30 Objek Wisata di Kudus Jawa Tengah

Tempat Wisata di Kudus –  Jika anda mendengar nama Kabupaten Kudus, kira-kira apa yang langsung terbayang di benak anda? Kota yang identik dengan kretek ini ternyata menyimpan banyak potensi. Potensi kuliner, kretek, sejarah, alam yang indah sampai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kabupaten Kudus juga dikenal sebagai kota Santri. Di Kota ini juga ada beberapa makam wali songo yang sangat kharismatik itu. Sebelum kita bahas seputar tempat wisata di Kudus, ada baiknya kalau berkenalan terlebih dahulu dengan kota yang terkenal dengan kuliner Sotonya yang fenomenal ini.

Kudus merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, ada banyak tempat wisata di Kudus. Ibukota kabupaten terletak di Kota Kudus. Kudus berada di jalur pantai timur laut Jawa Tengah antara Kota Semarang dan Kota Surabaya. Kota ini berjarak 51 kilometer dari timur Kota Semarang. Pada masa lampau hingga kini, Kudus sangat kental sekali dengan ajaran islamnya, setidaknya ada tiga makam wali/sunan, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Kudus adalah dataran rendah. Di sebagian wilayah utara terdapat pegunungan (yaitu Gunung Muria), dengan puncak Gunung Saptorenggo (1.602 m dpl), Gunung Rahtawu (1.522 m dpl), dan Gunung Argojembangan (1.410 m dpl). Sungai terbesar adalah Sungai Serang yang mengalir di sebelah barat, membatasi Kabupaten Kudus dengan Kabupaten Demak. Kudus dibelah oleh Sungai Gelis di bagian tengah sehingga terdapat istilah Kudus Barat dan Kudus Timur. (Wikipedia)

Tempat Wisata di Kudus Jawa Tengah

Berikut ini Tempatwisataseru.com rangkum ada 30 tempat wisata di Kudus yang menarik untuk kita kunjungi, sebenarnya masih ada banyak lagi. Kami sengaja tidak memasukkan makan para wali atau sunan dalam daftar wisata. Silahkan jelajah tempat-tempat berikut ini:

1. Kawasan Wisata Colo Kudus

Tempat wisata di Kudus Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi pertama adalah kawasan wisata Colo. Kawasan wisata ini menawarkan panorama wisata alam yang sayang sekali untuk di lewatkan.

Kawasan Wisata Colo Kudus - tempat wisata di Kudus

Kawasan Wisata Colo Kudus

Kawan Colo sendiri berada sekitar 18 kilometer dari pusat kota kudus ke arah utara. Lokasi tepatnya ada di kawasan pegunungan muria, Ds Colo, Kec. Dawe Kudus.

Kawasan Colo sangat mirip dengan tempat wisata di Magelang, yaitu kawasan wisata Bopeng yang sangat terkenal itu. Kawasan wisata colo menyuguhkan pemandangan khas pegunungan yang sejuk dan asri, sangat menenangkan tentunya. Di kawasan ini terdapat makam sunan muria. makam sunan muria berada di puncak pegunungan

2. Air terjun Montel di Kudus

Loading...

Tempat wisata di Kudus selanjutnya masih berada di dalam kawasan Colo, air terjun ini juga wajib kamu kunjungi saat berlibur di Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Air terjun Montel di Kudus - tempat wisata di Kudus

Air terjun Montel di Kudus

Lokasi tepat air terjun ini berada di sebelah utara makam wali sunan muria, alamatnya ada di Ds kajar, Kec dawe Kudus. Air terjun tersebut mempunyai ketinggian air sekitar 50 meter.

Air terjun ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai, terdapat mushola, tempat parkir yang luas, warung makan, kios yang menjual berbagai macam cindramata khas colo dan lain sebagainya. Dan untuk harga tiket masuk ke air terjun montel ini adalah Rp. 5000 per orang.

