38 Tempat Wisata Kuliner Semarang Enak dan Terkenal

Kuliner Semarang – Tidak heran kalau Kota Semarang merupakan salah satu daerah dengan kemajuan yang sangat pesat, karena Kota ini merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya tempat wisata seru sudah berbagi 47 tempat wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi kepada anda.

Silahkan kunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Nah, selain terkenal dengan tempat wisatanya, Semarang juga sangat terkenal dengan kuliner khasnya yang enak. Ada banyak sekali kuliner Semarang yang harus anda coba jika berkunjung ke Kota terbesar kelima di Indonesia ini.

Beberapa diantara kuliner semarang yang sangat terkenal seperti lumpia Semarang, tahu gimbal, tahu pong dan lain sebagainya. Selain 3 kuliner Semarang yang enak dan unik tersebut, masih ada banyak sekali kuliner Semarang yang harus anda cobain.

Kuliner Semarang Terkenal Murah

Berikut ini ada 38 Kuliner Semarang yang terkenal dan murah yang patut anda cobain saat berkunjung ke Semarang.

1. Lumpia Semarang

Nah, ini dia kuliner Semarang yang terkenal itu. Meskipun kuliner ini merupakan kuliner khas peranakan China ini telah melekat kuat sebagai penganan khas Semarang.

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Ada banyak sekali tempat wisata kuliner Semarang yang satu ini, namun katanya sih, ada 4 saja yang paling top yaitu di Gang Lombok, Jalan Pemuda, Jalan Mataram, Jagalan serta jalan Pandanaran Semarang. Masing-masing memiliki ciri khas walaupun pengelolanya masih punya ikatan keluarga. Lumpia Gang Lombok no 11 bisa jadi warung lumpia tertua. Kini sudah dikelola generasi ketiga. Warungnya terletak di dekat Klenteng Tay Kak Sie, sekitaran Pasar Johar Semarang dan tidak buka cabang.

Lumpia disini ada yang basah ada juga yang goreng, tergantung selera anda yang mana, silahkan pilih sendiri. Kenapa orang-orang suka lumpia, karena lumpia sangat enak dan cocok untuk dijadikan cemilan untuk kumpul-kumpul, kulit lumpia terasa lembut dengan isian yang padat. Paduan rebung muda, udang dan telor terasa pas dan tidak berbau, enak dinikmati bersama saus dan daun bawang segar. Satu lumpia dibandrol Rp 10 ribu. Tergolong mahal tapi juara soal rasa. Warung lumpia ini buka mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Tapi pada musim liburan atau akhir pekan, tidak jarang warung tutup  sekitar pukul 13.00 -14.00 WIB saking banyakanya peminat.

Kuliner Semarang yang satu ini juga biasanya dijadikan seabgai oleh-oleh saat pengunjung hendak pulang ke daerah asalnya, dan biasanya akan dikemas dalam besek bergaya ‘jadul’, berisi 10 lumpia. Untuk perjalanan luar kota, sebaiknya  membawa lumpia basah yang nantinya bisa digoreng sendiri. Sebab lumpia basah tanpa pengawet ini bisa tahan 3 hari.

Baca juga 15 Tempat Wisata di Salatiga Jawa Tengah dan Sekitarnya

Pilihan jajan lain di sekitaran gang Lombok yang patut dicoba ialah Es Gang Lombok . Tampilannya cerah berkat sirup merah. Bahan utama es ini menggunakan manisan mangga, kelapa muda, dan cincau. Segar!

2. Tahu Gimbal

Kalau mendengar kata-kata gimbal, apa kira-kira yang terbayang oleh anda? Pasti rambut gimbal yang unik, bukan? Ternyata di Semarang ada makanan yang unik diberi nama tahu gimbal. Tahu ini sudah sangat terkenal dan disukai oleh wisatawan yang pergi liburan ke Semarang.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal

Untuk mencobanya, anda bisa datang ke sekitar Taman KB, depan SMA 1 Semarang, Jalan Menteri Supeno. Makan tahu gimbal di sini bisa sekalian ‘ngadem’ di taman. Pilihan lain ialah di sekitaran Masjid Baiturrahman, Simpang Lima Semarang. Namun sajian Tahu Gimbal yang terkenal ada di Plampitan. Buka siang hari dan tutup pukul 21.00 WIB.  Hanya saja, warung ini bisa tutup cepat jika sudah habis. Harga rata-rata tahu gimbal yang ditawarkan Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu.

Racikan tahu gimbal terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, tauge, telur ceplok, rajangan kubis mentah dan gimbal.  Gimbal sendiri berwujud bakwan udang. Biasanya si penjual tidak mengiris lontong, tahu, dan gimbal dengan pisau, melainkan mengguntingnya dengan gunting besi bergagang hitam. Kemudian, campuran bahan itu diguyur saus kacang petis udang. Nyam!

Tahu Gimbal Supeno

Jl. Taman Menteri Supeno No.1

3. Tahu Pong

Selain tahu gimbal, anda juga bisa menikmati tahu pong, yang merupakan salah satu makanan enak di Semarang.

Tahu Pong

Tahu Pong

Kalau anda tertarik untuk mencobanya, anda bisa mencoba di Jalan Gajah Mada, berseberangan dengan Gereja Bethel. Tempat ini mudah dicapai dari Simpang Lima, berjarak dua kali perempatan lampu merah. Disini, tahu pong paling terkenal dan selalu ramai oleh pembeli.

Tahu Pong enak dimakan saat panas, dicocol petis udang yang encer, berteman acar dan ulegan kasar cabai hijau. Biasanya tahu pong disajikan dengan gimbal udang dan telur bulat yang digoreng. Kemudian dimakan  dengan cocolan petis tersebut. Harga satu porsi berisi 6 tahu pong ialah Rp 6 ribu saja. Tapi jika ingin versi lengkap tahu pong, gimbal udang dan telor, siapkan Rp 12 ribu untuk seporsinya.

