36 Tempat Makan Enak di Solo yang Wajib Dicoba

Wisata Kuliner Solo – Halo sobat travelers dimanapun kamu berada, terutama buat kamu yang sedang atau akan pergi liburan di Solo. Kota Solo atau nama lainnya Kota Surakarta merupakan salah satu Kota ‘Kecil’ yang ada di Jawa Tengah, dimana hanya memiliki luas 44 Km2.

Nah, sebelumnya Tempatwisataseru.com sudah berbagi 14 Tempat Wisata di Solo Paling Menarik untuk Dikunjungi kepada anda, silahkan anda kunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas wisata kuliner Solo.

Ternyata wisata kuliner Solo sangat banyak sekali. Kami berhasil merangkum sedikitnya 31 tempat makan enak di Solo yang bisa kamu cobain. Meskipun memang, enak itu relatif, ada yang bilang enak ada juga yang bilang kurang enak, jadi tergantung lidah yang menikmatinya saja.

Tempat Wisata Kuliner Solo

Berikut ini 36 tempat wisata kuliner Solo yang bisa anda jadikan sebagai referensi makan selama di Solo, selamat menikmati:

1. Warung Pecel Solo

Tempat wisata kuliner Solo yang pertama adalah warung pecel Solo atau yang lebih dikenal dengan nama Warung Ndeso Resto. Warung ini sangat terkenal di Solo, karena aneka panganan tradisional yang disajikan.

Warung Pecel Solo

Warung Pecel Solo

Aneka kuliner khas Solo disajikan di warung yang satu ini. Lokasi Warung pecel Solo ada di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo, Warung Pecel Solo buka dua kali setiap harinya: pukul 08.00 – 16.00, dan 18.00 – 22.00.

Nah, untuk menunya sendiri, ada yang spesial di warung ini, yaitu pecel ndeso (desa), nasi merah dipadu dengan daun bayam, daun kenikir, daun pepaya, kembang turi, dan jantung pisang dicampur sambel pecel yang terasa manis-pedas. Warung Pecel Solo juga menyediakan beberapa jenis minuman tradisional seperti Temu Lawak, Beras Kencur, Jahe Pandan, dan Kunir Asem Sirih, yang dapat disajikan dingin maupun hangat.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya? Silahkan mampir aja ke warung ini ya.

2. Srabi Notosuman

Wisata kuliner Solo yang sudah terkenal sejak dahulu salah satunya adalah Srabi Notosuma yang sudah beroperasi sejak 1923.

Srabi Notosuman

Srabi Notosuman

Bagi wisatawan dan penduduk lokal, rabi Notosuman adalah yang terbaik katanya. Jadi, kalau anda ke Solo jangan sampai tidak mencobanya ya.

Panganan yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan, adonan srabi dimasak dalam cetakan di atas tungku-tungku kecil.

Srabi Notosuman punya dua varian rasa, polos dan coklat. Satu porsi serabi polos berisi 10 buah dibanderol 20 ribu, sedangkan yang rasa coklat 25 ribu. Cukup murah, ‘kan? Nah, buat kamu yang bingung memilih camilan atau buah tangan ketika di Solo, bisa berkunjung ke gerai Srabi Notosuman yang ada di Jalan Mohammad Yamin No 28 ini.

3. Soto Gading

Tempat makan enak di Solo yang selanjutnya adalah soto Gading yang ada di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75 Pasar Kliwon — atau tepatnya di sekitaran alun-alun selatan Keraton Solo — bisa jadi pilihan tepat.

Soto Gading

Soto Gading

Sebenarnya ada banyak penjual soto ayam di Solo, namun yang disini adalah yang terbaik.

Nasi dengan mie soon dan suwiran daging ayam yang disiram kuah bening kaya aroma rempah ini dijamin akan membuat pagi harimu lebih bersemangat.

Telur puyuh, sosis, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, sate uritan, bakwan; berbagai lauk-pauk yang tersaji di meja menjadikan momen sarapan sotomu jadi lebih meriah. Warung Soto Gading sudah ramai pembeli sejak buka jam 6 pagi. Warung ini juga jadi langganan pejabat lho. Beberapa yang pernah mampir antara lain: Joko Widodo, Megawati, Agum Gumelar, dan Mari Elka Pangestu.

4. Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Kuliner Solo selanjutnya bisa anda jajal di Warung Pecel Bu Kis. Sekilas memang Warung Pecel Bu Kis ini nampak seperti warung-warung pecel lainnya. Namun, warung pecel ini punya satu menu andalan: sambel tumpang.

Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Punya cita rasa gurih, manis, dan sedikit pedas, sambal tumpang nikmat disantap dengan nasi hangat atau bubur beras yang ditambah bayam segar dan tauge. Paduan irisan tahu putih, tahu goreng, krecek, rempah-rempah dan ‘tempe busuk’ sebagai bumbu memang luar biasa sedap.

Warung Pecel Bu Kis buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 2 siang. Letaknya tepat di belakang Pengadilan Negeri Solo dan dekat dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

5. Cambuk Rambak Solo

Panganan enak di Solo yang selanjutnya adalah Cabuk rambak. Cabuk rambak merupakan cemilan masyarakat Solo yang bisa anda jajal.

Cambuk Rambak Solo

Cambuk Rambak Solo

Cabuk rambak juga sangat cocok untuk menu sarapan, makan siang bahkan untuk mengganjal perut pada malam hari.

Panganan ini biasanya disajikan dengan pincuk (wadah yang terbuat dari daun pisang), cabuk rambak terdiri dari ketupat yang diiris tipis-tipis, sambal wijen, dan karak.

Setiap pagi, ibu-ibu penjaja cabuk rambak bisa ditemui di sekitaran Stadion Manahan Solo.

6. Tahok Pak Citro Pasar Gede

Kuliner Solo yang satu ini aslinya sih dari negeri tirai bambu China sana. Nama panganan ini sebenarnya adalah tao atau teu yang berarti kacang kedelai, dan hoa atau hu yang berarti lumat.

Tahok Pak Citro Pasar Gede

Tahok Pak Citro Pasar Gede

Tahok memang tak jauh berbeda dengan tahu, berwarna putih bersih dan teksturnya lembut. Tahok disajikan dengan kuah yang terbuat dari campuran gula Jawa dan rempah sehingga bisa membuat tubuh terasa hangat saat menyantapnya.

Harga satu mangkok tahok hanya 4 ribu saja. Pak Citro biasa mangkal di emperan Pasar Gede sejak jam 6 pagi hingga jam 4 sore. Setiap harinya, Pak Citro menyiapkan 100 mangkok tahok yang seringkali ludes terjual sebelum hari beranjak sore.

7. Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer

Kalau anda sedang jalan-jalan ke pasar Kelwer, jangan lupa untuk mampir ke warungnya bu Edi. Disini anda bisa mencoba panganan Tengkleng yang terkenal itu.

Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer

Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer

Tengkleng yang merupakan olahan tulang belulang dan jeroan kambing dengan cita rasa gurih, segar, dan sedikit pedas ini memang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi warung Bu Edi ini ada di sisi utara gapura Pasar Klewer, Bu Edi menjajakan dagangannya sejak jam 2 siang. Namun, hanya dalam hitungan jam, tengkleng sudah pasti habis terjual. Nah, bagi kamu yang ingin mampir ke warung ini, sebaiknya siap-siap mengantri sejak jam 1 siang.

8. Selat Segar Mbak Lies

Ada banyak penjual Selat yang bisa kita coba, namun salah satunya yang terkenal adalah Selat Segar Mbak Lis yang ada di Gang II No. 42 Serengan.

Selat Segar Mbak Lies

Selat Segar Mbak Lies

Untuk isi selat sendiri yaitu potongan wortel, buncis, daun selada, acar mentimun, irisan bawang merah, kentang goreng, potongan daging sapi masak semur, galantin, dan telur rebus. Sajian ini diguyur kuah, dan dilengkapi mustard yang terbuat dari campuran kuning telur dan cuka. Kamu pasti merasakan sensasi segar dan gurih saat menyantap makanan ini.

Yang paling unik dari Warung Selat Mbak Lies adalah dekorasi warungnya. Berbagai ornamen keramik bisa ditemukan di sini; guci, piring hiasan dinding, lukisan, hingga meja dan kursi. Meskipun ditata seadanya, dekorasi warung ini meriah dan terlihat tetap unik.