Disini anda bisa menikmati segarnya air terjun yang jatuh dari ketinggian. Air disini juga bisa diminum kok, segar dan bersih tentunya. Untuk jalan menuju lokasinya juga terbilang cukup bagus.

Alamat: Desa Kajar, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 6° 38′ 28.49″ S  110° 53′ 36.32″

3. Air Terjun Gonggomino Colo kudus

Masih pada lokasi kawasan wisata Colo, ada satu lagi objek wisata yang bisa anda kunjungi, yaitu air terjun gonggomino. Air terjun gonggomino lokasinya berdekatan dengan air terjun montel.

Air Terjun Gonggomino Colo kudus

Air Terjun Gonggomino Colo kudus

Wisata juga dapat menikmati mandi di air terjun ini sepuasnya. Untuk menuju lokasi air terjun ini anda bisa menyusuri sungai yang berloaksi di kawasan Rejenu.

Nah, kalau sudah berencana untuk mengunjungi kawasan Colo, jangan sampai tidak mengunjungi air terjun nan cantik dan menyegarkan ini ya.

4. Waterboom Mulia Kudus

Beranjak ke objek wisata Kudus lainnya, ada waterboom mulia yang bisa kita jadikan sebagai destinasi liburan seru bersama keluarga dan anak-anak.

Waterboom Mulia Kudus

Waterboom Mulia Kudus

Waterboom mulia ini menjadi salah satu wahana liburan di Kudus yang wajib dikunjungi. Lokasi Waterboom Mulia ini ada di Jalan Kudus – Colo KM 12, Ds lau Kec Bae Kudus.

Untuk menambah keseruan permaian disini, pengelola menyediakan berbagai wahana permaian seperti kolam berarus, ember tumpah dan masih banyak lagi. Selain wahana air di wisata ini juga menyediakan Kolam pemancingan bagi yang hobi mancing dan juga permainan ATV. Untuk harga tiket masuk wisata air waterboom mulia hanya 15 ribu rupiah per orang pada saat itu.

5. Museum Kretek Kudus

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Kabupaten Kudus terkenal sebagai kota kretek, nah, saat liburan di Kudus, silahkan mampir ke Museum Kretek Kudus yang terletak di Ds Getas pajetan Kec Jati Kudus. Lokasi tersebut tidak jauh dari pusat kota yaitu hanya berjarak sekitar 3 kilometer ke arah selatan.

Museum Kretek Kudus

Museum Kretek Kudus

Dar ianamanya kita bisa menebak kira-kira mueseum apa ini? Musem ini mempunyai koleksi berbagai macam peralatan atau mesin untuk membuat rok*k pada jaman dahulu. Selain itu anda dapat melihat diorama yang memperlihatkan proses mulai dari penanaman temb*kau hingga pembuatan rok*k.

6. Wisata Releigi Menara Kudus

Nah, selain kota kretek, Kudus juga dikenal sebagai kota Santri. Menara Kudus menjadi objek wisata yang tidak boleh anda lewatkan saat berlibur ke Kudus.

Wisata Releigi Menara Kudus

Wisata Releigi Menara Kudus

Bangunan menara kudus dibuat dari tumpukan batu bata yang beratap kayu berbentuk limas. Di bagian dinding menara terdapat beberap piring logam yang menempel, menurut cerita piring tersbut di datangkan langsung dari china.

Lokasi menara ini ada di depan masjid al-alqsha yang berfungsi sebagai penanda waktu masuknya waktu sholat. Di sekitaran menara juga terdapat makam sunan kudus jika anda ingirn berziarah.

7. Desa Wisata Rahtawu Kudus

Selanjutnya, Rahtawu menjadi tempat wisata di Kudus yang menarik dan sayang untuk kita lewatkan. Lokasi objek wisata Rahtawu ini berada di lereng gunung muria, tepatnya berada di Kecamatan Gebong Kudus.

