41 Tempat Makan Enak di Jogya yang Bisa Kamu Cobain

Kuliner Jogja – Jogja atau Yogyakarta merupakan salah satu Kota Istimewa di Indonesia yang memiliki bentuk pemerintahan kerajaan atau kesultanan. Dimana raja atau sultannya langsung menjadi Gubernur. Jogja menjadi salah satu kota besar di Indonesia.

Sebagai Kota Besar di Indonesia, Jogja menjadi salah satu magnet yang memiliki daya tarik tersendiri. Jogja juga dikelan dengan sebuatan sebagao kota Pelajar, karena memang atmosfir pendidikan begiru terasa disini. Kampung-kampus besar di Indonesia ada banyak disini. Jogja juga terkenal dengan sebutan kota Gudeg. Gudeg menajdi salah kuliner Jogja yang tidak boleh anda lewatkan kalau berkunjung kesini.

Selain itu, juga ada banyak tempat wisata di Jogja yang menarik untuk kita kunjungi. Untuk tempat wisatanya sudah diulas pada artikel sebelumnya, kalau kali ini kita akan membahas seputar kuliner Jogja yang nikmat dan sayang untuk dilewatkan.

Setidaknya Tempatwisataseru.com berhasil merangkum 41 Kuliner Jogja yang tidak boleh kita lewatkan. Beberapa tempat enak di Jogja berikut ini ada yang buka sampai malam, bahkan ada yang buka 24 jam. Jadi tidak perlu khawatir kalau kelaparan tengah malam di Jogja. Karena anda akan dimanjakan dengan kuliner khas Jogja yang lezat dan nikmat.

41 Kuliner Jogja yang Mesti Anda Cobain

Berikut 41 kuliner Jogja yang bisa anda coba, kalaupun tidak bisa cobain semuanya, cobain beberapa saja, supaya tidak menyesal sudah sampai di Jogja eh belum cobain kuliner Jogja yang terkenal itu. Yuk intip berikut ini:

1. House of Raminten

Kuliner Jogja yang pertama ada di House of Raminten. Kalau kita lihat dari nama cafenya terkesan western yang njowo ya. Tempat wisata kuliner Jogja yang satu ini menyediakan aneka hidangan tradisional namum disajikan eksklusif dan berkelas.

House of Raminten

House of Raminten

Anda bisa mencicip aneka kuliner Jogja seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing. Wah, siapa bilang kalau sajian tradisional harus tidak bisa disajikan ala western?

Dari gaya bangunannya yang sangat luar biasa membuat pengunjung betah berlama-lama disini, anda juga bisa menemukan sebuah kereta kuda di luar rumah makan, sedangkan di dalamnya Anda bisa melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Seakan belum lengkap, Anda akan makan diiringi dengan gending Jawa yang terus mengalun di rumah makan ini.

Selain arsitektur dan menunya, pelayan di sini juga memakai pakaian khas yang berupa kemben Jawa. Di meja, terdapat sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan jika Anda membutuhkan sesuatu.

Lokasi House of Ramintenda di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta

House of Raminten menjadi salah satu tempat kuliner Jogja yang bisa anda kunjungi kapan saja, bahkan pada tengah malam sekalipun, karena buka 24 jam.

2. Sate Klathak Pak Pong

Anda penggemar sate? Anda bisa menemukan penjual sate disetiap kota di Indonesia, bahkan sampai ke pelosok desa. Nah, ada satu tempat kuliner Jogja yang menyediakan sate dengan penyajian yang sangat unik.

loading...

Sate klathak, anda baru pertama kali mendengar nama sate ini? Sate klathak sendiri merupakan sate kambing ‘ditusuk’ dengan menggunakan jeruji sepeda.

`Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Wah? Ide kreatif siapa yang menjadikan jeruji sepeda sebagai tusuk sate ini? Ternyata pak Pong yang merupakan pemilik dari kedai sate klathak sengaja menggunakan jeruji besi karena dapat membuat daging matang merata. Selain itu, hal ini juga terbukti ramah lingkungan karena jeruji besi dapat digunakan berkali-kali, tak seperti tusuk sate dari bambu yang hanya sekali pakai.

Selain unik, sate klathak pak Pong juga terekenal dengan rasayang yang khas serta nikmat. Dengan bumbu sederhana berupa garam, merica dan kecap. Tiga bahan minimalis inilah yang membuat sate memiliki rasa yang khas. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya? Silahkan datang saja ke warung sate klathak pak Pong yang ada di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta.

Jangan lewatkan: 69 Objek Wisata Gunung Kidul yang Menarik Dikunjungi

3. Nasi Goreng Beringharjo

Tempat wisata kuliner di Jogja selanjutnya adalah warung nasi goreng Beringharjo, nasi goreng ini sangat terkenal bagi masyarakat Jogja.

Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo

Warung nasi goreng ini sudah ada sejak tahun 1960 dan sampai sekarang, rasa nasi gorengnya tak berubah karena tetap menggunakan resep lawas yang masih terjaga. Tidak heran kalau penggemar nasi goreng ini semakin hari semakin bertambah.

Meskipun warung nasi goreng ini selalu ramai, tapi tenang saja karena pembeli tidak perlu lama mengantri untuk mendapatkan pesannanya. Selain nasi goreng, hidangan lain disini yang juga digemari oleh adalah bihun goreng atau bakmi goreng.

Kalau sekiranya satu porsi nasi goreng belum kenyang, anda tidak perlu malu-malu untuk pesan 1,5 porsi atau 2 porsi sekaligus. Silahkan kunjungi Nasi Goreng Beringharjo yang ada di jalan Pabringan 1, Yogyakarta. Mulai buka pada pukul 19:00 – habis.