9. Sate Buntel Mbok Galak

Sate buntel Mbok Galak merupakan salah satu kuliner Solo yang cukup terkenal. Sate yang terbuat dari daging kambing cincang yang “dibuntel” atau dibungkus dengan lemak kambing.

Sate Buntel Mbok Galak

Sate Buntel Mbok Galak

Sate ini kemudian dibakar layaknya sate pada umumnya. Warung Mbok Galak sebenarnya menyediakan berbagai menu olahan kambing, tapi sate buntel tetap jadi primadona di warung ini.

Buka sejak jam 6 pagi hingga jam 4 sore, kamu bisa menemukan warung ini di Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Banyuanyar.

Bagaimana? Anda mau mencobanya? Hmm, dijamin ketagihan deh nanti.

10. Es Gempol Pleret Pak Suhar

Saat siang hari sedang terik, paling enak kalau menghilangkan dahaga dengan menyeruput es segar. Nah, salah satunya adalah Es gempol Pleret Pak Suhar. Es Gempol pleret ini sangat digemari oleh masyarakat lokal, jadi tidak ada salahnya juga kalau anda mencoba kesegarannya.

Es Gempol Pleret Pak Suhar

Es Gempol Pleret Pak Suhar

Gempol terbuat dari tepung beras yang dipapatkan dan dibentuk bulat pipih, sedangkan pleret terbuat dari adonan tepung beras dan gula Jawa. Keduanya dicampur dengan santan cair dan es batu, serta semacam saus yang terbuat dari campuran gula Jawa dan gula pasir.

Meskipun penjaja gempol pleret di Solo sudah tak sebanyak dulu, kamu masih bisa menjajal kesegaran minuman ini di Warung Es Gempol Pleret Pak Suhar di Jalan Dr. Wahidin, tepatnya di samping Masjid Tegalsari Solo. Buka pukul jam 10 pagi hingga jam 4 sore, warung es ini selalu ramai pembeli.

11. Tahu Kupat “SARI” Pak Brewok

Kalau lontong ketupat mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, tapi bagaimana kalau tahu kupat? Sudah pernah mencobanya belum?

Tahu Kupat “SARI” Pak Brewok

Tahu Kupat “SARI” Pak Brewok

Tahu kupat Solo terdiri dari ketupat, tahu goreng, mie kuning, kol, dan tauge. Isian tersebut kemudian diguyur air bawang dan kuah kecap serta ditaburi irisan daun seledri dan bawang goreng. Jika menyukai cita rasa pedas, tinggal tambahkan irisan cabe rawit sesuai selera.

Meskipun pedagang tahu kupat di Solo terbilang banyak, salah satu yang jadi rekomendasi adalah tahu kupat “SARI” Pak Brewok yang ada di Jalan RM SAID. Sejak jam 7 pagi hingga jam 5 sore, warung tahu kupat ini siap melayani pembeli yang mampir untuk menikmati cita rasa manis dan gurih dari sepiring tahu kupat khas Solo.

12. Nasi Liwet Wongso Lemu (Not Rekomended Netizen, Harga Mahal dan Rasa Biasa Saja)

Satu lagi tempat wisata kuliner di Solo yang bisa anda kunjungi yaitu warung nasi liwet. Sebagai informasi saja, menurut beberapa nitizen, warung ini tidak bersahabat dengan wisatawan yang datang, karena biasanya mematok harga yang cukup tinggi, terutama bukan warga aslinya.

Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu

Lokasi Warung Nasi Liwet Wongso Lemu di Jalan Teuku Umar, Keprabon. Warung nasi liwet ini memang sudah berdiri sejak tahun 1950 hingga saat ini dikelola oleh cucu dari Bu Wongso Lemu, Ati Tri Wulandari.

Nasi gurih yang dipadu suwiran ayam, telur rebus, sayur labu, dan areh begitu nikmat disantap di tengah hangatnya suasana Solo di malam hari. Setiap harinya warung ini buka dari jam 4 sore hingga jam 1 dini hari. 

13. Sate Kere Yu Rebi

Kere? Kalau dalam bahas Indonesia artinya miskin. Apa maksudnya sate yang dikonsumsi oleh orang-orang miskin ya?

Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere Yu Rebi

Sate kere sendiri merupakan sate daging jeroan sapi, yang harganya tentu lebih murah daripada dagingnya. Selain itu, ada pula tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu dan biasanya digunakan sebagai pakan ternak.

Layaknya sate pada umumnya, sate kere juga disajikan dengan sambal kacang dan lontong.

Warung sate kere yang paling terkenal di Solo adalah Warung Sate Kere Yu Rebi. Tepatnya, terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo dan di Galabo. Buka dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam, seporsi sate kere di warung ini dibanderol mulai harga 10 ribuan.

14. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Tempat akan enak di Solo pada malam hari salah satunya adalah warung gudeg ceker Margoyudan Bu Kasno yang ada di Jalan Monginsidi, tepatnya di sebelah barat SMA 1 Solo.

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Warung gudeg ceker yang sudah ada sejak 1970-an siap melayani perutmu yang keroncongan. Yup, menu gudeng memang cukup populer di Solo meskipun asalnya dari Kota Jogja.

Cukup dengan 15 ribu, sepiring nasi pulen dipadu gudeng, opor ayam, telur, dan ceker sudah pasti mengobati rasa laparmu.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencicip gudeg bu Kasno? Sangat cocok sekali kalau kita tiba-tiba lapar pada malam hari, datang aja kesini.

15. Wedangan Pendhopo

Wedangan Pendhopo menjadi tempat wisata kuliner Solo yang bisa anda kunjungi yang selanjutnya, lokasi Wedangan Pendhopo ada di Jalan Srigading I No. 7, Turisari, wedangan yang satu ini sudah jadi langganan wisatawan lokal dan asing yang mampir ke Solo.

Wedangan Pendhopo

Wedangan Pendhopo

Pasalnya, Wedangan Pendhopo tak hanya terkenal dengan makanannya, tapi juga tata ruangnya yang unik dan klasik. Di setiap sudut Wedangan Pendhopo dihiasi pernak-pernik antik bernilai seni tinggi.

Cocok dinikmati sambil bersantai menikmati secangkir jahe panas dan aneka panganan tradisional.

16. Es Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede

Satu lagi tempat minum es yang cukup terkenal di Solo, yaitu es dawet telasih Bu Dermi yang ada di pasar Gede.

Es Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede

Es Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede

Warung es Dawet Bu Dermi ini biasanya selalu ramai oleh pembeli, apalagi kalau cuaca sedang terik, pengunjung akan datang berduyun-duyun ke Warung Bu Dermi untuk menyeruput es dawetnya yang segar.

Hanya dengan 5 ribu rupiah kamu bisa menikmati semangkuk es yang berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji telasih. Dijamin segar dan mengenyangkan, deh!

17. Timlo

Andap pernah mendengar nama Timlo? Timlo merupakan salah satu kuliner Solo yang cukup terkenal.

Timlo Sastro

Timlo Sastro

Dari segi tampilannya masakan timlo ini mirip dengan soto, yaitu memiliki kuah bening. Untuk pelengkapnya, masakan Timlo Solo ini ada sosis ayam yang dipotong-potong.

Telur ayam pindang dan juga irisan jeroan ayam, seperti ati dan ampela. Penyajiannya ada yang langsung digabung degan nasi putih ada pula yang dipisah. Kalau dipisah diatas nasinya ditaburi bawang goreng. Salah satu Warung Timlo Solo yang selalu ramai dikunjungi adalah Warung Timlo Sastro yang lokasinya di timur Pasar Gede Solo. Warung ini buka tiap hari pukul 7 pagi.

18. Rumah Makan Bale Padi

Salah satu tempat makan enak di Solo yang menyajikan dekorasi dan sajian khas Jawa adalah Rumah Makan Bale Padiyang ada di Jalan Ovensari Raya, Kadilangu, Baki Pandean.

Rumah Makan Bale Padi

Rumah Makan Bale Padi

Rumah makan ini memiliki aneka sajian khas Jawa serta desain dekorasi bangunannya juga seperti rumah panggung dan terletak di hamparan sawah.

Harga makanannya jauh lebih murah. Seporsi gulai kakap bisa kamu dapatkan cuma dengan Rp 10 ribu*, ayam madu Rp 5000*, empal Rp 12 ribu*, plecing kangkung Rp 8 ribu*, sapi lada hitam hotplate Rp 30 ribu*, dan lain-lain.

