Liburan ke Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat

Telaga Warna Puncak – Kawasan puncak Bogor menjadi salah satu destinasi wisata di Bogor yang selalu ramai oleh wisatawan, apalagi saat akhir pekan dan musim liburan tiba. Wisatawan dari berbagai daerah akan memadati kawasan puncak Bogor, terutama dari Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu tempat wisata di Puncak Bogor yang menjadi favorit wisatawan adalah Telaga Warna Puncak. Pasalnya, telaga ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Tidak heran kalau menjadi salah satu destinasi wisata andalan puncak Bogor.

Mitos Telaga Warna Puncak

Telaga ini memiliki cerita atau mitos turun temurun yang masih beredar di masyarakat hingga kini. Konon, telaga warna puncak ini terbentuk akibat kesedihan raja dan permaisuri Kutatanggeuhan yang hingga kini diyakini berada di sekitar gunung Lemo dan Megamendung. Adapula pendapat yang menyebutkan bahwa danau di Telaga Warna berasal dari luapan kesedihan Prabu Suarnalaya dengan permaisurinya Purbamanah, atas kelakuan dan perlakuan kasar anaknya bernama Putri Ayu Kencana Ungu atau lebih di kenal dengan sebutan Nyi Ajeng Gilang Rinukmi. Walaupun cerita ini hanya sebuah legenda dan mitos masyarakat dahulu tapi hingga kini cerita tersebut seolah-olah tidak bisa di pisahkan di balik keindahan Talaga Warna di Puncak Bogor ini.

Jangan lewatkan juga: 36 Tempat Wisata Kuliner Bogor yang Wajib Anda Coba

Keindahana Telaga Warna Puncak

Telaga Warna Puncak Bogor memiliki keindahan yang sangat luar biasa, telaga yang terletak di dekat perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas, dengan iklim dan hawa yang dingin memberikan kesegaran berlatarkan pemandangan Gunung melukiskan indahnya panorama ditengah Kawasan Cagar Alam antara Hutan Gunung Mega Mendung serta hutan Gunung Hambalang. Keunikan dari Telaga Warna adalah warna airnya bisa berubah-ubah. Ini bisa terjadi karena pantulan berbagai pepohonan serta cahaya matahari menimbulkan gradasi warna yang bermacam-macam.

Keindahana Telaga Warna Puncak

Keindahana Telaga Warna Puncak

Kawasan telaga warna puncak Bogor ini memancarkan panorama asli aroma pegunungan serta danau yang indah pemandangannya. Selain berfoto-foto di tepi telaga/danau sambil menikmati pemandangan, kita bisa menyewa perahu atau rakit untuk mengarungi danau, berkeliling diantara dinginnya percikan air Telaga Warna Puncak Bogor.

Selain itu banyak juga di sekeliling telaga, berbagai macam flora dan fauna, tumbuhan hutan tropis maupun binatang-binatang yang dilindungi seperti kera abu-abu, lutung, dan masih banyak lagi. Telaga Warna di Puncak Bogor menawarkan keindahan yang unik dan alami.

Kunjungi juga: Liburan Seru ke Telaga Arwana Cibubur Bersama Keluarga

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Puncak

Loading...

Untuk dapat masuk, kita harus membayar Tiket masuk Telaga Warna puncak Bogor sebesar Rp 5.000 per orang, hari biasa, hari libur 7.500, objek wisata ini dibuka mulai dari jam 08.00 – 17.00. Bila ingin berwisata kuliner, di dekat jalan masuk ada Restoran Rindu Alam yang sudah terkenal, dimana bisa meluangkan waktu disana setelah mengunjungi Telaga.

Harga Tiket Telaga Warna Puncak

Harga Tiket Telaga Warna Puncak

Selain untuk kegiatan rekreasi, telaga warna puncak juga kerap dijaidikan sebagai tempat untuk foto prewed.

Rute Menuju Telaga Warna Puncak

Nah, untuk menuju telaga warna puncak dengan kendaraan pribadi dari pintu tol Ciawi tinggal ikutin jalan ke arah Puncak. Anda akan memasuki areal perkebunan teh, kemudian melewati masjid Ta’awwun. Kurang lebih 2 kilometer setelah Masjid Ta’awwun atau 250 meter sebelum Restoran Rindu Alam disebelah kiri jalan ada papan petunjuk Telaga Warna. Dengan kendaraan umum dari arah Bogor ambil kendaraan jurusan Cipanas. Kemudian tinggal pesan sama sang kernet minta diturunkan TWA Telaga Warna.

Rute menuju lokasi telaga warna puncak bogor juga bisa dengan menggunakan transportasi umum. Dari tepi Jalan Raya Puncak dengan berjalan bisa ditempuh kurang lebih 10 menit. Terletak di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat perjalan ditempuh kira-kira 1 jam perjalanan Bogor Kota.

Koordinat : S 06042.152’ E 106059.815’.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi telaga warna puncak? Kunjungi juga: 27 Tempat Wisata di Karawang Jawa Barat yang Tidak Boleh Dilewatkan

loading...

One Response

Leave a Reply

error: Content is protected !!