34 Tempat Wisata di Karawang Jawa Barat yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tempat Wisata di Karawang – Karawang menjadi salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Kabupaten Karawang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini diapit oleh beberapa Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia, yaitu Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor di barat, Laut Jawa di utara, Kabupaten Subang di timur, Kabupaten Purwakarta di tenggara, serta Kabupaten Cianjur di selatan.

Sebelum kita bahas apa saja tempat wisata di Karawang ada baiknya kita sedikit berkenalan dengan Kabupaten ini. Karawang memiliki luas 1.737,53 km2, dengan jumlah penduduk 2.125.234 jiwa (sensus 2010). Nama Kabupaten ini cukup unik artinya, Kerawang atau Kerowong yang berarti “penuh dengan lubang”. 

34 Tempat Wisata di Kerawang Paling Populer

Berikut ini Tempatwisataseru.com rangkum ada 34 tempat wisata di Kerawang yang bisa anda kunjungi, ada banyak sekali bukan? Ada pantai, curug atau air terjun, ada tempat makan, dan sebagainya. Ada banyak sekali destinasi wisata di Karawang yang layak anda jadikan tujuan liburan bersama keluarga atau orang tercinta.

1. Objek Wisata Pantai Tanjung Baru di Karawang

Tempat wisata di Karawang yang pertama adalah pantai tanjung baru, pantai ini lokasinya ada di semenanjung antara Kab. Subang dan Kab. Karawang. 

Objek Wisata Pantai Tanjung Baru di Karawang

Objek Wisata Pantai Tanjung Baru di Karawang

Pantai ini layak anda jadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga kalau mengunjungi Kerawang. Di pinggir pantai ini anda juga dapat menikmati aneka kuliner di pinggir pantai ini. Aneka kuliner lezat bisa anda santap setelah bermain di pasir pantai atau setelah mandi-mandi di pantai.

Pantai yang indah ini menjadi salah satu tujuan wisata di Karawang yang tidak boleh dilewatkan. Disekitar pantai ini juga ada banyak penginapan yang bisa anda jadikan tempat menginap, nyaman dan ber-AC.

Lokasi Pantai Tanjung Baru di Kecamatan Cilamaya sekitar 45 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

2. Tempat Wisata Pantai Tanjung Pakis di Karawang

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi pantai Pakis yang terkenal di Karawang. Pantai ini terletak di Ujung utara Karawang. Pantai ini selalu ramai saat akhir pekan atau musim liburan tiba. Pasir pantainya yang putih serta ombaknya yang relatif tenang dan indah membuat wisatawan betah mandi-mandi disini.

Tempat Wisata Pantai Tanjung Pakis di Karawang

Tempat Wisata Pantai Tanjung Pakis di Karawang

Disini kita juga bisa menyewa ban untuk bermain air. Sangat cocok sekali untuk liburan bersama anak-anak. Anak-anak dijamin betah main disini. Di pinggir pantai juga berjejer penjual makanan sehingga anda tidak perlu repot-repot bawa bekal dari rumah.

Lokasi Pantai Tanjung Pakis di Kecamatan Pakisjaya sekitar 70 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

3. Destinasi Wisata Pantai Samudera Baru di Karawang

Selain pantai pakis, pantai Samudera baru juga menjadi wisata pantai di Karawang yang selalu ramai saat akhir pekan. Pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar, sehingga anak-anak bisa bermain pasir sepuasnya.

Destinasi Wisata Pantai Samudera Baru di Karawang

Destinasi Wisata Pantai Samudera Baru di Karawang

Pasir pantai Samudera Baru memang tidak seputih pantai pakis, namun sensasi bermain di pantai Samudera Baru tidak kalau serunya karena pantai disini luas dan landai.

Bagaimana? Anda tertarik liburan di pantai Samudera Baru?

Lokasi Pantai Samudera Baru di Kecamatan Pedes sekitar 30 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

4. Objek Wisata Alam Curug Bandung di Karawang

Ini dia air terjun paling terkenal di Karawang. Air terjun atau curug bandung merupakan tujuan wisata yang populer di Karawang. Air terjun ini sangat indah sekali, apalagi ada 7 buah air terjun yang menambah ke-eksotis-an curug Bandung.