Nggak ada menu yang harganya di atas Rp 30 ribu. Sedangkan untuk minumannya bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 4000 – 12 ribu*.

Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Kuliner yang disajikan diantara lain;

  • Tumis Tahu
  • Empal
  • Oseng Pare
  • Gulai Kakap
  • Seafood
  • Kelapa Bakar Rempah
  • Minuman Rempah
  • dll

Kunjungi juga 16 Tempat Wisata di Klaten Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

19. Pecel nDeso Solo

Pecel mungkin sudah tidak asing dan kita sering menikmatinya, nah bagaimana kalau dengan pecel dari beras merah. Nah, anda bisa mencoba pecel yang berasal dari beras merah di Jl. Dr. Supomo 55 Pasar m’Beling.

Pecel nDeso Solo

Pecel nDeso Solo

Pecel nDeso adalah pecel yang berasal dari beras merah, dicampur sayur yang berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi dan kacang panjang. Sambal wijen putih atau hitam.

Disantap bersama belut goreng, wader pari goreng, telur ceplok, sosis solo, bongko(kacangmerah dan kelapa), gembrot(kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng.

20. Roemahkoe Resto

Roemahkoe resto menjadi tujuan wisata kuliner Solo selanjutnya, tersedia berbagai sajian kuliner khas Jawa disini. Resto ini cukup terkenal dikalangan anak muda Solo Khususnya.

Roemahkoe Resto

Roemahkoe Resto

Adapun menu andalan restoran ini adalah nasi jemblung. Nasi jemblung disajikan dengan cara yang unik yaitu berlapiskan dengan daun pisang, nasi dibentuk seperti cincin yang besar dan ditengahnya diisi dengan lidah sapi yang dimasak semur.

Biasanya, makanan khas Solo istimewa ini akan disajikan bersama dengan es cemol.

21. Galabo Solo

Gladag Langen Bogan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Galabo menjadi tempat makan malam hari di Kota Solo yang sangat terkenal dengan aneka sajian kuliner. Selain untuk tempat makan, Galabo juga menjadi tempat nongkrong anak-anak muda untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman.

Galabo Solo

Galabo Solo

Lokasinya ada di jalan raya di kawasan mayor sunaryo, Galabo sendiri menawarkan aneka sajian kuliner seperti tengkleng, sate kere, mie thoprak, wedang ronde dan masih banyak makanan yang lainnya. Untuk bisa mencicipi semua makanan tersebut, anda bisa datang pada jam 5 sore sampai 5 pagi di warung-warung tenda di kawasan jalan mayor Sunaryo.

22. Sup Matahari Solo

Nah, kalau anda ingin mencoba sup yang agak berbeda dari sup pada umumnya, anda bisa mencoba sup matahari. Sup matahari ini ditata dengan sangat menarik dan cantik.

Sup Matahari Solo

Sup Matahari Solo

Galantin ayam yang di campur dengan beberapa macam jamur dan wortel kemudian dibungkus telur dadar. Galantin ini pada awalnya berbentuk bulat biasa aja nanti setelah disajikan di dalam piring baru disiram dengan kuah panas dan kemudian si bungkus telur itu akan terbuka dan mekar seperti bunga.

Nah, bagai anda yang tertarik untuk mencoba sup Matahari, silahkan datang saja ke warung Vien’s di jl. Hasannuddin no. 99, Solo.

23. Mie Gajah Mas

Mie gajah mas jadi tempat singgah selanjutnya, lokasinya ada di Suryopranoto No. 1, depan Pasar Gede. Menu yang dijual seputaran mie dengan variasinya & juga ada menu ceker. Nah yang unik, disini ada macam mie yang tidak hanya mie telor berwarna kuning, tapi juga ada pilihan mie merah, ungu, orange, hijau.
Mie Gajah Mas

Mie Gajah Mas

Koq warna warni ya? kata pramusaji nya mie yang berwarna itu berasal dari ketela untuk warna ungu & merahnya. Warna orange dari wortel dan hijau dari sayuran.
Mie ini mengklaim Halal tidak mengandung babi & tidak memakai pengawet.

