73 Tempat Wisata di Semarang yang Harus Dikunjungi

Tempat Wisata di SemarangSemarang merupakan salah satu Kota di Jawa Tengah merupakan salah satu Kota terbesar di Indonesia, Kota ini masuk ke dalam 5 Kota Besar di Indonesia. Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah sangat wajar kalau Kota ini memiliki perkembangan yang sangat pesat. Konon dinamai semarang, karena tanaman asem yang jarang-jarang.

Ada banyak sekali tempat wisata di semarang yang menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba. Bagi warga Kota Semarang tentu mereka dapat menikmati lokasi wisata di semarang tanpa harus menunggu waktu liburan. Kota ini menjadi salah satu destina wisata terfavorit di Indonesia.

Bagi anda yang hendak berlibur Ke Kota Semarang atau bagi anda warga yang belum tahu dimana saja tempat wisata di Semarang tidak perlu khawatir Tempatwisataseru.com akan mengajak anda jalan-jalan keliling semarang, ke pantai, masjid raya, lawang sewu, taman dan lain sebagainya. Berikut ini selengkpanya:

Tempat Wisata di Semarang Jawa Tengah

Berikut ini ulasan selengkapnya tempat wisata di Semarang yang tidak boleh dilewatkan, sangat sayang sekali rasanya, apa saja, yuk ke TKP:

1. Wisata Pantai Maron di Semarang

Tempat wisata di Semarang yang pertama adalah pantai Maron. Adapun lokasi pantai Maron ini ada di Semarang di sebelah barat, dan sangat dekat dengan Bandara Ahmad Yani, hanya berjarak beberapa ratus meter saja. Pantai ini selalu ramai dikunjungi, terutama saat akhir pekan. Untuk menikmati keindahan pantai ini anda hanya merogoh kocek Rp.3000.
 Anda bisa mandi di sini, bisa bermain di Pasir dan menikmati sunset yang wah.

2. Wisata Lawang Sewu di Semarang

Tempat wisata di Semarang yang selanjutnya adalah Lawang Sewu, kalau dalam bahasa Indonesia-nya berarti pintu Seribu. Bangunan bersejarah ini memiliki nilai sejarah yang sangat luar biasa. Bangunan lawang sewu memiliki desain khas zaman dahulu.

Pada masanya, Lawang Sewu merupakan kantor perusahaan kereta api, dibangun pada 1904 oleh Belanda. Kalau anda hendak ke Lawang Sewu jangan lupa untuk menghitung pintu atau jendelannya. ūüėÄ
Sambil liburan kita bisa menyusuri sejarah bangsa kita pada masa lampau.
Untuk masuk ke dalam anda hanya membayar Rp. 10.000 saja.

3. Kampoeng Wisata Taman Lele di Semarang

Kok namanya Taman Lele ya? Apa isinya lele semua? Taman lele merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi. Taman dengan luas 2 hektar lebih ini memiliki berbagai wahana permainan seperti kolam renang, danau buatan, kebun binatang kecil, taman bermain anak, gazebo, penginapan, dan tempat pertunjukan.
Taman Lele ini sangat pas untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Adapun lokasinya ada Jalan Walisongo, harga tiket masuk Kampoeng Wisata Taman Lele adalah 2,000 Rupiah pada hari Senin sampai dengan Sabtu, dan 3,500 Rupiah pada hari minggu.

4. Wisata Pantai Marina di Semarang

Wisata Pantai selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Marina. Pantai ini ada utara kota Semarang, lebih tepatnya di Jalan Yos Sudarso.
Pantai ini memiliki banyak fasilitas yang bisa kita nikmati, diantaranya adalah kolam renang, speed boat, ski air, dan taman bermain anak-anak. Bersepeda di sekitar Pantai Marina juga sangat menyenangkan karena suasananya yang sepi dan sejuk dengan pepohonan.
Bagi anda yang hobi jogging, di pantai ini juga sangat asyik dijadikan seabgai tempat untuk jogging.

5. Wisata Pantai Tirang di Semarang

Semarang masih memiliki pantai yang layak untuk anda kunjungi. Pantai Tirang menjadi salah satu favorit masyarakat semarang dan sekitarnya untuk bermain dan menikmati spot memancing, terutama ikan kakap puti dan kerapu.

