34 Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur yang Menarik Dikunjungi

Wisata Lumajang – Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Jawa Timur. Jawa Timur menjadi salah satu kawasan yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pada ulasan sebelumnya admin ulas mengenai tempat wisata di Surabaya, tempat wisata Blitar dan tempat wisata di Jawa Timur secara umumnya.

Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda liburan ke beberapa tempat wisata di Lumajang yang menarik untuk kita kunjungi. Objek wisata Lumajang didominasi oleh objek wisata alam. Lumajang sendiri dikelilingi oleh 3 buah gunung berapi yang berdiri kokoh yaitu gunung Bromo, Semeru dan lemongan.

Alam Kabupaten Lamongan juga sangat indah dan menyimpan potensi wisata yang sangat potensial. Apalagi terdapat banyak air terjun indah yang bisa menjadi objek wisata Lumajang semakin pontesial. Selain air terjun juga terdapat banyak ranu atau danau memiliki keindahan yang tidak boleh anda lewatkan.

Tempat wisata Lumajang yang terkenal mungkin selama ini adalah pemandian alam Selokambang, Ranu Kumbolo, Puncak B-29 dan sebagainya. Nah, ternyata selain itu masih ada banyak sekali objek wisata Lumajang yang layak kita jadikan sebagai destinasi wisata saat liburan.

Wisata Lumajang Jawa Timur

Berikut ini Tempatwisataseru.com rangkum 34 objek wisata Lumajang Jawa Timur yang menarik untuk kita kunjungi:

1. Pemandian Alam Selokambang

Objek wisata Lumajang yang pertama adalah pemandian alam Selokambang yang ada di dekat Jantung Kota Lumajang, jaraknya hanya 5 km saja dari pusat kota.

Pemandian Alam Selokambang

Pemandian Alam Selokambang

Pemandian alam ini menjadi tujuan wisata Lumajang yang tidak boleh anda lewatkan. Selain dapat menikmati sejuknya air, wisatawan juga disuguhkan pemandangan asri nan indah.

Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak bisa liburan ke sini, karena juga terdapat kolam khusus untuk anak-anak hingga orang dewasa yang akan membuat liburan anda semakin menyenangkan.

Selain kolam pemandian, juga terdapat wahana permainan flyingfox serta bisa menikmati sensasi menaiki perahu untuk mengelilingi danau buatan di tempat wisata ini.

Bagaimana? Sangat sayang sekali bukan untuk melewatkan objek wisata Lumajang yang satu ini? Jadikan pemandian alam ini destinasi wisata keluarga anda.

2. Liburan ke Pantai Bambang Lumajang

Wah, nama pantai yang satu ini anti mainstream sekali ya? Bambang, biasanya nama untuk orang mas-mas. Pantai Bambang juga menjadi salah satu tujuan wisata Lumajang yang menarik untuk kita kunjungi.

Liburan ke Pantai Bambang Lumajang

Liburan ke Pantai Bambang Lumajang

Memang, pasir pantai disini tidak putih, justru pasir pantai hitam pantai Bambang membuat objek wisata ini cukup unik. Selain berpasir hitam, pantai Bambang juga memiliki ukuran butiran pasir cukup besar,

Pasir pantai Bambang merupakan aliran Gunung Bromo yang mengikuti aliran lava atau aliran sungai. Pantai Bambang menawarkan ombak berlapis yang bisa mencapai ketinggian 3 meter. Pantai Bambang berada di Desa Bago, tepatnya di Kecamatan Pasirian. Adapun jarak antara Pantai Bambang dan kota Lumajang yang harus ditempuh kira-kira hanya 24 km saja.

3. Wisata Sejara ke Candi Mandara Giri Lumajang

Nah, bagi wisatawan yang hobi napak tilas sejarah, candi Mandara Giri harus masuk dalam daftar tempat wisata di Lumajang yang akan anda kunjungi.

Wisata Sejara ke Candi Mandara Giri Lumajang

Wisata Sejara ke Candi Mandara Giri Lumajang

Objek wisata Lumajang yang menawarkan sejarah hindu ini ada di Kecamatan Sendoro, dan terletak 25 km di pusat kota Lumajang bagian barat.

Kalau anda liburan bersama anak-anak, sangat pas untuk mengajarkan mereka sejarah bangsa kita yang sangat kaya sekali. Candi Mandara Giri sampai sekarang masih terawat dengan baik.