4. Pisang Plenet

Kalau goreng pisang mungkin anda sudah biasa menikmatinya bukan? Bagaimana kalau pisang planet? Pisang pelang merupakan salah satu makanan enak di Semarang yang tidak boleh anda lewatkan, lokasinya juga ada di Gajah Mada

Pisang Plenet

Pisang Plenet

Kenapa kok pisang planet ya? Pisang ini masih dari bumi kok, dinamai pisang planet karena dalam bahasa jawa planet itu artinya penyet.

Cara pembuatan pisang planet sendiri tidak menggunakan penggorengan, tapi dibakar di atas bara api hingga layu dan berwarna kecoklatan, lalu diplenet menggunakan papan kecil seperti talenan. Kemudian pisang dioles margarin. Ada tiga pilihan rasa, yaitu meises, selai nanas dan gula putih. Selanjutnya,  satu pisang plenet lainnya ditangkupkan, seperti sandwich.

Untuk pisang plenet, digunakan pisang kepok raja yang  benar-benar manis dan berwarna kuning. Pisang jenis ini banyak didapatkan di pasar-pasar di Semarang, berbeda dengan kepok putih yang terasa sepat dan biasa dijadikan makanan burung. Jika penasaran, berburulah di sore hari ketika gerobak-gerobak penjual pisang plenet mulai berdatangan. Satu porsi pisang plenet dijual dengan harga Rp 6 ribu.

Jl. Pemuda, Semarang

5. Bandeng Presto

Kalau anda berada di Semarang, jangan sampai terlewat Bandeng Presto yang satu ini. Bandeng Presto merupakan oleh-oleh khas Semarang yang terkenal. Bandeng presto sendiri banyak dijual di Sepanjang jl Pandanaran, kalau yang terkenal sih katanya Bandeng Juwana.

Bandeng Presto

Bandeng Presto

Ikan yang satu ini bisa tahan sampai berminggu-minggu karena dikemas dalam wadah kedap udara. Bandeng presto merupakan bandeng yang dimasak dalam panci bertekanan tinggi (presto). Biasanya, bandeng presto digoreng begitu saja atau dibalut telur. Tersedia sambal khusus sebagai pelengkap. Enak dibuat cocolan bandeng untuk disantap dengan nasi putih yang pulen panas.

Saat ini bandeng presto yang dijual makin bervariasi. Ada bandeng presto kremes, otak-otak bandeng hingga bandeng yang ‘diselimuti’ telur. Untuk pilihan oleh-oleh, bandeng presto original adalah pilihan terbaik.

6. Wingko Babad

Wingko babad, pernah mencobanya? Atau anda tidak pernah mendengar namanya sama sekali? Wingko babad merupakan kuliner Semarang yang bisa anda temukan di sepanjang Jalan Pandanaran.

Kuliner Semarang yang satu ini terbuat dari ulenan beras ketan dan kelapa yang dibakar. Rasanya gurih dan awet 2-5 hari walau dibuat tanpa bahan pengawet.

Wingko Babad

Wingko Babad

Jajanan yang satu ini dikemas dalam besek atau kardus kotak, biasanya muat 20 bungkus. Wingko babad sendiri memiliki varian rasa yang menggoda selera, ada rasa kelapa muda, nangka, coklat hingga durian. Kalau anda suka apa?

Wingko babad menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Semarang yang tidak boleh dilewatkan, ada yang bermerek Dryana, NN, Meniko. Selain di jalan Pandanaran, anda juga bisa menemukan wingko di sekitar Jalan Cenderawasih dengan merek ‘Cap Kereta Api’, D Muljono.

D Muljono merupakan pionir usaha wingko di Semarang. Dia berasal dari desa Babad, Jawa Timur. Dari situlah nama Wingko Babad berasal. Bersama istrinya, D Muljono merintis bisnis ini sejak tahun 1946. Tak heran jika wingko cap kereta api sangat terkenal. Jika tak hati-hati, Anda bisa salah beli versi palsu-nya.

7. Kue Lekker Paimo

Lekker juga merupakan kuliner Semarang yang sudah terkenal, dan katanya  yang terkenal kalau di Semarang adalah Lekker Paimo, ada sejak 1978 di lapak kaki lima depan SMA Kolose Loyola, Jalan Karanganyar Semarang. Tidak terlalu jauh dari Rumah Sakit Telogorejo, Semarang.

Kue Lekker Paimo

Kue Lekker Paimo

Lekker Paimo disukai karena isiannya yang enak dan sambal pedasnya yang menggoyang lidah. Untuk isian lekker ini antara lain gula pasir, meises ataupun potongan pisang.

Lekker paimo sendiri terbagi menjadi dua varian, tipis dan tebal. Untuk yang tipis ada rasa karamel dan coklat. Sedangkan yang tebal memiliki varian isi antara lain telur sosis keju, keju abon, jagung manis, hingga telur sosis tuna keju. 

Jika tak suka pedas, lebih baik wanti-wanti sejak awal. Nikmati selagi panas dan rasakan juga sedapnya irisan daun bawang yang ditabur dalam isian kue lekker tebal ini. Kue Lekker Paimo buka dari pagi hingga sore hari.

Kue Lekker Paimo

Jl. Karang Anyar No. 37

8. Kuliner Semarang Es Puter Cong Lik

Saat panas-panas, paling enak kalau cobain es puter. Es puter menjadi salah satu kuliner Semarang yang harus anda cobain saat siang hari, apalagi kalau sedang panas terik, jadi tambah mantap rasanya.

