Liburan ke Pantai Depok Jogja Sambil Menikmati Kuliner Lezat

Pantai Depok Jogja – Bagi orang Jogja, pantai depok tentu sudah tidak asing lagi bukan? Namun bagi masyarakat luar Jogja, mungkin pantai Depok dianggap salah satu pantai yang ada di Kota Depok. Pantai yang ada di Kabupaten Bantul ini menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja sekaligus untuk menikmati aneka kuliner lezat.

Anda bisa menikmati liburan di Pantai Depok Jogja ini tanpa harus repot-repot membawa bekal untuk mengganjal perut, karena di sepanjang pantai ini anda bisa mencoba aneka sajian saefood yang menggugah selera kita. Pantai ini memang sengaja dirancang menjadi pusat wisata kuliner Jogja berupa seafood.

Lokasi Pantai Depok Jogja

Lokasi Pantai Depok ada di Kabupaten Bantul, Provinsi DIY, sekitar tiga puluh kilometer di sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai ini juga berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.

Pantai depok jogja

Pantai depok jogja

Akses Pantai Depok Jogja

Bagi anda dan keluarga atau rombongan yang ingin berlibur ke pantai Depok, silahkan ikuti rute dari Yogyakarta sama dengan jalur yang dipakai untuk menuju ke pantai Parangtritis. Perbedaannya pas sebelum anda masuk ke tempat retribusi pantai Parangtritis maka anda harus belok kekanan mengikuti petunjuk ke pantai Depok, karena retribusi pantai Depok ini berlainan dengan pantai Parangtritis.

  1. Jika Anda berangkat dari kota, Anda bisa melewati Jl. Parangtritis untuk menuju ke arah selatan, sesampainya di pertigaan sebelum tempat retribusi Pantai Parangtritis, Anda ambil jalan ke kanan atau ke barat (posisi retribusi pas di selatan pertigaan itu). Anda terus menuju ke barat melewati jalan aspal dalam perkampungan, turut jalan tersebut kemudian sampailah pada tempat retribusi untuk Pantai Depok.
  2. Saat setelah masuk ke retribusi pantai Parangtritis, Anda akan bertemu dengan pertigaan kecil Hotel Gandung, ambil arah ke barat (kanan), Anda akan disuguhi bukit-bukit pasir di sepanjang jalan aspal menuju ke Pantai Depok. Setelah jalan habis, Anda sudah sampai di Pantai Depok dan siap memarkir mobil atau motor Anda. (sudah tidak ada retribusi lagi). (Sumber: wisatapantaijogja.wordpress.com)
Akses Pantai Depok Jogja

Akses Pantai Depok Jogja

Harga Tiket Pantai Depok Jogja

Bagi wisatawan yang datang berlibur, anda harus membayar uang dengan ketentuan:

  • Satu motor + 2 penumpang : Rp. 4.000,- (2013)
  • Mobil Rp.5.000 + tiket perorangan

Harga dapat saja berubah, namun tentu saja tidak terlalu jauh.

Fasilitas Pantai Depok Jogja

Fasilitas yag disediakan di obyek wisata pantai ini selain tempat berlokasinya Tempat Pelelangan Ikan yang memungkinkan anda mendapatkan ikan dengan mudah juga terdapat fasiltas umum lainnya seperti adanya tempat penginapan yang tersebar di kawasan ini. Juga siapnya petugas pantai maupun satuan polisi. Keberadaan petugas tersebut terutama untuk mengatasi kecelakaan laut yang tidak terduga dan memberi peringatan adanya gelombang yang membahayakan wisatawan yang terlalu dekat berenang atau main di tepi pantai ini.

Aneka Kuliner Lezat di Pantai Depok Jogja

Karena nelayan disini memiliki hasil tangkapan yang cukup besar ditambah lagi wisatawan semakin banyak yang berdatangan ke pantai ini, maka dibukalah kedai, warung-warung dan resto yang menyajikan aneka kuliner seafood yang lezat.

Aneka Kuliner Lezat di Pantai Depok Jogja

Aneka Kuliner Lezat di Pantai Depok Jogja

Beragam hidangan sea food bisa dicicipi. Hidangan ikan yang paling populer dan murah adalah ikan cakalang. Jenis ikan lain yang bisa dinikmati adalah kakap putih dan kakap merah. Jenis ikan yang harganya cukup mahal adalah bawal. Selain ikan, ada juga kepiting, udang dan cumi-cumi.

Hidangan sea food biasanya dimasak dengan dibakar atau digoreng. Jika ingin memesannya, anda bisa menuju tempat pelelangan ikan untuk memesan ikan atau tangkapan laut yang lain. Setelah itu, anda biasanya akan diantar menuju salah satu warung makan yang ada di pantai itu oleh salah seorang warga.

Di sekitar pantai ini juga terdapat penginapan, homestay atau kamar untuk menginap, jadi anda tidak perlu khawatir kalau belum henda pulang. Demi keselamatan pengunjung juga ada petugas pantai (lifeguard) maupun Satuan Polisi yang selalu siap membantu dan memantau anda.

Ombak yang besar di pantai ini menjadi salah satu daya tarik untuk wisatawan yang memiliki hobi berselancar.

loading...

Kunjungi juga: 24 Tempat Nongkrong di Jakarta yang Paling Terkenal

Fasilitas di Pantai Depok Jogja

Berikut ini beberapa fasilitas yang akan anda dapat di pantai ini, yaitu:

  1. Transaksi langsung pembelian ikan bawal, udang, kakap laut, kerapu hasil tangkapan nelayan
  2. Warung makan sea food berjajar sangat banyak dengan menu ikan goreng, ikan bakar, nasi anget + sambel lalap
  3. Warung seafood tersebut mau menggorengkan atau membakarkan ikan sesuai dengan permintaan kita dengan tarif yang murah.
  4. Tempat parkir motor dan mobil
  5. Sewa ATV
  6. Sewa tikar
  7. Masjid (luas)
  8. Kamar mandi

Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan ke pantai ini? Pasti seru kalau bisa liburan sambil menikmati hidangan laut yang lezat. Demikianlah review tentang pantai Depok Jogja dari kami, semoga bisa membantu anda. Kunjungi juga: Keindahan Pantai Menganti Kebumen yang Tersembunyi

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!