Objek Wisata Alam Curug Bandung di Karawang

Objek Wisata Alam Curug Bandung di Karawang

Bisa juga dibilang curug badung merupakan salah satu keajaiban alam karena ada 7 air terjun dalam satu aliran sungai, mulai dari Curug Peuteuy, Curug Picung dan yang paling besar adalah Curug Bandung.

Untuk mencapai curug ini membutuhkan perjuangan yang setimpal, kita harus berjalan 3 km, selama perjalanan menuju curug ini anda akan disajikan pemandangan yang sangat indah, asri dan sejuk tentunya.

Lokasi Curug Bandung terletak di Desa Mekarbuana Kec. Tegalwaru sekitar 42 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

5. Tempat Liburan Asyik di Danau Cipule Karawang

Dahulunya danau cipule merupakan lahan penambangan pasir. Namun kini danau ini dikembangkan menjadi salah satu objek wisata di Karawang.

Tempat Liburan Asyik di Danau Cipule Karawang

Tempat Liburan Asyik di Danau Cipule Karawang

Danau ini sangat luas dan dalam, juga sangat indah. Di Danau ini Lomba Dayung pada PORPROV X JABAR dilaksanakan, dan juga pernah digunakan untuk Lomba DayungYUNIOR ASEAN pada tahun 2006.

Lokasi Danau Cipule terletak di Desa Walahar, Kec. Ciampel sekitar 11 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

6. Tempat Wisata Seru di Karawang – Curug Cigentis

Selain curug bandung yang sangat indah, juga ada curug Cingetis yang terletak di desa Mekarbuana yang harus anda kunjungi.

Tempat Wisata Seru di Karawang - Curug Cigentis

Tempat Wisata Seru di Karawang – Curug Cigentis

Air terjun ini ada di ketinggian kurang lebih 1000m DPL. Curug Cingentis memiliki ketinggian sekitar 25 meter. 

Curug Cigentus adalah salah satu dari ke-7 tingkatan Curug yang ada di Gunung Loji, dibawag kaki Gunung Sanggabuana.

Curug ini memiliki bentuk yang sangat indah, sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

Lokasi di Desa Mekarbuana, Kec. Tegalwaru sekitar 44 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

Curug Cigentis ini sangat layak untuk anda masukkan dalam daftar tempat wisata di Karawang yang akan anda kunjungi, jangan sampai terlewatkan ya.

7. Wisata Menarik ke Vihara Shia Jin Ku Po di Karawang

Ada sebuah vihara di Karawang yang menarik untuk kita kunjungi, namanya vihara Shia Jin Ku Po. Lokasi vihara ini ada di desa Tanjung Pura, Kecamatan Karawang, 4 km dari kota Karawang, yang didirikan pada tahun 1770 oleh tiga pendatang dari China bernama Tsee, Kau dan Lau.

Wisata Menarik ke Vihara Shia Jin Ku Po di Karawang

Wisata Menarik ke Vihara Shia Jin Ku Po di Karawang

8. Tempat Wisata Sejarah Situs Candi Jiwa di Karawang

Karawang juga memiliki sejarah panjang masa lalu, salah satu peninggalan sejarah yang masih bisa kita lihat adalah candi Jiwa yang terletak di kompleks percandian Batujaya, yaitu sebuah kompleks sisa-sisa percandian Buddha kuno yang terletak di Kecamatab Batujaya dan kecamatan Pakisjaya.

Tempat Wisata Sejarah Situs Candi Jiwa di Karawang

Tempat Wisata Sejarah Situs Candi Jiwa di Karawang

9. Wisata Curug Cikarapyak di Karawang

Satu lagi air terjun yang bisa anda kunjungi saat liburan di Karawang, yaitu Curug Cikarapyak. Curug ini berada diatas Curug Cipanundaan, perjalanan sangat berat karena hanya jalan setapak menelusuri sungai berbatu, menyisir tebing naik turun, menerabas semak belukar dan hutan belukar.

Wisata Curug Cikarapyak di Karawang

Wisata Curug Cikarapyak di Karawang

Perjalanan menuju curug ini walaupun berat, kita akan melintasi Panorama Alam yang sangat mempesona, indah, alami dan banyak air terjun kecil yang berelif unik dan tak mungkin ada pada sungai sejenis di beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Wisata ke Curug Cikarapyak hanyalah bagi orang – orang yang benar – benar mencintai Alam dan Petualang pencari tantangan alam yang ingin menikmati suasana hutan dengan keanekaragaman Flora dan Fauna yang orisinil. Lokasi Curug Cikarapyak terletak di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, 42 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang. 

