalan kisah mahabarata saat kelima pendawa ini dikurung dalam Goa gala-gala. Kelima pandawa berhasil selamat setelah mereka membuat sebuah terowongan yang berujung ke sebuah hutan belantara. Di hutan ini, kemudian keluarga pandawa mendirikan kerajaan Amertha.

Cerita itulah ini yang menjadi inspirasi oleh masyarakat sekitar pantai pandawa. Mereka melambangkan filosofi dari keberadaan pantai pandawa yang dulunya tersembunyi di balik tebing, hingga akhirnya dibuatkan jalan sehingga kini pantai pandawa ini bisa memberi manfaat dan seolah menjadi kerajaan baru bagi masyarakat sekitar.

Sejarah Pantai Pandawa Bali

Pantai ini juga memiliki sejarah yang menarik untuk kita ketahui, dimana pada awalnya pantai pandawa Kutuh ini merupakan pantai yang indah dan alami, namun tersembunyi. Julukan secret beach sangat sesuai untuk pantai ini kala itu. Wisatawan yang datang ke pantai ini biasanya hanya tahu mengenai pantai ini dari mulut ke mulut. Ditambah, akses masuk ke pantai ini terbilang sulit.

Pantai Pandawa Kutuh

Pantai Pandawa Kutuh

Nama asli dari pantai pendawa ini adalah pantai melasti. Dahulunya di pantai pandawa ini sering diadakan upacara Melasti, yang merupakan bagian dari upacara hari raya Nyepi bagi umat Hindu. Pada upacara ini, umat Hindu akan bersembahyang di tepi pantai dengan tujuan untuk mensucikan diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu.

Kembali ke sejarah pantai pantai pandawa, pada sekitar tahun 2010, wisatawan terutama asing, semakin penasaran dengan secret beach ini, karena di samping tempatnya yang masih alami, dan pasir putihnya yang halus, ombak pantai ini juga cocok untuk berselancar atau surfing.

Seiring berjalannya waktu, wisatawan dari berbagai daerah bahkan negara mulai berdatangan dan pantai ini mulai ramai. Maka pada tahun 2012 tepatnya tanggal 27 Desember diadakanlah Pandawa Beach Festival yang Pertama di Pantai Melasti atau Secreet Beach saat itu juga pantai ini resmi berganti nama dengan Nama PANTAI PANDAWA, yang melambangkan sebuah filosofi seperti pandawa yang sudah disebut di atas. Pemerintah juga membuatkan jalan yang baik agar orang bisa dengan mudah datang ke pantai ini. 

Jangan lewatkan juga 15 Aktivitas Seru di Tanjung Benoa Bali yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Lokasi Pantai Pandawa

Pantai ini sangat mudah kita temukan, untuk anda yang datang dari daerah luar Bali, ambil saja titik kedatangan dari Kota Denpasar, selanjutnya silahkan pergi ke arah selatan, jika ingin perjalanan lebih lengang anda bisa melewati jalan tol, sesampainya di daerah Nusa Dua lalu ke bukit Ungasan. sampai saat ini anda akan banyak melihat marka jalan sebagai petunjuk menuju pantai pandawa. 

Pantai Pandawa terletak  Jl. Darmawangsa desa Kutuh Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali, 3 km dari kawasan Wisata Nusa dua dan Pura Uluwatu.

Pesona Pantai Pandawa yang Menghipnotis Siapa Saja

Pantai Pandawa Kutuh ini sangat terkenal dengan keindahannya yang mempesona. Siapapun yang datang ke pantai ini pasti ingin segera kembali lagi ke pantai ini. Dengan akses menuju ke lokasi objek wisata yang mudah membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru Nusantara dan negara.

Pesona Pantai Pandawa di Bali

Pesona Pantai Pandawa di Bali

Saat pertama kali mencapai pantai ini, maka kesan pertama yang akan kita rasakan adalah, Amaziiing!!. Ditambah lagi dengan bukit kapur tinggi menjulang tertata rapi serta patung para Panca Pandawa akan menyambut anda. ya, sudut dalam dinding kapur pantai pandawa terdapat lima patung para Pandawa yang tingginya masing-masing 5 meter dengan lebar 2,5 meter sebagai simbol penguat tentang pantai ini. Beralih ke pantainya, Seperti halnya pantai indah lainnya di pulau Bali, pantai pandawa memiliki pasir putih halus dengan air yang biru jernih.

