63 Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah

Tempat Wisata di Magelang – Siapa yang tidak kenal dengan candi Borobudur? Candi Buddha megah dengan 10 tingkat ini menjadi salah satu ikon wisata Magelang, bahkan Indonesia. Candi ini merupakan salah satu warisan dunia dan termasuk dalam 10 keajaiban dunia.

Selain Candi Borobudur, masih ada banyak lagi alasan wisatawan berkunjung untuk menikmati liburan di Magelang Jawa Tengah. Kalau untuk wisatawan lokal Magelang, tentu sudah tidak asing lagi dengan ketep Pass yang merupakan salah satu spot menikmati pemandangan yang sedang naik daun saat ini.

Selain dua objek wisata Magelang di atas, masih ada banyak lagi tempat wisata di Magelang yang wajib untuk kita kunjungi. Magelang disini, adalah Kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Sebagai informasi saja, Kota Magelang sendiri berada di tengah-tengah Kabupaten Magelang, karena dulunya memang Magelang adalah satu kawasan, sampai mengalami pemekaran pada 1989.

Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda keliling ke berbagai tempat wisata di Magelang Jawa Tengah. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Candi Borobudur

Siapa yang tidak kenal dengan candi paling megah ini? Candi ini memiliki 10 tingkat dari dasar hingga ke paling atasnya. Dengan ukiran/relief candi yang sangat rumit membuat candi ini memiliki nilai artistik yang sangat tinggi.

Hingga kini para ilmuwan masih belum bisa menemukan metode pembangunan candi yang masuk dalam situs warisan dunia, World Heritage Sites oleh UNESCO.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Tidak hanya wisatawan dari Magelang dan Jawa Tengah saja yang mengunjungi candi ini saat liburan di Magelang, bahkan wisatawan dari mancanegara juga berdatangan untuk menyaksikan bangunan spektakuler ini.

Untuk dapat menikmati keindahan candi ini dari dekat kita harus membayar tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp 30 ribu per orang (dewasa), anak-anak sebesar Rp 12.500 per orang. Untuk tiket masuk turis mancanegara adalah sebesar USD 20 (dewasa) dan USD 10 (anak-anak).

2. Rafting di Sungai Progo Atas

Beralih ke wisata yang menantang adrenalin, anda bisa menguji adrenalin di sungai Progo Atas. Disini anda bisa menikmati deburan arus sungai dengan menggunakan perahu karet.

Rafting di Sungai Progo Atas

Rafting di Sungai Progo Atas

Aktivitas arung jeram menjadi salah satu daya tarik Perumahan Griya Tok Songo, Kota Magelang. Sungai Progo atas memiliki aliran sepanjang 12 kilometer, durasi waktu selama melakukan arung jeram di sungai ini adalah sekitar 2,5 hingga 3 jam.

Bagaimana, anda tertarik mencoba olahraga ekstrim ini? Ada beberapa rute yang bisa anda coba, diantaranya arung jeram sungai Progo Hulu, arung jeram sungai Progo Atas, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Sungai Progo Hulu dan sungai Progo Atas berada di wilayah Magelang, sementara Sungai Progo Bawah berada di kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Bagi Anda yang menyukai tantangan air, Anda dapat menjajal Sungai Progo ini dan menaklukkannya.

3. Alun-Alun Kota Magelang

Tempat wisata di Magelang yang tidak boleh anda lewatkan adalah alun-alun Kota. Alun-alun ini menjadi pusat kegiatan anak-anak muda dan keluarga di sore sampai malam hari.
Disini, anda bisa menikmati kuliner Magelang yang lezat serta berbelanja berbagai kebutuhan atau oleh-oleh. Alun-alun kota Magelang tertata dengan baik dan sangat asri tidak heran kenapa masyarakat senang menghabiskan waktu bersama di alun-alun.
Alun-Alun Kota Magelang

Alun-Alun Kota Magelang

Alun-alun juga menjadi landmark Magelang, anda akan disambut oleh patung Pangeran Diponegoro yang sedang menaiki kuda dengan gagah perkasa. Disini juga menjadi salah satu tempat berfoto yang paling oke.
Alun-alun ini menjadi tempat berkumpulnya masyarakat Magelang untuk menghabiskan waktu bersama sambil bermain bersama anak-anak.
Alun-alun ini juga cukup menarik karena di samping dekat dengan tempat peribadatan bagi umat islam, kristen, katholik dan konghucu, Disana anda juga dapat membeli oleh-oleh karena ada juga pusat perbelanjaan seperti matahari, gardena, dan pecinan.