 
Pantai ini terkenal dengan pantai biru dan bersih yang berlokasi dekat dengan bandara Ahmad Yani Semarang. Berjarak sekitar 5 KM dari Pantai Marina.

6. Berwisata di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Wisata Religi di Semarang yang tidak boleh dilewatkan adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang sangat populer di Semarang. Adapun lokasinya ada di di Jalan Gajah Raya.
Masjid ini diresmikan pada tahun 2006, Masjid Agung Jawa Tengah yang memiliki luas lebih dari 7,500 meter persegi ini mampu menampung sekitar 16,000 jamaah. Selain bangunan utama masjid, di Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat berbagai fasilitas lain seperti ruang akad nikah, auditorium, perpustakaan, penginapan, museum budaya Islam, kafe, toko cenderamata, kereta kelinci, tempat bermain anak-anak, dan lain-lain.
Bagi pengunjung sebaiknya datang pada hari jumat, karena katup payung besarnya akan terbuka. Mirip yang ada di Madinah.

7. Wisata Air Terjun Kali Pancur di Semarang

Air Terjun Kali Pancur adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang paling terkenal untuk kategori tempat wisata alam. Air Terjun Kali Pancur yang berlokasi di Desa Nogosaren, Semarang, ini mempunyai ketinggian air terjun sekitar 150 meter , dihiasi bebatuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau, dan memiliki beberapa goa walet.
Sebelum anda datang berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Kali Pancur, saya sarankan siapkan terlebih dahulu badan anda dan istirahatlah yang cukup karena anda kan melewati sekitar 900 anak tangga yang cukup melelahkan untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur.

8. Wisata Pagoda Buddhagaya Watugong di Semarang

Pagoda Buddhagaya Watugong adalah pagoda dengan ketinggian lebih dari 45 meter dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia.

Pagoda Buddhagaya Watugong yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan merupakan tempat ibadah pemeluk agama Budha sekaligus tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi karena keunikan dan keindahan bentuk bangunannya.

9. Taman Rekreasi Wonderia di Semarang

Taman Rekreasi Wonderia yang berlokasi di Jalan Sriwijaya adalah sebuah tempat wisata di Semarang yang buka sejak tahun 2007.

Taman Rekreasi Wonderia mempunyai banyak permainan menarik dan menyenangkan seperti Boom Boom Car, Kiddy Boat, Super Rally, Ghost House, Space Gyro, Merry Go Round, dan Typhoon Coaster sehingga sangat cocok untuk anda yang mempunyai anak kecil. Harga tiket masuk Taman Rekreasi Wonderia adalah 5,000 Rupiah.

10. Wisata Curug Benowo di Semarang

Curug Benowo adalah sebuah air terjun yang berlokasi di Gunung Ungaran, Semarang dan merupakan air terjun favorit di sekitar Semarang bagi para pecinta alam.

Namun, tempat wisata Curug Benowo ini kurang cocok untuk wisata keluarga kalau menurut saya, karena perjalanan ke air terjun Curug Benowo cukup sulit dan melelahkan, kira-kira sekitar 2 jam berjalan kaki di medan yang sempit.

Info menarik lainnya 19 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Paling Populer

11. Wisata Goa Kreo di Semarang

Goa Kreo adalah sebuah goa yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Mesjid Agung Demak . Ketika itu menurut legenda Sunan Kalijaga bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut. Kata ‚ÄúKreo‚ÄĚ berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah.

12. Wisata Sam poo kong di Semarang

Klenteng Sam Poo Kong adalah legacy dari Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah Islam asal Tiongkok, ketika berada di Jawa, khususnya Semarang pada abad ke-14 Masehi.
Ornamen Tiongkok lebih dominan menghiasi klenteng ini dibandingkan dengan ormanen Islam. Untuk dapat memutari klenteng ini, Anda harus membayar harga tiket Klenteng Sam Poo Kong (Cheng Ho) sebesar Rp 3 ribu per orang, atau Rp 15 ribu untuk turis mancanegara.

13. Wisata Museum Ronggowarsito di Semarang

Museum Ronggowarsito berada di sekitar bundaran Kalibanteng (tak jauh dari bandara Ahmad Yani Semarang). Anda dapat menjumpai museum provinsi ini di Jln. Abdulrahman Saleh, Semarang. Museum Ranggawarsita memiliki 59.814 buah koleksi, terhimpun dari berbagai macam zaman dan kebudayaan.