Desa Wisata Rahtawu Kudus

Desa Wisata Rahtawu Kudus

Desa wisata Rahtawu berada di ketinggian 1627 mdpl yang membuat udara disini begitu sejuk dan segar. Di desa tersbut juga terdapat sungai yang jernih yang bisa anda gunakan unutk mandi dan bermain air. Selain menyuguhkan pemandangan alam pegunungan yang begitu menraik di kawasan tersebut juga terdapat bangunan – bangunan pertapaan yang bisa anda jelajah

8. Air Tiga Rasa Rejenu

Tempat wisata di Kudus selanjutnya adalah sebuah sendang atau sumber air yang diyakini memiliki khasiat yang unik. Cerita mengenai khasiat ini sudah turun temurun dan hingga kini sebagian orang masih mempercayainya.

Air Tiga Rasa Rejenu

Air Tiga Rasa Rejenu

Nama objek wisata ini adalah air tiga rasa rajenu. Sendang ini masih berada di kawasan gunung muria. Objek wisata ini terletak di atas air terjun montel, silahkan berjalan menuju ke arah utara dari makam sunan muria.

Berikut ini khasiat dari mata air “Rajenu” yang berkembang dimasyarakat:

  • Sumber Air yang pertama memiliki rasa tawar-tawar masam (Jawa : anyep-anyep asem/kecut) yang dipercaya memiliki khasiat dapat mengobati berbagai penyakit.
  • Di, Sumber Air Kedua anda akan merasakan air yang mirip dengan minuman ringan bersoda yang dipercaya memiliki khasiat dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup.
  • Sedangkan pada Sumber Air Ketiga memiliki rasa mirip minuman keras “tuak / arak” yang dipercaya memiliki khasiat dapat memperlancar rezeki, namun tentunya disertai dengan kerja keras.

Namun uniknya, jika ketiga jenis air tersebut jika dicampur menjadi satu maka anda akan merasakan air tawar seperti biasa. Anda percaya dengan khasiat di atas? Sebaiknya tidak ya, karena semuanya tergantung dari yang di Atas :D.

Alamat: Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

9. Gray Canyon Kudus

Gray canyon menjadi tempat wisata di Kudus yang menarik untuk kita kunjungi selanjutnya. Objek wisata yang cukup unik ini sangat mirip dengan green canyon di Amerika sana.

Gray Canyon Kudus

Gray Canyon Kudus

Karena aktivitas penambangan bahan galian C, sebuah kawasan perbukitan kini menjadi objek wisata yang mirip dengan green canyon di luar negeri sana.

Silahkan datang saja ke desan Tanjung Rejo yang ada di kecamatan Jekulo, disini anda akan merasa seperti sedang berada di luar negeri.

Alamat: Tanjung Rejo, kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

10. Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar

Anda berminat untuk liburan dengan konsep outbond atau camping? Selain di Bogor, di Kudus juga ada tempat yang seru untuk mengadakan camping dan out bond.
Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar

Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar

Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar layak menjadi destinasi liburan di Kudus bersama keluarga tercinta. Wahana liburan ini berada di kawasan hutan pinus dan berjarak sekitar 3 kilometer dari makam sunan muria.
Kawasan wisata ini sangat cocok sebagai bumi perkemahan karena lokasinya yang berada di ketinggian 600 mdpl dan banyak terdapat pepohonan pinus. Selain bersama keluarga, wahana ini juga pas untuk dijadikan tujuan pelatihan instansi atau organisasi.

11. Taman Oasis

Taman oasis menjadi tempat nongkrong di Kudus yang mesti anda singgahi. Taman ini menjadi tempat favorit hangout anak-anak muda dan keluarga di Kudus.

Taman Oasis

Taman Oasis

Nah, tidak ada salah juga kalau berkunjung ke Kudus untuk mampir ke taman yang dibangun oleh PT. Djarum ini kini telah menjadi salah satu tempat favorit bagi warga kudus.

