31 Tempat Wisata di Manado Sulawesi Utara dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Manado – Halo sobat travelers dimanapun anda berada. Anda mau menikmati liburan seru bersama keluarga atau orang tercinta di Kota Manado? Manado memang memiliki banyak sekali tempat tujuan wisata yang menarik untuk kita kunjungi. Tempat wisata yang paling terkenal di Manado adalah pulau Bunaken, atau taman laut Bubaken.

Taman laut ini memiliki keindahan dasar laut yang sangat luar biasa, dengan keanekaragaman biota dasar lautnya menjadikan Bunaken tidak hanya terkenal di dalam negeri tapi juga sampai ke luar negeri. Selain itu, masih ada banyak sekali tempat wisata di Manado yang menarik untuk dikunjungi.

Sebelum kita bahas apa saja tempat wisata di Manado yang wajib dikunjungi, ada baiknya kalau kita kenalan dengan seluk beluk Manado atau juga dikenal dengan sebutan Menado ini. Kota Manado atau Menado sendiri merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Masyarakat Sulut memiliki motto hidup Si Tou Timou Tumou Tou yang artinya  “Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain” atau “Orang hidup untuk menghidupkan orang lain”.

31 Tempat Wisata di Manado Sulawesi Utara

Berikut ini adalah 31 tempat wisata di Manado dan sekitarnya yang wajib dikunjungi yang Tempatwisataseru.com rangkum untuk anda

1. Tempat Wisata Paling Terkenal Taman Laut Bunaken di Manado

Sebagaimana sudah dijelaskan di atas, taman laut bunaken merupakan tempat wisata di Manado yang paling terkenal dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri wisatawan datang ke Manado.

Tempat Wisata Paling Terkenal Taman Laut Bunaken di Manado

Tempat Wisata Paling Terkenal Taman Laut Bunaken di Manado

Objek wisata ini sijadikan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada 2005. Taman laut Bunaken sangat kaya dengan biota laut, anda bisa melihat aneka terumbu karang dan ikan dengan warna-warni cantik.

Bagi pecinta kegiatan menyelam, snorkeling dan fotografi air, maka Bunaken adalah tujuan wisata yang wajib dikunjungi. Setidaknya ada 39 titik selam disini, ini akan membuat anda betah dan berlama-lama menyelam di sini. Jika tak bisa berenang, Anda tetap bisa menikmati keindahan tempat wisata bawah air ini dengan menggunakan kapal selam yang telah didesain secara khusus. Dinding kapal berupa kaca transparan sehingga Anda bisa melihat pemandangan bawah laut yang luar biasa dengan jelas.

Anda bisa datang untuk menyelam kapan pun di sini, tapi waktu terbaiknya adalah antara bulan Mei – Agustus. Pada rentang waktu ini, airnya lebih jernih sehingga jarak pandang bisa lebih baik. Selain itu, suhu udara juga ideal untuk menyelam.

Loading...

Tempat wisata ini dapat ditempuh dalam waktu 35 menit dengan menggunakan speed boat dari Pelabuhan Manado, jaraknya sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado. 

Beberapa spot terbaik di Bunaken yang harus anda coba Lekuan 1, Lekuan 2, Lekuan 3, Fukui, Mandolin, Tanjung Parigi, Ron’s Point, Sachiko Point, Pangalisang, Muka Kampung, dan Bunaken Timur.

Sejumlah kegiatan wisata Bunaken yang mungkin Anda pilih di antaranya berkeliling 

2. Destinasi Wisata Seru Pulau Siladen di Manado

Selain Bunaken, Pulau Siladen juga memiliki keindahan ‘Surga’ yang tidak boleh anda lewatkan, untuk mencapainya anda bisa menaiki kapal motor dengan waktu sekitar 45 menit. Pulau Siladen dikenal dengan hamparan pasir pantai yang putih dan bersih. Pulau Siladen ini terletak di sebelah timur Pulau Bunaken.

Destinasi Wisata Seru Pulau Siladen di Manado

Destinasi Wisata Seru Pulau Siladen di Manado

Salah satu objek wisata di Manado ini memiliki spot penyelaman paling menarik di lokasi bernama Siladen 1 dan Siladen 2. Pulau Siladen ini memiliki sejumlah resort dan homestay dengan fasilitas akomodasi yang baik. Jika Anda ingin menikmati wisata laut dengan ketenangan dan keindahan yang memikat, maka Pulau Siladen di Manado adalah opsi yang layak dipertimbangkan.