10. Objek Wisata Alam Curug Cipanundaan di Karawang

Nah ini dia Curug Cipanundaan. Curug ini berada di kaki Gunung Sanggabuana dengan 3 buah curug jadi satu dalam satu areal seperti tangga, dimana curahan air dari atas masuk ke kolam ke satu lalu turun lagi di kolam kedua dan selanjutnya turun lagi ke kolam ketiga.

Objek Wisata Alam Curug Cipanundaan di Karawang

Objek Wisata Alam Curug Cipanundaan di Karawang

Kondisi curug ini masih alami. Di atas Curug Cipanundaan ini masih ada dua curug lagi, yaitu Curug Cikarapyak dan Curug Cikoleangkak. Untuk menuju ke dua curug ini cukup berat dan membutuhkan stamina yang prima karena lokasinya cukup jauh dengan melewati jalan setapak menelusuri sungai berbatu, meniti tebing yang naik turun, menerabas semak dan hutan belukar.

Terletak di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Propinsi Jawa Barat. 

Aksesbilitas Berjarak sekitar 42 km dari pusat kota Karawang. Jalan menuju ke curug ini cukup menantang dengan jalan setapak yang berliku, naik turun, melewati sungai berbatu besar, sebelah kanan tebing dan sisi sebelah kiri jurang dengan sungai

11. Liburan ke Curug Cikoleangkak di Karawang

Air terjun yang terakhir adalah Curug Cikoleangkak. Curug ini berada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, sekira 42 km dari pusat kota Karawang. Posisi Curug Cikoleangkak berada paling atas diantara curug lain pada alur sungai yang sama, di atas Curug Cikarapyak dan Curug Cipanundaan.

Liburan ke Curug Cikoleangkak di Karawang

Liburan ke Curug Cikoleangkak di Karawang

Akses ke lokasi curug dikabarkan sangat berat, tidak untuk orang kebanyakan. Bukan hanya memerlukan stamina yang baik, namun juga keberanian dan ketrampilan melewati hutan perawan, sungai berbatu besar, semak belukar, dan tebing curam.

Semoga saja akses ke Curug Cikoleangkak ini bisa segera dibuka oleh pemda setempat, sehingga keindahannya bisa dinikmati oleh orang kebanyakan.

Lokasinya ada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang

12. Tempat Liburan Menarik Danau Kalimati di Karawang

Dari namanya sangat seram ya, danau kalimati. Namun kalau sudah berada di lokasi kesan seram itu akan sirna. Karena danau kalimati ternyata memiliki keindahan yang luar biasa.

Tempat Liburan Menarik Danau Kalimati di Karawang

Tempat Liburan Menarik Danau Kalimati di Karawang

Di sekitar danau ini, tepatnya dibagian depan Danau kalimati ada banyak warung makan sederhana dengan Menu bervariasi, dari sate maranggi hingga jajanan umum seperti bakso dan lainnya, tersedia pula Warung Makan Lesehan dengan posisi menghadap ke arah Danau yang Panoramanya cukup Indah dan Nyaman. Lokasi Danau Kalimati terletak di  Desa Walahar, Kecamatan Klari 11 km dari Ibu Kota, Kabupaten Karawang.

13. Liburan ke Situ Kamojing di Karawang

Situ Kamojing ini merupakan daerah resapan air yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di Karawang yang layak untuk anda kunjungi.
Liburan ke Situ Kamojing di Karawang

Liburan ke Situ Kamojing di Karawang

Danau atau Situ Kamojing adalah daerah resapan air, berada Kawasan Hutan Konservasi yang sering dijadikan Lokasi Shooting Film atau Sinetron.
 
Disekitar Situ Kamojing telah berdiri Restoran dengan Gaya Klasik Modernm juga tersedia ajang Rekreasi bagi Anak – anak dan Dewasa, di Lingkungan ini pula telah dibangun Hotel dengan Fasilitas Bintang Tiga.
 
Lokasi Situ Kamojing terletak di Desa Dawuan Kecamatan Cikampek 22 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang.