Taman ini sendiri berada di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Beberapa pohon tampak tumbuh di sekitar taman dengan rumput-rumput yang tertata cukup rapi. Menjadikan tempat sebagai tempat yang asik untuk kumpul-kumpul bersama teman

Alamat: Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

12. Situs Pati Ayam

Situs patiayam menjadi tempat wisata di Kudus yang menawarkan suasana yang kental dengan sejarah. Di situs ini kiga bisa melihat dan mengenal berbagai macam fosil yang pernah ditemukan warga sekitar. Kawasan Pati ayam ditengarai merupakan pusat peradaban manusia purba, sehingga banyak ditemukan berbagai macam fosil seperti gading gajah purba, gigi geraham dll

Situs Pati Ayam

Situs Pati Ayam

Lokasi museum ini ada di Desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Disini kita bisa melihat fosil binatang purba dengan ukuran raksasa. Replika manusia purba juga akan kita temukan di museum ini. Lokasi Situs Pati Ayam juga masih berada di kawasan Gunung Muria.

13. Wisata Kudus Terbaru Menara Pisang

Menara pisang menjadi tempat nongkrong di Kudus yang lagi hits saat ini. Tempat kumpul anak-anak muda terbaru ini mendadak terkenal karena media sosial instagram.

Wisata Kudus Terbaru Menara Pisang

Wisata Kudus Terbaru Menara Pisang

Menara ini berada di dalam  kawasan wisata Outbound dan Perkemahan Taman Sardi. Di taman ini kita bisa menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian, selain itu kita juga bisa mencoba berbagai wahana outbound yang seru bersama keluarga maupun teman. Lokasi Taman Sardi tidaklah jauh dari  Colo tepatnya di Dukuh Watu Lumpang  Desa Kajar, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

14. Air Terjun Pengantin

Air terjun pengantin? Wah dari namanya cukup menarik ya. Kenapa kok dinamai air terjun pengantin? Apa karena yang kesini hanya pasangan pengantin saja? Bagaimana dengan yang jomblo? 😀

Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin

Tenang, air terjun pengantin bisa didatangi oleh siapa saja kok. Dinamai air terjun pengantin karena dibagian tengah air terjun ini terdapat batu yang membelah air terjun ini menjadi dua bagian.

Air terjun pengantin juga dinamai air terjun kembar. Lokasinya ada di Dusun Bakaran, Piji kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, tepatnya berada di sebelah Barat Masjid Benter.

Di air terjun pengantin ini kita bisa mandi-mandi sepuasnya. Jadi, bawa pakai ganti ya. Sangat sayang sekali kalau liburan ke Kudus tidak mencoba sensasi mandi di air terjun pengantin.

15. Air Terjun Rahtawu

Sebenarnya masih ada banyak air terjun lain yang bisa kita kunjungi di Kudus. Berikutnya, air terjun Rahtawu bisa anda masukan dalam daftar kunjungan anda.

Air Terjun Rahtawu

Air Terjun Rahtawu

Dari namanya saja kita bisa menebak air terjun ini ada dimana. Air terjun Rahtawu berada di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah . Tepatnya berada di jalan utama ke Rahtawu Kiri Jembatan.

Di air terjun ini anda bisa mandi-mandi sepuasnya. Bagi anda pecinta alam, air terjun rahtawu harus masuk dalam daftar tempat wisata di Kudus yang akan anda kunjungi.

Pastikan juga bahwa anda tidak mengotori atau mencemari lokasi wisata yang masih asri ini.

16. Goa Jepang di Colo Kudus

Di Kudus juga terdapat goa Jepang yang bisa jadikan tempat bernostalgia, mengenang perjuangan bangsa kita dalam melawan agresi Jepang.