Jika Anda ingin memasuki museum ini, maka harga tiket masuk museum Ronggowarsito adalah sebesar Rp 4 ribu per orang (dewasa) atau Rp 2 ribu (anak-anak). Tersedia 4 buah bangunan dalam museum ini, masing-masing memiliki koleksi sejarah yang berbeda.

14. Berwisata ke Kota Lama Semarang

Kota Lama adalah salah satu tempat wisata di Semarang di mana Anda dapat menemukan rekaman tata bangun wilayah berarsitektur Eropa yang ada di tempat ini. Di Kota Lama, Anda dapat melihat kanal-kanal air yang masih ada hingga kini. Itulah sebab mengapa kawsan Kota Lama mendapat julukan ‚ÄúLittle Netherland‚ÄĚ.
Landmark paling menarik di kawasan ini adalah Gereja Blenduq, sebuah bangunan berusia lebih dari 2.5 abad. Kata blenduq berasal dari bahasa Jawa, yang berarti kubah, merujuk pada kubah gereja ini. Atapnya yang melengkung dan berwarna merah terasa kontras dengan dindingnya yang bercat putih. Empat pilar kokoh dan menara kembarnya yang khas di bagian depan membentuk ciri khas gereja yang satu ini. Gereja Blendug adalah ikon kota Semarang dan selalu merupakan destinasi favorit di Semarang bagi para penikmat sejarah dan pecinta fotografi yang ada di Indonesia.

15. Berwisata ke Komplek Pecinan Semarang

Di Komplek Pecinan, Anda dapat menyaksikan suasana khas Tiongkok yang hidup di tengah kota Semarang. Dalam kompleks ini, terdapat banyak klenteng.
 
Ada 11 klenteng besar di Semarang, 10 di antaranya terdapat di kawasan Pecinan. Masing-masing klenteng mempunyai nilai historis tersendiri. Keberadaan komplek Pecinan ini membuat tempat wisata di Semarang menjadi semakin semarak.

16. Jalan Pahlawan Semarang

Jalan Pahlawan adalah salah satu jalan terbesar di Semarang. Jalan ini salah satu penghubung menuju Simpang Lima. Di malam hari, jalan ini menjadi kawasan wisata baru yang ramai dengan pengunjung, terlebih di akhir pekan. Anda dapat menemukan banyak jajanan di sepanjang jalan ini. saran : bawalah uang receh yang banyak.

17. Pasar Rakyat Simpang Lima

Salah satu land mark kota Semarang adalah kawasan Simpang Lima.  Lapangan ini memang terletak di jantung kota. Disebut Simpang Lima karena berada di tengah-tengah persimpangan Jl Pandanaran, Jl Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Dahlan, dan Jalan Pahlawan.

Berkembangnya fungsi Simpang Lima menjadi alun-alun merupakan saran Presiden pertama Republik Indonesia yang menyarankan pengadaan alun-alun di Semarang sebagai ganti dari Kanjengan.
Alun-alun yang dimiliki Semarang sejak masa pemerintahan Adipati Semarang yang pertama itu telah berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan. Karena itu, kawasan ini tetap diamsukan dalam daftar tempat wisata di semarang yang wajib dikunjungi

18. Wisata Hutan Tinjomoyo di Semarang

Hutan Tinjomoyo adalah hutan wisata yang terletak di Kelurahan Tinjomoyo, Semarang. Ratusan pepohonan tumbuh subur di sana. Lebih dari 200 jenis terpelihara. Anda akan mendapati pemandangan alami khas desa jika berkunjung ke hutan seluas 57,5 hektar ini. Anda bisa menikmati permainan air soft Gun.

Hutan Tinjomoyo memiliki keanekaragaman pepohonan, seperti mahoni, jati, akasia, asem londo, ketepeng, mangga, kelengkeng, matoa, nangka, dan masih banyak lainnya, memang telah beralih fungsi. Jika dulu menjadi destinasi wisata, sekarang fungsinya lebih sebagai paru-paru kota dan daerah resapan air.

19. Wisata Kebun Binatang Mangkang di Semarang

Kebun binatang ini terletak di perbatasan Semarang-Kendal. Tempat yang dibuka pada Februari 2007 ini dibangun untuk menggantikan kebun binatang Tinjomoyo Semarang yang dianggap sudah tak representative lagi.