Terdapat menara dengan tinggi 15 m dan saat ini digunakan untuk menampung air guna kebutuhan warga kota Magelang. Pada hari-hari libur atau hari-hari tertentu alun-alun kota tidak pernah sepi dari pengunjung, baik siang maupun di malam hari karena memang di buka untuk umum, ada hiburan konser band, dan ada beragam kuliner yang siap untuk menemani waktu santai anda.

4. Air Terjun Kedung Kayang

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah sebuah ari terjun yang sangat indah dan masih sangat alami. Nama air terjunnya adalah kedung Kayang.

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang

Lokasi air terjun Kedung kayang ada di Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Magelang, 3 Km dari obyek wisata Gardu Pandang Ketep Pass, searah menuju Kabupaten Boyolali, dan secara geografis terletak di antara dua gunung, yaitu gunung Merapi dan gunung Merbabu.

Air terjun ini sendiri secara administrasi berada di perbatasan Magelang dan Boyolali, yakni ada di desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Objek wisata Magelang yang satu ini sudah mendapatkan perhatian, ada banyak fasilitas pendukung liburan disini, diantaranya seperti kedai makan, penginapan, bumi perkemahan. Memang, untuk bisa sampai ke air terjun ini wisatawan harus melakukan trekking dan lokasinya cukup jauh dari tempat parkir.

Untuk bisa menikmati air terjun ini kita harus membayar tiket masuk seharga Rp. 4000 (harga sewaktu-waktu berubah). Anda juga bisa menemukan sebuah Goa dengan lebar ± 2 m dan tinggi ± 2,5 m dengan panjang tak terbatas (tidak dapat diketahui) karena konon tidak ada ujungnya. Kalau ada yang mau masuk ke goa harus masuk dulu di kedung lalu naik sekitar 1,5 m di belakang air terjun.

5. Taman Kyai Langgeng

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah taman Kyai Langgeng yang ada di kota Magelang. Taman ini menjadi tempat bermain favorit keluarga, apalagi anak-anak.

Taman ini memiliki luas area sekitar 28 hektar. Disini kita bisa melihat berbagai tanaman langka, patung-patung dinosaurus dalam ukuran asli, prototipe pesawat terbang, hingga berbagai fasilitas permainan.

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Taman ini sangat asri, sehingga udara di sekitarnya sangat sejuk dan tidak heran kenapa wisatawan lokal menjadikan taman Kyai langgeng sebagai tempat untuk bercengkrama bersama keluarga.

Taman kyai Langgeng berjarak kurang lebih 1 km arah selatan pusat kota Magelang. Taman Kyai Langgeng adalah juga tempat bermain anak di Magelang dengan permainan jetcoster, kolam renang, dan lainnya. Selain wahana yang sudah disebutkan di atas, tempat wisata anak di Magelang ini juga memiliki permainan jetcoster, kolam renang, atraksi kesenian, musik serta berbagai kuliner lezat kesukaan anak-anak seperti sosis panggang dan burger, juga tersedia perpustakaan di Taman Kyai Langgeng ini. Persis di sebelah taman, terdapat fasilitas Arung Jeram Progo Asri.

Wah, rugi rasanya kalau sampai melewatkan objek wisata Magelang yang satu ini.

6. Ketep Pass

Ketep Pass merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang sedang ngehits. Lokasi ketep pass ada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan dan berada di jalur SSB (Solo Selo Borobudur).

Wisata Ketep Pass di Magelang

Wisata Ketep Pass di Magelang

Ketep Pass menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan pegunungan dan bukit yang begitu indahnya dan tak kalah pula hamparan pertaniannya yang menarik.

Dari sini wisatawan dapat melihat luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass memiliki sejumlah fasilitas wisata yang menarik, di antaranya Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang, dan Pelataran Panca Arga.

Untuk memanjakan pengunjung, pengelola menyediakan 2 buah teropong di Gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga. Untuk bisa menikmati pemandangan dengan menggunakan teropong, kita harus membayar Rp 3 ribu saja. Untuk dapat menikmati fasiltias museum atau bioskopnya, kita dikenana tarif Rp 7 ribu per orang.