4. Bong Kopitown

Satu lagi tempat wisata kuliner Jogja yang menawarkan desain bangunan yang unik, yaitu Bong Kopitown. Bong Kopitown mengusung tema penjara sebagai desain bangunannya.

Bong Kopitown

Bong Kopitown

Setiap ruangan juga akan disekat dengan jeruji besi, ini akan menambah taste yang semakin terasa tentunya. Tidak hanya bangunannya saja, karena disini anda juga bisa melihat sipir penjara yang berdiri di balik meja kasir dan narapidana yang hilir mudik mengantar pesanan ke setiap meja makan.

Tidak heran kalau Bong Kopitown menjadi salah satu lokasi hangout andalan anak muda Jogja. Menu andalan yang disajikan disini yaitu kopi tetes, sapo tahu, Penang fried noodle dan rendang spicy noodle. Begitu duduk di kursi, jangan kaget jika Anda akan didatangi pelayan yang menyodorkan selembar ‘koran’ yang ternyata berisi daftar menu dan sejarah berdirinya rumah makan.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba kuliner Jogja di Bong Kopitown? Silahkan datang saja ke Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta. Cafe ini dibuka mulai 10:00 – 24:00 WIB.

5. Mie Telap 12

Tempat wisata kuliner Jogja selanjutnya adalah kafe mie telap 12. Kafe ini menyajikan aneka mie instant dengan rasa yang nikmat. Siapa sih yang tidak suka sama mie?

Mie Telap 12

Mie Telap 12

Mie instant memiliki banyak varian rasa. Kalau kita melihat iklannya di TV atau di gambar-gambar, seperti sangat enak ya. Ternyata kalau kita buat sendiri kok tidak sesuai harapan ya? Nah, untuk mengobati kekecewaan tersebut, kafe Mie Telap 12 menjadi solusinya, anda bisa menikmati mie instan yang disajikan persis seperti yang terlihat di bungkusnya.

Contohnya saja, ketika anda ingin mencoba mie rendang, nah disini anda akan mendapat semangkok mie instan lengkap dengan potongan daging rendang dan topping lainnya yang ditata persis sama seperti di bungkusnya. Untuk minuman, Anda bisa menikmati aneka milkshake dan soda float.

Hmm, pasti anda tidak sabar lagi ingin segera mencobanya bukan, datang saja ke Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

6. Kalimilk Yogyakarta

Tempat wisata kuliner Jogja selanjutnya adalah sebuah kedai susu yang menyajikan aneka olahan yang berbahan dasar susu dengan aneka rasa yang menggoda.

Kalimilk Yogyakarta

Kalimilk Yogyakarta

Sebenarnya ada banyak gerai susu yang menyajikan aneka varian rasa susu yang nikmat dan sehat tentunya, namun yang paling digemari dan digandrungi anak-anak muda adalah Kalimilk.

Cafe susu ini biasa disebut oleh pelanggan dengan nama Neneners. Terdapat banyak varian rasa susu yang bisa anda coba seperti cookies, durian, coklat dan aneka snack. Porsi yang ditawarkan adalah medium dan gajah. Untuk porsi gajah, pastikan sebelumnya Anda telah mengosongkan perut karena porsi gajah benar-benar berukuran jumbo.

Soal kenyamanan tempat, anda tidak perlu khawatir, karena kafe ini didesain semi terbuka dan tak menggunakan AC, melainkan hanya kipas angin. Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir kepanasan, karena angin dari luar bisa masuk dan tentunya akan lebih sehat dibandingkan angin dari AC.

Bagaimana anda tertarik nenen disini? Datang saja ke Jalan Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta. Kafe ini buka 11:00 – habis.

7. Banyu Mili Country Club

Tempat wisata kuliner Jogja selanjutnya adalah Banyu Mili Country Club yang terletak di Perum Griya Mahkota. Perum Griya Mahkota tidak hanya menjadi tempat makan enak di Jogja, melainkan juga menjadi tempat rekreasi keluarga.

Banyu Mili Country Club

Banyu Mili Country Club

Perum Griya Mahkota didesain memiliki objek wisata air yang terdiri dari kolam renang, wahana air serta hutan dan danau buatan.

Liburan pasti seru, setelah puas bermain air, kita bisa mencicipi aneka kuliner lezat disini. Sangat cocok sekali untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Aneka kuliner lzat seperti kepiting telur dan udang bakar madu menjadi menu andalan yang harus anda coba. Kepiting dan udang yang digunakan merupakan hasil budidaya sendiri sehingga dipastikan masih segar saat dimasak. Menu lain yang tak kalah lezat adalah gurame bakar, ayam goreng dan juga cumi bakar.

Lokasi Perum Griya Mahkota ada di Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5, Yogyakarta.

Jam buka: 10:00 – 22:00 (Resto) dan 07:00 – 18:00 (Wahana rekreasi)

8. Manggar Manding

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa Jogja terkenal sebagai kota Gudeg. Gudeg biasanya terbuat dari nangka muda, namun berbeda dengan di Manggar Manding.

Manggar Manding

Manggar Manding

Di Manggar Manding anda akan menemukan gudeg justru terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda.

Gudeg ini dahulunya konon menjadi menu istimewa di kerajaan yang biasa disajikan dengan sayur krecek dan tempe bacem. Jadi, jika Anda mencicipi gudeg manggar, berarti Anda telah menikmati sajian istimewa kerajaan.