Aktivitas di Pantai Pandawa Kutuh Bali

Karena wisatawan yang datang semakin banyak, maka fasilitas dan wahana hiburan terus ditambahkan di pantai ini. Ada banyak aktivitas seru bisa kita lakukan di pantai ini. Secara langsung kita bisa berenang, bermain air atau sekedar berfoto bersama, selain aktivitas tersebut, wisatawan yang datang juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru lainnya seperti:

Bersantai di pinggir Pantai

Di Pantai Pandawa Kutuh ini, wisatawan bisa bersantai di bawah payung yang banyak tersedia di sepanjang pantai pandawa sambil ditemani es kelapa muda atau minuman dingin untuk melawan teriknya matahari pantai. Harga sewa untuk payung dan kursi santai adalah 50.000 rupiah sepasang untuk 3 jam. Harga yang pantas anda bayarkan untuk fasilitas seprivate dan senyaman ini di pantai. jika anda ingin sesuatu tinggal panggilkan pelayan. atau jika anda ingin menghemat uang tanpa menyewa kursi santai dan payung, anda bisa menikmati minuman dingin di warung-warung sekitar pantai.

Bermain Kano

Disini, wisatawan juga bisa menikmati permainan kano, wisatawan bisa mencoba permainan water sport ini bersama maksimal 3 orang satu perahu, benar-benar sangat menyenangkan apalagi jika anda berdua saja bersama orang yang anda sayangi atau cintai. Cukup aman bermain kano walaupun anda tidak bisa berenang karena para penyewa kano akan selalu memberikan anda pelampung dan di sepanjang pantai terdapat beberapa lifeguard yang akan selalu mengawasi anda agar selalu aman.

Bermain Kano di pantai pandawa Bali

Bermain Kano di pantai pandawa Bali

Untuk penyewaan kano akan dikenakan biaya:

  • Single Kano Domestik: Rp 25.000 / 1 orang, durasi 1 jam.
  • Double Kano Domestik: Rp 50.000 / 2 orang, durasi 1 jam.

Takut tenggelam? Saat anda menyewa kano, akan disediakan jaket pelampung. Jika anda tidak ingin menyewa kano tapi ingin menyewa life jacket / jaket pelampung, biaya sewanya Rp 20.000 / 1 jam. Untuk penyewaan sun deck + payung, biaya sewanya Rp 50.000.

Mohon dicatat, harga sewa kano diatas dapat berubah kapan saja tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

Berlayar

Selain bisa bermain kano, wisatawan yang datang juga bisa mencoba aktivitas yang lebih menantang dan lebih seru lagi yaitu berlayar. Anda bisa berlayar ke laut lepas. Tersedia perahu dayung yang disewakan dengan harga 15.000 Rupiah untuk Anda gunakan menyusuri jernihnya air laut di sini. Jangan lupa untuk menyewa baju pelampungnya juga dengan harga 10.000 Rupiah demi keamanan dan keselamatan Anda.

Belajar budidaya rumput laut

Di Pantai ini anda juga bisa mencoba mengenal lebih dekat tentang budidaya rumput laut. Di sekitar pantai ini terdapat tempat budidaya rumput laut oleh nelayan setempat. Selain mengambil rumput laut yang telah mati dan terbawa ombak ke tepi pantai, para nelayan ini juga melakukan penanaman rumput laut untuk menjaga kelestarian alam di Pantai Pandawa.

Jika di Pantai Kuta Anda bisa ikut dalam kegiatan pelepasan tukik ke laut, di sini Anda bisa ikut dalam upaya penanaman rumput laut bersama para nelayan. 

Wisata kuliner dan berburu suvenir

Di Pantai ini anda juga bisa berburu kuliner lezat dan souvenir keren yang bisa dijadikan sebagai buah tangan ketika pulang nanti. Disini, terdapat deretan warung makan dan juga kios yang menjual aneka suvenir khas pantai.