Kuliner Semarang Es Puter Cong Lik

Kuliner Semarang Es Puter Cong Lik

Ada banyak sekali pilihan rasa es puter, setidaknya ada 10 varian rasa yaitu coklat, sirsak, kopyor, leci, kelengkeng hingga belewah dan kacang ijo. Yang populer ialah durian dan alpukat.

Es Cong Lik tersedia di Warung Semawis, Pecinan, Semarang. Ada juga penjual Es Cong Lik di depan RS Telogo Rejo ataupun di Simpang Lima, di samping hotel Citraland. Porsinya kecil, sekitar 1-2 scoop es. Harga rata-rata Rp ribu, kecuali durian Rp 12 ribu.

Cong Lik sendiri berasal dari kataKacung Cilik” atau pembantu kecil. Sebab pemilik es puter ini, Sukimin, saat kanak-kanak dulu pernah menjadi pelayan orang Jepang yang tinggal di Hotel Jansen, Semarang. Dulu Sukimin memulai bisnis es puter di malam hari sebab tidak mampu menyewa warung untuk jualan. Kini Es Cong Lik bisa dinikmati di siang hari.

9. Kuliner Semarang Babat Gongso

Kalau tadi ada wingko babad, kalau ini ada Babat Gongso yang sangat terkenal di Semarang. Babat yang merupakan potongan babat dan juga jeroan lainnya seperti hati, limpa, paru, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental ini memiliki rasa yang wah sekali, tapi bagi anda yang tinggi kolesterol sebaiknya tidak mencobanya ya.

Kuliner Semarang Babat Gongso

Kuliner Semarang Babat Gongso

Ada banyak penjual babat gongso, namun yang terkenal katanya di warungnya pak Karmin yang ada di dekat Jembatan Berok, di tengah kota Semarang. Selain babat gongso, menu lain yang tak kalah tenar di Warung Pak Karmin adalah nasi goreng babat. Nasi goreng babat Warung Pak Karmin menggunakan racikan bumbu yang sama dengan racikan bumbu pada babat gongsonya.

Nasi Gongso Babat Pak Karmin

Jl. Aloon-Aloon Bar (seberang Gedung BRI)

10. Mi Kopyok (Mi Lontong) Pak Dhuwur

Mie Kopyok ini cocok untuk dijadikan menu sarapan anda. Mie kuning yang dicampur tauge dan dan remah karak atau gendar, kemudian, disiram kuah berupa air bawang putih, ditaburi daun seledri dan bawang goreng lalu diberi kecap manis.

Mi Kopyok (Mi Lontong) Pak Dhuwur

Mi Kopyok (Mi Lontong) Pak Dhuwur

Meski membuat mie kopyok sangat mudah, biasanya orang Semarang suka beli di salah satu penjual yang terkenal, Mie Kopyok Pak Dhuwur. Warung tenda sederhana ini terletak di Jalan Tanjung, di belakang kantor PLN. Harganya ringan di kantong, cuma Rp 7 ribu saja. Tapi rasanya, cukup lah untuk memulai petualangan kuliner yang mengesankan di Semarang.

11. Aneka Nasi Ayam Semarang

Panganan khas Semarang lainnya yang bisa anda cobain adalah Nasi Ayam Semarang, anda bisa menikmati kuliner Semarang yang berisi nasi gurih, berlauk suwiran daging ayam, sambal goreng labu dan krecek, dilengkapi tahu bacem ataupun tahu putih dan kuning, serta telur pindang yang kecoklatan.

Racikan itu kemudian diguyur kuah santan kuning yang gurih. Agar tambah sedap, lengkapi dengan sambal dan kerupuk. Jika suka, santap bersama sate jerohan yang tersedia.

Nasi ayam ada yang disajikan langsung di pincuk daun pisang, atapun piring dengan alas daun pisang. Beberapa warung nasi ayam yang bisa dicoba ialah Nasi Ayam Bu Wido di Jalan Melati Selatan, Nasi Ayam Bu Nyoto di Jl MT Haryono (buka malam hari), serta Nasi Ayam Karangkojo di depan RS Telogorejo, Simpang Lima.  Di warung nasi ayam Bu Nyoto, sepincuk dihargai Rp10 ribu, dengan krupuk gratis semau Anda.

12. Nasi Gandul

Nasi gandul? Pernah nyoba? Nah, kalau anda sedang di Semarang maka kuliner yang satu ini sebaiknya anda cobain. Meskipun bukan kuliner asli Semarang, namun Nasi Gundul cukup terkenal di Semarang. Kuliner Asli Pati ini bisa anda temukan di jalan Dr. Cipto.

Nasi Gandul

Nasi Gandul

Nasi gandul merupakan nasi putih hangat yang disajikan dengan daging sapi dan jeroannya, lalu disiram dengan kuah kaldu dan santan yang encer dan warnanya kecoklatan. Pelengkapnya adalah tempe goreng, perasan jeruk nipis, dan sambal. Nasi gandul ini sekilas mirip dengan semur daging dan gulai.

Dinamakan nasi gandul karena pada awalnya penjual nasi gandul membawa barang dagangannya dengan cara memanggul bambu yang kedua ujungnya digantungi bakul nasi dan kuali berisi kuah (gandul = gantung). Nasi gandul ini biasanya disajikan dengan alas daun pisang dan disantap dengan menggunakan sendok dari daun pisang alias suru.

Nasi Gandul Pak Memed

Alamat : Jl. Dr. Cipto No. 12A

13. Kuliner Semarang Soto Bangkong

Soto Bangkong menjadi rekomendasi kuliner Semarang selanjutnya yang bisa anda coba. Soto bangkong milik Pak Sholeh menjadi salah satu kuliner Semarang yang terkenal dan digemari oleh wisatawan yang datang berkunjung. Awalnya soto bangkong ini dijual dengan menggunakan angkringan yang biasa mangkal di Jalan Brigjen Katamso yang masa itu masih bernama Jalan Bangkong. Itulah sebabnya soto ini dinamakan soto bangkong.