Manggar ini juga dipercaya memiliki khasiat yang sangat bagus karena bisa memancarkan kecantikan penikmatnya dari dalam. Tak mengherankan jika gudeg manggar menjadi menu favorit para puteri kerajaan dahulu kala. Bagaiamana? Anda tertarik untuk mencoba kuliner Jogja yang sudah ada sejak dahulu ini? Silahkan datang saja ke Jalan Parangtritis KM 11,5, Manding, Bantul, Yogyakarta.

Cobain juga 31 Tempat Makan Enak di Solo yang Wajib Dicoba

9. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik man merupakan salah satu tempat nongkrong untuk menikmati aneka kuliner Jogja yang tidak boleh anda lewatkan.

Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Angkringan atau dalam bahasa Indonesianya tempat nongkrong menjadi salah satu pilihan masyarakat Jogja untuk menghabiskna waktu atau untuk mengisi perut saat sedang lapat.

Nah, salah satu angkringan yang terkenal adalah yang selalu ramai oleh pengunjung adalah angkringannya lik man. Angkringan ini terkenal istimewa dan merupakan angkringan pertama di Yogyakarta sejak tahun 1969.

Menu yang disajikan pun sama dengan angkringan pada umumnya seperti sego (nasi) kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan. Tapi ada yang satu sajian yang berbeda, yaitu Kopi Joss.

Kopi Joss merupakan menu andalan di tempat wisata kuliner Jogja ini. Cara penyajian kopi ini sangat unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara. Bunyi ‘jooossss’ yang ditimbulkannya inilah yang membuatnya disebut dengan Kopi Joss. Kopi Joss memiliki rasa unik yang khas dan tak dimiliki kopi lainnya. Konon, arang yang dicelupkan ke dalam kopi akan menetralisir kafein sehingga kopi ini aman untuk pencernaan Anda.

Angkringan Lik Man merupakan salah satu tempat wisata kuliner terbaik untuk menikmati Yogyakarta di malam hari. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10.000 – 15.000 Rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati Kopi Joss dan nasi kucing dilengkapi dengan lauk sederhana yang tak kalah nikmat.

Bagaiamana? Anda tertarik untuk menikmati kopi joss di angkringan Lik Man? Langsung datang aja ke Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta

Jam buka: 18:00 – habis.

10. Gudeg Pawon

Ini dia salah satu tempat wisata kuliner Jogja yang sudah ada sejak lama, kira-kira Gudeg pawon sudah dibuka tahun 1958. Tidak heran kalau Gudeg Pawon memiliki banyak sekali penggemar yang setia mengantri untuk mendapatkan seporsi gudeg lezat ini.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Sesuai dengan namanya, Gudeg pawon memiliki keunikan tersendiri, karena anda dilayani langsung dari dapur atau pawon. Meskipun tempatnya sederhana, namun kenikmatan gudeg di sini tak bisa diremehkan.

Gudeg Pawon bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda ingin menikmati kuliner Jogja di malam hari. Menikmati nasi gudeg ditambah ayam dan segelas teh manis hangat akan menjadi sajian istimewa di tengah dinginnya Yogyakarta di malam hari. Sebaiknya Anda datang sebelum jam buka karena setiap harinya, Gudeg Pawon selalu banjir antrean pembeli.

Bagaimana? Anda juga ingin ikut mengantri untuk mencoba lezatnya gudeg pawon? Langsung saja datang ke Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

Jam buka: 22:30 – habis.

11. Bakmi Shibitsu

Mendengar nama Bakmi Shibitsu banyak pengunjung yang mengira bahwa bakmi ini merupakan kuliner Jepang, padahal Bakmi Shibitsu merupakan kuliner Jogja Asli yang sudah ada sejak 1980 silam.

Bakmi Shibitsu

Bakmi Shibitsu

Bakmi Shibitsu menjadi salah satu tempat makan enak di Jogja yang mesti anda cobain, lokasinya ada di Jalan Bantul No. 106, Bantul, Yogyakarta.

Owner dari Bakmi Shibitsu adalah Bu Gilah, untuk menu disini yang bisa anda nikmati seperri nasi goreng, rica-rica ayam, mie goreng, mie godog dan beberapa menu yang lainnya. Di tempat ini anda bisa menentukan bahan mienya, pakai mie bihun atau mie kuning. Untuk minuman penghangat tubuh di Bakmi Shibitsu ini menyajikan Teh Jahe yang hangat.

Hmm, menarik sekali bukan? Tunggu apalagi, kalau ke Jogja mampir ya ke Bakmi Shibitsu milik Bu Gilah.

12. Jejamuran

Kalau anda ingin mencoba kuliner Jogja yang serba jamur anda bisa datang ke Jejamuran yang ada di di Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Pandowo Harjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jejamuran

Jejamuran

Jejamuran menjadi tempat makan enak di Jogja yang terkenal dengan olahan jamurnya yang lezat dan menggugah selera. Beberapa menu andalan yang ada di Jejamuran ini seperti jamur tumis pedas, sate jamur, telor dadar jamur, puyunghai jamur dan masih banyak menu makanan yang lainnya.

Selain makanan dengan bahan utama jamur, di Jejamuran ini anda bisa mendapatkan minuman yang sudah sangat terkenal kesegaran dan kelegitannya yakni soda gembira, setelah anda minum soda gembira, anda pasti akan menjadi lebih gembira, karena sangat segar sekali.