24. Ayam Tulang Dewa Cemara Dua di Solo Square

Satu lagi kuliner Solo yang wajib ada cobain. Silahkan datang aja ke foodcourt mall Solo Square karena memilih yang dekat dengan hotel & ketemu lah Ayam ini. Namanya cukup unik jadi saya memutuskan untuk mencobanya. Disajikan dengan sambal gledek yang sangat pedas & sambal bawang yang cukup pedas lengkap dengan nasi putih & teh manis gratis.
Ayam Tulang Dewa Cemara Dua di Solo Square

Ayam Tulang Dewa Cemara Dua di Solo Square

25. Toko Roti Orion

Toko roti Orion menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Solo yang tidak boleh anda lewatkan. Toko Roti Orion ini sudah terkenal dari jaman dulu karena menjual roti mandarijn yang terkenal enak & legit. Ada 3 pilihan rasa roti mandarijn : biasa, kismis, special. Lokasinya ada di jalan Urip Sumoharjo 80, Solo. Jam buka 7.30 pagi-20.00 malam.
Toko Roti Orion

Toko Roti Orion

26. Selat Solo Mekar Sari

Selat yang satu ini merupakan rekomendasi dari nitizen yang pernah mencobanya. Selain selat Solo, anda juga bisa mencoba aneka sajian kuliner yang lainnya seperti Tahu Acar, Nasi Gudeg, Gado-Gado, dll. 

Selat Solo Mekar Sari

Selat Solo Mekar Sari

Menu minumannya pun beragam, anda bisa memesan minuman tradisional Jawa seperti es beras kencur.

Warung Selat Solo Mekar Sari ini berlokasi di dekat Pasar Kembang Solo. Tempatnya tak terlalu sulit ditemukan, karena terletak tak jauh dari jalan raya. Bangunannya tak seberapa besar dan persis berada di pojokan jalan masuk menuju sebuah gang. Pelanggan lama mungkin sudah tahu bahwa warung yang sekarang ini merupakan pindahan dari Jl. Honggowongso.

Jam Buka: 08.00–19.00

Lokasi: Jl. Dr. Radjiman 182B, Solo

27. Harjo Bestik

Kuliner yang satu ini juga rekomendasi dari nitizen yang berasal dari Solo. Menu resto Harjo bestik berupa LDG atau Lidah Goyang, Bistik Telon, Bistik Campur, Bistik Dadar Lidah, Kamar Bola, Nasi Goreng, Bakmi Godog, Bakmi Goreng, Risoles Kuah, dan Risol Goreng.

Harjo Bestik

Harjo Bestik

Menu favorit pengunjung adalah LDG yang berisi lima potong lidah sapi, irisan kentang, wortel, daun selada, tomat, acar timun dan mayones Solo atau moster. Selain LDG ada pula menu yang merupakan favorit pengunjung, hanya saja menu ini tidak tercantum dalam daftar menu, menu ini bernama elek-elekan.

Elek-elekan adalah pangkal lidah sapi yang tidak terpakai di bestik, yang digoreng kering. Rasa elek-elekan ini gurih dan krispi, sangat cocok jika disantap dengan nasi putih dan sambal kecap atau sambal bawang. Elek-elekan tidak dicantumkan dalam daftar menu karena pemilik merasa menu ini tidak pantas bila disandingkan dengan menu bestik lainnya. Walaupun tidak tercantum dalam daftar menu, namun menu elek-elekan ini banyak dicari oleh pelangan yang mengetahui menu ini dari mulut ke mulut.

Satu porsi bestik dipatok dengan harga mulai dari Rp14.000,-. Harjo Bestik buka setiap hari mulai pukul 18.00 hingga pukul 24.00 WIB. Harjo Bestik juga dapat Anda temukan di Jl. Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon dan Jl. Veteran 140, Gemblegan Solo Kota.

28. Susu Shi Jack

Susu Shi Jack menurut warga Solo menjadi salah satu tempat nongkrong yang cukup terkenal. Ada banyak sekali cabang warung susu ini.

Susu Shi Jack

Susu Shi Jack – tempat wisata kuliner Solo

Di sore hingga malam hari, kedai Susu Segar Shi Jack mulai banyak bertebaran di berbagai titik di Kota Solo. Susu Segar Shi Jack memiliki cukup banyak cabang, kurang lebih ada 12 cabang, dengan pusatnya di Jl. Kapt. Mulyadi (depan benteng Vastenberg).