Yuk bawa pulang 19 Oleh-Oleh Khas Bali yang Bisa Anda Bawa Pulang

Anda tidak perlu khawatir kelaparan, silahkan cobain aneka olahan sea food yang bisa memuaskan lidah dan perut Anda. Untuk oleh-oleh, Anda bisa membelinya di kios suvenir sekitar pantai. Beragam pernak-pernik dan aksesoris dapat Anda temukan di sini, mulai dari gantungan kunci dari kerang, frame foto berhias pasir pantai sampai gelang dan kalung kayu dengan ukiran khas Bali.

Cobain juga yuk 23 Kuliner Khas Bali yang Wajib Anda Coba

Fasilitas di Pantai Pandawa

Berbagai fasilitas disediakan di pantai ini untuk melengkapi keperluan wisatawan yang datang, mulai dari lahan parkir yang luas, tempat bilas, toilet dan lain-lain. Selain itu pelayanan informasi di pantai ini juga sangat baik serta selalu ada ambulance yang standby untuk menanggulangi hal yang tidak diinginkan secara cepat.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali 2017

Untuk wisatawan yang datang ke pantai pandawa Bali ini akan dikenakan biaya masuk sebesar:

  • Domestik – Rp 8.000 / orang.
  • Parkir mobil, Rp 5.000 / 1 mobil.
  • Parkir motor, Rp 2.000 / 1 motor.

Update per 1 Januari 2017, harga tiket masuk pantai Pandawa (domestik). Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Yuk Cobain Pijat Tradisional di Pantai Pandawa

Nah, untuk anda yang ingin mencoba sensasi pijat tradisional, silahkan cobain pijat tradisional disini. Anda ingin berjemur di pantai ini, warung makanan disini menyediakan kursi berjemur berserta payung yang dapat anda sewa.

Ingin mencoba pijak refleksi? Di pantai ini tersedia jasa pijat refleksi, nama tempat pijatnya Pandawa SPA. Kira-kira berapa tarif untuk pijat tradisional disini? Berikut ini daftar tarif yang dikenakan:

JENIS MASSAGE HARGA / ORANG
Pandawa Massage – 90 Menit Rp 130.000
Balinese Massage – 60 Menit Rp 100.000
Balinese Massage – 90 Menit Rp 130.000
Relaxation Massage – 60 Menit Rp 100.000
Back Massage – 30 Menit Rp 50.000
Shiatsu Massage – 60 Menit Rp 100.000
Pijat Refleksi Kaki – 30 Menit Rp 40.000
Pijat Refleksi Kaki – 60 Menit Rp 80.000
Manicure – 60 Menit Rp 60.000
Pedicure – 60 Menit Rp 60.000
Manicure & Pedicure – 60 Menit Rp 100.000

Note: Harga bisa berubah

Transportasi 

Lokasi pantai ini ada di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Badung. Tempat wisata ini berjarak sekitar 18 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai, namun sayangnya tidak ada transportasi umum yang melewati lokasi ini. Cara paling praktis adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, taksi atau dengan menyewa mobil/motor.Untuk menuju Pantai Pandawa sebaiknya anda menggunakan kendaraan sendiri, menggunakan jasa travel, taksi atau sewa kendaraan karena tranportasi umum agak sulit. Pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari Bandara Ngurah Rai.

Dari kuta/Denpasar anda ambil jalan menuju Garuda Wisnu Kencana (GWK) setelah itu 1 km dari GWK belok kiri menuju Nusa Dua/Bali Cliff ikuti saja jalannya hingga ada pertigaan dengan rambu jalan/petunjuk arah yang bertuliskan Pantai Pandawa belok kiri ikuti jalan tersebut hingga perempatan kemudian belok kanan sampai tiba di Pantai Pandawa. Jika anda bingung sebaiknya bertanya ke warga setempat.