Kuliner Semarang Soto Bangkong

Kuliner Semarang Soto Bangkong

Saat ini soto bangkong sudah memiliki beberapa cabang yang semuanya dikelola oleh keluarga Pak Sholeh. Kekhasan soto bangkong terletak pada kuahnya yang berwarna bening kecoklatan karena diberi tambahan kecap. Sotonya sendiri berisi suwiran daging ayam, irisan tomat, bihun, toge, taburan bawang putih dan bawang merah. Soto bangkong ini dapat dinikmati bersama sepiring nasi panas dan juga pelengkap lainnya seperti sate daging ayam, sate kerang, sate telur puyuh, tempe, tahu, dan perkedel. Pusat Soto Bangkong ada di Jln Brigjen Katamso No 1, Semarang.

Soto Bangkong

Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No. 1

14. Kuliner Semarang Wedang Tahu dan Wedang Durian

Wedang tahu yang merupakan kuliner yang konon katanya berasal dari Tiongkok ini layak untuk anda coba. Wedang tahu ini terbuat dari susu kedelai yang dicampur dengan bubuk agar-agar sehingga menjadi kembang tahu.

Kuliner Semarang Wedang Tahu dan Wedang Durian

Kuliner Semarang Wedang Tahu dan Wedang Durian

Kuahnya yang terbuat dari jahe, gula merah, gula putih, dan beberapa rempah seperti cengkeh dan kayu manis membuat wedang tahu ini sangat nikmat bila disantap kala cuaca dingin. Bukan hanya menghangatkan, wedang tahu ini pun dapat melegakan tenggorokan dan mengobati masuk angin. Anda dapat menikmati wedang tahu ini di kawasan Pecinan Semarang atau Waroeng Semawis Semarang.

Selain wedang tahu, Semarang juga terkenal dengan wedang lainnya, antara lain wedang ketan durian, wedang kacang tanah, wedang kacang hijau, wedang roti, dan lainnya. Anda dapat menikmati aneka wedang ini di Warung Wedang Cap Kaw King di Jalan Wat Gandhul.

Warung Wedang Cap Kaw King

Jl. Wat Gandhul

15. Kuliner Semarang Bakso Kakap Pak Wahid

Kalau makan bakso biasa mungkin dimana-mana. Tapi, kalau bakso kakap pak wahid, anda bisa mencobanya di Semarang.

Kuliner Semarang Bakso Kakap Pak Wahid

Kuliner Semarang Bakso Kakap Pak Wahid

Pertama dengan outlet di Citarum, kemudian ada cabang arteri Soekarno Hatta dan jalan Sukun Banyumanik, kini Bakso Kakap Pak Wahid hadir di tengah kota. Cabang baru yang baru buka sejak 4 September 2015 ini berada di jalan Gergaji Pelem, belakang Rimba Graha / samping Polda Jateng – Pahlawan. Semangkoknya berisi bakso kakap goreng, bakso kakap goreng isi tahu serta bakso kukus dengan kuah yang segar, dan dengan harga Rp 14.000,-

Bakso Kakap Pak Wahid
Alamat: Gergaji Pelem, (belakang Rimba Graha) Semarang.
Nomor Telepon: 082137144554.
Buka setiap hari Senin – hari Sabtu, mulai 09.00 WIB – sore atau habis.

16. Kuliner Semarang Bebek Bakar dan Goreng Pak Thori

Bebek goreng dan bakar pak thori menjadi salah kuliner Semarang yang tidak boleh anda lewatkan. Kalau anda ingin mencobanya silahkan datang ke Desa Wisata Kandri yang ada di Kecamatan Gunungpati, setelah jalan jalan atau rekreasi ke Waduk Jatibarang. Tepatnya ada di sebelah selatan SMA Semesta, warung makan ini menawarkan menu unggulan bebek goreng maupun bebek bakar, disamping juga ayam bakar/goreng, lele, burung dara, nasi goreng hingga gongso babat.

Kuliner Semarang Bebek Bakar dan Goreng Pak Thori

Kuliner Semarang Bebek Bakar dan Goreng Pak Thori

Daging bebek yang disajikan di warung pak Thori ini sangatlah lembut dan empuk, serta bumbu yang merasuk ke dalam daging. Dengan 2 jenis sambal yang ditawarkan, yakni sambal ijo pedas atau sambal merah yang tidak begitu pedas dengan lalapan pun lengkap mulai dari daun kemangi, mentimun hingga kol. Dengan 24 ribu rupiah, pengunjung sudah bisa menikmati seporsi bebek goreng atau bakar, termasuk nasi, sambal, dan lalapan. [11 Juni 2014]

Bebek Bakar Goreng Pak Thori
Alamat: Jalan Raya Manyaran Gunungpati Km 15, Semarang.
Lokasinya di sebelah selatan SMA Semesta Semarang, samping Al Firdaus.
Nomor Telepon: 024 78716131, 0856 4099 9558.

17. Kuliner Semarang Sate Kalak by Grill On

Ada banyak sekali sate yang terkenal, sate Padang, sate Madura, dan sate-sate lainnya. Kalau di Semarang, Ada sate kalak. Nah, di Semarang ada sate Kalak yang tersedia di Grill On Restaurant yang layak anda cobain.

Sate Kalak adalah Sate Ayam, namun yang menjadi ciri khas dari sate ini adalah justru bumbunya, yang disebut bumbu Kalak. Bumbu Sate Kalak ini merupakan olahan warisan bumbu jawa dipadu dengan santan, untuk memberi cita rasa tersendiri yang legit dan gurih. Sehingga ini yang membedakannya di antara sate-sate yang lain.