3. Objek Wisata  Air Terjun Kima Atas di Manado

Air terjun Kima menjadi salah destinasi wisata favorit wisatawan di Manado, jaraknya hanya 15 km dari kota Manado, kalau perjalanan sekitar 20 menit saja. Air terjun ini berada di Kelurahan Kima Atas.

Objek Wisata Air Terjun Kima Atas di Manado

Objek Wisata Air Terjun Kima Atas di Manado

Ada banyak pepohonan di sekitar air terjun yang membuat udara di tempat wisata ini sejuk. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan dengan aliran yang tidak terlalu deras sehingga aman untuk berenang di kolam penampungan airnya.

Jika tidak ingin bermain air, Anda bisa menggelar tikar dan duduk bersantai sambil menikmati kuliner yang dijajakan di lokasi. 

4. Objek Wisata Danau Tondano di Manado

Destinasi wisata di Manado yang selanjutnya adalah Danau Tondano. Danau ini menjadi salah satu tujuan wisata di Manado bersama keluarga yang tidak boleh dilewatkan.

Objek Wisata Danau Tondano di Manado

Objek Wisata Danau Tondano di Manado

Danau ini sendiri terbentuk akibat adanya aktivitas vulkanis gunung purba, mirip dengan kejadian danau Toba di Sumatera Utara, danau wisata ini juga memiliki pulau di tengahnya dan berada di dataran tinggi yaitu 600 meter di atas permukaan laut. Danau yang memiliki luas 4.000 hektar ini diapit oleh Gunung Tampusu, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang.

Anda juga dapat berkeliling danau dengan perahu motor untuk 10 penumpang, untuk naik perahu motor ini, Anda dikenakan biaya 50.000 Rupiah dan harus menunggunya sampai penuh terisi 10 orang penumpang.

5. Tempat Wisata Menantang Arung Jeram Sawangan di Manado

Anda suka dengan olahraga ekstrim arung jeram? Kalau begitu anda harus menaklukkan sungai Sawangan. Sungai Sawangan menjadi salah satu spot untuk melakukan kegiatan arung jeram yang menarik untuk kita coba.

Tempat Wisata Menantang Arung Jeram Sawangan di Manado

Tempat Wisata Menantang Arung Jeram Sawangan di Manado

Arus sungai ini cukup deras sehingga sangat menantang untuk kita coba. Anda akan diajak menaklukan arus dan bebatuan yang ada selama kurang lebih dua jam. Panjang lintasan sungai yang ditempuh adalah 9 km. Perjalanan akan dimulai di Resort River Park, Desa Sawangan. Selama di atas perahu, Anda bisa menikmati pemandangan rimbunnya pepohonan di tepi sungai. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat monyet-monyet bergelantungan di atas pohon.

Untuk bisa menikmati olahraga ekstrim ini, Anda perlu mengeluarkan uang 180.000 Rupiah.

6. Tempat Wisata Pantai Malalayang di Manado

Satu lagi objek wisata pantai di Manado yang tidak boleh anda lewatkan, pantai Malalayang yang lokasinya sekitar 4 km dari pusat kota Manado. Tempat wisata ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah menarik. Tak perlu khawatir jika lupa membawa alat menyelam Anda, di sini ada tempat penyewaan alat selam.

Tempat Wisata Pantai Malalayang di Manado

Tempat Wisata Pantai Malalayang di Manado

Ombak di pantai ini relatif tenang sehingga Anda bisa bermain air di atas pasirnya yang hitam. Selain menyelam dan bermain air, kegiatan menarik lainnya adalah menikmati kuliner khas Pantai Malalayang yaitu pisang goreng dengan sambal dabu-dabu. Tempat wisata di Manado ini dikenal memilikipemandangan matahari terbenam yang indah. Tak ada salahnya menikmati pamandangan cantik ini dengan sepiring pisang goreng ditambah sambal khas Manado.

7. Tempat Liburan Taman Wisata Tandurusa di Manado

Anda pecinta binatang? Nah anda bisa melihat aneka koleksi hewan khas Manado atau lebih tepatnya Sulut di taman wisata Tandurusa.

Tempat Liburan Taman Wisata Tandurusa di Manado

Tempat Liburan Taman Wisata Tandurusa di Manado

Taman ini lokasinya ada di Kecamatan Aertembaga yang haraknya sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota Manado.

