Liburan Seru ke Floating Market Lembang Bandung Jawa Barat

Floating Market Lembang Bandung memiliki sejuta pesona yang menarik untuk kita eksplorasi. Bandung tidak hanya tentang dunia pendidikan atau budayanya saja, tapi Bandung juga kaya dengan keindahan alam yang sangat mempesona untuk kita jelajahi.

Di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Lembang ada satu objek wisata yang beberapa tahun belakangan ini cukup Hits dan menjadi salah satu tujuan wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Barat dan Jakarta yaitu Floating Market Lembang atau pasar terapung.

Untuk pasar terparung sendiri, kita juga bisa menemukan di kalimantan, untuk lebih jelasnya anda bisa membaca pada postingan sebelumnya mengenai 18 Objek Wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Untuk Floating market Lembang sendiri baru dibuka pada Desember 2012, masih termasuk baru.

Kalau di luar negeri, floating market lembang mirip dengan konsep pasar terapung di Thailand (kunjungi juga: 33 Tempat Wisata di Thailand Paling Populer Wajib Dikunjungi), dimana transaksi terjadi di atas perahu. Penjual dan pembeli akan bertransaksi di atas aliran sungai. Meskipun mirip, namun floating market lembang jauh lebih menarik ketimbang yang ada di Thailand sana. Karena selain berbelanja serta menyantap kuliner lezat, wisatawan juta disuguhkan dengan berbagai wahana wisata yang menghibur.

Floating market lembang sendiri memiliki konsep wisata kuliner, wisata edukasi dan arena bermain. Tidak heran kalau setiap akhir pekannya, floating market lembang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Dan dari tahun ke tahun terjadi trend kenaikan jumlah wisatawan.

Wisatawan yang datang ke floating market lembang tidak hanya yang berasal dari dalam negeri saja, wisatawan dari mancanegara juga datang untuk menikmati liburan seru disini. Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda liburan seru ke Floating Market Lembang. Bagaimana? Anda tertarik?

Rute Menuju Floating Market Lembang

Wisatawan yang hendak berkunjung ke floating market, bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua dan roda empat, serta anda juga bisa menggunakan kendaraan umum. Jalur yang dilalui sangat baik. Anda bisa mengambil jalur  Cipaganti, Setiabudhi, Ledeng, Lembang sementara dari Subang anda dapat melalui jalur Ciater.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan umum bisa mengambil Angkutan  dari Bandung melalui rute angkot Stasiun Bandung – Lembang dan Ciroyom – Lembang, atau anda juga dapat naik angkutan lainnya seperti Taxi. Kebetulan rute angkutan umum yang dari Bandung melewat gerbang Floating Market, hanya saja anda harus menunggu sampai angkutan tersebut melewati pasar lembang dan menuju arah Bandung, perlu di ketahui bahwa jalur yang melewati Floating Market memang jalur satu arah.

Perlu diperhatikan, sebaiknya anda pergi lebih pagi (terutama jika menggunakan bus pariwisata) sebab rute Lembang – Bandung (pulang-pergi) teramat sering macet, terutama menjelang siang hari. Adapun lokasi rawan macet terdapat di beberapa titik, seperti kawasan Setiabudi dan Terminal Ledeng.

Rute Menuju Floating Market Lembang

Rute Menuju Floating Market Lembang

Harga Tiket Masuk Floating Market Lembang

Berikut ini daftar harga tiket masuk floating market Lembang terbaru:

  • Senin-Jum’at         : Rp.10.000
  • Sabtu-Minggu         : Rp.15.000
  • Parkir Mobil/Motor    : Rp.3000/5000
Meskipun kita membayar biaya untuk parkir, tapi nantinya karcis tersebut bisa kita tukarkan dengan lemon tea, choco latte, atau coffe latte di Floating Market Lembang ini. Wah, lumayan juga ya, sama saja gratis biaya parkir ya.
Harga Tiket Masuk Floating Market Lembang

Harga Tiket Masuk Floating Market Lembang

Jam operasional Floating Market Lembang

  • Week day: 09.00 – 17.00 WIB
  • Week End: 09.00 – 20.00 WIB

Karena weekend sangat ramai, anda bisa mengunjungi floating market saat weekday jadi tidak terlalu ramai.

Jangan lewatkan juga 32 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Harus Anda Coba

Transaksi Menggunakan Koin

Keunikan transaksi di floating maarket adalah dengan menggunakan mata uang ‘peng’. Dimana nominal 5.000 (kuning), 10.000 (biru). 50.000 (pink), dan 100.000 (oranye). Jadi, setiap anda hendak berbelanja harus menggunakan uang ‘resmi’ disini. Ingat Koin yang sudah anda tukarkan tidak dapat diuangkan kembali dan dapat Anda bawa pulang dan dipakai di kunjungan selanjutnya. Jadi beli seperlunya saja ya.
Koin Floating market lembang

Koin Floating market lembang

Aneka Wahana di Floating Market Lembang dan Harga Tiketnya

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang

Berikut ini beberapa hal seru yang tidak boleh anda lewatkan saat berada di floating market:

1. Menjelajah Danau dengan Perahu

Wisatawan dapat menikmati pengalaman menjelajah danau dengan menggunakan perahu, disini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk selfie. Anda bisa menyewa sepeda air dan kano dengan membayar biaya sewa Rp 50.000 untuk dua orang (untuk 30 menit). Jika ingin bareng-bareng, bisa menyewa sampan dengan tarif sewa Rp 70.000 (untuk 4 orang per 30 menit).