Tidak heran kenapa banyak anak muda menjadikan ketep pass masuk dalam daftar tempat wisata di Magelang yang akan mereka kunjungi. Di Pelataran Panca Arga, wisatawan bisa menyaksikan lima gunung sekaligus, yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Slamet, dan Sumbing. Harga tiket masuk Ketep pass Magelang ini yaitu Rp 7.500 per orang. Namun, tiket ini belum termasuk tarif parkir jika Anda membawa kendaraan.

Simak selengkapnya: Objek Wisata Ketep Pass Magelang

7. Air Terjun Sekar Langit

Satu lagi tempat wisata di Magelang yang menawarkan sensasi air terjun yang tidak boleh dilewatkan, yaitu air terjun Sekar Langit yang berada di pinggiran Magelang, tepatnya di desa Telogorejo, kecamatan Grabag.

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Air terjun ini menjadi tempat wisata favorit di Magelang, apalagi untuk mereka pecinta alam. Ketinggian air terjun sekar langit sekitar 25 meter, pesona air terjun ini mampu menghadirkan nuansa segar di pikiran.

Air terjun ini berada di kaki Gunung Telomoyo yang merupakan perbatasan antara kabupaten Semarang, kota Salatiga serta Magelang.

Usut punya usut, air terjun ini konon dulunya menjadi tempat mandi bidadari bernama Nawangwulan  seorang pria bernama Jakatarub mencuri selendang sang bidadari hingga membuatnya tak bisa pulang ke kahyangan dan akhirnya hidup di bumi bersama Jakatarub.

Anda pernah mendengar kisahnya? Bahkan dulu dibuatkan filmnya.

8. Rumah Kamera

Tempat wisata di Magelang yang cukup unik adalah rumah kamera. Rumah kamera merupakan replika kamera dengan 4 ukuran 17 x 18 m.

Rumah Kamera

Rumah Kamera

Dengan ukuran sebesar itu, rumah kamera masuk dalam rekor Muri sebagai rumah kamera terbesar di Indonesia. Untuk membangunnya dibutuhkan dana setidaknya 1 miliar rupiah.

Rumah kamera terdiri dari 4 lantai dan selesai dibangun pada 2013. Kini rumah kamera menjadi salah satu destinasi wisata Magelang yang tidak boleh dilewatkan.

Adapun pencetus atau penggagas ide rumah kamera DSLR ini adalah seniman lokal bernama Tanggol Angien Jatikusumo. Terdapat banyak hasil karya seni lukisan dari berbagai seniman disini. Lokasi rumah kamera ini ada di Desa Majaksingim, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Anda bisa bayangkan bagaimana kalau dijepret pakai kamera sebesar ini, bisa tembus pandang mungkin ya :D.

9. Candi Mendut

Candi mendut menjadi salah satu tempat wisata di Magelang yang sayang sekali untuk dilewatkan, apalagi lokasinya hanya sekitar 3 km dari Candi Borobudur.

Candi Mendut

Candi Mendut

Candi mendut memang tidak sepopuler candi Burobudur, namun tetap saja memiliki nilai artistik yang tinggi. Candi ini juga memiliki corak buddha.

Lokasinya ada di  di Jalan Mayor Kusen, Mungkid, Magelang. Candi ini dibangun pada jaman pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalam Candi Mendut terdapat beberapa arca yang menghiasi isi candi. Ada pula relief-relief yang terpahat pada dinding candi.

10. Candi Pawon

Candi Pawon menjadi tempat wisata di Magelang selanjutnya, Candi ini lokasinya lebih dekat lagi dengan candi Borobudur ketimbang candi mendut. Letaknya diantara Candi Borobudur dan Candi Mendut.

Candi Pawon

Candi Pawon

Candi mungil ini juga menyimpan nilai sejarah tinggi kawasan Magelang. Menurut ceritanya, candi ini dipercaya sebagai bagian dari candi Borobudur.

Konon katanya, Candi Pawon menjadi tempat menyimpan senjata serupa halilintar milik Raja Indera dalam mitologi India. Candi Pawon dipugar pada tahun 1903.

11. Gunung Andong

Tempat wisata di Magelang selanjutnya khusus buat pecinta mendaki. Gunung Andong menjadi tempat mendaki yang pas buat pemula, karena tidak terlalu tinggi.