Kuliner Semarang Sate Kalak by Grill On

Kuliner Semarang Sate Kalak by Grill On

Grill On sendiri adalah sebuah resto dengan konsep yang unik, perpaduan antara industrial dan vintage retro. Konsep ini sangat mengundang anak muda yang ingin nongkrong atau sebagai tempat hangout sambil menikmati berbagai varian menu sate dan makanan Indonesia lainnya. Kisaran harga untuk perorang dimulai dari 20 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah, tergantung jenis makanan yang dipesan. Selain itu dapat dijadikan tempat berkumpul keluarga, mapun orang-orang kantor yang ingin melakukan gathering, atau sekedar arisan, pesta ulang tahun dan pesta lainnya dengan kapasitas daya tampung hingga 140 orang.

Selain Sate bumbu Kalak, Grill On juga menawarkan bumbu lain seperti bumbu Kacang ala Grill On, bumbu Kecap pedas, dan bumbu rujak bagi anda yang menyukai selera asam pedas. Di Grill On Restaurant terdapat menu lain seperti Beef Bowl, Butter Rice with Chicken, Traditional Steak, Ayam Besengek, Rawon, Soto, dll. Begitu juga dengan aneka minuman dapat anda nikmati di tempat ini.

Berlokasi di Susan Building Jl Seroja Timur 2, (Ahmad Dahlan) Semarang, semakin menjadikan Grill On lebih strategis dibandingkan cafe maupun restaurant lainnya. Grill On buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00.

Grill On Restaurant Semarang
Alamat: Susan Building Lantai 3, Jalan Seroja Timur No 2 Semarang.
Nomor Telepon: 024-8456161
Jam buka: 10.00-22.00 WIB.

18. Kuliner Semarang Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai kambing pak Sabar menjadi salah satu kuliner Semarang yang diburu untuk pecinta masakan kambing. Jika membayangkannya pasti membuat air liur mengembang.

Kuliner Semarang Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Kuliner Semarang Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Disajikan lengkap dengan nasi serta ditambah gerusan cabe rawit dan potongan bawang merah Special Gulai Kambing Asli Bustaman Pak Sabar ini merupakan salah satu spot kuliner khas Semarang yang sangat populer bagi pecinta kuliner di kota lumpia ini, paling ramai saat jam makan siang, sekitar pukul 11.00-14.00.

Gulai Kambing Bustaman sedikit berbeda dengan gulai pada umumnya, kuahnya tidak menggunakan santan, meskipun sama-sama menggunakan kelapa. Kelapa diparut dan digoreng sangan, kemudian ditumbuk halus dicampur rempah-rempah, cengkeh dan kayu manis untuk bumbu kuahnya.

Special Gule Kambing Asli Bustaman Pak Sabar Gereja Blenduk, alamat lokasi di belakang Gereja Blenduk Kota Lama, Jam buka 08.00-15.00 (namun tutup lebih awal jika sudah habis). Warung ini telah menetap di lokasi belakang Gereja Blenduk ini sejak tahun 1969 yang sebelumnya berjualan keliling dan dipikul.

19. D’Cost Semarang, Resto Seafood Bintang 5 Harga Kaki Lima

Di Resto ini tidak hanya udang saja, tapi ada banyak sekali seafood yang tersedia disini. D’cost sendiri sudah ada dan tersebar di 17 kota di Indonesia.

D’Cost Semarang, Resto Seafood Bintang 5 Harga Kaki Lima

D’Cost Semarang, Resto Seafood Bintang 5 Harga Kaki Lima

Menu menu masakan yang ada antara lain Kerang Hijau Saus Padang, Tahu Jepang Saus Padang Telur Asin, Soup Tom Yam, Kerang Bambu Saus Padang Tiram, Tahu Jepang Saus Tiram Tahu Kipas, Cumi Saus Padang Tiga Rasa, Cumi Goreng Tepung Cabe Garam Kremes, Cumi Goreng Saus Telur Asin Cumi Bakar, Ayam Fillet Saus Asam Manis Lada Hitam Cah Wijen Rica, Omelete Seafood Asam Manis, Sapi Lada Hitam dan masih banyak lagi menu lainnya.

Hmm, lengkap sekali bukan? Kalau anda suka yang mana kira-kira?

D’Cost Semarang, Restoran Seafood Mutu Bintang Lima, Harga Kaki Lima.
Alamat: Jalan Pemuda No 94-96 Semarang.
Nomor Telepon: 024 351 1116
Email info[at]dcostseafood.com
Website: www.dcostseafood.com

20.  Iga Bakar Tandhok Semarang

Anda suka iga bakar? Nah, silahkan cobain iga bakar Tandhok yang ada di Jl. Papandayan No 11, lebih dekat dari Sultan Agung. Kalau anda ingin pesan silahkan hubungi Hp: 08510 8856 999 atau BBM: 308891FA Yahoo! Messenger Screen Name: [email protected]
Email: [email protected]
Facebook: www.facebook.com/tandhok
Twitter: @igatandhok
Website: www.tandhok.com

Iga Bakar Tandhok Semarang

Iga Bakar Tandhok Semarang

Iga Bakar Tandhok Semarang (sebelumnya Sampangan, kini di Papandayan) [Tandhok Ribs & Coffee] ini menyediakan special menu iga (sapi) seperti iga bakar BBQ, iga bakar kecap, sop iga, sop iga bakar, nasi goreng iga ataupun tumis iga. Juga tersedia menu non iga seperti nasi goreng sosis, sosis bakar BBQ, oseng buncis sosis atau juga oseng oseng Mercon serta aneka kopi. Free hotspot, suasananya cozy serta harganya sangat terjangkau.

21. Kuliner Semarang Ayam Goreng Lombok Ijo

Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Semua orang suka ayam goreng apalagi kalau pakai lombok ijo.

