40 Tempat Wisata di Tangerang Paling Terkenal Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Tangerang – Tangerang merupakan salah satu Kota Besar di Indonesia. Kota ini merupakan penyangga Ibukota, disini merupakan salah satu sentra perindustrian di Indonesia. Sangat wajar sekali kalau kota ini memiliki perkembangan yang sangat pesat. 

Tangerang merupakan Kota Terbesar di Banten dan 3 terbesar di deretan Megapolitan JaBoDetabek setelah Jakarta dan Bekasi. Selain menjadi sentra industri, Tangerang juga memiliki destinasi wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan. Ada banyak tempat wisata di Tangerang. Kota ini menjadi salah satu tujuan wisata dari warga Jakarta dan sekitarnya. 

Tangerang Raya adalah sebuah kawasan di sebelah barat Jakarta, dengan luas sekitar 1.500 km2, dihuni oleh lebih dari 5 juta penduduk. Tangerang Raya saat ini terbagi menjadi 3 daerah otonom, yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Jadi jangan bingung dengan tiga nama daerah ini ya, ada Kota, Kab, dan Tangsel. Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda keliling ke tempat wisata di Tangerang.

40 Tempat Wisata di Tangerang yang Wajib Dikunjungi

Setidaknya ada 40 Tempat Wisata di Tangerang yang Wajib Dikunjungi dari kami, jadi kalau anda berencana ke tangerang atau sedang di Tangerang jangan lupa mampir ke tempat-tempat seru dan asyik berikut ini:

1. Tempat Wisata Pantai Tanjung Pasir di Tangerang

Tempat wisata di Tangerang yang pertama adalah pantai Tanjung pasir. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Tangerang, lokasinya berjarak sekitar 25 km di Utara Kota Tangerang.

Tempat Wisata Pantai Tanjung Pasir di Tangerang

Tempat Wisata Pantai Tanjung Pasir di Tangerang

Di pantai ini anda bisa mandi-mandi sepuasnya, dari sini anda juga bisa menyeberang menuju ke pulau seribu menggunakan perahu kayu yang cukup murah.

Pantai ini sangat cocok sekali untuk liburan bersama keluarga atau pasangan. Disana juga Anda bisa melihat pemandangan para nelayan yang sedang mencari ikan.

Pantai tanjung pasir ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Tangerang. Selain dapat bermain air sepuasnya, wisatawan juga akan disuguhkan berbagai fasilitas permainan khas pantai.

2. Tempat Wisata Kuliner Pantai Tanjung Kait di Tangerang

Pantai Tanjung Kait juga sangat terkenal di Tangerang, selain untuk bermain di pantai anda juga dapat menikmati sajian kuliner di pondok-pondok rumah makan di atas air.

Tempat Wisata Kuliner Pantai Tanjung Kait di Tangerang

Tempat Wisata Kuliner Pantai Tanjung Kait di Tangerang

Lokasinya berjarak sekitar 30 KM di utara Tangerang. Keunikan dari Pantai Tanjung Kait adalah desa nelayan yang menjorok ke laut dan dermaga bambunya.

Dengan adanya desa nelayan di Pantai Tanjung Kait, itu berarti anda bisa mendapatkan pengalaman wisata kuliner hidangan laut yang murah meriah. Anda dapat menikmati hidangan laut tersebut di rumah panggung yang berada di atas laut, sangat menarik. 

3. Wisata Religi Masjid Al-Adzom di Tangerang

Masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh anda lewatkan.

Wisata Religi Masjid Al-Adzom di Tangerang - tempat wisata di Tangerang

Wisata Religi Masjid Al-Adzom di Tangerang

Masjid Al-Adzom lokasinya terletak di Jalan Satria Sudirman, Tangerang. Berdiri di atas tanah seluas lebih dari 2 hektar dan mampu menampung lebih dari 15,000 orang, Masjid Al-Adzom adalah masjid terbesar dan termegah di Kota Tangerang.

Yang paling unik dari Masjid ini adalah bentuk kubahnya yang terdiri dari 5 kubah berwarna biru yang bertumpuk, di mana 4 kubah adalah sebagai penyangga, dan 1 kubah adalah sebagai kubah utama. 

Ketika malam hari tiba, masjid ini akan dipenuhi oleh cahaya lampu yang sangat indah sekali, mampirlah kesini untuk melaksanakan shalat.

4. Objek Wisata Bendungan Pintu Air Sepuluh di Tangerang

Objek wisata di Tangerang yang menarik selanjutnya adalah pintu air sepuluh. Bendungan ini memiliki peran yang sangat vital sekali, merupakan peninggalan penjajah Belanda dan dibangun pada 1927.