Meskipun tidak terlalu tinggi, gunung Andong tetap saja digemari oleh pendaki di Magelang. Gunung ini memiliki ketinggian maksimal 1726 mdpl. Namun, pemandangan dari puncak terlihat sangat mempesona.

Gunung Andong

Gunung Andong

Tidak heran kalau kita akan menemukan banyak tenda-tenda para pendaki di puncak Gunung Andong. Untuk Base Camp pendakian sendiri terletak di kecamatan Ngablak. Base camp yang paling umum digunakan adalah base camp Sawit. Tidak lebih dari 3 jam untuk bisa sampai ke puncak Gunung Andong. Namun perlu dicatat, track pendakian Gunung Andong tidak terlalu, sehingga untuk dianjurkan pendaki pemula untuk menaklukkannya.

Untuk mencapai puncak gunung Andong, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 1, 5 jam saja. Pada akhir pekan atau saat musim liburan tiba, banyak pendaki akan mendirikan tenda di puncak gunung andong. Anda akan disuguhkan pemandangan sunrise yang sangat mempesona.

Bagi anda yang tertarik liburan kesini, anda bisa langsung saja menuju ke basecamp pendakian dengan menyewa kendaraan atau anda minta diantar oleh tukang ojek. Lokasinya berada di Dusun Sawit, Kecamatan Ngablak. Setiba di basecamp, anda tinggal melakukan registrasi dengan membayar Rp. 3.000 untuk satu orang. Namun jika anda menggunakan motor, maka dikenakan biaya parkir Rp. 3.000 per motor + penitipan helm Rp. 1000.

12. Candi Selogriyo

Ternyata masih ada candi yang menarik untuk kita kunjungi di Magelang. Candi mini ini masih tetap berdiri kokoh dan terawat dengan baik hingga kini.

Candi Selogriyo

Candi Selogriyo

Di sekeliling Candi Selogriyo berdiri kokoh bukit-bukit yang menghijau, sehingga menambah asri dan sejuk suasana disekitar candi ini.

Candi ini sendiri dipercaya sebagai peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun pada abad ke-9. Pada bulan Desember 1998 candi ini pernah rusak karna bukit yang berada di sekelilingnya mengalami longsor. Rekonstruksinya baru selesai tahun 2005. Lokasi candi ini berada di kecamatan Windusari, kabupaten Magelang

13. Gunung Tidar

Gunung Tidar cukup unik karena lokasinya berada di tengah-tengah Kota. Gunung Tidar disebut-sebut Pakunya Tanah Jawa. Gunung ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Magelang yang menawarkan suasana angker.

Gunung Tidar

Gunung Tidar

Bagi anda yang suka dengan hal-hal yang berbau mistis, tidak ada salahnya untuk mencoba adrenalin di gunung ini. Dari nama gunung ini saja sudah ngeri, “Tidar” dipercaya merupakan singkatan dari Mati dan Modar.

“Modar” sendiri merupakan bahasa jawa kasar yang artinya mati atau meninggal. Nama ini diambil karena gunung ini konon dulunya terkenal sangat angker sehingga siapapun yang datang ke gunung ini dipastikan akan tinggal nama. Gunung Tidar kini menjadi salah satu tempat wisata misteri yang tak pernah sepi pengunjung. Di gunung ini terdapat tiga makam yang selalu ramai pengunjung yaitu maka Syeh Subakir, Mbah Sepanjang, dan Mbah Ismoyo

14. Curug Grenjengan Kembar

Ternyata Magelang masih mempunyai air terjun yang indah dan tidak kalah dari ari terjun sebelum-sebelumnya. Air terjun selanjutnya adalah Curug Grenjengan Kembar.

Curug Grenjengan Kembar

Curug Grenjengan Kembar

Lokasi air terjun ini memang agak tersembunyi, tepatnya ada di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Dinamakan Curug Grenjengan Kembar karena terdapat dua air terjun yang mengalir indah dari ketinggian. Air terjun ini berada di kaki gunung Merbabu. Air yang jatuh di air terjun ini berasal dari sungai Cebong yang mata airnya berasal dari Gunung Merbabu. Suasana disana sangat damai sekali karena tidak banyak pengunjung yang datang.

15. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit untuk menikmati keindahan candi Borobudur dari sisi lain. Kalau melihat candi Borobudur dari dekat mungkin sudah terlalu mainsteam, nah disinilah kita bisa menikmati keindahan Borobudur dari sudut pandang yang berbeda.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Disini kita bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan, kita bisa melihat Candi Borobudur yang begitu megah. Punthuk Setumbu sendiri berada di kecamatan Borobudur.

Bukit ini dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunrise dan juga sunset di sekitar Candi Borobudur. Lokasi bukit ini berjarak sekitar 5 km saja dari Candi Borobudur.

16. Trekking Gunung Merbabu

Selain Gunung Andong, anda juga bisa menaklukkan gunung Merbabu. Gunung ini menjadi salah satu pilihan untuk mendaki wisatawan dari Jawa Tengah dan Jogja.

Trekking Gunung Merbabu

Trekking Gunung Merbabu

Gunung Merbabu sendiri terletak diantara kabupaten Boyolali, Magelang, dan kota Salatiga. Salah satu cara unuk melakukan pendakian Gunung Merbabu adalah melalui jalur Wekas yang ada di Magelang

Kalau pendaki yang sudah pernah menjajal di gunung ini pasti tahu betul bagaimana indahnya pemandangan di Puncak Merbabu.

Ketinggian maksimal Gunung Merbabu mencapai 3.145 mdpl, gunung Merbabu mampu menghadirkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

17. Curug Silawe

Satu lagi tempat wisata di Magelang berupa air terjun, dimana lokasinya ada di selatan kaki Gunung Sumbing, lokasi pastinya ada di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Curug Silawe

Curug Silawe

Untuk mencapai air terjun ini, wisatawan bisa melalui Jalan Raya Purworejo–Magelang, lalu berbelok di pertigaan Krasak ke arah Kaliangkrik.

Memang, untuk menuju ke air terjunSilawe ini membutuhkan perjuangan yang lumayan, namun, pemandangan sepanjang jalan akan menghibur anda yang menapaki jalan berbatu. 

Namun, setelah sampai di air terjun ini, kelelahan yang kita rasakan sirna seketika.

18. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Selain mandi-mandi di ari terjun, wisatawan juga bisa menikmati segarnya air hangat di Pemandian Candi Umbul. Lokasi pemandian ini ada di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Untuk bisa mandi di pemandian air panas ini, kita hanya membayar uang masuk Rp 3000 saja, dan kita sudah bisa menceburkan diri sepuasnya.

Tapi ingat ya, beradaptasi dulu, jangan langsung mencebur, anda bisa kepanasan nanti. Pemandian candi umbul ini merupakan situs purbakala yang dibangun sejak zaman Wangsa Syailendra.

Bagiamana? Anda tertarik untuk mandi-mandi disini, manfaatnya bisa melancarkan peredaran darah, menghilangkan berbagaipenyakit kulit dan penyakit galau :D.

Pemandian ini sendiri sudah ada sejak zaman dahulu dan merupakan salah satu situs purbakala yang masih bisa kita nikmati hingga kini. Pemandian ini sendiri terdiri dari 2 kolam berupa kolam air panas atau hangat yang satunya lagi kolam pemandian air tawar. Pemandian yang bernuansa candi ini sejarahnya pada zaman dahulu adalah sebagai pemandian para putri raja setelah melakukan ritual tertentu di candi borobudur.

Untuk anda yang tertarik liburan kesini, dari arah jogja dan semarang sesampainya di kecamatan secang, anda harus memutar dari arah secang ke arah kecamatan grabag. Dan bagi anda yang mengendarai sepeda motor anda bisa mengikuti petunjuk arah ke lokasi wisata candi umbul yang terletak di desa karto harjo kecamatan grabag.

Meskipun wisata pemandian candi umbul tersebut tidak memiliki candi, namun tempat tersebut di dominasi oleh bebatuan yang biasanya ada pada bagian bangunan candi, sejarah sudah mengatakan bahwa candi umbul tersebut ada hubunganya dengan candi borobudur.

19. Taman Badaan

Tempat wisata di Magelang selanjutnya terletak di  Jalan Pahlawan. Taman ini juga menjadi salah satu tempat bermain dan liburan keluarga dengan anak-anak mereka.

Taman Badaan

Taman Badaan

Taman ini dipenuhi patung jerapah, gajah dan hewan lain. Disini, Anda juga bisa menikmati jajanan kuliner di sekitar taman badaan ini.

