Objek Wisata di Batang Jawa Tengah

Tempat Wisata di Batang – Batang merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang sangat kaya akan objek wisata. Kabupaten ini berbatasan secara langsung dengan kabupaten yang terkenal akan kerajinan batiknya, yaitu Kab. Pekalongan.

Menurut catatan sejarah, Kab. Batang sudah ada sejak awal abad ke 17. Sempat disatukan dengan Kab. Pekalongan di awal Tahun 1936, kabupaten ini akhirnya memisahkan diri kembali sebagai wilayah kabupaten mandiri di Tahun 1946. Saat ini Kab. Batang yang memiliki luas sekitar 788,64 km persegi ini ditinggali oleh sekitar 700 ribu – an penduduk.

Wilayah Kab. Batang terdiri atas wilayah pantai dan wilayah pegunungan. Oleh karenanya, jangan heran jika kabupaten ini memiliki tempat wisata yang sangat lengkap. Dari mulai wisata pantai, wisata air terjun, sampai dengan wisata sejarah, semuanya bisa ditemukan di kabupaten ini.

Tempat Wisata di Batang yang Menarik Dikunjungi

Jika Anda ingin jalan – jalan di Kabupaten Batang, berikut merupakan beberapa objek wisata di Batang yang menarik untuk dikunjungi sendirian atau pun bersama dengan keluarga, kerabat, dan teman:

1. Pantai Ujung Negoro Batang

Pantai Ujung Negoro Batang via Aslibatang

Pantai Ujung Negoro Batang via Aslibatang

Pantai Ujung Negoro Batang berlokasi di Desa Ujung Negoro, Kec. Kandeman, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Bisa dibilang pantai ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Batang yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung.

Pantai ini memiliki pasir berwarna coklat dan air berwarna biru dengan kondisi yang sangat jernih.

Di areal sekitar pantai ini ada banyak pepohonan rindang yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk berteduh.

Selain itu ada juga areal karang yang sangat pas untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Saat berkunjung ke pantai ini Anda dapat bersantai di pinggir pantai sembari menikmati sejuknya udara sepoi – sepoi khas daerah Pantura.

Di sore harinya, Anda dapat menikmati indahnya panorama sunset di ufuk barat. Ya walaupun bibir pantai ini tidak tepat menghadap ke arah barat, namun secara keseluruhan panorama sunset di pantai ini sudah tergolong cukup bagus dan jelas.

Untuk mendukung aktivitas wisata di pantai ini, pengelola pantai ini telah menyediakan fasilitas wisata yang sangat lengkap.

Dari mulai tempat makan, mushola, sampai dengan toko souvenir, semuanya sudah tersedia di sini.

Jam operasional pantai ini dimulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore. Khusus untuk akhir pekan (hari sabtu dan minggu) jam operasionalnya diperpanjang hingga ke pukul 8 malam.

Untuk urusan tiket masuk, per orang hanya dikenai biaya Rp. 5.000 saja.

Jangan lewatkan juga yuk: 63 Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah

2. Pantai Celong

Pantai Celong via ririndwikurniawati

Pantai Celong via ririndwikurniawati

Lokasi Pantai Celong ada di Desa Mengunsari, Kec. Banyu Putih, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Pantai ini dinamai dengan pantai celong karena bentuk garis pantainya yang “celong” ke arah dalam membentuk teluk.

Di pantai ini ada dua aktivitas wisata utama yang sangat menarik untuk dilakukan, yaitu memancing dan berkemah.

Khusus untuk yang hobi mancing, areal pantai ini merupakan salah satu spot memancing terbaik di Kab. Batang.

Ya walaupun ukuran ikan di pantai ini tidak terlalu besar, namun secara keseluruhan spotnya sudah bisa memenuhi kebutuhan para mancing mania.

Di lain sisi, khusus untuk yang hobi berkemah, di pantai ini telah tersedia area khusus untuk aktivitas perkemahan.

Dibuka setiap hari untuk umum, Pantai Celong dapat dikunjungi mulai pukul 6 pagi sampai pukul 5 sore.

Tiket masuknya benar – benar sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 2.000 per orang.

3. Pantai Jodo Gringsing Batang

Pantai Jodo Gringsing Batang via IG

Pantai Jodo Gringsing Batang via IG

Tempat wisata di Batang yang selanjutnya adalah Pantai Jodo Gringsing. Lokasi Pantai Jodo Gringsing ada di Kec. Gringsing, tepatnya di Desa Sidorejo.

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Batang yang menawarkan panorama alam yang indah dan spot – spot foto menarik.

Di pantai ini Anda dapat bersantai di pinggir pantai sembari berburu foto dengan latar belakang areal pantai yang dilengkapi dengan pohon cemara serta areal perkebunan melon dan semangka.

Khusus untuk Anda yang hobi berkemah, pantai ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berkemah lho!

Oh ia, pantai ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup lengkap. Untuk itu, saat berkunjung ke pantai ini, entah itu untuk sekedar berwisata atau pun untuk berkemah, Anda tidak perlu takut terlantar.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini?

Jika ya, Anda dapat mengunjunginya setiap hari mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore. Syaratnya Anda harus membayar uang retribusi sebesar Rp. 2.000.