14. Objek Wisata Green Canyon di Karawang

Anda mau liburan ke “Green Canyon’? Ternyata di Karawang juga ada Green Canyon yang tidak kalah indah dari yang di US sana. Tahukah anda, ternyata ada sebuah desa di Karawang yang memiliki ‘Green Canyon’nya sendiri.

Objek Wisata Green Canyon di Karawang

Objek Wisata Green Canyon di Karawang

Lokasinya ada di Kampung Tonjong  Roke, Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Karawang, berbatasan dengan Kota Bogor.

Lokasi ini masih jarang dikunjungi oleh masyarakat Karawang, bahkan belum banyak orang yang tahu. Akses ke Green Canyon Karawang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jarak tempuh waktu sekitar 1 jam dari perkampungan di Dusun Cipaga.

Bagi anda pecinta wisata alam, silahkan kunjungi tempat ini, dijamin anda akan berdecak kagum dengan keindahan green canyon ala Karawang ini.

15. Bermain ke Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis di Karawang

Anda ingin bermain air seru? Silahkan datang ke Kampung wisata Curug Cigeuntis. Anda bisa liburan seru ke water boom dengan konsep water park dan view pegunungan menambah kental suasana beck to nature yang tidak akan pernah anda temukan di daerah Karawang selain di Kampung Wisata Curug Cigeuntis.
Bermain ke Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis di Karawang

Bermain ke Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis di Karawang

16. Wisata Sejarah Monumen Rawagede di Karawang

Saat liburan bersama keluarga, sempatkan juga untuk mengunjungi tempat bersejarah Monumen Ragede. Monumen ini dibangun untuk mengenang tewasnya 200 orang warga sipil yang teguh mempertahankan tempat persembunyian Pejuang Kemerdekaan, demi mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.
Wisata Sejarah Monumen Rawagede di Karawang

Wisata Sejarah Monumen Rawagede di Karawang

Dalam diorama ini digambarkan kebiadaban dan kekejaman Tentara Belanda yang sedang membantai rakyat yang tak berdosa, termasuk diantaranya anak-anak dan perempuan. Di lingkungan Monumen Rawa Gede ini terdapat 200 makam rakyat yang rela mati demi mempertahankan kemerdekaan.
Monumen Rawagede lokasinya terletak di pinggir sebelah utara jalan, Dusun Rawagede, Desa Rawagede, Kecamatan Rawamerta. Komplek monumen berpagar tembok. Lingkungan di sekitar monumen berupa perkampungan dan persawahan.

17. Tempat Wisata Kuliner Soto Gempol di Karawang

Kalau sudah ke Kerawang jangan lupa untuk menikmati berbagai kuliner lezatnya. Berikut ini beberapa diantaranya. Yang pertama adalah soto gempol. Soto ini juga terkenal karena sudah ada sejak dulu. Tepatnya pada tahun 1980an. Namun walaupun Pak H. Abdul Yukur dan juga Ibu Hj. Fatimah menyediakan berbagai soto pada warung makannya, tetaplah menu andalahnya soto gempol.
Tempat Wisata Kuliner Soto Gempol di Karawang

Tempat Wisata Kuliner Soto Gempol di Karawang

Soto ini dibandrol dengan harga Rp.22.000,- per porsi. Nah buat kamu yang teratarik dan juga penasaran ingin mencicipinya maka kamu bisa datang ke jalan Rangga Gede No. 33 Karawang.

18. Tempat Makan Enak Gabus Pucung Warung Mandiri di Karawang

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk mencoba kuliner Gabus Pucung. Gabus picung yang berada di warung mandiri jalan pangkal perjuangan No.48, Tanjung Pura ini adalah salah satu menu makanan enak dan juga khasnya orang Karawang. Makanan ini dibandrol dengan harga yang relatif murah yaitu Rp.7.000,- saja untuk satu porsinya.
Tempat Makan Enak Gabus Pucung Warung Mandiri di Karawang

Tempat Makan Enak Gabus Pucung Warung Mandiri di Karawang

Harga yang murah bukan? Jadi buat kamu yang penasaran dan juga tertarik untuk mencobanya, maka kamu dapat datang dan juga mencicipinya di warung tersebut.