Disini ada banyak sekali varian bagian ayamnya, ada bagian paha/dada ayam goreng/bakar, kepala goreng, empal penyet sambal terasi, ati ampela goreng, ada juga tahu/tempe sambal terasi/bawang/ijo, sayur bening, balado terong, dan pete goreng, sop ataupun sayur asem.

Kuliner Semarang Ayam Goreng Lombok Ijo

Kuliner Semarang Ayam Goreng Lombok Ijo

Lokasinya ada di  Jl. Gajah Mada No 158 Semarang
Nomor telepon: 024 3566821 – 3566222 -70692312.

Sedangkan beragam minuman yang dijual di Lombok Ijo ini yaitu soda soemringah, es sedjoek, es tipis, wedang tomat, es kelapa muda, es kejer, djoes djeruk, djoes semangka dan sebagainya. Meski begitu menu yang paling ramai tentu saja seperti nama tempat ini, “Ayam goreng lombok idjo”. Untuk Penggemar ayam goreng ada juga Ayam Goreng Kampung Kali, Ayam Goreng Suharti di Krapyak atau Ayam Goreng Pak To di Kusumawardani.

Alamat Lokasi Cabang Ayam Goreng Lombok Idjo:
1. Jalan Laksda Adisoetjipto No 22 DI Yogyakarta, telepon (0274) 519603, 519604.
2. Manggala Food Court, Jalan Gajah Mada No 119 B Semarang, no telp (024) 8456672.
3. Jalan Gadjah Mada No 123 Solo, telepon (0271) 7652111.
4. Jalan Karang Anyar No 21 A Kejambon, Tegal Telp (0283) 342330 / 342331.
5. Jalan Sulawesi 2 A, Madiun, nomor telepon (0351) 494299.
6. Jalan Gatot Subroto 145 Ungaran, telp (024) 76910303.
7. Jalan Patiunus No 16 Kediri nomor telepon (0354) 7608800.
8. Jl Setiabudi No 63A Tembalang Banyumanik, Delivery Call: 024 7648 2222.

22. Pasar Semawis

Pasar Semawis atau terkadang juga disebut warung semawis menjadi komplek wisata kuliner Semarang yang bisa anda kunjungi.

Pasar ini menjadi ikon wisata kuliner Semarang yang diprakarsai oleh Komunitas Pecinan Semarang

Warung Semawis dibuka sejak tahun 2005 dan dibuka setiap hari Jum’at, Sabtu dan Minggu. Pasar Semawis ini menempati lokasi di Gang Warung kawasan pecinan yang ditutup bagi kendaraan pada malam harinya. Kita dapat dengan mudah menemukan aneka jenis makanan khas Semarang begitu kita memasuki kawasan semawis.

Berbagai menu khas yang merupakan ikon kuliner Semarang bisa kita temui disini seperti Nasi Gudeg, Nasi Pindang dan Soto Sapi, Sate Sapi Pak Kempleng, Nasi Ayam, Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso dll. Berbagai hidangan oriental khas Pecinan termasuk sate Babi Singapore semua ada di Pasar Semawis. Makanan lain seperti Bakmie Jawa, Nasi Pecel, Nasi Pela, aneka sate, Nasi Goreng, seafood dan soto menambah pilihan makanan yang bisa dicicipi di Pasar Semawis.

23. Kuliner Semarang Nasi Kucing Pak Gik

Rekomendasi kuliner Semarang selanjutnya adalah nasi kucing. Siapa yang tidak kenal nasi kucing apalagi dikalangan mahasiswa. Nah, kalau di Semarang yang terkenal yang pemiliknya Pak Gik.

Jika anda tertarik, lokasinya ada di Jl. Wotgandul sebelah Kali Semarang, kurang lebih 20 m dari Jalan Gajah Mada, dan para penggemar nasi kucing lebih sering menyebut Nasi Kucing Pak Gik Gajahmada. Warung Kucingan ini sudah ada lebih dari 50 tahun yang lalu.

Yang paling berbeda dengan Warung Nasi Kucing yang lain adalah jam bukanya, kalau yang lain buka sore hari hingga malam, Warung Pak Gik ini baru buka tengah malam, meski di spanduknya bertulis buka jam 24.00, namun cukup sering sudah buka sebelum jam itu sekitaran jam 11an malam. Kucingan Pak Gik ini melayani penggemarnya hingga pagi hari, namun seringnya baru pukul 3 dini hari menunya tinggal sedikit.

24. Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem Semarang

Tempat wisata kuliner Semarang selanjutnya adalah rumah makan asem-asem Koh Liem yang ada di jalan karang anyat, Kota Semarang. Rumah makan ini menjadi salah satu tempat makan enak di Semarang yang layak untuk nada cobain.

Berbagai menu hidangan lezat bisa anda nikmati mulai dari asem-asem, kikil lombok ijo, bandeng sarden dan lontong cap gomeh. Asem-asem ala Koh Liem adalah masakan yang di buat dari daging sapi yang di potong kotak-kotak, kemudian di mix dalam kuah yang rasanya masin asam.

Bagaimana anda tertarik mencoba menu yang satu ini?

25. Angkringan Gaul Ampiran 3 Semarang

Rekomendasi tempat makan di Semarang selanjutnya adalah angkringan gaul ampiran 3 yang terletak di Jalan Durian Raya 29C, Banyumanik, Kota Semarang. Di angkringan ini anak-anak muda akan berkumpul sambil menikmati aneka sajian kuliner lezat berupa nasi kucing, sate dan gorengan.

Dengan anda mengunjungi tempat kuliner di semarang untuk anak muda ini ada akan mendapatkan fasilitas live musik dan juga wifi gratis. Wah, bisa online gratis disini ya. Pasti seru.