Jajal juga ya: 41 Tempat Makan Enak di Malang

13. Bungong Jeumpa Jogja

Anda pasti tidak asing lagi dengan Bungong Jeumpa? Bungong Jeumpa menjadi salah satu judul lagu daerah Aceh yang selalu ada di dalam buku-buku lagu wajib nasional dan daerah.

Bungong Jeumpa Jogja

Bungong Jeumpa Jogja

Kalau di Jogja, Bungong Jeumpa merupakan salah satu tempat makan enak yang menyediakan aneka panganan khas dari Aceh.

Tidak heran kalau Bungong Jeumpa kini sudah memiliki banyak sekali cabang karena ternyata masyarakat Jogja jugaa menggemari panganan Aceh seperti Mie Aceh contohnya.

Ada banayk cabang Bungong Jeumpa yang bisa anda kunjungi diantaranya di Ruko Demangan Niaga Jalan Demangan Baru, Jalan R.W. Monginsidi No. 12, Ruko Sagan Square, Jalan Prof. Yohannes, Ruko Seturan Square, Jalan Raya Seturan dan Jalan Kaliurang KM 5.

Menu yang ada di Rumah Makan Bungong Jeumpa ini adalah makanan yang di sajikan dengan bumbu rempah-rempah khas Aceh. Buka pada jam 8 pagi hingga jam 10 malam dan anda bisa memilih beberapa paket yang ada di Rumah Makan Bungong Jeumpa ini seperti Ngopi, Nge-Mie, Nge-Mil, Nge-Nas dan istilah-istilah lainnya. Sajian seperti Martabak, Roti Cane, Mie Aceh, Nasi Goreng, Kopi, Ayam Goreng dan beberapa makanan dan minuman lainnya yang sangat khas bercita rasa Aceh.

Bagaimana? Anda ingin mencoba panganan khas Aceh di Bungong Jeumpa? Tunggu apalagi lagi datang saja ke alamat-alama cabang Bungong Jeumpa di atas.

14. Ayam Geprek Bu Rum

Warung ayam geprek Bu Rum menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Jogja selanjutnya, lokasinya ada di Jalan Wulung Lor, Papringan Depok, Yogyakarta.

Bagi pelajar Jogja, warung ini sangat populer sekali, rasanya yang mantap dan pedas membuat pengunjung yang pernah datang kesini pasti ketagihan. Menu andalannya adalah ayam tepung yang di campur dengan sambal yang bisa di sesuaikan dengan selera anda.

Selain dapat menikmati Ayam Geprek ini, anda juga bisa mengkombinasikannya dengan tempe, sayur, tahu dan telur.

Tidak heran kalau warung ayam geprek Bu Rum ini selalu ramai, karena harganya snagat murah sekali. Sudahlah enak murah lagi. Dengan Rp. 7000 saja kita sudah bisa menikmati sajian makanan di Ayam Geprek Bu Rum ini. Untuk dapat menikmati menu di Ayam Geprek Bu Rum ini anda harus datang ke tempat ini antara jam 10 pagi hingga jam 4 sore.

15. Bakso Idola Jogja

Ada banyak sekali penjual bakso di Jogja yang bisa anda cobain, salah satu yang terkenal adalah Bakso Idola. Bakso idola menjadi salah satu tempat makan enak di Jogja yang tidak boleh anda lewatkan.

Lokasi bakso Idola ada di kawasan Jalan Taman Siswa No. 138, tempat yang bernama Bakso Idola ini mampu menyajikan menu bakso yang sangat khas lezatnya.

Anda juga bisa mengkombinasikan porsi bakso anda dengan iga sapi yang tentu saja akan menambah rasa bakso menjadi lebih gurih. Bakso idola ini selalu ramai pengunjung, karena rasanya yang maknyus dan porsinya yang wah banget.

Jangan lewatkan juga: 36 Tempat Wisata Kuliner Bogor yang Wajib Anda Coba

16. Oseng Mercon Bu Narti

Mercon atau petasan menjadi salah satu permainan yang berbahaya untuk dimainkan, selain suaranya yang bising juga bisa melukai jika terkena.

Tapi di tangan Bu Narti mercon bisa menjadi pangan enak dan membuat yang mencobanya ketagihan. Oseng Mercon Bu Narti menjadi kuliner Jogja selanjutnya yang mesti anda cobain.

Lokasi Oseng Mercon Bu Narti ada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan. Kenapa di namakan oseng mercon? Karena masakan yang ada di Oseng Mercon Bu Narti ini merupakan sebuah makanan pedas di Jogja yang tentu saja akan sangat cocok bagi para pencinta makanan pedas.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya? Oseng Oseng Mercon Bu Narti terbuat dari aneka bahan seperti gajih, tulang muda, kulit dan kikil yang tentu saja bercampur dengan cabe rawit. Ada juga beberapa menu makanan lainnya di Oseng Mercon Bu Narti ini seperti babat, rempelo, bebek, burung dara, lele dan untuk penangkal pedas, tempat wisata kuliner di Yogyakarta ini juga menyajikan berbagai minuman untuk meredakan pedas yang anda landa.

17. Kedai Rakjat Djelata

Kedai Rakjat Djelata yang ada di Jalan Dr. Soetomo menjadi tujuan wisata kuliner Jogja selanjutnya. Dengan konsep tempo dulu, Kedai Rakjat Djelata memiliki daya tarik tersendiri di hati wisatawan yang datang berkunjung.

Saat masuk ke dalam Kedai Rakjat Djelata, anda akan dibawa ke suasana masa lalu dengan hiasan sepeda onthel di dalam ruangan dan peralatan makan yang terbuat dari seng dengan motif khas. 

