55 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Terbaru

Halo Sobat Travelers.. Sobat travelers pasti sudah tidak asing lagi dengan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bukan? Nah, pada kesempatan kali ini, tim penulis blog Tempatwisataseru.com akan membagikan informasi mengenai tempat wisata di Bantul, yaitu salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jogja.

Bantul merupakan salah satu wilayah kabupaten di Yogyakarta yang sangat kaya akan objek wisata menarik. Kabupaten yang memiliki luas sekitar 506 km persegi ini berlokasi di tepi pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Masyarakat Bantul masih sangat erat dengan pola hidup yang menjunjung tinggi budaya leluhur. Selain itu, Bantul juga sangat terkenal dengan olahan kuliner Sate Klathak dan Geplak – nya yang luar biasa lezat.

Sebagai bagian dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Bantul pada dasarnya turut berstatus sebagai daerah yang diunggulkan sebagai tujuan wisata. Anehnya, tidak seperti di daerah wisata yang lainnya, harga barang dan kebutuhan di kabupaten ini cenderung sangat murah.

Jangan sampai tidak kesini: Jalan Malioboro Jogja, Tempat Wisata Paling Melegenda dan Mendunia

Bila saat ini Anda sedang menyusun rencana untuk aktivitas liburan, Bantul wajib Anda masukkan ke dalam daftar rencana tujuan wisata Anda!

Tempat Wisata di Bantul yang Menarik untuk Disambangi

Berikut merupakan beberapa tempat wisata di Bantul Yogyakarta yang cukup populer dan menarik untuk dikunjungi:

1. Pantai Parangtritis

Lokasi: JL. Parangtritis, Bantul

Pantai Parangtritis via duniatraveling

Pantai Parangtritis via Duniatraveling

Loading...

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai terpopuler yang ada di Pulau Jawa.Pantai ini sangat terkenal dengan ombaknya yang “liar” dan keindahan tebingnya yang sangat luar eksotis.

Di pantai ini, ada banyak aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Beberapa aktivitas wisata menarik tersebut adalah: berjemur, berkeliling pantai, bermain pasir, berkeliling lokasi pantai dengan menggunakan dokar, bermain sepeda motor ATV, dll.

Karena ombaknya yang tinggi, saat berkunjung ke pantai ini, wisatawan amat sangat tidak dianjurkan untuk berenang, berselancar, dan menyelam. Maka dari itu, jika tujuan Anda ke pantai adalah untuk berenang dan berselancar, maka pantai ini bukan tempat wisata yang pas untuk Anda.

Untuk menunjang aktivitas wisatawan, pengelola Pantai Parangtritis telah melengkapi pantai ini dengan berbagai macam fasilitas wisata. Dari mulai tempat parkir yang luas, toilet, payung untuk berteduh, tempat makan, sampai dengan mushola, semuanya telah tersedia di pantai ini.

Lokasi objek wisata Parangtritis ada di JL. Parangtritis, Bantul. Pantai ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam non stop dengan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 5.000 per orang.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi: Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat wisata di Bantul yang satu ini berlokasi tidak jauh dari Pantai Parangtritis. Biasanya tempat ini merupakan tempat wisata “wajib” yang dikunjungi oleh wisatawan selepas berkunjung ke Pantai Parangtritis.

Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki daya tarik utama berupa deretan gundukan pasir yang sangat mirip dengan kawasan gurun pasir yang ada di Timur Tengah.  Di tempat ini, wisatawan dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata menarik, seperti: berselancar di gurun pasir (sandboarding), berjemur, berfoto, dll.

Karena lokasinya yang unik dan eksotis, objek wisata ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk melangsungkan pengambilan foto prewed lho!

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini? Jika ya, objek Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo dibuka setiap hari selama 24 jam non stop. Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, wisatawan yang telah membayar tiket masuk ke Pantai Parangtritis tidak perlu membayar tiket masuk lagi.

3. Kebun Buah Mangunan

Lokasi: Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul

Kebun Buah Mangunan via IG @mita_oci

Kebun Buah Mangunan via IG @mita_oci

Kebun Buah Mangunan merupakan objek wisata hits di Bantul yang sedang ngetren di kalangan anak muda. Objek wisata yang berlokasi di Desa Mangunan, Kec. Dlingo ini menawarkan daya tarik utama berupa kebun buah dan kawasan perbukitan yang asri dan sangat eksotis.

Objek wisata Kebun Buah Mangunan nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Biasanya, alih – alih berkunjung ke lokasi kebun buah terlebih dahulu, mayoritas wisatawan yang berkunjung ke tempat ini lebih memilih untuk langsung menuju ke areal puncak bukitnya.

Di puncak bukit tersebut, wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan Gunung Sewu dan Sungai Oyo yang meliuk – liuk membelah kawasan pegunungan tersebut.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, objek wisata ini dibuka setiap hari dari mulai pukul 6 pagi sampai dengan pukul 6 sore.

Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, ada dua waktu terbaik yang bisa Anda pilih, yaitu di sore hari jika Anda ingin menikmati indahnya panorama sunset dan di pagi hari jika Anda ingin menikmati indahnya panorama negeri di atas awan.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Pasalnya tiket masuk ke Kebun Buah Mangunan tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 saja per orang.

4. Hutan Pinus Dlingo

Lokasi: Desa Terong, Dlingo, Bantul, DIY

Hutan Pinus Dlingo via @krisskoginanjar_ (kiri), @vembri_prima (kanan atas), @gunawanjir (kanan bawah)

Hutan Pinus Dlingo via @krisskoginanjar_ (kiri), @vembri_prima (kanan atas), @gunawanjir (kanan bawah)

Pernah mendengar objek wisata Hutan Pinus Kragilan yang ada di Magelang? Nah, di Bantul, Anda dapat berkunjung ke objek wisata sejenis bernama Hutan Pinus Dlingo.

Hutan Pinus Dlingo berlokasi tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Biasanya, selepas berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, wisatawan akan menyempatkan diri untuk singgah ke hutan pinus ini.

Daya tarik utama yang ditawarkan oleh objek wisata ini adalah kawasan hutan pinus yang masih sangat sejuk dan asri.

Di objek wisata ini Anda dapat melakukan beberapa take foto ataupun sekedar bersantai di bawah pohon. Jika ingin bersantai dengan lebih tenang, Anda dapat menyewa hammock yang disediakan oleh pihak pengelola.

Atau, Anda juga menjelajahi areal hutan pinus yang ditumbuhi oleh deretan bunga – bunga cantik yang berwarna – warni. Selain itu, Anda juga dapat berkunjung ke gardu pandang tiga tingkat yang telah disediakan oleh tim pengelola untuk menyaksikan indahnya panorama alam Pegunungan Sewu dari kejauhan.

Bagaimana? Sangat menarik bukan? Nah, jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, objek wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 17.30 sore.