Anda bisa melihat hewan khas Sulawesi mulai dari babirusa, monyet hitam, tarsius dan berbagai jenis burung.

Yang paling menarik tentu saja tarsius yang sudah menjadi ikon Sulawesi Utara. Tarsius ini bentuknya menyerupai monyet tapi tubuhnya tak lebih dari 15 cm. Tangan dan kakinya berukuran lebih panjang dari tubuhnya. Satu cirinya yang paling mencolok adalah matanya yang bulat besar dan berukuran hampir setengah dari wajahnya.

8. Tempat Wisata yang Menarik Bukit Kasih di Manado

Bukit kasih menjadi tempat wisata di Manado yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya, lokasinya  ada di Desa Kanonang atau sekitar 55 km dari pusat kota Manado.

Tempat Wisata yang Menarik Bukit Kasih di Manado

Tempat Wisata yang Menarik Bukit Kasih di Manado

Uniknya, sesuai dengan namanya bukit kasih, anda bisa melihat rumah ibadah dari lima agama resmi di Indonesia dalam satu tempat.

Tak jauh dari pintu masuk, Anda akan disambut dengan sebuah monumen setinggi 22 meter yang disebut dengan Tugu Toleransi. Monumen ini berbentuk segi lima yang di setiap sisinya terdapat simbol masing-masing agama dengan kutipan ayat dari kitab sucinya.

Naik ke atas, ada lima rumah ibadah yang masing-masing dihubungkan dengan anak tangga berliku. Untuk dapat berkeliling tempat wisata ini, Anda harus naik-turun ratusan anak tangga, maka sebaiknya Anda memakai alas kaki yang nyaman.

Selain Tugu Toleransi, ada sebuah menara salib berwarna putih dengan tinggi mencapai 53 meter. Menara ini bahkan bisa dilihat dari kawasan boulevard yang ada di pusat kota Manado.

9. Tempat Wisata Sejarah Museum Negeri Sulawesi Utara di Manado

Anda ingin mengenal Manado lebih dekat? Anda bisa mengunjungi Museum Negeri Sulawesi Utara di Manado. Disini anda bisa mengenal budaya suku Minahasa yang merupakan suku asli provinsi ini.

Tempat Wisata Sejarah Museum Negeri Sulawesi Utara di Manado

Tempat Wisata Sejarah Museum Negeri Sulawesi Utara

Tempat wisata yang berada di Jalan WR. Supratman ini memiliki beragam koleksi yang menggambarkan budaya masyarakat setempat. Anda bisa menemukan miniatur rumah adat, pakaian adat, alat menangkap ikan, peralatan rumah tangga, sampai benda peninggalan pahlawan daerah. Total ada sekitar 2.810 buah koleksi yang ada di museum ini.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata di Manado ini, Anda hanya dikenakan biaya sebesar 1.000 Rupiah untuk dewasa dan 250 Rupiah untuk anak-anak. Museum buka setiap hari kecuali hari Minggu dan hari libur nasional.

10. Tempat Wisata Kuliner Kawasan Boulevard di Manado

Kawasan boulevard menjadi salah satu lokasi yang selalu ramai oleh wisatawan, baik masyarakat sekitar ataupun dari berbagai daerah di Indonesia yang mengunjungi Manado.

Tempat Wisata Kuliner Kawasan Boulevard di Manado

Tempat Wisata Kuliner Kawasan Boulevard di Manado

Lokasinya ada di sepanjang Jalan Pierre Tendean. Kawasan ini sendiri menjadi landmark kota Manado.

Pada sore hari, tempat wisata ini ramai dikunjungi warga untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Jika Anda ingin membuktikan keindahan matahari terbenam di sini, sebaiknya datang sebelum jam 5 sore agar mendapat bangku untuk duduk.

Malam harinya, kawasan ini menjadi pusat kuliner di Manado. Tak hanya makanan khas Manado yang disajikan di sini, namun juga ada banyak kuliner dari daerah lain di nusantara. Sambil menikmati makanan, Anda bisa melihat keindahan Pulau Manado Tua di seberang laut.

11. Tempat Wisata Kota Bunga Tomohon

Selain Bandung, manado juga punya taman bunga yang cantik dan tertata dengan rapi, taman ini lokasinya tidak di Manado, melainkan di Kota Tomohon yang jaraknya sekitar 22 KM dari Manado.