Lokasi baru ini diharapkan membuat jumlah pengunjung semakin bertambah karena aksesnya lebih mudah dicapai. Sebab, Bonbin ini terletak di pinggir jalan.

Kebun Binatang ini, sekarang sudah memiliki sekitar 150 ekor hewan yang terdiri dari 40 jenis spesies. Ada Ular, Rusa, Gajah, Orangutan, Harimau.

20. Wisata Tugu Muda di Semarang

Kawasan Tugu Muda dulu hanya bundaran biasa. Tapi cobalah tengok sekarang. Sejak dipugar tahun 2008, Tugu Muda jadi tempat dolan yang amat menyenangkan.
 
Bukan hanya karena taman di sekitarnya kini tampak rapi, semburan air mancur membuat tempat ini amat romantis di malam hari.
Apalagi, Tugu Muda kini juga diterangi lampu besar di empat titik yang mengelilinginya.

21. Wisata Museum Mandala Bakti di Semarang

Museum Mandala Bhakti terletak di Jalan Soegijapranto nomor 1, persis berseberangan dengan Tugu Muda. Museum ini mengoleksi benda-benda bersejarah yang ada kaitannya dengan riwayat Kodam Diponengoro (Jawa Tengah & Daerah Istimewa Yogyakarta).

22. Wisata Bukit Gombel di Semarang

Taman Tabanas yang lebih akrab disebut Gombel memberi kesempatan pada Anda menikmati view Semarang. Berkunjunglah pada malam hari, maka anda bisa menikmati pemandangan kota yang gemerlap. Dari sana Anda bisa menikmati pemandangan Kota Semarang, dari Jatingaleh sampai Tanjung Emas. Lampu jalanan terlihat mengular, lampu kendaraan berjalan pelan seperti menyemut. Bukit gombel harus anda masukan dalam daftar tempat wisata di Semarang malam hari yang akan anda kunjungi.

Karena terletak di kawasan atas, Taman Tabanas Gombel terasa lebih sejuk. Tidak heran jika pada malam hari tempat ini banyak digunakan pasangan muda atau keluarga bersantai ria.

23. Wisata Water Blaster Bukit Candi Golf di Semarang

Tempat wisata di Semarang selanjutnya adalah wahana water blaster bukit candi golf. Water Blaster Semarang Graha Candi Golf adalah wahana permainan air pertama di Semarang. Wahana permainan yang lengkap membuat objek wisata ini langsung menjadi andalan rekreasi keluarga warga Semarang.
Setidaknya ada delapan unit wahana air yang ada di water blaster semarang ini. Semua itu dilengkapi sarana penunjang yang aman, termasuk ruang pertemuan berbentuk kapal pesiar yang bisa digunakan untuk rapat hingga kapasitas 150 orang. Semua itu patut anda pertimbangkan jika berencana menikmati wisata Semarang.

24. Wisata Stasiun Tawang di Semarang

Stasiun Tawang  adalah satu di antara dua stasiun kereta yang berada di Semarang. Stasiun ini mengangkut penumpang yang akan naik kereta bisnis dan eksekutif. Stasiun Tawang berada di bagian utara Kota Lama, tepatnya di jalan Taman Tawang nomor 1, Semarang, Telepon: (024)3544544.

Dulu Stasiun Tawang dibangun untuk menggantikan fungsi Stasiun Tambaksari di Pengapon yang dinilai tidak dapat memenuhi kebutuhan jumlah pengguna. Itu lantara pada 1870 jalur kereta Semarang-Solo-Yogyakarta selesai dibangun sehingga jumlah penumpang semakin banyak

25. Wisata ke Masjid Menara (Layur) di Semarang

Masjid Menara Semarang bukan tempat ibadah semata. Bangunan itu juga mewartakan sejarah dan cara manusia memperlakukan manusia. Maka, melalui tanda-tanda semiotis yang melekat padanya, masjid mengisahkan perjalanan manusia dan pemikirannya.

Dilihat dari gaya arsitekturnya, Masjid Menara merupakan percampuran dari tiga budaya yakni, Jawa, Melayu, dan Arab. Sejak dibangun pada 1802, bangunan Masjid Menara Layur diyakini tidak mengalami banyak perubahan.