Objek Wisata Bendungan Pintu Air Sepuluh di Tangerang

Objek Wisata Bendungan Pintu Air Sepuluh di Tangerang

Lokasi Bendungan ini ada di Jalan Sangego, Kecamatan Karawaci, Tangerang. Sesuai dengan nama panggilannya, Bendungan Pintu Air Sepuluh memiliki sepuluh buah pintu air yang membendung dan mengatur Sungai Cisadane dengan lebar masing-masing pintu adalah sepuluh meter. Dengan pemandangan yang menarik dan udara yang sejuk, lokasi ini kerap kali dijadikan lokasi bermain anak-anak, kumpul-kumpul, memancing, dan menghabiskan waktu.

5. Wisata Seru ke Masjid Pintu Seribu di Tangerang

Anda pasti pernah mendengar masjid lawang sewu? Masjid Pintu Seribu atau Masjid Agung Nurul Yaqin adalah sebuah Masjid di Tangerang yang dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 1 hektar.

Wisata Seru ke Masjid Pintu Seribu di Tangerang

Wisata Seru ke Masjid Pintu Seribu di Tangerang

Didirikan oleh seorang keturunan Arab pada tahun 1978, lokasi masjid ini ada di Kampung Bayur Tangerang ini juga terdapat sebuah tasbih berukuran besar yang terbuat dari kayu. Masjid Pintu Besar sering dikunjungi wisatawan karena keunikan desain bangunan dan tasbih raksasanya. Wisatawan yang datang tidak hanya dari sekitar Tangerang saja, melainkan ada juga wisatawan dari luar negeri, biasanya dari Malaysia dan Brunai.

6. Destinasi Wisata Pulau Cangkir di Tangerang

Destinasi wisata di Tangerang yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah Pulau Cangkir. Namanya sangat unik sekali bukan? Lokasinya ada di Kecamatan Kronjo, Pulau Cangkir memiliki luas sekitar 2,5 hektar dan merupakan gabungan dari wisata bahari, wisata sejarah, dan wisata ziarah.

Destinasi Wisata Pulau Cangkir di Tangerang

Destinasi Wisata Pulau Cangkir di Tangerang

Di Pulau Cangkir terdapat sebuah makam yang merupakan makam dari Pangeran Jaga Lautan yang merupakan penyebar agama Islam di daerah ini. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi pengunjung yang ingin berziarah ke makam tersebut.

7. Objek Wisata Situ Cipondoh di Tengerang

Situ Cipondoh atau dalam bahasa Indonesianya danau Cipondoh ini menjadi salah satu tempat wisata di Tangerang yang menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata Situ Cipondoh di Tengerang

Objek Wisata Situ Cipondoh di Tengerang

Lokasinya ada di Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari, disini anda bisa memancing, bermain sepeda air, bermain miniatur kereta. Lokasi ini cocok sebagai tempat berpiknik keluarga yang memiliki anak kecil karena banyak pohon dan terdapat tempat bermain untuk anak-anak.

Danau atau situ ini sangat cocok untuk dijadikan tempat rehat dan menenangkan pikiran. Karena memang, di sekitar danau ini sangat indah dan asri, sangat tepat untuk dijadikan tempat menenangkan diri dan juga untuk merilekskan pikiran yang penat. Lokasi wisata ini berada di Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari.

Khusus untuk anda yang hobi memancing, danau ini juga bisa anda jadikan tempat untuk memancing, naik sepeda dan mengitari lokasi situ atau danau, naik bebek bebekan, naik perahu dan yang terakhir bisa bermain flying fox. Banyaknya wahana yang ada disini, membuat tempat wisata ini cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama dengan keluarga dan juga bersama dengan anak anak anda. Cuaca yang sejuk membuat anak anak betah bermain di situ tersebut karena nak anak akan nyaman dengan cuaca yang sejuk.

Nah, danau ini wajib anda masukkan dalam daftar tempat wisata di Tangerang yang akan anda kunjungi bersama orang-orang tercinta.

8. Liburan Seru ke Marcopolo Water Adventure di Tangerang

Marcopolo Water Adventure menjadi salah satu objek wisata di Tangerang yang wajib anda kunjungi. Anda bisa bermain air sepuasnya disini. Objek wisata marcopolo bisa anda jadikan alternatif untuk liburan bersama keluarga tercinta.

Liburan Seru ke Marcopolo Water Adventure di Tangerang

Liburan Seru ke Marcopolo Water Adventure di Tangerang

Anda bisa membawa anak-anak dan orang dewasa kesini. Karena berbagai wahana dan fasilitas disediakan untuk menghibur segala lapisan usia. Sangat cocok untuk anda yang ingin seru-seru sambil basah-basahan bersama keluarga tercinta.