4. Pantai Sigandu Batang

Pantai Sigandu Batang via @tafiroh_mus

Pantai Sigandu Batang via @tafiroh_mus

Lokasi Pantai Sigandu Batang ada di Desa Klidang Lor, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Pantai ini merupakan salah satu tempat rekreasi di Batang yang sangat populer di kalangan wisatawan. Hal ini terbukti dengan jumlah pengunjungnya yang luar biasa banyak, terutama di musim liburan dan akhir pekan.

Salah satu faktor utama yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung ke pantai ini adalah karena lokasinya yang sangat mudah untuk diakses.

Dari pusat Kota Batang, pantai ini hanya berjarak sekitar 4 km dan dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Selain itu, pesona keindahan alam di pantai ini pun juga tergolong sangat eksotis. Garis pantainya tergolong cukup lebar dan panjang dengan pasir yang lembut. Air lautnya pun juga tergolong masih cukup bersih, sehingga terasa nyaman untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

Mirip seperti beberapa pantai yang telah kita bahas sebelumnya, Pantai Sigandu juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati panorama sunset di sore hari. Tidak jarang wisatawan lokal yang sengaja datang ke pantai ini di sore hari khusus untuk berburu fenomena sunset.

Hebatnya lagi, pantai ini juga telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung. Dari mulai restoran, areal parkir yang luas, sampai dengan taman safari mini, semuanya telah tersedia di pantai ini.

Pantai Sigandu dibuka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 6 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Untuk masuk ke pantai ini hanya Rp. 5.000 (di luar tiket masuk ke Taman Safari Mini).

5. Kebun Teh Pagilaran Batang

Kebun Teh Pagilaran Batang via @dhen_ajung

Kebun Teh Pagilaran Batang via @dhen_ajung

Tempat rekreasi di Batang yang selanjutnya adalah Kebun Teh Pagilaran. Lokasi Kebun Teh Pagilaran Batang ada di Kec. Baldo, Kab. Batang, tepatnya di Desa Keteleng.

Kebun teh ini sejatinya masih bagian dari wisata Dataran Tinggi Dieng yang notabene meliputi tiga areal kabupaten sekaligus, yaitu Kab. Wonosobo, Kab. Batang, dan Kab. Banjar Negara.

Secara keseluruhan, Kebun Teh Pagilaran Batang memiliki luas sekitar 1,1 hektar.

Terletak di ketinggian 1000 mdpl, bukit ini menawarkan udara yang sejuk khas dataran tinggi.

Biasanya, saat berkunjung ke kebun teh ini, wisatawan akan berkeliling areal kebun teh untuk melepas penat sembari berburu foto.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat secara langsung proses pemanenan teh yang dilakukan oleh para karyawan perkebunan.

Khusus untuk Anda yang hobi minum teh, saat berkunjung ke perkebunan teh ini Anda dapat membeli berbagai macam produk teh siap konsumsi dengan harga yang bervariasi, yaitu mulai dari Rp. 800 sampai dengan RP. 350.000, bergantung pada jenis dan ukuran kemasan teh yang ingin dibeli.

Kebun Teh Pagilaran Batang bisa dikunjungi setiap hari dari mulai pukul 6 pagi sampai dengan pukul 6 sore.

Tiket masuk ke kebun teh ini hanya Rp. 10.000 per orang.

6. Curug Sijeglong

Curug Sijeglong via luxman_ibrahim

Curug Sijeglong via luxman_ibrahim

Tempat piknik di Batang yang satu ini berlokasi di Desa Margosono, Kec. Tersono, Kab. Batang, Jawa Timur.

Curug ini merupakan salah satu objek wisata populer di Batang yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung.

Tingginya minat wisatawan untuk berkunjung ke curug ini ditengarai oleh keindahan bentuk curugnya yang sangat luar biasa.

Secara total curug ini memiliki empat tingkatan air terjun. Di tiap tingkatannya ada kedung yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk berendam dan bermain air.

Beberapa wisatawan yang memiliki keberanian tinggi juga sering menjadikan kedung tersebut sebagai areal landasan setelah mereka melompat dari pangkal atas air terjun.

Menurut informasi dari masyarakat sekitar, pemberian nama curug ini sendiri sejatinya diambil dari fungsi kedung yang dimilikinya, yaitu sebagai sijeglong, yang artinya tempat untuk berenang.

Curug Sijeglong bisa dikunjungi kapan saja selama 24 jam non stop. Walaupun begitu, untuk mendapatkan pengalaman wisata yang lebih maksimal, Anda kami sarankan untuk mengunjunginya saat musim kemarau. Pasalnya, di musim penghujan, kondisi air di curug ini biasanya agak sedikit keruh.

Untuk urusan tiket masuk Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya tiket masuknya benar – benar sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 3.000 saja per orang.

7. Curug Agung Batang

Curug Agung Batang via IG

Curug Agung Batang via IG

Curug Agung Batang merupakan salah satu curug terbesar sekaligus terderas di Kab. Batang.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 10 – an meter. Walaupun tidak terlalu tinggi, namun aliran airnya benar – benar sangat deras.