Berbicara mengenai sejarah pura atau candi ini, Pura Mandaragiri Semeru Agung (PMSA) didirikan pada 1991. Lokasi tepatnya ada di Desa Senduro Kabupaten Lumajang. Pura ini memiliki latar belakang pemandangan nan eksotis dan menawan siapa saja.

Dari pura ini kita bisa melihat latar belakang gunung semeru. Kalau ditinjau dari desain bangunan, bangunan pura ini sendiri memiliki  gaya arsitektur pura-pura di Bali, yaitu arsitektur trdisional Bali yang masih mengikuti gaya arsitektur zaman kerajaan Majapahit. Gaya arsitektur ini dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu dengan dasar-dasar filsafat dalam ajaran agama Hindu. Landasan filosofis arsitektur terteliti dipaparkan dengan latar belakang alam pikiran keagamaan pemangkunya, yaitu agama Hindu, yang visualisasinya tergambarkan pada tata ruang (tata letak), bentuk bangunan dan bahan bangunan yang digunakannya.

4. Tempat Wisata Alam Goa Tetes Lumajang

Anda suka bertualang? Goa Tetes bisa anda jadikan destinasi wisata di Lumajang yang menarik untuk dikunjungi. Goa ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, dan Kabupaten Lumajang.

Tempat Wisata Alam Goa Tetes Lumajang

Tempat Wisata Alam Goa Tetes Lumajang

Objek wisata Lumajang yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang tidak boleh dilewatkan bagi pecinta adventure. Untuk mencapai goa ini, anda harus menempuh perjalanan sejauh 55 km saja menuju arah selatan.

Perjalanan lebih menarik lagi saat Anda berjalan kaki, setelah sampai di areal tempat parkir sampai kira-kira 1 km. Pemandangan dari beberapa air terjun yang ditawarkan saat melalui perjalanan menuju Goa Tetes ini, nampaknya sangat memanjakan mata. Setelah sampai di Goa Tetes, Anda akan disambut langsung oleh fenomena stalagtit dan stalagmit yang tersedia di Goa Tetes.

5. Liburan Seru ke Gunung Semeru Lumajang

Gunung Semeru merupakan destinasi wisata Lumajang yang tidak boleh dilewatkan. Gunung berapi yang masih aktif ini menawarkan pengalaman mendaki yang tidak akan terlupakan.

Liburan Seru ke Gunung Semeru Lumajang

Liburan Seru ke Gunung Semeru Lumajang

Wisatawan dari berbagai kawasan datang untuk menaklukan gunung tertinggi di pulau Jawa ini. Wisatawan dapat menikmati pendakian ke puncak semeru dari Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Gunung ini memiliki mitos yang masih berkembang hingga kini, dimana gunung semeru dipercayai merupakan tempat tinggal para dewa, menurut kepercayaan masyarakat Hindu-Buddha. FYI gunung yang masih aktif ini paling tidak 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik berwarna hitam dan pasir. Orang pertama yang mendaki gunung ini adalah CLIGNET (1838) seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda dari sebelah barat daya lewat Widodaren, selanjutnya Junhuhn (1945) seorang ahli botani berkebangsaan Belanda dari utara lewat gunung Ayet-ayek, gunung Inder-inder dan gunung Kepolo.

Tahun 1911 Van Gogh dan Heim lewat lereng utara dan setelah 1945 umumnya pendakian dilakukan lewat lereng utara melalui Ranupane dan Ranu Kumbolo seperti sekarang ini. Flora yang hidup di Semeru bervariasi, namun sebagian besar didominasi oleh pohon pinus, akasia dan jamuju. Ada juga anggrek Edelweis dan endemik yang dapat ditemukan disekitar puncak Semeru.

Objek wisata ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

6. Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) Lumajang

Anda sedang mencari tempat wisata keluarga di Lumajang? Kawasan Wonorejo Terpadu Lumajang atau KWT Lumajang menjadi salah satu destinasi wisata Lumajang yang cukup populer dan layak kita jadikan tempat liburan bersama keluarga.
Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) Lumajang

Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) Lumajang

Wahana ini tidak hanya menawarkan tempat bermain saja, berbagai wahana liburan tersedia disini, mulai dari kolam renang, wahana arus air, sarana luncuran dan sarana lain yang menarik bagi yang gemar bermain di air.
Juga terdapat sarana kereta gantung, komedi putar serta fasilitas bom-bom car. Berbagai macam warung yang menjual makanan dan oleh-oleh khas Lumajang terdapat baik didalam maupun luar lokasi.
Lokasi KWT ada di Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang, terletak diluar kota Lumajang ± 7 Km kearah Utara ± 15 menit perjalanan.