Buka: 17.00-02.00

Lokasi:

  1. Susu Segar Shi Jack – Jl. Kapt. Mulyadi (depan benteng Vastenberg)
  2. Susu Segar Shi Jack – Jl. Yos Sudarso
  3. Susu Segar Shi Jack – Jl. Dr. Rajiman
  4. Susu Segar Shi Jack – Jl. Veteran (Gading)
  5. Susu Segar Shi Jack Jl. Raya Solo Baru
  6. Susu Segar Shi Jack – Depan Lapangan Kota Barat
  7. Susu Segar Shi Jack – Jl. Kapten Mulyadi Lojiwetan
  8. Susu Segar Shi Jack – Jl. Honggowongso
  9. Susu Segar Shi Jack – Jl. Adi Sucipto, depan batik semar
  10. Susu Segar Shi Jack di Alun-alun  Sukoharjo.
  11. Susu segar Shi Jack depan Luwes Galabo.

29. Sate Buntel Tambak Segaran

Satu lagi tempat untuk menikmati makan sate di Solo yang bisa anda coba juga yaitu Sate Buntel Tambak Segaran yang ada di Jl. Tambaksegaran 39.

Sate Buntel Tambak Segaran

Sate Buntel Tambak Segaran

Tapi jangan salah masuk yah, di samping sate buntel ini terdapat kedai sate babi yang tentu berbahaya buat yang muslim. Buka dari jam 10 sampai jam 11 malam, bagi penggemar sate, dan terutama yang juga penggemar aroma manis, Sate Buntel ini harus menjadi destinasi wajib jika berburu kuliner Solo.

Sate Buntel Tambak Segaran
Jl. Tambaksegaran 39 (Jl. Sutan Syahrir 149)
Telp: 0852 93418580
Solo

30. Soto Seger Mbok Giyem Solo

Soto Seger Mbok Giyem juga merupakan kuliner favorit di Solo. Tidak heran kalau warga Solo menyukainya, karena rasanya yang waw.

Soto Seger Mbok Giyem dengan kuah bening, diisi potongan daging, taburan kecambah segar, daun seledri dan bawang merah goreng. Setelah menambahkan perasan jeruk nipis, kecap dan sedikit sambal, maka dimulailah prosesi penyantapan soto yang kuahnya masih lumayan panas ini.

Soto Seger Mbok Giyem Solo

Soto Seger Mbok Giyem Solo

Semangkuk soto dihargai Rp. 7.000, ayam atau pun daging harganya sama. Di kasir kami membeli beberapa buah jajanan pasar untuk bekal di jalan. Ada tiga lajur dan lima deret nampan di sisi kasir yang berisi berbagai jajanan pasar yang pasti akan menggoda pengunjung. Pintar.

Jalan Bhayangkara, Tipes
Solo, Jawa Tengah
GPS: -7.57636, 110.80927

Jam buka:
06.00 – 12.00 siang.

31. Selat viens Solo

Inilah tempat wisata kuliner Solo yang terakhir dari kami, yaitu Warung selat Vien’s yang ada di Jl. Hasanuddin No. 99.

Selat viens Solo

Selat viens Solo – tempat wisata kuliner Solo

Harga selat Vien’s barangkali tergolong paling murah. Bayangkan, anda bisa menikmati aneka macam selat Solo cukup dengan harga di bawah Rp10.000,- seporsinya (harga tentu bisa berubah sewaktu-waktu). Tak heran jika pelanggan selat Vien’s sangat banyak dan tidak hanya berasal dari dalam kota. Pada jam-jam makan siang warung ini akan disesaki oleh pembeli.

Warung Vien’s menyediakan dua varian selat Solo: selat daging iga dan selat daging cacah. Selain selat, sup matahari juga merupakan menu andalan dari warung ini. Disebut demikian karenai isian dari sup tersebut dirangkai layaknya matahari. Daging ayam cincang, wortel, jamur, dan bahan lainnya dibungkus dengan telur dadar tipis. Untuk penyajiannya telur pembungkus diiris, kemudian dibuka ke empat penjuru.