Goa Jepang di Colo Kudus

Goa Jepang di Colo Kudus

Goa jepang menyimpan sejuta kenangan pahit dan memilukan bagaimana penjajah Jepang memperalat pribumi. Goa ini letaknya agak tersembunyi di kawasan Colo

Untuk bisa mencapai goa ini tidaklah mudah, anda harus menyusuri sungai dan jalan setapak selama kurang lebih satu jam. Tenang, pemandangan hutan yang indah akan menemani kamu sepanjang perjalanan.

Di pinggir sungai, kamu akan menemukan goa yang kamu tuju. Pintu masuk goa ini cukup sempit, sementara goanya membentuk lorong yang memanjang sejauh 100 meter dengan lebar sekitar 2 meter. Kalau kamu memang penyuka tantangan, jangan lewatkan petualangan menjelajah goa peninggalan Jepang ini.

17. The Peak View Waterboom Kudus

Beralih ke wahana permainan air, di Kudus juga terdapat wahana liburan keluarga yang sayang untuk dilewatkan. The Peak View Waterboom sebaiknya masuk dalam daftar tempat wisata di Kudus yang akan anda kunjungi.

The Peak View Waterboom Kudus

The Peak View Waterboom Kudus

The Peak View Waterboomterbilang cukup lengkap, anda bisa berenang di berbagai wahana permainan air, outbond, flying fox, sampai melibas dirt track dengan ATV. Gak perlu takut kelaparan, karena tempat ini juga dilengkapi dengan restoran dan minimarket. Kamu pasti bakal puas deh main di sini dari pagi sampai petang.

18. Puncak 29 Kudus

Puncak 29 juga belakangan ini mendadak terkenal karena berbagai pose foto di media sosial yang viral. Puncak 29 juga memiliki nama lain, yaitu puncak Saptorenggo atau Puncak Songolikur adalah puncak tertinggi di Gunung Muria Jawa Tengah dengan ketinggian 1602 meter dpl.

Puncak 29 Kudus

Puncak 29 Kudus

Puncak 29 ini masuk dalam wilayah administratif desa Rahtawu, Gebog Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Selain menjadi puncak yang menarik perhatian setiap Pecinta Alam untuk mendakinya, juga menjadi tempat tujuan bagi para pencari berkah dan pelaku spiritual utamanya pada setiap bulan sura atau bulan muharam.

Terdapat dua rute pendakian yang dapat ditempuh untuk mencapai puncak Songolikur. Rute tersebut adalah:

  • Melalui Pos Pendakian di dukuh Semliro desa Rahtawu, Gebog Kabupaten Kudus.
  • Melalui Pos di desa Tempur, Keling, Kabupaten Jepara.Wukir Rahtawu adalah sebuah gunung yang terletak berdampingan dengan gunung Muria.

19. Air Terjun Ternadi

Tempat wisata di Kudus selanjutnya adalah air terjun ternadi yang ada di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe , Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Air Terjun Ternadi

Air Terjun Ternadi

Tepatnya di atas Makam Kaliyetno ,berjalan kearah Watu Payung kurang lebih 10-15 Menit kanan jalur trek arah Watu Payung Ternadi.

Air terjun ini juga layak anda masukan dalam daftar tempat wisata di Kudus yang akan anda kunjungi.

20. Wisata Air Terjun Kalibanteng Kudus

Tempat wisata di Kudus selanjutnya masih berupa air terjun, yaitu air terjun Kalibanteng yang ada di desa wisata Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dan yang unik dari air terjun ini yaitu, airnya tidak langsung jatuh ke bawah, melainkan melalui beberapa undakan seperti penampungan air yang bisa kita gunakan untuk berenang dengan kedalam 100 cm di bagian atas dan di bagian bawah kedalaman sekitar 50 cm. Sehingga bagi pengunjung yang mungkin belum bisa berenang tidak perlu khawatir, karena bisa memilih lokasi berenang.