19. Wisata Kuliner Lezat Tahu Bumbu Sari Rasa di Karawang

Coba juga tahu bumbu sari rasa, cemilan ini bisa anda jumpai di jalan Dewi Sartika. Untuk menyantap tahu bumbu, nasi dan juga irisan lontong, kamu perlu merogoh kocek Rp.6.500,- Harga yang murah bukan? Oleh karena itu cobalah datang dan cicipi makanan ini.
Wisata Kuliner Lezat Tahu Bumbu Sari Rasa di Karawang

Wisata Kuliner Lezat Tahu Bumbu Sari Rasa di Karawang

20. Tempat Kuliner Enak Soto Tangkar Mang Nean di Karawang

Salah satu soto yang sangat terkenal di Karawang adalah Soto Tangkat Mang Nean. Kalau anda tertarik ingin mencobanya silahkan datang saja ke jalan Dewi Sartika, tepatnya di samping hotel Dewi, kamu bisa menemukan tempat makan yang menyediakan soto tengkar. Namanya soto tangkar Mang Nean.
Tempat Kuliner Enak Soto Tangkar Mang Nean di Karawang

Tempat Kuliner Enak Soto Tangkar Mang Nean di Karawang

Disini harga yang ditawarkan cukup sesuai degan rasa yang diberikan. Untuk satu porsi soto tangkar dibandrol dengan harga Rp.12.000,- Jadi sangat sayang rasanya kalau ke Karawang tidak mencoba nikmatnya soto tangkar Mang Nean ini.

21. Makanan Khas Karawang Kue Gonjing

Satu lagi cemilan khas Karawang yang bisa anda coba, Kue gonjing, kalau di Jakarta disebut sebagai kue pancong, harganya sangat murah, hanya 500 sampai 100 per potongnya. 

Makanan Khas Karawang Kue Gonjing

Makanan Khas Karawang Kue Gonjing

22. Wisata Sejarah Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Karawang

Satu lagi tempat bersejarah yang menarik dikunjungi di Kawawang, yaitu monumen kebulatan tekad Rengasdengklok. Kita tentu tau dengan peristiwa Rengasdengklok bukan? Dimana sejumlah pemuda ‘menculik’ Soekarno untuk mendesak golongan tua memproklamirkan kemerdekaan.

Wisata Sejarah Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Karawang

Wisata Sejarah Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Karawang

Lokasinya ada di Jl. Raya Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

23. Tempat Wisata Belanja Mall Karawang Central Plaza

Kalau anda ingin mencari tempat berbelanja berupa Mall, anda bisa ke Mall Karawang Central Plaza yang berlokasi di kawasan Galuh Mas merupakan obyek wisata belanja dan kuliner yang akan memuaskan anda dengan berbagai produk yang bisa anda jadikan oleh – oleh setelah berkeliling menikmati keindahan berbagai obyek wisata di Karawang.

Tempat Wisata Belanja Mall Karawang Central Plaza

Tempat Wisata Belanja Mall Karawang Central Plaza

Tempat wisata belnajar di Karawang ini juga menjadi tempat bermain yang seru untuk anak-anak bahkan orang dewasa.

Kita bisa memilih berbagai pakaian dan keperluan sehari-hari

24. Tempat Liburan Keluarga Taruma Leisure Water Park di Karawang

Satu lagi objek wisata keluarga yang tidak boleh kita lewatkan, yaitu Taruma Leisure Waterpark yang berlokasi di Jl. Tarumanegara | Perumahan Grand Taruma, Karawang 41361, Indonesia.

Tempat Liburan Keluarga Taruma Leisure Water Park di Karawang

Tempat Liburan Keluarga Taruma Leisure Water Park di Karawang

ada banyak wahana disini, berupa:

Water Slide – Terdiri dari 2 slide dengan bentuk yang berbeda tapi ketinggian yang sama. Pengunjung yang akan mencoba menaiki slide ini harus menggunakan ban single/double. Jalur yang berbelok-belok dan arus yang mendorong dapat menimbulkan keseruannya.

Kiddy Pool – Area untuk anak-anak dengan berbagai macam wahana seperti ember tumpah 4 slide dengan ketinggian yang berbeda-beda. Di kiddy pool ini anak-anak dapat bermain bebas karena ketinggian air hanya sebetis orang dewasa. Tetapi tetap saja anak-anak harus selalu dalam pengawasan orang dewasa.

Wave Pool – Kolam renang biasa tanpa ada wahana disekitarnya, wave pool ketinggian air cukup dalam dan sangat cocok tempat bagi yang sedang belajar renang atau tujuan berenang untuk berolahraga.