Tempat Wisata Kota Bunga Tomohon

Tempat Wisata Kota Bunga Tomohon – tempat wisata di Manado

Di kota ini, warga menanam aneka bunga yang cantik, karena tanahnya sangat subur sekali. Di sini, setiap rumah memiliki kebun pribadi dipenuhi bunga warna-warni yang cantik.

Antara bulan Juni – Agustus, biasanya diadakan festival bunga hias. Anda bisa melihat parade bunga dan berbagai pertunjukan seni di sepanjang jalanan kota. Jika belum puas menikmati kota ini dalam satu hari, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak penginapan di Tomohon.

12. Mengunjungi Patung Yesus Memberkati

Patung ini menjadi salah satu ikon kota Manado yang layak untuk anda kunjungi. Patung dengan tinggi sekitar 50 meter ini terletak di kawasan perumahan elit Citraland Winangun. Jalan bypass atau Manado Ring Road membelah kawasan ini seolah menjadi dua bagian.

Mengunjungi Patung Yesus Memberkati

Mengunjungi Patung Yesus Memberkati – tempat wisata di Manado

Pergilah ke sisi jalan yang satunya dan jangan khawatir, karena walaupun terletak di perumahan elite, Anda tidak akan dipungut bayaran.

Datang saat pagi hari merupakan waktu terbaik, karena Anda bisa menyaksikan siraman mentari pagi di badan patung saat matahari keluar dari balik Gunung Klabat di kejauhan. Anda juga dapat menyaksikan pemandangan alam sekitar yang tak kalah indahnya.

Setelah puas dengan pemandangan matahari terbit, pergilah ke area patung, dan coba menyusuri tangga-tangga yang ada serta menikmati berbagai fragmen cerita mengenai kehidupan Yesus yang ditata sedemikian rupa di lokasi ini.

13. Tempat Liburan Asyik di Manado Tua

Manado tua menjadi salah satu pulau yang wajib kita kunjungi. Manado tua berjarak sekitar 10 mil dari kota Manado, anda harus menempuh perjalanan sekitar 60 menit dengan menggunakan kapal motor. Di pulau ini terdapat gunung berapi yang menjulang tinggi dan ditumbuhi pepohonan hijau dan rindang.

Tempat Liburan Asyik di Manado Tua

Tempat Liburan Asyik di Manado Tua – tempat wisata di Manado

Tak berbeda jauh dengan taman laut bunaken dan pulau siladen, perairan di kawasan ini memiliki panorama bawah laut yang spektakuler. Tak salah jika pada tahun 2009 yang lalu, tempat ini menjadi salah satu lokasi pelaksanaan World Ocean Conference.

Jangan lewatkan juga 16 Tempat Wisata di Tangerang Paling Terkenal Menarik Dikunjungi

14. Gunung Tumpa di Manado

Gunung Tumpa menjadi salah satu tempat wisata di Manado yang tidak boleh kita lewatkan terutama untuk anda yang gemar dengan fotografi.

Gunung Tumpa di Manado

Gunung Tumpa di Manado – tempat wisata di Manado

Gunung Tumpa terletak di Kelurahan Meras Kecamatan Bunaken dan bisa ditempuh sekitar 50 menit dari pusat kota Manado dengan angkutan darat. Ditempat ini anda bisa menyaksikan pepohonan yang menghijau dan perkebunan kelapa rakyat. Saat berada di puncak gunung, mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan kota Manado secara keseluruhan.

Bagi para pecinta dunia fotografi, lokasi ini merupakan lokasi wajib untuk anda kunjungi karena ditempat ini anda bisa mengabadikan panorama matahari saat terbit di ufuk timur (sunrise) dan ketika tenggelam di ufuk barat (sunset).

15. Tempat Wisata Taman Laut Tumbak

Selain Bunaken, taman laut Tumbak juga memiliki keindahan terumbu karang yang sangat menakjubkan. Meskipun memiliki keindahan yang luar biasa, Taman Latu Tumbak masih belum terkenal dan masih jarang wisatawan yang mengetahuinya.