Tak hanya dekorasi dan peralatan makannya, menu makanan yang ditawarkan pun tak kalah vintage. Di sini, kamu bisa menemukan minuman yang sebelumnya hanya kamu dengar dari cerita kakek nenek seperti teh oewoeh dan es kembang desa.

Semua menu diolah dan disajikan dengan suasana masa lalu. Kamu sudah akrab dengan roti bakar dan pisang bakar? Dua kudapan ini disajikan dengan lelehan saus gula Jawa. Sensasi berbeda dan aroma tempo dulu pun kian terasa di sini.

Lokasi Kedai Rakjat Djelata ada di Jalan Dr. Soetomo 54, Yogyakarta.

18. Gudeg Bromo

Satu lagi tempat makan enak di Jogja pada malam hari yaitu Gudeg bromo. Gudeg Bromo lokasinya di Jalan Gejayan, tepatnya di utara gedung pusat kampus Sanata Dharma.

Gudeg Bromo menyajikan gudeg basah dengan aneka macam tambahan lauk seperti tempe, tahu, telur, ceker dan ayam. Sambal kreceknya pun terkenal gurih dan pedas, bikin mata lebih melek. Gudeg Bromo yang buka dari pukul 23.00 WIB ini juga sudah jadi langganan artis-artis ibu kota lho.

Wah, bisa jadi pengganjal perut kalau tiba-tiba lapar pada malam hari.

19. Soto Sampah

Mendengar nama soto ini kok jadi tidak berselera ya. Tapi siapa sangka ternyata soto sampah ini menjadi salah satu kuliner Jogja yang digemari, karena rasanya yang enak tentunya.

Jika anda tertarik untuk mencobanya, silahkan datang saja ke Jalan Kranggan, depan SPBU Kranggan ini sebenarnya buka 24 jam. Namun, biasanya akan lebih ramai saat pukul 22.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB.

Soto ini bisa jadi alternatif sehabis kamu dan pasangan jalan-jalan malam di Yogyakarta. Tempatnya yang dekat dari Tugu Yogyakarta memudahkan untuk dijangkau.

20. Mie Ayam Grabyas

Malam-malam dingin di Jogja pasti enak kalau menikmati kuliner panas dan berkuah, salah satu yang bisa anda coba adalah mie ayam.

Ada satu tempat wisata kuliner Jogja padaa malam hari yang menyediakan Mie ayam dengan rasa yang sangat enak, yaitu Mie Ayam Grabyas.

Mie Ayam Grabyasada di Jalan Malioboro, tepat di seberang hotel Inna Garuda.

Mie ayam ini buka sekitar pukul 23.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB. Meski agak aneh makan mie ayam tengah malam, tapi nyatanya warung tenda di emperan ini tidak pernah sepi pengunjung.

21. Nasi Rames Demangan

Satu lagi tempat kuliner Jogja malam hari yang bisa anda datang yaitu warung nasi Rames Demangan. Disini kita bisa mencoba aneka menu lezat yang siap sedia untuk mengisi perut kita yang keroncongan.

Warung nasi rames ini berbentuk warung tenda, berada di Jalan Demangan. Buka sekitar pukul 21.00 WIB sampai dini hari. Warung ini juga menjadi favorit mahasiswa Yogyakarta, karena pilihan lauknya banyak dan harganya cukup murah.

Hmm, siapa yang tahan dengan godaannya?

22. The Sawah, Bantul

The Sawah menjadi tempat makan enak di Jogja yang mesti kita cobain.

Resto ini terkenal dengan pelayanan yang ramah dan pemandangan yang keren jadi nilai positif di sini! Kamu bisa nikmatin berbagai masakan khas Jawa yang enak banget! Kayak soto ayam, sate daging, dan masih banyak lagi menu yang ENAK BANGET!

The Sawah

Sekarpetak RT/RW 01/37 No. 1

Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55184

+62 817-464-833

23. D’Skybar ibis Styles

Selanjutnya, tempat untuk menikmati kuliner Jogja yang bisa anda kunjungi adalah D’Skybar ibis Styles.

Bagian dalam D’Skybar ibis Styles sangat artistik. Ambiencenya sangat keren. Sangat pas juga untuk nongkrong sambil menikmati sunset bareng temen kamu! Yang bikin lebih keren, resto ini ada di pinggir kolam renang!

D’Skybar ibis Styles

Ibis Styles Yogyakarta Jalan Dagen 109, Yogyakarta 55271

+6274 588889

24. Mediterranea Restaurant

Salah satu tempat wisata kuliner Jogja yang menyediakan panganan Timur Tengah adalah Mediterranea Restaurant.

Restoran ini gak kalah keren! Selain ambience timur tengah yang cozy, menu di sini juga enak-enak banget! Kamu harus cobain Duck Breast sama mushroom risotto, dijamin kamu pasti ketagihan dan ingin mencobanya lagi.

Mediterranea Restaurant

Jalan Tirtodipuran no 24A | Mantrijeron, Yogyakarta 55143

0274-371 052

25. Kesuma Restaurant

Kamu suka ayam? Nah, Kesuma Restaurant menjadi salah satu tempat makan enak di Jogja yang menyediakan olahan ayam yang lezat, salah satu menu andalannya adalah ayam areh.

Sekilah ayam areh mirip seperti rendang ayam, tapi ternyata beda, ayam areh bukan rendang ayam.

Nah, kalau anda penasaran, anda bisa mengunjungi restoran kesuma bersama anggota keluarga lainnya.