26. Bakmi Jawa Pak Gareng Semarang

Rekomendasi tempat wisata kuliner Semarang selanjutnya adalah warung bakmi jawa pak Gareng yang menyajikan menu andalan berupa mie. Terdapat dua pilihan sajian, yaitu berupa bakmi kuah dan bakmi goreng. Nah, kalau anda sendiri kira-kira suka yang bakmi kuah atau bakmi goreng?

Bakmi disini dikreasikan dengan telor, kol, sawi dan ayam suwir tentunya akan membuat rasa bakmi jawa pak gareng ini semakin lezat saja. Jika anda ingin menu yang lain di semarang kuliner ini anda juga bisa mencoba nasi ruwet yang rasanya juga tidak kalah lezat dari bakmi jawa pak gareng.

Lokasi warung ini ada di l. Wotgandul Dalam No. 177, Gabahan, Semarang Tengah, Gabahan, Semarang, Kota Semarang.

27. Rumah Makan Kampung Laut Semarang

Rekomendasi tempat makan di Semarang selanjutnya adalah rumah makan kampung laut yang ada di Komplek Puri Maerokoco, Tawangsari, Semarang Barat, Tawangsari, Semarang Bar., Kota Semarang.

Rumah makan ini bisa menjadi salah satu tempat menikmati aneka kuliner Semarang bersama orang-orang tercinta. Selain menikmati kuliner, disini juga disediakan tempat memancing untuk anda yang ingin menyalurkan hobi memancing anda.

Aneka olahan seafood bisa anda nikmati di tempat wisata kuliner semarang ini, selain itu anda juga bisa memilih menu makanan yang lain seperti misalkan paha ayam dan juga iga sapi. Pengalaman makan anda akan bertambah saat anda menikmati hidangan kuliner semarang ini di atas saung yang mengapung.

Tempat ini sangat rekomended, karena memang tempatnya sangat nyaman dan tertata dengan baik.

28. Restoran Pesta Keboen Semarang

Tempat makan enak di Semarang berikutnya adalah restoran pesta Keboen yang ada di Jalan Veteran 29, Semarang. Rumah makan ini mengusung konsep jaman dulu yang dinamakan Restoran Pesta Keboen. Di tempat ini ada akan di sajikan makanan enak dan dengan nuansa jaman dulu, jadi pengalaman makan anda akan bertambah saat anda berkunjung di tempat kuliner di semarang ini.

Silahkan pilih, apakah anda ingin tempat outdoor atau yang tempat indoor, tentunya fasilitas akan di rasa tambah mengasyikkan saat restoran pesta keboen ini menghadirkan acara live musik di tengah-tengah kita.

29. Soto Pak No Semarang

Tempat wisata kuliner Semarang berikutnya adalah warung soto pak no yang ada di jalan sukun no. 4 banyumanik, Semarang dan Jalan MH. Thamrin no. 28, Semarang. Disini anda bisa menikmati aneka soto lezat yang sudah terkenal bagi masyarakat Semarang tentunya.

Soto disini tidak jauh berbeda dengan soto-soto lainnya, namun rahasianya terletak pada racikan rempah-rempah yang super lezat.

30. Mangut Welut Warung Bu Nasima Semarang

Tempat makan enak di Semarang berikutnya adalah warung mangut welut bu Nasima yang menyediakan menu andalan berupa mangut welut. Tempat wisata kuliner Semarang yang berada di Jl. Menoreh Raya No.10, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang ini sempat diliput oleh Host kuliner TV terkenal di Indonesia yaitu Pak Bondan Winarno.

Untuk anda yang hobi dengan makanan pedas, silahkan cobain sendiri, menu Mangut welut disini terkenal pedas membahana, dengan menu anadalannya berupa mangut belut yang super pedas, membuat warung ini sangat digandrungi oleh  mereka yang doyan pedas.

Untuk satu porsi Mangut welut berharga Rp. 10.000 saja. Di Tempat wisata kuliner Semarang ini juga tersedia menu lainnya yang tak kalah lezat seperti kepala manyu (sejenis ikan laut), ikan goreng mujair, bandeng, lele, pindang dan cumi-cumi.

31. Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum Semarang

Rekomendasi tempat di Semarang berikutnya adalah Makan Gudeg & Opor Mbak Tum. Tempat wisata kuliner Semarang ini berlokasi Jalan MT Haryono/Mataram, Semarang, Jawa Tengah. Di tempat wisata kuliner Semarang ini kamu bisa memilih makanan sesuai selera seperti Nasi Gudeg, Ayam Goreng, Lontong Opor, Koyor, Babat Goreng, Sambal dan Opor.

Jika anda mampir ke watung ini, silahkan cobain Nasi Koyor yaitu nasi dicampur koyor atau bagian otot sapi yang dimasak dengan sambal goreng dan kuah gurih yang agak pedas. Tempat wisata kuliner Semarang ini mulai buka dari sore hari hingga tengah malam. Harganya pun cukup murah, untuk satu porsi opor Ayam dan teh panas harganya hanya sebesar Rp. 15.000 saja.

32. Nasi Goreng Babat Pak Hengky Semarang

Tempat wisata kuliner Semarang selanjutnya adalah warung nasi goreng babat pak Hengky yang ada di Jalan Pujasera Puri Anjasmoro, Blok K, Semarang Barat, Jawa Tengah. Warung yang satu ini selalu ramai pengunjung, apalagi pada akhir pekan, tambah ramai lagi, pengunjung rela antri untuk makan di tempat wisata kuliner Semarang yang satu ini.

Selain nasi goreng babat yang luar biasa nikmatnya anda juga bisa mencoba Paru Goreng dan Babat Gongso yang juga sangat nikmat.

33. Depot Sukses Semarang

Tempat wisata kuliner Semarang berikutnya adalah  depot sukses yang terletak di Jalan Melati, Semarang. Disini anda bisa menikmati aneka sajian kuliner lezat seperti Chicken Katsu, Ebi Furai, Chicken Teriyaki, Beef Yakiniku dan masih banyak menu lainnya dan harganya pun juga sangat terjangkau.