Naik Perahu di Floating market lembang

Naik Perahu di Floating market lembang

2. Bersantai di Saung (Gazebo)

Di Floating market, disediakan saung-saung untuk wisatawan dapat beristirahat. Gazebo-gazebo ini disewakan kepada para pengunjung dengan harga Rp 65.000,- per jam. Area di sekitar gazebo ini terdapat kolam renang mini dan juga terdapat persawahan hijau yang memberi pemandangan segar. Di sekitarnya pun, Anda bisa memberi makan aneka hewan ternak.

3. Memberi Makan Kelinci

Memberi makan kelinci bisa menjadi aktivitas menyenangkan bersama anak. Denganmembayar Rp 20.000 per orang wisatawan sudah mendapatkan dua wortel sebagai makanan kelinci. Khusus bagi anak-anak, di arena bermain bisa mencoba naik becak mini. Pengunjung dapat menyewa satu becak dengan koin seharga Rp 20.000 per 4 putaran. Selain taman kelinci, di sini pun ada taman angsa. Di taman angsa selain berfoto dengan unggas putih dan dapat juga memberi makan.

4. Taman Miniatur Kereta Api

Di Floating market juga terdapatTaman Miniatur Kereta Api. Wahana ini disajikan lengkap dengan pernak perniknya. Maka tampilannya pun begitu menarik karena sangat mirip dengan rangkaian dan suasana perlintasan kereta api di dunia nyata. Tentunya bagi Anda yang membawa anak-anak, wahana ini akan menjadi sebuah pengalaman tersendiri yang begitu berbeda dan menarik bagi mereka untuk lebih mengenal alat transportasi ini. Dengan berlokasi di outdoor, maka saat hujan ruangan miniatur kereta api ini sehingga tak bisa beroperasi. Pengunjung bisa menikmati miniatur rute kereta di Padalarang dengan adanya miniatur jembatan Cikubang.

5. The Rock

The Rock menjadi wahana yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya. The Rock merupakan fosil kayu, semacam pohon yang sudah membatu. Lokasinya di jalur dekat toilet dan parkiran motor.

6. Pasar Terapung

Pasar terapung ini menjadi daya tarik utama wisata kesini. Pasar Terapung ini biasa digelar setiap weekend, yakni pada hari Jumat hingga Minggu. Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan koin khusus. Ada 46 perahu yang ada di pasar terapung itu menjual aneka jajanan dan makanan serta  souvenir untuk oleh-oleh.

7. Menikmati Sajian Kuliner Lezat

Di tempat makan, Anda bisa menikmati bakso tahu, rujak, colenak, siomay, tahu lembang, surabi, sosis bakar, tempe mendoan, batagor, lotek, jagung bakar, karedok, otak-otak, ketan bakar, duren bakar,nasi timbel, ketan bakar, seblak, karedok, jamur, dan makanan lainnya.

8. Fasilitas Lainnya

Tidak hanya makan-makan saja, wisatawan juga bisa membeli aneka souvenir disini, juga tersedia fasilitas petik strawberri; sentra aneka souvenir untuk buah tangan saat pulang ke rumah; main di sawah mini; bahkan fasilitas arena untuk main catur pun ada. Selain itu, tempat ini pun menyediakan fasilitas untuk family gathering atau foto-foto prewedding.

Hotel di Floating Market Lembang

Karena semakin banyaknya wisatawan yang datang dari berbagai daerah dan negara, maka dibangunlah berbagai hotel dan penginapan di skeitar Floating Market.  Beberapa hotel terkenal diataranya seperti Grand Hotel Lembang, Hotel Pesona Bamboe Lembang, atau Hotel Bumi Makmur Indah Lembang. Di samping itu, masih ada aneka villa yang dapat Anda sewa dengan harga yang bervariasi.

Anda dapat mencari hotel atau penginapan dekat Floating Market Lembang secara online guna memastikan ketersediaan kamar.

Floating Market Lembang

Jl. Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Kab. Bandung Barat
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -6.818011,107.618774
Telepon: (022) 2787766 / 082219228881
Twitter: @floatmartlembang
Facebook: Floating Market Lembang
Bagaimana? Anda tertarik untuk menikmati liburan seru bersama orang tercinta ke floating market Lembang? Tunggu apalagi, mengenai harinya terserah anda, apakah mau yang saat sedang ramai atau saat sedang sepi agar bisa lebih romantis lagi.
Demikianlah panduan liburan ke Floating Marker Lembang dari kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk terus mempromosikan tempat wisata di di daerah anda kepada dunia, bagikan artikel ini kepada yang lainnya. Jangan lewatkan Liburan Seru di Dusun Bambu Lembang Bandung

Leave a Reply

error: Content is protected !!