Tempat Wisata Taman Laut Tumbak

Tempat Wisata Taman Laut Tumbak – tempat wisata di Manado

Taman laut tumbak memang tidak berada di Mando, lokasinya ada di Kabupaten Minahasa Tenggara, berada pada sebuah desa yang bernama Tumbak. Dari kota Manado, jarak tempuh ke Tumbak membutuhkan waktu 3 jam dengan kendaraan darat. Seperti Bunaken, pesona Taman Laut Tumbak terletak pada keindahan terumbu karangnya.

Ada 20 spot diving dan snorkel di Tumbak yang patut Anda coba, di antaranya Napo Kipas, Bohaga Mangrove, Bohaga Kecil, MFT 1, MFT2, Taman Karang, dan Pintu Samudra.

16. Tempat Wisata Alam Air Terjun Tapahan Telu di Manado

Satu lagi tempat wisata alam di Manado yang layak untuk kita kunjungi, yaitu Air Terjun Tapahan Telu sering atau Air Terjun desa Kali, terletak agak di dalam hutan, dengan suasana sepi, cipratan airnya lumayan deras, membuat sekitarnya (termasuk jembatan bergaya klasik) menjadi berlumut tetapi justru menambah sisi artistik.

Tempat Wisata Alam Air Terjun Ratahan Telu di Manado

Tempat Wisata Alam Air Terjun Tapahan Telu di Manado

Untuk menuju air terjun ini cukup mudah, bahkan saya menuju kesini dengan naik sepeda (tapi ini hanya disarankan bagi yg memang sudah terbiasa bersepeda menanjak). Kalau dihitung, jaraknya hanya sekitar 20 km dari pusat kota Manado menuju gerbang masuk. Untuk menuju air terjunnya sendir masih harus berjalan kaki menyusuri hutan sekitar 20menit. Tidak perlu kuatir karena walaupun tidak ada pedagang di dalamnya, sudah ada toilet dan tempat istirahat. Lokasi Air Terjun Tapahan Telu  terletak di Desa Kali Kecamatan Pineleng.

Dari kota Manado, menuju ke jalan raya Tomohon (arah menuju Kota Tomohon atau Danau Tondano). Setelah menempuh jarak 8km akan menenui gapura bertuliskan Makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol di sebelah kiri jalan. Memang air terjun Tapahan Telu ini searah dengan makam Tuanku Imam Bonjol, jadi bagi pengunjung yang berwisata ziarah bisa dilanjutkan dengan menuju air terjun.

17. Tempat Wisata Gratis Jembatan Soekarno di Manado

Jembatan Sukarno bisa dibilang sebagai objek wisata terbaru di Manado, karena baru diresmikan pada bulan Mei tahun 2015 yang lalu.

Tempat Wisata Gratis Jembatan Soekarno di Manado

Tempat Wisata Gratis Jembatan Soekarno di Manado

Jangan lupa untuk berfoto dengan latar belakang Menara Lilin yang juga berlokasi sangat dekat dengan Jembatan Soekarno. Tunggulah hingga langit sore berubah warna merah keemasan pertanda matahari akan terbenam. Jangan khwatir jika Anda tidak punya kamera, sebab para penyedia jasa foto cukup banyak di sini. Hasilnya pun bisa Anda bawa pulang segera, karena mereka langsung mencetaknya begitu selesai difoto.

18. Liburan Menarik ke Kampung Cina di Manado

Di pusat kota Manado ada sebuah kampung Cina yang menarik untuk kita kunjungi. Dinamakan Kampung Cina karena hampir semua pedagang yang berada di sini merupakan keturunan etnis Tionghoa.

Liburan Menarik ke Kampung Cina di Manado

Liburan Menarik ke Kampung Cina di Manado

Mereka menempati bangunan-bangunan toko tua yang dibangun sejak penjajahan Belanda. Beberapa bangunannya bahkan masih dipertahankan sebagaimana aslinya dengan arsitektur bergaya kolonial. Jika siang hari, lokasi ini sangat padat dengan hilir mudik para pembeli termasuk padatnya kendaraan.

Di Kampung Cina ini juga Anda dapat mengunjungi klenteng tertua di Manado, Ban Hing Kiong, yang dibangun pada tahun 1819 dan berdiri megah berdampingi dengan Klenteng lainnya, Kwang Kong. Jika Anda membawa kendaraan parkirlah di Taman Kesatuan Bangsa yang tak jauh dari Kampung Cina.