26. Wisata ke BSB (Bukit Semarang Baru)

BSB City sebagai kota satelit (suburb) terbesar di Semarang, kini lebih mudah dijangkau dari semua akses. Dengan telah dibangunnya jalan Jrakah – Ngaliyan – Mijen, dan sedang dalam proses jalan Manyaran – Mijen serta Mijen – Mangkang semakin mempermudah masyarakat untuk mencapai kawasan BSB City, karena lebar jalan ROW 26 (6 jalur).
BSB City mempunyai konsep berwawasan lingkungan serta memiliki keunggulan lokasi yaitu panorama alam danau BSB, Gunung Ungaran, Sindoro dan Sumbing, yang dapat dijadikan sebagai tempat bersantai, berkarya dan bersuka ria. Lokasi ini berada di atas ketinggian + 200 – 250 meter di atas permukaan laut, sehingga menjadi jaminan seumur hidup sebagai kawasan yang bebas banjir.
Di samping itu BSB City berlokasi tidak jauh dari waduk Jatibarang yang rencananya akan dibangun seluas + 300 Ha sebagai obyek wisata, sehingga dapat menimbulkan pertumbuhan ekonomi bagi lingkungan di sekitarnya. BSB kini menjadi tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi oleh siapa saja yang liburan kesini.

27. Maerokoco semarang

Tempat wisata di Semarang selanjutnya adalah Puri Maerokoco Semarang. Puri ini merupakan satu kompleks tempat wisata yang terbilang lengkap, terdapat sarana rekreasi seperti:

  • Becak Air
  • Bomcar
  • Bianglala
  • Marry Go Around (Komidi Putar)
  • Kid‚Äôs Park (Ayunan, Perosotan, dll)
  • Istana Anak-anak Indonesia
  • Kereta gantung
  • Desa Wisata
  • Kolam Renang dan Waterboom
  • Pasar Apung
  • Museum Iptek
  • Outbond (Flying Fox, Perang Paintball, dll)
  • Gedung Opera

Selain menampilkan rumah‚Äď rumah adat, objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air seperti, sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung.
Selain menampilkan berbagai rumah adat serta objek wisata Puri Maerokoco juga terdapat miniatur peninggalan bersejarah seperti Miniatur Candi Borobudur, Miniatur Masjid Agung Demak, Miniatur Masjid Mantingan, Miniatur Masjid Menara Kudus. Terdapat juga taman bunga, apotek hidup, taman kaktus serta burung-burung dan masih banyak lagi.
Puri Maerokoco Semarang sangat lengkap sekali, jadi kalau anda sedang mencari tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Puri Maerokoco Semarang.

28. Wisata Taman KB (wisata kuliner) di Semarang

Semarang juga terkenal dengan wisata kulinernya. Taman KB yang terletak di Jalan Menteri Soepeno Kota Semarang tepat di depan SMA 1 Semarang.
Taman ini merupakan salah satu taman yang ada di jantung Kota Semarang yang masih menarik bagi sebagian masyarakat untuk dijadikan sebagai tempat untuk sekedar bersantai sejenak melepas kepenatan dari rutinitas kerja sehari-hari. Di Taman KB yang banyak ditumbuhi pepohonan senantiasa memberi kenyamanan tersendiri dengan semilirnya angin yang menjadikan suasana menjadi adem dan nyaman.

29. Wisata Brown Canyon di Semarang

Kalau Amerika punya Green Canyon, di Semarang juga ada, namanya Brown Canyon. Sebanarnya nama ini diberikan oleh masyarakat dan pemuda sekitar saja, karena memang sangat mirip dengan Green Canyon.

Brown canyon menjadi salah satu lokasi anak-anak muda menguji kebolehan motor trail, atau untuk mengoperasikan drone, atau untuk fotografi. Lokasinya ada di 2 KM sebelah selatan TVRI¬†Jawa Tengah ‚Äď Pucang Gading Mranggen, terdapat tebing-tebing tinggi.. Tempat ini sedang ngehits diantara mereka yang hobi fotografi. Dan Brown Canyon menjadi sebutan populernya.

29. Jalan Pandanaran (pusat jajanan semarang)

Lokasi wisata Kuliner di Pandanaran. Bagi yang ingin mencari makanan khas kota Semarang, jalan Pandanaran adalah tempat terbaik dan terlengkap. Lokasi ini juga dikenal sebagai ‚Äúpusat jajanan Semarang‚ÄĚ.