Biaya tiket masuk ke objek wisata ini sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 2.000 saja.

5. Puncak Becici Dlingo

Lokasi: Jl. Imogiri-Patuk KM.13, Dusun Gunungcilik, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul

Puncak Becici Dlingo via Ig @ditamaycandra

Puncak Becici Dlingo via Ig @ditamaycandra

Masih di daerah Kecamatan Dlingo, ada satu lagi objek wisata alam yang tidak kalah menarik untuk disambangi, yaitu Puncak Becici Dlingo. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa panorama sunset yang sangat eksotis dan kawasan pedesaan yang sangat asri.

Untuk bisa mendapatkan titik pandang terbaik, saat berada di tempat ini Anda dapat naik ke atas pohon yang telah dilengkapi dengan tangga dan tempat duduk berupa papan kayu. Dari atas pohon ini Anda akan bisa menikmati indahnya panorama alam berupa kawasan pegunungan, hutan, dan hamparan sawah bertingkat yang sangat eksotis.

Jika tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini, Anda dapat mengunjunginya kapan saja tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali. Hanya saja, karena objek wisata ini terletak di daerah yang agak terpencil, maka mau tidak mau Anda harus memanfaatkan kendaraan pribadi.

6. Air Terjun Ledok Pokoh (Lepo)

Lokasi: Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Air Terjun Ledok Pokoh (Lepo) via IG @b12ama

Air Terjun Ledok Pokoh (Lepo) via IG @b12ama

Tempat wisata di Bantul yang selanjutnya adalah Air Terjun Ledok Pokoh. Sama seperti halnya tiga objek wisata yang sebelumnya, Air Terjun Ledok Pokoh, juga terletak di Kec. Dlingo.

Walaupun tidak terlalu tinggi, namun aliran airnya masih sangat bersih dan jernih. Selain itu, bentuk aliran air terjunnya pun tergolong cukup unik, yaitu mirip seperti gerojokan bertingkat yang jatuh ke arah tumpukan batu berbentuk balok.

Selain bersih dan jernih dan bersih, aliran air terjun ini juga tidak terlalu deras. Di bagian bawah alirannya, ada kubangan berbentuk kolam yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar mandi atau berendam.

Sampai artikel ini ditulis, objek wisata Air Terjun Ledok Pokoh masih belum dikelola secara komersil. Oleh karenanya, Anda dapat berwisata ke air terjun ini kapan saja tanpa perlu membayar tiket masuk sama sekali.

Kunjungi juga: Objek Wisata Alam Telaga Biru Jogja

7. Seribu Batu Songgo Langit

Lokasi: Lokasi: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul

Seribu Batu Songgo Langit via IG @mita_oci (kiri), @bellqis_fort21 (kanan)

Seribu Batu Songgo Langit via IG @mita_oci (kiri), @bellqis_fort21 (kanan)

Objek Wisata Seribu batu Songgo Langit berlokasi sekitar 7 km dari objek wisata Air Terjun Ledok Pokoh. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan rumah Hobit yang sedang kekinian.

Selain itu, untuk meningkatkan daya tarik wisatawan, pengelola objek wisata ini juga turut menyediakan wahana permainan flying fox.

Di hari normal, objek wisata Seribu batu Songgo Langit buka setiap hari dari mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore. Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 2.000 saja.

Jika ingin menggunakan fasilitas wahana permainan flying fox, wisatawan harus membayar biaya tambahan sebesar Rp. 15.000. Sangat murah bukan?

8. Karst Tubing Sedayu

Lokasi: Jl. Raya Wates No.Km. 9,5, Surobayan, Argomulyo, Kec. Sedayu, Bantul

Karst Tubing Sedayu via Nasirullahsitam

Karst Tubing Sedayu via Nasirullahsitam

Khusus untuk Anda para pecinta aktivitas wisata yang menantang dan memacu adrenalin, saat berada di Bantul, Anda wajib berkunjung ke objek wisata yang satu ini.

Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan pengalaman wisata menarik berupa susur sungai. Kondisi sungai yang akan disusuri tergolong agak ekstrim dan sempit. Untuk itu, pengunjung diminta untuk selalu fokus dan berhati – hati.

Objek wisata Karst Tubing Sedayu berlokasi di Jl. Wates, Km. 9,5. Di hari normal, objek wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 16.00 sore.

Untuk bisa mengikuti kegiatan susur sungai di sini, pengunjung harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 30.000 per orang. Biaya tersebut sudah mencakup berbagai macam fasilitas pengamanan seperti helm, pelampung, ban, sepatu, dan pengarahan dari pemandu.

9. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, DIY

Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung via Ig @rosaho2013

Tempat wisata di Bantul yang selanjutnya adalah Kampung Edukasi Watu Lumbung. Kampung edukasi Watu Lumbung merupakan kampung tradisional yang berlokasi tidak jauh dari Jembatan Kali Opak, yaitu di daerah Bukit Watu Lumbung.

Di kampung ini, Anda dapat merasakan pengalaman wisata unik menjadi penduduk setempat dan menerapkan pola hidup khas masyarakat tradisional di pedesaan.

Saat berada di kampung ini, Anda harus melakukan segala setuanya sendiri. Dari mulai menyiapkan makanan, mencuci piring, sampai dengan melayani tamu, semuanya harus Anda lakukan seorang diri.

Kampung wisata Watu Lumbung telah dilengkapi dengan perpustakaan yang dijalankan dengan sistem unik. Di perpustakaan ini Anda dapat menjalankan sistem barter, dimana jika Anda menyumbang buku Anda bisa mendapatkan imbalan berupa kopi, pisang bakar keju, dan tahu goreng.

Sangat menarik bukan?

10. Pantai Kuwaru

Lokasi: Poncosari, Srandakan, Bantul, DIY

Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru merupakan salah satu objek wisata pantai di Bantul yang sangat populer di kalangan wisatawan keluarga.

Objek wisata ini menawarkan fasilitas wisata yang sangat lengkap dan sesuai dengan kebutuhan keluarga. Dari mulai kolam renang anak, arena mandi bola, fasilitas sepeda motor ATV, rumah makan, sampai dengan toko souvenir, semuanya telah tersedia di pantai ini.

Sama seperti halnya Pantai Parangtritis, Pantai Kuwaru juga memiliki ombak yang kurang bersahabat. Untuk itu, pengunjung sangat tidak disarankan untuk berenang atau pun bermain terlalu jauh ke arah laut.

Di hari normal, objek wisata Pantai Kuwaru beroperasi setiap hari dari mulai pagi hingga malam. Untuk bisa masuk ke lokasi pantai ini, pengunjung harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

Selain itu, jika ingin menggunakan fasilitas wisata yang tersedia, pengunjung juga akan dikenai biaya tambahan dengan besaran yang bervariasi.