Anda wajib mencoba menu Jepang disini, memang cafe disini didesain tidak mewah dan besar seperti restoran jepang pada umumnya, tetapi makanan yang disajikan di tempat wisata kuliner Semarang ini tidak kalah enaknya dengan restoran jepang kelas satu. Karena di tempat wisata kuliner Semarang ini ditangani oleh juru masak yang berkelas dan berpengalaman.

34. Gudeg Abimanyu Semarang

Tempat makan enak di Semarang berikutnya adalah Gudeg Abimanyu yang terletak di Jalan Abimanyu VII No. 6 Semarang Jawa Timur dan cabangnya di Jalan Kimangun Sarkoro, Semarang Jawa Tengah.

Meskipun Gudeg merupakan panganan khas Jogja, namun ternyata Semarang juga punya, yang tidak kalah enaknya tentunya.

Gudeg ini disajikan dengan daun singkong, sayur kol, kerecek pedas, telur pindang, koyor (urat sapi), opor ayam, serundeng basah, sambal udang dan areh kental dan. Untuk satu porsi Gudeg harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp. 10.000 saja.

35. Waroeng Steak & Shake Semarang

Tempat wisata kuliner Semarang berikutnya adalah Waroeng Steak & Shake atau biasa disingkat menjadi WS. WS ini merupakan salah satu restoran yang menyajikan aneka olahan steak yang enak dengan harga yang sangat murah.

Anda bisa mencoba aneka steak dari daging sapi, Ayam, udang, Ikan, dan Cumi disini. Sebagai pelengkap, anda juga bisa memesan Kentang Goreng, Spaghetti, Mushroom, sayuran lengkap dan nasi putih. Di tempat wisata kuliner Semarang ini harga makananya dibandrol mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 34.00.

Kuliner Semarang ini outletnya hampir tersebar di Seluruh Indonesia dan memiliki beberapa outlet di Semarang seperti di Jalan Imam Bonjol No 187 B Semarang, Jalan Kelud Raya 2 Sampangan, Jalan Kartini No 43 dan Jalan Setiabudi No 60 Banyumanik/Tembalang.

36. Nasi Goreng Babat Pak Taman Semarang

Tempat wisata kuliner Semarang berikutnya adalah warung Nasi Goreng Babat Pak Taman. Tempat wisata kuliner Semarang ini cukup mudah dicari lokasinya, yakni tepat di Jalan Stadion Selatan, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sajian disini tidak hanya nasi goreng babat, anda juga bisa mencoba Babat Gongso yang juga memiliki cita rasa yang lezat serta menjadi favorit para pelanggan tempat ini.

37. Nasi Kebuli Djawas Semarang

Tempat wisata kuliner Semarang yang terakhir dari kami adalah warung nasi kebuli Djawas yang ada di Jalan Gatot Subroto No 102 Ungaran, Semarang Jawa Tengah. Disini anda bisa menikmati aneka sajian menu khas dari Timur Tengah yang terkenal sangat lezat dan porsinya besar.

Silahkan cobain Nasi kebuli Djawas yang terkenal enak dan juga cocok dengan lidah masyarakat Semarang. Selain menu Nasi Kebuli, disini juga menyediakan Nasi Bukhari Ayam, Nasi Briyani, Nasi Kambing Guling, Iga Bakar. Harga sepiring Nasi kebuli daging kambing lengkap dengan acar Arab dan salata di bandrol dengan harga Rp. 29.000.

38. Bebek Muda Sambal Mangga Muda? Ya Cuma Ada di Waroeng Kaligarong Dong!

Kuliner Semarang

Semua orang tahu bahwa Kota Semarang adalah surganya kuliner. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Semaran tanpa mampir ke Waroeng Kaligarong. Berlokasi di JL.D.I.Panjaitan no. 64, Waroeng Kaligarong hanya 600 meter dari Simpang Lima.

Restoran yang mengusung tema industrial ini menghadirkan beragam menu masakan Indonesia. Salah satunya yang menajadi incaran para pecinta wisata kuliner Semarang adalah Bebek Goreng Sambal Mangga. Menggunakan setengah ekor bebek muda, bisa dipastikan betapa lembutnya daging bebek goreng.

Waroeng Kaligarong

Sama sekali tidak a lot ataupun bau. Dipadu dengan sambal mangganya yang pedas dan menggigit, sepertinya satu taangkup nasi tidak akan cukup untuk memuaskan hasrat kuliner anda. Selain itu, yang menjadi andalan Waroeng Kaligarong adalah Cumi Hitam Sambal Mangga yang unik.

Sengaja dimasak beserta dengan tinda hitamnya yang diklaim dapat menggantikan peranan dari MSG untuk menggurihkan masakan. Sangat unik bukan? Porsinya pun terbilang besar komplit dengan setangkup ansi hangat, cumi hitam, pete yang gendut-gendut, sambal mangga yang endes dan telor iris.

Jangan lupa juag untuk kamu pecinta sambal, di sini juga tersedia beragam sambal mulai dari sambal mangga, sambal matah, sambal bawang, dan masih banyak lagi.

Gimana? Tertarik untuk mencoba? Waroeng Kaligarong buka setiap hari pukul 10.00 – 22.00. Untuk reservasi dan silahkan hubungi (024)3555300 WA: 087731345445 LINE: @waroengkaligarong

****

Bagaimana? Kayaknya enak-enak semuanya ya. Hmmm, jadi pengen nyobain semuanya 😀 Nah, itulah rekomendasi 38 tempat wisata kuliner Semarang yang wajib anda coba dari kami, kalau bisa coba semua, ya cobain semuanya ya. 😀 Baca juga 32 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Harus Anda Coba

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!