Tidak heran saat akhir pekan atau saat musim liburan tiba, taman ini dipenuhi oleh keluarga yang bercengkrama dengan anak-anaknya, buat anda yang masih juga sendiri sebaiknya memperhatikan dari jau aja ya. 😀

20. Museum Sudirman

Siapa sih yang tidak kenal dengan jendral kurus yang satu ini? Panglima besar Jendral Sudirman begitu ditakuti oleh penjajah. Mendengar orasi yang berapi-apinya saja penjajah sudah keder.

Museum Sudirman

Museum Sudirman

Jas merah, Jangan lupakan Sejarah, kata Bung Karno. Mari kita tanamkan rasa cinta tanah air serta kepada para pahlawan yang sudah berjuang dengan darah mereka kepada anak-anak kita.

Anda bisa mengunjungi museum Sudirman yang berlokasi di Jalan ade Irma Suryani No C-7 atau tepatnya di sudut selatan Taman Badaan.

Gedung tempat Museum Sudirman ini merupakan bekas rumah Jenderal Sudirman sebelum wafat.

21. Pinusan Kragilan Magelang

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang yang sedang hits dan menjadi salah satu tempat untuk mengupload foto ke medsos terbaru. Lokasinya ada di Kaponan, Kecamatan Pakis. Objek wisata ini saat ini sedang digandrungi oleh anak-anak muda yang gemar up load foto ke fb atau IG.

Pinusan Kragilan Magelang

Pinusan Kragilan Magelang

Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun disini. Hanya membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil.

22. Candi Canggal

Tempat wisata di Magelang selanjutnya masih berupa situs warisan sejarah yang menarik untuk anda kunjungi. Candi Canggal sendiri terletak di dusun Canggal, Kelurahan Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berada di atas Bukit Wukir dari lereng gunung Merapi pada perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Candi Canggal

Candi Canggal

Candi ini merupakan situs peninggalan hindu yang diperkirakan berdiri sejak  732 M. Candi canggal di bangun pada pemerintahan raja sanjaya dari zaman kerajaan mataram kuno. Pada tahun 1879 banyak di temukan prasasti canggal yang sudah kita kenal sampai saat ini. Komplek area reruntuhan candi mempunyai ukuran 50 meter x 50 meter.

23. Candi Ngawen

Tempat wisata di Magelang selanjut juga masih berupa situs peninggalan sejarah berupa candi, yakni candi ngawen yang ada di  dekat pasar muntilan, kelurahan gunung pring kecamatan muntilan, terdiri dari lima candi, namun sampai saat ini yang masih utuh hanya satu, sisanya sudah menjadi reruntuhan.

Candi Ngawen

Candi Ngawen

Mungkin karena  jauh dari jalan utama sehingga jaraknya terasa menjadi jauh bagi pengunjung yang hendak melihat keunikan dari candi ngawen tersebut. Candi ngawen berdiri di dekat pemukiman warga dan sawah. 

24. Candi Lumbung

Candi Lumbung

Candi Lumbung

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah candi Lumbung yang ada di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan Kecamatan Sawangan, Kabupten Magelang,yang berdekatan dengan candi asu sengi dan candi pendem. Candi ini berdiri di atas batu berdenah bujur sangkar dengan ukuran 8,43 x 8,43 meter, dan menghadap ke arah barat. 

25. Pemandian Kali Bening

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah pemandian Kali Bening yang ada di Desa Payaman, Kecamatan Secang. Objek wisata yang satu ini merupakan tempat untuk nyebur dan menyegarkan badan kita yang airnya berasal dari mata air yang sangat besar dan jernih.

Pemandian Kali Bening

Pemandian Kali Bening

Dinamai kali bening karena airnya memang sangat jernih dan kita bisa melihat dasarnya. Pemandian ini kini dilengkapi juga dengan fasilitas bermain yang menarik seperti taman dan kebun binatang. Yah meskipun hanya ada beberapa hewan saja, namun dengan adanya fasilitas tersebut mampu merubah pemandian ini menjadi jauh lebih menarik ditambah lagi dengan pemandangan gunung sumbing dan bukit-bukit yang berada di kaki gunung sumbing.

Pemandian kali bening ini bisa kita masukkan dalam daftar tempat wisata di Magelang yang layak untuk kita kunjungi.

