Info Wisata Situ Patenggang, Danau Alami Terbaik Di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Situ PatenggangBandung memang sebuah kota yang sangat indah dan tidak akan terlupakan. Seluas mata memandang, mata akan diliputi keramahan kota Bandung. Pesona pegunungan, hutan wisata serta area jalan – jalan yang indah akan menghias dan tentu membuat Anda sangat suka dengan kota wisata yang satu ini.

Jangan lewatkan juga: Liburan Seru di Dusun Bambu Lembang Bandung

Objek Wisata Alam Situ Patenggang

Objek Wisata Alam Situ Patenggang

Bandung punya banyak sekali tempat wisata. Karena itu ke Jawa Barat tak mampir di Bandung rasanya kurang lengkap. Salah satu tempat wisata di Bandung yang disarankan untuk Anda kunjungi adalah Danau situ Patenggang. Danau ini merupakan sebuah danau eksotis yang berada di daerah Ciwidey Bandung.

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda berlibur ke situ yang melegenda dan memiliki keindahan yang membahana. Yuk simak ulasannya berikut ini:

Legenda Situ Patenggang

Sebelum kita simak lebih jauh mengenai objek wisata alam di Bandung ini, ada baiknya juga kalau kita mengetahui asal mula serta legenda danau nan cantik ini. Asal usul nama danau ini yaitu karena kisah cinta raden Santang dengan dewi rengganis yang terpisahkan sekian lama. 

Patenggang berasal dari kata pateang-teang ( saling mencari). Setelah sekian lama saling mencari, mereka pun akhirnya bertemu di tempat yang sekarang dinamai batu cinta. Kemudian Sang Dewi pun meminta atau pujaan hatinya membuat sebuah danau dan dan perahu untuk mereka berlayar. Perahu inilah yang kemudian menjadi pulau di tengah situ ini.

Danau yang dalam bahasa Sunda dikenal dengan nama Situ Patenggang ini merupakan gabungan dua kata yaitu Situ yang artinya danau dan patenggang yang artinya saling mencari. 

Danau Situ Patenggang Bandung

Salah Satu Sudut Indah Situ

Lokasi Situ Patenggang

Danau ini lokasinya berada di Ciwidey kurang lebih sekitar 47 km dari kota Bandung ke arah selatan yang ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi ke Danau nan cantik ini, Anda bisa memilih jalur jalan Kopo lalu Soreang ke arah Ciwidey dan Situ Patenggang.

Lokasi danau ini juga berdekatan dengan kebun teh ciwalini. Posisi situ ini sendiri terletak kurang lebih 5 KM setelah kawah putih. Sangat mudah sekali untuk menuju danau alami nan cantik ini.

Info tempat makan di Bandung: 37 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Harus Anda Coba

Rute Danau Situ Patenggang

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka Anda bisa gunakan bus dari terminal Leuwi Panjang (Bandung) menuju terminal Ciwidey dengan tarif sekitar 6 ribu rupiah. Kemudian Anda bisa lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota yang langsung menuju pintu masuk Situ.

Situ Patenggang sampai saat ini masih menjadi salah satu tempat liburan idaman bagi wisatawan yang datang ke Bandung. Karena itu Anda juga wajib banget datang kesini sobat traveler! Di Danau Situ Patenggang ini nantinya Anda bisa menikmati indahnya danau seluas 45.000 hektar. Total luas cagar alam mencapai 123.077,15 hektar juga akan Anda temukan di danau ini.

Danau Situ Patenggang juga sangat dikenal dengan batu cinta dan pulau asmaranya. Oh iya, kalau Anda berwisata menuju Danau Situ Patenggang, ada baiknya Anda berwisata kemari di waktu pagi hari karena udaranya masih sangat sejuk. Jadi menikmati seluruh kawasan wisata akan lebih seru tentunya sobat traveller!

Aktivitas Seru di Situ Patenggang

Wisatawan ketika datang ke Danau ini bisa melakukan banyak hal. Di Danau Situ Patenggang ini Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari memancing, naik perahu, bebek air atau juga naik sepeda air keliling danau. Kalau memang ingin bermalam, Anda juga bisa berkemah di pinggiran danau saja.

Tempat wisata alam di bandung

Lokasi danau ini sendiri tak jauh dari Kawah Putih Ciwidey. Jarak tempuh Danau Situ Patenggang menuju Kawah Putih Ciwidey kurang lebih sekitar 10 menit saja atau kurang lebih sekitar 7 km. Sehingga tentu wisatawan biasanya menjadikan destinasi wisata Situ ini dan Kawah Putih Ciwidey sebagai satu paket destinasi yang wajib dikunjungi kalau sedang di Bandung.

Artikel terkait: Liburan Seru ke Floating Market Lembang Bandung Jawa Barat

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Silahkan datang saja ke objek wisata pada pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB. Anda bisa datang hari apa saja ke objek wisata ini. Untuk bisa masuk ke dalamnya, anda harus membayar tiket masuk weekdays atau juga weekend adalah sebesar 20 ribu rupiah.

Demikianlah informasi seputar objek wisata alam Danau Situ Patenggang. Danau ini bisa anda jadikan tempat liburan bersama keluarga atau pasangan tercinta. Kalau yang belum punya pasangan bagimana kira-kira ya? Nah, itu saya agak sulit menjawabnya. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Liburan Seru ke Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Leave a Reply

error: Content is protected !!