7. Liburan Seru ke Pantai Watu Godeg Lumajang

Watu Godeg menjadi destinasi wisata Lumajang selanjutnya. Pantai ini terletak di bagian selatan kota yang berjarak 80 Km. Di pantai ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam pantai yang mengagumkan.

Liburan Seru ke Pantai Watu Godeg Lumajang

Liburan Seru ke Pantai Watu Godeg Lumajang

Lokasi pantai ini ada di Kecamatan Tempursari.  Untuk penamaan pantai ini sendiri diadopsi menurut bahasa Jawa. Di mana Watu sendiri berari Batu, sementara Godeg berarti penyakit panu atau kudis. Hal ini berkaitan dengan cerita yang melekat pada objek wisata ini, di mana warga di sekitar meyakini bahwa jika mandi di air laut Watu Godeg ini maka bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Hmmm, bagaimana? Anda tertarik untuk mandi-mandi disini?

8. Tempat Wisata Alam Danau Ranu Kumbolo Lumajang

Nah, ini dia salah satu danau yang terkenal di Lumajang. Untuk dapat menikmati keindahan alam di sekitar danau serta mendirikan tenda kita harus mendaki Semeru terlebih dahulu.

Tempat Wisata Alam Danau Ranu Kumbolo Lumajang

SONY DSCTempat Wisata Alam Danau Ranu Kumbolo Lumajang

Danau spektakuler ini terletak di  lereng Gunung Semeru. Danau ini juga termasuk tempat untuk mengambil air terakhir sebelum akhirnya melanjutkan pendakian menuju puncak Semeru. Terlebih lagi, Anda tak akan menjumpai sumber mata air lainnya hingga puncak Semeru selain danau ini.

Pemandangan di sekitar danau benar-benar menakjubkan, tidak heran kalau wisatawan datang kesini untuk menghabiskan waktu liburan dengan mendirikan tenda-tendi di pinggir danau.

9. Tempat Wisata Pantai Dampar Lumajang

Jika anda berada di Kecamatan Pasirian tidak ada salahnya untuk mengunjungi pantai Dampar yang terletak di desa Dampar. Pantai ini memang agak terpencil dan berada lumayan jauh dari akses jalan utama.

Tempat Wisata Pantai Dampar Lumajang

Tempat Wisata Pantai Dampar Lumajang

Pantai ini lokasinya dekat dengan  Danau Dampar sebelum sampai di area tepi pantai. Hamparan pasir yang hitam di Pantai Dampar inilah yang merupakan pembatas antara objek wisata Danau Dampar dan Pantai Dampar. Tempat wisata di Lumajangini merupakan tempat yang sangat nyaman untuk sekedar melepas penat.

Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat peristirahatan karena tenang dan jauh dari keramaian. Pengunjung yang datang bisa memanfaatkan waktu dengan berjemur, selancar air, menyelam ataupun berenang. Bisa juga dilanjutkan dengan berenang di danau untuk sekaligus membersihkan sisa-sisa air laut yang asin dan pekat di tubuh.

10. Berwisata ke Pantai Watu Pecak Lumajang

Selain watu Godek, juga ada pantai Watu pecak yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi. Pantai Watu Pecak ini terletak di desa Selok Awar-awar, kecamatan Pasirian, 18 km arah selatan dari kota Lumajang.
Berwisata ke Pantai Watu Pecak Lumajang

Berwisata ke Pantai Watu Pecak Lumajang

Pantai ini berdekatan dengan lokasi pantai Bambang, yang terletak di sisi timur pantai. Seperti layaknya obyek wisata pantai selatan, pantai ini memiliki ombak yang besar dan berbahaya sehingga tidak disarankan untuk mandi di pantai ini.
 Bagi anda yang memiliki nyali untuk bermain selancar, maka pantai ini sangat menantang dan bisa anda jadikan sebagai tujuan  untuk berselancar.

11. Tempat Liburan Keluarga Pantai Tlepuk Lumajang

Ternyata masih ada banyak pantai di Lumajang yang menarik untuk kita kunjungi. Satu lagi destinasi wisata Lumajang yang menawarkan keindahan pantai nan eksotis, yaitu pantai Tlekpuk yang terletak masih di kecamatan pasirian sekitar 31 km arah selatan kota Lumajang.
Tempat Liburan Keluarga Pantai Tlepuk Lumajang

Tempat Liburan Keluarga Pantai Tlepuk Lumajang

Di sekitar pantai ini wisatawan juga bisa memancing, karena terdapat rawa yang sangat ideal sebagai tempat pemancingan. Pengunjung yang datang ke pantai ini bisa memanfaatkan waktu dengan berenang, berjemur, memancing, voli pantai atau hanya sekedar jalan-jalan menikmati gelitik pasir putih dan udara khas pantai yang semilir dan romatis.