Daftar Hotel dekat Pantai Pandawa Bali

Mencari tempat menginap? Liburan ke pantai pandawa kurang lengkap rasanya kalau kita tidak menikmati keindahan matahari tenggelamnya yang sangat cantik. Anda tidak perlu khawatir, karena sudah ada banyak hotel di sekitar pantai ini. Berikut ini hotel di sekitar pantai Pandawa yang hanya berjarak  200 meter hingga 3 kilometer :

  1. Villa Latitude Bali
  2. Villa Karang Nusa by Nagisa Bali
  3. Villa Karang Kembar Estate
  4. Villa Karang Kembar 3
  5. Tirta Kencana – Private Villas of Bali
  6. Villa Karang Putih
  7. Villa Karang Selatan
  8. Pandawa Cliff Estate
  9. Villa Bidadari Nusa Dua Bali
  10. Indigo Dream Villa
  11. Villa Karang Kirana Bali
  12. Banyu Biru Villa at La Villa Bali
  13. Pandawa Beach Homestay
  14. Nusa Dua Retreat Boutique Villa Resort
  15. Puri Hasu Bali
  16. Villa Awang Bali
  17. Dina’s Luxury Villa
  18. Green Bowl Bali Homestay
  19. Bukit Pandawa
  20. Timbis Homestay Bali

Akses Menuju Pantai Pandawa

Pantai Pandawa terletak di ujung selatan pulau Bali dan dekat dengan paralayang Bukit Timbis, pantai Green Bowl (Bali Cliff) serta Pantai Melasti. Oleh karena itu, maka rute yang dapat anda tempuh menuju Pantai Pandawa Bali ini diantaranya sebagai berikut:

Bandara Ngurah Rai ke Pantai Pandawa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ambil titik point pertama anda di Denpasar, atau bandara Ngurah Rai. Anda akan menempuh perjalanan sekitar 35 – 45 menit perjalanan atau jaraknya kurang lebih 18 hingga 20 km tergantung rute yang anda pilih. Berikut ini rute/jalan menuju Pantai Pandawa dari Bandara Ngurah Rai:

1. Melalui Garuda Wisnu Kencana (GWK) (± 18,8 Km)
Bandara Ngurah Rai – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Raya Uluwatu (Kedonganan – Jimbaran) – Garuda Wisnu Kencana – Jalan Pura Batu Pageh – Jalan Dharma Wangsa – Jalan Melasti– Jalan Pantai Pandawa.

Keterangan: Rute ini juga melewati tanjakan yang curam, tapi tidak se-ekstrim jika melewati Jl. Goa Gong.

2. Melalui Jl. Goa Gong/Kampus UNUD (±18,2 Km)
Bandara Ngurah Rai – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Raya Kampus Universitas Udayana – Jalan Goa Gong – Jalan Dharma Wangsa – Jalan Melasti II – Jalan Pantai Pandawa.

Keterangan: Rute ini akan melalui tanjakan yang cukup curam serta tikungan yang tajam.

3. Melalui Tol Bali Mandara (± 20,7 Km)
Bandara Ngurah Rai – Jalan By Pass Ngurah Rai – Tol Bali Mandara – Menuju Pintu keluar Nusa Dua/Benoa – Belok kiri ke Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Siligita – Jalan Pintas Siligita – Jalan Kuruksetra – Jalan Dharma Wangsa (Sekolah Tinggi Dharma Wangsa Nusa Dua Bali) – Jalan Melasti – Jalan Pantai Pandawa.

Keterangan: Untuk melewati rute ini, siapkan dana tambahan untuk membayar tol

Jalan Manuju Pantai Pandawa dari Kota Denpasar dapat berpatokan dengan rute dari Bandara Ngurah Rai maupun dari tol Bali Mandara tersebut. Rute dari Tanjung Benoa/Nusa Dua dapat mengikuti rute nomor 3, dengan patokannya mulai pintu tol Benoa/Nusa Dua.
Bagaimana, anda sudah tidak sabar lagi ingin segera liburan ke pantai Pandawa ini? Tunggu apa lagi segera kemasi barang bawaan anda, booking tiket dan let’s goo.
Demikianlah ulasan seputar pantai Pandawa Kutuh dari kami, semoga bermanfaat bisa menjadi panduan liburan di Bali bersama orang-orang tercinta. Jangan lewatkan juga 58 Tempat Wisata di Bali Paling Terkenal dan Amazing
loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!