Lazy river – Kolam yang mengeliling dengan air ombak. Pengunjung bisa hanya duduk diatas ban dan ombak akan mendorong membawa kita berkeliling.

leisure pool – Wahana semprotan air  yang cukup kencang bisa digunakan terapi otot-otot.

25. Tempat Liburan Seru Wonderland Adventure Water Park di Karawang

Satu lagi wahana yang bisa anda jadikan tempat bermain bersama keluarga yaitu wonderland Adventur waterpark di Karawang.

Tempat Liburan Seru Wonderland Adventure Water Park di Karawang

Tempat Liburan Seru Wonderland Adventure Water Park di Karawang

Untuk masuknya kita hanya membayar hari biasa Rp35 ribu dan untuk akhir pekan Rp50 ribu. Bagi pemegang kartu Galuh Mas Privilege Card, promo spesial menanti Anda.

Tempat wisata di Karawan yang satu ini selalu menjadi primadona untuk liburan bersama keluarga apalagi anak-anak.

Anda pasti akan betah berlama-lama menimati berbagai fasilitas yang disediakan.

26. Mampir di Sentra Kerajinan Boneka Cikampek Karawang

Anda juga bisa mampir untuk membeli oleh-oleh boneka di Cikampek. Berjarak tidak jauh dari Stasion Kereta Cikampek, di Kecamatan Kota Baru, tepatnya  di Desa Cikampek Utara terdapat sebuah kampung bernama Mekar Jaya. Disana ,Anda akan menemukan sebuah gang yang dibagian depannya terdapat sebuah gapura bertuliskan “Sentra Industri Kecil Pengrajin Boneka.”

Mampir di Sentra Kerajinan Boneka Cikampek Karawang

Mampir di Sentra Kerajinan Boneka Cikampek Karawang

Menurut keterangan warga disana, setidaknya terdapat 50 rumah lebih dijadikan sebagai tempat produksi boneka. Rata-rata disetiap rumah terdapat 10 orang pengrajin, dimana mereka kebanyakan  adalah warga asli kampung tersebut, baik itu sanak keluarga, tentangga, bahkan ada juga warga luar, baik yang masih dari Karawang maupun luar Karawang.

27. Wisata Keluarga Bendungan Walahar di Karawang

Bendungan Walahar menjadi Tempat wisata di Karawang yang selanjutnya dari kami. Bendungan ini menjadi salah satu pilihan untuk liburan akhir pekan bersama keluarga, lokasinya ada di Desa Walahar, Kec. Klari sekitar 10 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

Wisata Keluarga Bendungan Walahar di Karawang

Wisata Keluarga Bendungan Walahar di Karawang

Bendungan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda, dimana dalam pembangunannya mengandalkan tenaga pribumi. Maka tidak heran jika arsitekturnya mengingatkan kita pada bentuk bangunan sisa penjajahan Belanda lainnya yang masih bisa kita temui di berbagai pelosok tanah air.

Bendungan yang membagi air Sungai Citarum ini difungsikan untuk mengatur debit dan sirkulasi air dalam mengairi areal pesawahan di Karawang seluas ±87.507 ha.

28. Menikmati Indahnya Panorama Indah Bukit Sempur

Tempat wisata di Karawang selanjutnya adalah bukit sepmpur yang terkenal indah dan menawan. Bukit ini termasuk yang sedang hits saat ini. Untuk mendaki puncak yang berada di daerah Loji ini Anda memerlukan waktu pendakian sekitar satu jam. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan sangat instagramable.

Menikmati Indahnya Panorama Indah Bukit Sempur

Menikmati Indahnya Panorama Indah Bukit Sempur

29. Mendaki Gunung Loji

Buat anda yang punya hobi mendaki, maka gunung loji harus masuk dalam daftar tempat mendaki yang akan anda taklukan. Lokasi gunung ini ada di wilayah Desa Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Kabupaten Karawang. Gunung yang memiliki ketinggian 1291 mdpl ini merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi Anda para pencinta petualangan. 

Mendaki Gunung Loji

Mendaki Gunung Loji

Untuk mendaki gunung ini Anda perlu melakukan perjalanan sekitar 50 kilometer untuk sampai di desa terdekat dengan gunung ini. Di tempat ini Anda harus memarkir kendaraan Anda dengan biaya parkir yang cukup mahal. Untuk itu Anda harus pandai tawar menawar. Bayangkan untuk parkir mobil saja Anda dimintai bayaran Rp70.000,- sehari. 