12. Tempat Wisata Seru Gunung Lemongan Lumajang

Sebagaimana sudah sebutkan di atas, Lumajang memiliki beberapa gunung berapi yang berdiri kokoh dan menarik untuk kita taklukan.

Tempat Wisata Seru Gunung Lemongan Lumajang

Tempat Wisata Seru Gunung Lemongan Lumajang

Gunung Lemongan menjadi pilihan lain selain gunung Semeru  untuk didaki. Gunung Lemongan sendiri berada di antara dua kabupaten di Jawa Timur yakni Lumajang dan Probolinggo. Untuk kamu yang gemar mendaki, gunung ini bisa menjadi alternatif lain setelah Semeru

Gunung ini sangat cocok untuk pendaki pemula, karena tidak terlelu tinggi, hanya sekitar  1.651 mdpl. Namun, suasana pendakian serta pemandangan yang disajikan gunung ini tidak kalah keren. Puncak gunung ini dikekanal dengan nama Puncak Tarub. Gunung Lemongan merupakan rangkaian dari Pegunungan Iyang di Jawa Timur

13. Wisata Air Terjun Manggisan Lumajang

Air terjun Manggisan bisa anda jadikan sebagai destinasi wisata di Lumajang untuk menghilangkan jenuh dan letih selama seminggu beraktivitas di kantor, kampus atau di rumah.

Wisata Air Terjun Manggisan Lumajang

Wisata Air Terjun Manggisan Lumajang

Disini anda bisa mandi sambil menikmati pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Lokasi objek wisata Lumajang yang satu ini ada di Desa Kandangan, kecamatan Senduro.

Air terjun Manggisan sendiri memiliki ketinggian kurang lebih  55 m dengan debit air sekitar 198 liter/detik. Untuk mencapai air terjun ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 22 km dari pusat kota Lumajang. Air terjun ini bukan termasuk wisata mainstream. Untuk sampai ke lokasi air terjun kita harus berjalan kaki selama sekitar 1,5 jam dari tempat parkir.

14. Puncak B-29

Puncak B-29 merupakan destinasi wisata Lumajang yang paling populer dikalangan pencinta alam terutama mereka yang hobi mendaki.

Puncak B-29

Puncak B-29

Dari sini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian sekitar 2.900 meter dpl. Kita bisa menikmati keindahan Gunung Bromo dan kawasan perbukitan di sekitarnya.

Bukit ini masih bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lokasinya berada di desa Argosari, kecamatan Senduro, kabupaten Lumajang

Lokasi puncak B-29 berada di sebelah tenggara Gunung Bromo. Pemandangan spektakuler akan tersaji di hadapan kita begitu sampai di puncak bukit. Siap-siap saja untuk terkagum-kagum dengan pemandangan indah yang ada di san.

Tidak heran kenapa ada banyak wisatawan mennggandrungi objek wisata Lumajang yang satu ini.

15. Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang

Perkebunan teh Kertowomo Gucialit bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata. Dengan pemandangan menghijau serta udara yang sejuk, pasti akan membuat letih dan stress anda hilang.

Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang

Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang

Kebun teh ini menjadi salah satu spto wisata  Lumajang yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasinya ada di  kecamatan Gucialit. Sepanjang mata memandang, terhampar teh hijau yang menyejukan mata.

Suasana yang begitu menyegarkan akan membuat kita betah untuk berlama-lama di sekitar perkebunan. Produk teh yang dihasilkan dari perkebunan teh ini dikenal dengan nama Teh Cap “Gajah Kertowono”.

Kebun teh ini lokasi tepatnya ada di desa Gucialit Kecamatan Gucialit Lumajang. Kalau dari pusat kota Lumajang, berjarak sekitar 45 KM. Untuk anda yang menginginkan suasana liburan yang menyejukkan dan menangnkan, anda bisa memasukkan kebun teh ini dalam daftar tempat wisata di Lumajang yang akan anda kunjungi.

Kebun teh yang sudah berdiri sejak zaman kolonial Belanda ini sampai saat ini masih beroperasi dengan baik. Seluas mata memandang, kita akan melihat hijaunya kebun teh yang menyejukkan mata. Dengan suhu 16 derajat celcius, menikmati kebun teh ini sangat eksotis. Ditambah lagi pemandangan Gunung Bromo atau Semeru di sisi selatannya, belum lengkap bila tidak mencoba jalur pendakian alam di sekitar dua gunung terkenal di Jawa Timur itu.