11. Pantai Pandansari

Lokasi: Lokasi: Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, DIY

Pantai Pandansari via Liputenbantul

Pantai Pandansari via Liputenbantul

Pantai Pandansari berlokasi tidak jauh dari Pantai Kuwaru (hanya berjarak sekitar 3,5 km). Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa mercusuar yang dapat digunakan untuk menikmati indahnya panorama alam pantai laut selatan dari atas ketinggian.

Objek wisata Pantai Pandansari dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore. Biaya tiket masuk ke pantai ini tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 saja.

12. Kebun Buah Naga Pantai Pandansari

Lokasi: Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, DIY

Kebun Buah Naga Pantai Pandansari via Tribunnews

Kebun Buah Naga Pantai Pandansari via Tribunnews

Tidak jauh dari lokasi Pantai Pandansari, Anda dapat menemukan areal perkebunan buah naga. Areal ini sering digunakan oleh wisatawan sebagai lokasi untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan kebun buah naga dan mercusuar.

Selain berfoto, di kebun ini Anda juga bisa menikmati pengalaman wisata petik buah. Untuk urusan harga, Anda tidak perlu khawatir. Yang pasti, harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga yang berlaku di pasar dan toko buah.

Bagaimana? Sangat menarik bukan?

13. Pantai Samas

Lokasi: Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul

Pantai Samas via eksotisjogja

Pantai Samas via eksotisjogja

Pantai Samas merupakan satu – satunya objek wisata pantai di Bantul yang memiliki ombak relatif tenang. Di pantai ini Anda dapat menemui sebuah laguna yang dinamai Pengklik Pantai Samas. Di lokasi laguna tersebut, Anda dapat bersantai sembari menikmati beranekaragam jajanan yang tersedia di kuliner apung.

Untuk mendukung aktivitas wisata di pantai ini, pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan. Dari mulai perahu untuk menjelajahi area laguna, sampai dengan gardu pandang, semuanya telah tersedia di sini.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, lokasinya ada di sebelah timur Pantai Pandansari. Jam operasionalnya dibatasi dari mulai Pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 3.000.

14. Pantai Gua Cemara

Lokasi: Jl. Lintas Sel., Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul

Pantai Gua Cemara via Ig @hushussein

Pantai Gua Cemara via Ig @hushussein

Selain Pantai Samas, masih ada satu lagi objek wisata pantai yang berlokasi tidak jauh dari Pantai Pandansari. Objek wisata pantai tersebut adalah Pantai Gua Cemara.

Objek wisata pantai ini diberi nama Pantai Gua Cemara karena jajaran pohon cemaranya yang sangat rimbun dan agak gelap sehingga terlihat seperti pintu masuk ke dalam gua.

Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa pasir putih yang halus dan pemandangan eksotis berupa deretan pohon cemara.

Saat berada di pantai ini, Anda dapat bersantai sembari menikmati berbagai macam olahan kuliner yang tersedia di warung – warung milik warga sekitar.

Tidak seperti pantai – pantai yang sebelumnya, jam operasional Pantai Gua Cemara cenderung tidak dibatasi. Artinya, Anda diperbolehkan untuk mengunjungi objek wisata pantai ini kapan pun Anda menginginkannya.

Untuk biaya tiket masuknya sendiri tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 saja.

15. Kampung Batik Giriloyo

Lokasi: Jl. Imogiri Timur No. 49, Desa Giriloyo, Imogiri, Bantul

Kampung Batik Giriloyo via Detik

Kampung Batik Giriloyo via Detik

Tempat wisata di Bantul yang selanjutnya adalah Kampung Batik Geriloyo. Bantul memang bukan Kota Batik. Namun, kabupaten ini memiliki banyak pengrajin batik dan sangat terkenal dengan kualitas batiknya yang sangat luar biasa.

Nah, jika Anda ingin belajar membatik atau sekedar ingin tahu bagaimana kain batik diproduksi, Anda dapat berkunjung ke objek wisata Kampung Batik Geriloyo.

Di kampung ini, Anda bisa mempelajari bagaimana cara memegang cantring yang benar, cara menorehkan malam, sampai dengan menghasilkan karya batik tulis Anda sendiri.

Untuk memudahkan wisatawan, Kampung Batik Geriloyo telah menyediakan paket wisata membatik yang bisa dipesan sejak jauh hari. Selain itu, jika Anda ingin berbelanja batik, Kampung ini juga memiliki galeri batik yang menawarkan beragam jenis kain batik dengan harga terjangkau.

Lokasi Kampung Batik Geriloyo ada di Jl. Imogiri Timur No. 49. Di hari normal, kampung batik ini dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 16.00 sore.

16. Makam Imogiri

Lokasi: Dusun Pajimatan, Desa Giriloyo, Imogiri, Bantul 

Makam Imogiri

Makam Imogiri

Makam Imogiri merupakan salah satu tempat keramat yang sarat akan misteri. Makam ini merupakan makam tempat disemayamkannya para raja dan anggota kerajaan Mataram.

Untuk bisa masuk ke makam ini, pengunjung harus mengenakan pakaian adat jawa yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Selain itu, pengunjung juga tidak diperkenankan untuk mengenakan perhiasan.

Jika tidak menaati aturan tersebut, pengunjung biasanya hanya diperbolehkan untuk memasuki gerbang pertama saja.

Lokasi Makam Imogiri ada di Dusun Pajimatan, Desa Giriloyo, Imogiri. Jika Anda ingin berkunjung ke makam ini, Anda dapat mengunjunginya pada hari senin pukul 10.00 sampai 13.00, hari jumat pukul 13.30 sampai 16.00, tanggal 1 syawal, tanggal 8 syawal, dan tanggal 10 Dzulhijah pada pukul 10.30 sampai 13.00.

Untuk masuk ke lokasi makam, pengunjung tidak dikenai biaya tiket masuk dan hanya diminta untuk memberikan sumbangan sukarela seikhlasnya.

Sambangi juga yuk: Objek Wisata Istana Air Taman Sari Jogja nan Cantik dan Menarik

17. Gua Gajah

Lokasi: Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul

Gua Gajah

Gua Gajah

Gua Gajah merupakan objek wisata berbentuk gua yang berlokasi di sebelah bagian timur Kebun Buah Mangunan (berjarak sekitar 2,5 km). Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa pemandangan stalaktit dan stalakmit eksotis yang terletak di area langit – langitnya.

Salah satu bagian paling menarik yang bisa Anda lihat di gua ini adalah stalagmit berukuran raksasa yang memiliki bentuk mirip gajah. Menurut informasi yang beredar, pemberian nama Gua Gajah didasari oleh keberadaan stalagmit tersebut.