Walaupun aliran airnya deras, bagian bawah aliran curug ini relatif cukup aman untuk dijadikan sebagai tempat berendam dan bermain air.

Khusus untuk Anda yang hobi berburu foto, di curug ini ada spot foto unik yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Spot foto unik tersebut ada di bagian tebing yang dialiri air terjun ini. Bagian tebing tersebut terlihat seperti bebatuan dari luar angkasa.

Untuk air terjunnya sendiri, secara keseluruhan, kondisinya masih tergolong cukup asri dan alami.

Aliran airnya pun juga tergolong cukup jernih, terutama saat musim kemarau.

Di hari normal, air terjun yang berlokasi di Dusun Pegedigan, Desa Pasusukan, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah ini dibuka untuk umum setiap hari.

Tiket masuknya hanya Rp. 2.000 plus uang parkir sebesar Rp. 2.000.

8. Curug Bidadari

Curug Bidadari via IG

Curug Bidadari via IG

Walaupun bernama curug bidadari, jangan harap Anda bisa menemukan bidadari di curug ini ya!

Curug ini diberi nama Curug Bidadari karena menurut catatan sejarah curug ini dulu sering digunakan sebagai tempat mandi para putri bangsawan.

Di curug ini ada banyak aktivitas wisata menarik yang bisa Anda lakukan. Dari mulai berburu foto, bermain air, berendam, sampai dengan memancing, semuanya bisa dilakukan di curug ini.

Khusus untuk Anda yang ingin memacu adrenalin, di curug ini Anda juga bisa mengikuti aktivitas wisata body rafting yang ditawarkan oleh pihak pengelolanya.

Lokasi Curug Bidadari ada di perbatasan Kab. Batang dan Kab. Pekalongan, tepatnya diDusun Purbo, Desa Jolotiga, Kab. Silurah Wonotunggal, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Untuk bisa menikmati fasilitas wisata yang tersedia di curug ini pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang retribusi sebesar Rp. 5.000 saja (sudah termasuk uang parkir).

9. Curug Sodong

Curug Sodong via @wawangunawan

Curug Sodong via @wawangunawan

Terletak di ketinggian 800 mdpl, Curug Sodong tidak hanya sekedar menawarkan panorama air terjun yang eksotis, melainkan juga turut menawarkan udara yang sejuk khas daerah pegunungan dan dataran tinggi.

Sama seperti Curug Agung Batang, Curug Sodong juga memiliki aliran air yang cukup deras. Bedanya, bagian tebing di curug ini tidak seperti bebatuan dari luar angkasa, melainkan berbentuk gua yang menyeruak ke arah dalam.

Areal gua tersebut sering dimanfaatkan sebagai lokasi berfoto oleh para wisatawan yang sedang berkunjung.

Selain berfoto dengan latar belakang mulut gua, saat berada di Curug Sodong, wisatawan juga bisa berendam dan bermain air sepuasnya di areal kedung bawah air terjun.

Jika mau, wisatawan juga dapat berkunjung ke areal perkebunan yang ada di sekitar air terjun ini. Beberapa komoditi perkebunan yang bisa ditemui di sekitar lokasi air terjun ini adalah: Cengkeh, Kapulaga, Panili, dll.

Lokasi Curug Agung Sodong ada di Desa Sodong, Kec. Wonotunggal, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Untuk masuk ke curug ini, pengunjung hanya diminta untuk membayar uang parkir kendaraan sebesar Rp. 5.000.

10. Curug Genting

Curug Genting via IG

Curug Genting via IG

Tempat wisata di Batang yang selanjutnya adalah Curug Genting. Curug Genting terletak di Kec. Blado, tepatnya di Desa bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Curug ini pertama kali dibuka dan diresmikan sebagai tempat wisata pada Tahun 2009.

Dulunya, saat pertama kali dibuka, curug ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pasalnya, selain memiliki panorama alam yang luar biasa indah, curug ini pada waktu itu juga memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap.

Sayangnya, belakangan ini curug ini sudah mulai jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Minat wisatawan untuk berkunjung ke curug ini menurun secara drastis karena fasilitasnya yang semakin tidak terurus dan kisah – kisah mistis yang mewarnainya.

Padahal curug ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

Jika Anda memiliki nyali atau memang suka dengan hal – hal yang berbau mistis, Anda dapat berkunjung ke curug ini kapan saja. Tiket masuknya tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 3.000 plus tiket parkir Rp. 2.000.

11. Rivertubing di Kali Lampir

Rivertubing di Kali Lampir via IG

Rivertubing di Kali Lampir via IG

Kamu hobi hal-hal yang menantang? Nah, kamu bisa mencoba sensasi River Tubing atau Bady Rafting di Kali Lampir.

Semua perlengkapan sudah tersedia oleh warga, mulai dari safety jacket hingga helm pengaman. Kamu akan ditantang untuk menakhlukkan aliran air sungai selama 2 jam yang berakhir di desa Pujut, kecamatan Tersono.

Tenang, kamu nantinya akan dipandu oleh ahli untuk menyusuri sungai hingga sampai ke titik finish.