Kebun teh ini berada di atas ketinggian 650 hingga 1.250 meter dari permukaan laut (dpl) dengan luas sekitar 931,82 hektare. Berjalan kaki menyusuri kebun teh di bawah suhu sekitar 16 derajat Celsius menjadi keasyikan tersendiri. Namun, jangan berharap menjumpai kerasnya jalan aspal.

Pengunjung hanya perlu membayar uang untuk keperluan parkir. Untuk fasilitas sendiri, perkebunan Teh Kertowono Gucialit ini menyediakan penginapan untuk para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di wilayah perkebunan Teh Kertowono.

16. Wisata Sejarah Situs Biting

Selain candi, juga ada situs sejarah yang menarik untuk kita hampiri, yaitu situs biting yang ada di desa Kutorenon, kecamatan Sukodono.

Wisata Sejarah Situs Biting

Wisata Sejarah Situs Biting

Situs ini merupakan situs arkeologi yang diperkirakan merupakan peninggalan dari kerajaan Lamajang. Situs bersejarah ini menempati area sekitar 135 hektareSalah satu bangunan yang paling menarik di kompleks Situs Biting adalah bekas tembok benteng yang memiliki panjang 10 kilometer, lebar 6 meter dan tinggi 10 meter.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi untuk keluarga.

17. Tubing Adventure

Kali Betoto menjadi spot wisata Lumajang selanjutnya. Kali ini memiliki permainan Tubing adventure yang menguji adrenalin. Bagi anda yang suka dengan tantangan, tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga yang menguji adrenalin ini.

Tubing Adventure

Tubing Adventure

Lokasinya ada di Dusun Tempoeran Desa Senduro Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Berjarak kurang lebih 15 Kilometer kea rah barat dari Kota Lumajang.

Tubing atau yang dikenal dengan body rafting merupakan jenis olahraga air yang cukup menantang. Uniknya kegiatan meluncur bebas atau istilahnya dalam bahasa jawa yakni kintir di Kali Betoto yang berarus deras ini dengan menggunakan ban dalam truk.

Wisatawan akan diajak menyusuri sungai melewati 3 desa dengan jarak tempuh kurang lebih 4 kilometer dengan waktu sekitar 1,5 – 2 jam (normal) dengan memberikan pengalaman yang mengasyikan, menyenangkan dan takkan terlupakan dengan sajian pemandangan alami tebing dan bebatuan gunung semeru yang eksotis, ditambah dengan air yang jernih.

Bagaimana? Anda ingin mencoba pengalaman baru ini? Untuk bisa mencobanya anda hanya membayar sekitar Rp 48.000 (harga bisa berubah).

18. Air Terjun Coban Sewu

Coban sewu menjadi objek wisata Lumajang yang menawarkan keindahan alam dan pesona air terjun nan eksotis. Dari namanya, ai terjun ini berarti air terjun seribu.

Air Terjun Coban Sewu

Air Terjun Coban Sewu

Karena memang, terdapat banyak air terjun disini, air terjun di tebing-tebing yang menjulang tinggi seolah membentuk tirai yang akan membuat anda terpana saat melihatnya, udara sejuk akan membuat anda nyaman dan betah saat berada di wisata tersebut.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di  Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur Indonesia. Bagaimana? Anda tertarik untuk menikmati liburan disini? Sangat sayang sekali kalau sampai terlewatkan.

19. Ranu Regulo

Ranu kalau dalam bahasa Indonesianya berarti danau. Salah satu danau yang terkenal di Lumajang adalah Ranu Regulo yang ada di  kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Ranu Regulo

Ranu Regulo

Memang, danau ini agak tersembunyi lokasinya, letak danau ini tidak jauh dari Ranu Pane, pengunjung bisa sekalian menikmati pengalaman di danau yang berbeda setelah Ranu Kumbolo. Meski ada tiga danau sekaligus yang berada di area Gunung Semeru, keindahan ketiga danau ini tentu berbeda dengan kekhasannya masing-masing.

Untuk menuju ke tempat ini, ada dua cara yang bisa dipertimbangkan:

  • Para pelancong bisa langsung ke Tumpang dengan lewat jalur Kota Malang. Kemudian baru dilanjutkan untuk menuju Ngadas dan Gubug Klakah supaya dapat menjangkau Ranu Pane.
  • Bisa juga para wisatawan melewati Kabupaten Lumajang di mana untuk menuju ke desa Ranu Pane dapat melalui Senduro.