Melalui jalur pendakian Cigentis Anda perlu melakukan hiking selama dua jam perjalanan. Sesampai di puncak gunung, hawa dingin khas puncak gunung begitu terasa. Untuk mendaki gunung ini, Anda disarankan menyewa guide agar perjalanan Anda dapat berjalan aman dan nyaman.

30. Wisata Belanja Pasar Baru Karawang

Anda suka berbelanja, maka pasar baru harus masuk dalam daftar tempat wisata di Karawang yang wajib anda kunjungi. Pasar ini lokasinya ada di Jl. Tuparev, Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pasar ini baru-baru ini akan dimodernisasi sehingga tempat ini akan menjadi tempat wisata belanja yang nyaman bagi Anda.

Wisata Belanja Pasar Baru Karawang

Wisata Belanja Pasar Baru Karawang

31. Liburan Seru ke Situ Cibayat

Tempat wisata di Karawang selanjutnya adalah situ Cibayat. Situ ini memiliki suasana asri alami dan pemandangan yang menyejukkan mata akan Anda rasakan. Lokasi situ ini ada di Kampung Cibayat, Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang ini memiliki luas sekitar 4 hektare.

Liburan Seru ke Situ Cibayat

Liburan Seru ke Situ Cibayat

Dengan pepohonan menghijau, jernihnya air berpadu indah dengan bebukitan menghijau yang mengelilingi danau membuat tempat ini layak menjadi tempat berlibur dan bersantai sambil mengabadikan moment.

32. Pemancingan JAKA Tirta Mulya

Tempat wisata di Karawang selanjutnya khusus untuk anda yang doyan mancing. Asal bukan mancing masalah ya. 😀 Ada sebuah tempat pemancingan di Karawang yang layak anda masukan dalam daftar tempat wisata di Karawang yang akan anda kunjungi, yaitu pemancingan Tirta Mulya.

Pemancingan JAKA Tirta Mulya

Pemancingan JAKA Tirta Mulya

Pemancingan ini ada di Jalan Wadas-Cikampek, Desa Parakan, Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat ini adalah pilihan yang tepat. Dari pusat kota Karawang pemancingan ini berjarak 23 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 40 menit melalui Jl. Raya Kosambi. 

33. Wisata Sejarah ke Candi Blandongan

Tempat wisata di Karawang Jawa Berat selanjutnya adalah objek wisata sejarah Candi Blandongan. Candi ini termasuk ke dalam situs Batujaya yang memiliki lokasi yang sangat strategis dan pemandangan yang begitu indah. Candi yang berlokasi di di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang ini terdiri dari beberapa candi yang tersebar diberbagai titik dengan view yang luar biasa.

Wisata Sejarah ke Candi Blandongan

Wisata Sejarah ke Candi Blandongan

34. Liburan Seru  ke Kelenteng Sian Jin Ku Po Karawang

Tempat wisata di Karawang yang terakhir yang kami rekomendasikan adalah ke Kelenteng Sian Jin Ku Po. Liburan ke kelenteng ini akan memberikan nuansa liburan yang agak berbeda tentunya. Lokasi kelenteng ini ada di alan Rangga Gede No. 1, Desa Tanjungpura, Karawang ini merupakan kelenteng terunik dan tertua yang dimiliki Kota Karawang. Kelenteng yang berada di pinggir sungai Citarum ini merupakan tempat yang tepat untuk mengisi waktu libur dengan berfoto dengan latar bangunan yang sangat unik ini.

Liburan Seru  ke Kelenteng Sian Jin Ku Po Karawang

Liburan Seru ke Kelenteng Sian Jin Ku Po Karawang

Bagaimana? Anda sudah siap untuk liburan di Karawang? Tunggu apalagi, segera susun rencana liburan di Karawang bersama orang-orang tercinta.

Itulah 34 Tempat Wisata di Karawang yang Menarik Dikunjungi dari kami, semoga bisa menjadi referensi untuk liburan anda dan keluarga. Jangan lupa juga ya untuk membagikan panduan wisata ini kepada teman dan kenalan anda. Jangan lewatkan juga  27 Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

loading...

15 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!