30. Wisata Keluarga New Bandungan Indah Waterpark

Tempat wisata di Semarang selanjutnya cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Kolam renang yang berada di ketinggian 1000 mdpl ini memiliki beragam fasilitas seru untuk bermain.

Waterpark Bandungan ini terletak di Jalan Veteran No.3 Kecamatan Bandungan. Objek wisata ini berada tepat di pusat kota Bandungan.

Sebenarnya taman dengan luas 3 hektar ini merupakan family resort untuk penginapan wisatawan yang dilengkapi oleh arena permainan dan waterpark. Adapun penginapan ini lebih dikenal juga dengan nama Hotel PJKA yang dilengkapi oleh berbagai fasilitas menarik untuk keluarga tercinta.

31. Museum Muri di Semarang

Museum Muri merupakan pusat info penciptaan record yang ada di Indonesia. Musium ini terletak di jalan Perintis Kemerdekaan di wilayah Selatan Semarang. Jalan Perintis Kemerdekaan No 275 Semarang.

 32. Wisata Danau Tawang di Semarang

Danau Tawang. Obyek wisata yang berada tepat di depan setasiun kereta Api Tawang ini sangat indah jika anda kunjungi sesaat sebelum senja. Suasana sunset yang seolah ‚Äútenggelam‚ÄĚ dibalik atap stasiun sangat indah jika anda lihat dari pinggir danau buatan ini.

33. Candi Gedong Songo + pemandian air panas

Candi Gedong Songo. Tempat wisata berbentuk 9 candi yang berada di lereng gunung Ungaran, kabupaten Semarang (dekat dengan Bandungan).  Untuk bisa menikmati air hangat yang memanjakan, anda hanya harus merogoh koeck sekitar  Rp 3.000,- saya per orang.
Begitu tiket dibayarkan, andapun bisa langsung menikmati hangatnya air pemandian di candi Gedong Songo ini sepuasnya. Terdapat sekat yang memisahkan antara kolam untuk orang dewasa dan kolam untuk anak-anak. Jadi anda bisa mengajak anak-anak untuk beremdan di air hangat sepuasnya.
Namun yang jadi kelemahan dari pemandian air panas disini yaitu tidak ada pemisahan antara kolam renang untuk laki-laki dan perempuan. Didekatnya terdapat beberapa bilik kamar yang dapat digunakan untuk berganti pakaian atau mandi air hangat/panas. Anda bisa menikmati segarnya mandi air panas, usahakan datang pada waktu pagi atau malam hari.
Sementra untuk Candi Gedong Songo dibukan mulai pukul 06.00 dan tutup pada pukul 17.00 wib. Sedangkan harga tiket masuk ke area objek wisata Gedong Songo, berikut ini daftar harganya:

  • Wisatawan Domestik Rp.6.000,- (Senin s/d Jumat) dan¬†Rp.7.500,- (weekend &¬†libur nasional)
  • Wisatawan Mancanegara Rp. 35.000,-

Berikut ini beberapa aktivitas seru di komplek wisata candi Gedong Songo ini:

  • Trekking dari candi Gedong 1 hingga Gedong¬†5¬†sembari menikmati indahnya pemandangan hamparan hutan pinus yang hijau dan tertata rapi. Anda juga bisa menyewa kuda untuk mengitari candi dari candi pertama hingga terakhir¬†dengan harga yang bervariatif tergantung berat badan, jarak tempuh¬†dan¬†hari berkunjung. Berikut kisaran harganya:
    ‚Äď Wisata Desa Rp. 25.000,-
    ‚Äď Sampai pemandian air panas Rp. 40.000,-
    ‚Äď Sampai candi Gedong dua¬†Rp. 30.000,-
    ‚Äď Paket candi Songo Rp 50.000,-
  • Di sekitar area wisata, terdapat area camping ground (area perkemahan) yang dapat dijadikan untuk mengadakan kegiatan camping.
  • Menikmati hangatnya berendam di pemandian air panas yang mengandung belerang yang dipercaya secara klinis dapat mengobati penyakit kulit.
  • Selain untuk kegiatan wisata, keindahan suasana alam Candi Gedong Songo sering dijadikan sebagai tempat untuk foto Pre Wedding.

34. Kebun Teh Medini di Semarang

Kebun Teh Medini. Wisata keindahan alam pegunungan yang berada di daerah Gunungpati Seamarang. Untuk tiket masuk di area wisata kebun teh Medini semarang, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp. 2.500 untuk menikmati segala obyek yang disediakan.