20. Ranu Pane

Danau Pane ini lokasinya tidak jauh dari danau Regulo seperti yang sudah disebutkan di atas. Lokasinya pun masih dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Ranu Pane

Ranu Pane

Wisatawan akan disuguhi pemandangan indah Gunung Semeru Mahameru yang di bagian bawahnya terdapat kaldera. Danau yang berwarna hijau ini memiliki luas 1 hektar dan saat ini menjadi salah satu obyek wisata paling populer di Lumajang, terutama bagi para pendaki.

Bagaimana anda tertarik untuk mendirikan tenda di tepian danau?

21. Ranu Bedali

Air terjun atau ranu Bedali menjadi tujuan wisata di Lumajang selanjutnya. Air terjun ini memiliki luas sekitar 25 ha dan memiliki kedalaman sekitar 28 meter.

Ranu Bedali

Ranu Bedali

Objek wisata Ranu Bedali ini menjadi salah satu incaran wisatawan untuk melepaskan penat selama aktivitas seminggu penuh. Anda dapat menikmati pemandangan menghijau di sekitarnya serta menghirup udaha segar.

Ranu Bedali terletak di Desa Ranubedali, kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Bagaimana, adna tertarik untuk berkunjung ke danau ini? Tidak jauh dari Ranu Bedali terdapat 2 danau lainnya yang masuk dalam Ranu Segitiga, yaitu Danu Bedali, Pakis dan Klakah.

22. Ranu Pakis

Sebagaimana sudah disebutkan, ranu Pakis letaknya berdekatan dengan ranu bedali. Kalau kita tempuh dengan kendaraan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menitan saja atau sekitar 7 km dari ranu klakah. Danau yang indah ini terletak di ketinggian 600 m Dpl dengan luas danau mencapai 50 Ha dan memiliki kedalaman sekitar 26 meter. Dengan view gunung Lemongan di belakangnya dan kondisi alam sekitar yang masih alami menjadikan Ranu Pakis mempunyai keistimewaan tersendiri.

Ranu Pakis

Ranu Pakis

Lokasi danau ini ada di Desa Ranu Pakis. Untuk kedalaman danau ini yaitu sekitar  26 meter dan luas sekitar 50 hektar. Danau ini makin mantap dengan adanya Gunung Lemongan sebagai latar belakangnya.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menyimak keindahan danau Pakis

23. Danau Klakah

Nah ini dia danau terakhir yang masuk dalam danau segitiga, yaitu danau Klakah yang berlokasi  di Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah dengan jarak sekitar 20 Km dari kota Lumajang.

Danau Klakah

Danau Klakah

Danau ini berada di  ketinggian 900 meter dpl, dengan luas 22 ha sedang kedalamannya sekitar 28 m yang dilatar belakangi gunung Lemongan.

Beraneka ragamnya buah-buahan nangka khas Klakah yang dijual sepanjang jalan raya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi obyek wisata ini.

Untuk menuju danau Klakah, kita harus menempuh perjalanan sekitar 20 km dari pusat kota Lumajang.

24. Wisata Air Terjun Coban Pawon Lumajang

Coban Pawon menjadi destinasi wisata Lumajang yang menawarkan pesona wisata alam yang cukup unik. Pasalnya air terju ini berada di dalam goa yang mirip dengan pawon (dapur).

Wisata Air Terjun Coban Pawon Lumajang

Wisata Air Terjun Coban Pawon Lumajang

Konon, setiap percikan air terjun ini diyakini bisa membantu penyembuhan penyakit (penyakit galau ya). Air terjun ini berada di Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, lokasinya berdekatan dengan kebun teh Kertowono.

Danau dengan ketinggian sekitar 15 meter ini kalau dilihat dari kejauhan, bentuk pawon tersebut sangatlah jelas dan terlihat detailnya. Bahkan, cahaya matahari yang menerawang masuk pun jadi terlihat lebih indah. Terlebih lagi, jika kamu masuk ke dalam goa yang berdiameter sekitar 6 meter ini, maka kamu akan mendapati sebuah sungai yang mengalir menuju hilir.

25. Pura Madara Giri

Masih di sekitar Gunung Semeru, wisatawan juga bisa mengunjungi sebuah situs agama hindu, yaitu pura Madara Giri. Pura ini berada di  kaki gunung Semeru, tepatnya di Desa Senduro lebih kurang 20 Km sebelah barat Kota Lumajang.