12. Telaga Sidringo Batang

Telaga Sidringo Batang via @dausrii_lee

Telaga Sidringo Batang via @dausrii_lee

Di Desa Mojo Tengah, Kec. Reban, Kab. Batang, ada objek wisata bernama Telaga Dringo yang sangat menarik untuk dikunjungi karena menawarkan pemandangan indah plus udara sejuk khas dataran tinggi.

Telaga ini merupakan salah satu bagian dari Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng dan selalu menjadi objek wisata langganan wisatawan luar daerah.

Di sini Anda dapat bersantai sembari menikmati sejuknya udara khas Dataran Tinggi Dieng.

Bagi Anda yang hobi memancing, telaga ini juga cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk menyalurkan hobi Anda.

Karena terletak di dataran tinggi, Telaga Dringo juga sangat pas untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berkemah.

Di hari libur dan akhir pekan, kawasan pinggir telaga ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang memang sengaja datang untuk berkemah di sini.

Ada dua spot perkemahan yang ramai dikunjungi wisatawan di sini, yaitu di Bukit Cemeti dan Bukit Stlompak.

Jika Anda ingin berkemah di tempat ini, Anda kami sarankan untuk selalu menjaga sikap dan sopan santun. Pasalnya telaga ini sarat dengan mitos dan kisah – kisah mistis yang agak menyeramkan.

Kabarnya telaga ini dijaga oleh makhluk halus berupa Kerbau bertanduk emas yang selalu siap sedia untuk menumpas tangan – tangan tidak bertanggung jawab yang berusaha merusak keindahan telaga ini.

Untuk bisa masuk ke telaga ini, Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang.

13. Pemandian Air Panas Sangu Banyu

Pemandian Air Panas Sangubanyu via Youtube

Pemandian Air Panas Sangubanyu via Youtube

Pemandian Air Panas Sangu Banyu sangat pas untuk dikunjungi sebagai tempat relaksasi di akhir pekan.

Di sini Anda dapat berendam di kolam air panas alami untuk sekedar melepas rasa lelah di sekujur tubuh sekaligus untuk menghilangkan berbagai macam penyakit dan permasalahan kulit yang mengganggu.

Air panas di pemandian ini berasal dari aliran air panas yang ada di Lereng Pegunungan Batang.

Karena terletak di daerah pedesaan, pemandian air panas ini memiliki pemandangan alam yang sangat asri dan terkesan alami.

Nantinya, selain berendam di kolam air panas, di pemandian air panas ini Anda juga bisa berfoto di beberapa lokasi yang cukup menarik.

Selain itu, Anda juga bisa bersantai sembari menikmati pemandangan indah khas daerah dataran tinggi Batang.

Jika mau, Anda juga diperbolehkan untuk membawa oleh – oleh berupa air hangat dari pemandian ini.

Kabarnya, pemandian ini sendiri diberi nama “Pemandian Air Panas Sangu Banyu” yang berarti “Bekal Air” karena banyak orang yang membawa pulang air hangat dari tempat ini.

Pemandian Air Panas Sangu Banyu terletak di Dusun Pesanggrahan, Desa Sangu Banyu, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Pemandian ini buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore. Untuk bisa masuk ke pemandian air panas ini, pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp. 3.000 saja per orang.

14. Agrowisata Salak Sodong Batang

Agrowisata Salak Sodong Batang via IG

Agrowisata Salak Sodong Batang via IG

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan komoditi Salak Pondoh bukan?

Nah, komoditi Salak yang berasal dari Sleman Yogyakarta ini ternyata juga dibudidayakan di Kab. Batang lho! Dan salah satu pembudidaya salak ini saat ini telah membuka agrowisata kebun salak bernama Agrowisata Salak Sodong.

Agrowisata Salak Sodong berlokasi di Desa Sodong, Kec. Wonotunggal, Kab. Batang.

Di agrowisata ini Anda bisa berkeliling areal perkebunan salak dengan leluasa. Selain itu, jika Anda berkunjung tepat saat musim panen, Anda dapat melihat atau bahkan turut ikut serta dalam proses panen.

Jika mau, Anda juga bisa membeli salak untuk oleh – oleh di agrowisata ini. Dibandingkan harga salak di pasar tradisional sekalipun, harga salak di sini biasanya cenderung jauh lebih murah.

Agrowisata Salak Sodong dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pagi hingga sore.

Untuk bisa menikmati aktivitas agrowisata di sini, wisatawan hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 3.000 saja per orang.

15. Taman Budaya dan Rekreasi Kramat

Taman Budaya dan Rekreasi Kramat via Batangkab

Taman Budaya dan Rekreasi Kramat via Batangkab

Tempat wisata di Batang yang selanjutnya adalah Taman Budaya dan Rekreasi Kramat. Taman Budaya dan Rekreasi Kramat terletak di Kab. Batang, tepatnya di Kelurahan Pronoyangan.

Taman ini saat ini merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Batang yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung.

Tingginya minat wisatawan untuk datang ke taman budaya ini tidak terlepas dari lokasinya yang dekat dan mudah untuk diakses.

Dari pusat Kota Batang, tempat wisata ini hanya berjarak kurang lebih sekitar 1 km saja.