Secara total, Gua Gajah memiliki panjang sisi dalam sekitar 200 meter. Untuk bisa menyusuri lokasi gua ini, Anda harus membawa senter sebagai media penerangan.

Satu hal yang harus Anda ingat, beberapa bagian ruangan yang ada dalam gua ini memiliki lantai yang agak licin. Untuk itu, Anda kami sarankan untuk mengenakan sepatu yang nyaman dan tidak licin.

Untuk bisa berkunjung ke objek wisata ini, Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali. Selain itu, Anda juga dibebaskan untuk berkunjung ke gua ini kapan pun Anda menginginkannya.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini sendiri ada di kisaran tengah hari, yaitu menjelang pukul 11.30. Di waktu tersebut, sinar matahari akan mulai masuk menyinari area pintu gua dan menghasilkan sorotan cahaya yang sangat eksotis.Masyarakat sekitar menamai sorotan cahaya tersebut dengan julukan “cahaya dari surga”.

18. Gua Selarong

Lokasi:  Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul

Gua Selarong via Tripadvisor

Gua Selarong via Tripadvisor

Gua Selarong merupakan gua kuno yang pernah menjadi saksi bisu perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajah. Gua ini memiliki kedalaman sekitar 3 meter dengan tinggi sekitar 2 meter dan lebar sekitar 3 meter.

Lokasi Gua Selarong ada di areal perbukitan. Untuk bisa sampai ke mulut gua ini, pengunjung harus berjalan kaki melewati anak tangga yang agak curam.

Beberapa meter dari lokasi pintu gua, Anda akan menemui air terjun alami yang dialiri oleh air yang bersih dan jernih.

Untuk bisa masuk ke lokasi Gua Selarong, dari Kota Jogja, Anda dapat menyusuri Jalan Bantul ke arah selatan. Setelah menempuh perjalanan sekitar 5 km, Anda akan bertemu dengan pertigaan. Di pertigaan tersebut, masuk ke simpang yang mengarah ke Jl. Selarong. Ikuti jalan tersebut selama 3,5 km, dan Anda akan langsung sampai ke lokasi gua ini.

19. Gua Cerme

Lokasi: Jl. Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Gua Cerme via IG @aureaserenity

Gua Cerme via IG @aureaserenity

Tempat wisata di Bantul yang selanjutnya adalah Gua Cerme. Gua Cerme merupakan gua eksotis yang terkenal akan keindahan air terjun bawah tanahnya.

Gua ini memiliki kedalaman sekitar 1,2 km. Karena gelap, untuk masuk ke area dalam gua ini, pengunjung harus membawa alat penerangan berupa senter.

Mayoritas area lantai gunung ini selalu berada dalam kondisi basah dan licin. Beberapa area lantainya bahkan ada yang selalu digenangi oleh aliran air. Untuk itu, agar aman, Anda kami sarankan untuk mengenakan sepatu yang tidak licin dan kedap air.

Selain menawarkan keindahan alam berupa air terjun bawah tanah yang sangat eksotis, gua ini juga sarat akan sejarah lho! Menurut informasi yang beredar, gua ini duunya merupakan tempat berkumpulnya para Wali Songo saat merencanakan proses pendirian Masjid Demak.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, objek wisata ini berlokasi di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri. Objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore. Biaya tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 3.000 saja per orang.

20. Tirta Tamansari

Lokasi: Jl. Pramuka No.30, Area Sawah, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul

Tirta Tamansari via Jogjasuper

Tirta Tamansari via Jogjasuper

Tirta Taman Sari merupakan salah satu kolam renang terfavorit yang selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar.

Objek wisata ini memiliki 3 kolam renang yang dapat digunakan untuk anak – anak dan orang dewasa. Ketiga kolam renang tersebut memiliki tingkat kedalaman yang berbeda – beda dan telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air yang cukup menarik.

Selain menyediakan kolam renang, objek wisata Taman Sari juga telah dilengkapi dengan beberapa wahana permainan darat, seperti: arena outbond, panggung hiburan, sepeda air, kafe, dan taman bermain anak.

Walaupun telah dilengkapi dengan banyak fasilitas, namun tiket masuknya tergolong cukup murah, yaitu hanya Rp. 6.000 saja per orang.

Di hari biasa, objek wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.

21. Balong Waterpark

Lokasi: Lokasi: Jl. Pleret Km 1,5 Potorono, Banguntapan, Bantul, DIY

Balong Waterpark via Ig @kuatrahayu

Balong Waterpark via Ig @kuatrahayu

Mengusung konsep yang mirip dengan Tirta Tamansari, Balong Waterpark juga tidak kalah populer di kalangan masyarakat sekitar.Di hari libur dan akhir pekan, objek wisata ini selalu ramai dipadati oleh wisatawan lokal.

Di waterpark ini, Anda dapat menikmati beberapa fasilitas dan wahana permainan yang sangat menarik. Dari mulai ember tumpah sampai dengan seluncuran, semuanya telah tersedia di waterpark ini.

Lokasi objek wisata Balong Waterpark ada di Jl. Pleret Banguntapan. Di hari biasa, objek wisata ini buka setiap hari dari mulai pagi hingga sore dengan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau.

22. Kids Fun

Lokasi: Jl. Wonosari Km 10, Sitimulyo, Piyungan, Bantul

Kids Fun via Youtube

Kids Fun via Youtube

Kids Fun merupakan objek wisata keluarga yang sarat akan fasilitas mewah. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa wahana permainan keluarga yang seru, atraktif, dan sangat menghibur.

Saat berada di Kids Fun, Anda dapat menikmati banyak wahana permainan, seperti: kolam renang, gocart, panjat tebing, dan wahana luncur gantung. Khusus untuk anak – anak, objek wisata ini juga turut menawarkan wahana permainan yang tidak kalah banyak, seperti: kereta ulat, komidi putar, mini jet, ayunan, perahu air, dll.

Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, Anda dapat mengunjunginya setiap hari dari mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 18.0 sore. Tiket masuk ke objek wisata ini memang tergolong agak mahal, yaitu sebesar Rp. 89.000 untuk aktivitas wisata di taman bermain dan kolam renang, Rp. 75.000 jika ingin mengunjungi taman bermain saja, dan Rp. 25.000 jika ingin menggunakan kolam renang saja.

Kunjungi juga yuk: Wahana Seru & Info Harga Tiket Masuk Jogja Bay

23. Bukit Lintang Sewu

Lokasi: Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul

Bukit lintang sewu via @vembri_prima (kiri atas), @shenzophoto (kiri bawah), @roh_kyt (kanan)

Bukit lintang sewu via @vembri_prima (kiri atas), @shenzophoto (kiri bawah), @roh_kyt (kanan)

Bukit Lintang Sewu merupakan salah satu spot terbaik yang dapat dikunjungi untuk menikmati indahnya fenomena sunset di sore hari.