Pura Madara Giri

Pura Madara Giri

Pura ini merupakan pura terbesar kedua setelah Pura Besakih di Bali, bisa dikatakan pura terbesar di luar Pulau Bali. Lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi baik roda 4 ataupun roda 2.

Untuk menarik minat wisatawan, di sekitar lokasi terdapat fasilitas Penginapan sampai dengan restoran yang cukup memadai.

26. Air Terjun Kapas Biru

Satu lagi air terjun di Lumajang yang menarik untuk kita kunjungi yaitu air terjun kapas biru yang terletak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang

Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru

Lokasi air terjun ini masih sejalah dengan Air Terjun Tumpak Sewu dan Goa Tetes. Nah, kalau kamu dari arah Malang, kamu bisa lewat jalur Malang – Turen – Dampit – Pronojiwo.

Nah, setelah anda sampai di  kecamatan Pronojiwo, carilah Kantor Polsek Pronojiwo. Tak jauh dari situ, ada jalan tikungan dan di sebelah kanan jalannya ada tulisan “Air Terjun Kapas Biru”. Ikuti saja penunjuk arah tersebut.

Untuk dapat menikmati keindahan air terjun spektakuler ini anda dikenakan biaya masuk sekitar Rp. 5000,00 – Rp. 7000,00 (tergantung pada hari apa kamu berkunjung ke lokasi). Biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000,00 (motor) dan Rp. 5000,00 (mobil).

Air terjun kapas biru memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Anda tertarik untuk basah-basah disini?

27. Ranu Lading

Ranu Landing merupakan danau yang terletak di tengah-tengah sebuah kebun teh peninggalan Belanda yang ada di di perbatasan desa sumber wringin kec. klakah dgn desa salak kec. randuagung sekitar 26 Km kearah utara kota Lumajang.

Ranu Lading

Ranu Lading

Danau ini memang tidak terlalu populer, namun cukup menarik untuk kita jadikan sebagai tempat untuk menghilangkan penat akibat aktivitas kerja seminggu ini.

Di samping danau masih berdiri loji atau rumah peninggalan Belanda yang masih terawat. Ranu Lading sendiri terletak di ketinggian 900 mDpl, dengan luas perairan mencapai 22 Ha dengan kedalaman 28 meter. Suasana tempat ini cukup tenang dan sejuk, disaat musim kopi tiba terlihat aktivitas para pekerja pemetik buah kopi yang bekerja di perkebunan di sekitar Ranu Lading.

28. Kolam Renang Veteran

Anda mencari kolam renang di Lumajang? Kolam renang veteran bisa menjadi pilihannya. Kolam renang ini memang sangat terkenal, baik untuk pelajar, maupun untuk dijadikan sebagai tujuan untuk liburan.

Kolam Renang Veteran

Kolam Renang Veteran

Lokasi kolam renang ini ada di  Jalan Veteran, Lumajang. Kolam ini mempunyai luas skitar 2 ha dan biasanya  sering dipakai untuk perlombaan tingkat kabupaten maupun nasional. Kolam ini sering dipakai oleh anak-anak untuk kursus berenang.

Kolam renang ini bisa anda jadikan tempat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, lokasinya sangat mudah dijangkau, karena ada di  sekitar jalan raya. Terdapat kolam dewasa dan kolam anak-anak dengan harga tiket yang cukup terjangkau. Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini cukup mendukung kenyamanan para pengunjung seperti kolam renang yang bersih dan luas.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengajak anak-anak anda untuk mandi-mandi disini?

29. Agrowisata Lumajang

Objek wisata Lumajang yang terakhir dari kami adalah agrowisata yang ada di Dusun Ramba’an, Desa Sukorejo, Kecamatan Pasrujambe Lumajang. Disini terdapat sebuah agrowisata yang menjadi tempat aneka buahan-buahan enak dan unggul tentunya.

Agrowisata Lumajang

Agrowisata Lumajang

Disini, kita bisa menemukan salak pondoh lumut, durian, manggis, kelapa muda dan buanyak lagi yang lain. di bagian bawah terdapat kolam yang indah di lengkapi wahana flaying fox, arung jeram dan perahu donat.

Tidak hanya itu , di bagian timur kita dapat menggunakan lapangan untuk kegiatan out bond. Ada rumah pohon, halang rintang, lapangan yang luas dan suasana pinggiran sunggai yang masih asli. Sungguh menyenangkan bagi kita yang setiap hari melihat hiruk pikuk kota yang riuh dan bising.