Tempat wisata di Sekitar Manado

Berikut ini tempat wisata yang anda di sekitar Mando yang juga menarik untuk kita kunjungi. Meskipun tidak berada di Manado, namun karena lokasinya yang cukup dekat, tidak ada salahnya kalah kita kunjungi juga, karena beberapa tempat sangat rekomended untuk mengisi waktu liburan bersama orang tercinta, simak berikut ini:

19. Menikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Lembeh

Tempat wisata di Manado selanjutnya adalah pulau Lembeh yang memiliki keindahan yang sangat mempesona. Pula ini tidak kalah indahnya dengan taman laut bunaken. Tidak tanggung-tanggung, disini wisatawan akan dimanjakan oleh 88 spot menyelam yang indah menunggu kita.

Menikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Lembeh

Menikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Lembeh

Pulau ini menjadi tempat wisata di Manado yang wajib dikunjungi oleh para pecinta snorkeling, diving dan fotografi. Pulau nan eksotis ini berada di kota Bitung, tidak terlalu jauh dari Manado. Untuk biaya masuk ke pulau Lembeh ini dibutuhkan uang sebesar 8.000 rupiah.

Tetapi kita bisa berkeliling tempat wisata di sekitar Manado dengan menyewa perahu, meskipun membutuhkan biaya yang agak banyak berjumlah kurang lebih 300 ribu rupiah, tetapi kita bisa menyewa perahu untuk berkeliling antar pulau dan ke sekitar Manado. Untuk yang tidak terlalu suka kegiatan air seperti diving dan snorkeling, bisa juga berfoto-foto di sekitar pulau yang airnya jernih dan berpasir putih ini.

Bagaimana? Anda sudah tidak sabar ingin mencoba sesasi alam baawah laut pulau Lembeh? Tunggu apalagi yuk langsung meluncur ke TKP.

20. Liburan Asyik ke Pantai Ratatotok

Tempat wisata di Manado selanjutnya adalah pantai Ratatotok yang terletak di kecamatan Minahasa Tenggara dan bisa ditempuh 3 jam dari Manado, pantai ini merupakan milik penambangan emas Newmont. Meskipun begitu, tidak membuat pantai ini kotor dan tidak terawat. Pemandangan yang sangat bagus, pantai yang bersih, laut biru jernih, pasir putih yang nyaman membuat pengunjung betah karena udaranya bersih dan baik untuk kesehatan.

Liburan Asyik ke Pantai Ratatotok

Liburan Asyik ke Pantai Ratatotok – tempat wisata di Manado

Terdapat 24 titik diving dan snorkeling, terumbu karang dan berbagai jenis ikan dan koral yang merupakan hasil dari program konservasi laut PT. Newmont. Kedalaman lokasi diving dan snorkeling beragam, mulai dari 5-40 meter dengan jarak pandang 10-25 meter dan suhu air sekitar 26 sampai 32 derajat celcius.

Hmmm, buat anda pecinta snorkeling, pantai ini juga harus masuk dalam daftar tempat wisata di Manado yang wajib anda kunjungi.

21. Liburan Seru di Pulau Lihaga Nan Eksotis

Pulau lihaga juga bisa menjadi alternatif tempat wisata di Manado yang layak anda pertimbangkan. Pulau yang ada di daerah Minut, dekat kota Manado ini bernuansa eksotis dan pengunjung bisa mendapat pantai pasir putih dengan air yang biru hijau dan jernih. Ombak yang bersahabat dan tenang memang membuat pengunjung tidak bisa surfing, tetapi wisatawan bisa bersantai, berjemur dan bermain air di pinggir pantai yang indah ini.

Liburan Seru di Pulau Lihaga Nan Eksotis

Liburan Seru di Pulau Lihaga Nan Eksotis – tempat wisata di Manado

Meskipun pengunjung akan dikenai biaya masuk, tetapi pemandangan yang diberikan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indah dan menenangkan di pulau ini. Pulau Lihaga memang tidak terlalu banyak pengunjung karena belum terekspos. Tetapi, pemandangan di pulau Lihaga bisa diadu dengan tempat wisata di Maldives.

Siapa yang tidak terpana dengan keindahannya? Ternyata ada banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang lebih indah ketimbang di luar negeri sana.

22. Menikmati Senasi Adrenalin di Arung Jeram Timbukar

Khusus untuk anda yang suka dengan olahraga ekstrim, anda bisa mencoba sensasi yang menantang di arung jeram Timbukar.  Untuk mencapai lokasi olahraga ini hanya memakan waktu 2 jam saja dari Kota Manado menuju ke desa Timbukar, Minahasa.Terdapat banyak tempat yang menarik di sepanjang jalan, jadi perjalanan pun tidak akan membosankan.