Lokasi Bukit Lintang Sewu hanya berjarak sekitar 2 km dari Puncak Becici. Saat masuk ke areal bukit ini, Anda akan disambut oleh dua buah tugu besar yang mirip seperti gapura.

Tidak jauh dari gapura tersebut, Anda dapat menemui sebuah anjungan berbentuk jembatan yang sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk berfoto.

Objek wisata Bukit Lintang Sewu dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00. Biaya tiket masuk ke objek wisata ini tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 2.000 saja per orang.

24. Pabrik Gula Madukismo

Lokasi: Jl. Padokan, Rogocolo, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Bantul

Pabrik Gula Madukismo via Visitjogja

Pabrik Gula Madukismo via Visitjogja

Khusus untuk Anda yang ingin belajar dan mengetahui secara langsung bagaimana komoditi gula putih diproduksi, Anda dapat berkunjung ke Pabrik Gula Madukismo.

Biasanya, di sekitaran bulan Mei sampai September, tepatnya di musim giling, pabrik ini membuka program wisata edukasi yang ditujukan untuk rombongan yang ingin mengetahui proses produksi gula di pabrik mereka.

Nantinya di pabrik ini Anda dapat melihat secara langsung bagaimana tahapan proses pembuatan gula dari mulai berbentuk batang tebu hingga menjadi butiran gula yang siap untuk dikonsumsi.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengelilingi kawasan pabrik dengan menggunakan kereta pengangkut tebu. Sangat menarik bukan?

Jika ingin mengikuti program wisata edukasi ini, Anda harus membawa rombongan dengan jumlah peserta minimal 40 orang. Untuk waktu kunjungannya sendiri dapat didiskusikan dengan tim manajemen pabrik. Jadi, sebelum datang ke pabrik, Anda harus membuat janji terlebih dahulu.

Untuk biaya tiket masuknya sendiri, biasanya tim manajemen pabrik akan memungut biaya sebesar Rp. 7.000 per orang. Sangat murah bukan?

25. Tebing Watu Mabur

Lokasi: Lokasi: Desa Mangunan, RT 28 Lemahbang, Dlingo, Bantul, DIY

Tebing Watu Mabur via Ig @dewikiwikiwik

Tebing Watu Mabur via Ig @dewikiwikiwik

Tebing Watu Mabur merupakan objek wisata alam perbukitan yang berlokasi tidak jauh dari Gua Gajah. Objek wisata ini dinamai Tebing Watu Mabur karena lokasinya yang ada di atas awan. Karena lokasinya tersebut, jika dilihat sekilas kawasan tebingnya jadi terkesan seperti terbang (mabur) di atas awan.

Secara keseluruhan, objek wisata Tebing Watu Mabur sangat cocok untuk dikunjungi sebagai tempat untuk bersantai dan melepas penat.

Di kawasan tebing ini Anda dapat menikmati sejuknya udara khas daerah pegunungan yang bebas dari polusi. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa take foto dengan latar belakang alam sekitar yang sangat eksotis.

Untuk bisa sampai ke lokasi Tebing Watu Mabur, Anda dapat berjalan kaki selama kurang lebih 7 menit dari kawasan Batu Gajah. Untuk masuk ke lokasi tebing ini sendiri, Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 2.000 per orang.

26. Gardu Pandang Bukit Mojo Gumelem

Lokasi: Lokasi: Gumelem, RT. 40, Mangunan, Dlingo, Bantul

Gardu Pandang Bukit Mojo Gumelem via Ig @ihsanudin

Gardu Pandang Bukit Mojo Gumelem via Ig @ihsanudin

Bukit Mojo Gumelem berlokasi di Kawasan Wisata Dlingo. Bukit ini menawarkan daya tarik utama berupa panorama alam yang dilengkapi dengan 3 anjungan unik.

Anjungan yang ada di objek wisata ini telah didesain sedemikian rupa sehingga terkesan unik dan tradisional. Ornamennya dipilih dari material ranting yang melingkar, sedangkan bentuknya dibuat membulat layaknya sangkar burung.

Untuk masuk ke objek wisata Bukit Mojo Gumelan, pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali. Pengunjung baru diminta untuk membayar jika ingin naik dan berfoto di anjungan yang tersedia. Biaya yang harus dikeluarkan untuk foto pun tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 3.000 saja.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, objek wisata ini buka setiap hari dan dapat dikunjungi dari mulai pukul 05.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore.

Jangan lewatkan: 84 Tempat Nongkrong di Jogja Paling Asyik

27. Galaxy Waterpark

Lokasi: Jl. Wonosari, Potorono, Banguntapan, Bantul

Galaxy Waterpark via IG @joan_item

Galaxy Waterpark via IG @joan_item

Galaxy Waterpark merupakan objek wisata keluarga berbentuk pemandian kolam renang yang berlokasi di Jl. Wonosari Km 6.

Objek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air yang cukup menarik. Dari mulai seluncuran sampai dengan ember tumpah, semuanya sudah tersedia di sini.

Selain wahana permainan wisata tersebut, Galaxy Waterpark juga memiliki kelebihan di bagian dekorasi warna lokasinya yang sangat atraktif dan bermotif unik. Karena tampilannya yang cantik, dekorasi ini sering dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto oleh pengunjung.

Untuk bisa masuk ke Galaxy Waterpark, wisatawan harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 30.000 per orang. Jam operasional objek wisata ini dimulai sejak pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore.

Karena objek wisata ini telah dilengkapi dengan kafe, pengunjung tidak diperkenankan untuk membawa makanan dari luar.

28. Hutan Pinus Pengger

Lokasi: Desa Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul

Hutan Pinus Pengger via Wisatayogya

Hutan Pinus Pengger via Wisatayogya

Pinus Pengger merupakan salah tempat wisata di Bantul malam hari yang menawarkan daya tarik utama berupa panorama kerlap – kerlip lampu dari atas ketinggian bukit. Bisa dibilang objek wisata ini menawarkan konsep wisata yang hampir mirip dengan konsep wisata bukit bintang yang juga berlokasi di Provinsi DIY.

Objek Wisata Pinus Pengger berlokasi di Desa Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul. Objek wisata ini dibuka untuk umum selama 24 jam non stop. Tiket masuknya tergolong sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 2.000 saja per orang.

Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di malam hari.

29. Pantai Pandansimo Bantul

Lokasi: Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul

Pantai Pandansimo Bantul

Pantai Pandansimo Bantul

Tempat wisata di Bantul selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah pantai Pandansimo Baru. Pantai ini memang pada awalnya bukanlah sebagai objek wisata, hanya merupakan hamparan pasir yang berdiri di atasnya rumah warga dan tempat untuk melelang ikan.

Kini karena kreativitas warga sekitar mereka menyulap hamparan pasir ini menjadi objek wisata yang cantik untuk kamu jadikan destinasi liburan di Bantul lho.

