Objek Wisata Alam Telaga Biru Jogja Nan Eksotis dan Menggoda

Telaga Biru – Wisata bekas galian memang kini banyak yang kemudian menjelma menjadi sebuah wisata populer utamanya di kalangan instagrammer. Tak hanya Semanu saja yang diperlakukan demikian, wisata Telaga Biru Jogja juga mendapat kesempatan yang sama untuk populer sama halnya dengan Semanu.

Telaga Biru Jogja ini berada di kawasan Semin. Telaga Biru ini tidak hanya satu, terdapat beberapa telaga dengan warna berbeda yang juga terlihat saling berdekatan satu dengan yang lainnya. Sekilas hal ini memang mengingatkan pada Danau Kelimutu di Nusa Tenggara akan tetapi memiliki beberapa perbedaan dengan Danau Kelimutu.

Telaga Biru Jogja Nan Cantik

Telaga Biru Jogja Nan Cantik

Sama seperti Watu Giring, karena wisata Telaga Biru yang ada di Semin ini terbentuk dari bekas pertambangan yang ditinggalkan oleh penambang. Bekas galian ini kemudian nanti tergenang oleh air dan terjadi semacam danau atau telaga yang unik dengan warna biru cerah dan beberapa warna kombinasi lain di tiap bekas galiannya.

Bagi Anda yang ingin atau tertarik datang kesini, berikut kami berikan informasi rute, serta fasilitas Telaga Biru Jogja Semin.

Artikel terkait: Liburan Seru ke Telaga Arwana Cibubur Bersama Keluarga

Informasi Lengkap Wisata Telaga Biru Jogja

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda liburan seru mengunjungi objek wisata alam telaga biru Gunung Kidul Yogyakarta nan eksotis. Silahkan simak info selengkapnya berikut ini:

Letak Telaga Biru Gunung Kidul

Danau nan cantik ini kini menjadi salah satu tujuan liburan yang sedang ramai diperbincangkan, terutama di media sosial. Keindahannya yang mempesona tentu membuat siapa ingin mengunjungi telaga nan cantik ini.

Telaga Biru Gunungkidul - instagram @_meizda

Telaga Biru Gunungkidul – instagram @_meizda

Untuk anda yang tertarik kesini, silahkan langsung saja menuju ke Dusun Ngemplak Desa Candirejo Kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul.

Untuk koordinatnya ada di 7°48’53.0″S 110°45’50.6″E. Daripada repot-repot mengetik koordinatnya, mending langsung lihat petanya. Berikut ini peta telaga biru yang bisa anda jadikan panduan untuk menuju telaga nan eksotis ini:

Peta Lokasi Telaga Biru Gunungkidul Jogja

Rute Menuju Objek Wisata Telaga Biru Jogja

Agar anda tidak bingung membacanya, silahkan ikuti rute menuju lokasinya. Untuk letaknya sendiri, danau ini terletak di daerah perbatasan antara Kabupaten Gunung Kidul dan Sukoharjo. Lokasi Telaga Biru ini cukup jauh dari Jogja kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan kalau Anda tempuh melalui jalur Jogja ke arah Klaten. 

1. Rute Menuju Lokasi Telaga Biru Semin Gunungkidul (Utara) 

Pengunjung bisa melewati jalur utara kalau berangkat dari Jogja. Jalur utara ini akan melewati Jl Solo kemudian ambil arah Cawas ketika sampai di Prambanan. Setelah sampai di Cawas, Anda ambil arah Sukoharjo kemudian pada tugu perbatasan antara Sukoharjo dan Gunung Kidul ambil jalan cor blok kemudian ikuti jalan ini. Tak lama setelah ini, Anda akan sampai di Telaga Biru Semin yang sangat mempesona.

Secara ringkasnya, silahkan berangkat dari Jogja – Jalan Solo – Prambanan – Cawas – Menuju arah Sukoharjo – Tugu perbatasan Sukoharjo dan Gunungkidul – Candirejo – Ngentak – Telaga Biru Semin.

2. Rute Menuju Lokasi Telaga Biru Semin Gunungkidul (Selatan) 

Jogja – Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang – Sambipitu – Lanud TNI AU Gading – Siyono – Wonosari – Selang – Wiladeg – Perempatan Pasar Karangmojo ke utara – Pertigaan Kepil ke kanan arah Semin – Pasar Semin – Jalan Weru Semin – Ngentak Candirejo – Telaga Biru

Fasilitas Di Telaga Biru Jogja Semin

Sebagai objek wisata air, Telaga Biru ini tentu asyik kalau kita coba untuk melemparkan diri ke dalam kolam yang jernih berwarna biru kehijauan. Tetapi kalau Anda ingin melemparkan diri, catatannya adalah Anda harus bisa berenang. Kalau anda tidak bisa berenang, coba saja basahi kaki dan tangan disini.

Pengelola wisata Telaga Biru menyediakan balon atau pelampung bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi mandi di telaga batu kapur. Pengunjung perlu bayar biaya sewa sebesar 10 ribu rupiah saja. Dan sebagai tambahan, tempat yang satu ini bahkan sangat bagus kalau dinikmati di pagi atau sore hari karena memang tempat ini turut menyajikan pesona sunset dan sunrise yang menawan.

Panorama Telaga Biru yang lengkap dengan view sawah, landscape hutan dan gunung. Sejauh mata memandang tentu hanya keindahan alam saja yang bisa pengunjung dapatkan disini.

Jangan lupa, kalau datang ke Telaga Biru Jogja Semin ini, Anda perlu untuk bawa kamera dan abadikan setiap moment disini. Berfoto disini dan menjadikannya sebagai foto terbaik untuk diupload di instagram juga keren banget loh. So, jangan lewatkan kesempatan untuk selalu menikmati setiap langkah Anda disini.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Gunung Kidul Jogja

Kabar gembira untuk wisatawan yang ingin liburan ke telaga ini, karena untuk bisa menikmati keindahannya dari dekat anda tidak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis. Namun  masyarakat setempat memberlakukan biaya parkir kendaraan wisatawan yang akan mengunjungi danau ini.

Untuk biaya parkirnya sendiri yaitu biaya parkir untuk roda dua atau sepeda motor adalah Rp 2.000,00 dan biaya parkir untuk kendaraan roda empat atau mobil adalah Rp 5.000,00.

Bagaimana? Anda pasti sudah tidak sabar lagi untuk liburan kesini bukan? Tunggu apalagi yuk meluncur kesini, jangan lupa upload ke medsos ya hasil jepretan kamu, biar telaga biru yang cantik ini semakin ramai lagi pengunjungnya.

Selamat berkunjung ke Telaga Biru Jogja. Semoga panduan ini bermanfaat untuk anda semua, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya. Agar telaga biru ini semakin terkenal lagi. Selamat berlibur. Jangan lewatkan juga Liburan ke Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat

Leave a Reply

error: Content is protected !!