Saat berkunjung ke objek wisata ini, Anda bisa mempelajari berbagai macam hal yang terkait dengan sejarah dan budaya masyarakat Batang.

Salah satu hal paling menarik yang bisa didapatkan di sini adalah sejarah tentang asal – usul Kab. Batang, yaitu terkait dengan cerita Bahurekso.

Selain itu ada juga berbagai macam pertunjukan seni dan adat budaya yang memang sengaja disusun sebagai hiburan untuk wisatawan.

16. Batang Dolphin Center

Batang Dolphin Center via Okezone

Batang Dolphin Center via Okezone

Batang Dolphon Center berlokasi di Areal Pantai Sigandu, Kab. Batang. Tempat wisata ini merupakan salah satupusat penangkaran Lumba – Lumba terbesar di Jawa Tengah.

Di sini Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata menarik, seperti: melihat atraksi lumba – lumba, berkeliling taman safari, melihat koleksi satwa di areal kebun binatang mini, dll.

Walaupun status tempat ini adalah sebagai pusat penangkaran Lumba – Lumba namun binatang yang ada di sini bukan hanya lumba – lumba saja. Lebih dari pada itu, ada banyak satwa lain yang juga turut dipelihara di sini. Beberapa di antaranya adalah: kura – kura, penyu, beberapa spesies ikan air tawar, dan beberapa spesies ikan air laut.

Tidak hanya itu, tempat rekreasi di Batang yang satu ini juga telah dilengkapi dengan wahana waterpark. Waterpark ini sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga di akhir pekan dan hari libur.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke sini?

Jika ya, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp. 30.000 per orang sebagai biaya tiket masuk.

17. Ecopark Bandar

Ecopark Bandar via mbatang

Ecopark Bandar via mbatang

Tempat wisata di Batang yang berikutnya adalah Ecopark Bandar. Ecopark bandar merupakan objek wisata yang menawarkan daya tarik utama berupa kolam renang dan berbagai macam wahana permainan air.

Ecopark ini terletak di kawasan dataran tinggi dan air yang mengalir di ecopark ini pun kabarnya adalah air dari pegunungan batang, sehingga kejernihan dan kebersihannya sama sekali tidak perlu diragukan lagi.

Selain memiliki air yang bersih dan jernih, ecopark ini juga memiliki udara yang bersih dan segar khas daerah pegunungan.

Karena kondisi udaranya tersebut, bisa dibilang objek wisata merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Batang yang bisa dikunjungi untuk melepas penat di akhir pekan.

Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan, pengelola objek wisata Ecopark Bandar telah menyediakan fasilitas wisata yang cukup lengkap. Dari mulai lapangan parkir, tempat makan, toilet, kamar ganti, sampai dengan tempat penyewaan pakaian renang dan rest areal, semuanya sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Lokasi Ecopark Bandar ada di Desa Wonokerto, Kec. Bandar, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Dari pusat Kota Batang, letak Ecopark ini tergolong tidak terlalu jauh, yaitu hanya berjarak sekitar 18 km saja. Karena kondisi jalannya bagus, dengan menggunakan kendaraan bermotor Ecopark Bandar dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 30 menit perjalanan.

Saat artikel ini ditulis, tiket masuk ke Ecopark Bandar ditetapkan sebesar Rp. 5.000 per orang.

18. Desa Wisata Pranten

Desa Wisata Pranten via Jalanwisata

Desa Wisata Pranten via Jalanwisata

Desa Wisata Praten terletak di dataran tinggi Batang, yaitu di ketinggian 1.700 mdpl.

Karena terletak di dataran tinggi, desa wisata ini memiliki kondisi udara yang segar dan berhawa sejuk. Selain itu, pemandangan alamnya pun juga tergolong sangat luar biasa.

Daya tarik utama yang ditawarkan desa wisata ini ada pada areal perkebunan sayurnya yang sangat luas.

Di sini Anda dapat berkunjung ke perkebunan sayur sembari melihat langsung proses budidaya dan panen sayur di sini.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas wahana pemandian air panas alami yang tersedia di desa ini. Kabarnya, karena mengandung belerang air panas yang ada di desa ini bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Nah, bagaimana? Apakah Anda ingin berkunjung ke desa wisata ini?

Jika ya, desa ini terletak di Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Desa ini bisa dikunjungi kapan saja selama 24 jam non stop tanpa perlu membayar biaya tiket masuk / retribusi apa pun sama sekali.

19. Goa Jepang

Goa Jepang

Goa Jepang via Batangsari

Tempat piknik di Batang yang selanjutnya adalah Goa Jepang. Goa Jepang merupakan objek wisata alam sekaligus sejarah yang cukup terkenal di Kab. Batang.

Objek wisata ini terletak di desa Subah, Kab Batang.

Menurut info dari masyarakat sekitar, goa ini dulunya merupakan goa persembunyian tentara Jepang.

Saat berkunjung ke goa ini Anda dapat melakukan aktivitas susur gua sembari melakukan beberapa take foto dengan latar belakang mulut dan areal dalam gua.