Menikmati Senasi Adrenalin di Arung Jeram Timbukar

Menikmati Senasi Adrenalin di Arung Jeram Timbukar

Sesampainya di desa Timbukar, pengunjung bisa memilih paket yang ada, dan mulai mengarungi jeram di Sungai Nimanga sambil menikmati keindahan alam dan tebing di sebelah kanan dan kiri. Dari tempat start menuju finish memakan waktu 2 jam, berjarak sekitar 9 kilometer. Tentunya pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner yang disajikan di desa Timbukar.

Bagaimana? Anda merasa tertantang untuk mencoba arung jeram disini?

23. Menaklukan Gunung Duasaudara

Selanjutnya, anda bisa mencoba sensasi mendaki gunung Duasaudara yang terletak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Bitung. Gunung nonaktif yang berada di sekitar sebelah timur Gunung Klabat ini berhadapan langsung dengan Cagar Alam Tangkoko. Keindahan puncak Gunung Duasaudara terlihat jelas dari pesisir Lembeh, dan sangat mengesankan.

Menaklukan Gunung Duasaudara

Menaklukan Gunung Duasaudara

Khusus untuk anda yang suka mendaki, tidak ada salah untuk mencoba mendaki gunung ini. Ketinggian gunung ini sekitar 1.351 meter di atas permukaan laut ini terhitung sulit, tetapi banyak wisatawan yang sudah sangat puas dengan berjalan-jalan di kaki gunung dan menikmati wisata kuliner serta pemandangan indah dan udara segar.

24. Liburan ke Situs Waruga Sawangan

Anda mencari situs bersejarah? Nah, disini tempatnya. Anda bisa mengunjungi situs waruga Sawangan yang sudah sangat tersohor di Sulawesi Utara. Masyarakat Sulawesi Utara, khususnya suku Minahasa memiliki tradisi yang unik dalam pemakaman yakni dengan menguburkan orang yang telah meninggal ke dalam wadah bernama waruga.

Liburan ke Situs Waruga Sawangan - tempat wisata di Manado

Liburan ke Situs Waruga Sawangan – tempat wisata di Manado

Waruga ini sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu bagian badan dan kepala atau penutup. Seluruhnya terbuat dari batu utuh, dan bagian badan umumnya berbentuk persegi empat dengan ruang kosong di bagian tengah untuk meletakkan jenazah yang akan dimakamkan. Waruga Sawangan berlokasi di Desa Sawangan, sekitar 45 menit dari Kota Manado.

25. Sensasi Menaklukan Gunung Mahawu

Anda juga bisa mencoba sensasi mendaki gunung Mahawu yang lokasinya tidak jauh dari kawasan bunga Tomohon, kawah Gunung Mahawu merupakan pilihan yang tepat jika kita sudah puas berjalan-jalan di taman bunga dan ingin melihat kedalaman kawah yang eksotis.

Sensasi Menaklukan Gunung Mahawu - tempat wisata di Manado

DCIM101MEDIASensasi Menaklukan Gunung Mahawu

Jalan setapak yang sudah dibeton, anak tangga yang sudah disemen dan ber-trap, membuat wisatawan mudah menempuh perjalanan ke atas. Pemandangan berupa kawah Gunung Lokon, gunung Manado Tua, pulau Bunaken, kota Tomohon dan Manado bisa terlihat jika wisatawan berkeliling di jalan setapak di bibir bawah.

26. Pusat Kerajinan Keramik Pulutan

Kerajinan keramik disini terkenal mengahasilkan produk dengan kualitas terbaik. Disamping itu, model dan corak keramiknya pun sangat bagus dan tidak kalah dengan keramik di tempat lain. pengrajin keramik pulutan sendiri biasanya bermukim di Desa Pulutan Kecamatan Remboken, Kab. Minahasa. Jika dari Manado, tempat ini bisa berjarak kurang lebih 31 km dari pusat kota.