30. Jurang Tembelan

Lokasi: Desa Mangunan, Dlingo, Bantul

Jurang Tembelan

Jurang Tembelan

Meskipun namanya jurang, namun jurang Tembelan ini bukanlah sembarang jurang. Karena jurang tembelan ini menawarkan pemandangan indah untuk anda. Jurang tembelan ini menjadi salah satu spot menikmati sunrise di Bantul.

Lokasi jurang tembelan ini dekat dengan gardu pandang Mangunan. Jurang Tembelan ini bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata jogja terbaru buat kamu yang sedang cari tempat instagrammbale.

31. Watu Goyang

Lokasi: Cempluk, Mangunan, Dlingo, Bantul

Watu Goyang via Ig Jogjakartaid

Watu Goyang via Ig Jogjakartaid

Watu goyang juga merupakan tempat rekreasi di Bantul hasil dari sentuhan tangan warga sekitar. Berkat bantuan pemda yang memperbaiki akses jalan ke wisata Puncak Watu Goyang maka wisatawan pun mulai berdatangan dari berbagai daerah kesini.

Objek wisata puncak watu goyang ini juga dilengkapi dengan area parkir dan WC serta beberapa gazebo. Kamu bisa datang kesini kapan saja, mau pagi, siang, bahkan malam pun tambah seru.

32. Watu Ngadek

Lokasi: Desa Terong, Dlingo, Bantul

Watu Ngadek

Watu Ngadek

Adalah nih tempat wisata dengan nama depat watu, yaitu Watu Ngadek. Objek wisata yang satu ini cukup hits menjadi spot foto yang sayang untuk anda lewatkan. Lokasinya terletak di hutan pinus Pengger. Disini anda akan disuguhkan keindahan alam yang masih asri. Anda juga bisa kesini pada malam hari untuk menikmati gemerlap lampu kota yang berada di bawah bukit ini.

33. Gardu Pandang Pinus Asri

Lokasi: karangasem, Muntuk, Dlingo, Bantul

Gardu Pandang Pinus Asri

Gardu Pandang Pinus Asri

Selanjutnya anda juga bisa mengunjungi Gardu pandang Pinus Asri yang terletak di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem. Disini anda bisa berfoto ria dengan background hutan dan dataran rendah Imogiri.

34. Watu Amben

Lokasi: Jalan Pleret-Patuk, Pandeyan, Srimulyo, Piyungan, Bantul

Watu Amben

Watu Amben

Tempat wisata di Bantul berikutnya adalah Watu Amben. Objek wisata ini menawarkan pemandangan yang indah khas perbukitan yang dilengkapi dengan hembusan angin semilir yang menyejukkan.

Watu amben ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bantul. Wisatawan datang dari berbagai daerah, bahkan dari mancanegara pun juga ada lho.

Oh ya, Nama Watu Amben sendiri berasal dari kata Watu yang berarti batu dan amben yang berarti ranjang. Jadi, kalau kamu ke Bantul, jangan lupa mampir kesini ya. Dijamin kamu bakal melupakan masalah yang sedang kamu hadapi, terutama dia! 😀

35. Jembatan Soka

Lokasi:Desa Seloharjo, Pundong, Bantul

Jembatan Soka Bantul

Jembatan Soka Bantul

Sebenarnya jembatan soka ini bukanlah objek wisata seperti pada umumnya, tapi karena banyak anak muda yang datang kesini kemudian selfa-selfi, dan ternyata gambar yang dihasilkan bagus, maka jembatan ini pun jadi terkenal.

Anak-anak muda yang selfie biasanya mengunggah gambar mereka ke akun media sosialnya, sehingga orang-orang yang melihatnya jadi tertarik untuk mengambil gambar di jembatan ini.

Nah, buat kamu yang mencari tempat instragrammable di Bantul, maka jembatan soka ini adalah salah satu pilihan yang tidak boleh kamu lewatkan.

36. Air Terjun Seribu Batu

Lokasi: Cengkehan, Wukisari, Imogiri, Bantul

Air Terjun Seribu Batu via Alodiatour

Air Terjun Seribu Batu via Alodiatour

Air terjun seribu batu bisa menjadi tempat rekreasi anda dan keluarga selanjutnya. Air terjun cantik ini menawarkan sensasi liburan basah-basahan untuk anda. Jadi kalau liburan ke air terjun seribu batu ini kamu harus bawa pakaian ganti ya.

37. Air Terjun Tuwondo

Lokasi: Sitimulyo, Piyungan, Bantul

Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo via Sepedasehat

Ada lagi namanya air terjun tuwondo yang bisa kamu jadikan tempat bermain, berenang sepuasnya atau hanya cuma berfoto foto saja. Oh ya sob, pastikan kamu benar-benar mahir berenang ya, karena kolam air terjun tuwondo ini cukup dalam lho, sekitar 3 meter.

38. Curug Banyunibo

Lokasi: Kabrokan Kulon, Sendangsari, Pajangan, Bantul

Curug Banyunibo via Panduanwisata

Curug Banyunibo via Panduanwisata.id

Curug banyunibo juga tidak kalah serunya untuk kamu jadikan tempat liburan lho. Air terjun yang cantik ini akan mengikis rasa penat yang kamu alami karena beban kerja seminggu yang kamu rasakan, seketika.

39. Grojogan Pucung

Lokasi: Seloharjo, Pundong, Bantul, DIY

Grojogan Pucung via Spcaedepicnic.wordpresscom

Grojogan Pucung via Spcaedepicnic.wordpress.com

Grojogan Pucung ini memang agak tersembunyi lokasinya. Untuk mendapat Grojogan Pucung kamu harus melawati perkebunan dan hutan yang cukup rimbun dan kadang menanjak. Kamu harus trekking sekitar 10 menit dari tempat parkir untuk bisa sampai ke Grojogan Pucung.

Kalau kesini kamu harus membawa sepatu atau sandal yang mendukung untuk trekking ya. Karena kita akan ditantang untuk menyusuri sungai yang ternyata ada 4 air terjun lain di dekat Grojogan Pucung ini.

Tinggi Grojogan Pucung ini sekitar 5 meter saja. Plus terdapat kolam yang seru untuk mandi-mandi.

40. Pantai Baru

Lokasi: Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Baru

Pantai Baru

Nah, rekomendasi tempat wisata di Bantul selanjutnya adalah sebuah pantai kece yang terjaga kebersihannya serta terdapat pohon cemara yang membuat pantai ini menjadi sangat asri.

Pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu destinasi wisata di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Selain pantainya yang indah, pantai ini juga memiliki banyak fasilitas pendukung.

Disini kamu tidak perlu takut kelaparan ya guys, karena sudah banyak berdiri warung makan untuk mengganjal perut keroncongan kamu.