26. Air Terjun Kedung Kayangan

Tempat wisata di Magelang selanjutnya berupa air terjun, yaitu air terjun kedung Kayangan yang ada di antara Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan Desa Klakah, Kabupaten Boyolali. Air terjun ini  sendiri lokasinya ada di alur Sungai Pabelan yang berasal dari 2 (Dua) gunung yakni Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Atau lebih tepatnya di sekitar perbatasan kabupaten Magelang dan Boyolali.

Air Terjun Kedung Kayangan

Air Terjun Kedung Kayangan

Air terjun kedung kayangan memiliki ketinggian 38 meter dan airnya sangat jernih.

27. Gardu Pandang Babadan

Gardu Pandang Babadan

Gardu Pandang Babadan

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah gardu pandang babadan yang tempatnya strategis untuk memantau aktifitas gunung merapi, karena jaraknya yang berdekatan yaitu sekitar 4 km dari babadan. Disini wisatawan bisa melihat panorama yang indah, juga bisa melihat film theater volcano yang menggambarkan letusan-letusan Gunung Merapi, hujan batu, awan panas, dan percikan batu pijar.

28. Arung Jeram Kali Elo

Arung Jeram Kali Elo

Arung Jeram Kali Elo

Anda suka dengan hal-hal yang berbau ekstrim? Anda bisa mencoba arung jerang di Kali elo. Arung jeram ini memiliki panjang rute hingga 10 – 11 KM dengan durasi waktu tidak lebih dari 3 jam. 

29. Telaga Bleder

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah telaga bleder yang lokasinya ada di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Selain udara yang sejuk dan jauh dari polusi udaha, di Telaga Bleder anda bisa juga mencoba fasilitas lain seperti speed boat, becak air sampan dan sepeda air.

Telaga Bleder

Telaga Bleder

Telaga ini menjadi salah satu tempat bermain favorit anak-anak di Magelang, danau yang berukuran kecil ini terbentuk dari tanah yang terisi air dari sumber mata air yang ada di sekitar lokasi. Sehingga menarik perhatian pemerintah setempat untuk mengembangkan lokasi ini sebagai tempat wisata. 

30. Gardu Pandang Bukit Barade

Gardu Pandang Bukit Barede

Gardu Pandang Bukit Barede

Selanjutnya anda juga bisa mengunjungi gardu pandang bukit Barade yang terletak di Dsn. Sendaren 2, Ds. Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Tiket masuk Rp5.000 sudah termasuk biaya parkir.

31. Gardu Pandang Ndlimas

Gardu Pandang Ndlimas

Gardu Pandang Ndlimas

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah gardu panjang ndlimas yang lokasinya ada di Dsn. Kwadan, Ds.  Girimulyo,  Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Tiket masuk bagi pengendera sepeda motor Rp2.000 dan untuk pengendara mobil Rp5.000

32. Gardu Pandang Mangli

Gardu Pandang Mangli

Gardu Pandang Mangli

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi gardu pandang mangli yang lokasinya di Ds. Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Tiket masuk Rp3.000 dan biaya parkir Rp1.000.

33. Sukmojoyo Hill

Sukmojoyo Hill

Sukmojoyo Hill

Masih berupa tempat wisata alam di Magelang, anda bisa mengunjung Sukmojoyo Hill yang ada di Dsn. Krinjing, Ds. Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Tiket masuk belum ditetapkan, untuk sementara hanya membayar biaya parkir Rp3.000.

34. Hutan Pinus Grenden

Hutan Pinus Grenden

Hutan Pinus Grenden

Hutan pinus grenden yang terletak di Dsn. Grenden, Ds. Pogalan, Kec. Pakis, ini bisa menjadi objek wisata yang anda kunjungi selanjutnya. Objek wisata ini sangat cocok untuk dijadikan tempat selfie-selfi yang unik dan instagramable. Untuk masuknya, anda akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 5.000 sudah beserta parkir.