 Lokasi: Jl. Hasanuddin No. 99 D&E, Banjarsari, Solo

Telp.: (0271) 306 0020, 738 396

32. Tahu Kupat Sholihin

Tempat wisata kuliner di Solo berikutnya adalah warung tahu kupat Sido mampir. Tahu kupat disini berbeda dengan Kupat Tahu Magelang atau Kupat Tahu Singaparna di Bandung. Tahu kupat dengan isian tauge, tahu goreng, mie basah, bakwan goreng, kacang goreng dan tak lupa siraman bumbu kuah yang menyegarkan. Lokasinya berada di sekitar Jalan Gajah Mada, Solo.

Tahu Kupat Sholihin

Tahu Kupat Sholihin

33. Torpedo Yu Rebi

Tempat wisata kuliner Solo berikutnya mungkin agak terdengar ekstrim. Torpedo, ya torpedo. Kalau selama ini yang kita kenal torpedo adalah senjata jelajah dari kapal selam untuk melumpuhkan lawan. Ternyata kalau di Solo torpedo malah jadi panganan enak.

Torpedo Yu Rebi

Torpedo Yu Rebi

Panganan yang satu ini agak lebih spesial daripada yang lainnya, karena khasiat torpedo sendiri dapat meningkatkan vitaltas pria dewasa.

Salah satu Warung Kuliner yang menyediakan kuliner langka ini adadal Warung Sate Yu Rebi. Alamatnya berada di belakang Stadion Sriwedari kota Surakarta. Jika kamu memang cukup dewasa, jangan lupa untuk mencicipinya setidaknya seumur hidup sekali saja.

34. Es Krim Tentrem

Tempat wisata kuliner Solo berikutnya adalah warung es krim Tentrem. Warung es yang satu ini bisa dibilang cukup legendaris karena sudah turun temurun sejak 1952 dan masih eksis hingga kini.

Es Krim Tentrem

Es Krim Tentrem

Letak tempat makan Enak di Solo yang satu ini ada di Jalan Urip Sumoharjo. Es Krim Tentrem ini merupakan produksi rumahan alias home made sehingga cita rasa dan kualitasnya lebih terjaga. Namun kamu harus memilih menu es krim di sini karena beberapa ada yang menggunakan rum.

35. Pasar Malam Ngarsopuro

Tempat wisata kuliner Solo berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah pasar malam Ngarsopuro yang juga menjadi tempat anak-anak muda dan masyarakat Kota Solo menghabiskan waktu malam mereka sambil menikmati aneka kuliner lezat disini.

Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro – Tempat Wisata Kuliner Solo

Lokasi pasar malam ini ada di Jalan Diponegoro yang selalu digelar pada malam Minggu. Disini, anda bisa menikmati aneka kuliner lezat seperti:

  • Nasi Liwet
  • Cabuk Rambak
  • Sosis Solo
  • Bakso Bakar
  • Sate Kere
  • Wedang Ronde
  • dll

36. Oh La Vita

Oh la vita menjadi tempat wisata kuliner Solo berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan. Resto ini menyajikan aneka kuliner lezat yang siap menggoyang lidah anda. Kuliner yang wajib anda cobain disini seperti roast chicken, potato wedges dan masih banyak makanan yang lainnya. Kuliner disini khusus panganan Italia.

Oh La Vita - tempat wisata kuliner Solo

Oh La Vita

Lokasi warung ini ada di Jalan Tirtosari no. 11, Kota Surakarta. Selain rasa dari makanannya yang enak, di tempat wisata kuliner solo Oh La Vita ini pelayanannya sangat bagus dan tempatnya sendiri sangat nyaman. Untuk masalah harga dari sajian menu makanan yang ada di tempat wisata kuliner solo bernama Oh La Vita ini yakni mulai dari Rp. 13.000 saja.

Bagaimana? Banyak sekali bukan? Sebenarnya masih ada banyak lagi tempat makan enak di Solo yang bisa anda datangi, semoga bermanfaat untuk anda semua. Demikianlah uraian seputar 36 tempat wisata kuliner Solo dari kami, janga lewatkan juga 15 Tempat Wisata di Salatiga Jawa Tengah dan Sekitarnya

loading...

29 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!