Wisata Air Terjun Kalibanteng Kudus

Wisata Air Terjun Kalibanteng Kudus

Untuk anda yang ingin menuju air terjun ini, tidak perlu khawatir karena ada papan petunjuk arah sampai ke lokasi air terjun yang sangat memudahkan wisatawan yang datang. Anda bisa menggunakan motor sampai di dekat lokasi air terjun atau menitipkan pada warga sekitar. Nah, untuk masuknya, anda akan dikenakan tiket masuk Rp. 2500 per orang, bisa di bilang sangat terjangkau dimana kita bisa menikmati keindahan alam serta segar dan jernihnya air terjun kali Banteng.

21. Wisata Air Terjun Kedung Gender

Tempat wisata di Kudus selanjutnya adalah air terjun Kedung Gender yang ada di Dukuh Ceglik , Desa Japan, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Air terjun ini kini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan setelah diliput beberapa waktu lalu, anda bisa mengunjungi air terjun ini melalui jalur wisata Colo.

Wisata Air Terjun Kedung Gender

Wisata Air Terjun Kedung Gender

Sampai di terminal wisata ambil arah gembong via desa Japan.Setalah melewati Jembatan sebelum tanjakan belok kakan , lalu menemukan pemukiman warga. Nah, anda akan dipandu oleh warga untuk sampai ke air terjun ini.

22. Wisata Pendakian Gunung Muria Kudus

Tempat wisata di Kudus selanjutnya adalah di puncak Gunung muria. Gunung muria menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kudus yang sayang untuk dilewatkan. Bagi anda penggemar olahraga mendaki anda bisa mencoba mendaki gunung muria yang ada di desa Rahtawu, gebog kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Wisata Pendakian Gunung Muria Kudus

Wisata Pendakian Gunung Muria Kudus

Gunung Muria ini memiliki ketinggian 1.602 Mdpl. Puncak gunung muria sendiri memiliki banyak spot, diantaranya seperti puncak 29  yang sudah disebutkan khusus di atas (puncak tertinggi), puncak natas angina, puncak argowiloso, puncak argojembangan, dan puncak abiyoso.

Anda bisa menikmati keindahan pesona alam dari ketinggian dan kita bisa mengabadikan moment-moment indah baik di saat matahari terbit maupun sekedar menikmati suhu dingin namun sejuk.

23. Tempat Wisata Sendang Jodo Kudus

Tempat wisata di Kudus selanjutnya adalah Sendang Jodo yang ada di desa Purworejo, kecamatan Bae. Untuk menuju objek wisata ini membutuhkan usaha ekstra karena jalanan yang masih kurang baik. 

Tempat Wisata Sendang Jodo Kudus

Tempat Wisata Sendang Jodo Kudus

Meskipun jalanan tidak baik, namun objek wisata di Kudus yang satu ini tetap diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Menurut mitos yang berkembang mengenai sendang ini, konon siapa yang datang akan didekatkan jodohnya. Namun tentu saja kembali ke Sang Pencipta, karena jodoh kan sudah ditentukan, tinggal dijemput saja.

24. Desa Wisata Wonosoco Kudus

Tempat wisata di Kudus selanjutnya adalah di Desa Wonosoco yang adadi Selatan Kota Kudus. Desa ini bisa ditempuh hanya sekitar 45 menit dari pusat Kota. Desa yang berada di Kecamatan Undaan ini memiliki keindahan alam  berupa hamparan hijau sawah dan pegunungan kars kendeng yang membentang dari Timur ke Barat.

Desa Wisata Wonosoco Kudus

Desa Wisata Wonosoco Kudus

Ada banyak objek wisata di Desa ini, mulai dari wisata goa, sendang, dan petilasan. Kegiatan budaya disuguhkan oleh masyarakat Wonosoco secara rutin tiap tahun. Hanya dengan mengocek uang sebesar 3000 rupiah per orang mata pengunjung sudah dapat dimanjakan akan indahnya pemandangan khas pegunungan itu. Anda juga bisa menikmati indahnya alam berupa Pegunungan Kendeng, Hutan Jati, Sendang dewot, serta Persawahan Kacang.