Selain itu, di pantai ini juga ada tempat nyewa ATV yang bisa jadikan kendaraan untuk berkeliling. Untuk menyewa ATV disini kamu cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp 30.000,- selama 15 menit. Untuk masuk ke pantai ini kamu cuma dikenai tiket maasuk sebesar 4.000 saja.

Ketika masuk waktu sholat, kamu bisa sholat di mushola yang juga tersedia di pantai ini. Jadi setelah selesai sholat kita bisa lanjut main-main di pantai ini sob.

41. Pantai Baros

Lokasi: Tirtohargo, Kec. Kretek, Bantul

Pantai Baros

Pantai Baros

Pantai baros menjadi destinasi wisata pantai di Bantul selanjutnya. Pantai baros ini memang tergolong baru. Disini wisatawan akan disuguhkan sunset dengan sempurna dikala senja hari. Selain menawarkan liburan ala pasir pantai yang seru, wisatawan juga akan disuguhkan dengan kawasan hutan mangrove yang sangat eksotis.

42. Bukit Panguk Kediwung Bantul

Lokasi: Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul 

Bukit Panguk Kediwung Bantul

Bukit Panguk Kediwung Bantul

Satu lagi bukit indah yang dikembangkan oleh masyarakat menjadi destinasi wisata, bukit panguk kediwung yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian.

Disini anda menikmati pemandangan pagi hari yang ditemani dengan secangkir kopi. Apalagi di tempat ini banyak disediakan tempat untuk selfie-selfie lho. Jadi sangat sayang untuk kamu lewatkan.

43. Air Terjun Kedung Pengilon

Lokasi: Dusun Petung, Kecamatan Kasihan Pajangan, Bantul

Air Terjun Kedung Pengilon

Air Terjun Kedung Pengilon

Tempat wisata di Bantul yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah air terjun kedung  pengilon yang menawarkan sensasi berenang ala kolam renang privat hotel-hotel mewah.

Kedung Pengilon ini lagi ngehits lho, jadi sayang kalau kamu lewatkan. Untuk masuk ke sini kamu cukup bayar tiket masuk 5000 saja.

Air terjun dan kolam kedung pengilon ini snagat jernih, bahkan bisa untuk kamu bercermin lho.

44. Kebun Bunga Celosia, Resoinangun Garden*

Lokasi: Malangan, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Resoinangun Garden

Resoinangun Garden

Satu lagi tempat wisata di Bantul yang lagi hits, yaitu kebun calosia, Resoinangun Garden yang terletak di kawasan Malangan. Kebun cantik ini mendadak viral dan langsung hits karena anak-anak muda yang datang kesini biasanya akan mengunggah ke akun intragram atau facebook mereka.

Taman bunga yang cantik ini memiliki banyak koleksi bunga Celosia yang kontras yaitu kuning dan merah membuatnya menjadi spot cantik yang instagramworthy.

Anda pasti akan betah berlama-lama disini. Apalagi untuk masuk anda cukup membayar tiket Rp. 6.000,- perorang. Adapun jam operasionalnya yaitu mulai jam 06.00 – 19.00.

Selain bunga Celosia, disini masih banyak terdapat bunga jenis lain, seperti bunga matahari, bunga kenikir dan bunga jengger.

Untuk melengkapi tempat liburan ini, pihak pengelola juga menambahkan beberapa fasilitas dan wahana yang menjadi spot foto kece, mulai dari: 

  • Sepeda Hias
  • Ayunan
  • Spot Becak
  • Kursi kayu
  • Gardu pandang
  • dll.

45. Pasar Seni Gabusan Pusat

Lokasi: Jl. Parangtritis km 9,5, Bantul, Yogyakarta

Pasar Seni Gabusan Pusat

Pasar Seni Gabusan Pusat

Buat anda yang suka dengan hal-hal yang berbau seni, maka pasar seni gabusan pusat ini bisa kamu jadikan tempat untuk hunting-hunting barang-barang seni.

Barang hasil kerajinan disini terbuat dari beraneka ragam bahan, mulai dari kulit, logam, kayu, tanah liat hingga eceng gondok.

Pasar seni Gabusan sudah menampung 400 lebih pengerajin yang terbagi menjadi 16 Los atau petak dagang. Dan ke depannya akan semakin bertambah lagi. Karena pasar seni gabusan ini sudah bertaraf internasional.

46. Desa Wisata Tembi Bantul

Lokasi: Jalan Parangtritis km 8,5, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul

Desa Wisata Tembi Bantul

Desa Wisata Tembi Bantul

Kalau anda ingin kenal dengan budaya tradisional Jogja, khususnya Bantul, maka anda bisa mengunjungi desa wisata tembi yang masih kental menjaga budayanya.

Disini wisatawan bisa turun langsung ke sawah untuk menanam dan memanen padi hingga keseruan belajar membatik langsung di bawah bimbingan para pembatik professional.

Oh ya, disini wisatawan juga bisa memilih paket wsiata komplit dengan kuliner. Anda bisa mencoba wisata keliling kawasan GMT (Gabusan-Manding-Tembi) dengan mengendarai becak, andong, atau kereta mini serta paket wisata bertani, termasuk memandikan kerbau; dan paket wisata outbound.

47. Bukit Bego Imogiri Bantul

Lokasi: Dusun Kedung Buweng, desa Wukirsari, Kec. Imogiri, Bantul

Bukit Bego Imogiri Bantul via IG @indraqadarsih

Bukit Bego Imogiri Bantul via IG @indraqadarsih

Bukit bego ini merupakan salah satu spot untuk menikmati sunset di desa Wukisari. Bukit ini dinamai bukit Bego karena masyarakat sekitar menyebut ekskavator dengan sebutan beco, sehingga bukit batu ini lama-kelamaan disebut warga sebagai bukit bego.

Bukit dengna nama lain bukit Kedung Buweng ini dulunya cukup tinggi namun karena Ada penambangan yang menjadikan bukit ini menjadi lebih pendek dari aslinya.

48. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Lokasi: Jl. Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul

Pemandian Air Panas Parang Wedang via Gudeg

Pemandian Air Panas Parang Wedang via Gudeg

Ternyata Bantul juga punya pemandian air panas lho. Ada pemandian air panas parang wedang yang bisa kamu jadikan tempat berendam sembari melepaskan penat setelah seminggu beraktivitas.

Pemandian air panas ini lokasinya sangat dekat dengan Makam Syekh Maulana Maghribi, jaraknya sekitar 300 m setelah jika dari arah kota. 

49. Air Terjun Randusari

Lokasi: Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari

Tempat wisata di Bantul selanjutnya adalah air terjun randusari yang memiliki ketinggian kurang lebih 12-15 meter dan memiliki kedalam 1-3 meter. Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Jogja.