35. Gunung Telemoyo

Gunung Telemoyo

Gunung Telemoyo

Gunung Telemoyo terletak di kawasan Kab. Magelang dan Kab. Semarang, Jawa Tengah

36. Desa Wisata Ngawen

Desa Wisata Ngawen

Desa Wisata Ngawen

Desa Wisata Ngawen terletak di Ds. Ngawen, Kec. Muntilan, Kab. Magelang, Jawa Tengah

37. Gardu Pandang Kwadaan

Gardu Pandang Kwadaan

Gardu Pandang Kwadaan

Terletak di Dsn. Kwadaan, Ds. Girimulyo, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

38. Wisata Petik Salak Gapoktan Ngudi Luhur

Wisata Petik Salak Gapoktan Ngudi Luhur

Wisata Petik Salak Gapoktan Ngudi Luhur

Wisata Petik Salak Gapoktan Ngudi Luhur terletak di Ds. Kaliurang, Kec. Srumbung, Kab. Magelang, Jawa Tengah

39. Sendang Mudal

Sendang Mudal

Sendang Mudal

Sendang Mudal terletak di Ds. Butuh Kulon, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

40. Kedung Sembrani

Kedung Sembrani

Kedung Sembrani

Kedung Sembrani terletak Di Dsn. Grogol, Ds. Munengwarangan, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

41. Curug Dlimas

Curug Dlimas

Curug Dlimas

Curug Dlimas terletak di Ds. Dampit, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

42. Air Terjun Seloprojo

Air Terjun Seloprojo

Air Terjun Seloprojo

Air Terjun Seloprojo terletak di Ds. Seloprojo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Tiket masuk Rp3.000

43. Curug Sikencling

Curug Sikencling

Curug Sikencling

Curug Sikencling terletak di Ds. Dampit Kec. Windusari Kab. Magelang, Jawa Tengah.

44. Sendang Maren

Sendang Maren

Sendang Maren

Sendang Maren terletak di kawasan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

45. Citraelo Rafting

Citraelo Rafting - tempat wisata di Magelang

Citraelo Rafting

Citraelo Rafting terletak di kawasan Jl. Sendang Sono, Borobudur, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Tempat Wisata Di Magelang Lainnya

Berikut ini tempat wisata di Magelang yang lainnya, tidak dilengkap dengan gambar:

  1. Candi Retno Alamat : Desa Candi Retno, Kec Secang
  2. Makam Raden Santri Alamat : Desa Gunungpring, Kec. Muntilan
  3. Makam Sunan Geseng Alamat : Puncak bukit di Desa Tirto, Kecamaan Grabag
  4. Museum Badan Pemeriksa Keuangan Alamat : dalam kompleks rumah Residen Kedu, di jalan Diponegoro No 1, Magelang 5
  5. Museum Bumiputera 1912 Alamat : Jalan Jenderal A. Yani No. 21, Magelang
  6. Museum Taruna Abdul Jalil Alamat : Kompleks pendidikan Akademi Militer seluas 980 m2, 1 km dari pusat Kota Magelang
  7. Arung Jeram Kali Elo Alamat : Desa Mendut, Desa Blondo, Kec. Mungkid, dan Desa Candirejo, Kec. Borobudur
  8. Candi Asu Alamat : Desa Candi Pos, Kelurahan Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang
  9. Candi Gunung Wukir Alamat : Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kec Salam
  10. Candi Selogriyo Alamat : Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kec Windusari
  11. Jurangjero Alamat : Desa Salam Sari, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang
  12. Kelenteng Hok An Kiong Alamat : Jl. Pemuda No 100, Muntilan, Magelang
  13. Museum Borobudur Alamat : Berada di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Jl Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang
  14. Museum Diponegoro Alamat : Jl. Diponegoro No.1, Magelang, di sayap kiri Pendopo Karesidenan Kedu 26.
  15. Museum Samudra Raksa Alamat : Dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Jl Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang
  16. Museum Senirupa Haji Widayat Alamat : Jl. Letnan Tukiyat 32, Kota Mungkid, dengan galeri, art shop dan area taman, diresmikan pada 30 April 1994.
  17. Jurangjero – Alamat : Desa Salam Sari, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang
  18. Kelenteng Hok An Kiong – Alamat : Jl. Pemuda No 100, Muntilan, Magelang

Bagaimana? Kira-kira tempat wisata mana saja yang akan anda kunjungi? Itulah 63 tempat wisata di Magelang yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi, semoga bisa menjadi referensi wisata Magelang untuk anda dan orang tercinta. Kunjungi juga 19 Tempat Wisata di Pekalongan Jawa Tengah

loading...

One Response

Leave a Reply

error: Content is protected !!