Ada banyak jenis kolam permainan disini, seperti kolam arus, kolam terapi, kolam air terjun, kolam anak, kolam dewasa, kolam pusaran air, kolam perosotan, dan lain-lain. Fasilitas penunjangnya adalah restoran berbentuk kapal, ruang kesehatan, ruang ganti, tempat penyimpanan barang, pelampung, toilet, dan area parkir yang luas. Marcopolo Water Adventure berlokasi di Tangerang, Komplek Great Western.

9. Tempat Wisata Keluarga Ocean Park Water Adventure di Tangerang Selatan

Satu lagi wahana bermain air di Tangerang, yaitu Ocean Park Water Adventure. Lokasinya ada di Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Ocean Park Water Adventure merupakan wahana permainan air yang berdiri dari tahun 2006.

Tempat Wisata Keluarga Ocean Park Water Adventure di Tangerang Selatan

Tempat Wisata Ocean Park Water Adventure di Tangerang Selatan

Ocean Park Water Adventure sangat cocok bagi keluarga dengan segala usia karena selain kolam yang menyenangkan untuk orang dewasa, juga terdapat kolam yang menyenangkan untuk anak kecil. Kolam favorit saya adalah kolam dengan arus tenang sehingga dapat bersantai di atas pelampung dan menikmati suasana yang ditawarkan.

10. Objek Wisata Taman Buaya Tanjung Pasir di Tangerang

Di Tangerang juga terdapat penangkaran buaya yang cukup terkenal. Lokasinya ada di Kecamatan Teluk Naga, Tangerang.

Objek Wisata Taman Buaya Tanjung Pasir di Tangerang

Objek Wisata Taman Buaya Tanjung Pasir di Tangerang

Taman Buaya Tanjung Pasir adalah sebuah penangkaran buaya yang telah menjadi salah satu tempat wisata di Tangerang yang menarik untuk kita kunjungi.

Ciri khas dari Taman Buaya Tanjung Pasir adalah adanya sebuah patung buaya besar di tepi jalan. Buka sejak tahun 2002, kini Taman Buaya Tanjung Pasir sudah memiliki lebih dari 500 ekor buaya. Selain melihat buaya, anda juga dapat membeli produk buaya seperti tas dan dompet kulit buaya, bahkan anda juga dapat membeli telur buaya!

11. Tempat Wisata Alam Hutan Kota BSD di Tangerang

Meskipun Tangerang merupakan kota Industri yang sangat padat, namun pemerintahnya berinisiatif untuk menjadikan kota ini kota hijau, terdapat hutan buatan di Tangerang yang terkelola dengan baik dan asyik untuk bermain atau sekedar jalan-jalan dan jogging.

Tempat Wisata Alam Hutan Kota BSD di Tangerang

Tempat Wisata Alam Hutan Kota BSD di Tangerang

Hutan Kota BSD 1 & 2. Berupa hutan buatan yang dikelola oleh perumahan BSD yang berada di dua lokasi. Hutan pertama berada di dekat Ocean Park sedangkan yang kedua berada di taman Tekno yaitu pada jalur menuju Parung, Bogor. Pada kawasan pertama, vegetasi yang tersedia tertutup rapat sehingga seolah kita berada di dalam hutan rimba lebat. di tempat rekreasi ini terdapat salah satu joging track terpanjang di Tangerang yang sering digunakan oleh pengunjung untuk berolah raga bersama keluarga. Sedangkan di lokasi kedua kombinasi hutan dengan sungai yang cukup indah dan sering digunakan sebagai obyek fotografi.

12. Tempat Wisata Keluarga Water World Citra Raya di Tangerang

Water World Citra Raya merupakan taman bermain air yang pas untuk liburan bersama anak-anak dan keluarga. Ada banyak sekali permainan disini.

Tempat Wisata Keluarga Water World Citra Raya di Tangerang

Tempat Wisata Keluarga Water World Citra Raya di Tangerang

Wahana ini ada di tengah pemukiman terbesar di Cikupa, Tangerang Barat. Tempat wisata ini menjanjikan hiburan dan sarana rekreasi yang nyaman dan menarik, untuk menikmati kesenangan tak terbatas. Water world Citra ini memang tidak terlalu besar dan suasananya sangat mirip dengan Atlantic Dreamland yang merupakan andalan pariwisata di Salatiga. Ukuran dan fasilitas kedua tempat ini memang tidak berbeda.