Adapun rute perjalanan menuju air terjun ini bisa anda tempuh dari kota Jogja bisa melewati rute Jalan Jogja-Wonosari atau melewati jalur ke Gunung Api purba Nglanggeran.

50. Pantai Depok

Lokasi: Jl. Pantai Depok, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Depok Bantul via Liputan6

Pantai Depok Bantul via Liputan6

Kok jauh sampai ke Depok? Tapi tenang, karena pantai Depok ini masih berada di Bantul kok, hanya namanya saja pantai Depok.

Pantai Depok ini menjadi salah satu destinasi wisata para wisata di Bantul karena pantainya yang indah plus disini menawarkan kuliner lezat yang menggoda selera.

Tidak heran pantai ini selalu ramai oleh wisatawan, apalagi pada saat akhir pekan, wisatawan akan beramai-ramai untuk mengunjungi pantai ini sekaligus menikmati kuliner laut yang akan menggoyang lidah. 

51. Curug Pulosari

Lokasi: Krebet, Sendangsari, Pajangan, Sendangsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Curug Pulosari via Kmstour

Curug Pulosari via Kmstour

Curug pulosari memang agak tersembunyi. Ukurannya pun kecil. Namun keindahannya sangat menawan. Air terjun ini berada di tengah kawasan perbukitan yang selama ini dikenal kering membuat pemandangan yang Anda bisa lihat di sekitaran curug sungguh eksotis dan menarik untuk anda sambangi.

Jangan lewatkan juga: 27 Objek Wisata Curug di Jogja yang Wajib Anda Sambangi

52. Perengan Park

Lokasi: Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul

Perengan Park via IG @Perenganpark

Perengan Park via IG @Perenganpark

Tempat wisata di Bantul berikutnya adalah parengan park yang merupakan taman yang ada di area persawahan. Disini kamu bisa menikmati keindahan taman yang dipenuhi dengan bunga celosia berwarna-warni.

Taman ini juga bisa kamu jadikan tempat untuk menikmati sunset yang indah. Di taman ini juga ada jembatan bambu di atas persawahan, gapura berhias dan beragam aksesoris hiasan.

Taman ini sangat instagrammable dan harus kamu jadikan tempat untuk foto-foto. Kalau kamu tertarik kesini silahkan datang ke Jalur Pantai Selatan, berdekatan dengan dengan kawasan Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru dan juga Pantai Baru Pandansimo.

Untuk bisa masuk dan selfi-selfi kamu cukup membayar tiket masuk sebesar  5,000 IDR saja. 

53. Pintu Langit Dahromo

Lokasi: Jl. Dahromo, Karang Asem, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pintu Langit Dahromo via Kompas

Pintu Langit Dahromo via Kompas

Wew, ngeri ya nama objek wisata yang satu ini. Objek wisata pintu langit Dahromo ini merupakan salah satu tempat yang lagi hits di Jogja lho.

Objek wisata ini berada di kawasan hutan pinus yang membentang di sebelah timur Kabupaten Bantul. Lokasi pintu langit Dahromo ini dekat dengan objek wisata lain yaitu Pinus Pengger dan Puncak Pinus Becici.

Letak pintu langit ini ada di desa Mantuk, kalau Anda berangkat dari tugu Jogja jaraknya sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam 15 menit.

Sesuai dengan namanya, di objek wisata pintu langit dahromo ini ada spot foto dimana terdapat sebuah pintu yang seolah merupakan gerbang masuk menuju langit. Dijamin instagramworthy deh! Lokasinya yang masih berada dalam satu jajaran Bukit Lintang Sewu membuat tempat ini kian banyak dikunjungi para wisatawan. 

Kalau mau lebih eksotis, datang kesini pada sore atau malam hari. Nanti anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat memukau, berupa backgroud lampu-lampu yang berkalap-kelip plus bintang di langit sebagai latar utamanya.

54. Ekowisata Jatisari Dlingo

Lokasi: Jl. Gua Jati Sari Seropan 3, Muntuk, Dlingo, Bantul

Ekowisata Hatisari Dlingo via Ig @sandy_novianto

Ekowisata Hatisari Dlingo via Ig @sandy_novianto

Satu lagi tempat wisata yang lagi hits di Bantul yang bisa anda kunjungi, ekowisata jatisari Dlingo yang menawarkan panorama indah perbukitan asri yang menghijau plus juga tebing pegunungan kapur, goa dan air terjun. Disini terdapat banyak spot untuk foto, terutama beberapa gardu pandang yang instagramworthy!

Setidaknya ada 3 spot foto yaitu spot ‘burung’ dan ‘rumah gunungan’. Juga ada spot  foto seperti Rumah Sasak, Rumah Segitiga, Spot Kukusan, Gardu Pandang, Natural Camp dan Stone garden.

Selain terdapat banyak spot foto, di Ekowisata  ini juga terdapat Goa Jatisari yang memiliki panjang 350 meter yang bisa disusuri. 

Untuk anda yang doyan panjat tebing, juga ada area untuk panjat tebingnya di sisi barat. Selain itu juga ada air terjun lho. Lokasinya dekat dengan goa. 

55. Bukit Parang Endog, Dekat Bantul

Lokasi: Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY

Bukit Parang Endog via IG @novalnv

Bukit Parang Endog via IG @novalnv

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi bukit Parang Endog yang dikenal juga dengan nama Bukit Paralayang Watu Gupit sebagai destinasi wisata di Gunung Kidul saat akhir pekan atau liburan.

Bukit ini merupakan salah satu tempat wisata romantis di Gunungkidul yang bisa anda kunjungi bersama pasangan. Apalagi kalau kesini malam hari, anda akan disuguhkan pemandangan indah plus kelap-kelip lampu dari atas ketinggian.

Selain itu, bukit parang endong ini juga menjadi salah satu destinasi untuk menikmati sunset di Jogja. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 900 mdpl.

Bahkan bukit ini juga bisa kamu jadikan tempat untuk menikmati pemandangan indah Pantai Selatan dari atas ketinggian. Deretan pantai yang berjajar mulai dari Pantai Parang Endog di ujung timur, Pantai Parangtritis hingga Parangkusumo dan Depok yang tak kalah eksotis.

Untuk bisa masuk kesini kamu dikenakan biaya parkir kendaraan yakni Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Lokasi wisata ini bisa kamu kunjungi mulai dari jam 05.00 WIB – 18.30 WIB.

Meskipun tidak berada di Bantul, tapi sayang lho untuk kamu lewatkan, karena dekat dari Bantul.

*****

Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi tempat wisata di Bantul yang lagi hits dari kami. Sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata di Bantul yang tidak kalah menarik untuk kita sambangi saat sedang liburan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya, biar pariwisata Bantul semakin terkenal lagi.

Kunjungi juga yuk: 38 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Terbaik

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!