Sampai artikel ini ditulis, Goa Jepang masih belum dikelola sebagai tempat wisata komersil.

Oleh karenanya, goa ini dapat dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar uang tiket masuk. Sayangnya, karena belum dikelola secara komersil, fasilitas wisata yang tersedia di sini masih tergolong sangat minim.

20. Tubing Pandansari Batang

Tubing Pandansari Batang via Batangkab

Tubing Pandansari Batang via Batangkab

Khusus untuk Anda yang hobi melakukan aktivitas / olahraga menantang, di Kab. Batang Anda dapat mengikuti aktivitas wisata Tubing Pandasari.

Di aktivitas wisata ini Anda akan diajak untuk menyusuri areal salah satu sungai di Kab. Batang. Walaupun aktivitas ini tergolong cukup ekstrim, namun Anda sama sekali tidak perlu khawatir.

Pasalnya, saat hendak melakukan aktivitas tubing Anda akan dibekali dengan peralatan safety yang lengkap, yaitu berupa helm dan jaket pelampung.

Untuk aliran sungai yang dilewati sendiri tergolong tidak terlalu lebar. Walaupun begitu alirannya tergolong cukup deras, sehingga sangat memacu adrenalin.

Lokasi objek wisata Tubing Pandansari ada di Desa Pandansari, Kec. Warungasem, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Untuk bisa menikmati aktivitas tubing di sini Anda harus rela merogoh kocek agak dalam, yaitu sebesar Rp. 45.000 per orang.

21. Pantai Pelabuhan Perikanan Batang

Pantai Pelabuhan Perikanan Batang

Pantai Pelabuhan Perikanan Batang

Tempat wisata di Batang yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang hobi memancing. Di sini Anda dapat menemukan banyak spot pemancingan yang bagus.

Memang ukuran ikannya tidak terlalu besar, namun setidaknya sudah cukup lah untuk memenuhi hasrat memancing Anda.

Lokasi Pantai Pelabuhan Perikanan Batang ada di Desa Ketanggan, Kec. Gringsing, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Untuk masuk ke pantai ini, Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

22. Pantai Buntu

Pantai Buntu

Pantai Buntu

Masih di Kec. Gringsing, ada satu lagi objek wisata berbentuk pantai yang tidak kalah menarik untuk disambangi. Objek wisata tersebut bernama Pantai Buntu.

Pantai Buntu terletak di Desa Sidorejo, Kec. Gringsing, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Pantai ini menawarkan panorama alam yang cukup unik, dimana areal pantainya berbentuk seperti tingkatan – tingkatan dengan pasir lembut berwarna putih kecoklatan.

Di pantai ini Anda dapat bersantai sembari menikmati sejuknya udara khas daerah pantai.

Selain itu, Anda juga bisa berburu foto dengan latar belakang areal gundukan pasir yang ada di pinggir pantai ini.

Pantai Buntu dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pagi sampai sore. Untuk masuk ke pantai ini pengunjung hanya diminta untuk membayar uang tiket masuk sebesar Rp. 3.000 plus uang parkir motor sebesar Rp. 2.000 per unit.

23. Batu Gamelan Batang

Batu Gamelan Batang via Youtube

Batu Gamelan Batang via Youtube

Tempat wisata di Batang yang selanjutnya adalah Bagu Gamelan Batang. Batu Gamelan Batang merupakan objek wisata unik dimana ada sebuah batu yang diyakini merupakan “gamelan sakti”.

Jika dilihat secara kasat mata, batu gamelan yang ada di objek wisata ini akan terlihat seperti batu biasa berbentuk balok yang memanjang.

Anehnya, di waktu – waktu tertentu, penduduk sekitar sering mendegar suara gamelan dari areal lokasi objek wisata ini.

Padahal pada waktu tersebut di objek wisata ini sama sekali tidak ada orang yang memainkan gamelan.

Nah, karena cerita mistis tersebut lah tempat ini akhirnya menjadi viral dan ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Terlepas dari kisah mistis yang dimilikinya, Batu Gamelan sendiri sebenarnya merupakan batu kuno peninggalan Zaman Megalithikum.

Jika Anda merupakan seorang pecinta dan atau pemerhati sejarah, objek wisata ini benar – benar sangat pas untuk Anda.

Lokasi batu Gamelan Batang ada di Desa Tosa, Kec. Bandar, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp. 0, alias dapat dikunjungi secara gratis.

24. Agrowisata Selopajang Timur

Agrowisata Selopajang Timur via Aslibatang

Agrowisata Selopajang Timur via Aslibatang

Agrowisata Selopajang Timur berlokasi di Desa Selopajang, Kec. Blado, Kab. Batang. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa pemandangan alam yang telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata perairan.

Beberapa fasilitas wisata perairan yang bisa dinikmati di sini adalah: kolam terapi ikan, kolam renang, permainan outbond, dll.

Tiket masuk Agrowisata Selopajang Timur tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 per wahana permainan.

25. Puncak Patran

Puncak Patran via @yogapratama_16_

Puncak Patran via @yogapratama_16_

Puncak patran bisa anda jadikan sebagai tempat liburan di Batang selanjutnya. Puncak patran ini menawarkan sensasi keindahan alam dari ketinggian ala Kota Batang.