13. Destinasi Wisata Seru ke Kawasan Lippo Karawaci di Tangerang

Anda hobi berbelanja? Atau anda mau liburan sambil belanja? Nah Lippo Karawaci menjadi tempatnya.

Destinasi Wisata Seru ke Kawasan Lippo Karawaci di Tangerang

Destinasi Wisata Seru ke Kawasan Lippo Karawaci di Tangerang

Disini anda bisa belanja sepuasnya. Kawasan eksotis di Tangerang ini, banyak yang menyebutkannya sebagai versi mini Orchard road, yang merupakan surga belanja di Singapura. Gedung apartemen, kampus, perkantoran dan Condominium yang menjulang di sela-sela pepohonan rimbun yang menjadikan obyek ini cukup sejuk. Jika menjelang malam, resto-resto dengan ribuan lampu LED siap menyambut kedatangan anda, dengan suasana open air yang sangat menarik.

14. Tempat Wisata Belanja Kawasan Gading Serpong

Selain lippo karawaci, Kawasan Gading Serpong juga  menjadi surga belanja di Tangerang. Pusat perbelanjaan megah (Mall SMS) dan kuliner super lengkap disediakan di tempat wisata yang modern di Tangerang ini.

Tempat Wisata Belanja Kawasan Gading Serpong

Tempat Wisata Belanja Kawasan Gading Serpong

Bahkan obyek terbaru bernama SDC merupakan lokasi yang asyik bagi pecinta gadget dan teknologi. Akses yang cukup mudah dari Tol Kebun Jeruk menjadikan kawasan ini sangat ramai dan cenderung macet saat akhir pekan dan hari libur. Dua perumahan mewah yaitu Summarecon dan Paramount menjadikan tempat bergengsi ini bukan sekedar pemukiman saja, melainkan juga memikirkan sarana rekreasi modern bagi pengunjung.

15. Tempat Wisata Kuliner Enak Flavor Bliss Alam Sutera di Tangerang

Flavor Bliss Alam Sutera. Kawasan ini juga memiliki basic sebagai perumahan mewah yang memberikan sarana rekreasi super lengkap. Selain mall megah alam Sutera, di sini juga tersedia pusat kuliner lengkap yang bernama flavor Bliss. Resto-resto yang menyajikan masakan lezat baik makanan lokal maupun internasional ini menjadi kunjungan wisata kuliner utama warga Tangerang. Tempat menarik ini bahkan tidak pernah “tertidur” saat akhir pekan.

Tempat Wisata Kuliner Enak Flavor Bliss Alam Sutera di Tangerang

Tempat Wisata Kuliner Enak Flavor Bliss Alam Sutera di Tangerang

Kunjungi juga: 19 Tempat Wisata di Makassar Sulawesi Selatan Paling Populer

16. Objek Wisata Klenteng Boen Tek Bio di Tangerang

Ini adalah objek wisata di Tangerang yang terakhir dari kami. Keunikan dari Kelenteng Boen Tek Bio merupakan kelenteng paling tua yang ada di Tangerang sera diprediksi telah berumur lebih dari tiga abad.

Objek Wisata Klenteng Boen Tek Bio di Tangerang

Objek Wisata Klenteng Boen Tek Bio di Tangerang

Lokasi kelenteng ini ada di Jl. Bhakti No. 14, Pasar Lama Tangerang.  Sebelum memasuki Kelenteng Boen Tek Bio, kami disuruh Pak Satpam untuk mengisi buku tamu serta memberitahuan kami aturan di dalam kelenteng. Untuk aturan di dalam kelenteng tidak boleh masuk ke dalam area peribadahan serta tidak boleh melewati batas yang sudah ditentukan. 

Untuk design dari Kelenteng Boen Tek Bio seperti vihara pada umunya. Di aula utama Kelenteng Boen Tek Bio terdapat altar Hok Tek Tjeng Sien (Dewa Bumi), di bagian depan terdapat rupang Bi Lek Hud, atau Mi Le Fo (Yang Maha Pengasih dan Penolong).

Tempat Wisata di Tangerang yang Lainnya

Berikut ini tempat wisata di Tangerang yang lainnya yang bisa anda kunjungi juga:

17. Tugu Adipura

Lokasi tugu adipura ada di Jl. M. Yamin, Kota Tangerang. Tempat ini biasanya dijadikan sebagai tempat nongkrong anak-anak muda dari berbagai komunitas di hari Minggu ketika car free day.

18. Situ Gede

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi situ gede yang merupakan danau berukuran sedang yang dalam, berada di tepian jalan perumahan Modernland dan ada restoran di tepiannya.