Untuk salaknya, bisa kita nikmati tidak hanya ketika datang langsung. Anda yang sibuk kami dapat mengirimkan ke rumah anda dengan biaya yang murah.

30. Objek Wisata Goa Bima di Lumajang

Tempat wisata di Lumajang selanjutnya adalah goa bima yang ada di Desa Bades, Kec Pasirian, lokasi goa ini berada di perbatasan Desa. Antara Desa Bades, Bago dan Gondoruso. Goa ini terbilang cukup unik namun masih belum terekspose.

Objek Wisata Goa Bima di Lumajang

Objek Wisata Goa Bima di Lumajang

31. Wisata Air Terjun Watu Lapis Lumajang

Tempat wisata di Lumajang selanjutnya adalah air terjun watu lapis yang lokasinya ada di Mbenciran, Dusun Tawonsongo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. Air terjun ini bisa dijangkau dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Perlu kamu ketahui, bahwa di sini tidak ada angkutan umum yang bisa mengantarkanmu ke sana. Jadi, kamu harus memakai kendaraan pribadi. Jarak tempuhnya dari pusat Kota Lumajang sekitar 35 km, atau sekiranya dengan estimasi waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Wisata Air Terjun Watu Lapis Lumajang

Wisata Air Terjun Watu Lapis Lumajang

Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Lumajang yang baru ditemukan pada 2013. Air terjun ini terletak di kawasan perkebunan kopi. Untuk biaya masuknya dipatok dengan harga Rp. 7000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

32. Wisata Pantai Wotgalih Lumajang

Tempat wisata di Lumajang selanjutnya adalah pantai Wotgalih. Pantai ini terdapat di Yosowilangun dan merupakan obyek wisata pantai andalah kabupaten Lumajang Timur. Pada bibir pantai Wotgalih, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Karena pasir di sini sangat halus, bersih dan hitam. Bahkan, pasir hitam di pantai Wotgalih dikenal dengan pasir besi yang mengandung mineral tambang bermutu tinggi.

Wisata Pantai Wotgalih Lumajang

Wisata Pantai Wotgalih Lumajang

Ombak di pantai ini cukup menantang, karena memiliki tipikal berlapis dan gulungan ombak seakan-akan berkejaran untuk saling mendahului. Ombak yang seperti ini sangat cocok untuk digunakan sebagai ajang selancar. Warna air lautnya pun sangat eksotik dengan bibir pantai yang mendatar. Selain keindahan pantai, kita juga bisa melakukan aktifitas memancing di sungai payau dekat jembatan bambu.

33. Wisata Agrowisata Bunga Lumajang

Tempat wisata Lumajang selanjutnya adalah agrowisata bunga yang ada di Desa Wotgalih, Krai, dan Karanganyar Kecamatan Yosowilangun. Lokasi agrowisata ini berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Lumajang. Di tempat ini, wisatawan bisa berburu oleh-oleh bunga hasil budidaya warga. Maklum, di tiga desa ini, warganya sebagian besar aktif mengembangkan usaha budidaya bunga. Karena inisiatif pengembangan ini pula, nuansa yang muncul di tempat ini juga terasa sangat memanjakan mata. Karena lingkungannya terasa asri dan menyegarkan.

Wisata Agrowisata Bunga Lumajang

Wisata Agrowisata Bunga Lumajang

34. Wisata Hutan Bambu Lumajang

Tempat wisata Lumajang selanjutnya adalah hutan bambu yang terletak di desa Sumber Mujur kecamatan Candipuro, 30 km dari kota Lumajang. Hutan bambu ini memiliki luas sekitar 14 Ha. Hutan Bambu Sumber mujur ini terlihat elok dan sama sekali tidak ada kesan angker seperti jika anda.

Wisata Hutan Bambu Lumajang - wisata lumajang

Wisata Hutan Bambu Lumajang

Wisata hutan ini sangat sejuk dan akan memberikan ketentraman kepada siapa saja yang berkunjung kesini. Selama di dalam Pengunjung dijamin tidak akan terkena sengatan sinar matahari, meski datang siang hari bolong yang panas. Sorotan matahari bisa diredam oleh daun – daun bambu yang rimbun. Memasuki hutan bambu ini bak menyeruak sebuah terowongan raksasa. 

Wah, ternyata ada banyak tempat wisata Lumajang yang menarik untuk kita kunjungi ya. Itulah 29 destinasi wisata Lumajang yang menarik untuk kita kunjungi, semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan liburan anda bersama keluarga atau orang-orang tercinta. Kunjungi juga 18 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur

Leave a Reply

error: Content is protected !!