Letak puncak patran ini ada di desa Kebaturan, kecamatan Bawang. Atau lebih tepatnya ada di perbukitan Gunung Prau.

Oh ya sob, pengelola tempat ini menawarkan ada banyak spot kece lho, bahkan bisa dibilang sangat lengkap! Ada banyak spot intagramable yang bisa anda jadikan tempat untuk berfoto mulai dari gardu pandang, sepeda gantung, hammock, sangkar burung, dan masih banyak lagi lainnya.

Wah, sangat banyak sekali ternyata wahana di puncak patran ini ya. Tidak hanya itu saja ternyata, ada juga tempat penangkaran rusa, dan kebun strawberry.

Puncak patran ini juga cocok lho untuk dijadikan sebagai tempat wisata anak-anak di Batang, karena cukup edukatif. Ada tambahan lagi sob, ada juga rumah hobbit lho. Silahkan datang saja mulai dari jam 08.00 pagi kesini ya.

Bagaimana? Anda pasti sudah tidak sabar lagi mau liburan ke puncak patran ini bukan? Tunggu apalagi, langsung aja menuju ke TKP!

26. Wisata Alam Sikembang

Wisata Alam Sikembang via Reservasi

Wisata Alam Sikembang via Reservasi

Tempat wisata di Batang selanjutnya adalah wisata alam Sikembang yang menawarkan Agrowisata hutan pinus yang belakangan menjadi fenomenal dibanyak tempat.

Lokasi Wisata alam Sikembang ini ada di kecamatan Blado. Bisa anda datangi tiap hari sejak pukul 08.00-17.30 WIB.

Hanya dengan membayar uang retribusi sebesar Rp.5000 saja, kamu sudah bisa jalan-jalan menyusuri hutan, bersantai, atau mengabadikan momen dengan mengambil foto di spot-spot menarik di sini.

Pokoknya ada banyak deh spot untuk foto syantik disini, jadi sangat sayang lho untuk dilewatkan!

27. Curug Gombong

Curug Gombong via @instabatang

Curug Gombong via @instabatang

Selanjutnya kamu juga bisa mengunjungi curug Gembong untuk mengisi waktu liburan di Batang biar ga bosen! Nama curug ini agar serem ya, hehehe. Tapi kalau kammu sudah mennyambangi curug ini, maka persepsi kamu bakalan langsung berubah deh.

Ternyata curug gembong ini adalah air terjun alami yang kece dan seru buat basah-basahan lho. Lokasi curug ini ada di Desa Gombong, Kecamatan Subah Kabupaten Batang.

Air terjun ini cukup terkenal lo sob, air terjun yang mempunya ketinggian sekitar 13 meter membelah batuan yang berlapis rata alami.

Oh ya, air terjun ini belum terkelola dengan baik, sehingga belum ada fasilitas umum disini, tapi kabar baiknya ya kamu tidak perlu membayar untuk bermain air sepuasnya disini.

28. Curug Botoh

Curug Botoh via @zaenalmuin

Curug Botoh via @zaenalmuin

Ternyata masih ada air terjun lain yang tidak kalah menariknya untuk kita sambangi, yaitu curug botoh yang ada di Desa banteng, Rejosari Barat, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang.

Air terjun ini terkenal sangat indah dan sayang sekali untuk kamu lewatkan, terutama buat kamu yang suka mandi-mandi sambil foto syantik. Hehehe

29. Curug Kanoman

Curug Kanoman via @bayuboyka

Curug Kanoman via @bayuboyka

Tempat wisata di Batang berikutnya adalah curug Kanoman yang berada di kecamatan Wonotunggal. Curug ini juga memiliki keindahan yang menawan lho, sehingga layak untuk anda masukkan ke dalam daftar tempat rekreasi di Batang yang akan anda sambangi.

Curug ini memiliki ciri khas berupa struktur bebatuan curug yang menyerupai anak tangga tak beraturan, yang dilengkapi oleh kehadiran air dengan arus bergelombang.

Curug ini memiliki keindahan alam sekitar yang masih perawan lho, plus udaha sekitar yang menyejukkan hati juga tentunya akan membuat kamu betah berlama-lama disini.

Untuk bisa menikmati keindahan dan kesegaran curug ini kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 3.000 untuk biaya masuk ke kawasan ini, dan menikmati sensasi alam yang ditawarkan oleh curug Kanoman.

30. Green House Sri Tani Lestari

Green House Sri Tani Lestari via @kurtsani

Green House Sri Tani Lestari via @kurtsani

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi Green house Sri Tani Lestari yang merupakan agrowisata dengan koleksi tanaman yang indah.

Agrowisata ini terletak di desa Keteleng, kecamatan Blado. Disini anda bisa menyaksikan keindahan beranekaragam jenis bunga krisan.

Oh ya sob, untuk menikmati keindahan koleksi bunga disini kamu cuma perlu merogoh kocek sebesar  Rp 3.000, saja lho. Bunga krisan disini  kurang lebih ada 11 varietas. Krisan solinda pelangi, krisan maharani, krisan velma, dan masih banyak lainnya. Pastikan kamu bawa kamera dengan resolusi tinggi ya!