Kesuma Restaurant

827, Gang Sartono | Mantrijeron, Yogyakarta 55143

+62 851-0024-5027

26. Rosella Easy Dining

Rosella Easy Dining menjadi tempat makan enak di Jogja yang mesti kamu cobain. Tempat ini sangat terkenal dengan pelayanannya yang memuaskan.

Beberapa menu yang harus kamu coba d Rosella Easy Dining seperti nasi campur / nasi pecel, kombinasi dari menu sederhana yang enak banget! Ada rendang, tempe orek, perkedel, pecel, dan telur!

Rosella Easy Dining

Jl. Kabupaten | Trihanggo, Gamping, Sleman Regency, Yogyakarta 55291

+62 274 5306144

27. Roti Papi

Tempat makan enak di Jogja selanjutnya adalah roti papi yang ada di Jalan Gejayan. Disini memiliki menu spesial yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Sourma fries.

Meskipun roti papi tidak terlalu luas, tapi jangan sampai meremehkan kelezatana menu disini, terutama gambar yang di sebelah, ya pizza yang yummy.

Tempat ini juga menjadi tempat nongkrong di Jogja bareng temen-temen, plus, di lantai atas ada toko buku dan tempat baca yang keren.

Roti Papi

Jl. Gejayan, Gg. Bougenville no. 1 Yogyakarta 55281

+62 878 4572 5273

28. Bakso dan Es Buah PK

Bakso dan Es Buah PK menjadi tempat wisata kuliner Jogja selanjutnya, lokasinya ada di Jl. HOS Cokroaminoto (sebelah timur jalan).

Menikmati semangkun bakso dan es pada saat cuaca sedang panas pasti sangat nikmat.

Anda bisa memesan:

Bakso komplit (8rb): denngan isiian mie, sayur, bakso pastinya, tahu pong itu dan bakso goreng.

Es buah (6rb): Isiian berupa cincau, roti, tape, dll.

29. Abhayagiri Restaurant

Abhayagiri Restaurant menjadi salah satu tempat Romantis di Jogja sekaligus tempat untuk menikmati aneka kuliner lezat.

Di Abhayagiri Restaurant, anda akan di suguhkan pemandangan yang indah dari atas ketinggian. Memang, lokasinya cukup jauh, dan masih belum terlalu terkenal.

Namun, bagi mereka penggemar tempat makan yang romantis, pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini.

Abhayagiri Restaurant merupakan bagian dari Sumberwatu Heritage, yang merupakan sebuah resort yang menawarkan villa serta hotel dengan konsep yang kental dengan budaya Jawa.

Restoran yang berada di atas bukit ini juga berdekatan dengan beberapa candi seperti Candi Prambanan dan Candi Sojiwan. Kita juga bisa melihat Gunung Merapi yang menjulang tinggi, dan Kota Jogja dari kejauhan. Semua itu bisa dengan jelas kita lihat di siang atau sore hari. Dan jika kita berkunjung ke restoran ini di malam hari, kita bisa melihat kerlap kerlip lampu kota dan desa sekitar yang memberikan suasana romantis.

Untuk menu yang bisa anda coba disini diantaranya seperti Abhayagiri duck speciale , chicken steak teriyaki , pan roasted salmon , Abhayagiri chicken steak , dan masih banyak lagi. Bagi mereka yang ingin makan sesuatu yang lebih ringan dan tidak terlalu mengenyangkan, tersedia french fries , dan aneka makanan pencuci mulut seperti chocolate cupcake , pancota , dan sebagainya.

Restoran ini tentunya juga menyediakan aneka minuman yang lezat dan menyegarkan, seperti aneka juice , teh, kopi, dan masih banyak lagi. Yang jelas, mereka yang mencari menu-menu yang berkelas pasti akan merasa puas dengan sajian di restoran ini. Dan tentunya, semua itu didukung dengan pelayanan yang sangat baik.

Lokasi Abhayagiri Restaurant ada di Sumberwatu Village, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, telp +62274 – 4469277

30. Manggut Lele Mbah Marto

Anda suka masakan berbahan dasar lele? Silahkan coba Manggut Lele Mbah Marto yang ada di Dusun Nengahan, Ngiring-Ngiring, Panggungharjo, Sewon, Bantul. 

Rasanya mangut lelenya memang berbeda dengan yang biasa dijumpai di warung atau rumah makan pada umumnya. Daging lelenya keset, pedas dan khas masakan tungku. Pasalnya, lele terlebih dahulu ditusuk dengan pelepah daun kelapa kemudian di panggang di atas tungku dengan menggunakan kayu bakar sampai matang baru kemudian dimasak bersama bumbunya.

Cara memasaknya yang menggunakan kayu bakar inilah yang memberikan aroma dan rasa “asap” yang khas pada lelenya. Meskipun menggunakan kuah santan, tapi kuahnya cair berwarna merah terang, menandakan bahwa cabai yang digunakan tidak sedikit. Kreceknya sendiri cukup lembut dan tidak sepedas mangut lelenya, untuk sayur daun pepayanya juga enak dan tidak pahit.

31. Sop kaki kambing Bang Udin

Sop kaki kambing Bang Udin menjadi tempat wisata kuliner Jogja yang tidak boleh anda lewatkan, lokasinya yang berdekatan dengan bundaran UGM atau tepatnya depan SMPN 1 Yogyakarta, Jl.Cik Ditiro menjadikan tempat ini sangat mudah dijangkau.

Warung ini juga menjadi buruan warga sekitar dan wisatawan yang datang ke Jogja, selain mudah dijangkau juga rasanya yang maknyus.