19. Situ Cihuni

Tempat wisata di Tangerang berikutnya adalah situ Cihuni yang ada di Desa Cihuni, Kecamatan Pagedangan, seluas 300.000 m2 dimana pengunjung bisa memancing gratis, bermain flying fox, naik perahu bebek untuk berkeliling situ

20. Situ Bulakan

Masih berupa danau atau situ, anda juga bisa mengunjungi situ bulakan yang ada di Kecamatan Priuk, dulunya merupakan rawa yang dipenuhi eceng gondok kini telah berubah menjadi tempat wisata murah dan nyaman di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, yang banyak dikunjungi orang pada hari libur.

21. Patung Proklamator Soekarno-Hatta

Patung bapak proklamator ini pada awalnya terletak di tengah jalan tol Bandara Soekarno Hatta, namun kini telah dipindahkan di bundaran Bandara Internasional Soekarno – Hatta.

22. Pantai Tanjung Burung

Lokasi pantai tanjung burung ada di Kecamatan Teluk Naga, dimana terdapat Pemancingan Mangrove dengan luas lahan sekitar 20 hektar.

23. Museum Benteng Heritage

Tempat wisata di tangerang berikutnya ada di Jl Cilame No 18/20 Pasar Lama Tangerang, yang merupakan museum peranakan Tionghoa pertama dan satu-satunya di Indonesia.

24. Monumen Lengkong

Monumen peristiwa Lengkong yang menewaskan tiga Perwira dari Resimen IV Tentara Republik Indonesia serta 34 Taruna Akademi Militer Tangerang. Berada di jalan masuk Perumahan BSD, Serpong.

25. Masjid Kali Pasir

Kampung Kali Pasir, Sukasari, merupakan masjid tua yang pertama kali didirikan pada tahun 1700 oleh Tumenggung Pamit Wijaya yang berasal dari Kahuripan, Bogor

26. Keramat Solear

Dusun Solear, Desa Cikasungka, Kecamatan Cisoka, di dalam sebuah hutan lindung seluas 4,5 ha yang dihuni oleh ratusan ekor kera yang dilindungi.

27. Kelenteng Tjo Soe Kong

Tempat wisata di Tangerang yang ada di Dusun Tanjung Anom, Tanjung Kait, juga dikenal sebagai Kelenteng Tanjung Kait dan Rong Jia Yi Da Bo Gong Miao

28. Kelenteng Sampo Tay Jin

Kelenteng berukuran relatif kecil yang berada di tengah perumahan dan diakses dari sebuah gang di Jl. Otista, Tangerang.

29. Kelenteng Boen San Bio

Kelenteng ini juga dikenal dengan nama Vihara Nimmala, lokasinya berada di Jl. Pasar Baru, Kelurahan Kranjaya, Karawaci, Tangerang.

30. Kelenteng Boen Hay Bio

Obyek Wisata di Tangerang bagi yang suka melihat kelenteng. Lokasinya ada di Jl. Pasar Lama, Serpong. Tuan rumah kelenteng inu adalah Kongco Kwan Kong (Kwan Seng Tee Kun) atau Satyadharma Bodhisattva.

31. Jembatan Pelengkung

Sebuah jembatan baja gantung yang melintang di atas Jalan MH Thamrin, Cikokol, mungkin satu-satunya di Tengerang.

32. Dermaga TPI Tanjung Pasir

Desa Tanjung Pasir, Teluk Naga, tempat dimana para nelayan mendaratkan perahunya dan kemudian menjual ikan hasil tangkapannya di TPI yang ada di dekatnya.

33. Citra Raya World of Wonders

Kawasan Perumahan Citra Raya, Cikupa, dimana pengunjung yang datang bisa melihat 7 bangunan keajaiban dunia dalam ukuran yang lebih kecil.

34. Keramat Tiga Raksa.

35. Resto Rumah Kayu Gading Serpong.

36. Situ Gintung.

37. Alun Alun Tangerang.

38. Situ Kepala Dua.

39. Taman Jajan Pasar Modern.

40. Kolam Pancing Kampoeng Kalapa Balaraja.

Bagaimana? Anda sudah tidak sabar lagi ingin segera menikmati liburan Seru di Tangerang bersama orang-orang tercinta? Itulah 40 Tempat Wisata di Tangerang yang wajib dikunjungi dari kami, jika anda punya cerita sendiri selama liburan di Tangerang, silahkan bagikan juga kepada kami, bisa melalui form komentar di bawah atau melalui form kontak us di atas. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan wisata di Tangerang untuk pembaca sekalian. Jangan lewatkan juga 20 Tempat Wisata di Cirebon yang Menarik Dikunjungi

loading...

34 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!