31. Rumah Pohon Tombo

Rumah Pohon Tombo via Malaspulang

Rumah Pohon Tombo via Malaspulang

Tempat wisata di Batang berikutnya adalah rumah pohon Tombo yang siap menyajikan pemandangan indah yang menyejukkan mata berupa hijaunya alam desa Tombo kecamatan Bandar.

Rumah pohon tombo berupa pohon beringin dengan dilengkapi gardu, dan jembatan untuk akses jalan menuju tempat tersebut membuat tempat ini begitu eksotis. Apalagi pemandangan sekitar rumah pohon, yaitu hamparan hijau pepohonan yang memberikan kesejukan.

32. Curug Sipitung

Curug sipitung via IG

Curug sipitung via IG

Wah, ternyata masih ada banyak lho curug di Batang yang sangat indah, salah satu yang selanjutnya adalah curug Sipitung yang konon katanya bisa membuat anda awet muda. Hehehehee.

Ya jelas saja, orang yang suka jalan-jalan kan memang jadi awet muda. Benar kan!

Lokasi curug Sipitung ini ada di Dukuh Mulyodadi, Desa Jambangan, Kecamatan Bawang. Lebih tepatnya berada di kaki Gunung Prau.

Keberadaan curug ini masih belum terlalu booming, sehingga masih bisa dibilang sebagai curug perawan lo sob. Apalagi rute menuju lokasi yang cukup menantang dengan melewati jalan setapak membelah hutan dan perkebunan warga.

Pasti seru nih menjelajah alam untuk mengunjungi Curug Sipitung yang kece ini.

33. Curug Lojahan

Curug Lojahan via IG

Curug Lojahan via IG

Nah kan, masih ada air terjun lain di Batang, sebut saja Curug Lojahan yang ada di desa Kali Tengah, kecamatan Blado, Kabupaten Batang.

Oh ya sob, air terjun ini masih terisolasi lo, akses menuju lokasi masih cukup menantang sehingga kamu harus mempersiapkan fisik yang prima kalau mau kesini.

Air terjun kece ini berada di dalam belantara alas Kluwung, dengan ketinggian lebih dari 40 meter.

Untuk mencapai air terjun ini kamu harus treking selama satu setengah jam dari perkampungan warga sebelum akhirnya menemukan air terjun dengan pemandangan sekeren ini. Keuntungan yang kamu dapatkan tentu saja suasana tenang nan alami sebab tak banyak traveler yang datang ke sana.

34. Pantai Sicepit

Pantai Sicepit via Kmstour

Pantai Sicepit via Kmstour

Tempat wisata di Batang berikutnya adalah pantai Sicepit yang menjadi salah satu spot kece untuk menikmati matahari terbit yang indah.

Pantai Sicepit atau Segolok ini terletak di Kelurahan Kasepuhan dimana mempunyai garis pantai yang panjang dan luas sehingga sangat cocok buat aktivitas seperti bola atau voli pantai

O ya sob, disini kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset yang tidak kalah indahnya lho. Silahkan datang saja pada waktu pagi atau sore hari. Usahakan tepat waktu ya, agar kamu tidak kelewatan momen berharga disini. Di pesisir pantai ini ditumbuhi oleh pohon cemara yang rindang bisa dijadikan traveler sebagai tempat berteduh.

35. Jembatan Buntu Sengon

Jembatan Buntu Sengon via @bakul_celana_kerja

Jembatan Buntu Sengon via @bakul_celana_kerja

Lokasi: Desa Sengon, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang.

36. Wana Wisata Polowono

Wana Wisata Polowono via @ibenkmbolank

Wana Wisata Polowono via @ibenkmbolank

Lokasi: Kawasan hutan pinus perbukitan, Desa Lobang Limpung Kabupaten Batang.

37. Curug Semawur

Curug Semawur via Malaspulang

Curug Semawur via Malaspulang

Lokasi: Desa Kalirejo, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.

38. Gardu Pandang Limbangan

Gardu Pandang Limbangan

Gardu Pandang Limbangan

Lokasi: Desa Limbangan, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang.

39. Pandang Sri Gunung

Pandang Sri Gunung via @fajarwidhiantmojo_

Gardu Pandang Sri Gunung via @fajarwidhiantmojo_

Lokasi: Limbangan, Banyuputih, Batang.

40. Curug Sidangkrong

Curug Sidangkrong via @ubaedillah_aziz

Curug Sidangkrong via @ubaedillah_aziz

Lokasi: Bandar, Batang.

****

Itulah beberapa tempat wisata di Batang yang bisa Anda kunjungi bersama dengan pasangan, keluarga, atau pun kerabat.

Selain objek wisata yang kami sampaikan di atas, kemungkinan besar Kab. Batang masih memiliki beberapa objek wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Jika Anda mengetahuinya, mohon tuliskan informasi terkait objek wisata tersebut di kolom komentar ya!

Akhir kata, semoga bermanfaat dan selamat jalan – jalan ya! Jangan lewatkan juga: 15 Tempat Wisata di Salatiga Jawa Tengah dan Sekitarnya

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!