Warung ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin mencoba nikmatnya sop kaki kambing. Selain ada tempat duduk, pengunjung juga bisa lesehan di emperan jalannya. Pada baskom-baskom di hadapan penjual terdapat aneka jerohan, kaki hingga torpedo yang bisa kita pilih sesukanya. Jangan kuatir akan harga,karena harga di sop kaki ini benar-benar terjangkau. Harganya sesuai dengan kualitas dan rasa gan, serius dehh..

32. Bakmi Pele

Satu lagi kuliner Jogja yang memiliki citarasa khas dan menarik untuk kita coba, yaitu bakmi pele. Bakmi Pele sendiri memiliki citarasa yang berbeda dari bakmi jawa lainnya, meskipun memang bakmi Pele sendiri termasuk bakmi Jawa.

Nah, kalau anda ingin menjajal bakmi pele, silahkan saja datang ke lokasi penjualnya, yaitu di daerah Sidoarum, Godean, Sleman. Pas pertigaan Jl. Bantulan dan Jl. Godean.

Warung bakmi tersebut adalah salah satu cabang dari warung pertamanya di daerah alun-alun Yogyakarta.

Bagi anda yang baru mencobanya pasti ketagihan.

33. Siomay Kang Cepot

Satu lagi tempat wisata kuliner Jogja yang sayang untuk dilewatkan adalah Siomay kang cepot yang ada di Jln. Kaliurang km 8 Yogyakarta , 0274 7812344.

Siomay kang cepot buka jam 10.00 – habis (biasanya 20.00).

Kuliner yang satu ini memang menjadi salah satu favorit anak-anak muda di Jogja, selain rasanya enak, makanan ini juga sangat merakyat.

jajan siomay di Siomay Kang Cepot yang lokasinya di Jakal KM 8, kalau dari selatan ada di kiri jalan.

Warung Siomay ini selalu laris dan tidak pernah sepi pengunjung karena rasanya yang enak dan harga yang ditawarkan juga terjangkau. Di sini kalian bisa memilih sendiri komposisi siomay yang kalian pilih, jadi bisa disesuaikan dengan selera, porsinya pas agar tidak kekenyangan atau kurang! Silakan kalian pilih, ada siomay ikan (tengiri), siomay ayam, siomay udang, kol, tahu, kentang, dan ada juga pare. Harga rata-rata per-bijinya adalah Rp 1500 kecuali yang siomay udang.

Bumbu kacangnya ada 2 pilihan : Pedas dan Tidak pedas. Rasa manis dan gurih dari bumbu kacangnya sangat pas dipadukan dengan siomay yang terasa banget ikannya (ga cuma terasa tepung patinya). Pokoknya enak!

34. Bakso Mawut

Bakso mawut ternyata rasanya memang mowat mawut, dan anda dijamin ketagihan untuk menikmati bakso mawut. Bakso yang satu ini sangat terkenal, karena rasanya yang nikmat, dan sudah sering masuk liputan TV swasta nasional seperti Trans TV, Kompas & banyak media lainnya. Ini dikarenakan sang pemilik Dini Mawut sangat kreatif dan berani dalam berinovasi dalam bisnisnya.

Rahasia kelezatan bakso ini terletak pada pemilihan bahan baku dagingnya. Dhini sengaja memilih jenis daging sapi segar yang kualitas super, meski tergolong mahal namun kualitas rasa dijamin tidak mengecewakan. Berbeda dengan bakso pada umumnya, daging dalam bakso ini benar-benar dominan.

Kedainya yang terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 17C Kota Magelang ini tak pernah sepi pengunjung terutama pada jam makan siang dan sore hari. Harga yang dipatok pun relatif terjangkau, mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 10.000 per porsi.

Kalau anda ulang tahun bisa makan gratis lo.

35. Gudeg Yu Djum

Satu lagi tempat makan gudeg di Jogja yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Gudeg Yu Jum yang ada di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22 Yogyakarta (Jam buka: 05.00-19.00)

Tepat di teras sebuah rumah kayu sederhana, anda akan disambut getaran pita suara dari seorang penyanyi keroncong tua. Di Yogyakarta, rumah kayu milik Gudeg Yu Djum ini merupakan tempat paling tenar untuk membeli gudeg kering. Kerasa banget ya gan Yogya nya?

Sayur nangka pada Gudeg Yu Djum menawarkan perpaduan manis dan gurih, enak banget di lidah. Dan, yang tak kalah enak adalah sambal goreng kreceknya yang bikin panas mulut. Krecek diiris tipis lalu dimasak menjadi sambal kering berwarna kekuningan. Ditambah telur pindang dan areh, gudeg ini tambah nikmat saja.

36. Bakmi Mbah Mo

Satu lagi tempat makan enak di Jogja yang menyediakan bakmi yang lezat. Bakmi Mbah Mo sudah sangat terkenal dan sangat legenda. Pejabat-pejabat dari luar kota rela datang kesini cuma buat makan Bakmi Mbah Mo, bertempat di Desa Code, Bantul, Yogyakarta Telp. 0274-7486979, 081548557743

Buka jam 17.00  – 23.00. Menu utamanya adalah bakmi godok, bakmi nyemek dan bakmi goreng, ada yang biasa dan yang istimewa. Bakmi istimewa adalah bakmi yang ditambahkan dengan paha, sayap, ati ampela atau brutu. Bakmi biasa harganya 10000/ porsi, dan yang istimewa 16.000/ porsi.