35. Air terjun + Pemandian Air Panas Gonoharjo

Pemandian air panas Gonoharjo. Lokasinya cukup dekat dengan kebun teh Medini. Ada kolam renang air panas yang dibuat secara modern di sini. Anda bisa menikmati mandi air panas di sini.

36 . Curug Lawe di Semarang

Curug Lawe. Obyek wisata air terjun alami ini juga berada di sekitar kebun teh Medini, Boja, Semarang.

37. Kebun Karet BSB di Semarang

Kebun Karet BSB (Bumi Semarang Baru). Kebun ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin duduk santai menggelar tikar dan menikmati es kelapa muda.

38. Wisata Gelora Jati Diri di Semarang

Gelora Jatidiri Karangrejo. Adalah wahana olah raga dan tempat berwisata di akhir pekan bagi kawula muda. Mereka biasanya terpusat di kolam renang Karang Rejo atau di sekitar GOR.

39. Kebun Buah Boja

Kebun Buah Boja. Lokasi wisata ini berada di gunungpati Sekaran. Anda dapat menikmati buah Durian atau Rambutan dengan harga murah. Di sepanjang jalan Sekaran ini banyak dijumpai penjaja buah-buahan tersebut.
Anda juga bisa menikmati bermain ATV.

40. Tempat Wisata Taman Unyil Ungaran

Taman Unyil Ungaran. Taman bermain yang dekat dengan terminal Ungaran ini adalah salah satu wisata murah yang direkomendasikan.

41 . Pemancingan Baron

Pemancingan Baron. Lokasinya di daerah Anjasmoro dan sangat tepat bagi yang memiliki hobi mancing ikan bandeng. Di sini tersedia resto yang menyediakan aneka masakan seafood. Alamat: Puri Anjasmoro N1 Semarang Jawa Tengah. Anda juga dapat menikmati hasil pancingan anda disini.

42. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti. Tempat wisata menarik di Selatan Semarang tepatnya di lereng gunung Ungaran. Di sini tersedia cottages, outbound games dan kolam renang alami. Ada wahana bermain Games dan out bond di sini.

43. Museum Satria

Museum Satria Mandala. Tepat berhadapan dengan Tugu Muda Semarang. Obyek yang menyimpan tentang peralatan tempur di masa penjajahan ini sangat layak untuk anda kunjungi.

44 . Semarang Fair (PRPP)

PRPP atau Semarang Fair. Lokasinya di Anjasmoro. Sehari-hari tempat ini dapat anda kunjungi untuk melihat rumah adat Jawa Tengah. Tetapi di waktu tertentu selama sebulan, tempat wisata ini merupakan arena pameran produk unggulan Jateng.

45. Hutan penggaron

Tempat wisata di Semarang selanjutnya adalah wahana wisata penggaron. Wahana Wisata Penggaron sebuah hutan yang eksotis, sayangnya surga di kota semarang ini jarang tersentuh mata. 

Hutan Penggaron ini berada di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten semarang, sekitar 2 km arah Kota Ungaran atau sekitar 18 km arah Selatan Kota Semarang.

Wana Wisata ini adalah salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Masyarakat sekitar Semarang biasa memanfaatkan Wana Wisata Penggaron ini untuk berbagai aktivitas. Mulai dari olah raga, jungle tracking, outbound training, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi, hingga penelitian dan kepentingan ilmu pengetahuan lainnya.

Wanawisata Penggaron juga merupakan lokasi pengamatan burung (bird watching) yang cukup bagus. Selain lokasinya yang sangat dekat dengan kota, Wanawisata Penggaron juga memiliki koleksi kehidupan liar terutama burung yang cukup banyak dan menarik diantaranya Merak Hijau, Elang Ular Bido, Kadalan Birah, Kadalan Kembang dan beberapa raptor migran.

Potensi berupa keaneka ragaman jenis burung di dalamnya serta jalur migrasi raptor dari belahan bumi utara tersebut, diharapkan mampu membuat Wana Wisata Penggaron bukan hanya dikenal sebagai hutan wisata yang biasa saja, namun juga mampu menjadi ekoeduwisata (wisata alam yang berwawasan lingkungan dan pendidikan).