Pusat Kerajinan Keramik Pulutan - tempat wisata di Manado

Pusat Kerajinan Keramik Pulutan

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Manado

Setelah capek jalan-jalan jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner Manado yang lezat. Berikut ini beberapa yang kami rekomendasikan untuk anda:

  1. Nasi Kuning Saroja

Nasi kuning Saroja menjadi kuliner di Manado pertama yang kami rekomendasikan untuk anda. Nasi kuning ini cukup populer dan dijamin akan membuat anda ketagihan saat menikmatinya.  Silahkan datang saja ke jalan Diponegoro, Manado, 95112. Untuk harga menu makanan dari tempat wisata kuliner manado Nasi Kuning Saroja ini juga cukup terjangkau yakni antara Rp. 3000 hingga Rp. 11000 saja.

  1. City Extra

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi City Extra, yang merupakan tempat makan yang berlokasi di jalan raya tanawangko, Desa Kalasey, Manado. Untuk harga menu makanan yang ada di City Extra ini adalah Rp. 15000 hingga 250000, akan tetapi dengan harga tersebut anda akan di manjakan dengan makanan yang sangat lezat. City Extra ini merupakan sebuah tempat wisata kuliner paling enak di manado yang terkenal sebagai restoran seafood paling enak di manado.

Beberapa menu andalan yang bisa anda cobain seperti Kepiting Lada Hitam, Udang Bakar, Bobara Woku Blanga, Bobara Asam Manis, Udang Saus Padang, Bobara Bakar dan tentu saja masih banyak lagi menu makanan yang lainnya.

  1. Wisata Bahari Seafood Restaurant

Selanjutnya, anda juga harus mampir ke Wisata Bahari Seafood Restaurant yang ada di Jalan Wolter monginsidi 1 Bahu Mall Complex, Manado. Dengan menu makanan yang di bandrol dengan harga Rp. 30000 hingga 75000 yang tentu saja harga tersebut termasuk harga yang cukup terjangkau. Tidak kalah dengan restoran seafood yang lainnya, Wisata Bahari Seafood Restaurant iniakan memberikan kualitas makan yang luar biasa dengan spot pemandangan yang bagus.

Saat mampir kesini, silahkan cobain Sayur Pakis, Aneka Olahan Udang Goropa Bakar Rica, Bobara dan jus tomat yang siap anda sruput setelah anda menikmati makanan yang ada di Wisata Bahari Seafood Restaurant ini.

  1. RM Pondok Maengket Teterusan

Berikutnya, anda juga bisa mencoba aneka kuliner lezat di jalan Terusan Mapanget, Sulawesi Utara yang mana nama dari tempat makan manado tersebut adalah RM Pondok Maengket Teterusan. Range harga dari tempat makan RM Pondok Maengket Teterusan ini yakni mulai dari Rp. 25000 yang tentu saja merupakan sebuah harga yang cukup terjangkau.  Menu ikan bakar yang ada di tempat wisata kuliner manado RM Pondok Maengket Teterusan ini sangat luar biasa rasanya.

Menu andalan disini berupa Ikan Mujair Woku Blanga, Ikan Mujair Goreng dan Ikan mujair Bakar Rica. Jika anda ingin merasakan bumbu khas manado, anda bisa mencoba Ikan Woku Blanga yang rasanya khas karena rempah yang ada di dalamnya.

  1. Wakeke

Berikutnya, Anda juga bisa mencicipi sajian makanan lezat di rumah makan Wakeke. Disini anda bisa mencoba makanan khas Manado yang di buat dari beras yang kemudian menjadi sebuah bubur, setelah menjadi bubur selanjutnya di campur dengan singkong dan labu merah. Wakeke merupakan sebuah tempat wisata kuliner manado yang terletak di Jalan Wakeke No. 1 Manado, Sulawesi Utara.

Harga di rumah makan ini dibandrol mulai dari Rp. 1500 hingga Rp. 22000.

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Ada banyak sekali ‘Surga’ yang tersembunyi di Manado yang layak untuk kita jadikan sebagai destinasi wisata bersama pasangan atau orang tercinta.

Itulah 31 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi dari kami, semoga bermanfaat untuk anda dan yang lainnya. Kalau anda punya cerita dan pengalaman liburan di Manado, silahkan bagikan juga dengan kami agar kami bisa bagikan kepada yang lainnya juga. Jangan lupa juga untuk membagikan panduan wisata di Manado ini kepada teman dan kenalan di FB, atau Twitter atau G+ anda. Kunjungi juga 19 Tempat Wisata di Makassar Sulawesi Selatan Paling Populer

loading...

6 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!