Pelanggan paling banyak datang dari luar kota. Menu andalan mBah Mo adalah mie rebus, sedangkan minuman andalannya adalah teh jahe. Warung ini tidak mengenal hari libur, meskipun tanggal merah tetap jualan.

37. Soto Sulung Stasiun Tugu

Tempat wisata kuliner Jogja selanjutnya adalah Soto Sulung yang merupakan panganan khas dari Madura sana. Meskipun dari Madura, sana, namun Soto Sulung sangat terkenal di Jogja.

Soto Sulung Stasiun Tugu, merupakan soto sulung yang telah melegenda di Jogja. Soto yang telah dijual sejak tahun 1968 ini berisi daging sapi dan jeroan sapi dengan kuah yang pekat plus potongan telur rebus.

Keistimewaan Soto Sulung Stasiun Tugu ini terletak pada dagingnya yang empuk, tidak amis, dan bumbu yang meresap sempurna. Ditambah perasan jeruk nipis dan sambal, dijamin Anda bakalan ketagihan! Warung soto yang berlokasi di kios area parkir selatan Stasiun Tugu ini kini telah memiliki berbagai cabang di penjuru Yogyakarta.

38. Brongkos

Sayur Brongkos kono merupakan salah satu makanan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono X. Brongkos sendiri terbuat dari tahu, tempe, dan kacang tolo yang dipadukan dengan kuah santan kental dan kaldu daging segar.

Kuahnya berwarna hitam karena menggunakan keluwak. Rasa manis, gurih, dan pedas berpadu dengan apik menghasilkan rasa yang sangat lezat. Brongkos yang terkenal di Jogja adalah Brongkos Bu Padmo di di Tempel, Sleman (di bawah jembatan Krasak) dan brongkos dari RM Handayani di dekat alun-alun selatan.

39. Sego Pecel (SGPC) Bu Wiryo

Nasi pecel Bu Wiryo menjadi rekomendasi kuliner Jogja selanjutnya. Dalam Sego pecel terdapat bahan seperti tauge, kangkung, bayam, kacang panjang dan lain-lain disiram dengan bumbu pecel yang terbuat dari kacang.

Sego pecel yang terkenal di kota Jogja adalah Sego Pecel Bu Wiryo yang dijual di sekitar kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Keunggulan dari sego pecel Bu Wiryo ini adalah rasa bumbu pecelnya yang memiliki perpaduan manis dan pedas yang pas.

Untuk lauknya, tersedia berbagai gorengan seperti tempe, tahu, kerupuk gendar, kerupuk aci, telor ceplok, bakwan dan lain sebagainya.

40. Kedai 24

Satu lagi tempat nongkrong di Jogja yang bisa anda kunjungi sekaligus menikmati aneka sajian lezat untuk mengisi perut yang keroncongan. Lokasi kedai 24 sendiri ada dua yaitu:

Alamat I    : Jl. Damai no. 2, Jakal km 8,5, Sleman, Yogyakarta

Alamat II  : Jl. Kledokan no. 3, Sleman, Yogyakarta

Kedai 24 ini memiliki konsep dasar seperti warung burjo yang menyediakan menu untuk anak mahasiswa yang sedang krisis.

Menu yang ditawarkan di tempat ini cenderung sederhana seperti nasi sarden dan mi instan. Yang bikin unik justru nama menunya yang cenderung vulgar! Beberapa diantaranya adalah MIYABI (MIe Yang tAk BIasa), GIGOLO (Gerombolan nasI GOreng sesuka LO), SOUPerma (Soup Cream ala Kedai), dan masih banyak lagi nama unik yang lain. Selain unik, harga yang diwarkan relative murah untuk anak sekolah dan pelajar.

41. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Satu lagi tempat wisata kuliner Jogja yang tidak boleh anda lewatkan yaitu Soto Ayam Kampung pak Dalbe yang ada di jalan Jend. Sudirman, Jogjakarta. Untuk mencarinya tidaklah sulit, karena berada tepat di tengah-tengah antara Gereja Baptis Indonesia Anugerah dan Pizza Hut.

Warungnya sangat sederhana dan kecil, mungkin lebarnya hanya sekitar 2 meter dan memanjang ke belakang. Meskipun warungnya sangat kecil, tapi pengunjungnya ramai banget, bahkan sampai ada yang makan di sisi jalan trotoar dan di bawah pohon asem.

Untuk seporsi soto ayam campur dibandrol 6ribu rupiah, sedangkan untuk gorengan 5ratus rupiah dan untuk sayap dan satenya 1.500 rupiah saja. Biasanya jam 6 pagi sudah mulai melayani pelanggannya, dan sekitar jam 1 siang sudah habis. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari-hari besar tertentu Pak Dalbe tidak jualan.

  • Menu Andalan: Soto Ayam Kampung (Rp. 6.000)
  • Jam Buka: 06.00 – 13.00
  • Alamat Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Jogjakarta Telp . 08121556373, 081328712457

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan pilihan Kuliner Jogja yang bisa anda nikmati. Kira-kira mana saja yang akan anda cobain? Atau anda sudah mencoba kuliner yang mana? Itulah 41 Kuliner jogja yang Terkenal Enak yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga 31 Tempat Nongkrong di Bandung Paling Seru dan Terkenal

loading...

10 Comments

  1. Pingback: Nasi Goreng Kambing Jogja | Resep Rahasia October 17, 2016
  2. Pingback: Gudeg Manggar Manding | Kuliner Jogjaku November 7, 2016
  3. Pingback: Gudeg Wijilan dan Barek | Kuliner Jogjaku November 7, 2016

Leave a Reply

error: Content is protected !!