46. Hutan Mangrove

Satu lagi tempat wisata di Semarang yang layak untuk anda jadikan sebagai destinasi liburan, khususnya untuk para pecinta alam. Yaitu hutan mangrove yang kini mendapatkan perhatian yang sangat besar, baik itu dari pemerintah maupun para pecinta alam Semarang.

Ekowisata hutan mangrove ini sendiri terletak di daerah Tapak, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Kalau anda teratarik untuk berkunjung ke hutan mangrove ini sebaiknya di pagi hari. Kalau terlalu siang, agak terik.
Dari area parkir kendaraan, para pengunjung akan dibawa menggunakan delman atau andhong untuk menuju area kedatangan lokasi ekowisata hutan mangrove tersebut. Di sana telah siap menunggu para penyambut tamu yang mengalungkan kain samir batik dengan keramahannya.

47. Pasar Johar disaat Dugderan

Dugderan di Pasar Johar. Acara yang terjadi setahun sekali ini dapat anda nikmati selama sebulan menjelang memasuki bulan puasa. Di puncak acara biasanya ada karnaval yang sangat menarik.

48. Wisata Kuliner Lumpia Semarang

Wisata kuliner di Semarang yang tidak boleh anda lewatkan adalah kuliner Lumpia semarang. Lumpia di Semarang sangat terkenal dan anda rasanya kurang lengkap kalau belum menikmati Lumpia Kota Semarang yang sangat terkenal itu. Untuk menikmati Lumpia Semarang silahkan datang ke yaitu di Gang Lombok, Jalan Mataram, Jalan Pemuda, dan Jagalan.

Lumpia di Gang Lombok no 11 adalah warung lumpia tertua di kota ini. makanan dengan paduan rebung muda, udang dan telur dinikmati dengan saus dan daun bawang adalah menu penghias Lumpia. Harganya berkisar Rp 10.000 per porsi.

49. Pondok Kopi Sidomukti Ungaran

Anda mencari tempat wisata di Semarang sekaligus tempat asyik untuk kongkow bareng teman-teman? Nah, anda bisa mendatangi pondok kopi sidomukti di kawasan wisata Bandungan yang lokasi tepatnya terletak di bagian atas wisata Umbul Sidomukti.

Disini anda bisa menikmati sajian kopi hangat dengan pemandangan yang menawan apalagi kalau malam hari. Disini wisatawan bisa menikmati pemandangan dari ketinggian dengan suasana yang begitu dingin sembari menikmati secangkir kopi hangat yang begitu nikmat.

Kawasan wisata ini menawarkan beragam menu pilihan dengan menu utama kopi, terdapat juga bajigur, wedang jahe, teh, juice, susu, sekoteng, bandrek dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, Pondok Kopi Sidomukti ini juga menawarkan beberapa menu makanan, antara lain pisang bakar, singkong, paket nasi, bakmi jawa kuah, bakmi goreng, nasi goreng, tape, kentang, nugget, pisang bakar, dan roti bakar.

Mau cari tempat nongkrong di Semarang lainnya? Simak: 58 Tempat Nongkrong di Semarang Paling Asik

50. Wisata Susan SPA Bandungan

Rekomendasi tempat wisata di Semarang selanjutnya adakah Kawasan wisata Susan SPA yang lokasinya ada di Pasar Bandungan sebelah atas, dengan pemandangan yang begitu asri.

Tempat wisata di Semarang yang bernuansa alam ini sangat cocok untuk anda yang ingin memanjakan diri dengan mandi air panas di kolam renang plus dengan pelayanan spa berkualitas yang ditawarkan di Susan Spa ini.

Yang membuat menarik dari tempat ini adalah Spa on the Sky, yang mana Anda bisa menikmati spa sembari menikmati indahnya pemandangan alam langsung dari kamar yang sudah di desain begitu cantik berikut jendela kaca agar Anda bisa menikmati pemandangan di bawah area pegunungan.

Bagaimana? Sangat lengkap bukan? Mudah-mudahan panduan wisata ke Semarang Jawa Tengah ini bisa membantu anda menentukan pilihan tempat-tempat yang akan dikujungi. Demikianlah ulasan seputar tempat wisata di Semarang Paling Populer dan Menarik untuk dikunjungi, semoga liburan anda menyenangkan.

Untuk lebih lengkapnya, kami juga sudah membuat ulasan tempat wisata di Semarang yang lainnya. Silahkan simak:

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!