25. Wisata Desa Jurang Gebog Kudus

Tempat wisata di Kudus selanjutnya ada di desa Jurang yang ada di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Kawasan desa ini berada di aliran kali gelis tepatnya di dekat bendungan Karanggayam. Disinilah kamu bisa temukan tempat yang begitu mempesona, lokasi Desa Jurang memang cukup sulit di jangkau.

Wisata Desa Jurang Gebog Kudus

Wisata Desa Jurang Gebog Kudus

Dengan hamparan sawah yang menghijau pasti akan membuat siapa saja yang datang akan terpesona dan terpukau. Sangat cocok untuk anda ingin mendapatkan suasana yang menenangkan. Selain persawahan di sini juga terdapat jembatan gantung yang usianya terbilang sangat tua. Itu terbukti dari kawat jembatan yang sudah sangat berkarat hingga alas jembatan yang terbuat dari kayu juga terlihat sedikit rapuh. 

26. Wisata Gerbang Kudus Kota Kretek

Tempat wisata di Kudus selanjutnya adalah gerbang kudus kota Kretekyang kini telah menjadi landmark baru di Kabupaten Kudus. Gerbang kota ini menjadi ikon sekaligus melambangkan bahwa Kudus memang merupakan kota kretek. Bangunan yang selesai dibangun tahun 2015 dan konon menghabiskan anggaran 16 milyar ini dibangun persis di sebelah Jembatan Tanggul Angin yang memisahkan Kabupaten Kudus dan Demak.

Wisata Gerbang Kudus Kota Kretek

Wisata Gerbang Kudus Kota Kretek

Gerbang ini didirikan dan difasilitasi oleh PT Djarum. Bentuknya merupakan replika daun tembakau. Tulang daun yang jumlahnya mencapai 100 buah konon dibuat dari bahan baja khusus dari Australia. Gerbang ini kini juga menjadi salah satu tempat nongkrong di Kudus yang selalu ramai oleh anak-anak muda.

Tempat Kuliner khas Kudus

Terakhir, kurang lengkap rasanya ke Kudus kalau tidak mencicip nikmatnya soto Kudus. Kita bisa menikmati soto Kudus di banyak tempat di Kudus, penjual soto Kudus ada di seluruh pelosok wilayah Kudus. Jadi tidak ada salahnya kalau kita mampir di salah satunya.

Mumpung sudah di Kudus silahkan cobain soto kudusnya yang otentik. Atau, kamu mungkin tertarik merasakan seperti apa nikmatnya sate kerbau yang juga khas Kudus? Buat sarapan, cobalah lentog yang sehat dan bergizi.

Berikut ini beberapa warung Soto Kudus yang terkenal enak dan ramai pengunjungnya dari tribunnews:

1. Soto Pak Ramidjan
Jalan Kudus-Jepara, tepatnya di Purwosari, Kecamatan Kota, Kudus.
Buka setiap hari.

2. Soto Kudus Pak H Sulichan
Taman Bojana No 30 Simpang Tujuh, Kudus.
Buka pukul 07.00-21.00 WIB.

3. Soto Bu Jatmi
Jalan KH Wahid Hasyim 43 Kudus.
Buka pukul 06.00-21.00 WIB

4. Soto Pak Denuh
Jalan AKBP Agil Kusumadya Kudus.
Buka pukul 08.00-22.00 WIB.

Hmm, pasti seru sekali bisa mneikmati liburan di Kudus, dan ditutup dengan menikmati kuliner Kudus yang fenomenal itu.

Demikianlah uraian seputar tempat wisata di Kudus yang bisa kami berikan untuk anda. Jika anda memiliki rekomendasi tempat wisata lainnya silahkan tambah saja di kolom komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini di Facebook atau medsos anda, supaya wisata Kudus semakin di kenal dan semakin maju kedepannya. Kunjungi juga 44 Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!